Perusahaan: Auto2000

  • Daftar Harga Mobil Hybrid Toyota, Mulai dari Rp 400-an Juta

    Daftar Harga Mobil Hybrid Toyota, Mulai dari Rp 400-an Juta

    Jakarta

    Elektrifikasi kendaraan tidak hanya milik mobil listrik, mobil hybrid juga bisa menjadi solusi untuk masyarakat yang hendak memiliki kendaraan ramah lingkungan. Soalnya memilih mobil hybrid bisa menjadi solusi juga untuk menekan emisi gas buang terutama saat macet mengadang.

    “Kendaraan elektrifikasi (xEV) varian hybrid menjadi andalan, karena masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga lingkungan dengan mengendarai Hybrid EV (HEV) yang terbukti rendah emisi dan hemat bensin, tanpa mengubah kebiasaan mengemudi pemiliknya, serta cocok dengan ekosistem di Indonesia,” tutur Yagimin, Chief Marketing Auto2000.

    Nah berikut daftar mobil Hybrid Toyota yang ditawarkan dan daftar harga mobil hybrid Toyota.

    Line Up Hybrid Electric Vehicle (HEV) Toyota

    1. Kijang Innova Zenix HEV

    Toyota Kijang Innova Zenix HEV Q Modellista yang dibawa tim detikOto untuk Ekspedisi Oto Jalur Mudik Jakarta-Jogja Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Mobil hybrid terlaris di Indonesia ini kembali tampil sebagai ujung tombak penjualan Auto2000 di ajang GIIAS 2025. Khususnya karena produk lokal ini memperoleh insentif PPnBM 3% bersama Yaris Cross HEV sehingga harganya makin kompetitif.

    Hybrid EV ini menggunakan TNGA 2.0L M20A-FXS 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm. Diperkuat motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm dengan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.

    Efisiensi penyaluran tenaga membuatnya sanggup mencatatkan konsumsi bensin seirit 19,2 km/liter berdasarkan pengujian sebuah media otomotif. AutoFamily tidak perlu merogoh dompet lebih dalam untuk biaya operasional, termasuk membuang waktu untuk sering antre di pom bensin.

    Mobil yang dipajang memakai body kit Modellista dengan sentuhan pada eksterior, seperti gril, bumper depan, side skirt, dan spoiler belakang. Satu unit lagi memakai body kit Toyota Customization Option (TCO) yang memungkinkan pelanggan untuk mempersonalisasi mobil dengan aksesoris resmi.

    2. Yaris Cross HEV

    Cek jalur mudik Pantura 2024 bersama Toyota Yaris Cross Hybrid Foto: detikOto/detik.com

    SUV Kompak ini juga makin diminati di pasaran. Alasannya, Yaris Cross HEV dikenal sangat hemat bensin, di mana pengujian sebuah media otomotif nasional mencatatkan angka 31 km/liter. Dengan isi full sekitar 35 liter, AutoFamily dapat berkendara lebih dari 1.000 km.

    Belum lagi penampilannya yang sporty berkat penyematan GR Parts di beberapa aksen luar, serta panoramic roof yang membuatnya kian berkelas dan nyaman. Meskipun kompak, Yaris Cross HEV tetap lapang untuk membawa 5 penumpang tanpa berdesakan.

    Power Back Door with Kick Sensor yang pertama di kelasnya, makin mempermudah akses pengemudi terhadap barang bawaan. Terkecil di kelasnya, radius putar 5,2 meter membuat SUV ini sanggup bermanuver dengan mudah di area terbatas seperti u-turn atau lokasi parkir.

    Urban SUV ini dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), dan Panoramic View Monitor. Teknologi Toyota Safety Sense (TSS) memaksimalkan keamanan penumpang dan orang di sekitar mobil.

    3. Alphard HEV dan Vellfire HEV

    Perkenalkan Toyota Vellfire Hybrid Foto: Rifkianto Nugroho

    Kedua Premium Luxury MPV ini menggunakan hybrid engine A25A-FXS 2.487 cc 4-silinder bertenaga 140 kW pada 6.000 rpm dan torsi 239 Nm pada 4.300-4.500 rpm. Teknologinya mampu mereduksi ukuran dan berat serta ditingkatkan efisiensinya, sehingga powerful dan hemat bensin, yang kemudian disalurkan lewat transmisi CVT yang smooth dan responsif ke roda depan.

    Keduanya juga memperoleh begitu banyak sentuhan inovasi, sehingga tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara terbaik, MPV ini juga memperkuat positioning-nya di segmen luxury vehicle yang sangat eksklusif. Platform Toyota New Global Architecture (TNGA) memiliki target pengurangan noise vibration harsh (NVH) yang tinggi untuk menjamin kualitas berkendara terbaik di kelasnya.

    Peredam kejut yang secara mekanis menyesuaikan gaya redam berdasarkan frekuensi getaran yang ditransmisikan dari permukaan jalan, memberikan keuntungan ganda: kemampuan manuver dan stabilitas yang unggul, dan menyerap getaran kecil yang tidak diinginkan. Atensi pada detail yang kompleks ini sanggup meredam getaran sekitar 30% dibandingkan pendahulunya.

    4. New Corolla Altis HEV GR Sport

    Ilustrasi Toyota All New Corolla Altis Hybrid Foto: Pool (Toyota)

    Sedan hybrid sporty Corolla Altis HEV GR Sport secara resmi launching di event GIIAS 2025. Mobil ini dilengkapi dengan bumper depan dan spoiler belakang yang dirancang ulang untuk aerodinamika yang lebih baik dan stabilitas berkendara.

    Garis desain eksterior New Corolla Altis tetap menonjolkan gaya yang mapan dan berwibawa, didukung dimensi kendaraan yang lebih luas dan lebih rendah sehingga menonjolkan stabilitas yang kuat. Desain kabin luas dan lapang merupakan signature platform TNGA.

    Interior sporty berwarna hitam dengan aksen merah, dilengkapi dengan jok yang dilapisi campuran Black Plain Suede dan Red Perforated Suede. Electronic Power Steering (EPS) yang telah di-tuning langsung oleh GR untuk memberikan kendali yang lebih presisi dan kenyamanan maksimal di berbagai kondisi jalan.

    Hybrid engine 2ZR-FXE 1.798 cc 4-silinder Dual VVT-i menghasilkan daya 95 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,5 Kgm pada 4.000 rpm. Motor listriknya mampu menghasilkan daya 72 PS dan torsi 16,62 Kgm ke roda depan. Semua varian memperoleh benefit penting dari teknologi TSS.

    “Toyota melalui Auto2000 memahami kebutuhan customer di Indonesia dengan menghadirkan sederet mobil hybrid yang cocok dalam kebutuhan mobilitas di Indonesia. Hadir lebih Dekat, Nyaman dan Lengkap melalui inisiatif Life is Easy Auto2000 memberikan kemudahan dalam kepemilikan mobil hybrid Toyota AutoFamily,” tambah Yagimin.

    Harga Mobil Hybrid Toyota per Agustus 2025

    Daftar Harga Mobil Hybrid di Auto2000

    1. Corolla Altis

    – COROLLA ALTIS 1.8L HYBRID A/T (Premium Color): Rp 637.500.000

    – COROLLA ALTIS 1.8L HYBRID A/T: RP 637.500.000

    – COROLLA ALTIS 1.8L HYBRID A/T (Premium Color): Rp 640.600.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID A/T: Rp 579.000.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID A/T: Rp 579.000.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID A/T (Premium Color): Rp 582.000.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID GR-S A/T: Rp 623.000.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID GR-S A/T (Dual Tone): Rp 626.600.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID GR-S A/T (Premium Color) (Dual Tone): Rp 628.100.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID A/T: Rp 603.800.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID A/T (Premium Color): Rp 606.900.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID GR-S A/T: Rp 643.100.000

    – COROLLA CROSS 1.8 HYBRID GR-S A/T (Premium Color): Rp 648.200.000

    2. Toyota Camry

    – CAMRY 2.5 L A/T HYBRID: Rp 957.700.000

    – CAMRY 2.5 L A/T HYBRID (Premium Color): Rp 960.800.000

    – CAMRY 2.5 L A/T HYBRID: Rp 973.300.000

    – CAMRY 2.5 L A/T HYBRID (Premium Color): Rp 976.400.000

    3. Toyota Yaris Cross

    – YARIS CROSS 1.5 S GR CVT TSS: Rp 425.800.000

    – YARIS CROSS 1.5 S GR CVT TSS (Premium Color): Rp 428.800.000

    – YARIS CROSS 1.5 S HV CVT TSS: Rp 437.300.000

    – YARIS CROSS 1.5 S HV CVT TSS (Premium Color): Rp 439.700.000

    – YARIS CROSS 1.5 S HV CVT TSS 2 TONE: Rp 441.200.000

    – YARIS CROSS 1.5 S HV CVT TSS 2 TONE (Premium Color): Rp 442.200.000

    -YARIS CROSS 1.5 S GR HV CVT TSS: Rp 446.700.000

    – YARIS CROSS 1.5 S GR HV CVT TSS (Premium Color): Rp 449.100.000

    – YARIS CROSS 1.5 S GR HV CVT TSS 2 TONE: Rp 450.600.000

    – YARIS CROSS 1.5 S GR HV CVT TSS 2 TONE (Premium Color): Rp 451.700.000

    4. Toyota New Vellfire dan New Alphard

    – NEW VELLFIRE 2.5 VIP HYBRID CVT: Rp 1.868.100.000

    – NEW VELLFIRE 2.5 VIP HYBRID CVT (Premium Color): Rp 1.871.600.000

    – NEW ALPHARD 2.5 X CVT: Rp 1.425.500.000

    – NEW ALPHARD 2.5 X CVT (Premium Color): Rp 1.429.000.000

    – NEW ALPHARD 2.5 G CVT: Rp 1.647.900.000

    – NEW ALPHARD 2.5 G CVT (Premium Color): Rp 1.651.400.000

    – NEW ALPHARD 2.5 HYBRID CVT: Rp 1.733.000.000

    – NEW ALPHARD 2.5 HYBRID CVT (Premium Color): Rp 1.736.600.000

    5. Toyota Innova Zenix

    – INNOVA ZENIX 2.0 G HV CVT: Rp 473.400.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 G HV CVT (Premium Color): Rp 476.300.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 V HV Modelista CVT: Rp 547.100.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 V HV Modelista CVT (Premium Color): Rp 550.000.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 V HV Non Modelista CVT: Rp 537.100.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 V HV Non Modelista CVT (Premium Color): Rp 540.100.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 V HV Modelista CVT Non RSE (Non-Premium Color): Rp 538.700.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 V HV Modelista CVT Non RSE (Premium Color): Rp 541.600.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 V HV CVT Non Modelista Non RSE (Non-Premium Color): Rp 528.800.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 V HV CVT Non Modelista Non RSE (Premium Color): Rp 531.700.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 Q HV Modelista CVT TSS: Rp 625.300.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 Q HV Modelista CVT TSS (Premium Color): Rp 628.200.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 Q HV Non Modelista CVT TSS: Rp 615.400.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 Q HV Non Modelista CVT TSS (Premium Color): Rp 618.300.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 Q HV Modelista CVT TSS Non RSE (Non-Premium Color): Rp 617.000.000

    – INNOVA ZENIX 2.0 Q HV Modelista CVT TSS Non RSE (Premium Color): Rp 620.000.000

    (lth/din)

  • Mobil Hybrid Servis Bulan Pertama, Komponen Apa Saja yang Diperiksa?

    Mobil Hybrid Servis Bulan Pertama, Komponen Apa Saja yang Diperiksa?

    Jakarta

    Anda baru saja membeli mobil hybrid? Jangan lupa untuk melakukan servis berkala 1 bulan atau 1.000 km pertama setelah serah terima kendaraan. Apa saja komponen mobil hybrid yang diperiksa pada servis satu bulan pertama ini?

    “Servis berkala satu bulan pertama disebut sebagai Servis Berkala Internal (SBI). Ketentuan SBI juga berlaku untuk pembelian mobil baru Toyota di cabang Auto2000. Pun dengan jenisnya, baik mobil pembakaran dalam (ICE) maupun mobil hybrid tetap direkomendasikan untuk servis berkala ini guna memastikan kondisinya selalu prima,” jelas Yagimin, Chief Marketing Auto2000, dalam keterangan resminya.

    Yagimin menjelaskan, pada servis pertama mobil hybrid ini teknisi akan memeriksa item-item pada komponen mesin, sasis, dan juga bodi mobil. Proses ini dilakukan karena kendaraan masih sangat baru dan presisi. Namun ketika mulai digunakan, ada keterkaitan antar komponen, kondisi lingkungan, dan pemakaian.

    Jika sampai ada kerusakan awal yang tidak terdeteksi, bisa langsung diperbaiki agar terhindar dari biaya perbaikan. Gratis tanpa dipungut biaya, SBI menjadi syarat warranty mobil. Klaim atas kerusakan tidak bisa diberikan kalau terbukti alpa melakukan servis berkala satu bulan pertama.

    Pemeriksaan pada Servis Berkala 1 Bulan Pertama

    Bagian yang diperiksa meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, keamanan, fungsi kelistrikan, AC dan head unit. Bagian eksterior meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper.

    Dilanjutkan pemeriksaan mesin meliputi oli mesin, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum. Setelah itu, sistem penggerak seperti transmisi HEV yang dikenal dengan EV transaxle. Serta bagian sasis yakni shock absorber dan rem mobil.

    Jangan lupa, mobil hybrid Toyota memiliki komponen elektrifikasi seperti motor listrik dan baterai berikut komponen pendukung lainnya. Jika ada kerusakan, langsung dilakukan penggantian parts secara gratis. Tentu untuk komponen yang dijamin oleh warranty Toyota dan bukan kerusakan akibat salah perlakuan oleh pemilik mobil.

    “Sejalan tiga pilar Life is Easy with Auto2000: Dekat, Nyaman, dan Lengkap, kami menyiapkan layanan pasca pembelian mobil baru Toyota, seperti servis berkala ‘jemput bola’ ke rumah AutoFamily dengan menghadirkan THS – Auto2000 Home Service. Layanan ini memberikan pengalaman total ownership experience dan one stop solution yang berkualitas, bikin AutoFamily merasa nyaman dalam mobilitas,” terang Yagimin.

    Saat ini Auto2000 memiliki 126 cabang yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, 26 workshop Body & Paint (BP Center), 38 Small SP atau Cabang Pembantu, dan 524 armada THS – Auto2000 Home Service yang siap melayani pelanggan dengan segala kemudahan yang dimiliki, bahkan hingga ke pelosok wilayah.

    (lua/dry)

  • Isi Bensin Mobil Jangan Nunggu Tangki Kosong, Pokoknya Jangan!

    Isi Bensin Mobil Jangan Nunggu Tangki Kosong, Pokoknya Jangan!

    Jakarta

    Isi bensin jangan menunggu tangki kosong dulu. Ini sebabnya isi bensin sebaiknya jangan menunggu tangki kosong.

    Biasakan mengisi bensin mobil saat tangki masih ada isinya. Ini merupakan salah satu cara merawat mobil. Hindari untuk mengisi bensin dalam posisi tangki kosong. Kebiasaan mengisi bensin dalam posisi tangki kosong ini bisa-bisa bikin mobil mogok!

    Mengisi bensin saat kondisi tangki masih terisi juga merupakan upaya untuk membuat kondisi tangki terus bersih. Kepala bengkel Auto2000 Wahono menjelaskan, tangki yang kosong itu berpotensi menimbulkan kondensasi udara sehingga timbul air dan karat.

    Jika hal ini sering terjadi, bukan tak mungkin tangki BBM akan memiliki banyak air, kemudian muncul karat yang menggerus dinding tangki. Seperti diketahui, massa air lebih berat dibandingkan minyak, sehingga air akan turun ke bawah dan menempel langsung di tangki.

    “Kalau bercampur kotoran filter akan mampet sehingga suplai bahan bakar ke mesin terganggu atau malah tidak tersuplai sama sekali. Pompa Bahan bakar bisa rusak dan tidak bekerja. Mesin jadi mogok,” urai Wahono dihubungi detikOto belum lama ini.

    Selain mengisi tangki saat masih terisi, Wahono juga mengurai dua cara lain merawat tangki bensin agar tetap bersih.

    “Isi di pom bensin yang ramai dengan asumsi isi tangki penampungan cepat sirkulasinya setiap hari diganti,” tambah Wahono.

    Dia juga mengingatkan setelah mengisi bensin, pastikan tutupnya rapat. Ini dilakukan untuk mencegah ada udara yang masuk ke dalam tangki. Pastikan sebelum melakukan perjalanan, tangki BBM kamu tidak kosong ya. Kondisi tangki bensin yang ada isinya juga bisa meminimalisir kekhawatiran kehabisan bensin. Terlebih bila jalan yang dilalui sangat padat dan di lokasi sekitar tak ada SPBU. Ini tentu bikin kamu jadi was-was takut kehabisan bensin dan ujung-ujungnya harus mendorong mobil.

    (dry/din)

  • Komunitas Toyota Gelar Kopdar Gabungan Sambil Belajar Teknologi Hybrid

    Komunitas Toyota Gelar Kopdar Gabungan Sambil Belajar Teknologi Hybrid

    Jakarta

    Komunitas Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC) berkolaborasi dengan Toyota Carbon Fighter (TCF) menggelar kopdar gabungan bertajuk “Kopdargab Toyota Community Part-2”. Kopdargab ini digelar pada Minggu, 27 Juli 2025 di Auto2000 Bekasi Timur.

    Acara ini menyatukan berbagai komunitas dan klub mobil dalam community gathering. Mereka melakukan service kendaraan bersama, workshop Toyota Carbon Fighter (TCF) dengan tema “#1 Toyota HEV Indonesia’s Favourite Hybrid”, penanaman pohon, mengumpulkan sampah plastik, serta entertainment live music dan kids zone.

    Kopdargab yang digelar di showroom Auto2000 Bekasi Timur itu dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta dan lebih dari 90 mobil. Ini merupakan pencapaian yang baik atas kerja sama komunitas bersama Dealer Resmi Toyota Auto2000 dalam merawat konsumennya. Pada kesempatan ini juga dilakukan berbagai edukasi dan informasi mengenai OtoExpert operated by AUTO200 yang melayani semua jenis kendaraan dan berbagai merek.

    Kopdargab Toyota Community Foto: Istimewa

    “Kegiatan bersama komunitas/club mobil dirasa sangat penting oleh AUTO2000, karena kami dapat mendapatkan input langsung dari rekan-rekan komunitas sebagai loyal customer,” kata Suriyawano, Kepala Cabang Auto2000 Bekasi Timur.

    Founder Toyota Carbon Fighter (TCF) Deny Kristianto mengatakan, Kopdargab Toyota Community Part-2 merupakan bagian dari rangkaian acara Electrification Gathering. Ini merupakan hasil kolaborasi AXIC bersama Toyota Carbon Fighter (TCF).

    “Selaras dengan semangat Beyond Zero kami memberikan Hybrid Experience dan juga edukasi kepada seluruh peserta yang hadir. Selain itu kendaraan hybrid menurut kami juga dapat berkontribusi besar dalam mengurangi emisi karbon. Apalagi berdasarkan survei di internal, member kami sangat berminat terhadap hybrid Toyota karena dirasa masih menjadi pilihan kendaraan elektrifikasi paling tepat yang dapat mendukung mobilitas masyarakat di seluruh Indonesia,” kata Deny.

    (rgr/dry)

  • Tangki Bensin Mobil Dwi Sasono Ada Garam, dari BBM?

    Tangki Bensin Mobil Dwi Sasono Ada Garam, dari BBM?

    Jakarta

    Tangki BBM mobil Dwi Sasono dipenuhi garam. Kok bisa ada garam di dalam tangki mobil? Apakah dari BBM atau faktor lainnya?

    Ada banyak garam di tangki BBM mobil Dwi Sasono. Hal itu diketahui dalam unggahan foto serta video di akun Instagram pribadinya. Ayah tiga anak itupun terkaget-kaget dengan adanya garam dengan jumlah yang cukup banyak menumpuk di dalam tangki BBM.

    “Bikin kaget, kok bisa ada garam bercokol di tangki mobil. Ini terjadi pada dua mobil dalam selang hari berdekatan. Sampai harus ke bengkel untuk kuras tangki. Apa iya disabotase orang, atau memang ada bensin yang mengandung garam?” tulis Dwi di akun Instagramnya.

    Keberadaan garam di tangki BBM mobil memang mengejutkan. Kepala Bengkel Auto2000 Jatiasih Wahono bahkan mengungkap apa yang dialami suami Widi Mulia itu merupakan kejadian langka. Menurut Wahono, keberadaan garam di tangki kemungkinan besar dari luar mobil. Ketika ditanya apa mungkin dari BBM, Wahono juga menyebut kemungkinannya sangat kecil.

    “Kemungkinan kecil sekali, terkecuali bensinya tercampur air asin atau air laut misal posisi pom besin dekat pantai dan pernah kena banjir rob dan air masuk ke penampungan,” terang Wahono saat dihubungi detikOto, Jumat (25/7/2025).

    “Kalau bensin campur air masih ada beberapa kasus walaupun sudah lama, kalau campur garam belum pernah ketemu saya,” lanjut Wahono.

    Bila kamu mengalami kejadian serupa, tentu satu-satunya jalan adalah menguras tangki. Sebab, tangki BBM tidak boleh diisi oleh kotoran. Kalau tidak, mobil justru bisa mogok. Untuk senantiasa menjaga kondisi tangki bensin tetap bersih, ada tiga hal utama yang bisa kamu lakukan.

    Pertama usahakan isi tangki dalam kondisi selalu penuh. Kedua, isi BBM di SPBU yang ramai dengan asumsi isi tangki penampungan cepat sirkulasinya, setiap hari diganti. Terakhir, setelah selesai isi BBM pastikan tutup tangki rapat dan kuat. Dengan begitu diharapkan tidak ada partikel dari luar yang masuk ke dalam mobil.

    (dry/din)

  • Tangki Bensin Mobil Dwi Sasono Ada Garam, dari BBM?

    Dwi Sasono Dibikin Kaget, di Dalam Tangki BBM Mobil Ada Garam!

    Jakarta

    Isi tangki bensin mobil Dwi Sasono bikin kaget! Soalnya di dalam tangki BBM ada banyak garamnya. Kok bisa?

    Dwi Sasono dibikin kaget dengan kondisi tangki mobilnya. Soalnya ada sekantong garam yang ditemukan di dalam tangki bensin. Dalam unggahan di akun Instagramnya, Dwi menunjukkan foto garam dalam kantong plastik hitam. Dia terheran-heran kok bisa ada garam di dalam tangki BBM mobilnya.

    “Bikin kaget, kok bisa ada garam bercokol di tangki mobil. Ini terjadi pada dua mobil dalam selang hari berdekatan. Sampai harus ke bengkel untuk kuras tangki. Apa iya disabotase orang, atau memang ada bensin yang mengandung garam?” tulis suami Widi Mulia itu.

    Dalam unggahan yang sama, tampak terlihat di alam tangki banyak garam menumpuk di dasar tangki BBM.

    “Ini tersangka nih,” ungkap seseorang yang terdengar dalam video.

    “Ini pak, buat masak buat warteg cukup nih pak, garamnya segini nih pak,” ungkap seseorang dalam video yang berbeda.

    Momen ini memang bikin terkejut, bisa-bisanya garam ada di tangki bensin. Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Jatiasih Wahono, kejadian seperti ini terbilang langka. Kemungkinan ada garam di dalam tangki bensin pun sangat kecil.

    “Secara teoritis agak sulit ada kandungan garam di tangki bila tidak ada faktor dari luar,” ungkap Wahono saat dihubungi detikOto melalui pesan singkat, Jumat (25/7/2025).

    “Terkecuali bensinnya tercampur air asin atau air laut, misal posisi pom bensin dekat pantai dan pernah kena banjir rob dan air masuk ke penampungan,” lanjut Wahono.

    Tangki bensin memang harus selalu dalam kondisi bersih. Sebab, kalau tidak mobil bisa mogok karena adanya kotornya yang menyumbat filter. Alhasil suplai BBM ke mesin jadi terganggu.

    “Pompa bahan bakar bisa rusak dan tidak bekerja. Mesin jadi mogok,” tutup Wahono.

    (dry/din)

  • Pelajaran dari Kecelakaan Bus Sugeng Rahayu Gagal Nyalip Berujung Hantam Pemotor

    Pelajaran dari Kecelakaan Bus Sugeng Rahayu Gagal Nyalip Berujung Hantam Pemotor

    Jakarta

    Terjadi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan bus Sugeng Rahayu gagal menyalip truk, hingga berujung menghantam pengendara motor. Akibat peristiwa kecelakaan fatal ini, pengendara motor tersebut meninggal dunia.

    Mengutip detikJateng, peristiwa kecelakaan ini melibatkan bus, truk, serta sepeda motor. Kecelakaan terjadi jalan Raya Sragen-Ngawi, yang masuk wilayah Sambungmacan, Sragen. Kecelakaan tersebut membuat satu orang tewas dan satu mengalami luka-luka.

    Kasat Lantas Polres Sragen, IPTU Kukuh Tirto Satria Leksono mengatakan kecelakaan melibatkan bus Sugeng Rahayu, truk Hino, dan pengendara motor. Kecelakaan terjadi pada Jumat pagi sekira pukul 03.35 WIB.

    “Iya kecelakaan melibatkan bus Sugeng Rahayu, truk dan sepeda motor di Jalan Sragen-Ngawi tadi pagi pukul 03.35 WIB,” kata Kukuh dihubungi detikJateng, Jumat (11/7).

    Kronologi Kecelakaan

    Secara kronologi, Kukuh mengatakan semula bus Sugeng Rahayu dan truk berjalan searah dari arah barat menuju timur. Saat itu posisi bus Sugeng Rahayu ada di belakang truk.

    “Sedangkan sepeda roda dua berjalan dari arah timur menuju ke barat. Namun setelah sampai di lokasi, bus Sugeng Rahayu mendahului truk yang ada di depannya,” bilang Kukuh lagi.

    Kukuh mengatakan saat bus mendahului truk, dari arah berlawanan melaju sepeda motor. Sebab jarak yang terlalu dekat, bus Sugeng Rahayu membanting setir ke kiri yang mengenai truk dan sepeda motor.

    “Jarak bus Sugeng Rahayu terlalu dekat dan lepas kendali membanting setir ke kiri membentur truk dan sepeda motor,” ucapnya.

    Kukuh mengatakan bus Sugeng Rahayu dikemudikan oleh Dio Pradana (27), sedangkan truk dikemudikan Dodik Setiawan dan motor dikendarai oleh Setiawan Nur Fauzi (25) serta FW (18).

    “Pengendara sepeda motor mengalami pendarahan dan meninggal dunia di lokasi. Pembonceng mengalami luka-luka dan dirawat di RSUD Sragen,” terang Kukuh.

    Pelajaran yang Bisa Diambil

    Peristiwa kecelakaan tersebut berawal dari gagalnya bus Sugeng Rahayu saat menyalip truk di depannya. Artinya, pengemudi bus kurang cermat dalam mengamati situasi di depannya. Pelajaran yang bisa dipetik dari peristiwa itu adalah, pengemudi bus atau kendaraan lainnya harus lebih cermat saat menyalip kendaraan.

    Seperti dikatakan Auto2000 dalam keterangan resminya, sebelum menyalip pastikan pengemudi melihat marka jalan. Jika marka jalan berupa garis yang menyambung, maka tidak diperbolehkan menyalip. Sebab biasanya itu menunjukkan titik buta alias blindspot.

    Jika ingin menyalip kendaraan di depan dengan kondisi marka atau garis jalan putus-putus, maka tandanya boleh menyalip. Kendati begitu, pengemudi harus tetap waspada dan mencermati kendaraan yang datang dari lawan arah. Pastikan kondisinya sepi dan aman.

    Di sisi lain, faktor terpenting dari menggunakan sarana umum seperti jalan raya adalah keselamatan bersama. Pengemudi tidak perlu memaksakan diri menyalip kendaraan di depannya jika tidak perlu-perlu amat. Sebab jika sudah kejadian gagal menyalip dan berujung menyenggol kendaraan lain, maka orang lain lah yang menjadi korban.

    (lua/dry)

  • Dialami Diogo Jota dan Adiknya, Ini Bahayanya Kecelakaan Mobil Gegara Pecah Ban

    Dialami Diogo Jota dan Adiknya, Ini Bahayanya Kecelakaan Mobil Gegara Pecah Ban

    Jakarta

    Dua pesepakbola bersaudara asal Portugal, Diogo Jota dan Andre Silva, mengalami kecelakaan fatal berujung merenggut nyawa keduanya. Mobil Lamborghini yang dikendarai Jota dan adiknya itu dilaporkan mengalami pecah ban hingga membuat mobil keluar jalur dan terbakar. Jangan diabaikan, ini bahayanya mobil yang alami pecah ban.

    Diberitakan sebelumnya, Jota dan Silva mengalami kecelakaan tragis di Zamora, Spanyol (3/7). Mereka berdua menaiki Lamborghini Huracan Evo Spyder warna hijau. Diduga kecelakaan tersebut terjadi karena kasus pecah ban setelah Lamborghini yang dikendarai mereka mencoba menyalip kendaraan di depannya.

    Kejadian pecah ban memang kerap menjadi salah satu pembunuh di jalan raya. Ban yang pecah saat mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi bisa membuat pengemudi mobil itu kehilangan kendali. Jika ban depan mobil pecah bisa mengakibatkan gejala understeering, sementara kalau ban belakang yang pecah bisa bikin gejala oversteering.

    Mengutip penjelasan Auto2000 dalam keterangannya, kasus ban mobil pecah sampai rusak berat umumnya disebabkan oleh tekanan udara yang kurang alias ban kempis dan dibiarkan terlalu lama. Situasi ini berbahaya karena dapat mengakibatkan kecelakaan.

    Tekanan udara ban yang sesuai sanggup menjaga bidang kontak telapak ban agar tetap optimal, sehingga daya cengkeram ban ke permukaan jalan selalu pas. Tekanan udara ban yang sesuai juga membantu dinding ban menopang berat mobil serta meredam gaya akibat gerakan ban. Alhasil, tekanan udara yang sesuai memegang peran sangat penting dalam menjaga performa ban di jalan.

    Sebaliknya, jika ban mobil mengalami kekurangan angin alias kempis, maka ban tidak memiliki area kontak dengan aspal (contact patch) yang cukup. Bahkan jadi cenderung berlebih akibat hanya tertumpu di pinggir telapak ban. Kondisi ini dapat mengakibatkan ban aus di pinggir sisi luar dan dalam saja. Mobil juga akan terasa semakin berat dikemudikan karena daya cengkeramnya terlalu kuat ke aspal jalan.

    Gerakan naik turun dinding ban pun menjadi tidak terkendali ketika kempis. Alhasil, ban menjadi terlalu lentur dan dapat membuat anyaman kawat baja dinding ban rusak. Bahkan dalam kondisi terburuk, misal saat perjalanan jauh, dan tekanan udara ban terlalu kempis, bibir velg dapat menyentuh dinding ban dan berpotensi membuat robek.

    Kondisi ini sangat berbahaya kalau pengemudi tidak menyadarinya. Padahal, tekanan udara ban yang kurang akan langsung terasa pada pengendalian mobil yang lebih sulit. Selain itu, biasanya mobil akan menarik ke sisi ban yang kempis atau mobil bergoyang akibat gerakan dinding ban yang berlebihan. Jika kondisi itu terjadi terus menerus dan dibiarkan, maka ban berpotensi pecah.

    Maka itu penting melakukan pemeriksaan tekanan udara ban mobil di pagi hari di mana ban belum berjalan dan suhu lingkungan masih dingin supaya hasilnya akurat. Tetapi kalau terlalu repot, usahakan minimal 1 minggu sekali. Pengecekan bisa dilakukan di bengkel khusus ban, maupun di SPBU.

    (lua/din)

  • Habis Dipakai Long Weekend, Ini 10 Komponen Mobil Hybrid yang Perlu Diperiksa

    Habis Dipakai Long Weekend, Ini 10 Komponen Mobil Hybrid yang Perlu Diperiksa

    Jakarta

    Bagi Anda yang bepergian menggunakan mobil pribadi saat momen long weekend pekan lalu jangan lupa mengecek sepuluh komponen yang ada di kendaraan Anda, apalagi jika mobil yang digunakan adalah jenis hybrid. Hal ini bertujuan untuk memastikan mobil hybrid Anda tetap terjaga kondisinya dan siap digunakan lagi buat aktivitas harian.

    10 Komponen Mobil Hybrid yang Perlu Diperiksa

    Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, berikut 10 komponen mobil hybrid yang perlu diperiksa setelah digunakan untuk perjalanan jauh:

    1. Ban

    Selain menopang bobot mobil beserta penumpang dan barang, ban juga bertugas menyalurkan akselerasi dan memberikan pengereman yang optimal. Ban harus dapat pula dibelokkan dengan mudah untuk membantu manuver di jalan.

    Cek kondisi ban dengan memperhatikan tekanan pada ban sesuai arahan pabrikan, dan cek tanda keausan pada tapak ban. Bersihkan alur ban dari kerikil dan pastikan tidak ada yang sobek atau benjol. Perhatikan pula kondisi dinding ban dari risiko kerusakan serupa. Segera ganti ban yang bermasalah.

    2. Kaki-kaki

    Shock absorber tak boleh ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Pastikan juga kemudi tetap bisa bekerja dengan baik tanpa kendala. Jangan sampai kerusakan pada part kaki-kaki malah mengganggu saat berkendara harian maupun saat menemani wisata libur panjang.

    3. Motor Listrik

    Komponen lain yang wajib dicek adalah motor listrik mobil hybrid. Karena meneruskan tenaga terus-menerus, kerja motor listrik terbilang berat, apalagi kalau mobil melewati jalan banjir atau rusak. Pastikan tidak ada masalah pada parts penting ini dengan melakukan servis berkala.

    4. Baterai Hybrid

    Meskipun memiliki pelindung yang kuat, lokasi baterai di bawah dek penumpang cukup rawan masalah seperti terkena benturan, panas, juga air. Cek baterai dan rumahnya, termasuk kisi-kisi pendingin seperti milik Kijang Innova Zenix HEV yang berada di bawah jok penumpang depan. Jangan sampai lubang udara tersebut tertutup karena akan membuat baterai overheat.

    Kemudian jangan lupa juga bagi mobil hybrid Toyota yang jarang digunakan, jangan hanya rutin memanaskan mobil, tapi juga menjalankan mobil, supaya performa baterai tetap terjaga.

    5. Rem

    Waspada kebocoran pada selang rem, jangan lupa periksa kondisi kampas rem yang bekerja paling berat untuk mengurangi laju mobil. Segera ganti kampas rem jika sudah sampai titik aus supaya tidak gagal bekerja di jalan.

    Pastikan volume cairan rem tidak berkurang, serta tidak ada perubahan warna dan endapan lumpur. Cairan rem yang kurang merupakan salah satu tanda kampas rem mulai menipis. Tambah cairan rem bila kurang.

    6. Oli Mesin

    Mesin mobil hybrid butuh perawatan oli supaya dapat bekerja dengan baik. Cek takaran oli mesin lewat dipstick dan pastikan tidak kurang. Perhatikan apakah ada perubahan warna oli mesin, kalau berubah coklat susu merupakan indikator tercampur air. Ganti oli mesin setiap 6 bulan bersamaan dengan servis berkala.

    7. Radiator Coolant

    Pastikan warna radiator coolant tidak berubah apalagi sampai keruh karena ada risiko masalah, seperti tercampur kotoran yang dapat membuatnya mampat. Periksa selang dan rumah radiator karena ada kemungkinan terkena lontaran kerikil yang dapat membuat cairan radiator habis.

    8. Cairan Kendaraan Lainnya

    Jangan lupakan cairan mobil penting lainnya seperti minyak kopling mobil manual, air pembersih kaca, oli transmisi, serta cairan power steering hidrolis untuk mobil non EPS. Pastikan volumenya tidak berkurang dan tidak ada perubahan warna sebagai indikator masalah.

    9. Kabin

    Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran, keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin. Bersihkan pula bagasi dari potensi kotor supaya perjalanan terasa nyaman dan tidak ada bau aneh.

    10. AC

    AC bekerja mendinginkan kabin mobil di tengah kemacetan dan cuaca panas sehingga ada risiko kemampuannya menurun. Filter kabin juga bekerja keras memastikan udara di kabin tetap bersih, sedangkan ada kemungkinan kotoran ikut bersirkulasi. Kotoran yang terbawa ke dalam kabin akan membuat penumpang tidak nyaman dan berpotensi membawa bibit penyakit.

    Langkah pemeriksaan dan perbaikan di atas belum tentu dapat dilakukan sendiri, khususnya komponen elektrifikasi seperti motor listrik dan baterai hybrid. Daripada salah, solusinya adalah servis berkala di bengkel Auto2000 yang sudah memenuhi standar Toyota global untuk mengurus mobil hybrid.

    Servis berkala sanggup menjaga performa mobil dan selalu hemat bensin. Kegiatan ini dapat segera mendeteksi potensi masalah supaya dapat diperbaiki. Sehingga, biaya lebih besar karena kerusakan semakin berat atau mobil mogok dapat dihindari.

    “Silakan booking servis berkala mobil hybrid Toyota sebagai persiapan berkendara harian dan wisata di masa libur sekolah. AutoFamily juga bisa memanfaatkan armada THS – Auto2000 Home Service siap memberikan layanan servis berkala kendaraan elektrifikasi Toyota di lokasi pelanggan,” ucap Nur Imansyah Tara selaku Marketing Division Head Auto2000.

    (lua/dry)

  • Bukan Turun Harga, Ini Sebabnya Toyota bZ4X Ada yang Dijual Rp 600 Jutaan

    Bukan Turun Harga, Ini Sebabnya Toyota bZ4X Ada yang Dijual Rp 600 Jutaan

    Jakarta

    Harga Toyota bZ4X ada yang Rp 600 jutaan. Meski begitu, tak ada penurunan harga pada model bZ4X. Kok bisa ada yang dijual Rp 600 jutaan?

    bZ4X menjadi satu-satunya mobil listrik yang dijual Toyota di Indonesia saat ini. Soal harga, model barunya ditawarkan dengan banderol Rp 1 miliar ke atas. Tapi rupanya, ada Toyota bZ4X yang dijual seharga Rp 600-700 jutaan. Pas buat kamu yang lagi mencari Toyota bZ4X tapi budget di bawah Rp 1 miliar.

    Untuk diketahui, Toyota tidak melakukan penyesuaian harga terhadap bZ4X sehingga ada yang dijual mulai Rp 600 jutaan. Namun demikian, model tersebut adalah VIN 2023 dan juga unit bekas digunakan pada KTT (Konferensi Tingkat Tinggi).

    “Price list tidak berubah ya,” terang CEO Auto2000 Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi detikOto, Jumat (20/6/2025).

    Harga Toyota bZ4X

    Sementara bila unit versi yang terbaru, bisa dibawa pulang dengan harga mulai Rp 1,2 miliar. Berikut daftar harga Toyota bZ4X, termasuk unit ex KTT dan VIN 2023.

    Toyota bZ4X (without wall charger): Rp 682,8 jutaToyota bZ4X (with wall charger): Rp 726,2 jutaToyota bZ4X (one tone color): Rp 1.200.700.000Toyota bZ4X (two tone color): Rp 1.208.800.000

    Soal spesifikasi, Toyota bZ4X memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.600 mm, jarak sumbu roda 2.850 mm, serta radius putar 6,3 m. Toyota bZ4X dipasok baterai Lithium-ion kapasitas 71,4 kWh dengan voltase 355 Volt. Saat baterainya terisi penuh, mobil berpenggerak roda depan (FWD) tersebut bisa menempuh jarak hingga 500 km.

    Baterai bZ4X diklaim dapat dicas dari 0-80% dalam waktu 9-10 jam dengan metode normal charging, pakai charging AC dengan output 6,6 kW. Namun jika dicas menggunakan fast charging, untuk mengisi dari 0 ke 80% kapasitas, hanya butuh 30 menit, pakai charging DC dengan output 150 kW.

    Kemudian untuk motor listriknya, menggunakan AC synchronous electric generator yang mampu menghasilkan tenaga 150 kW (201,1 dk) dan torsi puncak sebesar 266,3 Nm. Dengan tenaga sebesar itu, mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 8,3 detik.

    Toyota juga membekali bZ4X dengan fitur ADAS (Advance Driver Assistance System) generasi terbaru yang disebut TSS (Toyota Safety Sense) 3.0. Fiturnya meliputi Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, hingga Road Sign Assist.

    (dry/din)