Perusahaan: AirAsia

  • Sosok Oshima Yukari, Pramugari yang Masuk dalam Daftar Orang Hilang Kebakaran Glodok Plaza

    Sosok Oshima Yukari, Pramugari yang Masuk dalam Daftar Orang Hilang Kebakaran Glodok Plaza

    GELORA.CO –  Kebakaran hebat yang melanda Glodok Plaza, Jakarta Barat, pada Kamis, 16 Januari 2025, menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak. Salah satu nama yang masuk dalam daftar orang hilang adalah Oshima Yukari, seorang pramugari muda yang sedang menghabiskan waktu di Jakarta untuk menghadiri pesta ulang tahun teman-temannya.

    Oshima bekerja di maskapai penerbangan BBN Airlines setelah sebelumnya sempat menjadi bagian dari Batik Air, Lion Air, dan AirAsia. Kehilangannya menimbulkan kepedihan mendalam, terutama bagi sang ayah, Edi Sunarsono, yang kini berjuang mencari kejelasan atas nasib putri tercintanya.

    Mengintip perjalanan karier Oshima melalui unggahan di media sosial pribadinya, @osimayukari, tampak bahwa kecintaannya pada dunia penerbangan dimulai sejak ia bergabung dengan Batik Air pada 2017. Ia kemudian melanjutkan karier di AirAsia, tempat ia bekerja hingga 2022. Pada pertengahan 2024, Oshima resmi bergabung dengan BBN Airlines, maskapai yang menjadi rumah terakhir baginya sebagai pramugari.

    Dalam unggahannya, Oshima kerap membagikan momen perjalanannya ke berbagai destinasi dunia, seperti Turki, India, dan Bali. Foto-foto tersebut memperlihatkan sosoknya yang ceria dan penuh semangat, seakan mencerminkan betapa ia mencintai pekerjaannya.

    Hari Terakhir dan Firasat Sang Ayah

    Sang ayah, Edi Sunarsono, menceritakan bahwa terakhir kali ia berkomunikasi dengan putrinya adalah pada awal Desember 2024. Oshima kala itu menyampaikan rencananya untuk menghadiri pesta ulang tahun bersama teman-teman sesama pramugari di Jakarta.

    Namun, empat hari sebelum kebakaran terjadi, Edi mengaku mendapat firasat buruk. Ia tiba-tiba merasa ingin mengunggah foto Oshima ke media sosial, sesuatu yang jarang dilakukannya. Tak disangka, tiga hari kemudian ia mendapat kabar mengejutkan tentang kebakaran Glodok Plaza yang menelan korban jiwa.

    “Kamis sore saya kaget dalam daftar ada nama OY. Saya langsung berpikir itu anak saya,” ujar Edi saat ditemui di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, Jumat, 17 Januari 2025.

    Perjuangan Seorang Ayah

    Demi mencari kepastian, Edi rela menempuh perjalanan dari Kendal, Jawa Tengah, ke Jakarta. Dengan penuh harap, ia menyerahkan data antemortem di RS Polri untuk membantu proses identifikasi. Meski diliputi kesedihan, Edi tetap tegar dan percaya bahwa segala sesuatu adalah bagian dari skenario Tuhan.

    “Anaknya tubuhnya tinggi, cantik. Dulu saya ingin dia jadi Polwan, tapi dia lebih senang jadi pramugari. Dia dulu juga pernah jadi model di Jawa Tengah,” kenang Edi.

    Harapan dan doa tak pernah lepas dari Edi. Ia berharap ada mukjizat yang membawa kabar baik tentang putrinya. “Kalau ada mukjizat, siapa tahu dia hanya terluka ringan atau dirawat di tempat lain,” ujarnya.

    Pencarian yang Belum Usai

    Hingga kini, upaya pencarian korban kebakaran Glodok Plaza masih terus dilakukan. Tim gabungan dari pihak berwenang menyisir reruntuhan gedung demi menemukan korban yang belum teridentifikasi. Sementara itu, keluarga Oshima dan keluarga korban lainnya terus menunggu kabar dengan penuh harap.

    Tragedi ini meninggalkan luka mendalam, tidak hanya bagi keluarga korban tetapi juga bagi masyarakat luas. Kisah Oshima Yukari menjadi salah satu dari sekian banyak cerita yang mengingatkan kita akan pentingnya keselamatan dan solidaritas dalam menghadapi bencana.

  • 5 Fakta Raline Shah Jadi Stafsus Menkomdigi, Termasuk Gaji yang Diterimanya

    5 Fakta Raline Shah Jadi Stafsus Menkomdigi, Termasuk Gaji yang Diterimanya

    Jakarta: Aktris sekaligus model ternama, Raline Shah, resmi diangkat menjadi Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) pada Senin, 13 Januari 2025. Penunjukan ini diumumkan langsung dalam acara pelantikan di Kantor Komdigi, Jakarta. 

    Pengangkatan Raline Shah berdasarkan Kepmenkomdigi dengan Nomor 7/10 Januari 2025, dan ditandatangani oleh Menkomdigi Meutya Hafid. Raline mendapatkan tanggung jawab besar sebagai Staf Khusus Bidang Kemitraan Global dan Edukasi Digital.

    Menkomdigi Meutya Hafid menekankan harapannya agar Raline mampu memperkuat kerja sama internasional dan memimpin inisiatif edukasi digital secara masif. Dengan pengalaman dan jaringan global yang dimilikinya, Raline diharapkan membawa perspektif baru dalam dunia komunikasi dan digital.

    Berikut ini lima fakta menarik terkait pengangkatan Raline Shah sebagai Staf Khusus Menkomdigi:
    1. Tugas Utama di Kemitraan Global dan Edukasi Digital
    Sebagai Staf Khusus, Raline memiliki tugas utama untuk memperkuat kemitraan global serta memimpin edukasi digital kepada masyarakat. Dalam pernyataan resminya, Menteri Komdigi Meutya Hafid memberikan pesan khusus kepada Raline.

    “Ibu Raline Shah, kemitraan global tolong dikuatkan, edukasi digital tolong dijalankan,” ujar Meutya Hafid.

    Menkomdigi juga menyampaikan pentingnya perspektif seni yang dimiliki Raline untuk membuat kebijakan kementerian menjadi lebih inklusif.

    Baca juga: Komdigi Lantik Dirjen dan Staf Khusus, Ada Raline Shah hingga Fifi Aleyda Yahya

    2. Proses Penunjukan yang Tidak Terduga
    Raline mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah menduga akan menerima tanggung jawab ini. Ia menceritakan bagaimana dirinya dihubungi langsung oleh Menteri Meutya Hafid saat sedang berada di luar negeri.

    “Sebenarnya saya tidak menduga dan tidak ada ambisi atau keinginan apapun masuk ke dalam pemerintahan. Malah kalau bisa dibilang usaha pun belum ada. Namun ternyata ditunjuk dan diberi amanah ini,” kata Raline.

    Raline juga menyebut bahwa dirinya terinspirasi setelah melakukan beberapa pertemuan untuk membahas detail tanggung jawabnya.
    3. Pengalaman Sebagai Komisaris AirAsia Indonesia
    Penunjukan ini bukan kali pertama Raline terlibat dalam bidang strategis di luar dunia hiburan. Sebelumnya, pada tahun 2017, ia dipercaya menjabat sebagai Komisaris Independen AirAsia Indonesia. 

    Raline dikenal memiliki jaringan internasional yang luas dan kemampuan komunikasi yang baik. Hal inilah yang menjadi alasan kuat dirinya terpilih untuk posisi strategis di Kementerian Komdigi.
    4. Gaji dan Tunjangan Fantastis
    Sebagai Staf Khusus Menkomdigi, Raline Shah mendapatkan gaji dan tunjangan yang tergolong tinggi. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2024, gaji pokok Staf Khusus setara dengan Eselon I.b, yakni berkisar antara Rp 3.880.400 hingga Rp 6.373.200.

    Selain gaji pokok, Raline juga berhak menerima tunjangan kinerja sesuai kelas jabatan 16, yang mencapai Rp 20.695.000 per bulan. Artinya, total pendapatan Raline sebagai Stafsus Menkomdigi dapat mencapai Rp 24.830.400 hingga Rp 27.323.200 setiap bulan.
    5. Langkah Awal: Kolaborasi dengan Singapura dan India
    Setelah pelantikannya, Raline langsung memulai langkah awal dengan mempersiapkan sejumlah agenda kerja sama global. Dalam keterangannya, ia menyebut akan fokus pada pembahasan dengan perusahaan swasta di luar negeri serta pemerintah negara seperti Singapura dan India dalam bidang telekomunikasi dan digital.

    “Yang pasti sudah ada beberapa program ke luar negeri untuk membicarakan kemitraan dengan perusahaan swasta di luar negeri dan juga beberapa pemerintahan seperti Singapura dan India. Kerja samanya dalam bidang telekomunikasi dan digital,” ungkap Raline.

    Pengangkatan Raline Shah sebagai Staf Khusus Menkomdigi menunjukkan kolaborasi unik antara dunia seni dan pemerintahan. Dengan latar belakang dan pengalaman yang kaya, publik menantikan gebrakan baru yang akan dihadirkan oleh aktris yang juga pegiat sosial ini.

    Jakarta: Aktris sekaligus model ternama, Raline Shah, resmi diangkat menjadi Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) pada Senin, 13 Januari 2025. Penunjukan ini diumumkan langsung dalam acara pelantikan di Kantor Komdigi, Jakarta. 
     
    Pengangkatan Raline Shah berdasarkan Kepmenkomdigi dengan Nomor 7/10 Januari 2025, dan ditandatangani oleh Menkomdigi Meutya Hafid. Raline mendapatkan tanggung jawab besar sebagai Staf Khusus Bidang Kemitraan Global dan Edukasi Digital.
     
    Menkomdigi Meutya Hafid menekankan harapannya agar Raline mampu memperkuat kerja sama internasional dan memimpin inisiatif edukasi digital secara masif. Dengan pengalaman dan jaringan global yang dimilikinya, Raline diharapkan membawa perspektif baru dalam dunia komunikasi dan digital.

    Berikut ini lima fakta menarik terkait pengangkatan Raline Shah sebagai Staf Khusus Menkomdigi:

    1. Tugas Utama di Kemitraan Global dan Edukasi Digital

    Sebagai Staf Khusus, Raline memiliki tugas utama untuk memperkuat kemitraan global serta memimpin edukasi digital kepada masyarakat. Dalam pernyataan resminya, Menteri Komdigi Meutya Hafid memberikan pesan khusus kepada Raline.
     
    “Ibu Raline Shah, kemitraan global tolong dikuatkan, edukasi digital tolong dijalankan,” ujar Meutya Hafid.
     
    Menkomdigi juga menyampaikan pentingnya perspektif seni yang dimiliki Raline untuk membuat kebijakan kementerian menjadi lebih inklusif.
     
    Baca juga: Komdigi Lantik Dirjen dan Staf Khusus, Ada Raline Shah hingga Fifi Aleyda Yahya

    2. Proses Penunjukan yang Tidak Terduga

    Raline mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah menduga akan menerima tanggung jawab ini. Ia menceritakan bagaimana dirinya dihubungi langsung oleh Menteri Meutya Hafid saat sedang berada di luar negeri.
     
    “Sebenarnya saya tidak menduga dan tidak ada ambisi atau keinginan apapun masuk ke dalam pemerintahan. Malah kalau bisa dibilang usaha pun belum ada. Namun ternyata ditunjuk dan diberi amanah ini,” kata Raline.
     
    Raline juga menyebut bahwa dirinya terinspirasi setelah melakukan beberapa pertemuan untuk membahas detail tanggung jawabnya.

    3. Pengalaman Sebagai Komisaris AirAsia Indonesia

    Penunjukan ini bukan kali pertama Raline terlibat dalam bidang strategis di luar dunia hiburan. Sebelumnya, pada tahun 2017, ia dipercaya menjabat sebagai Komisaris Independen AirAsia Indonesia. 
     
    Raline dikenal memiliki jaringan internasional yang luas dan kemampuan komunikasi yang baik. Hal inilah yang menjadi alasan kuat dirinya terpilih untuk posisi strategis di Kementerian Komdigi.

    4. Gaji dan Tunjangan Fantastis

    Sebagai Staf Khusus Menkomdigi, Raline Shah mendapatkan gaji dan tunjangan yang tergolong tinggi. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2024, gaji pokok Staf Khusus setara dengan Eselon I.b, yakni berkisar antara Rp 3.880.400 hingga Rp 6.373.200.
     
    Selain gaji pokok, Raline juga berhak menerima tunjangan kinerja sesuai kelas jabatan 16, yang mencapai Rp 20.695.000 per bulan. Artinya, total pendapatan Raline sebagai Stafsus Menkomdigi dapat mencapai Rp 24.830.400 hingga Rp 27.323.200 setiap bulan.

    5. Langkah Awal: Kolaborasi dengan Singapura dan India

    Setelah pelantikannya, Raline langsung memulai langkah awal dengan mempersiapkan sejumlah agenda kerja sama global. Dalam keterangannya, ia menyebut akan fokus pada pembahasan dengan perusahaan swasta di luar negeri serta pemerintah negara seperti Singapura dan India dalam bidang telekomunikasi dan digital.
     
    “Yang pasti sudah ada beberapa program ke luar negeri untuk membicarakan kemitraan dengan perusahaan swasta di luar negeri dan juga beberapa pemerintahan seperti Singapura dan India. Kerja samanya dalam bidang telekomunikasi dan digital,” ungkap Raline.
     
    Pengangkatan Raline Shah sebagai Staf Khusus Menkomdigi menunjukkan kolaborasi unik antara dunia seni dan pemerintahan. Dengan latar belakang dan pengalaman yang kaya, publik menantikan gebrakan baru yang akan dihadirkan oleh aktris yang juga pegiat sosial ini.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)

  • Alasan Meutya Tunjuk Raline Shah Jadi Stafsus Menteri, Ini Tugasnya

    Alasan Meutya Tunjuk Raline Shah Jadi Stafsus Menteri, Ini Tugasnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raline Shah ditetapkan sebagai Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) untuk Bidang Kemitraan Global dan Edukasi Digital, pada hari ini, Senin (13/1/2025).

    Pengangkatan Raline Shah berdasarkan Kepmenkomdigi dengan Nomor 7/10 Januari 2025, dan ditandatangani oleh Menkomdigi Meutya Viada Hafid.

    Pemilik nama lengkap Raline Rahmat Shah, merupakan seorang aktris dan model kelahiran 4 Maret 1985. Nama Raline melejit sejak berperan sebagai Riani dalam film besutan Rizal Mantovani, 5 cm.

    Sebelum bermain film, Raline merintis kariernya dalam ajang kecantikan Puteri Indonesia 2008. Puteri Perwakilan dari Sumatera Utara itu berhasil mendapatkan predikat Puteri Terfavorit.

    Selain dunia entertainment, Raline juga pernah menjabat sebagai Komisaris Independen AirAsia Indonesia pada 2017 lalu. Raline dipercaya duduk di bangku direksi maskapai penerbangan murah yang bermarkas di Malaysia itu lantaran memiliki citra yang positif sebagai artis.

    Pesan Menkomdigi untuk Raline Shah

    Ketika pelantikan di Kantor Komdigi, Menkomdigi Meutya Viada Hafid menitipkan pesan untuk khusus untuk Raline.

    Meutya berpesan agar kemitraan global tolong dikuatkan dan edukasi digital tolong dijalankan.

    “Saya banyak sekali pesan dari para orang tua, kekhawatiran mereka terhadap bagaimana anak-anak mereka menggunakan internet,” ujar Menkomdigi.

    “Maka tolong Kementerian ini dibantu dengan edukasi secara masif kepada masyarakat” tegas Meutya kepada Raline.

    Menkomdigi menegaskan alasan Raline dipilih karena dia adalah pekerja seni, dan Komdigi perlu perspektif orang seni tentu untuk mewarnai kementerian tersebut.

    Ia yakin bahwa perspektif yang kaya akan membuat Komdigi menjadi lebih kaya dalam menjalankan ide-ide.

    “Jadi seluruh perspektif itu ingin kita masukkan kepada kantor ini dalam rangka membuat kebijakan yang inklusif untuk semua,” ujarnya.

    “Kemudian Ibu Raline juga dipilih untuk memperkuat lebih banyak perempuan urusan keberpihakan gender jadi kami ingin menambah di Stafsus lebih banyak perempuan.” pungkasnya.

    Tugas Raline Shah Jadi Stafsus Menkomdigi

    Saat ditemui usai pelantikan, Raline Shah mengatakan tugasnya secara perinci akan dibahas dalam rapat selanjutnya yang juga digelar hari ini pukul 12.00 WIB.

    “Yang pasti sudah ada beberapa program ke luar negeri untuk membicarakan kemitraan dengan perusahaan swasta di luar negeri dan juga beberapa pemerintahan seperti Singapura dan India. Kerja samanya dalam bidang telekomunikasi dan digital,” kata Raline Shah.

    Ia mengaku tak menduga dirinya bisa ditunjuk untuk mengemban tanggung jawab ini, tetapi optimistis memiliki kapabilitas dan bisa menjalankan tugas dengan baik.

    “Sebenarnya saya tidak menduga dan tidak ada ambisi atau keinginan apapun masuk ke dalam pemerintahan. Malah kalau bisa dibilang usaha pun belum ada. Namun ternyata ditunjuk dan diberi amanah ini. Saya benar-benar merasa bahwa saya punya peran di sini, saya mempunyai kapabilitas di sini, dan juga ingin berkontribusi dan memberikan yang terbaik di dalam pekerjaan saya, yaitu kemitraan global, relasi internasional dan pendidikan untuk masyarakat,” ia menuturkan.

    Raline Shah lantas bercerita proses dirinya ditunjuk sebagai Stafsus Menteri. Ia mengatakan dihubungi melalui jalur pribadi (japri) oleh Meutya Hafid saat berada di luar negeri. Ia ditanya kapan bersedia untuk bertemu.

    Namun, Raline Shah kebetulan berada di luar negeri dalam waktu agak panjang, sehingga menawarkan untuk berkomunikasi secara online.

    “Pada saat itu dia [Meutya] memberikan saya beberapa ide untuk menghubungi beberapa orang juga di luar negeri untuk dihubungkan ke kementerian ini. Alhamdulillah perhubungan itu jadi positif. Jadi dia mungkin melihat bahwa saya koneksinya lumayan kuat di mancanegara dan mempunyai skill untuk bisa bernegosiasi dan berkomunikasi lancar dalam bahasa Inggris,” Raline Shah menjelaskan.

    Selanjutnya, Raline Shah dan Meutya menggelar beberapa kali pertemuan di Jakarta. Sebab, Raline Shah ingin memastikan dirinya juga bisa memberikan yang terbaik dan memprioritaskan jabatan ini dengan serius.

    “Dua peran ini [kemitraan global dan edukasi] saya sangat senang dan saya yakin bisa menjalankan dengan baik. Jadi saya ambil dengan besar hati dan juga jam kerja saya sudah ditentukan dengan jelas. Mohon dukungannya teman-teman media,” ia menuturkan.

    Ia juga memastikan semua pekerjaan sebagai pegiat seni, model, influencer, akan terus berjalan. Namun, ia mengatakan kapasitasnya beda dan ada sedikit limitasi karena waktu dan prioritas.

    (fab/fab)

  • AirAsia Raih On Time Arrival Rate 78,97 Persen – Halaman all

    AirAsia Raih On Time Arrival Rate 78,97 Persen – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia meraih nilai  ketepatan waktu atau on-time arrival rate  78,97 persen di 2024.

    Hasil tersebut diumumkn Cirium, lembaga analitik penerbangan global, dalam daftar Top 10 Low-Cost Carriers in the World versi Cirium On-Time Performance Review 2024.

    Selain kinerja OTP yang menempati posisi ke delapan, Indonesia AirAsia juga mencatat tingkat keandalan operasional dengan completion factor sebesar 99,36 persen, memastikan hampir semua penerbangan yang dijadwalkan berhasil dioperasikan.

    Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine Sinaga, mengatakan ketepatan waktu adalah nilai penting yang terus diprioritaskan, baik di Indonesia maupun di seluruh destinasi internasional yang kami layani.

    “Kami sangat berterima kasih kepada seluruh tim atas dedikasi mereka dalam menjaga ketepatan waktu, serta kepada pelanggan kami yang selalu mempercayai kami sebagai pilihan perjalanan udara,” tutur Veranita, Minggu (12/1/2025).

    Direktur Operasional Indonesia AirAsia Captain Akhmad Maulana, menambahkan tahun 2024 merupakan tahun penuh tantangan bagi industri penerbangan.

    Dengan meningkatnya jumlah penerbangan pasca-pandemi, manajemen lalu lintas udara, persyaratan teknis pesawat, serta kondisi cuaca di luar kendali maskapai menjadi faktor yang mempengaruhi operasional.

    “Indonesia AirAsia terus berinovasi dengan memperluas jangkauan jaringannya melalui pembukaan tujuh rute internasional baru. Beberapa rute internasional yang dilayani yaitu menuju Kota Kinabalu, Brunei Darussalam, Cairns, Hong Kong, dan Phuket,” ungkap Akhmad.

    Selain Indonesia AirAsia, maskapai AirAsia Thailand (FD) juga tercatat berada di peringkat 10 besar, dengan tingkat ketepatan waktu 77,46 persen.

  • AirAsia Indonesia (CMPP) Respons Wacana Diskon Tiket Pesawat Lebaran

    AirAsia Indonesia (CMPP) Respons Wacana Diskon Tiket Pesawat Lebaran

    Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) merespons wacana penerapan kembali diskon tiket pesawat saat Lebaran 2025. 

    Head of Government Relations and Communications Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi Soemawilaga menjelaskan kebijakan penurunan tiket penerbangan perlu didiskusikan secara mendalam dan komprehensif dengan stakeholder terkait. 

    “Seperti telah dilakukan pada periode Nataru, kebijakan seperti penurunan harga tiket penerbangan perlu didiskusikan secara mendalam dan komprehensif di antara semua pemangku kepentingan di sektor penerbangan, termasuk maskapai, regulator, dan penyedia layanan terkait,” kata Eddy kepada Bisnis, Kamis (9/1/2025). 

    Eddy memaparkan konsultasi ini sangat diperlukan untuk memastikan bahwa kebijakan yang diambil dapat mendukung keseimbangan antara aksesibilitas masyarakat, keberlanjutan operasional maskapai, dan kualitas layanan. 

    “Kami terbuka untuk berkolaborasi dalam dialog konstruktif demi menciptakan solusi terbaik bagi semua pihak,” jelasnya. 

    Seperti yang diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono menyebutkan penurunan harga tiket pesawat dan moda transportasi lain akan diupayakan pada momen Lebaran 2025.  

    Menko AHY menjelaskan dalam waktu dekat, momentum Ramadan dan lebaran akan dihadapi. Pihaknya mengklaim akan mengantisipasi beberapa hal seperti kemacetan, penumpukan penumpang hingga penurunan harga tiket pesawat seperti momen Nataru sebelumnya.

    “Kita ingin meyakinkan sekali lagi, aman nomor satu, kedua nyaman bagaimana kita menghadapi atau mengantisipasi kemacetan dan penumpang dan selebihnya kita berupaya kembali untuk menurunkan harga tiket pesawat termasuk moda transportasi lainnya,” kata AHY saat ditemui usai Rakor di Kemenko IPK, Rabu (8/1/2025).  

    Selain tiket pesawat, AHY juga mengklaim akan mengupayakan penurunan harga moda transportasi lainnya seperti kapal laut. Menurut AHY, tidak semua masyarakat menggunakan pesawat, ada beberapa daerah yang masih hanya dapat dijangkau oleh kapal.

  • AirAsia Indonesia (CMPP) Buka Rute Anyar Bali-Darwin

    AirAsia Indonesia (CMPP) Buka Rute Anyar Bali-Darwin

    Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) membuka rute anyar Denpasar – Darwin mulai 22 Maret 2025. 

    Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine mengatakan, rute internasional Denpasar – Darwin akan beroperasi tiga kali seminggu mulai 22 Maret 2025 serta tiket untuk rute ini sudah tersedia mulai hari ini.

    “Bali kini menjadi hub terbesar kami dalam hal kapasitas penerbangan menyusul tingginya permintaan. Kami tidak hanya melihat permintaan yang besar untuk rute perjalanan dari dan menuju Bali, yang tetap menjadi favorit bagi wisatawan Australia, tetapi juga untuk layanan penerbangan lanjutan [transit] ke lebih dari 130 destinasi di Asia dan sekitarnya melalui jaringan luas Grup AirAsia,” kata Veranita dalam keterangan resmi, Rabu (8/1/2025). 

    Vera juga menambahkan bahwa penumpang dapat memilih layanan Fly Thru AirAsia untuk terbang dari Darwin ke Phuket melalui Bali dan tiba pada hari yang sama. 

    Penumpang juga dapat memilih untuk menghabiskan beberapa hari di Bali sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya seperti Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Jakarta, Bandara Komodo Labuan Bajo (Pulau Komodo), Singapura, Phuket, dan banyak lagi.

    Dia mengeklaim warga northern territory telah lama menginginkan lebih banyak pilihan penerbangan ke Bali, dan CMPP senang dapat mewujudkannya dengan kembalinya AirAsia. 

    “Bali telah lama menjadi destinasi liburan nomor satu bagi warga Darwin, dan penerbangan ini akan memicu lonjakan wisatawan yang memulai petualangan mereka di Indonesia,” kata dia. 

    Dengan jadwal penerbangan tiga kali seminggu, Indonesia AirAsia menyediakan lebih dari 1.000 kursi bagi pengunjung setiap minggunya melalui Bandara Darwin.

  • Penurunan tiket pesawat “kado istimewa” 2024

    Penurunan tiket pesawat “kado istimewa” 2024

    Jakarta (ANTARA) – Penantian panjang terkait penurunan harga tiket pesawat akhirnya terbayarkan. Masyarakat kini bisa bernapas lega dengan kebijakan baru ini.

    Tiket pesawat yang selama ini dianggap terlalu mahal, sering kali menjadi topik perbincangan hangat di banyak kalangan. Banyak orang berharap harga bisa lebih terjangkau agar perjalanan jadi lebih mudah.

    Kehadiran pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka membawa angin segar untuk sektor transportasi udara. Banyak kebijakan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk penurunan tiket pesawat.

    Melalui pemerintahan baru, kebijakan penurunan harga tiket pesawat khusus untuk angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 akhirnya disahkan. Ini menjadi kabar baik bagi mereka yang merencanakan perjalanan liburan.

    Dengan kebijakan ini, masyarakat yang selama ini kesulitan merencanakan perjalanan jauh, kini merasa terbantu. Banyak keluarga yang merencanakan untuk berkumpul di kampung halaman dapat merealisasikan perjalanan mereka lebih mudah.

    Meskipun ada banyak pertimbangan sebelum kebijakan ini dikeluarkan, hasilnya sangat dinantikan. Penurunan harga tiket pesawat menjadi solusi tepat di tengah tingginya kebutuhan mobilitas masyarakat pada akhir tahun.

    Bagi banyak orang, kebijakan ini bagaikan kado istimewa yang sangat dinantikan. Ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga tercinta, yang sebelumnya terasa begitu jauh.

    Turun 10 persen

    Kebijakan penurunan harga tiket pesawat menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan mobilitas, sekaligus mendorong perekonomian, khususnya sektor pariwisata di momen libur akhir tahun.

    Penurunan harga tiket pesawat hingga 10 persen ini tidak hanya berlaku untuk penerbangan tertentu, tetapi berlaku untuk seluruh penerbangan domestik di Indonesia selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan kebijakan ini merupakan hasil kerja sama intensif yang melibatkan berbagai pihak.

    Langkah kolaboratif yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan ini ditujukan untuk memastikan tiket lebih terjangkau bagi masyarakat.

    Sebagai bagian dari kebijakan ini, pemerintah melibatkan berbagai pihak untuk menurunkan biaya operasional yang berpengaruh langsung pada harga tiket, termasuk biaya jasa kebandarudaraan dan avtur.

    Intervensi yang dilakukan, antara lain potongan tarif jasa kebandarudaraan sebesar 50 persen, diskon harga avtur 5,3 persen, serta pengurangan fuel surcharge untuk mesin jet hingga 8 persen.

    Kebijakan ini diperkirakan dapat menghemat biaya tiket pesawat rata-rata sebesar Rp 157.500 per penumpang, dengan total estimasi penghematan mencapai Rp 472,5 miliar selama masa liburan tersebut.

    Berdasarkan data, dampak kebijakan ini akan dirasakan oleh seluruh kategori penumpang, mulai dari layanan full-service hingga no-frills. Estimasi penghematan secara keseluruhan mencapai Rp472,5 miliar selama masa liburan.

    Langkah-langkah itu diharapkan dapat mendorong perkembangan sektor pariwisata domestik dengan meningkatkan jumlah wisatawan yang melakukan perjalanan antarkota selama liburan panjang, khususnya pada musim Natal dan Tahun Baru.

    Pemerintah berkomitmen untuk memastikan bahwa kebijakan ini berjalan lancar, dengan semua pihak terkait berperan aktif agar instruksi Presiden Prabowo Subianto dalam penurunan harga tiket pesawat terlaksana dengan baik.

    Penurunan harga tiket pesawat juga dimaksudkan untuk menyeimbangkan kembali permintaan dan penawaran penerbangan, mengingat tingginya kebutuhan mobilitas pada akhir tahun.

    Kolaborasi lintas sektor

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menyatakan penurunan harga tiket pesawat dapat tercapai berkat kolaborasi lintas kementerian dan berbagai pemangku kepentingan dalam sektor transportasi udara.

    Kolaborasi tersebut melibatkan maskapai, PT. Angkasa Pura Indonesia, PT Pertamina, serta Airnav, yang berperan menurunkan fuel surcharge, PJP2U, dan harga avtur guna menurunkan tiket.

    Penurunan harga tiket ini diharapkan memberi dampak positif bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Upaya itu bertujuan agar masyarakat dapat merayakan liburan dengan aman, nyaman, dan selamat, sembari memastikan kelancaran transportasi udara.

    Kementerian Perhubungan menyebutkan bahwa survei menunjukkan potensi pergerakan masyarakat mencapai 110,67 juta orang selama periode Natal dan Tahun Baru.

    Seiring dengan itu, inspeksi berkala terhadap berbagai moda transportasi, termasuk pesawat, terus dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kelancaran angkutan selama masa liburan.

    Langkah-langkah itu sebagai komitmen pemerintah dalam mendukung mobilitas masyarakat dan menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik selama libur akhir tahun.

    Berlaku 16 hari

    Kebijakan terkait penurunan tarif pesawat angkutan udara merupakan arahan langsung Presiden Prabowo Subianto untuk membantu masyarakat dalam rangka mengurangi beban harga tiket pesawat.

    Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Elba Damhuri menyatakan bahwa kebijakan itu berlaku bagi penerbangan domestik di seluruh bandara yang ada di Indonesia.

    Penurunan tiket (tanpa pengurangan PPN) melibatkan peran maskapai, PT Angkasa Pura Indonesia, PT Pertamina dan Airnav untuk menurunkan fuel surcharge, PJP2U dan avtur di beberapa bandara agar penurunan tarif secara keseluruhan dapat terlaksana dengan target penurunan harga tiket sebesar minimal 10 persen.

    Pemberlakuan penyesuaian tarif sendiri berlaku selama 16 hari pada masa periode Natal dan Tahun Baru, mulai tanggal 19 Desember 2024 sampai dengan 3 Januari 2025 untuk tiket yang belum terjual.

    Sementara bagi penumpang yang sudah membeli tiket untuk penerbangan pada periode tersebut, dapat diberikan insentif sesuai kebijakan masing-masing maskapai, jika masih memungkinkan.

    Keputusan penurunan harga tiket pesawat ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang saat libur akhir tahun.

    Keputusan ini diyakini mampu mendongkrak perekonomian dan pariwisata dalam negeri di kuartal terakhir tahun 2024

    PT Pertamina Persero Group akan memberikan dukungan penurunan harga avtur pada periode Natal dan Tahun Baru di 19 lokasi bandara (khususnya bandara Denpasar, Surabaya, Medan, Silangit, Lombok, Labuan Bajo, Manado, Yogyakarta Kulon Progo, Pontianak, Ambon, Makassar, Balikpapan, Kupang, Sorong, Timika, Jayapura, Maumere, Nabire, Biak).

    PT Pertamina Persero Group akan memberikan dukungan di masa Natal dan Tahun Baru dengan penurunan harga jual avtur pada rentang 7,5-10 persen.

    Kemudian terkait penurunan tarif jasa kebandaraudaraan, PT Angkasa Pura Indonesia dan seluruh unit pelayanan bandar udara (UPBU) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan, memberikan dukungan penurunan tarif PJP2U menjadi sebesar 50 persen dan tarif PJP4U menjadi sebesar 50 persen.

    Maskapai penerbangan sepakat untuk memberikan diskon fuel surcharge jet sebesar 8 persen (menjadi 2 persen) dan diskon propeller 5 persen (menjadi 20 menjadi), sedangkan AirNav akan memberikan layanan advance dan extend selama periode Nataru untuk mendukung operating hours yang lebih panjang sesuai kebutuhan maskapai.

    Berdasarkan analisa dan perhitungan yang dilakukan, dalam hal terdapat pengenaan discount fuel surcharge jet sebesar 8 persen (menjadi 2 persen) dan diskon propeller 5 persen (menjadi 20 persen), diskon PJP2U 50 persen dan PJP4U 50 persen, serta turut mempertimbangkan rute dan volume penerbangan maka secara rata-rata tertimbang (weighted average) akan terdapat penurunan tarif tiket pesawat sekitar 10 persen.

    Maskapai siap

    Maskapai penerbangan Indonesia menyambut baik kebijakan penurunan harga tiket pesawat selama periode libur akhir tahun. Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, dan Pelita Air siap mendukung kebijakan tersebut.

    Direktur Utama Garuda Indonesia Wamildan Tsani Panjaitan menyatakan komitmennya untuk menyukseskan penurunan harga tiket pesawat natal dan tahun baru.

    Maskapai lainnya, seperti Citilink, Lion Group, dan Pelita Air juga sepakat mendukung langkah ini.

    Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine juga menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah. Mereka berkomitmen untuk menyediakan tiket pesawat yang lebih terjangkau selama libur akhir tahun.

    Penurunan harga tiket pesawat yang dilakukan pemerintah dinilai maskapai dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif Indonesia.

    Dalam mendukung kebijakan ini, Indonesia AirAsia memastikan bahwa kualitas layanan tetap terjaga. Mereka fokus pada keselamatan dan kenyamanan penerbangan, sembari mengimplementasikan kebijakan harga yang lebih terjangkau.

    Pelita Air juga menunjukkan kesiapan untuk menurunkan harga tiket pesawat. Presiden Direktur Pelita Air Dendy Kurniawan menyatakan bahwa mereka akan menerapkan penurunan harga sesuai arahan pemerintah, bahkan memberikan diskon lebih besar di beberapa rute.

    Lion Group, melalui perwakilannya Danang Mandala Prihantoro, juga mendukung kebijakan ini. Mereka menganggap langkah ini dapat mengurangi beban masyarakat dan berperan dalam mendorong perekonomian nasional, terutama sektor transportasi udara.

    Penurunan harga tiket pesawat menjadi “kado istimewa” di penghujung 2024, mendongkrak mobilitas, pariwisata, dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan, sehingga diharapkan tidak hanya berlaku pada masa akhir tahun.

    Editor: Masuki M. Astro
    Copyright © ANTARA 2024

  • 7 Perusahaan Backdoor Listing di BEI, Cuan Besar 2025?

    7 Perusahaan Backdoor Listing di BEI, Cuan Besar 2025?

    Initial Public Offering atau IPO bukanlah satu-satunya cara bagi perusahaan untuk terdaftar di bursa saham. Metode lain yang dikenal adalah Backdoor Listing.

    Backdoor listing adalah proses merger atau akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan swasta terhadap perusahaan yang sahamnya sudah terdaftar di bursa saham. Biasanya aksi backdoor listing juga disebut sebagai “jalur belakang”. Setelah proses merger atau akuisisi, perusahaan swasta dapat mengakses pasar saham tanpa harus melalui IPO.

    Ada beberapa alasan yang mendorong perusahaan melakukan backdoor listing sebagai alternatif untuk menjadi perusahaan publik. Berikut adalah beberapa alasannya:

    Proses pencatatan yang lebih cepat: Backdoor listing biasanya lebih cepat dibandingkan dengan pencatatan langsung di Bursa Efek Indonesia (BEI) karena tidak memerlukan proses penawaran umum atau prosedur rumit lainnya. Biaya yang lebih rendah: Backdoor listing cenderung lebih efisien dari segi biaya karena perusahaan memanfaatkan perusahaan yang sudah terdaftar untuk mencapai status publik. Hal ini mengurangi biaya administrasi dan promosi yang biasanya terkait dengan pencatatan langsung. Akses ke modal tambahan: Dengan status sebagai perusahaan publik, perusahaan dapat lebih mudah mengakses pasar modal dan menarik investor baru untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya.

    Backdoor listing atau reverse takeover dilakukan melalui akuisisi, yaitu emiten yang diakuisisi memiliki skala bisnis yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan yang melakukan akuisisi.

    Jika perusahaan berhasil mengakuisisi emiten dan memiliki setidaknya 50 persen dari total saham, maka perusahaan tersebut akan memiliki wewenang penuh untuk mengubah berbagai kebijakan bisnis emiten. Hal itu kemudian dapat memengaruhi kinerja saham di BEI. Dengan demikian, perusahaan akan secara otomatis menjadi pengendali emiten tersebut.

    Daftar perusahaan backdoor listing di BEI

    1. PT AirAsia Indonesia Tbk

    PT AirAsia Indonesia Tbk memasuki pasar modal melalui PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk atau sebelumnya merupakan perusahaan tambang dengan kode saham CMPP.

    CMPP menerbitkan 13,65 miliar saham baru seharga Rp250 per saham melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) dengan rasio delusi mencapai 97,97 persen.

    Sebelum penerbitan, CMPP dimiliki oleh PT Rimau Multi Investama (76,24 persen) dan masyarakat (23,76 persen). Rimau Multi Investama mengalihkan haknya kepada AirAsia Investment Ltd dan PT Fersindo Nusaperkasa yang juga pemegang saham PT Indonesia AirAsia (IAA).

    Setelah rights issue, pemegang saham CMPP terdiri dari Fersindo Nusaperkasa 49,96 persen, AirAsia Investment Ltd 48 persen, Rimau Multi Investama 1,55 persen, dan masyarakat 0,48 persen.

    Penerbitan saham baru ini menghasilkan dana Rp3,4 triliun. Sebanyak 76 persen digunakan untuk mengakuisisi surat berharga sekuritas perpetual IAA senilai Rp2,6 triliun, lalu dikonversi menjadi saham IAA.

    Akibatnya, CMPP menguasai 57,25 persen saham IAA, sehingga IAA menjadi perusahaan terbuka melalui CMPP dan berganti nama menjadi PT AirAsia Indonesia Tbk. Namun, perdagangan saham ini dihentikan di bursa sejak 5 Agustus 2019 karena masalah porsi dan jumlah pemegang saham publik.

    Saat ini, AirAsia Indonesia dimiliki 49,25 persen oleh AirAsia Investment Ltd, 49,16 persen oleh Fersindo Nusaperkasa, dan masyarakat 1,59 persen.

    2. PT Meratus Jasa Prima Tbk

    Pada Februari 2024, perusahaan pelayaran nasional, Meratus Group, mengumumkan akuisisi 80,19 persen saham PT ICTSI Jasa Prima Tbk (IJP) senilai Rp31 miliar. Sebelumnya, IJP dikuasai oleh perusahaan Filipina, Maharlika, melalui ICTSI Far East.

    PT Meratus Jasa Prima Tbk (KARW) sudah melakukan IPO di BEI sejak 1994. Sebelumnya, Meratus Jasa Prima bernama PT Karwell Indonesia Tbk dan bergerak di sektor garmen. Pada 2012, Maharlika melakukan backdoor listing dan mengubah fokus bisnisnya menjadi bongkar muat dan logistik pelabuhan.

    Meskipun menjadi cangkang baru bagi Meratus Group melalui Sarana Kelola Investasi, bisnis KARW tetap mirip dengan sebelumnya.

    Perusahaan yang kini dimiliki oleh pengusaha Charles Menaro ini juga dikabarkan menjalin kerja sama dengan Abu Dhabi Ports untuk mengelola Pelabuhan Patimban, meskipun manajemen belakangan membantah isu tersebut.

    3. PT Green Power Energy Tbk

    PT Green Power Energy Tbk (LABA) atau sebelumnya dikenal sebagai PT Ladangbaja Murni Tbk merupakan perusahaan yang mengalami perubahan nama setelah diakuisisi pada Juni 2024 oleh PT Nev Stored Energy dan PT Longpin Investasi Indonesia. Kedua perusahaan tersebut memiliki 72 persen saham senilai Rp29 miliar.

    Huang Yeping menjadi figur kunci dalam akuisisi ini, yaitu ia menjabat sebagai Komisaris Utama LABA. Setelah akuisisi, LABA beralih dari bisnis baja ke sektor energi baru dan terbarukan (EBT) dengan fokus pada baterai kendaraan listrik dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

    Dalam waktu singkat, perusahaan ini berhasil mendapatkan kontrak senilai Rp139 miliar dari PT Gotion Materials Indonesia untuk memproduksi baterai motor listrik.

    Selain itu, LABA juga aktif mencari kontrak untuk pengadaan PLTS. Baru-baru ini, perusahaan ini menandatangani perjanjian awal untuk memproduksi panel surya di Timor Leste dengan bekerja sama dengan perusahaan lokal.

    4. PT Eagle High Plantation Tbk

    PT Eagle High Plantation Tbk (BWPT) adalah emiten yang menjadi target backdoor listing. Sebelumnya, perusahaan ini dikenal dengan nama PT BW Plantation Tbk.

    Aksi korporasi ini dimulai ketika pebisnis Peter Sondakh melalui PT Rajawali Capital Internasional mengakuisisi 51 persen saham BW Plantation pada 2014. Akuisisi ini dilakukan melalui penerbitan saham baru atau rights issue dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp11 triliun dengan harga saham baru Rp400 per lembar.

    Dana yang diperoleh dari penerbitan saham tersebut digunakan oleh BW Plantation untuk mengakuisisi Group Green Eagle milik Peter Sondakh dengan nilai transaksi mencapai Rp10,53 triliun. Jumlah tersebut terdiri dari ekuitas Rp8,52 triliun dan utang Rp2 triliun.

    5. PT Hexa Prima Nusantara

    PT Hexa Prima Nusantara mengakuisisi emiten media dan telekomunikasi, PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem Tbk (FUTR). Dalam akuisisi ini, Hexa Prima mengambil alih perusahaan pengendali FUTR, PT Digital Futurama Global yang memiliki 51,22 persen saham FUTR dengan nilai akuisisi sebesar Rp24,9 miliar.

    Hexa Prima dimiliki oleh Halim Suwandi sebagai pemilik manfaat. Setelah akuisisi, FUTR segera mengubah fokus bisnisnya, beralih ke sektor energi yang diklaim lebih menjanjikan dibandingkan dengan bisnis sebelumnya.

    Salah satu langkah awal yang diambil adalah menjalin kerja sama dengan China State Construction Engineering Corporation (CSCEC) melalui calon anak perusahaan, PT Hexa Prima Mekanikal untuk proyek infrastruktur energi.

    Selain itu, pada 5 Desember 2024, FUTR mengumumkan akuisisi blok minyak di Pulau Seram, Maluku, dari Karlez Petroleum yang masih memiliki kontrak selama 15 tahun.

    6. PT Indoritel Makmur Internasional Tbk

    PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) merupakan bagian dari Salim Group yang melakukan backdoor listing melalui PT Dyviacom Intrabumi Tbk.

    Proses ini dimulai dengan rights issue DNET pada 2013. Saat itu, perusahaan menerbitkan 14 miliar saham dengan harga penawaran Rp500 per saham, sehingga berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp7 triliun.

    Dana yang diperoleh dari penerbitan saham baru ini digunakan DNET untuk mengakuisisi dua perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa. Pertama, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), yaitu pengelola waralaba Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia dengan kepemilikan 35,85 persen senilai Rp1,99 triliun. Kedua, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), pemilik merek Sari Roti, sebanyak 31,5 persen dengan nilai Rp2,13 triliun.

    Selain itu, DNET juga menggunakan dana tersebut untuk mengakuisisi PT Indomarco Prismatama, pengelola gerai Indomaret, sebanyak 40 persen dengan nilai Rp2,63 triliun. Dengan demikian, Indomaret secara tidak langsung telah melakukan listing di Bursa melalui skema backdoor listing.

    7. PT Solusi Kemasan Digital Tbk

    PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK) diakuisisi oleh triliuner asal Cina, Deng Weiming, melalui PT Eco Energi Perkasa. Deng Weiming mengakuisisi 48,94 persen saham perusahaan.

    Setelah akuisisi, pengendali baru berencana untuk menerbitkan saham baru melalui rights issue tahap I dengan total hingga 100 miliar saham. Langkah korporasi ini berpotensi menyebabkan dilusi kepemilikan saham lama mencapai 98,43 persen.

    PACK berupaya menyelaraskan bisnisnya dengan pengendali baru di sektor pertambangan nikel. Perusahaan meyakini bahwa perubahan kegiatan usaha ini akan meningkatkan skala bisnis PACK dari pendapatan tahunan sebesar Rp50 miliar menjadi Rp5,3 triliun.

    PACK membukukan laba bersih Rp1,29 miliar pada semester I-2024. Perolehan tersebut tumbuh 11,2 persen secara tahunan (year-on-year/YoY) dibanding dari semester yang sama tahun lalu dengan laba bersih sebesar Rp1,16 miliar.

    Demikianlah daftar perusahaan backdoor listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menarik diketahui. 

  • Sambut Nataru, Bagaimana Keamanan Pesawat Indonesia AirAsia? – Page 3

    Sambut Nataru, Bagaimana Keamanan Pesawat Indonesia AirAsia? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Indonesia AirAsia mengungkapkan telah melakukan pemeriksaan ramp check pada pesawat yang akan digunakan selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). 

    Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine menghadiri langsung proses ramp check tersebut di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, bersama para karyawan (Allstars) untuk memastikan kesiapan operasional demi memberikan layanan terbaik kepada para penumpang.

    “Indonesia AirAsia senantiasa mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang di setiap penerbangan. Ramp check seperti ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan, tidak hanya saat musim liburan tetapi juga sebagai bagian dari prosedur operasional reguler,” kata Veranita dalam keterangan di Jakarta, dikutip Senin (30/12/2024).

    Namun, pada periode dengan lalu lintas penerbangan tinggi seperti saat ini, kami memberikan perhatian ekstra untuk memastikan semua aspek operasional berjalan lancar, demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi para penumpang yang akan menikmati liburan bersama teman dekat maupun keluarga tercinta,” ungkapnya.

    Veranita membeberkan, kegiatan ramp check ini mencakup pemeriksaan menyeluruh pada interior dan eksterior pesawat, meliputi area kabin, kokpit, pintu darurat, fan blade, serta roda pesawat (landing gear dan nose wheel).

    Dia memastikan, seluruh pemeriksaan dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, guna memastikan pesawat dalam kondisi prima, layak terbang, dan siap menghadirkan pengalaman penerbangan yang aman (airworthy for flight).

    Selain proses ramp check, Veranita juga secara langsung meninjau pelayanan di counter check-in dan boarding lounge  untuk memastikan kelancaran proses serta kenyamanan penumpang selama perjalanan.

    Veranita menambahkan bahwa untuk kemudahan pengalaman check-in, Indonesia AirAsia mengimbau penumpang agar melakukan web check-in sebelum keberangkatan.

    Penumpang juga dihimbau untuk memperhatikan barang bawaan kabin tidak melebihi batas 7 kg, dan apabila beratnya melebihi batas, agar mendaftarkan bagasi melalui konter check-in di bandara keberangkatan.

    Selain itu, penumpang disarankan tiba di bandara tiga jam sebelum jadwal keberangkatan guna mengantisipasi kepadatan dan memastikan proses keberangkatan berjalan lancar.

  • AirAsia (CMPP) Siapkan 180 Extra Flight untuk 3 Rute Favorit Selama Nataru

    AirAsia (CMPP) Siapkan 180 Extra Flight untuk 3 Rute Favorit Selama Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai Penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) menyiapkan lebih dari 180 penerbangan ekstra untuk mengakomodir permintaan tiga rute favorit selama Natal dan Tahun Baru 2024/2025.

    Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine menjelaskan selama periode Nataru dari 15 Desember 2024 hingga 7 Januari 2025, Indonesia AirAsia telah menyiapkan 554 ribu kursi penerbangan dengan menambahkan lebih dari 180 penerbangan ekstra serta mengoperasikan 25 pesawat. 

    Veranita mengatakan upaya ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan transportasi udara yang memadai bagi para penumpang selama masa liburan. Penambahan penerbangan ekstra ini difokuskan pada rute-rute domestik favorit, yaitu Jakarta-Bali, Jakarta-Silangit, dan Banjarmasin-Bali. 

    “Indonesia AirAsia berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, baik di bandara maupun selama penerbangan, guna mendukung kelancaran perjalanan para penumpang dan memastikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan lancar,” kata Veranita, Jumat (27/12/2024). 

    Selain itu, untuk memastikan hal tersebut, CMPP melakukan pemeriksaan ramp check pada pesawat yang akan digunakan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Bandara Soekarno – Hatta. 

    Veranita mengklaim pada periode dengan lalu lintas penerbangan tinggi seperti saat ini, pihaknya memberikan perhatian ekstra untuk memastikan semua aspek operasional berjalan lancar, demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi para penumpang yang akan menikmati liburan. 

    Kegiatan ramp check ini mencakup pemeriksaan menyeluruh pada interior dan eksterior pesawat, meliputi area kabin, kokpit, pintu darurat, fan blade, serta roda pesawat (landing gear dan nose wheel).

    Seluruh pemeriksaan dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, guna memastikan pesawat dalam kondisi prima, layak terbang, dan siap menghadirkan pengalaman penerbangan yang aman (airworthy for flight). 

    Veranita menambahkan bahwa untuk kemudahan pengalaman check-in, Indonesia AirAsia mengimbau penumpang agar melakukan web check-in sebelum keberangkatan. Penumpang juga diingatkan untuk memastikan barang bawaan kabin tidak melebihi batas 7 kg, dan apabila beratnya melebihi batas, dimohon untuk mendaftarkan bagasi melalui konter check-in di bandara keberangkatan. 

    Selain itu, penumpang disarankan tiba di bandara tiga jam sebelum jadwal keberangkatan guna mengantisipasi kepadatan dan memastikan proses keberangkatan berjalan lancar.