Jakarta, CNN Indonesia —
Lemigas telah merampungkan uji laboratorium terhadap sampel-sampel Pertamax dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Cibinong dan beberapa wilayah lainnya. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas Pertamax telah memenuhi spesifikasi teknis yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menilai temuan ini sekaligus menjawab kekhawatiran masyarakat terkait kualitas bahan bakar tersebut.
“Hasil uji lab dari Lemigas menyatakan bahwa produk Pertamax on spec sesuai ketentuan Dirjen Migas. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan kualitas Pertamax,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/11).
Terkait laporan gangguan mesin pada sejumlah kendaraan, Pertamina Patra Niaga menyatakan tengah melakukan investigasi mendalam bersama Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) ITB.
Heppy memaparkan, kendala mesin tersebut hanya terjadi pada merek dan jenis kendaraan tertentu di lokasi tertentu. Oleh karena itu perlu dipelajari lagi lebih detail penyebab gangguan pada mesin-mesin kendaraan di lokasi tersebut.
Sebelumnya, ia melanjutkan, Pertamina langsung mengambil sampel BBM dari SPBU tempat pengisian dan dari kendaraan yang mengalami kendala untuk diuji di laboratorium Lemigas. Selain itu, perseroan juga bekerja sama dengan LAPI ITB untuk menganalisis performa mesin kendaraan yang dilaporkan mengalami masalah.
“Pertamina akan terus memantau kualitas BBM dan bertanggung jawab terhadap produk yang kami salurkan. Kami berkomitmen untuk memastikan kualitas yang terbaik bagi konsumen kami dan tidak akan ragu untuk melakukan evaluasi jika diperlukan,” jelas dia.
Sebagai bentuk pencegahan, Heppy menambahkan, Pertamina mengimbau konsumen untuk melakukan perawatan kendaraan secara rutin di bengkel resmi serta menggunakan bahan bakar yang sesuai spesifikasi kendaraan. Hal ini penting untuk menjaga performa kendaraan tetap prima.
Sementara bagi konsumen yang memiliki keluhan atau memerlukan informasi lebih lanjut, Pertamina menyediakan layanan Call Center 135 sebagai sarana komunikasi.
“Bagi konsumen yang memiliki pertanyaan atau informasi lebih lanjut untuk menghubungi Pertamina Call Center 135,” pungkasnya.
Dengan hasil uji lab yang membuktikan kualitas Pertamax sesuai standar, Pertamina berharap dapat memberikan ketenangan bagi masyarakat serta menunjukkan langkah proaktif perusahaan dalam menjaga kualitas dan kepercayaan terhadap produk Pertamax.
(rir/rir)