Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Pengelola Pusat Perbelanjaan Tanggapi Keluhan Bau di Pemukiman Warga JGC Jakarta Timur – Halaman all

Pengelola Pusat Perbelanjaan Tanggapi Keluhan Bau di Pemukiman Warga JGC Jakarta Timur – Halaman all

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Baru-baru ini warga di kawasan Jakarta Garden City (JGC) Jakarta Timur mengeluhkan munculnya bau tidak sedap di sekitar pemukiman mereka.

Bau tersebut diduga berasal dari aktivitas pembuangan sampah di pusat perbelanjaan di JGC.

Menanggapi keluhan tersebut, pengelola  AEON Mall JGC membantah munculnya bau tersebut dari pusat peebelanjaan yang mereka kelola.

Bantahan tersebut disampaikan General Manager AEON Mall Jakarta Garden City, Michael Ignacius. “Kami meyakini bahwa sumber bau tersebut bukan berasal dari area mal kami,” ujar Michael dikutip Minggu, 6 April 2025.

Menindaklanjuti laporan keluhan warga, Michael mengatakan pihakanya sudah melakukan investigasi untuk mencari tahu sumber bau tersebut bekerja sama dengan otoritas lingkungan terkait dan instansi Pemerintah Kota Jakarta Timur.

Michael mengatakan, dari hasil investigasi tidak tercium adanya bau yang mengganggu di sekitar area AEON Mall Jakarta Garden City, baik pada sisi perimeter dalam maupun perimeter luar di lokasi terdekat dengan mal.

“Selain itu juga tidak ada keluhan dari pengunjung mall mengenai bau yang mengganggu. Jumlah pengunjung menunjukkan peningkatan yang konsisten setiap tahun dan karena kami tidak pernah menerima keluhan tentang bau, kami yakin bahwa sumber bau yang dilaporkan tidak berada di area mal,” ungkap Michael.

Dia menjelaskan, dalam pengelolaan pembuangan limbah, pihaknya menggunakan vendor bersertifikat dan berpengalaman mengangkut limbah dan mengirimkannya ke tempat pengumpulan limbah. “Tidak pernah ada penumpukan sampah dibiarkan terjadi,” kata dia.

Terkait prosedur pembuangan limbah, dia mengatakan, pengangkutan menggunakan armada truk setiap malam hingga pagi dengan laporan pelaksanaan real-time setiap harinya. “Prosedur ini dijalankan secara konsisten, dan kami tetap terbuka jika diperlukan investigasi lebih lanjut,” kata dia.

Michael menambahkan, pihaknya juga mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang memenuhi standar dan peraturan pemerintah, dengan pemantauan yang ketat.

“Sebagai mal Jepang, kami sangat memprioritaskan isu-isu lingkungan. Kami menerapkan standar pengelolaan lingkungan yang menyeluruh dalam operasional harian kami, dan kami yakin bahwa prosedur pembuangan limbah kami memenuhi standar tersebut,” imbuhnya.

Sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Jakarta menerima keluhan warga tentang munculnya bau pada Kamis malam, 3 April 2025.

Bau tersebut tercium di beberapa wilayah di Kompleks Jakarta Garden City (JGC), seperti di Cluster Shinano, Casia, La Seine, Asya, North Thames, dan South Thames. Warga di Harapan Indah Bekasi, seperti di Cluster Harmoni, Ifolia, Aralia, dan Symphony, serta warga Metland juga mengeluh⁹kan adanya bau serupa.

Humas Dinas LH Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan, setelah dilakukan pengecekan, petugas menemukan tumpukan sampah yang belum diangkut dan membusuk di sekitar pusat perbelanjaan AEON Mal JGC. 

“DLH Jakarta sudah mengambil langkah dengan menuntaskan pengangkutan sampah pada malam yang sama dari sekitar wilayah tersebut guna menghilangkan sumber bau yang dikeluhkan oleh sejumlah warga,” kata Yogi Ikhwan dalam keterangan tertulis kepada media, Sabtu, 29 Maret 2025. (tribunnews/fin)

Merangkum Semua Peristiwa