Jakarta, CNN Indonesia —
Uji tabrak Neta V program New Car Assessment Program atau ASEAN NCAP mendapatkan hasil yang mengecewakan yakni 0. Uji coba dilakukan pada beberapa bagian mulai depan, samping hingga teknologi keamanan.
Publik cukup dikagetkan ketika Neta V dinyatakan tidak aman untuk penumpang anak, dan dewasa. Padahal model yang sama tersebut untuk dijual di sejumlah negara seperti Brunei, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.
NETA V yang diuji di Malaysia hanya mencapai skor keseluruhan 28,55 poin dalam penilaian dengan 7,89 poin untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), 13,51 poin untuk Child Occupant Protection (COP), 7,14 poin untuk Safety Assist (SA) dan 0,00 poin untuk kategori Motorcyclist Safety (MS).
Nilai-nilai tersebut membuktikan target sebagai mobil yang aman di jalan masih jauh dari harapan.
Dalam keterangan ASEAN NCAP, saat uji coba tabrak depan menggunakan boneka pengemudi, boneka menerima perlindungan yang buruk di kepala, leher, dada, dan tungkai bawah kanan. Hasilnya Neta V diberi nilai 0,00 untuk uji tabrak depan.
Kemudian uji tabrak samping, boneka pengujian menerima perlindungan buruk di bagian dada saat tes tabrak samping. Dalam uji benturan samping, model ini hanya memperoleh 6,31 poin dari 8,00 poin.
Neta V hanya mendapat skor 7,89 poin dari nilai maksimal 40,00 poin untuk kategori perlindungan penumpang dewasa (AOP). Untuk perlindungan penumpang anak (COP), Neta V hanya meraih skor 13,51 poin dari nilai maksimal 20,00 poin.
NETA V tampil baik dalam uji tabrakan depan dan benturan samping untuk kategori COP. Namun, Neta V menerima poin buruk untuk penilaian pemasangan Child Restraint System (CRS). Meskipun memiliki ISOFIX dan pemasangan top tether, model ini tidak dapat dipasang dengan baik pada lebih dari setengah daftar CRS yang direkomendasikan ASEAN NCAP.
Untuk penilaian Safety Assist, Neta V cuma mendapat nilai 7,14 poin dari nilai maksimal 20 poin.
Mobil ini tidak memiliki fitur Autonomous Emergency Braking (AEB) untuk jalan perkotaan maupun luar kota, Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist (LKA) dan Lane Departure Warning (LDW). Neta V cuma memiliki ABS, ESC dan pengingat penggunaan sabuk pengaman sisi pengemudi.
Sedangkan untuk perlindungan pengendara sepeda motor Neta V hasilnya sangat buruk yakni dapat nilai 0. Kondisinya karena mobil tidak memiliki fitur-fitur seperti Blind Spot Technology (BST), Auto High Beam (AHB) dan Pedestrian Protection (PP).
[Gambas:Youtube]
(tim/mik)
[Gambas:Video CNN]