partai: Berkarya

  • Telkomsel Luncurkan IndonesiaNEXT ke-9 dengan Kurikulum Berbasis AI

    Telkomsel Luncurkan IndonesiaNEXT ke-9 dengan Kurikulum Berbasis AI

    Jakarta, CNN Indonesia

    Telkomsel kembali menghadirkan program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan, IndonesiaNEXT ke-9, dengan tema #UpskillToInnovate.

    Program ini menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk menciptakan inovasi yang berdampak di era digital.

    Melalui IndonesiaNEXT, Telkomsel berfokus memberdayakan generasi muda Indonesia dengan keterampilan digital mutakhir, termasuk teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI).

    Inisiatif ini hadir sebagai solusi atas tantangan pendidikan tinggi di Indonesia, seperti ketimpangan akses, kesenjangan kualitas, dan ketidaksesuaian lulusan dengan kebutuhan industri.

    Di mana IndonesiaNEXT menawarkan pelatihan dan sertifikasi berbasis teknologi, kerangka pemetaan talenta, hingga kolaborasi dengan universitas dan organisasi internasional, guna mencetak talenta digital siap berkarya dan berdampak.

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, menyatakan, melalui IndonesiaNEXT, yang menjadi salah satu wujud penerapan prinsip ESG oleh perusahaan, Telkomsel berkomitmen memperluas akses generasi muda ke keterampilan digital yang relevan.

    “Kami ingin menginspirasi mereka untuk menjadi inovator yang menciptakan perubahan positif bagi bangsa,” kata Saki dalam keterangannya dikutip Minggu (8/12).

    IndonesiaNEXT ke-9 menawarkan hal baru

    • Kurikulum Generative AI: Membekali peserta dengan wawasan terkait tren teknologi terbaru.

    • Sertifikasi Teknologi: Sertifikasi berbasis kebutuhan terkini industri digital.

    • Kolaborasi Global: Melibatkan inkubator universitas dan organisasi internasional.

    • Kerangka Pemetaan Talenta: Memantau perkembangan peserta secara sistematis.

    Lima tahapan program IndonesiaNEXT ke-9

    1. National Webinar & Placement Test: Pelatihan digital bagi 1.000 peserta terpilih.

    2. Tech-Based Certification: Sertifikasi untuk 300 peserta terbaik.

    3. Ideation Bootcamp: Pengembangan keterampilan berbasis peran digital (Hustler, Hipster, Hacker).

    4. Digitalent Academy: Pengasahan advanced skillset sesuai peran digital bagi 24 peserta terbaik.

    5. Awarding: Penghargaan bagi tim dan individu terbaik di masing-masing kategori.

    Adapun pendaftaran IndonesiaNEXT ke-9 dibuka hingga 10 Maret 2025 untuk mahasiswa aktif dari semua jurusan.

    IndonesiaNEXT Goes to Campus juga akan menghadirkan National Lecture dan Screening Test di Universitas Indonesia pada 5 Desember 2024; Universitas Airlangga pada 13 Februari 2025.

    Kemudian, Universitas Gadjah Mada pada 18 Februari 2025; dan Telkom University pada 20 Februari 2025). Untuk pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi indonesianext.co.id.

    Sebagai informasi, sejak 2016, IndonesiaNEXT telah diikuti oleh lebih dari 86.000 talenta dari 38 provinsi dan telah menghasilkan lebih dari 6.800 sertifikasi keterampilan digital.

    Program ini merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel, bersama program dan inisiatif lain seperti NextDev, Telkomsel Ventures, dan INDICO, dalam secara strategis mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

    “Telkomsel percaya bahwa talenta digital adalah kunci transformasi serta keberlanjutan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia. Melalui IndonesiaNEXT, kami ingin mencetak technopreneur andal yang siap membawa Indonesia menuju hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” kata Saki.

    (inh/inh)

  • Dosen Dan Mahasiswa KPI FDK UIN Walisongo Akhiri Kuliah Dengan Gelar Layar Apresiasi

    Dosen Dan Mahasiswa KPI FDK UIN Walisongo Akhiri Kuliah Dengan Gelar Layar Apresiasi

    TRIBUNJATENG.COM – Dosen dan Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) FDK UIN Walisongo mengakhiri kuliah dengan mengadakan Gelar Layar Apresiasi hasil praktek Mata Kuliah. 

    Kegiatan tersebut sukses diselenggarakan pada hari Rabu, (4/12/2024) bertempat di ruang teater Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

    Gelaran Layar Apresiasi ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Konsentrasi Broadcasting angkatan 2022 Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) FDK UIN Walisongo.

    Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi atas karya-karya yang dihasilkan oleh mahasiswa berupa program Voxpop dan Talkshow dengan mengangkat tema tentang fenomena tawuran di Kota Semarang, fenomena pernikahan dini di kalangan remaja dan juga tema tentang pelestarian seni dan budaya, khususnya seni wayang kulit.

    Selain gelaran karya program voxpop dan talkshow, para mahasiswa juga menggelar hasil karya berupa video clip dengan beragam lagu dan tema.

    Setelah hasil karya ditayangkan, kemudian dilakukan apreasisi oleh dosen dan mahasiswa. 

    “Saya sangat senang dan mengapresiasi kerja keras kalian semua.  Pastinya waktu yang dibutuhkan dari pra, produksi, hingga pasca produksi masih terasa kurang. Tetapi alhamdulillah semuanya dapat berjalan dengan lancar, dengan hasil yang memuaskan, walau tentu juga masih ada beberapa catatan untuk perbaikan ke depannya. Terima kasih atas kekompakan kalian sehingga menghasilkan karya-karya yang luar biasa,” tutur Alfandi dosen pengampu mata kuliah

    Lebih lanjut Ia juga memberikan saran kepada mahasiswa agar dalam pembuatan karya ke depannya tetap memperhatikan aspek nilai-nilai dakwah dan komunikasi Islam di dalam karyanya, karena mahasiswa KPI menjadi bagian dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, apalagi membawa nama besar UIN Walisongo. 

    “Teman-teman mahasiswa perlu memperhatikan setiap konten yang diproduksi agar tidak melanggar syariat Islam. Karya kita akan punya nilai tinggi jikalau tetap berorientasi pada nilai-nilai religi. Berkarya dengan mempertimbangkan aspek religi, memang butuh berfikir kreatif yang lebih esktra, tapi dari sinilah akan lahir karya yang punya nilai seni lebih tinggi.” imbuh Alfandi.

    Produser kelompok dua, Ahfash merasa cukup puas dengan produksinya meski terdapat beberapa kendala kedisiplinan anggota selama masa produksi.

    “Sebagai produser sangat puas dengan kerja keras kelompok saya, meskipun seringkali molor ketika produksi tetapi semangat dan ide kreatifnya sangat membantu dan keren,” ucap Ahfash.

    Kegiatan ini menjadi bukti kerja keras para mahasiswa KPI FDK UIN Walisongo Semarang untuk terus berkarya dan memberi pengalaman baru dalam dunia penyiaran TV, terutama di era modern saat ini. (*)

  • AD REVIEW Cerita Tambah Pendapatan Lewat YouTube Shopping Affiliates

    AD REVIEW Cerita Tambah Pendapatan Lewat YouTube Shopping Affiliates

    Jakarta, CNBC Indonesia – AD Review garapan konten kreator Ade Irwan S tidak hanya aktif membagikan video ulasan produk gadgetdan elektronik terbaru. Lewat fitur YouTube Shopping Affiliates hasil kolaborasi YouTube dan Shopee, Ade juga rajin membagikan link khusus kepada para subscribers. Ini dlakukan untuk menambah pendapatannya.

    Link khususyang disematkan Ade dalam konten YouTube Video atau YouTube Shorts selama tiga bulan setelah bergabung di YouTube Shopping Affiliates, berhasil mengangkatpendapatan hingga 6 kali lipat dibandingkan sebelumnya.

    Mengawali karir sebagai kreator YouTube di Maret 2017, Ade melihat momentum di masa itu dimana banyak orang yang mencari ulasan jujur dan menyeluruh untuk produk handphone dan elektronik lainnya. Pernah menjadi pemilik usaha fotocopyyang memiliki minat dan sering mengulik barang elektronik menjadikan Ade semakin yakin untuk mencoba menjadi seoranggadget reviewer. Meskipun awalnya hanya menjadi hobi sampingan yang Ade lakukan di tengah rutinitasnya bekerja, akun YouTube Ade kini menjadi sumber pekerjaan utama yang membuatnya makin dikenal banyak orang, bisa bekerja sama dengan brand-brand ternama, dan bahkan mendapat pendapatan tambahan melalui program YouTube Shopping Affiliates.

    “Tidak disangka ternyata hobi iseng yang saya jalani, bisa menjadi karir utama, bahkan memberikan pendapatan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Perjalanan saya hingga di titik ini tidaklah selalu berjalan mulus. Setelah pandemi, saya pun ikut merasakan turunnya jumlah pendapatan sebagai konten kreator. Hal ini memotivasi saya untuk memutar otak dan mencoba kesempatan sebagai Shopee Affiliate di akhir 2023 lalu untuk menambah pendapatan. Sebagai konten kreator di YouTube dan Shopee, saya pun menyambut baik kehadiran program YouTube Shopping Affiliates. Sejak bergabung di program ini 3 bulan lalu, saya bisa menambah kanal baru untuk membagikan link rekomendasi produk Shopee dan mendapatkan pendapatan tambahan,” kata Ade Irwan S, Konten Kreator & pemilik akun AD REVIEW.

    Perjalanan dan proses membuat konten AD REVIEW jadi lebih menguntungkan lewat YouTube Shopping Affiliates

    YouTube Shopping Affiliate adalah program inovasi terbaru dari YouTube yang menggandeng Shopee untuk memberikan kesempatan bagi para kreator dalam mempromosikan produk melalui video di YouTube dan mendapatkan komisi tambahan. Program ini memungkinkan para kreator untuk menyematkan link produk yang dijual di Shopee di dalam video YouTube mereka, sehingga dapat diakses oleh penonton dan subscribers.

    Ade sendiri telah mulai mencoba peluang ini sejak Oktober 2024 lalu. Walaupun baru berjalan selama 3 bulan, ia telah merasakan pengalaman yang menarik dan pendapatan yang meningkat secara signifikan dibandingkan konten video YouTube biasa yang ia unggah sebelumnya. Komisi tambahan dari linkproduk Shopee yang ia bagikan menjadi salah satu pendorong utama yang membuat pendapatan Ade meningkat. 

    Foto: Dok: Ist
    AD REVIEW

    Saat membuat konten, Ade selalu melalui beberapa tahapan agar hasil konten yang ia produksi makin sempurna. “Awalnya, saya akan melakukan riset produk dengan mencari dan membeli produk elektronik yang akan diulas melalui Shopee. Setelah itu, saya akan mencoba produk dan membuat skrip yang fokus membahas harga, kelebihan, dan kekurangan produk. Kemudian proses selanjutnya akan masuk ke pengambilan video dan proses editing. Sekarang dengan adanya program YouTube Shopping Affiliates, saya jadi semakin mudah membagikan link produk dari toko di Shopee yang saya rekomendasikan. Hal ini juga sangat membantu para penonton agar mereka bisa langsung membeli produk setelah menonton video yang saya tayangkan,” lanjut Ade.

    Sejak awal melalui akun AD REVIEW, Ade adalah kreator YouTube yang berfokus untuk memberikan ulasan produk dari kategori Gadget & Elektronik melalui konten video yang menarik. Potensi market di kategori ini terbilang cukup besar, serta produknya pun disukai oleh segala usia dan digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Ade selalu mengulas produk yang sudah ia coba sendiri, sehingga ia bisa memberikan ulasan yang jujur untuk kelebihan dan kekurangan fitur sebuah produk. Di bulan November 2024, tablet dan smartphone menjadi rekomendasi produk yang paling banyak dibeli para penonton setia videonya melalui YouTube Shopping Affiliate.

    Tidak lupa Ade memberikan tipsnya dalam membuat konten dan terus berkarya. Dia menyebut, bahwa banyak kreator YouTube yang memiliki konten sama sepertinya. Namun, hal tersebut tidak membuat dirinya patah semangat dan justru menjadi sumber inspirasi.

    “Saya selalu memiliki winning content yang berbeda tiap tahunnya untuk membedakan saya dengan kreator lainnya dan menghadirkan konten spesial bagi para subscribers. Saya juga selalu menyampaikan ulasan produk yang jujur dan menyeluruh untuk membantu masyarakat yang masih merasa ragu dalam membeli sebuah produk elektronik. Apalagi produk elektronik tidaklah murah dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga harus lebih berhati-hati dalam memilih,” sambungnya.

    Oleh karena itu, lanjut Ade, dirinya ingin mengingatkan kembali para kreator pemula di kategori yang sama, untuk terus meningkatkan kualitas video dan memberikan ulasan yang jujur agar bisa meningkatkan engagement bersama audiens. “Dan jangan sampai ketinggalan untuk manfaatkan kesempatan mendapatkan pendapatan tambahan dengan bergabung bersama YouTube Shopping Affiliates,” tutup Ade. 

    (bul/bul)

  • Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif di Wonosobo Ramaikan Creative Preneur 2024 Festival

    Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif di Wonosobo Ramaikan Creative Preneur 2024 Festival

    TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO – Pemerintah Kabupaten Wonosobo terus dorong pelaku usaha membangun ekosistem ekonomi kreatif melalui Creative Preneur 2024 Festival.

    Telah dibuka langsung oleh Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar, Sabtu (7/12/2024) di Gerbang Mandala Wisata Mendolo, acara ini berlangsung selama dua hari.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo mengatakan, Creative Preneur 2024 Festival ini merupakan bagian dari salah satu mata rantai pengembangan ekonomi kreatif pada rantai ketiga yakni exhibition.

    “Pada rantai ketiga pengembangan ekraf adalah rantai eksebisi atau ruang pamer atau promosi seperti yang dilakukan pada event ini,” ucapnya.

    Dengan mengangkat tema “Nyawang, Nyandang dan Nyam Nyam” event ini akan menghadirkan semua potensi Ekraf di Wonosobo baik berbagai seni dan kesenian, workshop produk fashion dan kerajinan, serta sajian kuliner khas wonosobo.  

    Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar saat membuka event Creative Preneur 2024 Festival di komplek Gerbang Mandala Wonosobo, Sabtu (7/12/2024).

    Dalam event ini setidaknya ada 22 komunitas kreatif yang menaungi hampir 300 an pelaku ekonomi kreatif di Wonosobo, meliputi 10 sub sektor ekonomi kreatif yaitu kuliner, seni pertunjukan, fotografi, seni rupa, kraft, fashion, film, musik, design produk, dan animasi.

    “Tentunya event ini diharapkan mampu mendorong semangat bagi teman teman pelaku kreatif untuk terus berkarya dan menjadi ruang ekspresi, promosi dan interaksi bagi insan kreatif, lebih lebih Kabupaten Wonosobo sudah ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif oleh Menteri Parekraf pada tahun 2021 lalu,” tandasnya.

    Sementara itu Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar mengapresiasi atas terselenggaranya Creative Preneur 2024 Festival yang menjadi wadah pelaku ekonomi kreatif Wonosobo.

    “Tentu saya sangat bangga melihat potensi yang ada dan itu harus menjadi konsen kita di masa-masa yang akan datang untuk lebih memperhatikan peran anak-anak muda untuk terlibat secara langsung di dunia ekonomi. Karena mereka yang akan meneruskan masa depan Wonosobo,” ucapnya.

    Menurutnya banyak potensi pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Wonosobo yang dapat bersaing dengan daerah lainnya. 

    Di sini lah peran pemerintah dan pihak lainya dibutuhkan untuk mendorong kemajuan pelaku ekonomi kreatif di Wonosobo.

    “Potensi-potensi itu harus dimatchkan oleh berbagai pihak, oleh pelaku sendiri, oleh pemerintah, oleh dunia swasta, oleh BUMD, BUMN, semuanya hadir di situ memberikan solusi-solusi agar bisa lebih sukses,” pungkasnya. (ima)

  • Fadli Zon: Ayo Dukung Film Women from Rote Island di Oscar 2023 – Halaman all

    Fadli Zon: Ayo Dukung Film Women from Rote Island di Oscar 2023 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Menteri Kebudayaan Fadli Zon baru-baru ini menghadiri dan membuka kegiatan prescreening film Women from Rote Island, yang disutradarai oleh Jeremias Nyangoen.

    Film ini terpilih untuk mewakili Indonesia di Academy Awards ke-97 dalam kategori Best International Feature Film.

    Kehadiran Menteri Fadli Zon dalam acara tersebut juga dihadiri oleh jajaran Menteri Kabinet Merah Putih, Ketua Komisi VII DPR RI, dan anggota DPR Komisi X, termasuk Melly Goeslow.

    Dalam pidatonya, Menteri Fadli Zon menegaskan bahwa terpilihnya Women from Rote Island sebagai salah satu dari 85 film terbaik pada tahap awal nominasi Oscar adalah momen bersejarah bagi perfilman Indonesia.

    “Ini adalah pengakuan dunia terhadap kualitas dan potensi karya sineas Indonesia,” ungkap Fadli Zon.

    Fadli Zon menghadiri dan membuka kegiatan prescreening film Women from Rote Island

    Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa pencapaian ini bukan hanya kebanggaan bagi tim film, tetapi juga menjadi simbol keberhasilan kolektif perfilman nasional.

    “Film ini menjadi cerminan semangat inovasi dan dedikasi para sineas Indonesia,” tambahnya.

    Karya ini berhasil menghadirkan cerita yang menggambarkan budaya Indonesia sekaligus menyuarakan nilai-nilai universal.

    Film Women from Rote Island mengangkat tema perjuangan perempuan-perempuan tangguh dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, dalam menjaga tradisi, identitas, dan kearifan lokal mereka di tengah tantangan modernitas.

    Fadli Zon menekankan pentingnya film ini dalam menggambarkan keindahan tradisi Pulau Rote.

    Tradisi dari Pulau Rote tersebut contohnya seperti tenun ikat dan musik sasando, yang dibalut dengan nilai-nilai seperti solidaritas, keberagaman, dan musyawarah mufakat.

    Komitmen Pemerintah Terhadap Karya Anak Bangsa

    Fadli Zon menghadiri dan membuka kegiatan prescreening film Women from Rote Island

    Menteri Kebudayaan menegaskan bahwa pemerintah Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto, berkomitmen untuk terus memberikan dukungan bagi karya-karya terbaik anak bangsa.

    Ini bertujuan untuk mengharumkan nama Indonesia dan memperkenalkan kekayaan budaya nusantara di panggung dunia.

    “Komitmen Kementerian Kebudayaan dalam memajukan kebudayaan Indonesia salah satunya adalah melalui dukungan terhadap film-film karya sineas Indonesia,” kata Fadli Zon.

    Ia juga memberikan apresiasi tertinggi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan film ini.

    Menteri Fadli Zon mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mendukung perjalanan film Women from Rote Island menuju Piala Oscar.

    “Mari kita tunjukkan kebanggaan dan solidaritas kita dengan memberikan dukungan penuh kepada karya ini,” katanya, sambil mengajak untuk menggunakan hashtag #IndonesiaGoesToOscar, #AcademyAwards, dan #RepresentationMatters.

    Dengan adanya dukungan penuh dari masyarakat, diharapkan film ini dapat memperoleh pengakuan yang lebih luas dan memberikan inspirasi bagi para sineas Indonesia untuk terus berkarya dan berprestasi di panggung dunia.

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • IndonesiaNEXT ke-9 Hadir untuk Cetak 1.000 Talenta Digital

    IndonesiaNEXT ke-9 Hadir untuk Cetak 1.000 Talenta Digital

    Jakarta, CNBC Indonesia– Telkomsel kembali menghadirkan program IndonesiaNEXT ke-9 dengan tema #UpskillToInnovate. Program ini berfokus memberdayakan generasi muda Indonesia melalui keterampilan digital terkini, seperti teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI).

    IndonesiaNEXT berupaya menjawab tantangan pendidikan tinggi di Indonesia. Termasuk ketimpangan akses, kesenjangan kualitas, dan relevansi lulusan dengan kebutuhan industri, sebagaimana dinyatakan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono menyatakan, IndonesiaNEXT menawarkan pelatihan dan sertifikasi berbasis teknologi, kerangka pemetaan talenta, hingga kolaborasi dengan universitas dan organisasi internasional, guna mencetak talenta digital siap berkarya dan berdampak.

    “Melalui IndonesiaNEXT, yang menjadi salah satu wujud penerapan prinsip ESG oleh perusahaan, Telkomsel berkomitmen memperluas akses generasi muda ke keterampilan digital yang relevan. Kami ingin menginspirasi mereka untuk menjadi inovator yang menciptakan perubahan positif bagi bangsa,” ungkap dia dikutip Sabtu (7/12/2024).

    Program IndonesiaNEXT ke-9 meliputi kurikulum Generative AI untuk membekali peserta dengan wawasan terkait tren teknologi terbaru, lalu sertifikasi teknologi yakni sertifikasi berbasis kebutuhan terkini industri digital.

    Kemudian kolaborasi global dengan melibatkan inkubator universitas dan organisasi internasional dan kerangka pemetaan talenta yakni memantau perkembangan peserta secara sistematis

    Program IndonesiaNEXT ke-9 terdiri dari lima tahapan utama, antara lain National Webinar dan Placement Test, yakni pelatihan digital bagi 1.000 peserta terpilih, Tech-Based Certification yaitu sertifikasi untuk 300 peserta terbaik, dan Ideation Bootcamp berupa pengembangan keterampilan berbasis peran digital (Hustler, Hipster, Hacker).

    Kemudian Digitalent Academy yaitu pengasahan advanced skillset sesuai peran digital bagi 24 peserta terbaik, serta awarding yakni penghargaan bagi tim dan individu terbaik di masing-masing kategori.

    Adapun pendaftaran IndonesiaNEXT ke-9 dibuka hingga 10 Maret 2025 untuk mahasiswa aktif dari semua jurusan. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi indonesianext.co.id.

    IndonesiaNEXT Goes to Campus juga akan menghadirkan National Lecture dan Screening Test di Universitas Indonesia (5 Desember 2024), Universitas Airlangga (13 Februari 2025), Universitas Gadjah Mada (18 Februari 2025), dan Telkom University (20 Februari 2025).

    Sejak 2016, IndonesiaNEXT diikuti oleh lebih dari 86.000 talenta dari 38 provinsi dan menghasilkan lebih dari 6.800 sertifikasi keterampilan digital. Program ini merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel, bersama program dan inisiatif lain, seperti NextDev, Telkomsel Ventures, dan INDICO, dalam secara strategis mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

    “Telkomsel percaya bahwa talenta digital adalah kunci transformasi serta keberlanjutan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia. Melalui IndonesiaNEXT, kami ingin mencetak technopreneur yang siap membawa Indonesia menuju hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” tambah Saki. 

    (bul/bul)

  • Merayakan Kreativitas Lokal dan Kolaborasi Dunia Game di IGF 2024

    Merayakan Kreativitas Lokal dan Kolaborasi Dunia Game di IGF 2024

    Jakarta

    Indonesia Game Festival (IGF) 2024 resmi digelar mulai Jumat, 6 Desember 2024, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Hall 3A, Tangerang. Acara ini menjadi ajang bergengsi untuk memamerkan karya game lokal sekaligus menghubungkan para kreator dengan dunia industri.

    IGF tahun ini hadir dengan berbagai program menarik, seperti pameran game, penghargaan, kompetisi cosplay, hingga showcase permainan kartu dan board game. Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI), Syafiq Hussein, menegaskan bahwa IGF 2024 merupakan wujud kolaborasi AGI dalam mendukung Peraturan Presiden No. 19 Tahun 2024.

    Regulasi ini bertujuan untuk mempercepat promosi dan pengembangan game lokal sebagai bagian dari upaya memperkuat industri kreatif Indonesia.Salah satu game lokal yang menjadi sorotan di festival ini adalah ‘Keeping Up The Journey’, karya GPR Studio.

    Game bergenre metroidvania ini memadukan narasi mendalam dengan gameplay eksplorasi dan action combat. Alur bercerita tentang Damian, seorang pemburu yang tersedot ke dunia magis penuh dewa serakah. Pemain diajak menjelajahi dunia misterius ini melalui desain level yang penuh tantangan, baik dengan keyboard maupun controller.

    Game ini lahir dari kolaborasi sejumlah mahasiswa jurusan Teknologi Permainan Fakultas Desain Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, yang awalnya tergabung dalam proyek tugas akhir kampus. Judika, salah satu anggota tim yang bertugas sebagai penulis cerita, mengungkapkan tantangan terbesar dalam menciptakan game ini.

    “Kesulitannya bukan pada mencari ide, tetapi menyelaraskan cerita dengan alur gameplay dan visi tim,” jelasnya dalam wawancara detikINET, Indonesia Convention Exhibition BSD City, Sabtu (7/12/2024).

    Semangat kolaborasi membuat mereka berhasil mengatasi berbagai rintangan dan melanjutkan proyek ini ke tahap yang lebih serius.

    IGF 2024 tak hanya menjadi panggung bagi para kreator muda, tetapi juga wadah untuk mempererat hubungan antara dunia pendidikan dan industri. Melalui festival ini, para pengunjung dapat melihat langsung potensi besar generasi muda Indonesia di bidang game. Dukungan dari industri juga menjadi dorongan bagi kreator muda untuk terus berkarya dan menciptakan inovasi yang relevan di pasar global.

    Selain pameran game, IGF 2024 juga menyuguhkan berbagai aktivitas seru, seperti penghargaan untuk game terbaik, cosplay parade, hingga penampilan spesial dari JKT48, JKT48v, dan Bernadya. Bagi pecinta game kartu dan board game, tersedia area khusus yang menghadirkan beragam permainan interaktif.

    Festival ini berlangsung hingga 8 Desember 2024. Bagi Anda yang ingin menyaksikan langsung kreativitas anak bangsa sekaligus menikmati berbagai hiburan, jangan lewatkan kesempatan ini! Mari ramaikan IGF 2024 dan dukung kemajuan industri game Indonesia.

    *Artikel ini ditulis oleh Dita Aliccia Armadani, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

    (fyk/fyk)

  • Dilantik Jadi Ketua Umum BKPRMI 2024-2029, Nanang Mubarok Janji Bina Remaja Masjid se-Indonesia – Halaman all

    Dilantik Jadi Ketua Umum BKPRMI 2024-2029, Nanang Mubarok Janji Bina Remaja Masjid se-Indonesia – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Nanang Mubarok resmi dikukuhkan sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPP BKPRMI) periode 2024-2029.

    Prosesi pengukuhan dilakukan oleh Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) BKPRMI, Said Aldi Al Idrus, di Gedung Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta Pusat.

    Pengukuhan Nanang sebagai Ketua Umum BKPRMI itu dihadiri sejumlah tokoh pemuda, pemimpin organisasi masyarakat, serta perwakilan pemerintah, termasuk Menpora Dito Ariotedjo, yang memberikan arahan terkait pemberdayaan remaja masjid sebagai motor utama pergerakan generasi muda.

    Dalam sambutannya, Menpora Dito menyampaikan harapannya agar BKPRMI semakin aktif dalam memberdayakan remaja masjid untuk membangun generasi muda yang unggul dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

    “BKPRMI harus menjadi motor penggerak utama dalam membina generasi muda yang berkarakter, berdaya saing, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Kemenpora akan terus mendukung setiap langkah organisasi ini,” ujarnya.

    Nanang Mubarok sebelumnya terpilih secara aklamasi melalui mekanisme musyawarah mufakat dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-14 BKPRMI yang berlangsung pada 9 Agustus 2024 di Medan, Sumatera Utara.

    Proses pemilihan tersebut mencerminkan semangat kebersamaan dan soliditas di antara para anggota BKPRMI.

    Nanang dalam pidato pengukuhannya menyatakan komitmennya memperkuat peran BKPRMI dalam membina remaja masjid di seluruh Indonesia.

    “BKPRMI akan terus hadir sebagai wadah bagi remaja masjid untuk berkarya dan berkontribusi, tidak hanya dalam ranah keagamaan, tetapi juga dalam membangun peradaban bangsa yang lebih baik,” tegasnya.

    Sebagai Ketua Umum baru, Nanang Mubarok diharapkan mampu membawa BKPRMI ke arah yang lebih progresif dengan program-program inovatif.

    Ia menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat luas, untuk memastikan keberlanjutan dan keberhasilan program-program BKPRMI.

    Diharapkan, di bawah kepemimpinan Nanang Mubarok, BKPRMI dapat semakin berperan strategis dalam menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia, produktif, dan berdaya saing, sejalan dengan visi dan misi organisasi tersebut.

    Pengukuhan ini sekaligus menandai awal perjalanan baru BKPRMI di bawah kepemimpinan Nanang Mubarok, yang bertekad menjadikan BKPRMI lebih inklusif, progresif, dan berdampak luas bagi masyarakat Indonesia.

  • Uli Simanjuntak Harap Karya Istri Prajurit di Persit Bisa Lebih Dikenal

    Uli Simanjuntak Harap Karya Istri Prajurit di Persit Bisa Lebih Dikenal

    Jakarta

    Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Uli Simanjuntak, membuka acara Persit Bisa. Uli berharap acara bertajuk Persit Bisa Berdaya dan Berkarya itu dapat digelar rutin setiap tahun.

    Uli menyebut Persit Bisa merupakan terobosan yang dibuat di era kepemimpinannya. Dia ingin anggota Persit berdaya dan berkarya sesuai kreativitasnya masing-masing

    “Pertanyaannya apakah saya ingin supaya tahun ke depannya (acara ini digelar). Saya sebetulnya ingin, karena pendampingan itu sangatlah diperlukan,” ujar Uli di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu (7/12/2024).

    Uli menjelaskan alasan di balik lahirnya program dan acara Persit Bisa. Dia menuturkan program itu bertujuan yang memberdayakan istri prajurit TNI AD agar bisa mengembangkan kemampuan.

    “Saya sebagai Ketua Umum itu merasa bersyukur bahwa dengan adanya anggota kami sebesar 250 ribu jiwa, kami merasa bahwa semua anggota Persit dari Sabang sampai Merauke pasti mempunyai suatu talenta di daerah mereka masing-masing,” ungkap Uli.

    Menurut Uli, dengan berdaya turut dapat meningkatkan pendapatan ekonomi anggota Persit. Lebih lagi dalam memperkuat perannya sebagai istri prajurit TNI.

    “Pembangunan bangsa yang kuat berawal dari keluarga sebagai pilar utama masyarakat. Dalam perannya sebagai organisasi istri TNI AD, Persit terus berupaya mendukung terbentuknya keluarga yang tangguh, mandiri, dan berdaya,” lanjutnya.

    Selain kepada masing-masing keluarga anggota Persit, menjadi berdaya dan aktif berkarya juga bisa turut membantu keproduktifan organisasi Persit sendiri. Di mana, lanjut Uli, Persit kerap melakukan kegiatan sosial bagi masyarakat.

    Persit Bisa terdiri dari bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) milik para anggota Persit, serta acara peragaan busana oleh anggota Persit.

    Ada 23 stand UMKM Persit yang berasal dari daerah. Produk yang dijajakan pun terdiri dari banyak jenis mulai dari pakaian, aksesoris dan perhiasan, tas, kerajinan tangan dan lain sebagainya.

    (ond/rfs)

  • Usulan Sertifikasi Pendakwah Dinilai Berlebihan dan Terlalu Formalistik

    Usulan Sertifikasi Pendakwah Dinilai Berlebihan dan Terlalu Formalistik

    Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Dewan Penasihat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Idrus Marham menilai usulan sertifikasi untuk pendakwah atau juru dakwah terlalu formalistik dan berlebihan. Menurut Idrus, sertifikasi pendakwah justru bisa menimbulkan masalah baru nantinya.

    “Kalau selalu pendekatan formalistik semua, nanti ada disertifikasi, nanti persoalan lagi. Nanti dijadikan sertifikat itu alat untuk menekan misalkan yang tidak mau nurut, ya tidak usah dikasih sertifikat, ini juga salah,” ujar Idrus di sela-sela acara BKPRMI, gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Jumat (6/12/2024).

    Idrus menegaskan memberikan dakwah bukan sekadar tugas formal semata, tetapi merupakan panggilan keagamaan yang membutuhkan kesadaran dan tanggung jawab serius dari pendakwah. Selain itu, kata dia, perlu ada tanggung jawab kolektif dari jemaah.

    “Lebih baik kita mengambil bagaimana bahwa tugas dakwah itu adalah sebuah tugas yang suci. Jadi, harus dilakukan dengan suci, dengan hikmah. Maka yang harus dibangun adalah kesadaran kolektif,” imbuh dia terkait sertifikasi pendakwah.

    Menurut Idrus, selain menjadi alat menekan, sertifikasi pendakwah justru bisa menimbulkan masalah sosial dan keagamaan. Alasannya, bisa saja nanti hanya kelompok tertentu yang mendapatkan sertifikasi, sedangkan yang lain tidak dapat. Dia menilai yang terpenting saat ini adalah kontrol sosial agar para pendakwah tetap berkarya dalam koridor yang benar.

    “Yang perlu dihidupkan adalah kontrol sosial masyarakat yang tetap, konsisten pada nilai juga. Sebab kalau misalkan pendekatannya formal, nanti perdebatannya panjang. Kalau ini dijadikan lagi alat untuk menekan, yang tidak mau nurut jangan dikasih sertifikat. Lalu baru lagi misalkan lagi ada anggapan kelompok-kelompok ini yang diberi ini, kelompok ini tidak,” pungkas Idrus.

    Sebelumnya, anggota Komisi VIII DPR Maman Imanulhaq meminta Kementerian Agama (Kemenag) melakukan sertifikasi pendakwah untuk memastikan para pendakwah memiliki kapasitas yang memadai untuk menyampaikan nilai-nilai keagamaan. Menurut Maman, pendakwah seharusnya merupakan orang yang menguasai sumber-sumber nilai keagamaan, baik itu dari Al-Qur’an, hadis, maupun sumber-sumber klasik.

    “Kementerian Agama perlu melakukan sertifikasi pendakwah,” kata Maman dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (4/12/2024).