partai: Berkarya

  • Lewat Langkah Kolaboratif, Kemenekraf-KSP Pastikan Program AKTIF Inklusif dan Berkelanjutan

    Lewat Langkah Kolaboratif, Kemenekraf-KSP Pastikan Program AKTIF Inklusif dan Berkelanjutan

    JAKARTA – Kementerian Ekonomi Kreatif (Kementerian Ekraf) bersama Kantor Staf Presiden (KSP) melihat kolaborasi lintas sektor sebagai langkah positif untuk mengimplementasi Program Akselerasi Kreatif (AKTIF) Musik yang inklusif dan berkelanjutan.

    “Kolaborasi lintas sektor inilah yang ingin kami dorong antara musisi profesional, pendidik, siswa, pegiat UMKM, dan komunitas. Ini bukan hanya soal musik, tetapi juga membangun ekosistem kreatif yang inklusif dan berkelanjutan,” ucap Direktur Musik Kementerian Ekraf Mohammad Amin dikutip dari ANTARA, Selasa, 5 Agustus.

    Program AKTIF Musik merupakan inisiasi kolaboratif yang menggabungkan kekuatan komunitas seni, dunia pendidikan, para musisi, serta pegiat ekonomi kreatif, yang menjadi transformasi Program Prioritas Nasional dan dipantau secara langsung oleh KSP.

    Keterlibatan para pegiat ekraf dalam Program AKTIF Musik akan mengedepankan semangat bahwa semua orang bisa berkarya dan keterbatasan fisik bukan penghalang untuk berkontribusi dalam industri kreatif.

    Langkah ini sejalan dengan visi ekonomi kreatif sebagai the new engine of growth yang dimulai dari daerah dengan membuka ruang selebar-lebarnya bagi kolaborasi lintas komunitas dan keberagaman talenta.

    Salah satu Program AKTIF yang telah berjalan adalah memfasilitasi produksi dan rilis video klip ‘Wong Sepele’ hasil kolaborasi antara musisi Ndarboy Genk dan penyanyi tunanetra Fauzi Haidi, yang dihasilkan atas kerja sama dengan Komunitas Mabes Balker.

    “Banyak musisi dangdut koplo yang tenar, namun alasan kami memilih Ndarboy Genk karena telah mempunyai komitmen untuk menjadi lokomotif brand yang menarik gerbong Komunitas Kreatif Balungan Kere yang berisi sekitar 250-an orang di Yogyakarta,” ungkap Mohammad Amin.

    Program AKTIF melihat musik sebagai alat untuk mengembangkan komunitas. Salah satu cara yang ditempuh Kemenekraf dan KSP yakni dengan mengembangkan bakat siswa dari SMKN 2 Kasihan, Yogyakarta. Mereka dilibatkan sebagai pemain musik orkestra pengiring dalam pembuatan video klip single ‘Wong Sepele’, yang telah rilis serentak ke berbagai platform digital sejak 14 Juli 2025.

    Kolaborasi ini menjadi pengalaman berharga sekaligus ajang pembuktian bahwa bakat siswa dapat dikembangkan melalui keterlibatan langsung dalam produksi profesional.

    Sementara itu, Studio Mabes Balker di Bantul yang merupakan lokasi utama produksi video klip ‘Wong Sepele’ menjadi ruang kolaboratif yang melibatkan anggota komunitas kreatif Mabes Balker dalam proses produksi mulai dari teknisi audio, kru video, penata artistik, editor pasca produksi, hingga proses distribusi dan promosi.

  • Makin Banyak Orang Pakai ChatGPT, Google Sudah Ditinggalkan

    Makin Banyak Orang Pakai ChatGPT, Google Sudah Ditinggalkan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Teknologi kecerdasan buatan (AI) makin masif digunakan untuk membantu kehidupan manusia sehari-hari. ChatGPT yang memulai tren tersebut makin ramai digunakan.

    OpenAI mengatakan pengguna aktif mingguan ChatGPT akan menembus angka 700 juta pada pekan ini. Angka tersebut naik signifikan dari capaian 500 juta pengguna aktif mingguan pada Maret 2025 lalu.

    Dilihat dari tahun-ke-tahun, pertumbuhannya naik lebih dari 4 kali lipat, menurut klaim OpenAI. Adapun jumlah pengguna aktif tersebut merupakan gabungan dari rangkaian produk ChatGPT.

    Mulai dari paket gratis, Plus Pro, Enterprise, Team, hingga Edu. Secara harian, OpenAI mengatakan pertukaran pesan pengguna sudah menembus 3 miliar.

    “Setiap hari, banyak orang dan tim yang belajar, berkarya, dan menyelesaikan masalah kompleks [menggunakan ChatGPT],” kata VP Product untuk ChatGPT, Nick Turley, dikutip dari CNBC International, Selasa (5/8/2025).

    Saat ini, OpenAI memiliki 5 juta pelanggan bisnis berbayar untuk ChatGPT. Angka itu naik tajam dari 3 juta pelanggan berbayar pada Juni 2025.

    Pencapaian ini membuat ChatGPT sudah melampaui layanan chatbot Gemini milik Google yang saat ini mengantongi 450 juta pengguna aktif bulanan.

    Kendati demikian, produk pencarian AI Overviews yang tertanam langsung di mesin pencari Google masih jauh lebih unggul. Saat ini, AI Overviews sudah tersedia di lebih dari 200 negara dan mengantongi 2 miliar pengguna aktif bulanan, menurut penuturan CEO Alphabet Sundar Pichai dalam laporan kinerja kuartalan perusahaan.

    Meski Google masih memimpin, tetapi pertumbuhan pengguna OpenAI yang cepat kian dekat menyalip dominasi sang raksasa mesin pencari. Jika terus-terusan memperlihatkan kinerja moncer, bukan tak mungkin dominasi Google akan tergeser.

    Pada pekan lalu, OpenAI juga mengumumkan telah mengamankan pendanaan senilai US$8,3 miliar dari beberapa investor, termasuk Dragoneer Investment Group, Andreessen Horowitz, Sequoia Capital, Coatue Management, dan Altimeter Capital.

    Investasi tersebut merupakan bagian dari pendanaan yang dipimpin SoftBank senilai US$40 miliar, menurut pihak-pihak yang familiar dengan kesepakatan tersebut.

    Pendapatan tahunan OpenAI kini mencapai US$13 miliar, naik dari US$10 miliar pada bulan Juni lalu. Perusahaan diperkirakan akan melampaui US$20 miliar pada akhir tahun ini.

    Dengan valuasi US$300 miliar dan tingkat pendapatan US$20 miliar, OpenAI masih tetap membutuhkan modal besar untuk mendukung ekspansi global yang lebih masif.

    Google Ditinggal

    Terpisah, sebuah laporan gabungan dari The Verge, Vox Media Research, dan Two Cents Insights menunjukkan tren pergeseran preferensi pengguna dari Google ke chatbot AI dan komunitas digital.

    Dalam survei terhadap 2.000 pengguna internet di AS, sebanyak 42% responden menganggap Google makin tidak berguna, dan 52% menyatakan telah beralih ke AI atau platform seperti TikTok untuk mencari informasi. Mayoritas juga menilai hasil pencarian Google terlalu banyak diisi konten bersponsor yang tidak relevan.

    Fenomena ini paling terasa di kalangan Gen Z dan milenial, dengan 61% dan 53% dari masing-masing kelompok mengaku lebih mengandalkan AI untuk mencari topik tertentu dibandingkan Google.

    Selain itu, laporan SearchEngineLand menyebutkan pangsa Google turun di bawah 90%. Fenomena itu terjadi selama tiga bulan terakhir, yang dilaporkan pada Januari 2025.

    Baru kali ini pangsa pasarnya anjlok drastis, setelah awal tahun 2015 lalu, dikutip dari 9to5Google.

    Namun, mesin pencarian seangkatan Google masih bertumbuh meski cukup sedikit. Ini terjadi pada Bing, Yahoo, dan Yandex.

    Bukan hanya AI generatif yang mendisrupsi dominasi Google, kehadiran TikTok juga membuat banyak orang beralih dari Google Search. Aplikasi berbagi video itu menyasar pengguna dengan usia yang lebih muda.

    Pasar kini dipenuhi dengan berbagai pilihan alat pencarian berbasis AI. Selain Perplexity dan ChatGPT, muncul pula nama-nama seperti iAsk.Ai, Komo AI, Brave Search, Andi Search, hingga You.com.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Pamer Performa, Polytron Luncurkan Laptop Ringan & Tangguh

    Pamer Performa, Polytron Luncurkan Laptop Ringan & Tangguh

    Jakarta, CNBC Indonesia – Polytron resmi meluncurkan Polytron Luxia, produk laptop pertama Polytron yang dirancang untuk memberikan desain ringan untuk dibawa kemanapun, pengalaman berkarya yang maksimal sekaligus mendukung produktivitas tanpa batas.

    Mengusung tagline “BE MORE”, Polytron Luxia menghadirkan keseimbangan antara laptop ringan dan terjangkau tanpa mengorbankan performa.

    “Hari ini, kami dengan bangga memperkenalkan laptop pertama kami, Polytron Luxia, menjelang perayaan 50 tahun Polytron dalam tumbuh bersama keluarga Indonesia. Polytron Luxia ini dirancang untuk mendorong setiap individu dalam mencapai potensi diri terbaiknya. Kami turut meluncurkan laptop ini karena melihat kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan produk laptop yang memberikan performa maksimal, namun sangat ringan untuk dibawa kemanapun.” ungkap Commercial Director Polytron, Tekno Wibowo dalam keterangan resmi, Selasa (5/8/2025).

    Polytron Luxia sendiri hadir dengan 3 tipenya yaitu LUXIA Pro Ultra 5, LUXIA Pro i5, LUXIA i3. Dipersonalisasikan dengan mewakili berbagai karakter pengguna, Polytron Luxia menjadi perangkat ideal bagi pengguna yang ingin mencapai potensi terbaik dalam setiap aktivitas harian sebagai representasi dari aspirasi gaya hidup modern.

    Berikut keunggulan ketiga tipe laptop dari Polytron:

    Desain mewah & tangguh dengan Luxia Pro Ultra 5

    Luxia Pro Ultra 5 dirancang khusus untuk profesional yang membutuhkan perangkat tangguh namun tetap ringan. Dirancang dengan desain premium dan performa bertenaga, Luxia Pro Ultra 5 hadir dengan Intel Core Ultra 5 yang didukung oleh AI Dedicated NPU dan Intel ARC untuk kinerja grafis superior.

    Dibalut dalam material magnesium, laptop ini hanya berbobot 1kg dan sangat cocok untuk manajer atau eksekutif yang membutuhkan mobilitas tinggi tanpa mengorbankan produktivitas. Layar 14″ IPS WUXGA dengan ketajaman warna 100% sRGB dan kecerahan 400 nits menjadikannya ideal untuk bekerja dalam berbagai kondisi pencahayaan. Baterai dengan ketahanan hingga 10 jam memastikan Anda tetap produktif sepanjang hari.

    Luxia Pro Ultra 5 juga menyediakan seamless connectivity dengan port lengkap seperti HDMI 2.0, USB-C, dan USB 3.0, memberikan fleksibilitas lebih dalam menghubungkan perangkat lainnya. Dilengkapi dengan fitur fingerprint dan E-shutter Camera Switch, Luxia Pro Ultra 5 menjamin keamanan perangkat Anda, memberikan kenyamanan tambahan saat bekerja di berbagai lingkungan.

    Dukung kreativitas tanpa batas lewat Luxia Pro i5

    Luxia Pro i5 dirancang untuk content creator dan artist yang ingin mengekspresikan kreativitas mereka tanpa batas. Dengan bobot di bawah 1kg, Luxia Pro i5 sangat cocok untuk para kreator yang mobile dan membutuhkan perangkat dengan performa yang dapat mendukung pekerjaan mereka dalam berkreasi. Ditenagai oleh Intel Core i5, serta Intel Iris Xe Graphics, Luxia Pro i5 memungkinkan proses editing foto dan video lebih mulus dan cepat.

    Layar 14″ IPS WUXGA dengan kualitas warna 100% sRGB dan kecerahan 400 nits menjadikannya ideal untuk memvisualisasikan karya seni digital dengan presisi tinggi, tanpa khawatir akan ketajaman warna.
    Didukung dengan 4.4GHz turbo boost dan memori RAM 16GB DDR4, Luxia Pro i5 menghadirkan pengalaman multitasking yang tak terbatas. Selain itu, Luxia Pro i5 memberikan seamless connectivity dengan port yang lengkap, termasuk USB type-C Full Function dan HDMI 2.0, memungkinkan penggunanya untuk bekerja secara fleksibel tanpa kendala. Untuk privasi ekstra, fitur E-shutter Camera Switch menjaga keamanan Anda.

    Foto: dok Polytron

    Cocok untuk gaya hidup aktif, bersama Luxia i3

    Luxia i3 hadir untuk mendukung gaya hidup aktif para mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan perangkat ringan namun tidak mengorbankan performa. Didukung oleh Intel Core i3, Luxia i3 hadir dengan performa yang cukup untuk kebutuhan belajar sehari-hari dan multitasking.

    Memiliki layar 14″ FHD dengan WUXGA atau aspek rasio 16:10, Luxia i3 memberikan pengalaman visual yang lebih luas dan nyaman untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengerjakan tugas hingga menikmati konten hiburan. Dibalut dengan desain premium metal yang elegan, Luxia i3 membawa mobilitas tanpa batas dalam sebuah perangkat yang sangat terjangkau. Dengan RAM 8GB DDR4 yang dapat ditingkatkan hingga 64GB, serta SSD 256GB PCIe Gen 3 yang dapat ditingkatkan, Luxia i3 menawarkan kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan berbagai file penting.

    Layar dengan dan kecerahan 400 nits membuatnya sangat cocok untuk bekerja atau menikmati konten visual dengan jernih. Dengan port HDMI 2.0, USB type-C Full Function, USB 3.0, dan USB 2.0, Luxia i3 memberikan fleksibilitas untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal, mendukung produktivitas Anda sepanjang hari. Dibalut dengan desain premium metal yang elegan, Luxia i3 membawa mobilitas tanpa batas dalam sebuah perangkat yang sangat terjangkau, menjadikannya pilihan tepat untuk pelajar dan mahasiswa.

    “Dengan kombinasi teknologi performa yang maksimal, desain ergonomis yang ringan, serta kualitas material yang tangguh, Polytron Luxia menghadirkan pengalaman yang lebih maksimal dalam penggunaan laptop sehari-hari. Kami optimis bahwa kehadiran Polytron Luxia akan disambut dengan antusias setiap pengguna karena dipersonalisasikan sesuai dengan masing-masing kebutuhan dan aktivitas,” ungkap Head of Group Product Audio Video Polytron, Bambang Als. Athung.

    Pengalaman maksimal dan bebas khawatir dengan ADP

    Polytron Luxia hadir dengan Polytron Protect Plus, sebuah layanan perlindungan ekstra yang memberikan jaminan lebih kepada pengguna selama 2 tahun. Dengan Accidental Damage Protection (ADP), pengguna tidak perlu khawatir menghadapi kerusakan tak terduga. ADP ini mencakup berbagai jenis kerusakan, seperti kerusakan akibat cairan, bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami, dan kerusakan akibat kebakaran, ledakan, atau asap.

    Selain itu, kerusakan karena kerusuhan, pemogokan, atau perampokan yang disebabkan oleh kekerasan fisik juga tercakup. Dengan Protect Plus, setiap laptop Polytron dilindungi secara menyeluruh, memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna, sehingga mereka dapat menikmati performa Luxia tanpa kekhawatiran.

    “Produk berkualitas dan layanan kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas utama Polytron. Memiliki 66 service center yang tersebar di 33 provinsi, Polytron akan memastikan seluruh layanan penjualan maupun perbaikan dapat mudah diakses dan menjangkau seluruh konsumen Indonesia.” Ungkap Commercial Director Polytron, Tekno Wibowo.

    Ketersediaan Produk & Promo Menarik dalam Program Pre-Order Eksklusif di Blibli

    Polytron Luxia Pro Ultra 5 hadir dengan varian 16/512GB dibanderol dengan harga Rp10.999.000. Sedangkan untuk Polytron Luxia Pro i5 hadir dengan beberapa varian 16/512GB dengan harga Rp7.899.000 serta varian 16/256GB dengan harga Rp7.599.000. Dan untuk Polytron Luxia i3 hadir dengan varian 8/256GB dengan harga Rp5.499.000.

    Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, Polytron bersama Blibli menghadirkan serangkaian penawaran menarik selama masa pre-order Polytron Luxia, yang berlangsung pada 5-15 Agustus 2025 di jaringan omnichannel Blibli yang terintegrasi.

    “Merupakan kehormatan bagi kami untuk dipercaya Polytron sebagai exclusive e-commerce partner dalam peluncuran laptop perdananya. Kolaborasi ini memperkuat komitmen Blibli untuk terus menghadirkan solusi belanja yang terpercaya, praktis, dan relevan bagi pelanggan melalui ekosistem omnichannel kami yang terintegrasi, mulai dari program Tukar Tambah online hingga fitur Click & Collect,” Papar Group Head of Home Appliances, Blibli, Geoffrey L. Dermawan.

    Ia memahami bahwa kepastian layanan adalah prioritas utama bagi pelanggan.

    “Melalui manifesto #NoBlablaDiBlibli, kami menegaskan kembali komitmen untuk memberikan pengalaman belanja yang aman dan nyaman, yang diwujudkan melalui perlindungan lengkap secara gratis, kebijakan retur tanpa alasan (dengan syarat dan ketentuan berlaku), serta jaminan produk pasti orisinal dan tiba tepat waktu,” jelas Geoffrey.

    Untuk memudahkan pelanggan mendapatkan produk terbaru ini, Blibli menghadirkan beragam promo menarik selama periode pre-order, baik untuk pembelian online melalui blibli.com maupun langsung di Blibli Store dengan metode Click & Collect. Pelanggan dapat menikmati potongan harga hingga Rp1.000.000 dengan pembayaran menggunakan Kartu Kredit BCA atau BLU by BCA Digital, promo Blibli Tiket PayLater dengan potongan hingga Rp1.200.000, serta hadiah gratis berupa Smart CCTV dan mouse untuk setiap pembelian.

    Selain itu, setiap pengguna juga berhak mendapatkan 12 bulan gratis Perlindungan Lengkap yang melindungi dari risiko kecurian, korsleting, dan ketumpahan cairan setelah pembelian tanpa biaya tambahan.

    Khusus pembelian secara online melalui platform blibli.com, pelanggan juga dapat melakukan Program Tukar Tambah dengan menukarkan produk lama seperti laptop, handphone, tablet, dan wearable devices yang masih berfungsi ke laptop Luxia terbaru dengan potongan hingga Rp4.500.000.

    Seluruh penawaran menarik ini berlaku selama periode pre-order dan tersedia dalam jumlah terbatas. Segera kunjungi Blibli untuk mendapatkan laptop Polytron Luxia dengan penawaran terbaik, dan rasakan kemudahan belanja omnichannel yang aman, nyaman, dan terpercaya.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Wujudkan Indonesia Emas 2045, Menekraf bekali mahasiswa baru ITS

    Wujudkan Indonesia Emas 2045, Menekraf bekali mahasiswa baru ITS

    Surabaya, Jatim (ANTARA) – Menteri Ekonomi Kreatif (Menekraf) Teuku Riefky Harsya membekali ribuan mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk bersiap menjadi penggerak ekonomi kreatif demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

    “Pertumbuhan pekerja di bidang ekonomi kreatif dalam 11 tahun terakhir melonjak hingga 89 persen,” katanya dalam kegiatan “Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)” di Grha Sepuluh Nopember, Surabaya, Jatim, Selasa.

    Menurut Riefky, pertumbuhan itu didominasi generasi milenial dan gen Z, yang menjadi arsitek masa depan ekonomi kreatif.

    Ia menilai generasi muda sudah banyak berkontribusi melalui startup berbasis budaya dan inkubator bisnis kreatif, sebagai bagian transformasi digital industri kreatif.

    “Generasi muda juga memanfaatkan pasar global dan teknologi untuk berkarya,” katanya.

    Riefky menyebutkan Kemenekraf telah menginisiasi delapan klaster program unggulan, yaitu ekraf data, ekraf bijak, talenta ekraf, infra ekraf, sinergi ekraf, pasar ekraf, dana ekraf, dan ekraf kaya.

    “Sinergi seluruh program ini difokuskan untuk memperkuat setiap tahapan rantai industri kreatif Indonesia,” ujarnya.

    Ia menambahkan kolaborasi generasi muda dan perguruan tinggi menjadi elemen penting pembangunan nasional berkelanjutan.

    “Inovasi yang lahir dari lingkungan kampus diharapkan dapat memberikan dampak luas bagi masyarakat,” ujarnya.

    Saat ini, Kemenekraf telah membentuk konsorsium dengan delapan perguruan tinggi, termasuk ITS.

    Fokus kolaborasi mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengembangan sumber daya manusia (SDM), dan pengembangan ekonomi kreatif.

    “Konsorsium ini menjadi wadah kolaborasi dalam mencetak talenta kreatif untuk menyokong industri kreatif Indonesia,” ujar Riefky.

    Rektor ITS Prof Bambang Pramujati menyatakan pihaknya siap menyongsong Generasi Emas 2045 dengan menyediakan fasilitas dan ruang aktualisasi mahasiswa selama masa studi.

    “Kegiatan PKKMB hari ini menjadi salah satu bagian dari penguatan karakter maba ITS,” ujarnya.

    BP, sapaan akrabnya, juga berpesan agar mahasiswa ITS mengilhami pesan Riefky.

    “Kalian adalah bagian dari anak-anak muda pilihan bangsa,” ucapnya.

    Kegiatan PKKMB ini juga sejalan dengan beberapa poin SDGs, yaitu pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta kemitraan untuk mencapai tujuan.

    Pewarta: Willi Irawan
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Rayakan 20 Tahun, iBox Ubah Logo dan Hadirkan Diskon iPhone

    Rayakan 20 Tahun, iBox Ubah Logo dan Hadirkan Diskon iPhone

    Jakarta

    Merayakan 20 tahun kehadirannya di Indonesia,iBox menyiapkan sejumlah kejutan. Apple Premium Reseller di bawah naungan Erajaya ini akan meluncurkan logo baru dan menghadirkan berbagai promo menarik, termasuk diskon spesial untuk iPhone.

    Senda Parentino, Chief Digital & Operations Officer Erajaya Group, menjelaskan bahwa logo baru ini mencerminkan semangat baru iBox yang lebih modern, adaptif, dan dinamis, sambil tetap mengedepankan komitmen terhadap komunitas lokal.

    “Perubahan logo ini mungkin terlihat sederhana, tapi penuh makna,” ujar Senda saat konferensi pers 20 Tahun iBox di kantor Eraspace, Jakarta, Senin (4/8/2025).

    Menjawab pertanyaan mengenai alasan perubahan logo, Senda menegaskan bahwa transformasi ini bertujuan menjaga iBox tetap relevan di tengah perubahan lanskap pelanggan.

    “Kami ingin tetap kekinian. Pelanggan kami kini tidak hanya dari kalangan tertentu, tapi juga generasi muda yang dinamis. Logo baru ini adalah wujud transformasi kami untuk terus memenuhi ekspektasi mereka,” tambahnya.

    Memaknai 20 Tahun

    Selama 20 tahun, iBox telah berkembang dari satu gerai di EX Plaza Indonesia hingga memiliki 180 toko di berbagai kota di Indonesia.

    “Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan customer yang tetap percaya sama kami,” kata Eric Lee, Chief Category Management Officer, Erajaya Digital di tempat yang sama.

    Head of Corporate & Marketing Communications ERAA Stephen Warouw Stephen Warouw (kiri), Eric Lee Chief Category Management Officer Erajaya Digital (tegah) dan Senda Parentino, Chief Digital & Operations Officer Erajaya Group . Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Tak hanya sekadar jualan produk Apple, iBox berupaya mendekatkan diri dengan konsumen. Ragam jurus dilakukan, salah satunya aktif menggelar workshop dan kolaborasi dengan komunitas lokal di berbagai daerah untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan.

    iBox berencana terus memperluas jangkauan dengan pendekatan omnichannel, termasuk pengembangan toko online dan pengiriman dari gerai terdekat untuk mendekatkan layanan kepada pelanggan.

    “Kami ingin terus hadir di lebih banyak kota dan terhubung dengan komunitas lokal, sambil memperkuat posisi sebagai penyedia produk Apple nomor satu di Indonesia,” ungkap Eric.

    Promo Spesial 20 Tahun iBox

    Sebagai bagian dari perayaan, iBox menghadirkan program promosi spesial yang berlaku dari 3 hingga 24 Agustus 2025 di seluruh gerai iBox dan kanal e-commerce resmi. Promo unggulan meliputi:

    Diskon hingga 20% untuk produk Apple tertentu dan harga spesial mulai dari Rp2.020.000.Voucher tambahan hingga Rp500.000 dan flash deals mulai dari Rp20.000.Cicilan 0% hingga 24 bulan dengan tambahan diskon hingga Rp2 juta untuk pemegang kartu kredit dari bank mitra seperti BCA, BNI, BSI, CIMB Niaga, Danamon, DBS, HSBC, Mandiri, Maybank, OCBC, dan PermataBank.

    Pelanggan yang bertransaksi minimal Rp8 juta di gerai iBox wilayah Jabodetabek selama periode 3-22 Agustus 2025 juga berkesempatan mendapatkan tiket eksklusif untuk menghadiri acara puncak perayaan 20 tahun iBox.

    Puncak perayaan 20 tahun iBox akan digelar pada 23 Agustus 2025 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta. Acara ini akan menampilkan peluncuran resmi logo baru, instalasi interaktif bertema musik, serta konser spesial yang menggabungkan penampilan musisi legendaris yang telah berkarya lebih dari 20 tahun dengan artis pendatang baru.

    “Acara ini akan menjadi momen bersejarah yang menggambarkan perjalanan iBox selama 20 tahun, sekaligus menunjukkan harmoni antara teknologi dan kreativitas,” ujar Senda.

    Selain itu, iBox juga akan menggelar iBox 20 Exhibition di Atrium Kota Kasablanka pada 18-24 Agustus 2025. Pameran tersebut menawarkan pengalaman langsung dengan produk Apple, promo eksklusif, dan kesempatan untuk mendapatkan akses ke acara puncak.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “iPhone 16 Series Resmi Dijual di Indonesia”
    [Gambas:Video 20detik]
    (afr/fay)

  • Ormas miliki peran peneguh nilai kebangsaan

    Ormas miliki peran peneguh nilai kebangsaan

    Wali Kota Sachudin memberikan sambutan saat menghadiri peringatan milad ke-24 Forum Betawi Rempug (FBR) se-Jabodetabek di Taman Elektrik Kota Tangerang, Minggu. ANTARA/HO-Pemkot Tangerang.

    Wali Kota Tangerang: Ormas miliki peran peneguh nilai kebangsaan
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Senin, 04 Agustus 2025 – 08:49 WIB

    Elshinta.com – Wali Kota Tangerang Sachrudin menegaskan organisasi kemasyarakatan (ormas) memiliki peran strategis yang tak hanya terbatas sebagai mitra pembangunan pemerintah, tetapi juga sebagai penjaga budaya, perekat sosial, dan peneguh nilai-nilai kebangsaan.

    “FBR bukan hanya wadah silaturahmi masyarakat Betawi, tetapi juga mitra penting pemerintah dalam menjaga ketertiban, mendorong pembangunan, dan merawat budaya lokal di tengah gempuran arus modernisasi,” kata Wali Kota Sachudin saat menghadiri peringatan milad ke-24 Forum Betawi Rempug (FBR) se-Jabodetabek di Taman Elektrik Kota Tangerang, Minggu.

    Ia menambahkan, kontribusi ormas, terutama FBR dalam menjaga keamanan lingkungan, mendukung kegiatan sosial, hingga menjadi penyalur aspirasi masyarakat, merupakan bentuk nyata partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah.

    “FBR telah membuktikan diri sebagai organisasi yang aktif, responsif, dan dekat dengan masyarakat. Kami berharap, di usia yang ke-24 tahun ini, FBR semakin matang dalam bersikap, bijak dalam bertindak, dan terus menjadi contoh bagi ormas lainnya,” ujarnya.

    Di tengah dinamika sosial yang terus berubah, lanjut Sachrudin, Ormas seperti FBR juga dituntut untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai hukum, menjaga kondusivitas wilayah, serta menjadi penjaga toleransi dan persatuan bangsa.

    Tak lupa, ia juga mengajak seluruh keluarga besar FBR untuk turut menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia melalui berbagai kegiatan positif seperti kerja bakti, kegiatan sosial, maupun pelestarian budaya di lingkungan masing-masing.

    “Mari jadikan momentum ini untuk memperkuat semangat kebangsaan, mempererat persatuan, dan meningkatkan kontribusi nyata kita bagi bangsa dan negara,” kata Sachrudin.

    Gubernur Banten Andra Soni mengatakan FBR bukan hanya sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) belaka, tetapi lebih dari itu FBR merupakan simbol kelestarian Betawi yang luhur.

    Apalagi di tengah pesatnya arus modernisasi, kehadiran FBR penting untuk menjaga nilai-nilai kearifan lokal dan memperkuat identitas bangsa.

    “Semoga milad ke 24 ini menjadi momentum refleksi dan motivasi untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

    Andra Soni juga percaya keberadaan FBR di Provinsi Banten akan terus membawa manfaat dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan yang menjadi pondasi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Mari kita bersama-sama menjaga persatuan kedamaian dan toleransi demi Indonesia yang lebih maju,” ujarnya.

    Imam Besar FBR Luthfi Hakim mengatakan dalam kehidupan bangsa yang majemuk seperti Indonesia, budaya bukan hanya sekedar warisan, tetapi ia adalah identitas kolektif yang membentuk jadi diri bangsa.

    “Merawat budaya bukanlah tindakan eksklusif apalagi bentuk perlawanan terhadap pluralitas. Justru dari kesadaran akar budayalah, semangat kebangsaan, wawasan kebangsaan tumbuh kuat dan berakar,” jelasnya.

    Sumber : Antara

  • Modifikasi Daihatsu Gran Max City Pop, Jadi ‘Teman Manggung’ D’Masiv!

    Modifikasi Daihatsu Gran Max City Pop, Jadi ‘Teman Manggung’ D’Masiv!

    Jakarta

    Meski hadir tampilan sederhana dan fungsional sebagai mobil niaga ringan, siapa sangka Daihatsu Gran Max bisa tampil mencolok dan penuh gaya?

    Buktinya ada di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Di booth Daihatsu, ada sebuah Gran Max berwarna mencolok dengan tulisan D’Masiv besar di bodinya.

    Modifikasi Daihatsu Gran Max City Pop D’Masiv Foto: Septian Farhan Nurhuda

    Yap! Mobil tersebut adalah Gran Max City Pop yang notabene mobil modifikasi hasil kolaborasi Gofar Hilman dengan NMAA (National Modificator & Aftermarket Association), yang dirancang untuk ‘teman manggung’ D’Masiv.

    “Mobil ini didedikasikan sebagai teman perjalanan D’MASIV dalam berkarya,” tulis Daihatsu dalam rilis resminya.

    Unit ini adalah satu dari tiga karya modifikasi unik bertema Happiness for You yang dipajang di booth Daihatsu. Dua lainnya adalah Gran Max Taft Guy dan Ayla Retro Future.

    Gran Max City Pop tampil beda berkat sentuhan modifikasi menyeluruh, baik di eksterior maupun interior. Bagian kabin dibalut nuansa cokelat dengan elemen khas Daihatsu Hijet yang kental aroma retro.

    Di bagian luar, ubahan dimulai dari engine hood, bumper, grille, hingga headlamp. Bagian samping dan belakang ikut dimodifikasi, mulai dari sideskirt, lampu kombinasi belakang, hingga penambahan tailgate handle add-on dan rear brake light.

    Tak ketinggalan, mobil ini juga dibekali velg Turbo Bastard R16 dan ban GT Radial Savero SUV, mempertegas kesan unik sekaligus tangguh.

    Yang menarik, Daihatsu menegaskan bahwa proyek modifikasi ini bukan sekadar pamer gaya melainkan juga untuk mendukung industri kreatif otomotif dalam negeri yang tergabung di NMAA.

    “Sebanyak 85% proses pengerjaan unit modifikasi ini melibatkan kolaborator lokal, sebagai bentuk nyata dukungan terhadap pertumbuhan industri kreatif otomotif di Tanah Air,” ujar Daihatsu.

    Modifikasi Daihatsu Gran Max City Pop D’Masiv Foto: Septian Farhan Nurhuda

    Sebagai informasi, Gran Max bukan model sembarangan. Sejak diluncurkan pertama kali pada 2007, mobil ini sudah terjual lebih dari 870 ribu unit dan menjadi tulang punggung segmen mobil niaga ringan di Indonesia.

    Gran Max City Pop sendiri tak dijual ke publik, karena jadi kendaraan eksklusif untuk D’Masiv. Namun, dua model lainnya, Gran Max Taft Guy dan Ayla Retro Future ternyata sengaja dibuat untuk dibagikan ke masyarakat melalui berbagai program.

    (mhg/rgr)

  • Kolaborasi VW dan Ekraf Lahirkan ‘New Buzz in Life’: Wadahnya Seniman Lokal

    Kolaborasi VW dan Ekraf Lahirkan ‘New Buzz in Life’: Wadahnya Seniman Lokal

    Jakarta

    Volkswagen (VW) Indonesia, Kementerian Ekonomi Kreatif (Ekraf), para pemilik kekayaan intelektual (IP) lokal, serta aftermarket stiker Maxdecal, berkolaborasi dengan melahirkan kampanye ‘New Buzz in Life’ pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

    Kolaborasi ini mengajak masyarakat merayakan ekspresi diri melalui kehadiran ID. BUZZ. Sinergi ini diperluas dengan melibatkan pelaku industri kreatif, komunitas, dan seniman lokal yang memiliki visi serupa dalam inovasi dan keberlanjutan.

    “Kolaborasi ini menjadi bukti nyata industri otomotif, seniman, dan teknologi lokal bersinergi menghasilkan karya yang tidak hanya inovatif namun juga sarat makna. Kami mengapresiasi langkah Volkswagen yang membuka ruang ekspresi bagi talenta muda Indonesia, serta kreator IP seperti Beemala dan Tenka Street yang membawa semangat lokal dan berhasil menyampaikan pesan kreatif dengan caranya sendiri. Peran MAXDECAL sebagai mitra teknis juga tak kalah penting dalam menjaga kualitas karya agar tampil maksimal dipamerkan di ajang GIIAS ini. Inilah bentuk kolaborasi lintas sektor yang kami dorong; saling mendukung, menginspirasi, dan patut dibanggakan,” ujar Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar.

    Ketiga aktor utama di balik desain eksterior ID. yakni Beemala dan Tenka Street, serta brand stiker premium MAXDECAL, berhasil menedot perhatian masyarakat terutama para seniman lokal untuk terus berkarya.

    Selanjutnya dijelaskan seremoni yang digelar di booth Volkswagen menjadi ruang berbagi cerita dan proses kreatif di balik transformasi ID. BUZZ sebagai media ekspresi penuh warna. Kolaborasi ini merupakan bagian dari kampanye New Buzz in Life, yang memadukan seni visual dan inovasi kendaraan listrik menjadikan ID. BUZZ simbol personalisasi dan budaya pop masa kini.

    Head of Sales & Marketing, Volkswagen Indonesia, Ahmad Badawi menyatakan Volkswagen melihat EKRAF telah menjadi rumah bagi talenta muda Indonesia yang berani mengekspresikan identitas lokal secara inovatif.

    Volkswagen (VW) Indonesia dan Kementerian Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan para pemilik kekayaan intelektual (IP) lokal, serta aftermarket stiker Maxdecal, berkolaborasi dengan menghadirkan ‘New Buzz in Life’ pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Foto: dok. VW/Maxdecal

    “Rasanya sangat tepat ID. BUZZ menjadi kanvas yang tepat, karena kendaraan ini pun bicara tentang kreativitas, personalisasi, dan masa depan kebudayaan. Sebagai bagian dari sejarah otomotif di Indonesia, kami ingin meneruskan warisan Volkswagen dengan cara yang relevan bagi generasi hari ini. Kami bangga bisa tumbuh semakin berdaya bersama seniman dan mitra lokal dalam perjalanan ini,” ucap lelaki yang kerap disapa Badawi.

    Sementara itu, para creator yang menjadi kunci dari keceriaan dan cerita lukisan ID. BUZZ juga turut membagikan antusiasmenya. “Kami ingin karya ini membawa semangat ekspresi diri, keberagaman, dan masa depan yang optimis. Ada pesan bahwa mobil pun bisa bercerita, dan ID. BUZZ jadi medium yang seru untuk itu,” ujar Tabe Thay, IP Creator dari Beemala.

    Dalam kolaborasi ini, karakter-karakter khas Beemala dan Tenka Street seperti Bujel, Kenyim, Patka, dan Beemala, menghidupkan bodi ID. BUZZ dengan warna dan cerita yang merepresentasikan keberanian untuk menjadi diri sendiri. Dari Beemala, lahirlah karakter bernama Beemala itu sendiri, sosok pelindung dunia imajinatif Noermaya, yang melihat dunia lewat warna-warna cerah-simbol dari rasa ingin tahu dan semangat belajar tanpa henti.

    Sementara dari Tenka Street, hadir trio yang tak kalah unik: Bujel, si kucing majinatif yang polos dan hangat; Kenyim, pribadi penuh semangat dan spontan; serta Patka, si pemikir tenang yang selalu punya sudut pandang berbeda. Bersama, mereka menggambarkan harmoni dari beragam karakter, membentuk satu narasi ekspresi yang kini melekat erat di ID. BUZZ sebagai kanvas seni bergerak.

    Dalam kesempatan yang sama Maxdecal juga berkomitmen untuk ikut mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia.

    Volkswagen (VW) Indonesia dan Kementerian Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan para pemilik kekayaan intelektual (IP) lokal, serta aftermarket stiker Maxdecal, berkolaborasi dengan menghadirkan ‘New Buzz in Life’ pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Foto: dok. VW/Maxdecal

    “Kami bersatu, berdampingan, saling mendukung, membangun, dan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif Indonesia di pasar nasional maupun internasional, tidak hanya untuk industri otomotif, tetapi juga bagi seniman lokal dan komunitas,” ujar Project Director & RnD dari Maxdecal Nofian Hendra.

    Maxdecal juga menjalin kolaborasi erat dengan Beemala Tenka, merchandise IP lokal, design contest, juga mobil VW dengan tema kemerdekaan. Maxdecal, lanjut Nofian, berterima kasih kepada EKRAF yang turut serta menyokong setiap program yang saat ini berjalan dan yang akan datang dengan dukungan penuh Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamenkraf) Irene Umar.

    “Bersama Wamenkraf Ibu Irene dan tim, kami telah melakukan brainstorming untuk mendorong langkah-langkah konkret, mulai dari art party, moto art show, hingga program autocoffee yang menjembatani komunitas kreatif dan pecinta otomotif,” jelas Nofian.

    (lth/dry)

  • Samsung Galaxy Z Fold7 & Flip7 Resmi Dijual, Ada Promo hingga Rp 6 Juta!

    Samsung Galaxy Z Fold7 & Flip7 Resmi Dijual, Ada Promo hingga Rp 6 Juta!

    Jakarta

    Setelah masa pre-order resmi ditutup pada 31 Juli 2025, Samsung memulai penjualan perdana Galaxy Z Fold7 dan Galaxy Z Flip7 di seluruh Indonesia mulai hari ini, 1 Agustus 2025.

    Tak hanya menghadirkan duo ponsel lipat teranyar, Samsung juga meluncurkan Galaxy Watch8 Series yang dirancang untuk melengkapi gaya hidup digital masa kini. Yang menarik, Samsung memberikan beragam promo eksklusif selama penjualan perdana.

    “Galaxy Z Fold7 dan Flip7 yang bukan sekadar hape lipat paling tipis dan ringan, tapi juga sangat kokoh. Lebih dari itu, smartphone ini bukan hanya memamerkan apa yang bisa kita lakukan bersamanya, namun juga menunjukan apa yang sebenarnya kita butuhkan, yaitu performa, menjadi asisten yang dapat diandalkan, dan menjadi bagian dari gaya hidup penggunanya,” kata Harry Lee, President Samsung Electronics Indonesia dikutip dari keterangan resmi.

    “Bahkan dengan AI hybrid yang terintegrasi pada hape lipat ini menjadi teman berpikir yang cerdas, dan membantu kita dalam berkarya, memimpin, membangun peluang baru untuk masa depan. Samsung Galaxy Z Fold7 dan Z Flip7 mengajak Anda membuka kekuatan diri Anda untuk mengubah hal biasa menjadi luar biasa,” lanjutnya.

    Peluncuran Galaxy Z Fold7 & Flip7 Foto: Adi Fida Rahman/detikINETHarga

    Samsung Galaxy Z Fold7, ponsel lipat premium dengan desain lebih tipis dan kamera 200MP, tersedia dalam tiga varian memori dan penyimpanan:

    16GB/1TB: Rp34.999.00012GB/512GB: Rp31.499.00012GB/256GB: Rp28.499.000

    Pilihan warna untuk Galaxy Z Fold7 meliputi Blue Shadow, Silver Shadow, Jetblack, dan Mint (eksklusif online).

    Sementara itu, Galaxy Z Flip7 yang tampil stylish dengan layar depan Infinity Flex Window 4,1 inci hadir dalam dua varian:

    12GB/512GB: Rp19.999.00012GB/256GB: Rp17.999.000

    Warna yang tersedia adalah Blue Shadow, Jetblack, Coral-red, dan Mint (eksklusif online).

    Galaxy Watch8 Series hadir dalam dua model: Galaxy Watch8 dan Galaxy Watch8 Classic. Galaxy Watch8 tersedia dalam warna Graphite dan Silver dengan harga:

    40mm: Rp5.499.00044mm: Rp5.999.000

    Sedangkan Galaxy Watch8 Classic, dengan desain elegan dan ukuran 46mm, tersedia dalam warna Hitam dan Putih, dihargai Rp6.999.000.

    Samsung Galaxy Watch 8 Classic Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Selama periode 1 hingga 14 Agustus 2025, konsumen bisa menikmati keuntungan eksklusif hingga Rp 6 juta untuk pembelian Galaxy Z Fold7 dan Flip7. Promo ini mencakup Purchase with Purchase atau Trade-in Cashback hingga Rp3,5 juta serta bank cashback hingga Rp2,5 juta.

    Penawaran ini berlaku untuk pembelian di toko offline maupun online di seluruh Indonesia.

    (afr/afr)

  • Samsung Galaxy Z Fold7 dan Galaxy Z Flip7 Meluncur di Indonesia, HP Lipat Tipis dan Ringan dengan Segudang Fitur AI! – Page 3

    Samsung Galaxy Z Fold7 dan Galaxy Z Flip7 Meluncur di Indonesia, HP Lipat Tipis dan Ringan dengan Segudang Fitur AI! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Dalam serangkaian acara “The First Galaxy AI Live Creation” pada Rabu (30 Juli 2025), Samsung Indonesia memberikan banyak kejutan atas perilisan produk terbaru mereka, Samsung Galaxy Z Fold7, Z Flip7, dan Watch 8 Series.

    Acara yang digelar di Spike Airdome PIK2 ini merupakan pertanda masuknya era baru ponsel lipat di Tanah Air, menarik antusiasme dari Galaxy Fans di seluruh pelosok negeri.

    Dibuka dengan tagline “unfold power, flip the norm” Samsung berkomitmen untuk selalu menghadirkan inovasi pada setiap produk barunya.

    Hebatnya, kedua produk flagship mereka, Galaxy Z Fold7 dan Z Flip7 tampaknya tidak pernah kehabisan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna.

    Dengan fokus pengembangan pada sektor kamera sebesar 200MP dan fitur AI yang makin baik, Galaxy Z Fold7 siap membantu aktivitas pengguna sehari-hari.

    Keduanya juga menawarkan bobot yang jauh lebih ringan dari generasi sebelumnya: Galaxy Z Fold7 215 gram dan Galaxy Z Flip7 188 gram.

    “Galaxy Z Fold7 dan Galaxy Z Flip7 bukan sekadar HP lipat paling tipis dan ringan, tapi juga sangat kokoh. Smartphone ini menunjukkan apa yang sebenarnya kita butuhkan yaitu performa, menjadi asisten yang dapat diandalkan, dan menjadi bagian dari gaya hidup pengguna,” ujar President Samsung Electronics Indonesia, Harry Lee.

    Dengan AI hybrid yang terintegrasi pada HP lipat ini, ia mengklaim, Galaxy Z Fold7 dan Galaxy Z Flip7 bisa menjadi teman berpikir yang cerdas, dan membantu kita dalam berkarya, memimpin, membangun peluang baru untuk masa depan.

    Sementara Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia, Yadi Prayitno, mengatakan Samsung terus bergerak ke depan dengan satu komitmen untuk menciptakan inovasi yang relevan dan bermakna.

    “Hari ini kami memperkenalkan inovasi lebih personal, Galaxy Z Fold7 lebih ramping dengan kamera 200MP, Galaxy Z Flips7 dengan layar depan lebih luas untuk ekspresi diri, dan Galaxy Watch 8 Series yang kuat dan cerdas, siap menemani setiap langkah,” ucapnya menambahkan.

    Acara peluncuran ini juga merupakan ajang tampil perdana bagi Galaxy Watch 8 Series dengan dukungan AI untuk beberapa fitur terbaru, seperti Bed Time Guide, Antioxidant, Vascular Load, dan Running Coach.