Blog

  • RI Punya Senjata Canggih Baru, Diklaim Pertama di Dunia

    RI Punya Senjata Canggih Baru, Diklaim Pertama di Dunia

    Jakarta

    PT PAL Indonesia meluncurkan portabel senjata laser pertama di dunia. Kehadiran senjata laser ini diklaim sebagai babak baru dalam sejarah alutsista nasional yang siap menjaga teritorial Tanah Air.

    Direktur Utama PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod mengatakan senjata laser memiliki jangkauan tembak efektif sejauh 500 meter dengan daya rusak yang mematikan. Keunggulan teknis ini disebut menjadikannya senjata pamungkas baru yang efisien, akurat dan sulit dideteksi lawan.

    “Inovasi laser besutan PT PAL ini dirancang dengan presisi tinggi untuk memfokuskan radiasi pada sasaran jarak menengah hingga jauh,” kata Kaharuddin dalam keterangan tertulis, Minggu (21/12/2025).

    PT PAL memiliki rencana strategis untuk mengintegrasikan teknologi ini ke platform laut. Rencananya, senjata laser ini akan dipasang di Frigate Merah Putih, kapal perang tercanggih kebanggaan Indonesia guna memperkuat sistem pertahanan udara dan serangan presisi kapal tersebut.

    “Pengembangan teknologi laser ini menunjukkan komitmen kuat PT PAL Indonesia bersama para pemangku kepentingan untuk mendorong daya saing industri maritim dan pertahanan nasional,” ucap Kaharuddin.

    PT PAL berupaya memastikan setiap kebutuhan strategis militer Indonesia dapat dipenuhi oleh industri domestik, tanpa harus selalu berpaling ke pasar luar negeri. Fokus pada riset dan pengembangan (R&D) menjadi kunci bagi perusahaan untuk menciptakan ekosistem industri yang mandiri.

    Kaharuddin menegaskan bahwa pihaknya akan terus membuka pintu selebar-lebarnya bagi talenta-talenta terbaik Indonesia untuk bergabung dalam arus transformasi ini. Ia menekankan bahwa pembangunan kedaulatan maritim tidak bisa dilakukan secara parsial, melainkan membutuhkan kontribusi kolektif dari para ahli muda Tanah Air.

    “Langkah besar ini diharapkan mampu mempercepat lompatan teknologi nasional demi menjaga marwah dan kedaulatan NKRI di kancah internasional,” imbuhnya.

    (aid/kil)

  • Jelang Nataru, Pengusaha Bus Teriak Solar Subsidi di SPBU Mulai Sering Kosong

    Jelang Nataru, Pengusaha Bus Teriak Solar Subsidi di SPBU Mulai Sering Kosong

    Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku usaha angkutan darat, terutama bus antarkota-antarprovinsi (AKAP) mengeluhkan fenomena kelangkaan solar bersubsidi yang menyebabkan antrean panjang di sejumlah titik stasiun pengisian BBM (SPBU) jelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026.

    Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mengungkap tantangan buat pelaku usaha transportasi umum jelang Nataru 2025/2026 semakin pelik, salah satunya perkara ketersediaan solar subsidi.

    “Kebijakan pembelian BBM subsidi angkutan umum dibatasi dan menggunakan barcode sering bermasalah, ditambah BBM subsidi sering kosong di beberapa titik. Bisa terlihat dari terjadinya penumpukan atau antrean panjang kendaraan umum yang akan mengisi BBM di beberapa SPBU,” ujarnya kepada Bisnis, dikutip Minggu (21/12/2025).

    Sani berharap suplai Pertamina ke setiap SPBU semakin kuat, sementara pembatasan pembelian BBM subsidi dengan kuota untuk angkutan umum harusnya dibatalkan.

    “Setidaknya selesaikan masalah-masalah sistem My Pertamina untuk angkutan umum. Terlebih, tantangan terberat Nataru tahun ini kemungkinan kemacetan. Jangan sampai bertambah parah di momen puncak nanti,” tambahnya.

    Pasalnya, Sani melihat kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengadapi Nataru tahun ini notabene cenderung menggiring masyarakat untuk menggunakan transportasi pribadi, bukan memperbanyak pemanfaatan transportasi umum. 

    “Sampai saat ini, bahkan jelang Nataru, penumpang masih sangat lengang, reservasi belum terlihat lonjakan yang signifikan. Jadi kami masih menunggu adanya lonjakan seperti biasanya jelang puncak,” jelas Sani. 

    Terakhir, IPOMI mengingatkan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan bahwa faktor cuaca juga akan menjadi tantangan sendiri, terutama di transportasi penyeberangan, serta daerah rawan bencana.

    Sebagai contoh, di jalan Lintas Timur Sumatra beberapa hari ini terjadi kemacetan cukup parah karena Ada kendaraan berat yang terperosok dan rusak, tapi penanganan situasi berjalan lamban sehingga terjadi antrean panjang. 

    “Belajar dari musibah yang terjadi belakangan ini, kami minta pemerintah pusat dengan daerah dan seluruh pemangku kepentingan kompak berkomunikasi dan berkoordinasi secara intens menyangkut pengawasan di lapangan, agar bila terjadi hal-hal di luar dugaan, bisa teratasi cepat dengan penanganan tepat,” katanya. 

  • Pameran Foto Au Loim Fain di Surabaya, Ketika Anak-anak Pekerja Migran Jadi Cerita Tak Terucap
                
                    
                        
                            Surabaya
                        
                        21 Desember 2025

    Pameran Foto Au Loim Fain di Surabaya, Ketika Anak-anak Pekerja Migran Jadi Cerita Tak Terucap Surabaya 21 Desember 2025

    Pameran Foto Au Loim Fain di Surabaya, Ketika Anak-anak Pekerja Migran Jadi Cerita Tak Terucap
    Tim Redaksi
    SURABAYA, KOMPAS.com
    – Di balik hiruk pikuk perayaan akhir tahun 2025, Galeri Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Jawa Timur menghadirkan ruang sunyi yang mengajak pengunjung berhenti sejenak.
    Melalui
    pameran foto
    dokumenter bertajuk ”
    Au Loim Fain
    “, fotografer
    Romi Perbawa
    menampilkan potret kehidupan anak-anak
    pekerja migran
    , kelompok yang kerap berada di pinggir perhatian, tetapi menyimpan persoalan kemanusiaan yang mendalam.
    Pameran ini digelar pada 18–22 Desember 2025, bertepatan dengan peringatan Hari Imigran Internasional yang jatuh setiap tanggal 18 Desember dan Hari Ibu di tanggal 22 Desember.
    Dua momentum yang secara simbolis merepresentasikan perjalanan, kehilangan, serta relasi anak dan orang tua dalam pusaran migrasi tenaga kerja.
    Bagi Romi, “Au Loim Fain” menjadi pameran tunggal foto dokumenternya yang pertama di
    Surabaya
    .
    Meskipun sebagian karyanya berasal dari buku foto yang juga pernah dipamerkan di ArtJog 2023.
    “Daripada nganggur di rumah dan belum pernah pameran tunggal dokumenter di Surabaya, akhirnya pameran di sini,” kata Romi kepada jurnalis, termasuk
    Kompas.com.
    “Saya berharap dengan pameran ini bisa menginspirasi atau menumbuhkan kepedulian teman-teman semua terhadap permasalahan migran worker ini, terutama pada anak-anak. Karena di sini banyak sekali yang tidak muncul di permukaan terhadap permasalahan anak-anak yang perlu perhatian dari kita semua,” tutur dia. 
    Judul “Au Loim Fain” diambil dari bahasa Nusa Tenggara Timur yang memiliki arti “Aku Ingin Pulang”.
    Ungkapan tersebut berasal dari kata-kata terakhir Adelina Sau, pekerja migran Indonesia yang meninggal akibat penyiksaan di Malaysia.
    Kalimat tersebut merepresentasikan kerinduan, kehilangan, dan keterasingan yang dialami banyak pekerja migran dan anak-anak mereka.
    “Au Loim Fain” adalah proyek dokumenter jangka panjang yang dimulai sejak tahun 2012.
    Berawal dari pertemuannya dengan seorang
    anak pekerja migran
    yang memberikan ikatan emosional, membuat isu ini terus ditekuni.
    “Saya mengetahui kehidupannya dan terpikir juga bagaimana anak-anak migran worker lainnya,” kata Romi Perbawa.
    “Saya selalu punya idealisme bahwa untuk mengubah nasib bangsa ke arah yang lebih baik harus dimulai dengan didikan anak-anak karena ini sangat penting,” ucap dia.
    Untuk itu, dalam riset di lapangan, ia menemukan berbagai persoalan serius yang dihadapi anak-anak pekerja migran, baik yang ditinggalkan di daerah asal maupun yang lahir di negara penempatan.
    Seperti di Malaysia, khususnya wilayah Sabah, banyak anak pekerja migran Indonesia hidup tanpa status kewarganegaraan yang jelas.
    Keadaan orangtua mereka yang ilegal berdampak pada kondisi mereka yang rentan dieksploitasi.
    “Di beberapa foto tersebut, anak-anak yang orangtuanya lahir di Indonesia dan anaknya lahir di Malaysia, jadi selama ini statusnya abstain kecuali diadopsi orang Malaysia,” ujar fotografer dokumenter internasional itu.
    “Anak-anak ini kalau orangtuanya ilegal ketika ada operasi dan ditangkap, mereka juga ikut dipenjara karena tidak ada sanak saudara, termasuk saat dideportasi juga ikut,” kata dia. 
    Kini, sekitar 20 karya dipamerkan dalam “Au Loim Fain”, termasuk sejumlah foto yang dicetak hitam putih di atas media akrilik dengan efek buram.
    Foto-foto tersebut diambil saat ia mendokumentasikan kehidupan di Rumah Merah, pusat tahanan sementara di Sandakan.
    “Mereka bukan hanya karena kriminal, tapi juga lahir dan besar di Malaysia. Mereka bukan penjahat dan pencuri, tapi menerima nasib seperti itu,” ucap Romi Perbawa.
    “Ada yang hamil sampai melahirkan di dalam penjara. Saya memotret ratusan orang, itu pengalaman yang masih terngiang-ngiang sampai sekarang,” ujar dia. 
    Selain Malaysia, ia mendokumentasikan kehidupan pekerja migran di Hong Kong, dengan persoalan berbeda seperti status tidak berdokumen dan tekanan ekonomi.
    Romi Perbawa mengakui proyek ini membawa banyak tantangan besar, baik teknis maupun mental.
    Untuk itu, ia menekankan pentingnya proses membangun kepercayaan dengan subyek foto.
    “Kan kita kalau mengerjakan proyek itu tidak tahu dapat foto apa, tapi tahu permasalahannya dulu. Bagaimana yang saya foto bisa menerima sehingga keberadaan saya tidak mengganggu. Jadi itu proses juga,” kata fotografer yang pernah menerbitkan buku foto “The Riders of Destiny” (2014).
    “Selanjutnya saya tidak mengerjakan proyek seperti ini lagi karena berat di psikologis,” ucap Romi. 
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kronologi Pemotor Tewas Usai Diserempet Mobil Boks di Jalan Ciledug Raya
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        21 Desember 2025

    Kronologi Pemotor Tewas Usai Diserempet Mobil Boks di Jalan Ciledug Raya Megapolitan 21 Desember 2025

    Kronologi Pemotor Tewas Usai Diserempet Mobil Boks di Jalan Ciledug Raya
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
     Seorang pria berinisial MR (26) tewas usai motor yang ditumpanginya diserempet sebuah mobil boks di Jalan Ciledug Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (21/12/2025) pagi.
    Kapolsek Pesanggrahan AKP Seala Syah Alam menyampaikan, insiden bermula ketika pengemudi mobil boks, MEP (19), terlibat cekcok dengan pengemudi motor, DP (22), dan MR, saat melaju dari arah Senayan menuju Ciledug.
    “Pengendara mobil box dan sepeda motor sudah terjadi cekcok dari depan Lemigas,” kata Seala saat dikonfirmasi
    Kompas.com
    , Minggu.
    Merasa emosi, MEP kemudian menyerempet sepeda motor yang dikemudikan DP.
    Bahkan, MEP disebut membanting setir ke kiri sehingga menyebabkan sepeda motor terjatuh.
    “Membanting stir ke kiri dan mengenai pengendara sepeda motor dan menabrak tiang listrik,” ujarnya.
    Akibat kejadian itu, DP mengalami luka di bagian kepala, dada, tangan kanan, dan kaki kanan, lalu dilarikan ke RS Murni Teguh Ciledug untuk mendapatkan perawatan intensif. Sementara MR dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian.
    “Pengemudi mobik diamankan ke Polsek Pesanggrahan dan selanjutnya dibawa petugas Laka Lantas Aipda Suyanto ke Polres Jakarta Selatan,” lanjut dia.
    Polisi turut mengamankan barang bukti berupa satu unit mobil Daihatsu Gran Max bernomor polisi B 9765 VAD beserta STNK, serta satu unit sepeda motor Honda Vario bernomor polisi B 5844 SAY lengkap dengan STNK.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Simak Lima Tips Aman Bertransaksi Digital di Musim Libur Nataru

    Simak Lima Tips Aman Bertransaksi Digital di Musim Libur Nataru

    JAKARTA – Menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru), aktivitas masyarakat makin meningkat, mulai dari belanja kebutuhan liburan, membeli hadiah, memesan tiket pulang kampung, hingga mengirim donasi akhir tahun.

    Namun, lonjakan aktivitas berbelanja dan berbagai kemudahan bertransaksi ini juga memicu meningkatnya risiko penipuan digital seperti scam dan phishing.

    Untuk itu, dompet digital DANA membagikan beberapa tips untuk melindungi dompet digital Anda supaya terhindar dari kejahatan siber, terutama di momen liburan ini.

    Jaga Kerahasiaan PIN dan OTP

    Jaga kerahasiaan PIN dan OTP dengan baik, karena lembaga tepercaya pun tidak akan pernah meminta kode-kode tersebut. Selalu waspada terhadap setiap permintaan OTP atau akses yang masuk.

    Periksa Ulang Detail Transaksi

    Musim Nataru identik dengan bertukar kado, termasuk lewat transfer saldo e-wallet. Di momen sibuk seperti ini, pastikan ketelitian Anda dalam mengetik nomor tujuan, nama penerima, dan nominal sebelum bertransaksi ke nomor yang mencurigakan.

    Hindari Menggunakan Wi-Fi Umum saat Bertransaksi

    Tidak jarang, transaksi dilakukan dengan menggunakan Wi-Fi di restoran atau kafe. Agar data terlindungi, gunakan selalu jaringan pribadi atau paket data saat melakukan transaksi keuangan. Jika terpaksa menggunakan Wi-Fi umum, hindari mengakses aplikasi atau situs yang menyimpan data penting.

    Terapkan Multi-Factor Authentication

    Autentikasi multi faktor (MFA) memberi lapisan keamanan ekstra yang melindungi akunmu dari akses tidak sah.

    Pantau Saldo dan Riwayat Transaksi Secara Berkala

    Pemeriksaan saldo dan mutasi yang rutin, bisa membantu deteksi kejanggalan dan mengambil tindakan cepat, seperti memblokir akun, mengubah PIN, atau melapor ke layanan pelanggan.

  • Daftar Lengkap Mutasi Pejabat Utama hingga Kapolres di Polda Banten
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        21 Desember 2025

    Daftar Lengkap Mutasi Pejabat Utama hingga Kapolres di Polda Banten Regional 21 Desember 2025

    Daftar Lengkap Mutasi Pejabat Utama hingga Kapolres di Polda Banten
    Tim Redaksi
    SERANG, KOMPAS.com
    – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi pejabat utama serta Kapolres di lingkungan Polda Banten.
    Pelaksana Harian (Plh) Kabid Humas Polda
    Banten
    AKBP Meryadi mengonfirmasi mutasi tersebut berdasarkan surat telegram Nomor ST/2781/A, B, C, dan D/XII/KEP/2025.
    Menurut Meryadi, mutasi dan rotasi merupakan hal yang wajar di tubuh Polri sebagai bagian dari pembinaan karier dan kebutuhan organisasi.
    “Mutasi ini dinamika organisasi Polri dalam rangka peningkatan kinerja, penyegaran, serta pengembangan karier personal,” kata Meryadi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (21/12/2025).
    Sejumlah pejabat utama
    Polda Banten
    yang mengalami mutasi antara lain Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Banten Kombes Pol Hendra Kurniawan yang digantikan Kombes Pol Iwan Sonjaya.
    Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Banten Kombes Pol M Darwis Debby Hermawan digantikan Kombes Pol Ari Wibowo yang sebelumnya menjabat Kapolres Banyumas.
    Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Banten Kombes Pol Wahyudi dimutasi menjadi Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Aceh. Posisinya digantikan Kombes Pol Resza Ramadianshah.
    Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Leganek Mawardi digantikan AKBP Arief Kurniawan.
    Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto digantikan AKBP Maruli Ahiles Hutapea, yang pernah menjabat sebagai Kapolresta Serang Kota.
    Selain itu, Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Imam Suhadi digantikan oleh Kombes Pol Edi Suranta Sinulingga.
    Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Banten Kombes Pol Alfaris Pattiwael digantikan Kombes Pol Andri Syahril.
    Kabidkeu Polda Banten Kombes Pol Seffy Oktavia Brahma menggantikan Kombes Pol Retno Dwiyanti yang memasuki masa pensiun.
    Sementara Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kabid TIK) Polda Banten Kombes Pol Dedi Ardiyanto digantikan oleh AKBP Ida Ketut Gahananta Krisna Rendra.
    Di jajaran Polres, Kapolres Serang AKBP Candra Sasongko diangkat menjadi Kabagbinkar Ro SDM Polda Jawa Barat.
    Jabatannya sebagai Kapolres Serang digantikan AKBP Andri Kurniawan yang sebelumnya menjabat Kapolres Pangandaran.
    Sementara itu, jabatan Wakapolresta Tangerang juga mengalami pergantian, namun hingga kini belum diumumkan siapa pejabat penggantinya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Respons Atalia soal Perceraian dengan Ridwan Kamil

    Respons Atalia soal Perceraian dengan Ridwan Kamil

    Jakarta

    Anggota DPR RI Atalia Praratya dan Ridwan Kamil sepakat bercerai. Keduanya telah memutuskan mengakhiri pernikahan setelah Atalia melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama (PA) Bandung.

    Di tengah proses perceraiannya yang menuai perhatian publik, Atalia hadir dalam peresmian rute penerbangan perdana Bandung-Semarang di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. Awak media sempat mencoba meminta keterangan darinya soal gugatan cerai itu.

    Namun, Atalia memilih bungkam. Ia enggan menjawab pertanyaan wartawan, sambil berlalu dan langsung masuk ke mobil pribadinya.

    “Akang, nuhun yah. Minta doanya, ya, kang,” demikian penggalan kalimat singkat yang diucapkan Atalia saat di Bandara Husein Sastranegara, dilansir detikJabar.

    Kesepakatan Atalia dan Ridwan Kamil untuk berpisah diumumkan langsung kedua tim pengacara mereka di Bandung. Keduanya sudah menjalani mediasi dan sepakat mengakhiri rumah tangga mereka.

    Baca selengkapnya di sini.

    (fca/isa)

  • Tol Ambarawa-Bawen Dibuka Fungsional Saat Libur Natal dan Tahun Baru

    Tol Ambarawa-Bawen Dibuka Fungsional Saat Libur Natal dan Tahun Baru

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memastikan kesiapan infrastruktur Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 6 (Ambarawa – Bawen) yang difungsionalkan saat periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).

    Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo menjelaskan bahwa akses main road Seksi 6 menuju Ambarawa telah dioperasionalkan secara fungsional dalam rangka mendukung kelancaran lalu lintas selama periode Nataru. Langkah ini diambil guna memecah kepadatan di titik-titik rawan macet.

    “Akses main road menuju Ambarawa telah dioperasionalkan dan direlokasi ke akses kanan dan kiri sehingga diharapkan tidak ada hambatan pada periode Nataru,” ujar Dody melalui keterangan resmi, Minggu (21/12/2025).

    Adapun, ruas tol sepanjang 4,98 kilometer (Km) yang saat ini dalam tahap konstruksi tersebut ditargetkan rampung pada Maret 2026. Nantinya, Tol Yogyakarta – Bawen Seksi 6 itu akan turut difungsionalkan pada periode Lebaran 2026.

    Sementara itu, saat ini progres konstruksi fisik Tol Yogyakarta – Bawen Seksi 6 telah mencapai 88,018%. Kehadiran Simpang Susun Ambarawa di seksi ini dinilai sangat strategis untuk mengurai penumpukan kendaraan yang biasanya terjadi di wilayah bawah Ambarawa saat musim liburan.

    “Dengan adanya simpang susun Ambarawa ini, kendaraan pemudik dari arah Jakarta bisa langsung menuju Temanggung dan Magelang tanpa terjebak kepadatan di area bawah,” jelasnya.

    Untuk diketahui, Tol Yogyakarta–Bawen terdiri atas enam seksi, dengan tantangan terbesar berada di seksi 4, dan 5, khususnya di kawasan Magelang dan Temanggung yang memiliki kontur perbukitan. 

    “Untuk pekerjaan konstruksi yang cukup berat ada di kawasan Magelang–Temanggung karena daerahnya perbukitan. Pembebasan lahannya aman, hanya Seksi 4 dan 5 prosesnya agak lambat karena harus mengeruk bukit dan harus diperhatikan betul supaya tidak menimbulkan dampak lingkungan yang berkepanjangan,” jelas Menteri Dody.

    Sementara itu, secara kumulatif progres pengadaan tanah Tol Yogyakarta–Bawen telah mencapai sekitar 58%. Untuk pengadaan tanah Seksi 1 (Yogyakarta – Banyurejo) telah mencapai 97%, Seksi 2 (Banyurejo – Borobudur) sebesar 92%, Seksi 3 (Borobudur – Magelang) mendekati 80%, Seksi 4 (Magelang – Temanggung) sekitar 60%, Seksi 5 (Temanggung – Ambarawa) sekitar 22%, dan Seksi 6 (Ambarawa – Bawen) telah mencapai 97%.

    Untuk progres konstruksi, Seksi 1 Yogyakarta – Bawen sepanjang 8,8 km ini telah mencapai sekitar 87,275% dan ditargetkan selesai pada Mei 2026. Seksi 1 ini akan terhubung dengan Tol Yogyakarta–Solo. 

    Selanjutnya, untuk Seksi 2 saat ini telah berkontrak dengan mitra pelaksana konstruksi dengan surat perintah mulai kerja (SPMK) direncanakan terbit awal Januari 2026. Kemudian untuk Seksi 3, akan mulai dilakukan lelang pada pertengahan Triwulan I 2026 agar konstruksi dapat dimulai pada Triwulan II.

  • Demi Bisa Jual 35 Pesawat Kargo, Boeing Minta Nego Aturan Emisi

    Demi Bisa Jual 35 Pesawat Kargo, Boeing Minta Nego Aturan Emisi

    Jakarta

    Boeing meminta Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat atau Federal Aviation Administration (FAA) memberikan pengecualian aturan emisi pesawat. Hal ini agar perusahaan tetap dapat menjual 35 unit pesawat kargo Boeing 777F tambahan di tengah tingginya permintaan.

    Aturan emisi baru yang berpotensi menghentikan penjualan 777F akan berlaku pada 2028. Sementara itu, Boeing mengatakan pesawat kargo 777-8 generasi berikutnya yang diharapkan bisa memenuhi aturan tidak akan siap hingga waktu tersebut.

    “Pengecualian tersebut akan memungkinkan memenuhi permintaan pelanggan untuk pesawat kargo sebelum 777-8F mulai beroperasi,” kata Boeing dikutip dari Reuters, Minggu (21/12/2025).

    Boeing mengatakan pihaknya sedang mengupayakan persetujuan pada 1 Mei 2026. Pihaknya memperkirakan akan mengirimkan 777-8F pertama sekitar dua tahun setelah pengiriman pertama 777-9, yang saat ini ditargetkan pada 2027.

    Sebagai informasi, FAA pada Februari 2024 mengeluarkan peraturan final yang mengadopsi standar internasional untuk mengurangi polusi karbon dari sebagian pesawat besar yang terbang di wilayah udara AS. Peraturan tersebut tidak berlaku untuk pesawat yang beroperasi sebelum tanggal tersebut.

    Boeing mengatakan pesawat kargo berbadan besar sangat penting untuk ekspor barang. “Dari US$ 600 miliar barang yang diekspor melalui kargo udara pada 2024, lebih dari US$ 260 miliar diangkut dengan pesawat kargo berbadan lebar besar,” kata Boeing.

    Lebih lanjut dijelaskan, setiap pesawat 777F yang diekspor ke pelanggan asing memberikan kontribusi US$ 440 juta pada nilai katalog terhadap neraca perdagangan positif. Hal ini menunjukkan bahwa lebih dari US$ 15 miliar nilai ekspor AS dapat hilang tanpa pengecualian.

    Boeing mengatakan 777F adalah pesawat paling hemat bahan bakar untuk pasar kargo global dan satu-satunya pesawat kargo berbadan besar yang sedang diproduksi. Tahun lalu Kongres mengesahkan undang-undang yang memungkinkan Boeing untuk terus memproduksi pesawat kargo 767 selama lima tahun lagi hingga 2033 di AS, yang membebaskannya dari peraturan efisiensi FAA yang berlaku pada 2028.

    Tahun lalu, FAA mengatakan pesawat sipil bertanggung jawab atas 9% emisi transportasi domestik dan 2% dari total polusi karbon AS. Di bawah pemerintahan Joe Biden saat itu, AS meluncurkan rencana aksi iklim yang bertujuan untuk mencapai emisi nol bersih dari sektor penerbangan AS pada tahun 2050.

    (aid/kil)

  • Demi Bisa Jual 35 Pesawat Kargo, Boeing Minta Nego Aturan Emisi

    Demi Bisa Jual 35 Pesawat Kargo, Boeing Minta Nego Aturan Emisi

    Jakarta

    Boeing meminta Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat atau Federal Aviation Administration (FAA) memberikan pengecualian aturan emisi pesawat. Hal ini agar perusahaan tetap dapat menjual 35 unit pesawat kargo Boeing 777F tambahan di tengah tingginya permintaan.

    Aturan emisi baru yang berpotensi menghentikan penjualan 777F akan berlaku pada 2028. Sementara itu, Boeing mengatakan pesawat kargo 777-8 generasi berikutnya yang diharapkan bisa memenuhi aturan tidak akan siap hingga waktu tersebut.

    “Pengecualian tersebut akan memungkinkan memenuhi permintaan pelanggan untuk pesawat kargo sebelum 777-8F mulai beroperasi,” kata Boeing dikutip dari Reuters, Minggu (21/12/2025).

    Boeing mengatakan pihaknya sedang mengupayakan persetujuan pada 1 Mei 2026. Pihaknya memperkirakan akan mengirimkan 777-8F pertama sekitar dua tahun setelah pengiriman pertama 777-9, yang saat ini ditargetkan pada 2027.

    Sebagai informasi, FAA pada Februari 2024 mengeluarkan peraturan final yang mengadopsi standar internasional untuk mengurangi polusi karbon dari sebagian pesawat besar yang terbang di wilayah udara AS. Peraturan tersebut tidak berlaku untuk pesawat yang beroperasi sebelum tanggal tersebut.

    Boeing mengatakan pesawat kargo berbadan besar sangat penting untuk ekspor barang. “Dari US$ 600 miliar barang yang diekspor melalui kargo udara pada 2024, lebih dari US$ 260 miliar diangkut dengan pesawat kargo berbadan lebar besar,” kata Boeing.

    Lebih lanjut dijelaskan, setiap pesawat 777F yang diekspor ke pelanggan asing memberikan kontribusi US$ 440 juta pada nilai katalog terhadap neraca perdagangan positif. Hal ini menunjukkan bahwa lebih dari US$ 15 miliar nilai ekspor AS dapat hilang tanpa pengecualian.

    Boeing mengatakan 777F adalah pesawat paling hemat bahan bakar untuk pasar kargo global dan satu-satunya pesawat kargo berbadan besar yang sedang diproduksi. Tahun lalu Kongres mengesahkan undang-undang yang memungkinkan Boeing untuk terus memproduksi pesawat kargo 767 selama lima tahun lagi hingga 2033 di AS, yang membebaskannya dari peraturan efisiensi FAA yang berlaku pada 2028.

    Tahun lalu, FAA mengatakan pesawat sipil bertanggung jawab atas 9% emisi transportasi domestik dan 2% dari total polusi karbon AS. Di bawah pemerintahan Joe Biden saat itu, AS meluncurkan rencana aksi iklim yang bertujuan untuk mencapai emisi nol bersih dari sektor penerbangan AS pada tahun 2050.

    (aid/kil)