Blog

  • UMP Lampung 2025 Ditetapkan Rp2.893.070, Berlaku 1 Januari 2025

    UMP Lampung 2025 Ditetapkan Rp2.893.070, Berlaku 1 Januari 2025

    Liputan6.com, Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Pj Gubernur Lampung, Samsudin resmi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Lampung tahun 2025 sebesar Rp2.893.070 per bulan. Penetapan ini diatur dalam Keputusan Gubernur Lampung berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2024 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2025.

    UMP sebesar Rp2.893.070 ini hanya berlaku bagi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Untuk pekerja dengan masa kerja lebih dari satu tahun, pengusaha diwajibkan menyusun dan menerapkan struktur serta skala upah yang sesuai.

    “Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari UMP yang telah ditetapkan. Namun, ketentuan ini tidak berlaku bagi usaha mikro dan usaha kecil,” kata Samsudin, Kamis (12/12/2024).

    Keputusan ini mulai berlaku pada 1 Januari 2025. Pengusaha di Provinsi Lampung diminta segera menyesuaikan kebijakan pengupahan sesuai dengan ketetapan tersebut.

    Jika ditemukan kekeliruan dalam keputusan ini, Pemerintah Provinsi Lampung akan melakukan pembetulan sebagaimana mestinya.

    “Keputusan ini diambil berdasarkan masukan dari Dewan Pengupahan Provinsi Lampung, yang sebelumnya telah melakukan perhitungan nilai UMP 2025. Hal ini juga didukung sejumlah aturan terkait, seperti Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan,” ungkapnya.

    Dia menyampaikan, kenaikan UMP diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja di Lampung, sekaligus menjadi tantangan bagi pengusaha untuk menyesuaikan operasional usaha mereka.

    Dengan UMP baru ini, Pemerintah Provinsi Lampung berharap tercipta keseimbangan antara hak pekerja dan keberlangsungan usaha di wilayahnya.

    “Keputusan UMP Lampung 2025 ini telah melalui proses musyawarah bersama Dewan Pengupahan Provinsi Lampung pada 6 Desember 2024. Para pekerja dan pengusaha diharapkan segera menyesuaikan diri dengan kebijakan ini untuk mendukung iklim kerja yang sehat dan produktif di Lampung,” pungkasnya.

     

     

  • KPU: Partisipasi Pemilih Pilkada 2024 Sebesar 71 Persen

    KPU: Partisipasi Pemilih Pilkada 2024 Sebesar 71 Persen

    ERA.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin mengumumkan data terbaru mengenai partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah 2024 sebesar 71 persen.

    “Semakin banyak rekap dan data masuk, partisipasi kita yang dulu sempat ditanyakan per tanggal 4 (Desember) kemarin, sekarang secara nasionalnya rata-rata 71 persen,” kata Afifuddin di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (13/12/2024).

    Afifuddin menjelaskan bahwa perubahan data tersebut disebabkan data yang masuk dari beberapa daerah, terutama wilayah Papua.

    Ia menyatakan bersyukur dan berterima kasih karena sebagian besar pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik.

    “Proses pelaksanaan maupun rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota dan provinsi sudah selesai dan berjalan dengan baik,” jelasnya.

    Sebelumnya, Afifuddin dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR, Rabu (4/12), mengungkapkan partisipasi pemilih Pilkada 2024 mencapai 68 persen.

    “Dalam kacamata kami, itu sudah luar biasa di tengah tahapan-tahapan yang seperti ini. Tentu kami berterima kasih sekali atas semua partisipasi banyak pihak, para pemilih yang sudah menggunakan hak pilih,” ujarnya.

    Pada Rabu (5/6), KPU RI mengungkapkan bahwa 81,78 persen pemilih menggunakan hak pilih pada Pilpres 2024, kemudian sebanyak 81,42 persen untuk Pemilu Anggota DPR RI, dan 81,36 persen untuk Pemilu Anggota DPD RI.

  • Kasus Remaja Bunuh Ayah-Nenek di Jaksel, Ibu Maafkan Perbuatan Anaknya

    Kasus Remaja Bunuh Ayah-Nenek di Jaksel, Ibu Maafkan Perbuatan Anaknya

    ERA.id – Seorang remaja berinisial MAS (14) ditetapkan sebagai anak berkonflik dengan hukum atau tersangka usai membunuh ayah dan neneknya, APW (40) dan RM (69) serta melukai ibunya, AP (40) di rumahnya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan (Jaksel). Sang ibu sudah memaafkan perbuatan anaknya itu.

    “Bagaimana pun yang dia lakukan. Dia tetap anak saya dan tetap memaafkan,” kata Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi menirukan perkataan sang ibu kepada wartawan, Jumat (13/12/2024).

    Nurma menjelaskan AP masih tak menyangka jika anaknya membunuh keluarganya sendiri. Ibu ini memaafkan MAS agar anaknya ini mendapatkan keringanan hukuman dari hakim. Dia ingin melindungi anaknya.

    “Bahkan dia menganggap jika (penusukan) itu bukan perbuatan anaknya. Karena memang waktu itu malam. Sampai pada penyidik menunjukan buktinya baru dia percaya,” ungkap Nurma.

    Sebelumnya, MAS mengaku mendapat bisikan sebelum membunuh ayah dan neneknya serta melukai ibunya sendiri di rumahnya di kawasan Cilandak. Bisikan itu berisi beban orang tua.

    “Ketika dia gelisah yang waktu hasil wawancara yang juga disampaikan kepada penyidik ya, dia bilang, ‘Terlalu banyak beban, beban orang tua, sudah biar saya yang mengambil alih,’ katanya gitu. (Iya katanya) ‘Biar saya ambil alih, biar papa-mama masuk surga,’ katanya,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat Idnal kepada wartawan, Senin (9/12/2024).

    MAS mengaku hanya mendengar satu kali bisikan. Usai mendengar bisikan itu, remaja itu langsung menghabisi keluarganya. Perwira menengah Polri ini menyebut kejiwaan MAS masih diperiksa.

  • Nyamar Jadi LC Bertarif Rp5 Juta, Puluhan WN Vietnam Keciduk Jadi PSK di Jakut

    Nyamar Jadi LC Bertarif Rp5 Juta, Puluhan WN Vietnam Keciduk Jadi PSK di Jakut

    ERA.id – Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan mengamankan 12 warga negara Vietnam yang bekerja sebagai pekerja seks komersil (PSK) di Jakarta Utara. Puluhan WN Vietnam itu bekerja dengan tarif Rp5 juta berkedok sebagai ladies companion (LC).

    Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kombes. Pol Yuldi Yusman mengatakan 12 WN Vietnam ini diamankan pada Kamis (12/12) setelah mendapat laporan dari masyarakat sekitar. Kemudian, pihak imigrasi melakukan penyelidikan selama kurang lebih satu bulan.

    Dari hasil penyelidikan tersebut, imigrasi melakukan penindakan di tempat kejadian perkara pada Kamis (12/12). Berdasarkan penindakan, ditemukan bahwa ada 12 warga Vietnam yang menjadi PSK dan berkedok sebagai ladies companion (LC).

    “Adapun, tarif yang dikenakan ataupun yang ditetapkan oleh penyelenggara, yaitu sebesar Rp5.600.000 per orang. Itu untuk satu kali kencan,” kata Yuldi, dikutip Antara, Jumat (13/12/2024).

    Terkait cara masuk puluhan WN Vietnam ke Indonesia, Yuldi menerangkan bahwa mereka menggunakan bebas visa kunjungan dan visa kunjungan saat kedatangan dengan tujuan berwisata, tetapi justru bekerja di Indonesia.

    “Mereka masuknya ini sendiri-sendiri, jadi tidak secara rombongan. Seperti orang mau liburan lah ke Indonesia. Ternyata, di sini mereka melakukan kegiatan pekerja seks komersial,” ujarnya.

    Sementara itu, terkait dalang yang mengkoordinasi 12 WN Vietnam sebagai PSK di Indonesia, Yuldi mengatakan pihaknya sejauh ini masih turus melakukan pendalaman.

    “Untuk siapa koordinatornya, siapa yang ininya (mengoordinasikan) kita lagi pendalaman untuk ke arah sana,” imbuhnya.

    Seluruh WN Vietnam tersebut dijerat Pasal 122 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian karena terbukti menyalahgunakan izin tinggal. Oleh sebab itu, mereka dideportasi dan ditangkal masuk ke Indonesia untuk kurun waktu dua tahun.

    Sementara itu, terkait penegakan pidana terhadap ke-12 WN Vietnam tersebut, pemerintah Indonesia akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pemerintah Vietnam.

    “Untuk selanjutnya diproses di Vietnamnya sendiri, tentunya nanti akan kita koordinasikan dengan sana karena ‘kan yang dilakukan adalah tindakannya di Indonesia dengan dikenakan masalah izin tinggal, penyalahgunaan izin tinggal,” pungkasnya.

  • Kapal Penyeberangan Merak-Bakauheni Bersenggolan dengan Tanker Akibat Cuaca Buruk

    Kapal Penyeberangan Merak-Bakauheni Bersenggolan dengan Tanker Akibat Cuaca Buruk

    Merak, Beritasatu.com – Kabar tidak sedap datang dari kapal penyeberangan Merak-Bakauheni, yaitu KMP Trimas Fhadila yang mengalami musibah setelah bersenggolan dengan tanker. Senggolan itu terjadi akibat cuaca buruk.

    “Innalilahi, info terkini KMP Trimas Fhadila terseret arus sampai menyenggol kapal tanker,” tulis akun Instagram @penyebrangan_pelabuhanmerak, Sabtu (14/12/2024).

    Dalam video yang diunggah, terlihat sejumlah penumpang yang ada di KMP Trimas Fhadila mengalami kepanikan. Pasalnya, derasnya arus laut membuat KMP Trimas Fadihila semakin cepat mendekati tanker.

    Dentuman keras pun terdengar saat KMP Trimas Fhadila membentur bodi tanker.

    “Ya Allah, ya Allah. Astagfirullahaladzim, selamat kan kami dari musibah ini,” ujar salah satu penumpang yang ada di KMP Trimas Fhadila.

    Beruntung, atas kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

    “Alhamdulillah, kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa ataupun terdapat bahaya pada badan kapal. Akibat benturan itu membuat muatan penumpang dan kendaraan bergoyang,” kata akun tersebut.

    Melihat unggahan tersebut, membuat netizen ramai-ramai mendoakan agar kapal penyeberangan KMP Trimas Fhadila tujuan Merak-Bakauheni yang bersenggolan dengan kapal tanker dalam keadaan selamat.

    “Lindungilah semua saudara-saudara yang berada di kapal. Amin,” tulis netizen.

    “Semoga semua saudara-saudara kita yang berada di kapal diberikan keselamatan,” tulis netizen lagi.

    “Semoga semua yang melakukan penyeberangan diberikan perlindungan dan keselamatan,” tulis netizen.

    “Semoga Allah Swt melindungi semua orang yang ada di dalam kapal,” tulis netizen lainnya yang mendoakan penumpang kapal penyeberangan Merak-Bakauheni yang bersenggolan dengan tanker dalam keadaan selamat.

  • OJK Siapkan Stimulus Kredit UMKM Tahun Depan, Apa Saja?

    OJK Siapkan Stimulus Kredit UMKM Tahun Depan, Apa Saja?

    Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyiapkan stimulus kredit untuk segmen UMKM pada 2025. Stimulus ini didorong oleh pertumbuhan kredit kelompok usaha kecil dan menengah yang hanya di level 4,76% pada Oktober 2024.

    Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menjelaskan bahwa regulator akan mengeluarkan Peraturan OJK (POJK) baru yang mengatur kemudahan akses keuangan terhadap UMKM.

    “Kita concern dengan kredit UMKM yang baru tumbuh 4,76% posisi Oktober 2024, dan juga sebagai amanat Undang-undang P2SK [Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan],” katanya dalam konferensi pers Rapat Dewan Komisioner (RDK) OJK bulanan, Jumat (13/12/2024).

    Dia memaparkan bahwa beleid itu nantinya akan mengatur kemudahan akses pembiayaan UMKM dari entitas bank maupun lembaga jasa keuangan (LJK) non-bank.

    Menurutnya, OJK tengah menyiapkan penetapan kebijakan khusus berupa skema baru dalam pembiayaan UMKM yang menyesuaikan karakteristik bisnisnya.

    Selain itu, terdapat pula rancangan percepatan proses bisnis dalam penyaluran pembiayaan UMKM, serta pelbagai bentuk kemudahan lainnya.

    “Bisa dikatakan seluruh siklus penyaluran kredit UMKM di-cover dalam POJK baru ini nantinya. Selanjutnya bank dan lembaga keuangan non-bank akan berkolaborasi untuk memberikan kemudahan terhadap pembiayaan UMKM tersebut,” jelasnya.

    Berdasarkan catatan Bisnis, kinerja penyaluran kredit perbankan kepada segmen UMKM kembali melambat pada Oktober 2024.

    Menurut laporan Analisis Uang Beredar yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI), penyaluran kredit UMKM pada bulan kesepuluh tahun ini tumbuh sebesar 4,6% secara tahunan (year on year/YoY) hingga mencapai Rp1.399,3 triliun. Perlambatan pembiayaan kepada segmen UMKM kembali terjadi setelah bank sentral mencatat pertumbuhan sebesar 5,0% YoY pada September 2024.

    Skala usaha mikro menunjukkan pertumbuhan kredit sebesar 4,4% YoY hingga mencapai Rp637,5 triliun pada Oktober 2024, lebih lambat dibandingkan per September 2024 yang tumbuh sebesar 5,1%. 

    Adapun pertumbuhan kredit skala usaha kecil tercatat senilai 7,2% YoY pada periode yang sama, naik dari 6,6%. Total nilai kredit yang disalurkan perbankan kepada skala usaha itu mencapai Rp456 triliun. 

    Pada skala usaha menengah, pertumbuhan kredit menunjukkan pelambatan ke level 1,4% YoY pada hingga bulan kesepuluh tahun ini, dibandingkan September 2024 yang berada pada level 2,4%. Nilai kredit yang disalurkan pada menyentuh Rp308,8 triliun.

  • Penanganan Obesitas dengan Metode Gastric Balloon Gunakan Pendekatan Nonbedah, Ini Penjelasan Ahli – Halaman all

    Penanganan Obesitas dengan Metode Gastric Balloon Gunakan Pendekatan Nonbedah, Ini Penjelasan Ahli – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penanganan obesitas dengan metode Gastric Balloon, menjadi salah satu pendekatan non-bedah yang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan secara signifikan.

    Dokter ahli Rumah Sakit Atma Jaya, dr Riki Tenggara, Sp.PD-KGEH., M.Kes, mengungkapkan dengan memasang balon di dalam lambung, pasien dapat merasakan rasa kenyang lebih cepat.

    “Sehingga konsumsi makanan berlebihan dapat dikendalikan,” ujar dr Riki melalui keterangan tertulis, Jumat (19/12/2024).

    Menurut dr Riki, metode Gastric Balloon ini sangat cocok untuk pasien yang ingin menurunkan berat badan secara bertahap.

    Dosen Unika Atma Jaya ini menilai pendekatan ini lebih aman dibandingkan dengan prosedur bedah lainnya.

    Metode ini akan didukung juga intervensi dari tim gizi untuk mengatur meal plan, tim kedokteran olahraga untuk pengaturan aktivitas fisik, serta tim psikiatri untuk pengelolaan psikis.

    “Penanganan yang komprehensif ini akan membantu agar hasil yang diperoleh dapat optimal dan bertahan dalam jangka panjang,” tuturnya.

    Layanan ini diluncurkan oleh Rumah Sakit Atma Jaya, bersama dengan Terapi Penelitian Stem Cell, dan Platelet-Rich Plasma (PRP).

    “Melalui tiga layanan inovatif ini, kami berharap dapat memberikan pilihan perawatan yang lebih banyak bagi masyarakat,” kata Direktur Rumah Sakit Atma Jaya dr. Maria Yulita.

    Sementara itu, dr Petrasama, Sp.OT (K) mengatakan  bahwa stem cell atau sel punca dalam pengobatan sendiri dianggap sebagai keajaiban.

    Stem cell memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel tubuh yang rusak, seperti sel jantung, saraf, atau darah.

    “Hal ini memungkinkan stem cell untuk memperbaiki atau menggantikan jaringan yang rusak akibat penyakit atau cedera, seperti pada penyakit jantung, kanker, atau cedera tulang belakang,” ucapnya.

    Sementara itu, Platelet-Rich Plasma (PRP) adalah prosedur medis yang menggunakan komponen darah pasien sendiri, yaitu plasma kaya trombosit, untuk merangsang proses penyembuhan dan regenerasi jaringan.

    Prosedur ini efektif untuk menangani berbagai masalah kesehatan, mulai dari perawatan kulit, perbaikan jaringan otot dan tendon, hingga terapi untuk masalah rambut rontok.

  • Buka Mukernas PPP, Mardiono Akui Suara Partainya Terus Menurun

    Buka Mukernas PPP, Mardiono Akui Suara Partainya Terus Menurun

    Jakarta

    Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) 2024 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi dibuka. Dalam pembukaannya, Plt Ketua Umum PPP Mardiono mengakui suara partainya terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

    “Kita semua menyadari berdasarkan pengalaman kita mengikuti pemilu ke pemilu, dan pemilu yang baru saja kita ikuti, suara dan jumlah kursi yang diperoleh oleh Partai Persatuan Pembangunan terus mengalami penurunan,” ujar Mardiono saat membuka Mukernas PPP di Ancol, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2024).

    Dia menyadari jika PPP harus berbenah untuk mengatasi hal itu. Lewat Mukernas itu dia ingin ada solusi bagi PPP untuk menghadapi tantangan di depan.

    “Kita dapat melihat saat ini kita berada di era pragmatisme atau pragmatis, di mana masyarakat cenderung memilih solusi yang cepat dan praktis. Sikap ini adalah salah satu respons terhadap tantangan zaman yang serba cepat dan praktis,” katanya.

    “Sehingga kita harus hadir dengan kebijakan yang tidak hanya menjawab kebutuhan langsung, tetapi juga membangun pondasi bagi masa depan kita di waktu yang akan datang. Dialog yang terbuka, program kerja yang nyata, dan keberpihakan kepada kepentingan-kepentingan rakyat adalah cara kita merangkul masyarakat yang pragmatis tersebut,” sambungnya.

    Meski begitu, Mardiono meminta semua kader bersyukur sebab ratusan kader PPP terpilih di DPRD. Dia pun mengucap selamat bagi yang terpilih dan memintanya untuk bekerja dengan baik.

    “Dan dalam kesempatan ini pula saya ucapkan selamat kepada kader PPP yang mendapatkan mandat dan amanah dari rakyat,” sambungnya.

    Mardiono menyebut, sejatinya ada 12 kader PPP terpilih di DPR RI. Sayangnya PPP tak memenuhi ambang batas untuk punya kursi di DPR RI.

    (isa/isa)

  • Pelarian Pemuda Penyiram Air Keras ke Mama Muda di Bekasi Berakhir di Cibinong, Begini Nasib Pelaku

    Pelarian Pemuda Penyiram Air Keras ke Mama Muda di Bekasi Berakhir di Cibinong, Begini Nasib Pelaku

    TRIBUNJAKARTA.COM – Pelarian pemuda yang menyiram air keras ke mama muda Farah Rizka di Bekasi berakhir di Cibinong, Kabupaten Bogor.

    Terduga pelaku, Johan itu menyiram korban di Jalan Raya Perjuangan, Teluk Pucung, Bekasi Utara.

    J akhirnya ditangkap di Cibinong setelah melarikan diri selama enam hari pasca-menyiram air keras ke Farah pada Sabtu (7/12/2024) malam

    “Ditangkapnya di Cibinong, gabungan sama Polda sama Polsek,” ujar Kapolsek Bekasi Utara Kompol Yus Jahan saat dikonfirmasi, Jumat (13/12/2024).

    Kompol Yus mengatakan terduga pelaku kini dibawa ke Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan. 

    “Sekarang orangnya (J) di Polda,” katanya.

    Motif Asmara

    Motif asmara diduga jadi pemicu Johan menyerang Farah. Johan merupakan teman dekat Farah.

    Korban menderita luka di bagian leher, tangan dada hingga paha. Dia sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat sampai akhirnya dirujuk ke RSUD Kota Bekasi. 

    Kronologi kejadian bermula saat korban baru pulang dari tempat cuci steam motor, kendaraan Honda Genio yang dikemudikan Farah mogok usai dicuci. 

    Dia lantas menghubungi suaminya, Ilham, untuk bantu mendorong motornya.

    Di perjalanan menuju rumah, keduanya tiba-tiba diadang pelaku. Pelaku langsung menyiram air keras. Sontak korban kesakitan sambil berusaha melepas jaketnya yang sudah dipenuhi cairan kimia tersebut. 

    Ilham yang melihat kejadian tersebut langsung berusaha mengejar pelaku, tapi Johan berhasil melarikan diri hingga kini tak tahu di mana keberadaannya. 

    Pelaku Cemburu Korban Rujuk 

    Sri Kartikah (54), ibu kandung korban mengatakan, pelaku penyerangan diduga bernama Johan. Dia merupakan teman dekat suami korban. 

    “Johan, dia teman main suaminya korban sering nongkrong. Dia sahabatnya si Ilham suaminya Farah (korban),” kata Sri, Rabu (11/12/2024). 

    Dugaan ini lanjut Sri, diperkuat berdasarkan keterangan korban. Terduga pelaku sempat meminta untuk bertemu tapi ditolak. 

    “Itu pas kejadian dia ngajak janjian ketemu, enggak mau anakku (korban) terus langsung diblokir nomornya si Johan,” jelasnya. 

    Sri menjelaskan, rumah tangga korban dengan suaminya Ilham sempat merenggang dan nyaris bercerai.  Kondisi itu kemudian membuat Farah sempat dekat dengan Johan, dia kerap antar jemput korban bekerja. 

    “Kan si korban pernah pisah cerai sama suaminya. Terus pas kondisi lagi pisah itu masuk deh tuh si Johan, kalau kerja si farah dianter dia (Johan),” ucap Sri. 

    Pasangan muda yang sudah dikaruniai satu orang anak itu kemudian rujuk, hal itu yang membuat pelaku merasa kesal hingga nekat berbuat jahat. 

    “Mungkin si Farah kan balik lagi sama lakinya, nah dia mungkin enggak mau kali ngeliat si farah balikan cemburu dia,” terang Sri. 

    Johan sempat video call korban, minta maaf sambil menangis. 

    Sementara, Farah Rizka masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi.  Sri mengatakan, terduga pelaku bernama Johan sempat menghubungi anaknya melalui video call pada Selasa (10/12/2024). 

    “Iya udah pasti (pelakunya Johan), karena kemarin (abis kejadian) video call ke Farah, minta maaf. “Maafin gue, lu si” katanya,” kata Sri, Rabu (11/12/2024). 

    Dalam kondisi terbaring di rumah sakit, Farah meladeni video call Johan. Bahkan, pelaku sempat diminta datang menjenguk. 

    Sri mendengar percakapan video call tersebut, Johan meminta Farah mencabut berkas laporan agar ia datang menjenguk. 

    “Minta maaf, minta korban cabut berkas (laporan polisi) nanti dia janji mau jenguk,” jelasnya. 

    Terduga pelaku juga sempat menangis saat video call dengan korban, tetapi sampai saat ini nomor teleponnya tidak bisa dihubungi. 

    “Abis itu dia minta maaf nangis tuh di video call udah pas ditanya di mana ilang enggak bisa dihubungi lagi,” ucap Sri. (TribunJakarta.com/Kompas.com) 

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Jerit Tangis Konsumen Konser: Bagaimana Memperkuat Hak Konsumen Konser? – Halaman all

    Jerit Tangis Konsumen Konser: Bagaimana Memperkuat Hak Konsumen Konser? – Halaman all

    Pandemi Covid-19 telah menyita banyak aktivitas masyarakat karena pembatasan tatap muka. Hilangnya pandemi membuat masyarakat kembali melakukan aktivitas normal tak terkecuali konser musik yang sempat vakum beberapa tahun. Bermunculan beberapa kegiatan konser musik baik lokal seperti konser Dewa 19, Sheila on 7, dll. maupun artis mancanegara sebut saja Coldplay, Blackpink, Bring me the horizon dan beberapa artis fenomenal lain yang mampir ke Indonesia untuk mengadakan konser.

    Tentu dibalik megahnya konser yang disajikan ada banyak jerit dan tangis para konsumen yang tidak bisa menikmati konser karena persoalan teknis maupun non teknis. Padahal mereka sudah menunggu sekian lama idola nya datang ke Indonesia. Harga tiket pun tidak murah, konsumen harus merogoh kocek dalam-dalam seperti konser Coldplay dengan harga terendah Rp 800.000 dan tertinggi mencapai Rp 11.000.000, untuk konser Blackpink harga terendah Rp 1.350.000 dan tertinggi Rp 3.800.000.

    Pada tahun 2023 saja YLKI telah menerima 4 pengaduan dari konsumen , selanjutnya sampai awal Desember 2024 saja pengaduan konsumen konser melonjak menjadi 8 pengaduan konsumen dan 1 pengaduan kelompok yang mewakili sekitar 900an konsumen.

    Pengaduan konsumen konser

    Adapun pengaduan yang disampaikan antara lain soal sulitnya mengakses web dalam war ticket dan akhirnya mereka tidak mendapatkan tiket. Tentu, soal tiket tidak berhenti di sini. Konsumen mencoba mencari tiket dengan cara lain, salah satu nya dari calo. Lalu muncul permasalahan berikut nya, contohnya dalam kasus konser Coldplay, yang penonton nya mencapai 50.000 lebih, banyak juga konsumen yang tertipu oleh calo bahkan tersangkanya sudah di vonis 3 tahun oleh Pengadilan Jakarta Pusat karena terbukti melakukan penggelapan 2.268 tiket konser Coldplay senilai Rp 5,1 miliar.

    Permasalahan kedua, konsumen juga mengeluhkan soal tempat penyelenggaraan konser yang tidak sesuai dengan standar, yang mengakibatkan beberapa konser batal dilaksanakan hingga usai. Contohnya konser Bring me the horizon yang mendadak di tengah jalan harus dihentikan karena artis menganggap venue nya membahayakan keselamatan. Akhirnya konsumen harus menerima pil pahit karena tidak bisa menyaksikan pertunjukkan konser hingga usai. Persoalan lain adalah pindahnya tempat konser secara mendadak, seperti kasus konser Ed Sheeran yang berpindah Stadion GBK ke Stadion JIS..

    Permasalahan ketiga soal refund tiket dari konser yang gagal dilaksanakan. Namun nahasnya konsumen tidak tahu harus refund ke mana karena pihak penyelenggara sudah kabur. Ingat kasus konser musik NDX AKA dan Guyon Waton di Pasar Kemis Tangerang yang gagal dilaksanakan karena pihak EO tidak melunasi kewajibannya untuk membayar artis. Akhirnya konser tidak terjadi dan konsumen mengamuk. Sasarannya adalah alat-alat vendor yang dibakar oleh massa.

    Bagaimana hak konsumen konser?

    Pertama hak informasi: Konsumen berhak mendapatkan informasi benar, jelas dan jujur soal penyelenggaraan konser musik. Dari mulai harga tiket, tempat pembelian tiket, venue konser, list artis maupun detail informasi lain yang harus disampaikan oleh penyelenggara. Sehingga konsumen mendapatkan informasi utuh tanpa simpang siur.

    Kedua soal hak keamanan, kenyamanan dan keselamatan: Pihak EO sebagai penyelenggara menurut UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sudah masuk dalam kategori pelaku usaha. Jika sudah berani menjual jasa konser, EO pun harus bisa menjamin keamanan dan keselematan konsumen dari sebelum konser berlangsung, seperti antrian masuk konser, lanjut ketika penyelenggaraan konser dan terakhir ketika konser sudah berakhir. Pihak EO harus memastikan keamanan dan keselamatan konsumen. Jika terjadi sesuatu terkait keselamatan konsumen maka hal itu menjadi tanggung jawab pihak EO. Selain itu, untuk memastikan keamanan dan keselamatan konsumen, pihak EO juga harus menghitung dengan betul berapa kapasitas venue, jangan sampai menjual tiket melebih kapasitas.

    Ketiga soal kompensasi dan ganti rugi: Jika penyelenggaran konser tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh pihak EO, seperti pembatalan konser, seharusnya konsumen bukan hanya mendapatkan pengembalian harga tiket secara utuh 100% saja, tapi juga berhak mendapatkan kompensasi/ganti rugi.

    Keempat soal hak melakukan pengaduan: Penyelenggara konser harus membuka seluas- luasnya kesempatan bagi konsumen untuk mengadu terkait dengan penyelenggaraan konser. Hotline pengaduan bisa diinformasikan kepada konsumen bahkan sebelum konser dimulai, agar ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, konsumen bisa melakukan pengaduan dan bisa cepat direspons.

    Kelima, hak bagi konsumen rentan (disabilitas): Keberadaan konsumen rentan di dalam tempat konser harus diperhatikan betul oleh pihak penyelenggara. Konsumen disabilitas tentu memiliki kebutuhan khusus, oleh karena itu pihak EO harus siap menyediakan fasilitas bagi konsumen yang memiliki kebutuhan khusus dari mulai akses, tempat duduk hingga toilet agar hak mereka sebagai konsumen juga bisa terpenuhi.

    Perubahan sistem penyelenggaraan konser

    Konser sudah menjadi komoditas seksi dalam menarik konsumen. Namun sedihnya banyak penyelenggara yang tidak kredibel dalam melaksanakannya. Walaupun juga banyak konser yang berhasil dan mendapat apresiasi oleh para penggemarnya, tapi yang penting ke depan adalah bagaimana memperbaiki sistem penyelenggaraan konser agar lebih baik.

    Perlu dipertimbangkan soal legalitas dan lisensi para EO, apalagi dalam acara besar, tentu track record EO juga punya pengaruh besar untuk keberhasilan konser. Pemerintah harus mulai melirik dan mengawasi EO di Indonesia, jangan sampai acara besar diselenggarakan oleh EO yang belum berpengalaman atau bahkan punya track record buruk. Menimbang kembali rencana sertifikasi promotor oleh Kemenparekraf bisa menjadi pilihan untuk melindungi konsumen konser.

    Dengan aturan hukum yang kuat tentu sistem penyelenggaraan konser dari hulu hingga hilir akan menjadi lebih baik. Hal tersebut akan bermuara pada perlindungan konsumen dan membuat konsumen nyaman dan aman dalam menonton konser.

    *Rio Priambodo, Kepala Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI