Blog

  • Afferin Endonezya: Inisiatif Membangun Budaya Organisasi Baru di PPI Sakarya, Turki – Halaman all

    Afferin Endonezya: Inisiatif Membangun Budaya Organisasi Baru di PPI Sakarya, Turki – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Pada tanggal 23 Januari 2025, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Sakarya, Turki, sukses menggelar acara Afferin Endonezya atau AFFEZ di Serdivan Belediyesi.

    Acara ini bertujuan untuk melawan budaya lama dalam organisasi dan menciptakan budaya baru, serta menandai akhir periode kepengurusan dengan penghargaan bagi seluruh pihak yang telah berkontribusi pada keberlangsungan PPI Sakarya.

    Tema yang diusung dalam acara tahunan ini adalah “Sedasawarsa Sesakarya”, yang merayakan satu dekade keberadaan PPI Sakarya.

    Melalui acara ini, PPI Sakarya ingin menekankan bahwa mereka adalah milik bersama, yang berhasil menarik perhatian diaspora Indonesia yang ada di Sakarya.

    Afferin Endonezya kali ini diadakan dengan cara yang lebih spesial, mengundang seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

    Malam penghargaan tersebut bertujuan untuk mengapresiasi semua pihak yang telah berusaha bersama demi kebaikan mahasiswa Indonesia, baik dari Badan Pengurus Harian (BPH) maupun seluruh mahasiswa di PPI Sakarya.

    Ketua Panitia, Wahyu Renaldi Nasution, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kesuksesan acara ini.

    “Acara ini ditujukan untuk mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk kebaikan kita bersama. Karena PPI Sakarya terlahir untuk melahirkan,” ucap Wahyu.

    Ketua PPI Turki, Adam Syaikhul Akbar, dalam sambutannya menekankan pentingnya DNA perjuangan PPI yang berfokus pada kebermanfaatan pelajar.

    “Kini DNA Perhimpunan Pelajar Indonesia adalah pelajar itu sendiri. Maka seluruh orientasi pergerakan harus diutamakan untuk pelajar, kebermanfaatan pelajar, dan berjuang untuk pelajar. Maka kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah bahu-membahu mewujudkan kebaikan bagi sesama,” tutup Adam.

    “Dalam 10 tahun ini, hal yang paling penting bagi kami, bukanlah zaman siapa yang paling baik, melainkan bagaimana kebaikan-kebaikan yang telah ada selalu bisa dilanjutkan oleh generasi yang akan datang,” sambut Ketua PPI Sakarya, Ardhian Rizqi Ramadhany.

    Ia juga menambahkan bahwa walaupun Sakarya tidak memiliki tempat-tempat indah seperti di kota-kota lain, Sakarya akan tetap indah karena orang-orangnya.

    Dalam acara Afferin Endonezya, terdapat berbagai nominasi penghargaan, seperti mahasiswa menginspirasi, mahasiswa berprestasi, mahasiswa Tömer berprestasi, kepanitiaan favorit, departemen terbaik, anggota BPH teraktif, Penghafal Qur’an, komunitas favorit, serta UMKM dengan pemasukan terbanyak. 

    Ragam nominasi ini menunjukkan bahwa semua lapisan masyarakat di Sakarya memiliki peran dan kontribusi masing-masing demi kebaikan PPI Sakarya.

    Sesi akhir Afferin Endonezya dirayakan dengan memotong tumpeng yang dilakukan oleh para ketua PPI Sakarya sebelumnya.

    Ini menjadi manifestasi kebaikan yang telah diwariskan turun-temurun dari satu dekade lalu hingga sekarang.

    Acara ini ditutup dengan cuplikan video yang berisi pesan dan kesan dari setiap ketua PPI Sakarya, yang semuanya sepakat untuk memberikan selamat dan mendukung keberlangsungan PPI Sakarya.

    Afferin Endonezya 2025 tidak hanya merayakan satu dekade keberadaan PPI Sakarya, tetapi juga menjadi momentum penting untuk menciptakan budaya baru yang lebih baik di kalangan pelajar Indonesia di Turki.

    Dengan semangat kebersamaan dan kebermanfaatan, PPI Sakarya berkomitmen untuk terus melahirkan kebaikan untuk generasi mendatang.

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • Disholati di Mojokerto, Jenazah Korban Ombak Pantai Drini Dimakamkan di Krian Sidoarjo

    Disholati di Mojokerto, Jenazah Korban Ombak Pantai Drini Dimakamkan di Krian Sidoarjo

    Mojokerto (beritajatim.com) – Jenazah korban hilang di Pantai Drini, Rifky Yoeda Pratama tiba di rumah duka di Perumahan The Suam Residence Blok N Nomor 6, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Usai disholati, jenazah langsung dibawa ke Sidoarjo.

    Jenazah korban dimakamkan di Dusun Kraton RT 12 RW 3, Desa Kraton, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo didampingi dengan makam sang ibu, Siti Rositasari dan dua adiknya. Dengan menggunakan ambulance milik Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, jenazah korban diantar ratusan peziarah.

    Ketua RT 02, Vivi Yuliana mengatakan, ibu dan adik korban telah meninggal dan dimakamkan di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo sehingga korban dimakamkan di Krian. “Ibu kandung dan adik-adiknya sudah meninggal dimakamkan, jadi kenapa korban dimakamkan di sana,” ujarnya, Rabu (29/1/2025).

    Sementara itu, Pengurus RW 03, Latif Sutopo mengatakan, jika sebelumnya pihak keluarga menanti kabar terkait korban yang dinyatakan hilang di Pantai Drini Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari,Gunungkidul, Yogyakarta, Selasa (28/1/2025). “Alhamdulilah tadi pagi ditemukan,” ungkapnya.

    Pihak keluarga mendapat informasi terkait penemuan jenazah korban pada Rabu pagi dan kepulangan jenazah korban sekira pukul 10.00 WIB. Jenazah korban dimakamkan di Sidoarjo sesuai dengan permintaan sang nenek agar bisa dimakamkan berdampingan dengan ibu dan dua adiknya.

    “Disholatkan dulu di sini (Kota Mojokerto) dan dimakamkan di Krian (Sidoarjo), permintaan keluarga ingin dimakamkan bersama ibu dan adiknya. Iya di Krian (Desa Kraton, Kecamatan Krian). Tinggal bersama neneknya di sini, sekolah di SMPN 7. Bapak ibunya (ibu sambung) dari kemarin ikut ke Jogja,” katanya.

    Dengan ditemukan jenazah Rifky Yoeda Pratama, total ada empat korban meninggal akibat didulung ombak Pantai Drini pada, Selasa (28/1/2025) kemarin. Tiga korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia langsung dibawa ke rumah duka di Mojokerto usai menjalani otopsi.

    Tiga korban meninggal sebelumnya yakni Alfian Aditya Pratama warga Jalan Flamboyan, Kelurahan Wates dan Malvein Yusuf Adh Dhuqa, warga Jalan Al-Azhar, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto dan Bayhaki Faqtyansah warga Desa Penompo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

    Sebelumnya, kabar duka menyelimuti dunia pendidikan di Kota Mojokerto. Sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Kota Mojokerto mengalami musibah di Pantai Drini Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari,Gunungkidul, Yogyakarta, Selasa (28/1/2025).

    Dikabarkan sejumlah siswa menjadi korban akibat diseret ombak Pantai Drini. Tiga orang siswa dikabarkan meninggal dunia, sementara sembilan orang siswa berhasil selamat. Sementara satu orang siswa masih dalam pencarian Tim SAR Gabungan. [tin/ian]

  • Libur Imlek, Menko Zulhas Terjun Langsung Tinjau Lokasi Banjir di Lampung Selatan – Page 3

    Libur Imlek, Menko Zulhas Terjun Langsung Tinjau Lokasi Banjir di Lampung Selatan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Bertepatan dengan libur Tahun Baru Imlek pada Rabu (29/1/25), Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan (Zulhas) meninjau langsung lokasi banjir di Lampung Selatan.

    Melalui akun Instagram resminya, @zul.hasan, Zulhas membagikan momen kunjungannya yang didampingi Bupati Lampung Selatan terpilih, Radityo Egi, serta Wakil Bupati terpilih, Syaiful. Ketua Umum PAN tersebut tampak mengenakan sepatu boots saat turun langsung ke permukiman warga dan area persawahan yang terdampak banjir. Dalam kesempatan itu, ia juga berinteraksi dengan warga dan petani untuk menanyakan kondisi mereka pasca-banjir.

    Selain meninjau lokasi, Zulhas turut menyerahkan bantuan berupa sembako dan dukungan usaha bagi korban banjir. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat, terutama para petani yang terdampak bencana.

    “Selamat Tahun Baru Imlek bagi saudara-saudara kita yang merayakan. Bertepatan dengan Imlek saya bertugas ke Desa Bandan Urip Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan untuk melihat langsung musibah banjir yang melanda,” tulis Zulhas di akun Instagram-nya, Rabu (29/1/2025).

    Zulhas mengatakan banjir tersebut melanda pemukiman warga dan sawah. Adapun salah satu penyebabnya karena curah hujan yang tinggi beberapa hari belakangan ini.

    “Banjir terjadi di pemukiman penduduk dan lahan sawah. Sehingga menjadi kewajiban saya untuk mengkoordinir pemerintah daerah maupun pemerintah daerah bersinergi untuk mengatasi permasalahan,” ungkapnya.

  • Arus Lalu Lintas Puncak Kembali Normal di Hari Terakhir Long Weekend

    Arus Lalu Lintas Puncak Kembali Normal di Hari Terakhir Long Weekend

    JABAR EKSPRES – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor kembali memberlakukan sistem lalu lintas dua arah di kawasan Puncak setelah sebelumnya menerapkan rekayasa lalu lintas selama long weekend.

    Pada pagi hari, kepolisian sempat menerapkan sistem Ganjil-Genap dari pukul 06.00 hingga 12.30 WIB. Selanjutnya, jalur diberlakukan satu arah dari Puncak menuju Jakarta hingga pukul 15.15 WIB sebelum akhirnya kembali normal.

    Kasatlantas Polres Bogor, AKP Rizky Guntama, menyatakan bahwa jumlah kendaraan yang melintas pada hari terakhir libur panjang mengalami penurunan signifikan dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

    BACA JUGA: Hari Terakhir Libur Panjang, Kondisi Lalu Lintas di Kawasan Puncak Terpantau Lancar

    “Jika dibandingkan dengan dua hari lalu, jumlah kendaraan turun cukup drastis. Kepadatan di jalur Puncak saat ini tidak sepadat hari kemarin,” ujar Rizky di Simpang Gadog, Rabu (29/1).

    Menurutnya, puncak arus balik terjadi pada Senin (27/1). Sementara itu, pada hari terakhir libur panjang, sekitar 40 ribu kendaraan tercatat melintas di kawasan Puncak, baik menuju Jakarta maupun sebaliknya.

    “Mayoritas kendaraan yang melintas hari ini adalah pengendara yang kembali ke Jakarta. Wisatawan yang datang ke Puncak hanya untuk rekreasi singkat tanpa menginap,” tambahnya.

    Lebih lanjut, Rizky memastikan bahwa tidak akan ada lagi penerapan sistem one way karena arus lalu lintas sudah kembali normal.

    BACA JUGA: Jalur Puncak Diguyur Hujan, Arus Lalu Lintas Normal Dua Arah

    “Kami perkirakan pada malam hari nanti kondisi lalu lintas juga tidak akan terlalu padat,” pungkasnya.

  • Begini Cara Dinas SDA Bersama Pihak Terkait Tangani Genangan dan Banjir Jakarta – Page 3

    Begini Cara Dinas SDA Bersama Pihak Terkait Tangani Genangan dan Banjir Jakarta – Page 3

    2. Jakarta Utara terdapat 1 RT Yang Terdiri dari:

    Penyebab: Curah Hujan Tinggi dan ROB

    Ketinggian: 80 cm

    Situasi: Masih tergenang

    3. Jakarta Timur terdapat 1 RT Yang Terdiri dari:

    Kelurahan Cakung Barat 1 RT

    Penyebab: Curah Hujan Tinggi dan Luapan Kali Cakung Drain

    Ketinggian: 60 cm

    Situasi: Masih tergenang

    Jalan Tergenang terdapat 16 ruas jalan yang terdiri dari:

    1. Jl. Pluit Dalam, Kel. Penjaringan

    Ketinggian: 25 Cm

    2. Jl. Boulevard Utara, Kel. Kelapa Gading Timur

    Ketinggian: 10 Cm

    3. Jl. Pegangsaan Dua (Green Hill), Kel. Pegangsaan Dua Selasa

    Ketinggian: 20 Cm

    4. Jl. Kelapa Hybrida Raya, Kel. Pegangsaan Dua

    Ketinggian: 40 Cm

    5. Jl Boulevard Barat Raya, Kel. Kelapa Gading Barat

    Ketinggian: 20 Cm

    6. Jl. Komplek Uka, Kel. Tugu Utara

    Ketinggain: 15 Cm

    7. Jl. Bhayangkara, Kel. Tugu Utara

    Ketinggian : 10 Cm

    8. Jl. Raya Sulawesi, Kel. Tanjung Priok

    Ketinggian: 10 Cm

    9. Jl. Boulevard Raya, Kel. Kelapa Gading Timur

    Ketinggian: 25 Cm

    10. Jl. Muara Baru (Depan Pluit Selatan View), Kel. Penjaringan

    Ketinggian: 20 Cm

    11. Jl. Kelapa Nias Raya, Kel. Kelapa Gading Barat

    Ketinggian: 20 Cm

    12. Jl. Kamal Raya, Kel. Cengkareng Barat

    Ketinggian: 25 Cm

    13. Jl. Perumahan Green Garden, Kel. Kedoya Utara

    Ketinggian: 15 Cm

    14. Jl. Jelambar Baru Raya, Kel. Jelambar Baru

    Ketinggian: 60 Cm

    15. Jl. Pangeran Tubagus Angke Raya, Kel. Jelambar Baru

    Ketinggian: 30 Cm

    16. Jl. Satria Raya, Kel. Jelambar

    Ketinggian: 50 cm

     

  • 17 Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

    17 Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

    Berikut ini adalah 20 ide jualan paling Laris di bulan Ramadhan yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk memaksimalkan peluang bisnis:

    Paket sembako menjadi kebutuhan utama selama Ramadhan. Anda bisa menyediakan paket berisi bahan pokok seperti beras, minyak, gula, dan tepung dengan harga ekonomis.

    Mulai dari gorengan, es buah, hingga kue basah, takjil selalu laris manis menjelang waktu berbuka. Menyediakan paket takjil hemat bisa menjadi strategi menarik untuk menarik pembeli.

    Sebagai makanan sunnah saat berbuka, kurma memiliki permintaan tinggi di bulan Ramadhan. Anda bisa menjual berbagai jenis kurma, mulai dari kurma murah hingga premium seperti ajwa atau medjool. Kemasan yang menarik juga dapat meningkatkan penjualan.

    Puding menjadi salah satu menu takjil yang populer. Anda bisa berkreasi dengan berbagai rasa dan topping, seperti cokelat, buah-buahan, atau karamel.

    Minuman segar ini sangat diminati untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa. Anda bisa menjual es kelapa muda dengan tambahan sirup atau gula merah sebagai variasi rasa.

    Snack seperti keripik pedas, kacang bawang, atau cookies bisa menjadi ide jualan yang menguntungkan. Kemas snack dengan menarik untuk meningkatkan daya tarik.

    Bumbu masak instan sangat membantu dalam mempercepat proses memasak. Menjual bumbu dengan berbagai varian rasa bisa menjadi ide usaha yang menjanjikan.

    Produk seperti nugget, sosis, atau dimsum sangat praktis untuk sahur atau berbuka. Pastikan produk memiliki kemasan yang aman.

    9. Olahan Daging dan Ayam

    Jualan daging olahan seperti ayam ungkep bisa menjadi pilihan menarik. Produk ini banyak dicari untuk keperluan masak sehari-hari atau persiapan Lebaran.

    Banyak orang yang ingin kemudahan saat sahur. Anda bisa menawarkan jasa catering dengan menu praktis dan bergizi. Pastikan pengantaran tepat waktu agar pelanggan puas.

    11. Minuman Segar dan Herbal

    Minuman seperti es cincau, es teh manis, dan jus buah selalu diminati saat berbuka. Selain itu, minuman herbal seperti wedang jahe dan kunyit asam juga bisa menjadi pilihan menarik.

    Jualan perlengkapan ibadah seperti sajadah, Al-Quran, tasbih, dan sarung bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Promosikan produk dengan kualitas baik dan harga kompetitif.

    Persiapan Lebaran identik dengan kue kering seperti nastar, kastengel, dan putri salju. Produksi kue kering bisa dimulai sejak awal Ramadhan dan dipasarkan secara online maupun offline. Buat paket eksklusif untuk menarik minat pembeli.

    14. Busana Muslim dan Mukena

    Ramadhan sering menjadi momen masyarakat membeli busana baru untuk menyambut Lebaran. Anda bisa menjual gamis, koko, hijab, hingga mukena dengan berbagai pilihan desain dan harga.

    15. Paket Hampers Lebaran

    Hampers berisi makanan, minuman, atau perlengkapan ibadah sering dijadikan hadiah menjelang Lebaran. Anda bisa menawarkan berbagai tema hampers dengan kemasan yang menarik.

    Selain hampers, parsel buah juga banyak diminati sebagai hadiah Ramadhan. Pilih buah-buahan segar dan susun dengan rapi agar terlihat menarik.

    17. Dekorasi Rumah untuk Lebaran

    Produk seperti taplak meja, hiasan dinding, atau gorden baru sering dicari menjelang Lebaran. Pastikan desain produk menarik dan sesuai tren.

  • Jualan Moncer, Aspirasi Hidup Indonesia Raup Rp 8,5 Triliun pada 2024

    Jualan Moncer, Aspirasi Hidup Indonesia Raup Rp 8,5 Triliun pada 2024

    Jakarta, Beritasatu.com – Strategi rebranding PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) sukses mengangkat kinerja perusahaan sepanjang tahun 2024. Analis memproyeksikan kinerja positif ini akan berlanjut hingga tahun 2025.

    Hal tersebut terungkap dalam riset terbaru Mirae Asset Sekuritas yang menjelaskan Aspirasi Hidup Indonesia membukukan penjualan sebesar Rp 911 miliar pada Desember 2024.

    Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 26,5% secara bulanan (MoM) dan 12,1% secara tahunan (YoY). Secara kumulatif, ACES berpotensi meraih penjualan tahunan 2024 sebesar Rp 8,5 triliun, tumbuh 13% dibandingkan tahun sebelumnya, melampaui panduan manajemen.

    Analis Mirae Asset Sekuritas Abyan Yuntoharjo menjelaskan, performa ACES pada Desember didorong oleh promosi tematik pada November dan Desember, seperti kampanye #BerubahJadiLebih, yang juga menandai awal perayaan rebranding merek baru, AZKO.

    Kampanye ini berhasil meningkatkan penjualan di berbagai kategori, termasuk peralatan rumah tangga, perlengkapan rumah, elektronik, hingga alat masak.

    “Selain itu, libur panjang Natal dan Tahun Baru turut mendongkrak kunjungan ke pusat perbelanjaan, memperkuat momentum penjualan pada bulan Desember,” jelas Abyan dalam risetnya, Rabu (29/1/2025).

    Prestasi ini sejalan dengan pertumbuhan Same Store Sales Growth (SSSG) pada Desember sebesar 7,0% yoy, dengan akumulasi SSSG tahun berjalan mencapai 8,8% YoY.

    Angka ini melampaui panduan manajemen PT Aspirasi Hidup Indonesia yang diperkirakan sebesar 8,0%. Wilayah luar Jawa menunjukkan pertumbuhan tertinggi sebesar 9,7%, diikuti oleh Jawa di luar Jabodetabek sebesar 6,2%. Sementara itu, Jabodetabek mencatatkan pertumbuhan stabil di level satu digit rendah.

    Abyan menambahkan, ekspansi strategis ACES ke kota-kota tingkat dua dan tiga pasca-pandemi terbukti efektif mendukung pertumbuhan yang konsisten. Hal ini tercermin dari pencapaian SSSG dua digit tinggi sejak 2023. “Minimnya persaingan di segmen perbaikan rumah juga mendukung kemampuan ACES untuk mempertahankan momentum ini,” imbuhnya.

    Selain itu, sepanjang tahun 2024, ACES menambah 25 toko baru, sehingga jumlah gerai mencapai 245 unit. Luas lantai bersih bertambah sebesar 26.147 meter persegi.

    Pada kuartal IV 2024, AZKO membuka sembilan gerai baru, dengan mayoritas terletak di luar Jawa.

    “Pembukaan toko ini sejalan dengan strategi akhir tahun yang biasa dilakukan perusahaan. Ekspansi ini turut mendukung peningkatan kontribusi wilayah luar Jawa terhadap total penjualan,” kata Abyan.

    Abyan menjelaskan, rebranding merek AZKO secara resmi diluncurkan saat perayaan Tahun Baru 2025, diikuti oleh pembukaan toko konsep baru di Living World Alam Sutera dan Kelapa Gading. Toko konsep baru ini menghadirkan sejumlah elemen inovatif untuk meningkatkan pengalaman berbelanja, seperti area atraksi utama, sudut inovasi, dan tata letak produk yang lebih segar.

    ACES menargetkan seluruh toko akan menggunakan branding AZKO pada akhir kuartal I 2025. Kampanye promosi tematik bertema “New Year, New Resolution” dan #BerubahJadiLebih diharapkan dapat terus mendorong penjualan di awal tahun.

    Abyan merekomendasikan untuk membeli saham ACES, dengan target harga Rp 1.250 per saham (22,5x P/E 2025F). Potensi pertumbuhan EPS dua digit rendah diprediksi akan didorong oleh ekspansi toko, peningkatan SSSG, dan efisiensi operasional.

    Namun, risiko seperti kegagalan rebranding dalam menggenjot penjualan atau kenaikan biaya pemasaran tetap harus diantisipasi. “Kami optimistis AZKO dapat mempertahankan momentum ini, dengan prospek yang lebih jelas pada semester I-2025,” tutup Abyan dalam merespons penjualan PT Aspirasi Hidup Indonesia pada 2024.

  • Karyawan Studio di Ngasem Kediri Diduga Gelapkan Motor Rekan Kerja

    Karyawan Studio di Ngasem Kediri Diduga Gelapkan Motor Rekan Kerja

    Kediri (beritajatim.com) – Seorang karyawan studio di Ngasem, Kediri, Rian Saputra (31), harus berurusan dengan pihak kepolisian setelah diduga melakukan penggelapan sepeda motor milik rekan kerjanya.

    Kapolsek Ngasem, Iptu Ardian Wahyudi, mengungkapkan bahwa kejadian tersebut terjadi di sebuah studio yang berlokasi di Desa Wonocatur, Kecamatan Ngasem, pada 25 Januari 2025 sekitar pukul 07.45 WIB.

    Rian meminjam sepeda motor Honda Vario dengan nomor polisi L-5216-RN milik Akbar Eka Saputra (20), seorang mahasiswa asal Surabaya. Pria asal Desa Sekarputih, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk itu beralasan ingin memeriksakan lehernya ke rumah sakit di Nganjuk.

    Sebelumnya, diketahui bahwa pelaku kerap meminjam sepeda motor tersebut, sehingga korban merasa percaya untuk kembali meminjamkannya. Tanpa disadari, STNK motor juga tersimpan di dalam jok kendaraan.

    “Setelah ditunggu-tunggu sampai dengan Senin (27/1/2025) sekira pukul 07.45 WIB ternyata sepeda motor tidak dikembalikan oleh pelaku,” ujar Iptu Ardian Wahyudi pada Rabu (29/1/2025).

    Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian materiil sebesar Rp8 juta dan segera melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Ngasem guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. [nm/ian]

  • Tanah Longsor di Telaga Sarangan Magetan, Ada Pohon Besar Berpotensi Tumbang

    Tanah Longsor di Telaga Sarangan Magetan, Ada Pohon Besar Berpotensi Tumbang

    Magetan (beritajatim.com) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, mengakibatkan tanah longsor di kawasan wisata Telaga Pasir Sarangan, Rabu (29/01/2025). Longsor terjadi sekitar pukul 12.04 WIB, menutupi 50% badan jalan di lokasi kejadian

    Menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi, tim gabungan segera melakukan upaya penanganan. “Kami melakukan penanganan tanah longsor,” ujarnya.

    Laporan awal diterima dari warga yang menghubungi call center BPBD Magetan, melaporkan adanya longsoran sepanjang sekitar 5 meter dengan ketinggian 10 meter.

    BPBD Magetan bersama tim gabungan dari TNI, Polri, Perhutani, PMI, perangkat kelurahan, serta potensi relawan segera bergerak ke lokasi. Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) tiba di lokasi pada pukul 12.15 WIB untuk melakukan asesmen dan kaji cepat.

    “Pada pukul 13.00 WIB, proses pembersihan material longsor dilakukan secara gotong royong. Arus lalu lintas yang sempat terganggu akhirnya kembali normal setelah pembersihan selesai pada pukul 14.00 WIB,” kata Eka.

    Selain pembersihan tanah longsor, tim juga menemukan satu pohon jenis puspa dengan lingkar sekitar 1,5 meter yang berpotensi tumbang. Pohon tersebut berada di ketinggian sekitar 10 meter dan akan ditebang sebagai langkah mitigasi saat kondisi sudah lebih sepi dari pengunjung.

    BPBD Magetan mengimbau masyarakat, khususnya wisatawan yang berkunjung ke Telaga Sarangan, agar tetap waspada terhadap potensi bencana alam, terutama saat cuaca ekstrem. [fiq/ian]

  • Transformasi Kebandaraan, IAS Bagi-bagi Boneka ke Penumpang di Momen Imlek 2025 – Halaman all

    Transformasi Kebandaraan, IAS Bagi-bagi Boneka ke Penumpang di Momen Imlek 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Transformasi kebandaraan dilakukan InJourney Aviation Services (IAS) yang merupakan sub-holding InJourney berkolaborasi dengan InJourney Airport (Angkasa Pura Indonesia).

    Satu di antara bentuk transformasi itu terlihat pada momen Tahun Baru Imlek 2025 dengan memfokuskan pelayanan terhadap interaksi dengan para pengguna bandara, khususnya di empat titik.

    Pada event Imlek kali ini, IAS Group memberi suguhan spesial dengan membagikan special gift berupa boneka teddy bear bertemakan Lunar New Year yang dilakukan di 4 (empat) kota besar yaitu Jakarta (bandara CGK), Surabaya (bandara SUB), Denpasar (bandara DPS), serta Pontianak (bandara PNK).

    Direktur Utama IAS, Dendi Danianto menyatakan, pihaknya ingin menghadirkan momen yang berkesan di perayaan Imlek tahun Ular Kayu ini.

    “Momentum untuk berinteraksi, menghibur dan menyapa pelanggan lebih dekat dengan membagikan boneka teddy bear yang bertemakan Lunar New Year agar keceriaan tahun baru Imlek bisa sampai kepada mereka. Semoga di Tahun Ular Kayu ini bisa membawa semangat baru, kebahagiaan dan keberuntungan bagi seluruh pelanggan setia layanan IAS, semoga tahun ini akan membawa banyak hal baik, Gong Xi Fa Chai”, ucap Dendi,  Rabu (29/1/2025).

    Langkah tersebut di atas menjadi bagian dari upaya InJourney sebagai holding dalam melakukan transformasi pada bandara kelolaannya demi meningkatkan layanan kepada sekitar 150 juta penumpang tiap tahunnya. 

    Direktur Utama InJourney, Maya Watono, mengatakan kalau, transformasi pada sektor kebandarudaraan dilakukan karena bandara merupakan wajah bangsa atau “gateway of the nation.” 

    Transformasi pun dilakukan secara fundamental, meliputi aspek premises, process, dan people. 

    “Bandara sebagai wajah bangsa merupakan tempat yang didatangi untuk pertama dan terakhir oleh wisatawan, di mana terdapat 150 juta penumpang per tahun melalui bandara yang kami kelola,” ujar Maya.

    “Untuk itu transformasi ini sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan optimal ke depannya kepada masyarakat Indonesia,” lanjutya.

    Pada aspek premises, transformasi dilakukan dengan peningkatan kualitas infrastruktur bandara yang berfokus pada customer experience, seperti beautifikasi terminal, serta implementasi CT & ATRS XRAY untuk peningkatan kecepatan pelayanan dan optimalisasi suhu udara.

    Pada aspek process, dilakukan dengan peningkatan operasional bandara berbasis ekosistem dengan data-driven decision making.

    Sedangkan pada aspek people, dilakukan dengan value, attitude, mindset, serta kompetensi berbasis customer centric berstandar global. 

    Salah satu program dari transformasi adalah beautifikasi atau peningkatan estetika terminal penumpang, baik di area interior maupun eksterior, termasuk penataan ulang area taman dan area hijau yang mengusung konsep nuansa kebudayaan Indonesia yang dipadukan dengan teknologi.

    Beautifikasi ini khususnya dilakukan pada Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Area check-in Terminal 3 kini dilengkapi ornamen beragam tanaman dan tumbuhan hijau yang didukung pencahayaan terbaik.

    Ornamen tersebut dapat dilihat di sepanjang facade tenant komersial dan island konter check-in.

    Melengkapi beautifikasi, area check-in Terminal 3 juga didukung penerapan teknologi melalui fasilitas self baggage drop yang memungkinkan penumpang pesawat secara mandiri dan cepat memproses koper, tas, atau barang bawaan tercatat guna dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

    Pintu masuk untuk keberangkatan penerbangan domestik dan internasional kini juga dilengkapi lanskap taman sehingga memberikan kesan nyaman dan teduh di dalam Terminal 3.

    Kemudian, dinding di area pengambilan bagasi dilengkapi taman vertikal.

    Sementara itu, lokasi conveyor belt dilengkapi tanaman-tanaman hijau guna menciptakan kesan adanya hutan mini.

    Pada bagian baggage claim area kedatangan internasional juga terdapat satu yang menjadi pusat perhatian penumpang pesawat, yakni LED berukuran besar yang menampilkan video alam dan budaya Indonesia. Di area luar Terminal 3 juga dilakukan penataan ulang taman dan area hijau. 

    “Diharapkan dengan adanya transformasi ini kami dapat mengoptimalkan pelayanan masyarakat pada peak season,” kata Maya.