Blog

  • Sosok Kuli Bangunan Pelaku Pembunuhan Bos Toko di Pulogadung, Cor Jasad dan Kuras Rekening Korban – Halaman all

    Sosok Kuli Bangunan Pelaku Pembunuhan Bos Toko di Pulogadung, Cor Jasad dan Kuras Rekening Korban – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Polres Metro Jakarta Timur menangkap tersangka pembunuhan terhadap bos toko berinisial JS (69) yang jasadnya ditutup cor.

    Tersangka berinisial ZA (35) merupakan kuli bangunan yang bekerja merenovasi toko korban di Pulogadung, Rawamangun, Jakarta Timur.

    ZA ditangkap di rumahnya di kawasan Cipete, Jakarta Selatan pada Rabu (26/2/2025) sore.

    Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Nicolas Ary Lilipaly, mengatakan pembunuhan dilakukan di dalam toko pada Minggu (16/2/2025).

    Jasad korban dibiarkan dua hari di toko dan dicor pada Selasa (18/2/2025).

    Selain melakukan pembunuhan, ZA mengambil kartu ATM korban dan memindahkan uang Rp40 juta ke rekeningnya.

    “Kebetulan HP korban masih dipegang oleh terduga pelaku, di situ terjadilah pengungkapan kasus ini. Dan juga ada transferan, jadi ATM-nya diambil dan ditransfer, diambil uangnya dari ATM,” tukasnya.

    Selama proses renovasi toko, ZA merupakan orang kepercayaan korban sehingga mengetahui pin ATM.

    “Akhirnya, dia ambil barang itu, dia cabut bawa uang Rp 10 juta, Rp 40 juta transfer,” lanjutnya.

    Kombes Nicolas Ary Lilipaly mengatakan pembunuhan terjadi saat korban mendatangi toko untuk mengecek proyek renovasi.

    “Korban datang ke proyek, karena karyawan yang bekerja di sini mogok kerja, sehingga korban agak sedikit marah,” ungkapnya, Rabu.

    Korban kemudian mengajak ZA untuk membuat laporan ke kantor polisi terkait kasus pencurian alat proyek.

    ZA yang bertugas menjaga lokasi proyek menolak ajakan tersebut dan meminta korban membayarkan upahnya sebesar Rp 900 ribu.

    Berdasarkan pengakuan ZA, korban terlebih dahulu memukul sehingga tersangka membalasnya.

    “Awalnya dia (korban) menampar terduga pelaku. Selanjutnya, dia memukul dan akhirnya terduga pelaku menangkis dan mendorong, sehingga korban jatuh,” bebernya.

    ZA melakukan pembunuhan menggunakan batu saat melihat korban terjatuh.

    Sementara itu, Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Muchtar Zakaria, menyatakan jasad korban ditimbun cor setinggi satu meter.

    Ia mendatangi lokasi penemuan jasad untuk membantu proses evakuasi.

    “Kita dapat permintaan bantuan dari kepolisian. Meminta bantuan untuk evakuasi jenazah di dalam coran beton. Tinggi coran kurang lebih satu meter,” tuturnya.

    Sebanyak 20 personel dikerahkan untuk membongkar cor di dalam toko.

    “Kita mulai evakuasi pukul 17.25 WIB, selesai pukul 20.45 WIB. Setelah dievakuasi jenazah kita serahkan ke pihak kepolisian untuk dibawa ke RS Polri Kramat Jati,” sambungnya.

    Sebelumnya, kuasa hukum korban, Enjel, menyatakan keluarga membuat laporan kehilangan pada Minggu (23/2/2025).

    “Ini hilang suaminya dari 16 Februari 2025. Pukul 07.00 WIB pagi dia masuk (toko) terus enggak keluar-keluar lagi berdasarkan CCTV (dari proyek) LRT kan jelas keliatan,” terangnya.

    Keluarga menduga JS dibunuh pekerja proyek renovasi toko.

    “Tujuan ke sini (toko) karena beliau lagi renovasi. Nah, beliau pamit kepada istrinya izin mau ke tempat biasa melihat tukang-tukangnya,” lanjutnya.

    Kasus ini terungkap setelah jasad korban ditemukan dicor dan ditutupi karpet di atasnya.

    Sebagian artikel telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Jenazah Bos Ruko di Pulogadung Dicor Sedalam 1 Meter

    (Tribunnews.com/Mohay) (TribunJakarta.com/Bima Putra) (Kompas.com/Febryan)

  • Kasus Pengoplosan BBM di Pertamina Patra Niaga Cerminan Kegagalan Manajemen

    Kasus Pengoplosan BBM di Pertamina Patra Niaga Cerminan Kegagalan Manajemen

    loading…

    Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama mengaku prihatin terhadap kasus dugaan pengoplosan BBM yang melibatkan direksi PT Pertamina Patra Niaga. Foto: Dok SINDOnews

    JAKARTA – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Haris Pertama mengaku prihatin terhadap kasus dugaan pengoplosan bahan bakar minyak (BBM) yang melibatkan direksi PT Pertamina Patra Niaga. Kasus ini dibongkar Kejaksaan Agung (Kejagung) apalagi telah merugikan negara hingga Rp193,7 triliun.

    Praktik pengoplosan BBM tidak hanya merugikan negara secara finansial, tetapi juga mencederai kepercayaan masyarakat terhadap Pertamina sebagai perusahaan energi milik negara.

    “Ini adalah bentuk nyata dari kegagalan manajemen dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik sesuai Undang-Undang Perseroan Terbatas,” ujar Haris, Kamis (27/2/2025).

    Selain itu, Haris mengkritik langkah Pertamina yang diduga menggunakan jasa influencer untuk meng-counter opini negatif terkait isu pengoplosan BBM.

    “Upaya tersebut menunjukkan ketidakseriusan manajemen dalam menangani permasalahan internal dan lebih fokus pada pencitraan daripada penyelesaian masalah. Alih-alih memperbaiki sistem dan memastikan kejadian serupa tidak terulang, dia menduga manajemen Pertamina justru sibuk mengendalikan opini publik dengan cara tidak etis,” katanya.

    Haris juga menyoroti pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan perusahaan milik negara.

    “Kami mendesak agar Pertamina segera melakukan pembersihan internal dan memastikan bahwa seluruh jajaran direksi dan karyawan mematuhi prinsip-prinsip tata kelola yang baik,” ujarnya.

    Dia mendorong Pertamina harus segera melakukan evaluasi menyeluruh dan mengambil tindakan tegas terhadap oknum-oknum yang terlibat.

    “Ini penting untuk mengembalikan kepercayaan publik dan memastikan bahwa perusahaan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip good corporate governance,” ucapnya.

    Haris mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk pemuda terus mengawasi kinerja BUMN dan memastikan bahwa pengelolaan aset negara dilakukan dengan transparan dan akuntabel.

    (jon)

  • Pengawasan Diperketat, Pertamina Pastikan Stok dan Kualitas BBM di Cimahi Aman

    Pengawasan Diperketat, Pertamina Pastikan Stok dan Kualitas BBM di Cimahi Aman

    JABAR EKSPRES – Menjelang bulan Ramadan 2025, ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Cimahi dipastikan dalam kondisi aman, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

    Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Rayon I Bandung, Mochamad Chasanudin, memastikan bahwa distribusi BBM di Cimahi berjalan lancar dan tidak mengalami kendala.

    “Kondisi konsumen baik-baik saja, jadi kualitas dan kuantitas BBM di Kota Cimahi dapat dipastikan aman,” ujar Chasanudin saat ditemui di SPBU Cibabat, Kota Cimahi, Kamis (27/2/2025).

    Terkait kasus dugaan korupsi Pertamina yang mengoplos BBM yang tengah ramai diperbincangkan, Chasanudin menegaskan bahwa pihaknya masih menunggu proses hukum yang berjalan.

    BACA JUGA:Pertamina Bantah Oplos Pertalite jadi Pertamax, Kejagung: Dioplos, Dicampur!

    “Untuk kasus yang sedang ramai saat ini, kami hanya menunggu prosesnya bagaimana. Fokus kami saat ini adalah memastikan stok BBM aman jelang bulan Ramadan,” katanya.

    Pengawasan distribusi BBM juga melibatkan berbagai pihak, termasuk Polres Cimahi, Komisi II DPRD Kota Cimahi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cimahi, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, Hiswana Migas, serta pemilik SPBU Cibabat.

    Kasat Reskrim Polres Cimahi, AKP Dimas Charis Suryo Nugroho, menegaskan, pengawasan ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kecurangan dalam distribusi BBM.

    “Tadi kita sudah cek, hasilnya dari dinas Metrologi menunjukkan bahwa takaran sudah sesuai, tidak ada kecurangan dalam distribusi. Secara kualitas juga tidak mengalami gangguan,” ungkap Dimas.

    BACA JUGA:Kasus Korupsi Minyak Mentah Pertamina, Kejagung Geledah Rumah Pengusaha Riza Chalid

    Menurutnya, pengawasan ini merupakan bentuk sinergi antara berbagai pihak untuk menjaga kestabilan pasokan BBM di Kota Cimahi.

    “Ini adalah bentuk pengawasan bersama, kegiatan yang diinisiasi tidak hanya oleh Polres Cimahi, tetapi juga melibatkan semua stakeholder yang ada untuk menjaga kualitas dan kuantitas BBM di Kota Cimahi,” jelasnya.

    Dimas juga menambahkan, pengecekan kualitas BBM secara menyeluruh bukan hanya dilakukan di tingkat kota, melainkan juga melibatkan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

    “Kami hanya memiliki alat untuk pengecekan kuantitas, sementara untuk pengecekan kualitas lebih lengkap ada di BPH Migas,” tandasnya. (Mong)

  • Daftar Layanan yang Wajib Dimiliki Bank Emas – Page 3

    Daftar Layanan yang Wajib Dimiliki Bank Emas – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Presiden Prabowo Subianto resmi meluncurkan layanan Bank Emas atau bullion bank pertama dalam sejarah Indonesia, pada Rabu (26/2/2025). Bank Emas ini dikelola oleh PT Pegadaian (Persero) dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

    Ekonom Bank Permata Josua Pardede, menyoroti terkait layanan yang harus dimiliki oleh Bank Emas di Indonesia. Ia menyarankan agar Bank Emas mampu memberikan fasilitas penyimpanan emas yang dapat dimonetisasi (unallocated).

    “Sehingga emas yang disimpan bisa digunakan untuk pembiayaan oleh bank. Nasabah dapat memperoleh bunga atau bagi hasil dalam bentuk gramasi emas,” kata Josua kepada Liputan6.com, Kamis (27/2/2025).

    Selanjutnya, layanan yang harus dimiliki bank emas adalah pinjaman berbasis emas, dengan jaminan emas yang dikembalikan dalam bentuk emas.

    “Ini sangat relevan bagi UMKM dan industri perhiasan yang membutuhkan pembiayaan berbasis logam mulia,” katanya.

    Kemudian, kata Josua, Bank emas harus menyediakan fasilitas transaksi jual beli emas dalam bentuk batangan murni (bullion), yang memungkinkan perdagangan emas secara global melalui platform digital.

    Tak kalah penting, bank emas harus menyediakan Kustodian dan vaulting. Dengan menyediakan layanan penyimpanan emas yang aman dan terstandarisasi secara internasional dengan sistem keamanan tinggi, seperti layanan vaulting yang telah teruji di pasar global (misal: Brinks).

    Terakhir, bank emas harus memiliki layanan derivatif dan lindung nilai. Dengan menyediakan instrumen derivatif berbasis emas, seperti gold futures dan options yang dapat digunakan untuk hedging terhadap fluktuasi harga emas.

    Menurutnya, dengan kehadiran bank emas, Indonesia memiliki peluang untuk memperkuat pasar emas domestik, mengurangi ketergantungan pada impor, dan menciptakan ekosistem keuangan berbasis emas yang terintegrasi dengan pasar global.

    “Namun, kesiapan regulasi, infrastruktur, dan edukasi masyarakat menjadi kunci keberhasilan implementasinya,” ujarnya.

     

  • BYD Targetkan Konsumen Bisa Mudik Pakai Sealion 7

    BYD Targetkan Konsumen Bisa Mudik Pakai Sealion 7

    Bandung

    PT BYD Motor Indonesia resmi menjual crossover listrik, Sealion 7, sejak ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. BYD menargetkan, konsumen yang sudah pesan Sealion 7 bisa segera mendapatkan unitnya sebelum hari raya lebaran tahun ini.

    Dijelaskan Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan, BYD telah belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya yang pernah terjadi inden hingga tiga bulan. Luther menargetkan konsumen pertama Sealion 7 bisa segera mendapatkan unitnya.

    “Sementara ini kita cukup confidence ya delivery itu tidak akan sampai memakan waktu lama. Sampai yang terburuk kan waktu itu pernah sampai 3 bulan ya. Kalau ini kita pastikan tidak akan seburuk itu,” tegas Luther kepada wartawan di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Rabu (27/2/2025).

    Luther menambahkan, Sealion 7 mendapatkan atensi dari para konsumen dengan mencatat angka SPK (surat pemesanan kendaraan) lebih dari 50% di pameran IIMS 2025.

    “Jadi itu yang kita targetkan (konsumen sebelum lebaran sudah dapat unitnya). Kita dalam posisi menargetkan itu saat ini. Supaya mereka bisa utilisasi (memanfaatkannya) secara maksimum,” sambung Luther.

    Sebagai informasi, Sealion 7 merupakan crossover listrik yang dikembangkan dari basis sedan listrik berperforma tinggi, BYD Seal. Ada dua varian Sealion 7 yang dijual oleh BYD, yakni Premium dan Performance. Terdapat perbedaan yang cukup jauh bagi meskipun sama-sama pakai baterai 82,65 kWh.

    Dari segi performa, Sealion 7 premium menggunakan sistem penggerak rear wheel drive (RWD). Mobil ini punya top speed 215 km/jam. Muntahan powernya 230 kW dan torsi 380 Nm. Untuk berlari dari titik nol ke 100 km/jam bisa memakan waktu 6,7 detik.

    Pada varian performance, BYD Sealion 7 lebih gahar karena menggunakan sistem All Wheel Drive (AWD). Mobil ini mampu menghasilkan power 390 kW dan torsi 690 Nm yang bisa berakseleraksi nol hingga 100 km/jam dalam waktu 4,5 detik. Soal jarak tempuh, karena BYD Sealion 7 Performance sudah unggul soal kecepatan, jarak tempuhnya 542 km untuk sekali pengecasan. Lebih inferior ketimbang BYD Sealion 7 Premium yang bisa menjangkau 567 km. Angka ini didapat berdasarkan tes NEDC.

    BYD Sealion 7 tersedia dalam beberapa pilihan warna, antara lain Atlantis Grey, Aurora White, Cosmos Black, serta warna baru Shark Gray untuk varian performance.

    Berikut ini daftar harga BYD Sealion 7 di Indonesia:

    – BYD Sealion 7 Premium: Rp 629 juta

    – BYD Sealion 7 Performance: Rp 719 juta.

    (lua/rgr)

  • PT Pos: Persoalan mitra telah dibahas di level manajemen

    PT Pos: Persoalan mitra telah dibahas di level manajemen

    Bandung (ANTARA) – PT Pos Indonesia (PosInd) mengungkapkan bahwa persoalan status kontrak ribuan mitra mereka yang sempat mencuat, kini telah dibahas di tingkat manajemen salah satu perusahaan tertua di Indonesia itu.

    “Jadi tuntutan itu sudah dibahas langsung pada saat itu juga. Saat ini di tingkat manajemen. Dan kami selalu terbuka untuk berdialog dengan mitra guna mencari solusi terbaik. Kami terus mengadakan pertemuan berkala dan forum komunikasi agar aspirasi mitra dapat didengar dan ditindaklanjuti dengan baik.,” kata Manajer Hubungan Masyarakat PT Pos Indonesia Andi Bintang dalam sambungan telepon pada ANTARA di Bandung, Kamis.

    Hal ini disampaikan Andi sehubungan dengan FSP ASPEK Indonesia yang mengadukan PT Pos Indonesia ke Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan Komisi IX DPR, pasca Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi VI DPR RI.

    Pengaduan ini, karena PT Pos Indonesia dinilai melakukan intimidasi berupa ancaman memberhentikan akses pekerjaan bagi para mitranya, agar mereka menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dinilai merugikan pekerja.

    Inti dari tuntutan pekerja mitra di PT Pos Indonesia, adalah untuk mengubah status Mitra menjadi PKWT yang dinilai serikat sesuai dengan UU Ketenagakerjaan.

    Presiden FSP ASPEK Indonesia Abdul Gofur, mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan yang masuk bahwa selama ini pekerja mitra di PT Pos Indonesia tidak bisa merasakan libur kerja karena jam kerja yang ditetapkan sebanyak dua ratus jam dalam sebulan.

    “Sementara UU Ketenagakerjaan mengatur maksimal seratus enam puluh jam dalam sebulan, tanpa hak cuti apapun alasannya, baik sakit ataupun kedukaan, jika kurang maka akan dikenakan sanksi pemotongan upah, di mana upah yang diterimanya pun jauh dari UMP/UMK, karena hitungannya dari komisi per surat/paket yang diantar bagi mitra antaran, begitupun mitra loket, hanya fee dari setiap transaksi, tanpa ada transparansi terkait perhitungan fee yang diterima,” katanya.

    Selain itu, dia mengatakan para pekerja mitra juga selama ini tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya saat Iedul Fitri, dan tidak didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, yang notabene pekerjaan mereka berisiko tinggi kecelakaan kerja, karena sehari-hari di jalan mengantar surat/paket.

    “Hubungan kerja antara pekerja dan pemberi kerja layaknya sama-sama menguntungkan, bukan menindas salah satu pihak, apalagi adanya unsur intimidasi. Selama ini pekerja dengan status mitra di PT Pos Indonesia telah bekerja dengan baik, ikut memajukan PT Pos Indonesia, karena apa yang mereka kerjakan core bisnisnya PT Pos Indonesia, yang seharusnya jika sesuai dengan UU Ketenagakerjaan tidak diperbolehkan” ucapnya.

    Atas tuntutan dari para mitra tersebut, Andi menyampaikan isu terkait status kontrak mitra telah menjadi perhatian serius manajemen perusahaan dan memahami pentingnya kesejahteraan para pekerja mitra.

    “Oleh karena itu, kami terus melakukan evaluasi terhadap sistem kerja, upah, dan jaminan sosial. Kami juga sedang mengkaji peningkatan kesejahteraan mitra, termasuk sistem kerja dan kompensasi,” ujarnya.

    Pos Indonesia, kata dia, sedang melakukan kajian bersama tim legal untuk memastikan bahwa kontrak kerja mitra tetap sejalan dengan regulasi yang berlaku, sekaligus tetap menjaga fleksibilitas operasional dengan tetap memastikan kepatuhan terhadap peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

    Saat ini, tambah Andi, skema kemitraan juga telah mencakup kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dengan menyarankan kepesertaan jaminan sosial secara mandiri.

    “Namun, kami sedang mengkaji kemungkinan skema perlindungan yang lebih baik bagi para mitra, termasuk opsi kepesertaan jaminan sosial secara mandiri atau melalui program kerja sama,” tuturnya.

    Pewarta: Ricky Prayoga
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Indosat Luncurkan Paket Spesial Ramadan dari 30 GB hingga 150 GB

    Indosat Luncurkan Paket Spesial Ramadan dari 30 GB hingga 150 GB

    Bisnis.com, JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand IM3 menghadirkan paket spesial saat Ramadan 2025. Paket tersebut adalah, Paket Spesial Ramadan 150GB per 30 hari seharga Rp129.000 dengan pembagian kuota 5GB per hari.

    VP Head of National Product & Pricing Management Indosat Ooredoo Huchison Nicholas Yulius Munandar mengatakan bahwa paket ini diluncurkan setelah pihaknya melihat adanya kebutuhan pelanggan pada saat Ramadan.

    Dirinya menyebut, pelanggan akan melalukan banyak aktifitas seperti silaturahmi dengan keluarga yang jauh menggunakan telepon genggam, menonton kajian keislaman, dan hal-hal lainnya sembari menunggu jam berbuka puasa.

    “Nah disini sebenarnya kita melihat bahwa kebutuhan pelanggan semakin bervariasi dan ketika di bulan Ramadan ini otomatis ada beberapa hal-hal yang sebelumnya mungkin tidak dilakukan tapi sekarang,” kata Nicholas di kantor Indosat, Kamis (27/2/2025).

    Selain paket 150GB per 30 hari seharga Rp129.000, Nicholas menyampaikan bahwa pihaknya juga memiliki dua paket lainnya dengan total kuota 30 GB dan 60 GB.

    Tidak hanya itu, terdapat juga paket dengan kuota sebanyak 300 GB. Kuota tersebut terbagi menjadi 150 GB kuota 24 jam dan 150 GB lainnya adalah kuota midnight dari jam 01.00-06.00.

    Adapun melihat dari aplikasi MyIM3 untuk paketan dengan kuota 60 GB per 30 hari dibanderol dengan harga Rp99.000 dan untuk paket 300 GB dibanderol dengan harga Rp150.000. 

    “Harapannya dengan 3 paket ini dengan berbagai macam harga dan kebutuhan ini bisa menjangkau kantong pelanggan secara inklusif dan kemudian pelanggan juga bisa terhubung tanpa khawatir kuotanya cepat habis,” ujarnya.

    Di sisi lain, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singhn menyampaikan IM3 berkomitmen menjadi brand yang lebih inklusif dan simpel untuk semua pelanggan. 

    Dengan adanya potensi lonjakan pemakaian saat Ramadan, Ritesh memastikan pelanggan dapat tetap terhubung dengan jaringan yang kuat, luas, dan stabil yang hingga kini didukung oleh 196 ribu pemancar 4G dan 107 pemancar 5G di seluruhIndonesia. 

    “Kami percaya, inisiatif yang kami lakukan dapat mendukung kegiatan silaturahmi, berbagi kebahagiaan, dan menemukan makna di bulan yang penuh berkah ini,” ucap Ritesh.

  • Pertamina NRE kaji proyek baru dari Kenya untuk pengembangan PLTP

    Pertamina NRE kaji proyek baru dari Kenya untuk pengembangan PLTP

    KenGen dan satu lagi itu GDC untuk membentuk perusahaan patungan mengembangkan energi geothermal di Kenya. Proyek baru

    Jakarta (ANTARA) – Pertamina New and Renewable Energy (NRE) menyatakan, pihaknya tengah mengkaji proyek baru dari pemerintah Kenya untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Longonot dan Suswa, Kenya.

    Direktur Keuangan Pertamina NRE Nelwin Aldriansyah ditemui usai acara Indonesia Green Energy Investment Dialogue 2025 di Jakarta, Kamis, menyatakan, tawaran tersebut ditindaklanjuti melalui anak perusahaannya yakni Pertamina Geothermal Energy bekerja sama dengan perusahaan Electricity Generating Company PLC (KenGen) dan Geothermal Development Company (GDC).

    “KenGen dan satu lagi itu GDC untuk membentuk perusahaan patungan mengembangkan energi geothermal di Kenya. Proyek baru,” katanya.

    Dijelaskannya, Kenya sendiri merupakan negara yang sudah mengembangkan elektrifikasi dari energi panas bumi, serta saat ini negara di kawasan Afrika Timur tersebut sudah memiliki kapasitas terpasang sekitar 1.200 megawatt (MW).

    “Tapi mereka ingin meningkatkan kapasitas di sana untuk area-area di setahu saya ada di Longonot, Suswa. Itu yang sedang kita kaji untuk bekerja sama dengan pemerintah Kenya,” katanya pula.

    Adapun skema pembiayaan pengembangan PLTP tersebut menggunakan joint venture atau usaha patungan.

    Direktur Keuangan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) Yurizki Rio menyampaikan bahwa kerja sama dengan Kenya terkait eksplorasi dan pengembangan, PGE ingin fokus pada kerja sama dengan Geothermal Development Company (GDC).

    GDC merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kenya yang bergerak di bidang energi.

    “Tadinya kan ada dua entitas di Kenya, yang satu itu swasta (Africa Geothermal International Limited/AGIL), satunya seperti BUMN-nya Kenya. Kami mau fokus oleh entitas yang memang seperti BUMN-nya Kenya,” ucap Yurizki.

    Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Ancol gratiskan tiket masuk untuk ngabuburit sepanjang Ramadhan

    Ancol gratiskan tiket masuk untuk ngabuburit sepanjang Ramadhan

    Pengunjung bersantap di satu resto yang tersedia di kawasan Ancol. ANTARA/HO-Ancol

    Ancol gratiskan tiket masuk untuk ngabuburit sepanjang Ramadhan
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Kamis, 27 Februari 2025 – 12:10 WIB

    Elshinta.com – PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) menggratiskan tiket masuk bagi masyarakat yang ingin melakukan ngabuburit (menunggu waktu menjelang berbuka puasa) di destinasi wisata yang ada di utara Jakarta tersebut sepanjang bulan Ramadhan 1446 Hijriah.

    “Ini sebagai wujud apresiasi dan sarana berbagi kebahagiaan di bulan penuh berkah,” kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ariyadi Eko Nugroho di Jakarta, Kamis.

    Ia mengajak masyarakat untuk menyelami keindahan suasana senja di salah satu destinasi rekreasi yang menjadi ikon Jakarta.

    Menurut dia program tiket gratis Ramadan ini berlangsung dari tanggal 1 Maret hingga 28 Maret 2025 dan dapat digunakan saat waktu ngabuburit jelang buka puasa, mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB.

    Ia mengatakan untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran kunjungan, reservasi daring wajib dilakukan melalui tautan khusus di laman resmi Ancol.

    “Setiap alamat email pendaftar akan mendapatkan satu tiket gratis individu, belum termasuk kendaraan,” kata dia.

    Ia menjelaskan program tiket gratis ini hanya mencakup akses gratis ke kawasan Ancol dan tidak berlaku untuk unit rekreasi berbayar di dalamnya, seperti Dufan Ancol, Sea World Ancol, Samudra Ancol, Atlantis Ancol, dan Jakarta Bird Land Ancol.

    Menurut dia program ini sangat tepat dimanfaatkan bagi pengunjung yang ingin berbuka puasa bersama baik dengan keluarga, kerabat maupun rekan kerja.

    Ia menyebutkan banyak sekali pilihan kuliner yang tersedia di sepanjang pantai Ancol mulai dari Bandar Djakarta, Ayam tepi Laut, Solaria, Simpang Raya, Baso Afung, Kafe Hoax, Ombak Laut, Walking Drums hingga Jimbaran.

    Semuanya menawarkan pilihan menu buka puasa yang menggiurkan serta fasilitas sholat juga tersebar di sepanjang pantai.

    “Bagi yang ingin menunaikan shalat tarawih, terdapat Masjid Baiturrahman yang akan melaksanakan tarawih berjamaah di sepanjang Ramadhan,” kata dia.

    Selain itu pengunjung juga dapat menikmati Festival Keajaiban Ramadan yang hadir khusus selama Ramadan ini di Stone Area Symphony of The Sea, Pantai Timur Ancol.

    Bazar kuliner akan menemani semua pengunjung yang menikmati program ini, selain itu akan hadir pula live music dan bincang-bincang (talkshow) setiap akhir pekan.

    Dia berharap program ini dapat menjadi bagian dari momen kebersamaan dan kebahagiaan masyarakat dalam menyambut serta menjalankan ibadah di bulan Ramadan

    “Kesempatan ini tidak hanya menawarkan pengalaman rekreasi yang berbeda, tetapi juga mempererat tali silaturahmi di tengah suasana Ramadan yang penuh kedamaian,” kata dia.

    Sumber : Antara

  • Tangan Diborgol, Hasto Tetap Kukuh Tak Bersalah di Kasus Harun Masiku

    Tangan Diborgol, Hasto Tetap Kukuh Tak Bersalah di Kasus Harun Masiku

    Bisnis.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal alias Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto berkukuh tidak melanggar hukum dalam perkara suap yang menjerat Harun Masiku. 

    Hasto menuturkan bahwa dari hasil eksaminasi oleh para ahli hukum dan ahli pidana, menunjukan bahwa tidak ada keterlibatannya di dalam kasus suap anggota DPR dan perintangan penyidikan Harun Masiku. 

    “Tetapi sebagai warga negara yang baik, rompi oranye dan borgol ini adalah sebagai lambang dari perjuangan saya,” ujar Hasto di KPK, Kamis (27/2/2025). 

    Hasto kemudian memberikan pesan kepada simpatisan dan para kader PDIP, dirinya dalam kondisi sehat dan semangat. Menurutnya proses hukum yang tengah dijalan merupakan bagian dari perjuangan.

    “Dan ini bagian dari kristalisasi perjuangan. Karena Indonesia dibangun dengan cita-cita keadilan,” jelasnya.

    Hasto menambahkan, bahwa kedatangannya ke KPK merupakan bentuk kepatuhan terhadap hukum. 

    “Dan saya percaya keadilan itu akan ditujukan karena memang dari seluruh proses yang telah saya jalani ini adalah terhadap suatu perkara yang sebenarnya sudah inkrah,” tuturnya. 

    KPK Sebut Hasto Berperan

    Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Setyo Budiyanto mengatakan Harun Masiku lolos dari operasi tangkap tangan (OTT) komisi antirasuah hingga menjadi buronan karena intervensi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

    Setyo menerangkan KPK pada 8 Januari 2020 tengah menggelar OTT terhadap para pihak yang terlibat dalam perkara dugaan suap pengurusan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI, salah satu target OTT tersebut adalah Harun Masiku.

    Namun, Hasto memerintahkan Nur Hasan selaku penjaga Rumah Aspirasi di Jalan Sutan Syahrir No 12 A, yang biasa digunakan sebagai kantor oleh Hasto, untuk menelpon Harun Masiku supaya merendam ponselnya dalam air dan segera melarikan diri.

    “Atas perbuatan tersebut, menyebabkan HM tidak dapat ditangkap dan melarikan diri sampai dengan saat ini,” kata Setyo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis sore (20/2/2025). 

    Kemudian, kata Setyo, pada 6 Juni 2024, sebelum Hasto diperiksa sebagai saksi oleh KPK, Hasto memerintahkan stafnya yang bernama Kusnadi untuk menenggelamkan ponsel yang dalam penguasaan Kusnadi agar tidak ditemukan oleh KPK.

    “Di mana [dalam ponsel tersebut] terdapat substansi yang berkaitan dengan pelarian tersangka HM yang perkaranya saat ini sedang ditangani KPK,” ujarnya.

    Penyidik KPK juga menemukan bahwa Hasto mengumpulkan beberapa orang terkait dengan perkara Harun Masiku dan mengarahkan agar orang-orang tersebut pada saat dipanggil oleh KPK, tidak memberikan keterangan yang sebenarnya.

    Diduga tindakan tersebut bertujuan untuk merintangi serta mempersulit proses penyidikan perkara suap yang sedang berjalan.

    Atas perbuatannya tersebut, penyidik KPK menetapkan Hasto sebagai tersangka pada 24 Desember 2024 dan dilakukan penahanan pada hari ini, Kamis, 20 Februari 2025.

    “Guna Kepentingan Penyidikan, terhadap tersangka HK dilakukan penahanan selama 20 hari terhitung mulai tanggal 20 Februari 2025 sampai dengan tanggal 11 Maret 2025 dan penahanan dilakukan di Cabang Rumah Tahanan Negara dari Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur,” ujar Setyo.