KRL Beroperasi hingga 03.00 WIB saat Malam Tahun Baru 2026
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com –
PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan akan menambah 45 perjalanan KRL Commuter Line pada malam pergantian Tahun Baru 2025.
Langkah ini dilakukan untuk melayani masyarakat yang merayakan malam tahun baru di pusat kota Jakarta hingga dini hari.
VP Corporate Secretary PT KCI, Karina Amanda, mengatakan operasional kereta tambahan tersebut akan berlangsung sepanjang 31 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025 dini hari pukul 03.00 WIB.
“Khusus untuk malam pergantian tahun baru, atau di malam tanggal 31 Desember menuju 1 Januari, KAI Commuter akan menambah layanan operasional. Kami akan mengoperasikan 45 perjalanan kereta tambahan khusus di malam tahun baru,” ujar Karina dalam konferensi pers Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Jumat (19/12/2025).
Karina merinci, penambahan 45 perjalanan tersebut akan disebar di berbagai lintas pelayanan utama. Lintas Bogor dan Cikarang menjadi rute dengan tambahan perjalanan terbanyak.
“Untuk lintas Bogor kami tambah 20 perjalanan, untuk lintas Cikarang kami tambah 12 perjalanan, jadi kedua ini paling banyak,” kata Karina.
“Sementara, untuk lintas Rangkasbitung kami tambah 4 perjalanan, untuk lintas Tanjung Priok 2 perjalanan, dan lintas Tangerang 7 perjalanan,” sambungnya.
Dengan penambahan tersebut, total perjalanan yang akan dioperasikan KAI Commuter khusus pada malam tahun baru mencapai 1.110 perjalanan kereta.
Selain menambah jumlah perjalanan, KAI Commuter juga memperpanjang waktu keberangkatan terakhir dari sejumlah stasiun di Jakarta hingga dini hari. Keberangkatan terakhir dijadwalkan pada pukul 01.25 WIB tanggal 1 Januari 2025.
Kebijakan ini diterapkan di stasiun-stasiun vital yang diperkirakan menjadi titik kepadatan masyarakat saat perayaan malam tahun baru, seperti kawasan Bundaran HI, Monas, dan Ancol.
“Sebagai gambaran, untuk keberangkatan terakhir dari Stasiun Jakarta Kota menuju Bogor itu nanti di jam 01.25 WIB. Dan akan sampai di Bogor sekitar jam 03.00 pagi,” kata Karina.
Penyesuaian jadwal serupa juga berlaku untuk lintas Cikarang dan Rangkasbitung, dengan kedatangan kereta terakhir di stasiun tujuan akhir diperkirakan sekitar pukul 03.00 WIB.
Menanggapi potensi penumpang yang tertinggal kereta terakhir saat malam pergantian tahun, Karina menyatakan KAI Commuter tidak akan melarang penumpang menunggu di area stasiun.
Namun demikian, penumpang diminta tetap menjaga ketertiban selama berada di area stasiun.
“Kami menghimbau tertib menunggu di area stasiun kalau memang calon penumpang tetap ingin menunggu ya. Nanti akan ada arahan dari petugas-petugas yang ada di stasiun,” ungkapnya.
Ia menambahkan, petugas akan mengarahkan penumpang ke titik-titik aman di stasiun sambil menunggu keberangkatan kereta pertama pada pagi hari.
“Kami juga ada tim-tim petugas yang memang posko, ini nanti juga akan membantu mengarahkan masyarakat yang nantinya akan menggunakan KA-KA pertama, istirahatnya di bagian titik yang mana. Supaya ini untuk menjaga keamanannya penumpang juga yang sedang menunggu,” sambungnya.
Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2025 yang berlangsung hingga 4 Januari 2026, KAI Commuter menyiagakan sebanyak 4.078 petugas keamanan internal serta 128 personel TNI dan Polri untuk menjaga keamanan di stasiun maupun di dalam kereta.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Blog
-

Peringati Harjaba ke-254 Bersama Disabilitas, Bupati Ipuk Serahkan Bantuan Kaki Palsu Hingga Al-Quran Braille
Banyuwangi (beritajatim.com) – Momentum Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-254, diisi dengan berbagai kegiatan sosial.
Selain ziarah dan sarapan bersama seluruh elemen masyarakat, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani juga memperingati Harjaba bersama teman disabilitas, dan menyerahkan bantuan kaki palsu, buku, serta Al-Qur’an Braille.
Bantuan tersebut diserahkan kepada warga disabilitas yang tinggal di sekitar Bandara Banyuwangi. Bantuan yang diserahkan merupakan program dari InJourney Airports, Bandara Banyuwangi.
Terdapat 20 kaki palsu, 24 Al-Qur’an Braille, dan 4 buku braille yang diserahkan kepada disabilitas. Mereka adalah anak-anak berkebutuhan khusus, baik yang mengalami amputasi kaki maupun tuna netra.
“Mudah-mudahan dengan aksi kolaborasi di momen Hari Jadi Banyuwangi ini semakin menambah keberkahan bagi kita semua,” kata Ipuk.
Bantuan ini merupakan salah satu upaya merajut kebersamaan antara warga dan instansi yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut selaras dengan tema Harjaba “Tandang Bareng”.
“Dengan demikian, keberadaan Bandara Banyuwangi ini tidak hanya berdampak pada sektor transportasi dan ekonomi, tetapi juga peduli dengan kondisi sekitar dan berupaya meningkatkan derajat kesejahteraan warga,” kata Ipuk.
General Manager Bandara Banyuwangi Mohamad Holik Muardi mengatakan, bantuan kaki palsu, buku, serta Al-quran braille itu merupakan bagian dari program InJourney Airport Ramah Difabel. Selain bantuan itu, pihaknya juga turut mendistribusikan paket sembako sebanyak 150 paket untuk warga sekitar.
“Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi kami dengan pemerintah, baik kecamatan maupun kelurahan, sehingga bantuan yang diberikan tepat guna dan tepat sasaran,” ujar Holik.
Holik mengatakan bantuan serupa telah beberapa kali disalurkan kepada penerima manfaat. Baik bantuan alat untuk disabilitas maupun paket sembako untuk warga kurang mampu.
“Program ini telah kami laksanakan dalam beberapa tahun terakhir, dan semoga dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar bandara,” sambungnya.
Salah satu penerima kaki palsu Hamid (71), bersyukur bisa mendapat kaki palsu setelah hampir setahun tidak bisa bekerja akibat amputasi.
“Alhamdulillah senang sekali. Mudah-mudahan ke depan bisa kerja lagi sebagai petani,” kata Hamid.
Sebelumnya dalam rangkaian Harjaba, Pemkab Banyuwangi juga menyalurkan paket sembako, yang merupakan hasil dari pengganti karangan bunga ucapan Harjaba.
Selain itu, pada Harjaba kali ini, Bupati Ipuk mengimbau agar ucapan selamat yang biasanya berbentuk karangan bunga diganti dengan paket sembako, yang dibagikan pada masyarakat.
Dari aksi itu, terkumpul lebih dari 1.000 paket sembako yang kemudian disalurkan kepada warga prasejahtera dan warga terdampak bencana di daerah.
“Alhamdulilah, sebagian paket sembako sudah kami bagikan. Dan masih terus berdatangan dari sejumlah elemen. Dengan kebersamaan dan gotong royong ini, Insya Allah bisa menambah kebaikan dan membawa manfaat bagi Banyuwangi,” pungkas Ipuk. (ted)
-

Cas Mobil Listrik Berujung Maut, 5 Orang Tewas pada Kebakaran di Jakut
Jakarta –
Kebakaran hebat terjadi di Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut), hingga merenggut lima nyawa, Kamis (18/12). Setelah melalui pemeriksaan, Pemadam Kebakaran (Damkar) menyimpulkan, pemicunya charger mobil listrik.
Kepastian tersebut disampaikan langsung Kasiops Damkar Jakut, Gatot Sulaiman. Menurutnya, charger yang bermasalah memicu ledakan pada mobil listrik. Kemudian apinya menyambar ke mana-mana.
“Pemilik rumah sedang men-charge sebuah unit mobil listrik miliknya kemudian terjadi fenomena listrik yang menyebabkan ledakan pada mobil tersebut, lalu ledakan api tersebut menyambar minyak thinner dan kaleng cat,” kata Gatot Sulaiman, dikutip dari detikNews, Jumat (19/12).
Kebakaran di Penjaringan, Jakut menewaskan 5 orang. Proses pemadaman berlangsung hampir 12 jam. (dok Polsek Penjaringan) Foto: Kebakaran di Penjaringan, Jakut menewaskan 5 orang. Proses pemadaman berlangsung hampir 12 jam. (dok Polsek Penjaringan)
Gatot menjelaskan, api lantas membesar hingga kediaman terkait ikut terbakar. Kebakaran itu terjadi di Jalan Lopis Teluk Gong, Pejagalan, Penjaringan, pada Kamis (18/12) pukul 20.13 WIB.
Proses pemadaman berlangsung panjang hingga api dinyatakan padam total pagi tadi pukul 08.08 WIB. Bahkan, Damkar sampai mengerahkan 22 unit mobil dan 110 personel dalam upaya memadamkan api di TKP.
“Yang terbakar 1 unit rumah kosong, 2 unit rumah penduduk untuk tempat usaha toko online,” tuturnya.
Gatot kemudian menjelaskan alasan mengapa proses pemadaman berlangsung lama dan panjang. Menurutnya, ada banyak material mudah terbakar di lokasi kejadian.
“Proses pendinginan di TKP kebakaran terhambat karena terdapat bahan B3, minyak thinner, cat, biji plastik, kertas, dan juga karena akses masuk TKP sempit dan bersekat,” kata dia.
Lima orang tewas akibat kebakaran, yakni perempuan inisial B (56), pria TAM (70), perempuan inisial NTL (24), perempuan inisial GSL (7), dan seorang baby sitter.
(sfn/din)
-
:strip_icc():format(jpeg):watermark(kly-media-production/assets/images/watermarks/liputan6/watermark-color-landscape-new.png,1100,20,0)/kly-media-production/medias/5416981/original/050681500_1763513091-Roblox_02.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Roblox Down, Ini Hal yang Tak Boleh Dilakukan Pengguna
Liputan6.com, Jakarta – Roblox mengalami gangguan (Roblox down) yang menyebabkan ribuan pengguna kesulitan untuk mengakses platform tersebut.
Di tengah kondisi ini, pihak pengembang mengimbau pengguna untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan yang justru berpotensi memperparah masalah sistem.
Gangguan Roblox saat ini membuat sejumlah pemain tidak bisa masuk ke akun, mengalami koneksi terputus, hingga gagal memuat gim. Dalam situasi seperti ini, pemain disarankan untuk tidak berulang kali mencoba login atau memaksa aplikasi untuk restart.
Pemain sebaiknya menghindari upaya untuk berulang kali masuk atau memaksa aplikasi untuk memulai ulang selama pemadaman aktif.
Upaya koneksi yang berulang-ulang hanya akan semakin membebani infrastruktur dan mencegah para engineer menstabilkan sistem. Pendekatan terbaik adalah menunggu pembaruan resmi. Demikian sebagaimana dikutip dari Red94, Jumat (19/12/2025).
Pemain juga dianjurkan memantau perkembangan terbaru melalui laman status resmi Roblox serta forum pengembang untuk mendapatkan informasi terkini terkait proses pemulihan layanan. Selain itu, pengguna disarankan untuk mengikuti @Roblox di X untuk pengumuman insiden dan pembaruan sistem.
Roblox mengingatkan pengguna agar tidak menghapus, mengunduh atau menginstal ulang aplikasi selama gangguan berlangsung, kecuali diinstruksikan oleh saluran dukungan resmi. Tindakan tersebut tidak akan mempercepat pemulihan layanan dan berpotensi menimbulkan masalah baru.
Perlu diingat bahwa gangguan akan teratasi setelah tim backend menyelesaikan perbaikan infrastruktur. Gangguan besar sebelumnya biasanya berlangsung selama beberapa jam.
Platform akan kembali beroperasi normal setelah instance layanan terhubung kembali dengan benar dan saluran komunikasi pulih antara server dan klien pengguna.
-
/data/photo/2025/12/03/69304bc93b7de.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Komdigi Kirim Genset ke Aceh untuk Percepat Pemulihan Jariang Internet
Komdigi Kirim Genset ke Aceh untuk Percepat Pemulihan Jariang Internet
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com
– Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengirim lebih banyak genset ke Aceh untuk memulihkan jaringan telekomunikasi dan internet pascabencana banjir dan tanah longsor.
Wakil Menteri Komunikasi dan Digital
Nezar Patria
mengatakan pengiriman
genset
diperlukan mengingat jaringan listrik milik PLN belum sepenuhnya pulih.
“(Kendala utama) masih soal listrik. Dan ini kita sudah coba pecahkan dengan cara mengirimkan lebih banyak genset, sambil menunggu rekan-rekan PLN memperbaiki jaringan kelistrikan yang ada di sana,” kata Nezar di Kantor Komdigi, Jakarta Pusat, Jumat (19/12/2025).
Nezar memastikan tower Base Transceiver Station (BTS) akan kembali pulih ketika jaringan listrik normal.
Kendati demikian, ia tidak ingin menitikberatkan masalah kepada PLN, mengingat pemulihan pascabencana perlu dikerjakan bersama.
Oleh karena itu, genset-genset dikirim dan diaktifkan. Di sisi lain, jaringan fiber optik yang sempat terputus disambung kembali.
“Kita tidak mau menunggu, kita lakukan yang terbaik. Sementara untuk jaringan infrastruktur digitalnya sendiri, jaringan infrastruktur telekomunikasinya, kita juga ada kabel-kabel fiber optik yang tadinya terputus akibat longsor, terputus di jembatan, itu sudah mulai dilakukan penyambungan kembali,” beber dia.
Nezar mengungkapkan pihaknya bersama operator seluler akan berupaya meningkatkan persentase pemulihan demi mencapai titik yang paling optimal, yakni 100 persen.
Adapun sejauh ini,
jaringan telekomunikasi
yang pulih di wilayah tersebut baru mencapai 73 persen.
Artinya, stabilitas jaringan telekomunikasi baru sekitar 73 persen dalam 24 jam. Jaringan dikatakan pulih 100 persen jika stabil selama 24 jam penuh setiap hari.
“Itu sudah sekitar 73 persen, ya, di
Aceh
untuk perbaikan jaringan telekomunikasi. Nah, itu artinya uptime untuk semua BTS sudah 73 persen di wilayah-wilayah yang sudah normal pasokan BBM dan juga listriknya,” imbuh dia.
Lebih lanjut ia menjelaskan ada sejumlah wilayah yang menjadi fokus pemulihan. Wilayah tersebut meliputi Aceh Tamiang, Bener Meriah, Aceh Tengah, hingga Gayo Lues.
Dirinya pun sudah berkoordinasi dengan operator seluler untuk memberikan perhatian ekstra, sekaligus mengirimkan tenaga kerja untuk memperbaiki sesegera mungkin.
“Nah, ini kita terus meningkatkan, terutama di daerah-daerah yang saya sebutkan tadi, yaitu Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Kita memberikan perhatian di sana. Juga untuk Aceh Utara, kita terus memonitor walaupun sudah ada peningkatan uptime dari BTS yang ada di sana,” jelas Nezar.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
/data/photo/2025/06/14/684d24cd91ab6.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)

/data/photo/2025/12/19/69450be8ebe19.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5450194/original/037717600_1766133282-WhatsApp_Image_2025-12-19_at_14.40.38__1_.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5450259/original/007973800_1766135600-WhatsApp_Image_2025-12-19_at_14.26.51.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
