Organisasi: Ikatan Motor Indonesia (IMI)

  • Bamsoet Dukung Rencana Gelaran Jakarta Super Enduro & Jambore IMI 2025

    Bamsoet Dukung Rencana Gelaran Jakarta Super Enduro & Jambore IMI 2025

    Jakarta – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana gelaran Jambore IMI 2025 dan Internasional Jakarta Super Enduro 2025 oleh IMI DKI Jakarta. Diikuti oleh ribuan komunitas otomotif dari seluruh Indonesia, gelaran ini tidak hanya menantang keterampilan para rider, tetapi juga memberi dampak sosial ekonomi bagi masyarakat.

    Bamsoet menambahkan, Jakarta Super Enduro menjadi bentuk perkembangan dunia otomotif Indonesia. Ajang ini juga sekaligus membuka ruang inovasi dan kompetisi lintas generasi serta menghubungkan olahraga, pariwisata, UMKM, dan teknologi ramah lingkungan.

    “Jakarta Super Enduro bukan sekadar ajang balap motor biasa. Ini adalah panggung unjuk nyali, adu keterampilan, dan ketahanan mental serta fisik para rider dalam menghadapi tantangan ekstrim. Di saat bersamaan, event ini juga membangun ekosistem baru yang lebih inklusif bagi pelaku industri otomotif, komunitas kreatif, dan UMKM,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (15/7/2025).

    Hal ini disampaikannya saat menerima Panitia Jakarta Super Enduro 2025 di Jakarta, Senin (14/7/25). Bamsoet menyampaikan Jakarta Super Enduro akan dilaksanakan dalam tiga seri. Seri pertama digelar di Jakarta Enduro Circuit pada 22-23 November 2025.

    Menurutnya, penyelenggaraan Jakarta Super Enduro akan menjadi momen penting bagi pembinaan prestasi olahraga otomotif di Indonesia. Tidak hanya membuka jalan menuju kejuaraan dunia seperti FIM World Enduro Championship, event ini juga mendorong lahirnya talenta muda potensial dari berbagai daerah

    “Dengan rintangan seperti jalur berbatu, lumpur ekstrem, batang kayu besar, hingga obstacle buatan yang dirancang menyerupai medan liar, Jakarta Super Enduro akan menyajikan tantangan tersendiri bagi pecinta adrenalin dan penggemar balap motor off-road,” papar Bamsoet.

    Dari sisi ekonomi, kata Bamsoet, dampak positif Jakarta Super Enduro diprediksi akan merambat ke berbagai sektor. Kehadiran bazar UMKM, area pameran sponsor, hingga program hiburan dan edukasi untuk anak dan remaja dinilai dapat menjadi peluang bagi pertumbuhan ekonomi setempat.

    Dengan estimasi lebih dari 300.000 penonton daring dan ribuan pengunjung langsung di lokasi, Bamsoet menilai Jakarta Super Enduro akan menjadi daya tarik baru dalam kalender event kota Jakarta.

    “Tidak kalah penting, Jakarta Super Enduro juga membawa misi ramah lingkungan melalui penyelenggaraan kelas eksibisi khusus kendaraan listrik. Dengan menghadirkan ‘Electric Exhibition Race’, event ini memiliki pesan kuat bahwa olahraga ekstrem pun dapat bertransformasi dalam pemanfaatan energi berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan kampanye ‘Green Energy Sport’ yang kini digaungkan banyak negara sebagai bagian dari solusi terhadap krisis iklim,” pungkas Bamsoet.

    Sebagai informasi, pada pertemuan tersebut, turut hadir panitia Jakarta Super Enduro antara lain Owner Andi Tarigan, Penasehat Dodi Irawan, Amalia Chrisna Damayanti dan Robert Batubara, Ketua Ardan, Sekretaris Dody dan Bidang Sponsor Diah.

    (anl/ega)

  • Dapat Dukungan IMI Banten, Bamsoet Siap Maju Lagi Pimpin IMI 2025-2030

    Dapat Dukungan IMI Banten, Bamsoet Siap Maju Lagi Pimpin IMI 2025-2030

    Jakarta

    Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Anggota Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menyatakan kesiapannya untuk kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum IMI periode 2025-2030. Hal ini disampaikannya usai menerima dukungan resmi dari IMI Provinsi Banten di Jakarta.

    Bamsoet menyambut baik dukungan tersebut dan mengapresiasi komitmen IMI Banten yang dinilainya sebagai salah satu provinsi paling aktif dalam membangun ekosistem otomotif yang sehat dan produktif. Menurutnya, dukungan ini bukan sekadar bentuk kepercayaan, melainkan juga amanah besar dari komunitas otomotif untuk melanjutkan transformasi IMI sebagai organisasi modern yang inklusif, produktif, dan berdampak bagi masyarakat.

    “Dukungan IMI Provinsi Banten menjadi energi moral bagi saya untuk terus berbuat lebih baik. Terlebih, IMI Banten adalah salah satu provinsi yang aktif membangun ekosistem otomotif yang sehat dan produktif. Kehadiran mereka dalam berbagai ajang, baik olahraga dan wisata otomotif, maupun kegiatan sosial, menjadikan bukti bahwa IMI bukan sekadar organisasi, melainkan gerakan kebudayaan otomotif,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (14/7/2025).

    Selama hampir lima tahun terakhir di bawah kepemimpinannya, Bamsoet menilai IMI telah menghadapi berbagai tantangan. Namun, dengan kerja kolektif dari jajaran pengurus pusat dan daerah, komunitas, serta para pemangku kepentingan, IMI berhasil berkembang menjadi organisasi yang tak hanya fokus pada balap, tetapi juga berperan dalam pembangunan karakter bangsa, penggerak ekonomi kreatif, hingga pelopor keselamatan berkendara.

    Ia juga menyoroti keberhasilan IMI dalam mendorong lahirnya regulasi penting, salah satunya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 45 Tahun 2023 yang menjadi payung hukum dunia modifikasi kendaraan di Indonesia.

    “Transformasi IMI tidak berhenti pada infrastruktur olahraga otomotif semata, tetapi juga pada regulasi dan advokasi,” lanjutnya.

    Ke depannya, Bamsoet menegaskan bahwa IMI akan terus membuka ruang kolaborasi lintas sektor, mulai dari industri otomotif nasional, pemerintah daerah, hingga pelaku usaha mikro. Ia menegaskan bahwa prioritas IMI lima tahun ke depan adalah memperkuat peran komunitas otomotif sebagai bagian dari diplomasi budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

    “Jangan melihat IMI hanya dari lintasan sirkuit. Di balik itu, ada denyut ekonomi rakyat, anak muda yang berkarya, pariwisata yang bergerak, dan ada solidaritas yang tumbuh. Dukungan IMI Banten bukan hanya untuk saya pribadi, melainkan terhadap arah perubahan dan visi besar menjadikan IMI sebagai pilar kebangsaan berbasis otomotif,” pungkasnya.

    (ega/ega)

  • Bamsoet Kembali Terima Dukungan dari Pengurus Provinsi sebagai Ketum IMI

    Bamsoet Kembali Terima Dukungan dari Pengurus Provinsi sebagai Ketum IMI

    Jakarta

    Dukungan terhadap Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo untuk kembali memimpin IMI periode 2025-2030 kembali mengalir dari berbagai wilayah. Kali ini dukungan datang dari IMI Provinsi Jambi dan IMI Provinsi Nusa Tenggara Timur yang langsung diantar oleh ketuanya ke Jakarta.

    Dukungan dari sejumlah pengurus IMI Provinsi menjadi cambuk semangat untuk terus memajukan dunia otomotif Indonesia melalui perbaikan tata kelola organisasi yang berjenjang, mulai dari pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota.

    “Dukungan ini bukan semata untuk saya pribadi, tapi untuk kemajuan bersama. IMI adalah rumah besar yang harus terus kita jaga dan majukan guna meningkatkan prestasi olahraga otomotif Indonesia di pentas dunia,” ujar Bamsoet, dalam keterangan tertulis, Kamis (10/7/2025).

    Hal ini ia sampaikan seusai menerima Ketua IMI Provinsi Jambi Guntur Muchtar dan Ketua IMI Provinsi NTT Gavriel Putranto Novanto di Jakarta, Kamis (10/7). Hadir dalam penyerahan dukungan resmi dari para pengurus daerah tersebut Ketua Bidang Sosial & Lingkungan Hidup IMI Pusat Dharma Mangkuluhur, putra Ketua Umum PP IMI (1991-1995) Tommy Soeharto dan Anggota DPR RI Robert Kardinal yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat IMI Pusat.

    Bamsoet memaparkan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan IMI. Mulai dari regulasi kendaraan modifikasi yang baru saja diberlakukan, pengembangan sirkuit berstandar internasional, hingga pembinaan atlet muda untuk kejuaraan dunia.

    Karenanya, kesinambungan program dan kepemimpinan serta penguatan kolaborasi antara pengurus IMI Pusat, IMI Provinsi, Kabupaten/Kota dan para stakeholder lainnya menjadi kunci utama. Selain itu, konsolidasi organisasi harus terus diperkuat.

    Dalam empat tahun terakhir, hampir seluruh pengurus provinsi aktif menggelar event balap, mengikuti pelatihan marshal, pendidikan lisensi, serta konsolidasi klub-klub di daerah. Lebih dari 90% IMI Provinsi menunjukkan performa kinerja yang signifikan dan mengalami peningkatan indeks kegiatan berdasarkan catatan IMI Pusat.

    “Termasuk penyelenggaraan berbagai event internasional seperti GT World Challenge Asia, Indonesia Touring Car Race (ITCR), Formula-E di Ancol, MotoGP di Mandalika, Motocross World Championship Champions MXGP di Sumbawa dan Lombok, Asia Pacific Rally Championship/APRC di Sumatera Utara dan lain-lain,” kata Ketua MPR ke-15 tersebut.

    Ketua IMI Provinsi Jambi dan Ketua IMI Provinsi NTT menyatakan keberlanjutan program IMI harus dipimpin oleh sosok yang telah terbukti, bukan yang sekadar berjanji. Mereka menilai Bamsoet sebagai figur yang tidak hanya memiliki visi, tetapi juga daya dorong politik, ekonomi, dan jejaring strategis yang bisa mengakselerasi kemajuan otomotif Indonesia.

    “Saya maju kembali sebagai calon Ketum IMI agar kita bisa menuntaskan pekerjaan besar yang sudah kita mulai bersama. Karena IMI bukan sekadar organisasi dan wadah persaudaraan brotherhood para pecinta otomotif, melainkan sebuah gerakan nasional membangun peradaban otomotif yang berdaya saing global,” pungkasnya.

    (akn/ega)

  • Maju di Kontestasi Ketum IMI Pusat, Moreno Soeprapto: Bismillah!

    Maju di Kontestasi Ketum IMI Pusat, Moreno Soeprapto: Bismillah!

    Jakarta: Pembalap senior sekaligus anggota DPR RI, Moreno Soeprapto menyatakan siap untuk maju dalam kontestasi pemilihan calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat periode 2025 – 2030.

    “Bismillah, saya siap maju dalam kontestasi pemilihan Ketua Umum IMI Pusat untuk periode 2025 – 2030 mendatang,” ujar Moreno Soeprapto.

    Menurut Moreno, ia memutuskan untuk maju dalam pemilihan karena mendapatkan dukungan dari rekan-rekan pembalap dan berbagai tokoh otomotif.

    “Saya, atas dorongan dan support teman-teman pembalap, tokoh otomotif, para senior dan stakeholder lainnya, terpanggil untuk membawa IMI lebih baik ke depan,” lanjut Moreno. 
     

    Meski begitu, belum banyak yang bisa disampaikan juara Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) musim balap 2024 ini terkait pencalonannya.

    Moreno dikenal dekat dengan Ketum Gerindra sekaligus Presiden RI Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, bahkan sejak sebelum menjadi RI 1 adalah anggota DPR RI Dapil Malang Raya, Jawa Timur untuk periode ketiga. Hingga saat ini, adik dari Ananda Mikola tersebut masih aktif sebagai pembalap.

    Dalam pemilihan Ketum IMI Pusat periode baru, Moreno akan bersaing dengan incumbent Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet.

    Musyawarah Nasional IMI untuk memilih Ketua Umum IMI Pusat direncanakan akan dilangsungkan di Jakarta, pada 11 Desember 2025 mendatang.

    Munas IMI 2025 akan diikuti 37 Pengprov IMI se-Indonesia. Merekalah yang memiliki hak suara untuk menentukan nakhoda organisasi IMI ke depannya.

    Jakarta: Pembalap senior sekaligus anggota DPR RI, Moreno Soeprapto menyatakan siap untuk maju dalam kontestasi pemilihan calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat periode 2025 – 2030.
     
    “Bismillah, saya siap maju dalam kontestasi pemilihan Ketua Umum IMI Pusat untuk periode 2025 – 2030 mendatang,” ujar Moreno Soeprapto.
     
    Menurut Moreno, ia memutuskan untuk maju dalam pemilihan karena mendapatkan dukungan dari rekan-rekan pembalap dan berbagai tokoh otomotif.

    “Saya, atas dorongan dan support teman-teman pembalap, tokoh otomotif, para senior dan stakeholder lainnya, terpanggil untuk membawa IMI lebih baik ke depan,” lanjut Moreno. 
     

     
    Meski begitu, belum banyak yang bisa disampaikan juara Porsche Sprint Challenge Indonesia (PSCI) musim balap 2024 ini terkait pencalonannya.
     
    Moreno dikenal dekat dengan Ketum Gerindra sekaligus Presiden RI Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, bahkan sejak sebelum menjadi RI 1 adalah anggota DPR RI Dapil Malang Raya, Jawa Timur untuk periode ketiga. Hingga saat ini, adik dari Ananda Mikola tersebut masih aktif sebagai pembalap.
     
    Dalam pemilihan Ketum IMI Pusat periode baru, Moreno akan bersaing dengan incumbent Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet.
     
    Musyawarah Nasional IMI untuk memilih Ketua Umum IMI Pusat direncanakan akan dilangsungkan di Jakarta, pada 11 Desember 2025 mendatang.
     
    Munas IMI 2025 akan diikuti 37 Pengprov IMI se-Indonesia. Merekalah yang memiliki hak suara untuk menentukan nakhoda organisasi IMI ke depannya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Ketum IMI Ungkap Permenhub 45 Tahun 2023 Jadi Payung Hukum Dunia Modifikasi

    Ketum IMI Ungkap Permenhub 45 Tahun 2023 Jadi Payung Hukum Dunia Modifikasi

    Jakarta

    Ikatan Motor Indonesia (IMI) menggelar rapat pleno yang dipimpin Ketua Umum, Bambang Soesatyo (Bamsoet). Dalam rapat tersebut, Bamsoet mengumumkan Permenhub Nomor 45 Tahun 2023 kini menjadi payung hukum bagi dunia modifikasi kendaraan di Indonesia.

    Bamsoet mengatakan aturan tersebut bukan sekadar regulasi teknis, melainkan titik balik penting bagi kebangkitan kreativitas otomotif anak bangsa yang selama ini terganjal dalam bayang-bayang ketidakpastian hukum.

    “Permenhub Nomor 45 Tahun 2023 merupakan tonggak penting bagi dunia kustomisasi di Indonesia. Kini para pelaku modifikasi tidak lagi harus bertanya-tanya soal legalitas. Negara hadir memberikan kepastian hukum dan membuka jalan agar karya mereka tidak hanya diakui di dalam negeri, tetapi juga mampu menembus panggung internasional,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (9/7/25).

    Rapat pleno turut dihadiri jajaran pengurus lengkap IMI Pusat, termasuk wakil ketua umum, sekjen, bendahara umum, pengurus harian, dan Dewan Pengawas.

    Bamsoet menambahkan bahwa Permenhub ini mengatur berbagai aspek modifikasi kendaraan bermotor, seperti perubahan jarak sumbu roda, tipe dan merek mesin, hingga penggunaan material modifikasi, asal tetap memenuhi standar keselamatan dan layak jalan. Regulasi ini juga mencakup prosedur pengujian dan sertifikasi bengkel yang boleh melakukan modifikasi teknis.

    “Keberadaan regulasi ini tidak terlepas dari inisiatif dan konsistensi IMI yang sejak 30 April 2021 telah menggagas diskusi intensif bersama Kementerian Perhubungan. Sebagai organisasi induk otomotif nasional, IMI merasa memiliki tanggung jawab untuk memperjuangkan ruang kreatif pelaku industri kustomisasi, mulai dari bengkel kecil menengah hingga builder profesional,” katanya.

    Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa rapat pleno juga menyepakati rencana pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMI tahun 2025. Rakornis akan digelar pada 18 Juli 2025 di Jakarta, sementara Rakernas akan berlangsung pada 28 Juli 2025 di Bali.

    “Rakornis dan Rakernas ini sebagai pijakan utama dalam menyiapkan pemilihan ketua umum IMI periode 2025-2030. Salah satu keputusan penting yang akan dibahas dalam Rakernas adalah penetapan waktu dan tempat pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IMI 2025. Selain itu, Rakernas juga akan memutuskan pelaksanaan IMI Award 2025 sebagai ajang apresiasi tertinggi bagi para insan otomotif tanah air,” pungkasnya.

    Dalam rapat pleno, IMI juga memberikan bonus Rp 100 juta kepada pembalap muda Veda Ega Pratama atas prestasinya di Red Bull Rookies Cup 2025.

    Veda, asal Gunung Kidul, Yogyakarta, menjadi pembalap Indonesia pertama yang menang dua race dalam ajang internasional RBRC 2025 di Sirkuit Mugello, Italia. Pemberian bonus sebesar Rp 100 juta dari IMI ini menjadi bentuk apresiasi atas prestasi yang membanggakan di kancah balap dunia.

    (prf/ega)

  • IMI Radio dan TV Hadirkan Program Unggulan Bareng Bamsoet

    IMI Radio dan TV Hadirkan Program Unggulan Bareng Bamsoet

    Jakarta

    Anggota DPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menuturkan IMI melalui kanal digitalnya IMI TV akan menghadirkan sebuah program unggulan berjudul ‘Bamsoet And The Stars’. Dipandu langsung oleh Bamsoet, program ini bukan sekadar tayangan ringan, tetapi sebuah eksplorasi personal dan otentik ke dalam kehidupan para bintang dan para pembalap motor dan mobil Tanah Air yang mempunyai kecintaan mendalam terhadap dunia otomotif.

    Sedangan IMl Radio 96.7 FM, sebuah stasiun radio di Jakarta milik Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga akan menyajikan menu baru selain sajian hiburan dan musik terkini. IMI Radio juga akan menyiarkan berita-berita yang terkait dengan dunia otomotif dan komunitas serta club-club otomotif. Hal itu diungkapkan oleh Bamsoet saat menerima Pengurus IMI Pusat di Jakarta, Kamis (3/7/2025).

    “‘Bamsoet And The Stars’ dan IMI Radio 96.7 FM bukanlah program otomotif biasa. Dalam setiap episodenya, saya akan mengunjungi rumah atau ruang pribadi para tokoh terkenal seperti Raffi Ahmad, Andre Taulany, Gading Martin, Atta Halilintar dan lain-lain. Juga para pembalap terkenal, baik yang sedang naik daun seperti Farrel Suroyo, Vega Ega Pratama maupun yang legendaris seperti Tinton Suprapto,” kata Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (4/7/2025).

    “Di situlah, perbincangan hangat akan berlangsung dan penuh makna. Mengulik sisi personal para bintang tamu. Mulai dari cerita masa kecil, filosofi hidup, hingga kecintaan mereka terhadap kendaraan dan dunia otomotif,” sambungnya.

    Bamsoet menuturkan, nama-nama selebritas seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Gading Marten, ataupun Andre Taulany dijadwalkan menjadi bagian dari deretan bintang tamu perdana. Menurutnya, mereka bukan hanya selebritas tetapi juga representasi dari generasi yang membawa semangat otomotif ke dalam gaya hidup kekinian.

    Bamsoet mencontohkan Raffi Ahmad sebagai pesohor yang dikenal memiliki koleksi mobil mewah dan motor gede. Atta Halilintar bukan hanya pebisnis muda sukses, tetapi juga pemilik beberapa kendaraan sport yang telah dimodifikasi sesuai selera pribadinya.

    Gading Marten juga punya cerita panjang soal touring dan kecintaannya pada motor klasik. Sementara Andre Taulany adalah ikon otomotif di dunia hiburan yang menjadikan mobil dan motor sebagai bagian dari identitas dirinya di layar kaca.

    “Program ini akan membedah sisi personal para bintang tamu yang jarang tersorot di media. Bagaimana masa kecil mereka membentuk rasa suka pada kendaraan? Apa filosofi hidup mereka yang tercermin dari pilihan kendaraan yang mereka miliki? Apa kendaraan pertama mereka, dan bagaimana rasanya saat pertama kali memegang setir? Semua pertanyaan ini, dan banyak lagi, akan menjadi bagian dari narasi yang ditelaah dalam setiap episode,” ungkap Bamsoet.

    Bamsoet menjelaskan lebih dari sekadar hiburan, ‘Bamsoet And The Stars’ juga membawa misi memperluas edukasi publik tentang budaya berkendara yang positif dan bertanggung jawab.

    Menurutnya, dengan menampilkan tokoh publik yang jadi panutan banyak orang, program ini menjadi sarana strategis untuk mempromosikan keselamatan berkendara, modifikasi kendaraan yang sesuai regulasi, hingga pentingnya menjaga etika di jalan raya.

    “Program ini lahir dari semangat IMI untuk menjembatani dunia otomotif dengan dunia kreatif. Kita ingin menunjukkan bahwa otomotif bukan sekadar hobi atau alat transportasi, tetapi juga bagian dari identitas, ekspresi diri, bahkan filosofi hidup seseorang. Melalui ‘Bamsoet And The Stars’, kita masuk ke ranah yang lebih intim, personal, dan inspiratif,” tutup Bamsoet.

    Sebagai informasi tambahan, turut hadir dalam acara pertemuan tersebut yakni Pengurus IMI Pusat, Bendahara Umum Jefri JP, Waketum Bidang Organisasi M. Riyanto, Hubungan Antar Lembaga Erwin MP, Komunikasi dan Media Dwi Nugroho Marsudianto, Executive Producer IMI TV Peter Rotti, Producer IMI TV M. Meldy Gustiandri, dan Kameramen Meldy Gustiandri.

    (akn/ega)

  • Bamsoet Apresiasi Dukungan untuk Kembali Pimpin IMI Periode 2025-2030

    Bamsoet Apresiasi Dukungan untuk Kembali Pimpin IMI Periode 2025-2030

    Jakarta

    Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh IMI Provinsi DKI Jakarta untuk dirinya kembali maju sebagai Ketua Umum IMI periode 2025-2030.

    Dukungan dari IMI DKI Jakarta merupakan dukungan resmi pertama kepada Bamsoet dari seluruh IMI provinsi di Indonesia. Menurut Bamsoet, dukungan tersebut merupakan sebuah bentuk kepercayaan terhadap visi bersama yang telah dijalankan.

    “Membangun IMI sebagai organisasi otomotif modern yang tidak hanya melayani dunia balap, tapi juga menggerakkan sport tourism, budaya modifikasi, dan edukasi keselamatan berkendara,” ujar Bamsoet, dalam keterangan tertulis, Senin (1/7/2025).

    Hal tersebut ia sampaikan saat menerima dukungan tertulis dari Pengurus IMI Provinsi DKI Jakarta di Jakarta, Senin (1/7). Hadir antara lain Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko dan Sekretaris IMI DKI Jakarta Dodi Irawan.

    Bamsoet menuturkan dirinya siap maju kembali apabila mendapatkan amanat dari anggota IMI dan pemilik suara. Bamsoet juga menegaskan bahwa pemilihan ketua umum bukan semata soal personal, tetapi tentang kesinambungan program, keberlanjutan visi, dan penguatan solidaritas lintas komunitas otomotif.

    “IMI bukan sekadar organisasi. Ini adalah gerakan sosial, ekonomi, budaya, dan edukasi yang berangkat dari kecintaan terhadap dunia otomotif,” kata Ketua MPR RI ke-15 tersebut.

    “Jika kita ingin IMI terus relevan, kita harus terus bergerak bersama. Karena baik di jalanan maupun di sirkuit, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa finish dengan kehormatan,” sambungnya.

    Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko menjelaskan dukungan pihaknya terhadap Bamsoet diberikan secara penuh dan bulat. Mengingat keberhasilan IMI di bawah kepemimpinan Bamsoet bukan hanya pada aspek prestasi, tetapi juga pada tata kelola organisasi.

    Di bawah kepemimpinan Bamsoet, IMI berhasil menyelenggarakan berbagai kejuaraan balap nasional dan internasional, membangun sistem digitalisasi database anggota, mempermudah akses perizinan event, hingga melibatkan komunitas dalam kebijakan strategis. Menurut Anondo, tidak kalah penting adalah perhatian IMI terhadap pengembangan komunitas kendaraan listrik dan modifikasi kendaraan, sejalan dengan tren elektrifikasi global.

    “IMI menjadi salah satu organisasi otomotif pertama yang mendukung penuh transisi kendaraan konvensional ke listrik melalui regulasi yang akomodatif dan pelatihan teknis di berbagai daerah,” kata Anondo Eko.

    (akd/akd)

  • Ketum IMI Dorong Pembinaan Atlet Balap Sejak Usia Dini

    Ketum IMI Dorong Pembinaan Atlet Balap Sejak Usia Dini

    Jakarta

    Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan pembinaan atlet balap sejak usia dini merupakan aspek penting dalam pengembangan potensi atlet dan prestasi olahraga di Indonesia. Sejak usia dini, anak-anak memiliki kapasitas belajar yang luar biasa dalam menyerap teknik, strategi, dan tata cara berkompetisi yang diperlukan dalam olahraga balap.

    Menurutnya, metode pelatihan yang terencana dengan baik dapat membantu mereka memahami aspek teknis dan taktis dari balapan. Langkah itu juga mampu mengembangkan keterampilan fisik yang mendasar seperti koordinasi, ketangkasan, dan daya tahan.

    “Pentingnya pembinaan sedini mungkin tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebuah studi yang dilakukan oleh European Journal of Sports Science mencatat bahwa pembalap muda yang terlatih dari usia dini menunjukkan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang baru memulai persiapan di usia remaja,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (29/6/2025).

    “Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya teknik yang dapat diasah, tetapi mentalitas serta pengendalian diri juga menjadi faktor penentu keberhasilan,” tambahnya saat menerima Ketua IMI Daerah Istimewa Yogyakarta Kanjeng Pangeran Haryo Purbodiningrat di Yogyakarta, Sabtu (28/6).

    Bamsoet menjelaskan negara-negara yang mendominasi dunia balap seperti Spanyol dan Italia memiliki sistem pembinaan atlet balap dari level anak-anak. Mereka tidak hanya menyediakan fasilitas sirkuit mini, tetapi juga pelatihan teknik berkendara, disiplin fisik, hingga simulasi balap yang dirancang menyerupai kondisi balapan profesional.

    Di Spanyol, federasi balap bahkan memasukkan pendidikan balap ke dalam program ekstrakurikuler sekolah-sekolah olahraga.

    “Indonesia butuh langkah serupa. Pembinaan atlet balap harus dimulai sejak usia dini, tidak cukup dengan menyediakan motor mini atau gokart, tetapi juga menghadirkan ekosistem lengkap,” ungkapnya.

    “Mulai dari sekolah balap, pelatih bersertifikat, kompetisi rutin, serta dukungan psikologis dan nutrisi. Di sinilah peran penting pemerintah, IMI, dan sektor swasta untuk membangun jalur pembibitan yang berkelanjutan,” sambung Bamsoet.

    Dia memaparkan pembinaan usia dini juga penting untuk membangun karakter. Dunia balap menuntut kedisiplinan, kemampuan mengambil keputusan dalam tekanan tinggi, dan sportivitas tinggi. Nilai-nilai yang bisa ditanamkan sejak dini.

    Pembalap muda yang terbiasa dilatih dalam sistem profesional akan memiliki etos kerja, mental kompetitif, dan kemampuan adaptasi yang lebih baik ketika menembus pentas internasional.

    “Indonesia memiliki potensi besar dalam dunia balap. Nama seperti Veda Ega Pratama, pembalap asal Gunung Kidul Yogyakarta, yang baru saja menorehkan sejarah dengan back to back juara di Red Bull Rookies Cup 2025 di Mugello, Italia, adalah contoh konkret dari hasil pembinaan yang tepat sejak dini,” jelasnya.

    “Veda bukan muncul begitu saja. Dia lahir dari program pembinaan jangka panjang, dukungan orang tua, pembimbing berpengalaman, serta keberanian menembus kompetisi internasional sejak usia belia,” tutup Bamsoet.

    (akd/ega)

  • Kemenhub Bakal Revisi Aturan, Belum Ada Izin Taksi Terbang buat Komersil

    Kemenhub Bakal Revisi Aturan, Belum Ada Izin Taksi Terbang buat Komersil

    Jakarta

    EHang (EH) 216 S melakukan uji terbang perdana bersama penumpang di langit Indonesia. Taksi terbang itu belum memiliki izin untuk mengudara secara komersial.

    Salah satu tantangan taksi terbang belum bisa dilakukan secara komersil adalah regulasi yang belum diperbarui. Sokhib AlRochman, Direktur Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) menyebut pihaknya akan melakukan evaluasi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

    “Undang-undang ini sudah 15 tahun, jadi memang perlu dievaluasi,” kata Sokhib di Phantom Ground Park PIK 2, Kab. Tangerang, Banten, Rabu (25/6/2025).

    EH 216 S sudah memiliki Sertifikat Tipe (Type Certificate) untuk Sistem UAV Pengangkut Penumpang EH216-S yang dikeluarkan oleh Civil Aviation Administration of China (CAAC) atau Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok. Sertifikat ini menunjukkan desain model EH216S sepenuhnya mematuhi standar keselamatan dan persyaratan kelaikudaraan Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok.

    Di Indonesia, EH216 S saat ini membutuhkan proses validasi sertifikasi tipe di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

    Dalam ketentuan umum Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 tahun 2022 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 119 tentang Sertifikasi Pengoperasian Pesawat Udara Untuk Kegiatan Angkutan Udara dijelaskan, sertifikasi adalah suatu proses dan prosedur terdokumentasi untuk memastikan setiap orang yang mengoperasikan Pesawat Udara untuk kegiatan Angkutan Udara telah memenuhi ketentuan persyaratan dan standar.

    “Rencana kita mau revisi atau amandemen UU Nomor 1 Tahun 2009, di mana salah satu item yang ingin kita masukkan mengakomodir operasional, mulai dari desain, operational, personil, fasilitas. Kami akan rapat dengan Civil Aviation Authority of China, salah satunya membahas arrangement produk China untuk melakukan type certificate validasi, sehingga nanti bisa menjadi resmi masuk dan dipakai operator Indonesia, apalagi pak Bamsoet mau beli. Insya Allah nanti sudah valid pak. Sehingga nanti kita bisa terbitkan SOP standar yang bisa dipakai buat komersil,” kata Sokhib.

    Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation mengatakan saat ini EH 216 S baru mendapat izin demo flight. EHang 216 S merupakan layanan taksi udara secara otonom untuk jarak pendek. Di Indonesia, EHang 216 masih dalam konteks uji terbang penumpang terbatas, belum untuk operasi penumpang komersial.

    “Teknologinya udah ada, tapi regulasinya masih digodok. Jadi menunggu regulasinya. Regulasinya lagi diolah supaya bisa mengikuti teknologi yang semakin cepat berkembang,” kata Rudy.

    “Semoga dalam waktu setahunan ini kita udah komersil. Paling nggak, sedikit langkah maju dari sebelumnya,” kata Rudy.

    Sebagai kendaraan tanpa awak kemudi, Ehang 216 dioperasikan melalui pusat komando dan kendali AAV (Autonomous Aerial Vehicle) yang berada di darat menggunakan jaringan 4G/5G sebagai saluran transmisi nirkabel berkecepatan tinggi untuk berkomunikasi dengan lancar dengan pusat komando dan kendali.

    Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi kesuksesan uji terbang perdana taksi udara otonom EHang 216-S (EH216-S).

    “Kehadiran taksi terbang EHang di Indonesia tidak hanya menunjukkan kesiapan Indonesia dalam memasuki era transportasi udara otonom, tetapi juga membuka peluang besar bagi industri otomotif dan penerbangan dalam negeri untuk berinovasi dan bersinergi bersama. Keberhasilan uji terbang hari ini perlu diperluas ke berbagai kota sebagai langkah strategis dalam meningkatkan pemahaman dan penerimaan masyarakat terhadap teknologi transportasi udara otonom,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (26/6/2025).

    (riar/rgr)

  • Bamsoet Apresiasi Kesuksesan Uji Terbang Perdana EHang dengan Penumpang

    Bamsoet Apresiasi Kesuksesan Uji Terbang Perdana EHang dengan Penumpang

    Jakarta

    Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi kesuksesan uji terbang perdana taksi udara otonom EHang 216-S (EH216-S) dengan penumpang di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. Menurut Bamsoet, pencapaian ini menandai kesiapan Indonesia dalam memasuki era baru transportasi udara otonom yang cerdas, cepat, dan ramah lingkungan.

    Ia menilai teknologi seperti EHang dapat membuka peluang besar bagi sinergi antara industri otomotif dan penerbangan dalam negeri.

    “Kehadiran taksi terbang EHang di Indonesia tidak hanya menunjukkan kesiapan Indonesia dalam memasuki era transportasi udara otonom, tetapi juga membuka peluang besar bagi industri otomotif dan penerbangan dalam negeri untuk berinovasi dan bersinergi bersama. Keberhasilan uji terbang hari ini perlu diperluas ke berbagai kota sebagai langkah strategis dalam meningkatkan pemahaman dan penerimaan masyarakat terhadap teknologi transportasi udara otonom,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (26/6/2025).

    Bamsoet menambahkan bahwa meski EH216-S sudah beberapa kali diuji coba sejak 2021 di berbagai lokasi seperti Bali, Semeru, Pondok Cabe, hingga JIEXPO Kemayoran, penerbangan kali ini menjadi yang pertama dilakukan dengan penumpang.

    Sebelumnya, EHang juga sukses diperkenalkan dan uji coba dalam ajang Thailand Drone Exhibition & Symposium yang diselenggarakan Otoritas Penerbangan Sipil Thailand (CAAT) pada November 2024 lalu.

    Pesawat tanpa pilot ini mampu mengangkut dua penumpang dengan kecepatan maksimal 130 km/jam dan jarak tempuh hingga 30 kilometer. Waktu terbangnya berkisar antara 18-25 menit dalam satu kali pengisian daya.

    “Sebuah efisiensi yang tidak hanya menjanjikan kenyamanan, tetapi juga keberlanjutan lingkungan di tengah kemacetan lalu lintas yang kian kompleks,” kata Bamsoet.

    Ia memaparkan EH216-S juga telah mendapatkan sertifikat tipe, produksi, dan kelaikan udara dari Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC). Capaian ini menjadikannya sebagai electric Vertical Take-Off Landing (eVTOL) penumpang otonom pertama di dunia yang diakui secara resmi.

    Dengan sistem navigasi berbasis AI, sistem fail-safe yang memantau kondisi udara secara real-time, serta 16 motor listrik independen yang memungkinkannya lepas landas dan mendarat secara vertikal, EH216-S disebut mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang. Sistem baterainya pun dilengkapi manajemen cerdas dan perlindungan dari serangan siber.

    “Dari aspek keselamatan, EH216-S dilengkapi sistem manajemen baterai cerdas yang mengatur 12 kelompok baterai secara simultan, sistem kendali redundan untuk menghindari kegagalan teknis, hingga jaringan komunikasi terenkripsi untuk menangkal potensi serangan siber. Setiap aspek dari kendaraan ini didesain untuk satu tujuan: membawa penumpang dengan selamat, efisien, dan nyaman ke tempat tujuan,” pungkas Bamsoet.

    Sebagai informasi, uji terbang ini turut dihadiri: Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni, Raffi Ahmad, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Komunikasi IMI; Executive Chairman Prestige Aviation Rudy Salim; CFO EHang China Conor; serta Komunikasi dan Media IMI Dwi Nugroho Marsudianto.

    (anl/ega)