Organisasi: Gaikindo

  • Jetour Umumkan Harga SUV Dashing-X70 Plus, Kasih Garansi Mesin 10 Tahun

    Jetour Umumkan Harga SUV Dashing-X70 Plus, Kasih Garansi Mesin 10 Tahun

    Jakarta

    Jetour menjadi brand baru yang datang ke Indonesia di bawah bendera Chery Holding Group. Setelah tampil di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, kali ini Jetour merilis harga dua mobil Sport Utility Vehicles (SUV).

    “Setelah lebih dari tiga bulan, kami sangat senang dapat meluncurkan dua mobil baru di Senayan Park,” kata Vice President Jetour Auto, Ke Chuandeng di Senayan Park, Jakarta, (15/11/2024).

    Dashing bakal meramaikan segmen mobil compact. Sedangkan X70 Plus, merupakan mobil yang sama-sama akan bersaing di kelas medium.

    Jetour Dashing merupakan SUV yang dirancang untuk generasi muda, sementara Jetour X70 PLUS adalah SUV dengan kabin yang luas dan advanced untuk perjalanan.

    Fitur unik Jetour Dashing salah satunya ialah LED Daytime Running Light “Sword Edge” dan desain lampu belakang berbentuk bendera kotak-kotak. Desain bodi dengan gaya coupe 3D dan pegangan pintu tersembunyi menciptakan eksterior yang stylish.

    Selanjutnya Jetour X70 Plus, ini merupakan SUV keluarga 7-seater dengan kabin yang luas dengan memiliki panjang bodi 4.724 mm dan lebar 1.900 mm, serta jarak sumbu roda 2.745 yang ideal untuk perjalanan keluarga.

    “Sejauh ini sudah lebih dari 750 ribu unit X70 series terjual di dunia,” kata Ke Chuandeng.

    Kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat, menawarkan ruang bagasi hingga 1.680 liter. 62″ Panoramic Sunroof mencakup kursi baris kedua.

    Jetour X70 Plus juga dilengkapi filter udara CN95 yang dapat secara efektif menyaring bakteri dan zat berbahaya. Fitur seperti akses Keyless Entry, One-Touch start, dan Electric Tailgate with Memory Function.

    Kedua mobil itu diketahui menggunakan mesin 1.500 cc turbo. Keduanya sama-sama menggunakan mesin 1.5 Turbo 6DCT yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 156 PS dan torsi puncak 230 Nm.

    Sebagai catatan, Jetour merupakan merek mobil yang usianya masih sangat muda, yakni enam tahun. Meski demikian, mereka telah menjual ratusan ribu unit kendaraan ke seluruh dunia.

    Sebelum ke Indonesia, jenama yang dikenal berkat produk-produk SUV-nya tersebut sudah mulai menjual mobil di berbagai negara selain di China, antara lain Myanmar, Meksiko, Arab Saudi, Uzbekistan, Chile, Ekuador dan Paraguay.

    Jetour sudah merakit lokal kedua mobil tersebut dengan sistem Completely Knocked Down (CKD) yang bekerja sama dengan PT Handal Indonesia Motor. Soal harga, Jetour Dashing ditawarkan mulai Rp 380 jutaan sedangkan X70 Plus paling murah Rp 414 jutaan. Berikut harga lengkap SUV Jetour.

    Harga Jetour Dashing:Journey: Rp 398,8 jutaInspira: Rp 430,8 jutaHarga Jetour X70 Plus:Journey: Rp 414,8 jutaInspira: Rp 448,8 juta

    Nominal tersebut berstatus on the road Jakarta.

    “Harga ini pre-booking yang diperpanjang sampai akhir tahun,” kata Marketing Director PT Jetour Motor Indonesia, Moch Ranggy Radiansyah.

    Setiap konsumen akan mendapatkan garansi mesin hingga 10 tahun atau 1.000.000 km dan garansi kendaraan secara keseluruhan hingga 6 tahun tanpa batasan jarak tempuh (Unlimited Mileage).

    Tidak hanya itu, konsumen juga akan mendapat keuntungan tambahan, antara lain:

    Bebas biaya servis selama tiga tahun, termasuk biaya jasa dan penggantian spare partBensin gratis 1.000 literAsuransi gratis selama dua tahun

    (riar/dry)

  • BYD Melesat, Kini Tempel Suzuki

    BYD Melesat, Kini Tempel Suzuki

    Jakarta

    Posisi Toyota masih kokoh di daftar merek mobil terlaris di Indonesia. Menariknya BYD melesat ke posisi enam membuntuti Suzuki.

    Penjualan mobil di Indonesia terpantau mengalami peningkatan tipis. Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan pada Oktober secara wholesales mencapai 77.191 unit atau naik sekitar 6,2 persen dibandingkan September. Penjualan retail pun meningkat meski angkanya tak signifikan. Bila pada September penjualan retail tercatat sebanyak 72.337 unit, maka pada Oktober mencapai 73.443 unit.

    Bila diakumulasi dari Januari hingga Oktober, penjualan mobil di Indonesia baru mencapai 710.406 unit secara wholesales dan 730.637 unit secara retail. Dengan waktu tersisa dua bulan, tampaknya masih ada harapan untuk mengejar target penjualan sebanyak 850 ribu unit hingga penghujung tahun 2024.

    Adapun dari peningkatan penjualan pada Oktober tersebut, Toyota masih jadi yang terlaris sekaligus kontributor terbesar. Toyota tercatat mengirimkan 27.030 unit mobilnya dari pabrik ke dealer. Sementara penjualan retail Toyota turun tipis dari 25.561 unit menjadi 24.820 unit.

    Di posisi kedua, ada Daihatsu. Penjualan retail Daihatsu sepanjang bulan kesepuluh itu mencapai 14.096 unit dan secara retail 13.101 unit. Mengekor di bawah Daihatsu, ada Honda yang membukukan penjualan wholesales sebanyak 8.633 unit dan retail 8.048 unit.

    Suzuki mengisi posisi keempat. Ada sekitar 5.491 unit mobil Suzuki yang didistribusikan dari pabrik ke dealer-dealernya. Sedangkan dari penjualan retail, Suzuki mengirimkan 5.330 unit mobil ke garasi konsumen. Melengkapi posisi lima besar, masih dari pabrikan Jepang Mitsubishi Motors.

    Pada Oktober, penjualan wholesales Mitsubishi Motors mencapai 5.486 unit dan retail 5.733 unit. Menariknya, merek China BYD mencatatkan peningkatan distribusi wholesales maupun retail. Posisi BYD pun melesat dan kini bertengger di posisi enam di bawah Mitsubishi dan Suzuki. Padahal pada periode September, BYD masih berada di posisi ke-8 untuk penjualan wholesales dan posisi ke-10 di penjualan retail.

    Distribusi wholesales BYD tercatat sebanyak 2.488 unit sedangkan penjualan retailnya 2.597 unit. Berkat torehan itu juga BYD melampaui torehan Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Wuling, hingga Hyundai. Lebih lengkapnya, berikut ini daftar merek mobil terlaris Oktober 2024.

    10 Merek Mobil Terlaris Oktober 2024

    Wholesales

    1. Toyota: 27.030 unit
    2. Daihatsu: 14.096 unit
    3. Honda: 8.633 unit
    4. Mitsubishi Motors: 5.486 unit
    5. Suzuki: 5.491 unit
    6. BYD: 2.488 unit
    7. Mitsubishi Fuso: 2.414 unit
    8. Hino: 2.320 unit
    9. Wuling: 2.203 unit
    10. Isuzu: 2.106 unit

    Retail sales

    1. Toyota: 24.820 unit
    2. Daihatsu: 13.101 unit
    3. Honda: 8.048 unit
    4. Mitsubishi Motors: 5.733 unit
    5. Suzuki: 5.330 unit
    6. BYD: 2.597 unit
    7. Isuzu: 2.448 unit
    8. Mitsubishi Fuso: 2.392 unit
    9. Hino: 2.128 unit
    10. Wuling: 2.072 unit

    (dry/din)

  • Genjot Penjualan Mobil di RI, Astra Auto Fest 2024 Resmi Digelar

    Genjot Penjualan Mobil di RI, Astra Auto Fest 2024 Resmi Digelar

    Jakarta

    PT Astra International Tbk membuka acara Astra Auto Fest 2024 di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024). Agenda ini bertujuan untuk menggairahkan pasar otomotif di Indonesia.

    “Industri otomotif sedang mengalami tantangan, terutama mobil saat ini mengutip statistik Januari sampai Oktober turun sebesar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Direktur Astra Rudy Chen saat pembukaan Astra Auto Fest di PIM 2, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024).

    “Sebaliknya kendaraan roda dua berdasarkan AISI meningkat tiga persen mencapai 5,4 juta,” kata Rudy lagi.

    Sebagai informasi, pasar mobil Indonesia pada tahun 2024 mengalami penurunan. Gaikindo sudah merevisi target penjualan mereka di tahun 2024 ini, dari awalnya 1,1 juta unit, menjadi sekitar 850 ribu unit.

    Penjualan mobil di Indonesia tengah lesu. Penurunannya pun cukup signifikan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2024 baru terjual 633.218 unit atau turun 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

    “Atas dasar itu Astra Auto Fest kami hadir kembali, tujuannya untuk menggairahkan pasar otomotif Indonesia,” ujarnya lagi.

    Pameran ini sudah berlangsung sejak tahun 2018. Namun terhenti selama tiga tahun saat pandemi COVID-19. Ini merupakan pameran keempat kalinya yang digelar dari tanggal 15 hingga 17 November 2024.

    Seluruh lini bisnis otomotif dan jasa keuangan Astra Group akan bersinergi dalam menawarkan beragam produk, promo, dan penawaran terbaik selama tiga hari gelaran tersebut.

    Project Director Astra Auto Fest Yagimin menargetkan 1.000 transaksi selama pameran tersebut.

    “Target yang kami sematkan di Astra Auto Fest ini kita tidak terlalu bombastis, lebih kurang 1.000 unit atau 1.000 transaksi,” ujar Yagimin.

    Sekadar informasi, sejumlah perusahaan otomotif di bawah naungan grup Astra yang mengikuti Astra Auto Fest 2024, antara lain Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Lexus Menteng Gallery, Astra UD Trucks, dan Astra Motor.

    Chief Marketing dan Sales Officer Astra Credit Companies (ACC) Tan Chian Hok (Ahok) mengungkap saat ini pembelian mobil dan sepeda motor secara kredit mencapai 70 persen. Dalam program ini diberikan rate bunga kompetitif mulai dari 1,99 persen hingga 3,99 persen.

    Selain bisa membeli mobil baru, pengunjung bisa melakukan trade in atau tukar tambah mobil melalui OLXMobbi dengan promo cashback hingga 6,5 juta.

    Dalam acara ini, AstraPay menawarkan berbagai promo menarik untuk memperkenalkan manfaat pembayaran digital kepada masyarakat luas, khususnya di industri otomotif. Promo-promo tersebut antara lain:

    Cashback SPK Motor & Mobil: Cashback Astra Voucher hingga Rp1.000.000 untuk transaksi minimal Rp2.000.000, serta merchandise berupa bantal selimut (balmut).Program Pengguna Baru: Voucher cashback hingga Rp100.000.Program Pengguna Baru, Upgrade Akun, atau Transaksi: Merchandise menarik seperti clutch, parfum, payung, atau tas laptop.

    (riar/dry)

  • Penjualan Mobil Honda Naik, Ini Model Terlarisnya

    Penjualan Mobil Honda Naik, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Honda mengalami peningkatan penjualan sepanjang Oktober 2024 dibandingkan bulan lalu. Tren penjualan Honda masih didominasi model Sport Utility Vehicles (SUV) dan City Car.

    Berdasarkan data retail (distribusi dealer ke konsumen) tiga penjualan teratas Honda antara lain, Honda Brio sebanyak 4.491 unit, Honda HR-V sebesar 1.318 unit atau meningkat sebesar 13 persen dari bulan lalu. Disusul oleh Honda WR-V yang mengalami peningkatan10 persen dengan penjualan sebanyak 1.099 unit.

    Model lain seperti Honda BR-V yang naik sebesar 16 persen dengan total 785 unit.Kemudian Honda CR-V turut mencatatkan penjualan sebesar 175 unit.

    Sementara itu, Honda Brio tetap menjadi kontributor utama terhadap penjualan Honda dengan pangsa pasar sebesar 56 persen, atau sebanyak 4.491 unit.

    Tidak disebutkan secara rinci besaran penjualan City Hatchback, Mobilio, Accord, City, hingga Civic Type R. Honda hanya mencatatkan total penjualan sebesar 180 unit untuk model lainnya.

    Honda mencatat penjualan retail sebanyak 8.048 unit pada Oktober 2024, meningkat sebesar 5,8 persen dibandingkan dengan penjualan pada September 2024.

    “Pada akhir tahun 2024 ini kami terus berupaya untuk menggerakkan pasar dengan mendekatkan diri kepada konsumen melalui berbagai inisiatif,” kata Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

    “Salah satunya adalah penyelenggaraan event yang memberikan pengalaman interaktif serta program penjualan yang memudahkan konsumen dalam memiliki produk Honda. Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen atas kepercayaannya dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk berkualitas serta layanan purna jual terbaik untuk konsumen,” tambah dia.

    Sebagai informasi tambahan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan penjualan hingga akhir tahun 2024 tembus 850 ribu unit. Target itu turun dari awal tahun yang sudah dicanangkan sebesar 1,1 juta unit.

    Penjualan mobil tertinggi di Indonesia terjadi pada tahun 2013 yang mencapai 1.229.811 unit. Tetapi angkanya terus merosot di tahun berikutnya namun tetap berada di level satu jutaan.

    (riar/dry)

  • Kata Fuso soal Produksi Truk Listrik eCanter di Indonesia

    Kata Fuso soal Produksi Truk Listrik eCanter di Indonesia

    Jakarta

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku produsen Mitsubishi Fuso di Indonesia bicara peluang memproduksi lokal truk listrik eCanter di Tanah Air. Kendaraan komersial ramah lingkungan tersebut saat ini masih berstatus impor utuh (CBU) dari Jepang.

    Aji Jaya selaku Direktur Sales & Marketing Division PT KTB mengaku tak menutup kemungkinan memproduksi lokal truk listrik eCanter. Pihaknya saat ini masih dalam tahap riset dan studi.

    “Soal posibilitas produksi lokal eCanter, mungkin saya bisa sampaikan di sini bahwa kami masih dalam tahap studi. Kami masih di tahap awal ya, karena kami juga baru mulai menjual eCanter tahun ini,” ujar Aji Jaya di Tangerang, Banten, Rabu (13/11).

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Lebih jauh, Aji juga menegaskan, keputusan memproduksi lokal kendaraan butuh pertimbangan banyak faktor, termasuk perkembangan pasar dan jumlah permintaan. Apalagi truk listrik merupakan kendaraan baru yang populasinya sangat terbatas di Indonesia.

    “Kami terus melihat update situasi, perkembangan situasi yang terjadi di pasar. Dan sampai hari ini tentunya sangat terbuka bagi kami (untuk memproduksi lokal eCanter). Tapi posisinya masih dalam tahap studi,” tegasnya.

    Sebagai catatan, Fuso eCanter meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Sementara konsumen pertama yang sudah membeli kendaraan tersebut adalah perusahaan logistik bernama PT Yusen Logistics Indonesia (YLI).

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Meski sudah mulai dijual, namun harga Fuso eCanter belum diumumkan. Pabrikan hanya menegaskan, untuk versi dasar, truk nonemisi tersebut dibanderol mulai Rp 1 miliaran.

    “Jadi kalau soal harga, sebelum dipaketkan, belum termasuk paket, bisa kita sampaikan bahwa itu mungkin di atas Rp 1 miliar. Tapi soal berapa tepatnya, itu tadi tergantung kebutuhan dan fungsi,” tuturnya.

    “Termasuk dengan apabila mereka butuh charger, bagaimana proses pembayarannya, apa betul-betul rental atau butuh operating risk dan beli langsung. Itu tergantung konsumen,” kata dia menambahkan.

    Fuso eCanter menggunakan baterai ukuran M berkapasitas 83 kWh yang mampu menempuh jarak 140 KM dengan GVW sebesar 6 ton. Kendaraan tersebut punya wheelbase atau jarak sumbu roda 3,4 meter dan torsi besar cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal

    (sfn/dry)

  • Mobil Tamu Negara Pelantikan Prabowo-Gibran Dijual Lebih Murah, Ini Sebabnya

    Mobil Tamu Negara Pelantikan Prabowo-Gibran Dijual Lebih Murah, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Sebanyak 60 unit Mercedes-Benz S 450 bekas tamu negara di acara pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka resmi dijual. Mobil tersebut dijual dengan status limited edition alias terbatas. Tapi menariknya, harga model tersebut bakal lebih murah dari harga Mercedes-Benz S 450 baru.

    “Karena mileage-nya (kilometernya) sudah berjalan sedikit, jadi memang ada potongan harga. Tetapi berapakah besarannya? Itu tergantung masing-masing dealer, mereka yang akan mengolah. Tapi yang jelas, harganya akan berkurang sedikit (dari versi standar),” ungkap Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, di Wisma Habibie & Ainun, Jakarta, Rabu (13/11/2024).

    60 unit Mercedes-Benz S450 President Edition resmi dijual Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Menurut Kariyanto, 60 unit Mercedes-Benz S 450 bekas tamu negara tersebut akan dijual sebagai S-Class President Edition. Rata-rata mobil tersebut sudah punya kilometer antara 100-300 km. Kata Kariyanto, Mercedes-Benz S-Class President Edition ini punya keistimewaan dari sisi historis, sebab bekas digunakan oleh para tamu negara pada acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

    “Bahkan kemarin juga ada calon konsumen yang minta unit bekas dipakai Sultan Brunei Darussalam,” bilang Kariyanto lagi.

    Supaya membedakannya dengan versi standar, Inchape memberikan beberapa identitas yang menjadi ciri khas. Salah satunya adalah emblem ‘President’ di pintu bagasi belakang bagian kanan.

    “Sebelumnya pakai tulisan ‘4Matic’, kami ubah menjadi ‘President’,” ungkap Kariyanto. Selanjutnya geser ke interior, hal lain yang bikin beda adalah adanya tambahan bantal pada kursi depan dan kursi baris kedua dengan signature khusus, berupa bordir tulisan ‘President Edition’.

    Mercedes-Benz Indonesia juga bakal memberi kotak eksklusif yang berisi buku sejarah mobil kepresidenan Mercedes-Benz, ‘Pushing Boundaries: The Mercedes-Benz Legacy’, titanium card yang berisi nomor serial dan nomor VIN.

    Sebanyak 60 unit Mercedes-Benz S 450 President Edition ini nantinya akan diperkenalkan dan dijual secara resmi pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE-BSD City, Tangerang, 22 November-1 Desember 2024.

    (lua/rgr)

  • Biar Laku, Insentif Truk Listrik Diminta Setara Mobil Listrik

    Biar Laku, Insentif Truk Listrik Diminta Setara Mobil Listrik

    Jakarta

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku produsen Mitsubishi Fuso di Indonesia meminta pemerintah memberikan insentif truk listrik yang besarannya sama dengan mobil listrik. Hal itu diyakini mampu meningkatkan minat konsumen membeli kendaraan nonemisi tersebut.

    “Mungkin sudah ada referensinya seperti passenger car (mobil penumpang), kita minta sama seperti passenger car. Apa yang diberikan ke mobil penumpang listrik (diberikan juga) ke mobil niaga berbasis listrik,” ujar Aji Jaya selaku Direktur Sales & Marketing Division PT KTB di Tangerang, Banten, Rabu (13/11).

    Aji menjelaskan kendaraan niaga berbasis listrik saat ini hanya diganjar insentif Bea Balik Nama (BBNKB) nol persen. Maka, agar setara dengan mobil penumpang listrik, kendaraan tersebut harusnya mendapat potongan pajak dari yang semula 11 persen menjadi 1 persen.

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    PT KTB merupakan produsen pertama yang menjual truk listrik murni di Indonesia. Mereka punya Fuso eCanter yang harganya mulai dari Rp 1 miliar tanpa sentuhan kustomasi. Nominal tersebut tentu masih terhitung mahal untuk kendaraan komersial.

    Itulah mengapa, Aji mengaku tengah menjalin komunikasi dengan sejumlah instansi terkait agar Fuso eCanter mendapat insentif dari pemerintah. Harapannya, konsumen yang mau beralih ke truk listrik tak lagi keberatan harga.

    “Sebagai pionir awal, kita yang membuka pintu nih. Jadi kami sudah melakukan komunikasi dengan beberapa instansi terkait,” ungkapnya.

    Menperin Agus Gumiwang. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita bicara peluang memberikan insentif untuk truk listrik. Bahkan, dia mengaku akan duduk bersama Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk menggodok aturannya.

    “Nanti kita duduk dengan Gaikindo (untuk membahasnya), tapi saya harus sampaikan bahwa memang hybrid dan truk listrik akan kita berikan,” demikian pernyataan Agus Gumiwang di Senayan, Jakarta Pusat, Maret lalu.

    Ketika ditanya mengenai detail insentifnya seperti apa, Agus belum bisa mengurainya lebih detail. Sebab, semuanya masih dalam tahap pembahasan.

    “Truk listrik menjadi salah satu yang kita overlook jadi intinya kita sama Gaikindo akan duduk membahas seperti apa kita mengembangkan lebih cepat industri otomotif berbasis truk dengan kebijakan insentif,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Mobil Tamu Negara Pelantikan Prabowo-Gibran Dijual, Ini Spesifikasinya

    Mobil Tamu Negara Pelantikan Prabowo-Gibran Dijual, Ini Spesifikasinya

    Jakarta

    PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia resmi menjual 60 unit mobil Mercedes-Benz S 450 bekas tamu negara pada acara pelantikan presiden dan wakil presiden tanggal 20 Oktober lalu. Ini spesifikasi mobil edisi terbatas tersebut.

    Mercedes-Benz kerap jadi kendaraan pilihan untuk acara kenegaraan dan para pemimpin di Indonesia. Tarik garis ke belakang, merek asal Jerman itu menjadi mobil pertama di Indonesia dimiliki oleh Sultan Pakubuwono ke-X pada tahun 1894, hanya berselang delapan tahun setelah Carl Benz menciptakan mobil pertama di dunia. Sejak itu, Mercedes-Benz secara konsisten digunakan dalam acara kenegaraan, dikenal karena teknologi, desain, serta simbol kemewahan dan status yang melekat.

    “Kami bangga dengan sejarah Mercedes-Benz di Indonesia. Hubungan kami yang erat dengan kebutuhan kenegaraan, menegaskan komitmen kami untuk terus menghadirkan inovasi terbaik dan memperkuat posisi kami di industri otomotif Indonesia,” kata CEO PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia Roelof Lamberts.

    60 unit Mercedes-Benz S 450 President Edition resmi dijual Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Nantinya 60 unit mobil Mercedes-Benz S 450 bekas tamu negara ini akan dipasarkan dengan nama S-Class President Edition. Secara umum, spesifikasinya identik dengan tipe S 450 4Matic baru. Namun ada beberapa ciri khas yang melekat di S-Class President Edition dan menjadi pembeda.

    S 450 President Edition dilengkapi emblem ‘President Edition’ di bagian pintu bagasi belakang, menggantikan emblem 4Matic. Selain itu, ada bantal khusus di sandaran kepala kursi baris depan dan kursi baris belakang dengan logo ‘President Edition’.

    Setiap pembelian unit juga disertai kartu titanium certificate of authenticity, sebagai bukti keaslian kendaraan edisi terbatas, dan buku ‘President Edition: Pushing Boundaries, Mercedes-Benz Legacy’. Buku ini mengisahkan perjalanan Mercedes-Benz sebagai mobil kepresidenan di Indonesia.

    Untuk detail spesifikasi lainnya, mobil ini memiliki dimensi panjang 5.289 mm x lebar 1.954 mm x lebar 1.945 x tinggi 1.503 mm. Di interiornya, mobil ini memiliki ruang yang lapang dengan ukuran headroom lebih luas 1.070 mm (depan), 974 mm (belakang), legroom 1.051 mm (depan), dan 1.115 mm (belakang).

    Mercedes-Benz S 450 President Edition Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Menunjang kenyamanan, bagian kursi mengusung desain tiga lapis seperti pola berlian dari material Nappa ekslusif. Selain itu, terdapat kursi pijat pada barisan belakang yang terpasang hingga 19 motor dengan 10 program pijat dengan efek pijatan santai dengan kehangatan seperti prinsip batu panas.

    S-Class ini menawarkan kemewahan bagi para pengendaranya. Tersedia lima layar OLED untuk mengontrol fungsi kenyamanan kendaraan. Selain itu, ada sistem infotainment bernama Mercedes-Benz User Experience (MBUX). Salah satu identitas MBUX merupakan MBUX Interior Assist dengan nama asisten kontrol suara ‘Hey Mercedes’.

    Sementara dari sektor dapur pacunya, seri S 450 dibekali mesin M256, Six-Inline (bensin) dengan transmisi 9G-Tronic Automatic, berkapasitas 2.999 cc, dan starter alternator EQ Boost 48-volt yang mampu memuntahkan tenaga 367 dk di 5.500 – 6.100 rpm dengan tambahan tenaga EQ Boost 22 dk, dan torsi 500 Nm di 1.600 – 4.500 rpm.

    Mercedes-Benz S 450 President Edition Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Di atas kertas, mobil ini bisa melaju dari titik nol ke 100 km/jam selama 5,1 detik. Top speed-nya mencapai 250 km/jam. Sedang konsumsi bahan bakarnya, 9,6 liter per 100 kilometer.

    Kendaraan spesial ini akan tersedia untuk publik dalam edisi terbatas dan dipasarkan melalui jaringan dealer resmi Mercedes-Benz di Indonesia. Mobil ini juga akan ditampilkan pada acara Gaikindo Jakarta Autoweek (GJAW) mulai 22 November hingga 1 Desember, yang bertempat di ICE-BSD City.

    Mesin Mercedes-Benz S 450 President Edition Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    (lua/din)

  • Sudah Ada yang Beli, Berapa Harga Truk Listrik Fuso eCanter?

    Sudah Ada yang Beli, Berapa Harga Truk Listrik Fuso eCanter?

    Jakarta

    PT Yusen Logistics Indonesia (YLI) menjadi konsumen pertama yang membeli dan mengoperasikan truk listrik Fuso eCanter di Tanah Air. Lantas, berapa harga kendaraan komersial ramah lingkungan tersebut?

    Sebagai catatan, sejak pertama diluncurkan hingga sekarang, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) belum mengumumkan harga pasti untuk Fuso eCanter. Sebab, nominalnya sangat beragam, tergantung kebutuhan yang diminta konsumen.

    “Jadi memang sampai sekarang kami memiliki strategi harga eCanter ini tergantung kebutuhan konsumen. Artinya, ada beberapa paket yang mereka mau dan kita harus provide itu,” ujar Aji Jaya selaku Direktur Sales & Marketing Division PT KTB di Tangerang, Banten, Rabu (13/11).

    Bocoran harga Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Meski demikian, Aji memastikan, harga dasar untuk Fuso eCanter tembus Rp 1 miliaran. Namun, sekali lagi, dia tak bisa mengungkap angka pastinya.

    “Jadi kalau soal harga, sebelum dipaketkan, belum termasuk paket, bisa kita sampaikan bahwa itu mungkin di atas Rp 1 miliar. Tapi soal berapa tepatnya, itu tadi tergantung kebutuhan dan fungsi,” tuturnya.

    “Termasuk dengan apabila mereka butuh charger, bagaimana proses pembayarannya, apa betul-betul rental atau butuh operating risk dan beli langsung. Itu tergantung konsumen,” kata dia menambahkan.

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Menariknya, PT KTB membolehkan konsumen personal atau instansi untuk menjajal lebih dulu Fuso eCanter sebelum benar-benar membelinya. Aji mengatakan, sudah ada lima perusahaan selain YLI yang sedang melakukan uji coba dan komitmen membeli kendaraan listrik tersebut.

    Fuso eCanter meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Truk listrik tersebut masih berstatus impor utuh atau completely built up (CBU) dari Jepang.

    Fuso eCanter menggunakan baterai ukuran M berkapasitas 83 kWh yang mampu menempuh jarak 140 KM dengan GVW sebesar 6 ton. Kendaraan tersebut punya wheelbase atau jarak sumbu roda 3,4 meter dan torsi besar cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal

    (sfn/rgr)

  • Sudah Disunat 23%, Ini Syarat Penjualan Mobil RI Capai Target 2024

    Sudah Disunat 23%, Ini Syarat Penjualan Mobil RI Capai Target 2024

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan mobil nasional bulan Oktober 2024 cetak pencapaian tertinggi sementara tahun 2024. Tercatat, penjualan bulan Oktober 2024 terbang 6,22% atau 4.525 unit jadi 77.191 unit dari sebulan sebelumnya.

    Meski, secara tahunan memang masih lebih rendah 3.159 unit atau 3,93% dibandingkan penjualan mobil nasional bulan Oktober 2023.

    Secara akumulasi, data yang baru dirilis PT Astra International Tbk, Senin (11/11/2024) menunjukkan, penjualan mobil nasional periode Januari-Oktober 2024 sudah mencapai 710.406 unit.

    Angka ini lebih rendah 125.722 unit atau 15,05% dibandingkan akumulasi penjualan mobil Januari-Oktober 2023 yang mencapai 836.128 unit.

    Lalu, bagaimana nasib penjualan mobil nasional sampai akhir tahun 2024 nanti? Apakah akan mampu mencapai target?

    Sebagai informasi, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memangkas target penjualan mobil domestik menjadi hanya 850 ribu unit di tahun 2024 ini. Sebelumnya, Gaikindo pasang target besar, bidik penjualan 1,1 juta unit. Dengan demikian, Gaikindo memangkas target penjualan tahun 2024 ini sebesar 23% atau 250 ribu unit.

    “Gaikindo telah merevisi target jadi 850.000 unit di tahun 2024 ini. Ini lebih realistis tampaknya, optimistis bisa tercapai,” kata Pengamat Otomotif Yannes Martinus Pasaribu kepada CNBC Indonesia, dikutip Rabu (13/11/2024).

    “Karena sampai Oktober total penjualan sudah 710.406 unit. Dengan sisa dua bulan, diperlukan penjualan sekitar 139.594 unit lagi. Gaikindo tampaknya serius menggenjot pemasaran dan penjualan melalui berbagai event promo bersama besar-besaran, sejak beberapa bulan lalu hingga akhir tahun ini,” tambahnya.

    Dengan rata-rata penjualan bulanan selama tahun 2024 adalah sekitar 71.000 unit, untuk mencapai target, penjualan pada November dan Desember sekitar 69.797 unit per bulan target itu masih mungkin dicapai.

    “Meski memang memerlukan strategi penjualan yang agresif dan dukungan dari berbagai program promosi,” ujarnya.

    Menurut Yannes, strategi itu juga lah yang menopang penjualan bulan Oktober 2024 bisa terbang.

    “Peningkatan penjualan mobil sebesar 6,2% di Indonesia pada Oktober 2024, di tengah kondisi ekonomi yang stagnan dan tanpa dorongan musiman yang signifikan, mengindikasikan adanya dinamika pasar yang menarik,” sebut Yannes.

    “Kemungkinan besar, lonjakan ini didorong oleh kombinasi beberapa faktor. Seperti keberhasilan peluncuran model-model baru dengan fitur terkini yang menarik minat konsumen, kampanye promosi agresif yang menawarkan penawaran menarik seperti bunga rendah dan program tukar tambah,” pungkas Yannes.

    (dce/dce)