Organisasi: Gaikindo

  • Toyota-Pertamina Uji Bahan Bakar Bioetanol E10 di Agya hingga Innova Zenix

    Toyota-Pertamina Uji Bahan Bakar Bioetanol E10 di Agya hingga Innova Zenix

    Tangerang

    Penggunaan bahan bakar alternatif seperti bioetanol disebut-sebut menjadi salah satu cara untuk membantu menurunkan emisi gas buang. Kali ini, Toyota menggandeng Pertamina dan rental mobil Trac, menguji coba mobil berbahan bakar bioetanol.

    Saat ini Pertamina sudah menjajakan bahan bakar bioetanol 5 persen dalam bentuk Pertamax Green. Kini, bahan bakar bioetanol dengan kandungan nabati lebih tinggi (etanol 10 persen) akan diuji di 50 unit mobil Toyota.

    “Untuk mendukung Net Zero Emission Program, semua kendaraan ini sudah siap untuk menggunakan bahan bakar bioetanol hingga 10 persen. Penggunaan biofuel tidak hanya mendukung carbon neutrality, tetapi juga berkontribusi pada ekonomi Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Hiroyuki Ueda di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto menambahkan, kolaborasi ini bisa menciptakan mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

    “Dan tentu saja mendorong transisi penggunaan dari biofuel ataupun bioetanol atau new energy ke depannya,” ujar Henry.

    Ketiga pihak dalam kerja sama ini memiliki peran masing-masing. Toyota bertugas untuk menyediakan mobil-mobil yang bisa menenggak bahan bakar bioetanol.

    “Kita akan menyediakan 50 unit kendaraan Toyota mulai dari LCGC sampai dengan medium segmen misalnya Innova Zenix. Dan juga kita sediakan kendaraan Toyota dengan segmen yang berbeda-beda,” jelas Henry.

    Toyota-Pertamina uji coba bioetanol E10. Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

    Lebih lanjut, Pertamina bertugas untuk menyiapkan bahan bakar bioetanol E10. Sedangkan Trac sebagai perusahaan rental kendaraan bertugas untuk menyewakan ke-50 unit mobil Toyota untuk digunakan kepada konsumen.

    “Sehingga harapannya kolaborasi yang kita lakukan ini benar-benar real usage, penggunaan sehari-hari yang nyata dari customer di Indonesia. Kerja samanya dalam 1 tahun. Harapannya dalam satu tahun ini kita bisa evaluasi tentang dampak dari bioetanol terhadap kendaraan dan seberapa besar fuel efficiency dan emisi yang dapat diturunkan, dan juga yang terpenting adalah experience dari kustomer dalam menggunakan bahan bakar bioetanol ini,” jelas Henry.

    Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, mobil-mobil Toyota sudah bisa menenggak bahan bakar bioetanol. Bahkan, bioetanol E20 pun sudah bisa dijalankan mobil-mobil Toyota

    “Mobil-mobil Toyota kan sudah bisa menggunakan etanol 10, ada beberapa yang sudah bisa etanol 20. Kita ingin membuktikan, kita meminjamkan 50 unit rental car Trac kemudian kerja sama dengan Pertamina untuk fuel-nya, membuktikan bahwa ini bisa kita lakukan, ini bisa kita kembangkan, supaya nanti bisa dikembangkan di Indonesia. Karena kalau ini bisa dikembangkan, nanti kan ada E10, kemudian B50, ini bisa membantu mengurangi emisi juga,” jelas Anton.

    (rgr/dry)

  • Mitsubishi XForce Ultimate DS Meluncur, Harga Rp 422,9 Juta!

    Mitsubishi XForce Ultimate DS Meluncur, Harga Rp 422,9 Juta!

    Jakarta

    Mitsubishi merilis XForce yang dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang lengkap atau namanya Diamond Sense. Varian XForce Ultimate DS ini meluncur dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024, ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11/2024).

    Sejatinya XForce sudah dilengkapi berbagai fitur yang menunjang untuk penumpang dan pengemudi.

    “Hari ini, saya sangat senang memperkenalkan inovasi-inovasi terbaru di pameran ini, dimulai dengan produk terbaru kami yang dilengkapi teknologi Diamond Sense,” kata President Director Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita saat peluncuran di Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 di ICE BSD Tangerang.

    Mitsubishi XForce menjadi pemain baru di segmen compact SUV. Mobil ini menawarkan gaya desain yang berbeda serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang dirancang untuk membedakannya dengan kompetitor.

    Kemampuan XForce dalam kondisi off-road ringan didukung oleh DNA SUV khas Mitsubishi Motors. Mobil ini dibekali mode berkendara seperti Normal, Wet, Gravel, dan Mud, serta ground clearance yang tertinggi di kelasnya hingga 222 mm.

    Fitur unggulan Mitsubishi XForce adalah sistem audio Dynamic Sound Yamaha Premium yang dikembangkan secara eksklusif untuk model ini. Fitur itu semakin meningkatkan driving experience para penggunanya.

    Mitsubishi XForce menawarkan fitur keselamatan lengkap bahkan menjamin keamanan saat berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan. Khusus varian Ultimate DS kini dilengkapi dengan 6 airbags.

    Selain itu XForce Ultimate DS sama seperti trim sebelumnya, beberapa fitur ADAS, seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System.

    Kini fitur-fitur ADAS itu bertambah menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Mitsubishi menyebut fiturnya sebagai Diamond Sense, rangkalan fitur keselamatan canggih yang dirancang untik meningkatkan kesadaran pengemudi dan membantu mencegah kecelakaan.

    XForce sekarang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih pencegah tabrakan fatal, antara lain:

    Rear cross traffic alert (RCTA) untuk mencegah kecelakaan saat mobil mundur keluar dari parkiran,Forward collision mitigation untuk membantu mencegah benturan depan dan meminimalisir dampaknya jika benturan tak dapat dihindari,Blind spot warning, memberikan membantu pengemudi dalam melihat titik buta atau Blind Spot yang tidak terlihat pada kaca spion mobil. Kemudian fitur ini memberikan peringatan kepada pengendara bahwa ada objek yang tidak terlihat di kaca spion. Hal ini akan memudahkan pengemudi untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain di samping belakang sehingga akan membantu saat harus pindah lajur atau menyalip kendaraan di depan.Adaptive cruise control, fungsi pendukung saat berkendara di jalan raya, sistem ini mendukung operasi akselerasi dan pengereman untuk mengurangi beban pengemudi.Lead car departure notification, sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.Auto high beam (AHB) membantu pengemudi mendapatkan visibilitas terbaik tanpa menyilaukan pengemudi lain.

    Selain itu, Mitsubishi XForce juga punya fitur canggih antara lain kunci keyless, Auto Lamp, Auto Wiper, Brake Auto Hold, Wireless Charging & Connectivity, Active Yaw Control (AYC), serta ABS dan EBD.

    Dengan fitur baru ini mempertegas XForce sebagai penantang tangguh untuk para kompetitor di segmennya. Mengingat, pesaing terdekatnya seperti Honda HR-V yang sudah dilengkapi fitur keselamatan canggih, yakni Honda Sensing.

    XForce Ultimate DS dijual Rp 422,9 juta melengkapi varian sebelumnya, yakni Ultimate CVT dan Exceed CVT. Masing-masing varian dibanderol dengan harga Rp 414,9 juta dan Rp 381,9 juta. Semuanya On The Road Jakarta.

    Varian tertinggi ini dilabur dengan opsi warna Graphite Gray two-tone, Energetic Yellow two tone, Quartz White Pearl two tone, Blade Silver two tone, Red Metallic two tone, Jet Black mica.

    (riar/dry)

  • Industri Otomotif Tertekan, Pemerintah Minta Jangan Ada PHK Karyawan

    Industri Otomotif Tertekan, Pemerintah Minta Jangan Ada PHK Karyawan

    Jakarta Beritasatu.com – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta jangan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawan di tengah tekanan besar industri otomotif.

    “Covid-19 yang jauh lebih berat saja tidak ada PHK. Sekarang dengan tekanan-tekanan yang luar biasa juga tidak boleh ada PHK walaupun ada tekanan besar,” ujar Agus dikutip dari Antara, Jumat (22/11/2024).

    Agus meminta kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) agar industri otomotif tidak melakukan PHK di tengah kondisi lesu saat ini.

    Agus optimistis hal tersebut bisa dilakukan, mengingat dirinya juga pernah meminta hal serupa kepada Gaikindo saat pandemi Covid-19.

    “Ketika itu, walaupun saya juga menganggap, wah ini mungkin atau enggak? Namun rupanya mungkin. Saya minta kepada Gaikindo jangan ada PHK pada sektor otomotif ketika Covid-19, maka ketika itu tidak terjadi PHK,” ucap dia.

    Menperin mengatakan, saat ini industri otomotif sedang dalam tekanan besar imbas lesunya pasar.

    Dampak dari tekanan ini terlihat jelas pada revisi target penjualan tahunan yang dilakukan oleh Gaikindo. Target awal penjualan sebanyak 1,1 juta unit pada tahun ini terpaksa diturunkan menjadi 850.000 unit.

    Meski demikian, pemerintah tetap memandang sektor otomotif sebagai pilar penting dalam perekonomian.

    Agus mengatakan, penyelenggaraan pameran-pameran otomotif berskala besar di dalam negeri, termasuk GJAW yang diadakan oleh Gaikindo merupakan salah satu pendorong peningkatan penjualan kendaraan bermotor.

    “Di dalam kelesuan market yang dihadapi oleh industri otomotif kita, maka gelaran ini insyaallah dapat membantu kembali menggeliatnya atau rebound-nya dari sales industri otomotif yang ada di Indonesia,” kata Agus.

    Menteri Perindustrian pada Jumat membuka GJAW 2024, yang dilaksanakan dari 22 November hingga 1 Desember di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

    GJAW 2024 menghadirkan lebih dari 80 peserta pameran, termasuk 27 merek kendaraan penumpang, 12 merek sepeda motor, serta lebih dari 40 pelaku industri pendukung.

    Dengan pameran ini, diharapkan industri otomotif kembali rebound sehingga PHK karyawan tidak terjadi.

  • Zeekr Luncurkan 2 Mobil Listrik di Indonesia, Harga Mulai Rp 1 Miliaran

    Zeekr Luncurkan 2 Mobil Listrik di Indonesia, Harga Mulai Rp 1 Miliaran

    Tangerang

    Zeekr resmi meluncurkan dua produk mobil listrik premiumnya di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, ICE, BSD-City, Tangerang. Model Zeekr X ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp 1,1 – 1,3 milyar. Sementara buat model Zeekr 009 ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp. 2,25 – 2,7 milyar.

    “Kami sangat senang melihat minat yang semakin berkembang terhadap kendaraan listrik di Indonesia, dan kami yakin pasar EV di sini akan terus berkembang pesat. Kami bangga menjadi bagian dari perkembangan ini, dan kami percaya bahwa Zeekr akan disambut dengan antusias oleh konsumen Indonesia,” kata Alex Bao Zhuangfei selaku Regional Head of Southeast Asia.

    “Kami sangat bangga dengan pengalaman kami yang panjang dalam industri otomotif dan kini dipercaya oleh Zeekr untuk mengembangkan dan memasarkan kendaraan BEV mewah Zeekr di Indonesia. Kami yakin Zeekr akan menjadi pilihan utama konsumen yang menginginkan kendaraan listrik dengan kualitas premium dan teknologi mutakhir,” timpal Managing Director Premium Auto Prima, Temmy Wiradjaja.

    Sekadar informasi, Zeekr X mengusung gaya SUV. Mobil ini dilengkapi baterai lithium-ion 66 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 440 km (WLTP) / 540 km (NEDC) hanya dengan sekali pengisian daya.

    Sistem pengisian cepat DC (150 kW) dapat mengisi ulang baterai dari 10-80% dalam waktu 30 menit. Zeekr X dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.

    Sementara itu Zeekr 009 merupakan mobil MPV listrik mewah dengan performa tinggi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan individual yang modern.

    Ditenagai sistem penggerak motor ganda dengan output daya maksimum 450 kW (603 tenaga kuda) dan torsi 693 Nm, Zeekr 009 dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 4,5 detik. Dengan baterai lithium-ion 116 kWh, kendaraan ini menawarkan jarak tempuh hingga 582 km (WLTP).

    (lua/dry)

  • Menperin Yakin Produksi Mobil Indonesia Tidak Sulit Dilakukan – Espos.id

    Menperin Yakin Produksi Mobil Indonesia Tidak Sulit Dilakukan – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (kominfo.go.id)

    Esposin, JAKARTA — Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menilai tidak sulit untuk memproduksi mobil Indonesia. Hal ini didasari industri otomotif nasional memiliki kemampuan untuk merealisasikan hal tersebut.

    Agus mengatakan, berdasarkan laporan dari Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, saat ini mobil-mobil di Indonesia sudah banyak yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 70% bahkan lebih.

    Promosi
    Mantap! AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan untuk Warga Rejang Bengkulu

    “Dengan kemampuan industri otomotif yang tadi disampaikan atau dilaporkan oleh Pak Nangoi bahwa rata-rata TKDN sudah di atas 70%, bahkan ada yang 80%, sehingga seharusnya tidak sulit untuk kita duduk bersama-sama untuk mendesain mobil Indonesia yang menjadi harapan dari bapak Presiden,” kata Agus pada pembukaan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE BSD, Tangerang Banten, Jumat (22/11/2024). 

    Agus mengatakan bahwa Presiden RI Prabowo Subianto memiliki impian besar agar Indonesia bisa memproduksi mobil buatan dalam negeri.

    Presiden Prabowo, kata dia, selalu menyampaikan bahwa Indonesia memiliki banyak orang pintar dan pasar otomotif yang besar, sehingga impian tersebut sangat mungkin untuk diwujudkan.

    Dia berharap Gaikindo dalam waktu dekat bisa mewujudkan impian Presiden Prabowo untuk memproduksi mobil Indonesia.

    “Saya harapkan dalam waktu yang tidak lama lagi Gaikindo akan bisa mewujudkan apa yang menjadi impian dari bapak presiden, bahwa ada mobil Indonesia yang mulai dari ujungnya, dari desainnya, proses produksinya, dan lain sebagainya, materialnya itu sepenuhnya adalah produksi dari anak-anak bangsa kita,” kata Agus sebagaimana dilansir Antara. 

    Sementara itu, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan saat ini lebih dari 15 kendaraan telah mengantongi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) di atas 70%. 

    “Harus kami laporkan bahwa saat ini telah banyak model kendaraan bermotor yang dilahirkan di Indonesia. Bahkan lebih dr 15 model memiliki TKDN di atas 70%,” ujar Nangoi dalam pembukaan pameran Gaikindo Jakarta Auto Show (GJAW) 2024 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

    Nangoi menilai bahwa hal ini sejalan dengan visi Pemerintah untuk menghadirkan “Mobil Indonesia” sebagai kebanggaan nasional.

    Kehadiran kendaraan bermotor yang dirancang dan diproduksi di dalam negeri, kata dia, tidak hanya akan memperkuat posisi Indonesia di pasar domestik, tetapi juga menjadi modal penting untuk bersaing di kancah global.

    “Gaikindo dan seluruh anggotanya melihat tantangan tersebut dan berkomitmen untuk mewujudkan hadirnya mobil Indonesia, yang ke depannya akan menjadi kebanggaan Indonesia,” ucap Nangoi.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Biang Kerok Sebenarnya Penjualan Mobil 2024 Anjlok Diungkap Menperin

    Biang Kerok Sebenarnya Penjualan Mobil 2024 Anjlok Diungkap Menperin

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengakui penurunan penjualan mobil di tahun ini akibat melemahnya daya beli masyarakat. Daya beli juga menjadi faktor besar yang membuat industri otomotif nasional menjadi lesu belakangan ini.

    Data Gaikindo menunjukkan, total akumulasi penjualan mobil nasional periode Januari-Oktober 2024 sudah mencapai 710.406 unit. Angka ini lebih rendah 125.722 unit atau 15,05% dibandingkan akumulasi penjualan mobil Januari-Oktober 2023 yang mencapai 836.128 unit.

    Memang, penjualan di bulan Oktober 2024 berhasil cetak level tertinggi sejak awal tahun, mencapai 77.191 unit. Pencapaian ini melesat 4.525 unit atau 6,22% dibandingkan bulan September 2024 yang tercatat sebanyak 72.666 unit. Namun, masih lebih rendah 3.159 unit atau 3,93% dibandingkan Oktober 2023.

    “Ada yang mengatakan karena masalah politik, menunggu pilpres, menunggu pileg, saya kira itu tidak menjadi penyebab utama. Penyebab utamanya adalah kelesuan pasar yang artinya adalah daya beli dari masyarakat melemah,” sebut Agus di GJAW, Jumat (22/11/2024).

    Lebih lanjut ia menilai tekanan untuk sektor otomotif seringkali datang dari diri sendiri, misalnya nilai pajak besar dari pemerintah daerah, dimana dalam undang-undang nomor 1 tahun 2022 misalnya berkaitan dengan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

    “Itu tentu akan memberi dampak bagi penjualan otomotif di Indonesia khususnya roda empat dan ini menjadi tekanan tambahan bagi sektor otomotif, bukan hanya pasar sedang lesu tapi BBNKB yang diatur dalam undang-undang 1 tahun 2022 ini juga akan berdampak negatif terhadap penjualan otomotif di Indonesia,” kata Agus.

    Sektor otomotif khususnya Roda 4 sedang mendapat tekanan. Agus menilai tidak perlu menutup-nutupi tekanan yang ada. Ia pun mencontohkan bagaimana Presiden Prabowo Subianto juga mengakui bahwa tekanan itu ada.

    “Presiden selalu menyampaikan kepada kami bahkan di sambutan atau pidato beliau di MPR bahwa kita harus berani mengatakan bahwa kita ada masalah, berani mengatakan bahwa kita ada dalam tekanan. dari situ kita bisa mencoba mencari penyebabnya dan kemudian solusinya. Faktanya sekarang industri otomotif sedang dalam tekanan, kita harus akui itu,” sebut Agus.

    Foto: Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Gaikindo Jakarta Auto Week, Jumat (22/11/2024). (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)
    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Gaikindo Jakarta Auto Week, Jumat (22/11/2024). (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

    (dce)

  • Ada PPN 12% dan Opsen, Penjualan Mobil Bisa Kolaps ke 500 Ribu/Tahun

    Ada PPN 12% dan Opsen, Penjualan Mobil Bisa Kolaps ke 500 Ribu/Tahun

    Jakarta

    Pemerintah akan memberlakukan dua aturan baru mulai tahun depan, yakni pajak pertambahan nilai (PPN) 12 persen dan opsen pajak. Kebijakan tersebut digadang-gadang akan memberikan dampak langsung terhadap industri otomotif di Indonesia!

    Kukuh Kumara selaku Sekretariat Umum (Sekum) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, penjualan mobil bisa makin lesu di Indonesia. Bahkan, jangankan 1 juta unit, mengulang catatan tahun ini saja akan sangat berat.

    “Kalau itu diberlakukan, pasti turunnya akan tajam. Pada tahun ini saja, kita sudah revisi target dari 1 juta unit ke 850 ribu unit. Kalau ada opsen pajak dan PPN 12 persen, bisa jadi kita akan sama dengan saat pandemi, yaitu sekitar 500 ribu,” ujar Kukuh Kumara dalam forum diskusi di Gondangdia, Jakarta Pusat.

    “Dampaknya lagi tentu ada penurunan produksi. Sebagian besar industri otomotif di Jawa Barat, ada tuntutan juga terkait kenaikan UMR. Itu berat bagi industri kita, cukup berat,” tambahnya.

    Dampak PPN 12 persen dan opsen pajak. Foto: Ridwan Arifin

    Kondisi tersebut, kata dia, akan berujung pada pengurangan karyawan besar-besaran. Situasi yang sama pernah terjadi di Thailand.

    “Yang kita khawatirkan kan penurunan produksi, itu ujung-ujungnya juga tenaga kerja yang kena. Kita kan nggak mau arahnya ke sana. Kita nggak mau nasib kita seperti Thailand, padahal ada 1,5 juta orang (yang kerja) di sektor ini,” tuturnya.

    Opsen pajak kabarnya akan berlaku mulai 5 Januari 2025. Hal tersebut sebagai amanat dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

    Warga membayar pajak kendaraan saat di Pekalongan, Rabu (6/9/2023). Foto: Robby Bernardi/detikJateng

    Berkat kebijakan itu, pemerintah provinsi dapat memungut opsen dari Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB). Sementara pemerintah kab/kota memungut opsen dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

    Meski tujuan utamanya untuk menyelaraskan pembagian hasil, ketidakpastian terkait implementasi di tingkat daerah bisa menimbulkan kekhawatiran di kalangan pelaku industri otomotif.

    “Ketika terjadi kenaikan di suatu daerah, kan ada peluang beli di daerah lain. Kami sudah simulasikan, 1 persen dari opsen itu kira-kira berdampak penurunan penjualan 10 persen,” tuturnya.

    “Kalau kenaikannya lima persen, turunnya sampai 23 persen. Dalam kenyataannya kan naiknya lebih dari 5 persen. Ini di luar PPN tadi yang naik 1 persen ya,” kata dia menambahkan.

    Sementara kenaikan PPN dari 11 persen menjadi 12 persen akan diberlakukan mulai 1 Januari 2025. Penerapan tersebut sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

    (sfn/din)

  • Toyota Fortuner Paling Mahal Justru Paling Laris

    Toyota Fortuner Paling Mahal Justru Paling Laris

    Jakarta

    Toyota Fortuner dibanderol mulai Rp 570 jutaan hingga yang termahal tembus Rp 766 jutaan. Menariknya, tipe termahal justru paling banyak diburu.

    Toyota menyajikan Fortuner dalam beberapa opsi. Harganya pun bervariasi. Fortuner termurah ditawarkan mulai Rp 573,7 juta. Fortuner termurah itu dihadirkan lewat mesin berkapasitas 2.4L. Meski dibanderol murah, nyatanya Toyota Fortuner 2.4L bukanlah yang terlaris.

    Diungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, masyarakat Indonesia justru lebih banyak kepincut Toyota Fortuner 2.8L bermesin diesel. Diketahui, Fortuner 2.8L itu merupakan tipe tertinggi di keluarga Fortuner. Harganya pun tembus Rp 700 jutaan.

    “Saat ini memang untuk Fortuner, customer kita lebih cenderung memilih varian tertinggi 2.8L Diesel dan 2.7L Gasoline, sehingga supply sebagian besar mengikuti demand tersebut,” jelas Anton kepada detikOto belum lama ini.

    Dari data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia juga memperlihatkan bahwa Fortuner 2.8L itu laris manis. Selama 10 bulan tahun 2024, distribusinya sudah tembus 9.000-an unit. Sementara versi 2.4L hanya sekitar 144 unit.

    “Sedangkan opsi mesin 2.4L yang tersedia di varian G biasanya untuk pangsa pasar yang lebih ekonomis, marketnya lebih kecil dan terfokus di konsumen yang membutuhkan mesin dengan kapasitas lebih kecil dan lebih irit, ataupun yang membutuhkan transmisi manual,” jelas Anton.

    Spesifikasi Toyota Fortuner

    Bicara performa dan fitur, sebagai tipe tertinggi Fortuner 2.8L menyajikan keunggulan. Fortuner 2.8 L yang mengusung mesin 1GD FTV dengan kapasitas silinder 2.755 cc. Mesin yang dipasangkan dengan transmisi otomatis tersebut bisa memuntahkan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi 50.9 kgm pada 1.600-2.800 rpm. Fiturnya terbilang cukup lengkap mulai dari 7 airbag, hill start assist, downhill start assist control, emergency brake signal, trailer sway control, traction control, dan vehicle stability control.

    Sementara Fortuner 2.7 L dibekali mesin 2TR-FE berkapasitas 2.694 cc. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga sebesar 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi maksimum 24.7 kgm pada 4.000 rpm. Mobil ini mengusung bahan bakar bensin. Fitur-fiturnya sama seperti Fortuner 2.4 L.

    Selanjutnya untuk Fortuner 2.4 L menggendong mesin 2GD FTV berkapasitas 2.393 cc yang bisa menyemburkan tenaga 149,6 PS dan 3.400 rpm. Torsi maksimumnya 40.8 kgm pada 1.600-2.000 rpm. Fitur pada Fortuner 2.4 L antara lain hill start assist, emergency brake signal, trailer sway control, traction control, hingga vehicle stability control.

    (dry/din)

  • Resmikan GJAW 2024, Menperin Agus Gumiwang Jajal Mobil Baru

    Resmikan GJAW 2024, Menperin Agus Gumiwang Jajal Mobil Baru

    Foto Oto

    Rifkianto Nugroho – detikOto

    Jumat, 22 Nov 2024 12:03 WIB

    Tangerang – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang resmi membuka Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Setelah meresmikan acara, Agus Gumiwang sempat menjajal sebuah mobil.

  • PPN Mulai Tahun Depan Naik, Begini Imbasnya ke Mobil Bekas

    PPN Mulai Tahun Depan Naik, Begini Imbasnya ke Mobil Bekas

    Jakarta

    Tidak cuma pungutan pajak pertambahan nilai (PPN) mobil baru yang naik. PPN untuk mobil bekas juga bakal meningkat. Namun kondisi pasar mobil bekas tidak akan berdampak.

    Diakui dengan naiknya PPN, pasar mobil baru di Indonesia makin menantang. Di sisi lain, penjualan mobil di Indonesia tengah lesu. Penurunannya pun cukup signifikan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2024 baru terjual 633.218 unit atau turun 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

    Balai Lelang Otomotif JBA Indonesia resmi beroperasi selama 13 tahun di Indonesia. Perusahaan itu mencatatkan kenaikan signifikan dengan melelang lebih dari 220.000 mobil dan lebih dari 180.000 motor sejak berdiri 2011 lalu. Angka yang terus meningkat ini menembus angka penjualan mobil lebih dari 57.000 unit mobil dan 42.000 unit motor pada akhir kuartal tiga tahun ini.

    “Jualan mobil baru lagi agak lesu, tetapi yang kami lihat itu ada switching ke mobil bekas yang memang justru jadi peluang buat JBA untuk terus besarkan market,” kata Chief Operating Officer JBA Indonesia, Deny Gunawan di Jakarta.

    PPN atas penyerahan kendaraan bermotor bekas bukan pengaturan jenis pajak baru, melainkan sudah dikenakan sejak tahun 2000. Ini pun dikenakan jika membelinya kepada pengusaha jual beli kendaraan bekas.

    PPN atas penyerahan kendaraan bermotor bekas diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 65 Tahun 2022 dari yang sebelumnya pada PMK Nomor 79 Tahun 2010 tentang Pedoman Perhitungan Pengkreditan Pajak Masukan Bagi Pengusaha Kena Pajak yang Melakukan Kegiatan Usaha Tertentu. Aturan yang saat ini berlaku dinilai lebih sederhana.

    Dalam Pasal 2 Ayat 2 setiap transaksi jual beli kendaraan bermotor bekas, baik itu mobil atau motor akan dikenakan pajak pertambahan nilai atau PPN bagi para pembeli. Adapun untuk besaran pajak yang dikenakan, yakni 1,1 persen untuk periode 2022. Besaran itu akan meningkat jadi 1,2% pada 2025 seiring dengan kenaikan tarif PPN.

    Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 65 Tahun 2022 tentang PPN atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Bekas. Aturan diteken pada 30 Maret 2022.

    “Pengusaha kena pajak yang melakukan kegiatan usaha tertentu berupa penyerahan kendaraan bermotor bekas wajib memungut dan menyetorkan PPN yang terutang atas penyerahan kendaraan bermotor bekas dengan besaran 1,1% dari harga jual yang mulai berlaku 1 April 2022,” bunyi pasal 2 ayat (2) dan (5) aturan tersebut.

    “Saya kira ini peluang ya pak, kalau pajak naik dan pendapatan tetap saya rasa akan menjadi sulit untuk mobil baru,” kata Johan Wijaya, Sales & Operational General Manager PT JBA Indonesia.

    “Biasanya kalau (mobil baru)ada 12 persen, biasanya kita ikut PMK nya. Harga mobil dan motor bekas jauh bedanya,”

    “Sekarang dari 1,1 jadi 1,2 persen itu 150-200 ribu unit artinya tidak terlalu ada impact-nya,” tambahnya lagi.

    (riar/riar)