Organisasi: Gaikindo

  • Harga Tiket GJAW 2024 dan Aktivitas Seru di Akhir Pekan

    Harga Tiket GJAW 2024 dan Aktivitas Seru di Akhir Pekan

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menggelar pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE, BSD, Tangerang. Pameran otomotif ini juga bisa menjadi ajang hiburan buat pencinta otomotif Tanah Air.

    GJAW 2024 mengusung tema Home of 1.000 Cars and Excitement yang fokus memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Tidak hanya akan disuguhkan jajaran mobil terkini dari berbagai merek ternama dunia, GJAW 2024 juga menghadirkan kegiatan olahraga otomotif interaktif yang dirancang menghibur dan mendekatkan pengunjung dengan dunia otomotif.

    “GJAW akan menjadi the complete automotive exhibition, untuk tujuan belanja kendaraan dan produk otomotif dengan penawaran terbaik di akhir tahun, kemudahan mencoba, mencari pengalaman motorsport interaktif, hingga kegiatan keluarga,” kata Ketua Penyelenggara GJAW 2024 Rizwan Alamsjah.

    GJAW 2024 menghadirkan Motorsport Program yang akan memacu adrenalin para pengunjung dengan kegiatan-kegiatan seru. Dalam program ini, ada kegiatan Racing Simulator Competition, yaitu kompetisi simulasi balap yang memungkinkan peserta merasakan pengalaman balapan seperti di sirkuit nyata. Kemudian ada RC Offroad Competition, kompetisi kendaraan remote control offroad yang menampilkan keterampilan pengendalian di lintasan dengan rintangan menantang. Juga ada Mini GP, yaitu lomba mini motor GP yang memberikan sensasi balap dalam skala kecil.

    Pameran ini juga akan mempertemukan berbagai komunitas otomotif dalam ajang Community Program. Ini menjadi tempat bagi komunitas otomotif untuk berbagi kecintaan terhadap dunia otomotif. Beberapa acara yang disiapkan meliputi Parade Seribu Mobil, di mana ribuan mobil dari berbagai klub dan komunitas otomotif hadir bersama pada hari ini, Minggu (24/11/2024). Parade ini akan menampilkan beragam kendaraan, mulai dari mobil modifikasi hingga kendaraan terbaru dari berbagai merek otomotif ternama.

    Kegiatan seru lainnya adalah Modification Contest. Modification Contest akan memberikan kesempatan kepada para modifikator untuk menunjukkan keahlian mereka dalam mengubah tampilan kendaraan sesuai dengan tema dan kategori yang telah ditentukan. Dengan kategori-kategori menarik yang tersedia, kontes ini akan memperlihatkan berbagai karya modifikasi yang unik dan menginspirasi.

    Ada juga GJAW Underground Meet Up. Acara yang berlokasi di area basement pameran ini menawarkan pengalaman lebih eksklusif. Para modifikator dan komunitas otomotif dapat berkumpul, berbagi inspirasi, serta menampilkan karya modifikasi mereka. Mulai dari desain eksterior yang mencolok hingga inovasi interior yang penuh gaya, pengunjung dapat melihat langsung beragam kreasi kendaraan yang memukau.

    “Kami ingin memberikan ruang bagi komunitas otomotif untuk berinteraksi, berkumpul, dan berbagi kreativitas melalui berbagai acara menarik seperti Parade 1000 Mobil, Underground Meet Up, dan Modification Contest. Harapan kami, acara ini akan semakin mempererat hubungan antara komunitas otomotif dan industri otomotif Indonesia secara keseluruhan,” ucap Agus Riyadi, Project Director GJAW 2024.

    Tak ketinggalan kegiatan untuk keluarga dalam Family Program. Program yang dirancang khusus untuk anak-anak dan keluarga antara lain Push Bike Competition, Drift & Offroad for Kids Competition, serta Paper Art Craft.

    GJAW 2024 diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr. Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek, seperti Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    Buat kamu yang mau menghabiskan akhir pekan sambil lihat-lihat mobil dan kegiatan seru lainnya, tiket bisa dibeli secara online melalui aplikasi Auto360. Harga tiket untuk hari kerja (weekday) adalah Rp 40.000 dan untuk akhir pekan (weekend) Rp 70.000. Sementara itu, tiket on the spot yang tersedia di lokasi pameran dijual dengan harga Rp 50.000 untuk weekday dan Rp 80.000 untuk weekend.

    (rgr/mhg)

  • Harga Mobil Bakal Terimbas Kenaikan PPN 12%, Mobil Rp 200 Jutaan Naik Segini

    Harga Mobil Bakal Terimbas Kenaikan PPN 12%, Mobil Rp 200 Jutaan Naik Segini

    Tangerang

    Harga mobil baru bakal terdampak terhadap kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN). Mobil seharga Rp 200 juta misalnya, akan mengalami kenaikan sekitar Rp 2 juta.

    Rencana pemerintah untuk memberlakukan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 12 persen dan opsen pajak bakal mempengaruhi harga jual mobil baru. Untuk diketahui, pemerintah bakal menaikkan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) jadi 12% mulai 1 Januari 2025. Kebijakan itu disebut sudah ada dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). Salah satu sektor yang terdampak adalah penjualan mobil.

    Harga mobil diprediksi mengalami peningkatan dengan adanya kebijakan tersebut. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menggambarkan, kenaikan PPN itu bisa membuat mobil Rp 200 jutaan naik harga sekitar Rp 2 jutaan.

    “Kalau Anda lihat PPN 12 persen itu naik, jadi per satu persen itu untuk mobil (seharga) sekitar Rp 200 juta, dampaknya sekitar Rp 2 juta. Kemudian yang Rp 400 juta dampaknya Rp 4 juta,” kata Nangoi ditemui di ICE BSD, Tangerang.

    Tak cuma itu, Nangoi juga menyorot soal perubahan aturan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB). Perubahan aturan pajak itu tercantum pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD).

    Dengan terbitnya aturan tersebut, sekarang pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menambahkan pungutan tambahan atas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) atau yang disebut sebagai opsen. Aturan tersebut diundangkan pada 5 Januari 2022 dan berlaku tiga tahun setelahnya, yang artinya bakal diterapkan pada 5 Januari 2025 tahun depan.

    “Itu memang sangat berdampak. Tapi yang lebih berat buat kami, melihat kenaikan daripada (Undang-Undang) Nomor 1 Tahun 2022 mengenai BBNKB, karena itu kenaikannya sangat tinggi. Saat ini berlaku kira-kira sekitar 12 sampai 12,5 persen, kalau berlaku sampai misalnya 19,5 persen atau 20 persen, dia naik 6 persen saja, untuk mobil Rp 200 juta, dampaknya sekitar Rp 12 juta. Untuk mobil Rp 400 juta dampaknya kira-kira sekitar Rp 24 juta, ditambah PPN, ditambah segala macam, dampaknya agak berat,” tambahnya lagi.

    Menanggapi hal itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut pihaknya sudah menyiapkan sejumlah stimulus untuk menggedor daya beli. Apalagi tahun depan banyak kenaikan pungutan pajak.

    “Oleh sebab itu, insentif di dalam menjawab atau membuat konsumen tidak berat, itu harus ada insentif-insentif, semacam kayak PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) DTP (Ditanggung Pemerintah) atau sebagainya.”

    “Saya tadi sampaikan dalam UU No 1 tahun 2022, BBNKB itu juga salah satu memberatkan sektor otomotif, nanti kita bahas besarannya seperti apa, dari PPN 12 persen, dari bea balik namanya berapa persen, nanti kita rumuskan dalam suatu stimulus yang lebih komprehensif,” tambah dia.

    (riar/rgr)

  • Pinjol dan Judol Bikin Miskin, Penjualan Mobil di Indonesia Ikutan Jeblok

    Pinjol dan Judol Bikin Miskin, Penjualan Mobil di Indonesia Ikutan Jeblok

    Jakarta

    Penjualan mobil di Indonesia tahun 2024 mengalami penurunan. Dan ternyata, salah satu penyebab menurunnya penjualan kendaraan roda empat di pasar domestik adalah lantaran banyak kelas menengah RI yang jatuh miskin akibat terjebak judi online (judol) dan pinjaman online (pinjol).

    “Jadi kalau kita cermati kondisi market sekarang, kenapa kok market turun, sehingga angkanya hanya 800-an ribu? Kita melihat kelas menengah itu terdampak besar. Entah ada masalah pinjol, entah itu ada masalah judol. Kita mengidentifikasi bahwa market di segmen B ke bawah, itu ada masalah,” ungkap Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/11/2024).

    Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi penurunan signifikan pada kelas menengah dari 57,33 juta jiwa di tahun 2019 menjadi 47,85 jiwa pada 2024. Terdapat tren penurunan pada klasifikasi kelas menengah, seperti miskin, rentan miskin, dan Aspiring Middle Class (AMC).

    Mengutip laman CNBCIndonesia, salah satu faktor penurunan jumlah kelas menengah Indonesia tahun ini lantaran banyak dari mereka yang jatuh miskin karena judi online.

    “Judi online itu dampaknya luar biasa dan yang terlibat banyak di kelas menengah, aspiring middle class dan mungkin yang hampir miskin,” ungkap ekonom senior sekaligus mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

    Menurunnya kelas menengah di Indonesia tentunya paralel dengan menurunnya daya beli mobil di kalangan masyarakat. Diketahui, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah merevisi penjualan mobil di Tanah Air tahun ini, dari target awal 1,1 juta unit menjadi 850 ribu unit.

    “Tahun ini saya targetkan cuma 850 ribu unit, dari 1 juta turun ke 850 ribu unit,” ungkap Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, menurut pernyataan Sekretaris Gaikindo, Kukuh Kumara, pada Oktober lalu.

    Sebagai gambaran, penjualan mobil di Indonesia pada Januari-Oktober 2024 baru mencapai angka 710.406 unit secara wholesales dan 730.637 unit secara retail. Dengan 2 bulan waktu tersisa, masih ada harapan untuk mengejar target penjualan sebanyak 850 ribu unit hingga penghujung 2024.

    (lua/dry)

  • Penjualan Mobil Kalah dari 2023-Target Disunat, Model Baru Bermunculan

    Penjualan Mobil Kalah dari 2023-Target Disunat, Model Baru Bermunculan

    Namun, meski begitu, pabrikan mobil sepertinya tak mau tinggal diam. Padahal, target penjualan tahun ini sudah dipangkas jadi 850.000 unit dari sebelumnya dibidik 1,1 juta unit di akhir 2024 nanti.  Terpantau, banyak pabrikan yang coba menggoda masyarakat Indonesia dalam pameran mobil di GJAW 2024. Salah satunya Aletra, Aletra Mobil Nusantara resmi meluncurkan produk pertamanya, L8 EV, dalam perhelatan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di Tangerang, Jumat (22/11). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

  • Harga Nyaris Rp 500 Juta, Ini Ubahan di Suzuki Jimny 5 Pintu White Rhino Edition

    Harga Nyaris Rp 500 Juta, Ini Ubahan di Suzuki Jimny 5 Pintu White Rhino Edition

    Jakarta

    Suzuki Indonesia resmi meluncurkan Jimny 5 pintu White Rhino Edition di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, ICE-BSD City, Tangerang. Varian baru dan juga terbatas ini dibanderol nyaris Rp 500 juta. Seperti apa spesifikasinya ya?

    “Sejak diluncurkan pada bulan Februari 2024, salah satu produk legendaris kami yaitu Jimny 5-door menjadi idola baru dan pilihan bagi yang mencari pengalaman berkendara sebuah kendaraan authentic off-road 4×4. Dalam momen GJAW 2024 kami bangga memperkenalkan salah satu varian terbaru produk legendaris yaitu Jimny 5-door White Rhino, terinpirasi dari hewan Rhino,” ujar Matsushita Ryohei selaku 4W Sales & Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS).

    Jimny 5-door White Rhino Edition lebih dari sekadar penyegaran, mobil ini menghadirkan pengalaman berkendara lebih eksklusif. Lima sentuhan khusus diberikan oleh Suzuki, seperti front bumper under dan side under garnish sebagai perlindungan tambahan ketika menjelajahi medan berat. Kelengkapan lain seperti door visor serta door handle garnish chrome menambahkan kesan elegan pada tampilan. Sementara bagian belakang terdapat spare tire cover berlogo Rhino menunjukkan lambang kekuatan.

    Suzuki Jimny 5 Pintu White Rhino Edition Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Menariknya, varian ini dibalut dalam warna Pearl Arctic White yang tidak dapat ditemui pada varian Jimny 5-door lainnya, ketersediaan varian tersebut menjadi kelebihan nilai tambah yang tinggi, baik bagi model Jimny maupun pemiliknya.

    Sejak debut perdananya di Indonesia tahun 2019, Jimny terbaru terus mencuri perhatian publik. Terlebih saat hadir versi lima pintu, pelanggan jadi mendapatkan pilihan lain sesuai kebutuhan kepraktisan akses penumpang maupun akomodasi penyimpanan bagasi sebesar 211 liter. Dalam sejarahnya di Indonesia, momen ini adalah kali pertama Suzuki melahirkan edisi khusus pada Jimny generasi ke-4.

    Selain aksesoris yang lebih eksklusif, Jimny 5-door White Rhino Edition tetap mempertahankan kualitas dan keunggulan teknis. Teknologi AllGrip Pro menjadi senjata utama penggerak keempat roda untuk menaklukan beragam rintangan jalan. Kapabilitasnya semakin maksimal berkat penyematan Traction Control serta Brake LSD guna menyediakan grip sesuai kebutuhan.

    Dipadukan mesin K15B berkapasitas 1.500cc sebagai sumber tenaga, memberi performa instan setiap dibutuhkan. Sambil memastikan konsumsi bahan bakar tetap efisien meskipun sedang digunakan berpetualang di lokasi terpencil.

    Suzuki Jimny edisi terbatas Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

    Kemampuannya melakukan off-road terasa memudahkan pengendara berkat Hill Descent Control dan Hill Hold Assist. Postur SUV sepanjang 3.965 mm tersebut proporsional dengan approach angle 36 derajat serta departure angle 47 derajat.

    Pada sisi kenyamanan, varian anyar ini juga masih memiliki perangkat 9-inch touchscreen head unit with smartphone connections, rear view camera beserta 4-spot parking sensor. Keselamatan penumpang juga terjamin dikarenakan adanya Airbags sebanyak 6 sisi.

    “Suzuki Indonesia siap menyambut antusiasme calon pemilik Jimny 5-door White Rhino. Sebagai improvement kami, varian berbeda ini bisa didapatkan oleh konsumen tanpa harus menunggu lama. Memiliki edisi ini akan terasa spesial dan istimewa,” tutup Matsushita.

    Menjawab ketertarikan para penggemar maupun calon konsumen, Suzuki membanderol Jimny 5-door White Rhino Edition dengan harga Rp 495.100.000 secara On the Road (DKI Jakarta). Makin terlihat Istimewa karena varian ini hanya tersedia dengan pilihan transmisi otomatis (A/T).

    Selama GJAW 2024, pengunjung dapat melihat dan merasakan langsung keunggulan mobil baru ini di booth Suzuki yang terletak di Hall 8 No 8D, ICE-BSD City, Tangerang. Dengan area seluas 713 m², pengunjung juga dapat memperoleh informasi tentang produk Suzuki apapun melalui Sales Representative yang berjaga.

    (lua/dry)

  • Toyota Boyong Sedan Crown Terbaru ke Indonesia, Dijual?

    Toyota Boyong Sedan Crown Terbaru ke Indonesia, Dijual?

    Tangerang

    PT Toyota Astra Motor (TAM) memboyong sedan Toyota Crown ke pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Sedan ini cocok jadi mobil pejabat.

    Seperti diketahui, Toyota Crown langganan menjadi mobil dinas menteri di Indonesia. Toyota Crown generasi sebelumnya bahkan dipilih sebagai mobil dinas menteri di era kepemimpinan Joko Widodo.

    Kini, Toyota Crown telah berevolusi. Mobil ini mendapat sentuhan baru dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan. PT TAM pun memamerkan Toyota Crown di GJAW 2024.

    Toyota Crown di GJAW 2024. Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

    Namun, Toyota belum menjual Crown ini di Indonesia. Toyota baru sekadar memamerkan dan mempelajari minat konsumen.

    “Belum (dijual), ini masih sifatnya display. Kita mau minta pendapat dari teman-teman media, dari customer gimana nih Crown yang baru,” kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy kepada wartawan di GJAW 2024.

    Toyota Crown terbaru ini tampil lebih segar. Dengan Crown sedan versi terbaru ini, Toyota menciptakan mobil yang menawarkan kenyamanan berkendara dan pengalaman berkendara berkualitas tinggi, serta ruang santai yang memenuhi kebutuhan mobil dengan sopir. Gaya baru tersebut mendefinisikan ulang sedan tradisional.

    Sesuai dengan maksud desainer untuk menghindari sedan konvensional, nilai baru diajukan dengan penciptaan sedan yang mewakili formal baru pada Crown ini. Dengan memanfaatkan platform penggerak roda belakang, proporsi yang mengalir di sepanjang horizontal berkontribusi pada tampilan yang elegan dan mengalir yang tidak terlihat pada sedan sebelumnya.

    Kombinasi desain hammerhead, yang menonjolkan kesan tajam dan lebar, serta gril trapesium Under Priority yang besar dengan pola vertikal membentuk bagian depan yang menggarisbawahi status Crown sebagai kendaraan andalan Toyota. Di bagian belakang, lampu belakang yang membentuk garis lurus menonjolkan kesan lebar.

    Crown Sedan merupakan kendaraan Toyota pertama yang dilengkapi dengan sistem multi-stage hybrid 2,5 liter. Mesin dan dua motor, yang dipadukan dengan gigi bertingkat, menghasilkan torsi penggerak yang mendukung akselerasi di semua rentang kecepatan. Dalam sistem ini, output mesin maksimum sudah tersedia di kecepatan sekitar 43 kilometer per jam, pada sistem sebelumnya tenaga maksimal terasa di kecepatan 140 kilometer per jam.

    Putaran mesin tetap rendah pada kecepatan tinggi. Hal ini memungkinkan pengoperasian yang tenang dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

    (rgr/dry)

  • Harga Baru Diumumkan, Mobil Listrik Chery J6 Sudah Laku Segini di RI

    Harga Baru Diumumkan, Mobil Listrik Chery J6 Sudah Laku Segini di RI

    Jakarta

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) baru saja mengumumkan harga resmi Chery J6 di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024. Meski demikian, keran pemesanan mobil listrik bergaya petualang tersebut sudah dibuka sejak Agustus kemarin.

    Menariknya, sudah ada ratusan unit yang terpesan melalui skema prebook. Hal itu membuktikan, konsumen melakukan pemesanan tanpa mengetahui harga resminya.

    “Sejauh ini pemesanan sudah mencapai 300-an unit dari yang pertama kali ditampilkan di GIIAS 2024,” ujar Budi Darmawan Jantania selaku Direktur Pemasaran PT CSI di ICE BSD, Tangerang Selatan, Jumat (22/11).

    Chery J6 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Budi menegaskan, pengiriman unit akan dilakukan secara bertahap mulai bulan depan. Konsumen yang melakukan pemesanan pada Agustus 2024 tentu akan didahulukan. Produknya berstatus completely knock down atau dirakit terurai di pabrik Bekasi, Jawa Barat.

    “Pengiriman pertama Desember, kita wholesales akhir bulan ini dan delivery Desember,” kata dia.

    Ketika produksi sudah berjalan dengan normal, Budi menargetkan, ada 500 unit Chery J6 yang terjual setiap bulan. Dia menyimpan keyakinan tinggi lantaran mobil tersebut membuka segmen baru di pasar kendaraan listrik Indonesia.

    Chery J6 tersedia dalam empat varian berbeda, yakni RWD, i-WD, RWD Phantom dan i-WD Phantom. Khusus untuk varian dengan embel-embel ‘Phantom’, stoknya hanya tersedia 300 unit.

    Spesifikasi Chery J6

    Secara tampilan, Chery J6 mengusung desain serba mengotak khas kendaraan segala medan. Mobil listrik tersebut menggunakan bodi alumunium yang bobotnya diklaim ringan sehingga punya handling mumpuni.

    Chery J6 Foto: (Septian Farhan Nurhuda/detikOto)

    Chery J6 punya dimensi panjang 4.338 mm, tinggi 1.855 mm dan ground clearance 200 mm. Mobil nonemisi tersebut cukup kompak untuk difungsikan sebagai kendaraan off road.

    Chery J6 RWD menggunakan motor listrik dengan muntahan tenaga 184 PS dan torsi 220 NM. Kemudian baterainya 65,6 kwh dengan jangkauan maksimum 426 km.

    Sedangkan varian i-WD dirancang lebih bertenaga dengan motor listrik yang mampu menghasilkan daya 279 PS dan torsi 165-220 Nm. Sementara baterainya 69,7 kwh dengan konsumsi yang lebih boros, yakni 418 km dalam kondisi full.

    Fiturnya juga tak main-main, pabrikan sudah membekalinya dengan kursi penumpang yang bisa memijat, electric panoramic sunroof, headunit digital, 12 pengeras suara Harman Infinity, enam kantung udara, 14 ADAS (advanced driving assistant system) dan masih banyak lagi.

    Berikut Harga Chery J6RWD – Rp 498 jutaRWD Phantom – Rp 548 jutai-WD – Rp 558 jutai-WD Phantom – Rp 608 juta.

    (sfn/dry)

  • BSI catat pembiayaan kendaraan naik 34,04 persen yoy per Oktober 2024

    BSI catat pembiayaan kendaraan naik 34,04 persen yoy per Oktober 2024

    Kami optimistis daya beli masyarakat tetap tumbuh seiring dengan kebutuhan kendaraan yang terjangkau dan berwawasan lingkungan

    Jakarta (ANTARA) – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengungkapkan bahwa penyaluran pembiayaan pembelian kendaraan melalui produk BSI OTO meningkat 34,04 persen secara year-on-year (yoy) mencapai Rp5,15 triliun hingga Oktober 2024, meskipun kini tren penjualan kendaraan sedang menurun.

    Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna menyatakan bahwa pertumbuhan tersebut didukung oleh kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan yang terjangkau dan berwawasan lingkungan.

    “Kami optimistis bahwa daya beli masyarakat akan tetap tumbuh seiring dengan kebutuhan kendaraan yang terjangkau dan berwawasan lingkungan. Terbukti pembiayaan kendaraan BSI OTO berwawasan lingkungan tumbuh sebesar 307 persen yoy,” ujarnya di Jakarta, Sabtu.

    Walaupun saat ini daya beli masyarakat sedang menurun, ia mengatakan bahwa minat masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor dengan pembiayaan berbasis syariah tetap tinggi karena skema yang kompetitif, sehingga nasabah dapat mengukur kemampuan finansialnya sebelum melakukan pembelian.

    Perseroan juga bekerja sama dengan Mandiri Utama Finance (MUF) Syariah untuk mengkaji dan memproses pengajuan pembiayaan nasabah secara tepat dan akurat, sehingga mampu memitigasi risiko kredit macet.

    Sebagai upaya perseroan untuk mendukung sektor otomotif dan meningkatkan daya beli masyarakat pada akhir tahun ini, BSI berpartisipasi dalam ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten, sejak 22 November hingga 1 Desember mendatang.

    Bank syariah BUMN tersebut pun menawarkan sejumlah promo, seperti biaya admin Rp1, e-voucher senilai Rp1,5 juta, DP motor mulai 10 persen, cashback senilai Rp500 ribu untuk pembiayaan sepeda motor, dan juga asuransi personal accident khusus sepeda motor senilai Rp10 juta.

    Nasabah juga bisa melakukan aktivasi akun super app BYOND di booth BSI pada gelaran GJAW 2024.

    Pewarta: Uyu Septiyati Liman
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • Wuling Kasih Diskon Mobil Listrik sampai 50%, Bisa Dapat BinguoEV Gratis!

    Wuling Kasih Diskon Mobil Listrik sampai 50%, Bisa Dapat BinguoEV Gratis!

    Jakarta

    Wuling Motors menawarkan program penjualan akhir tahun Year End Sale (YES) di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Salah satu programnya adalah diskon sampai 50 persen untuk pembeli mobil listrik yang beruntung.

    Di GJAW 2024, Wuling membawa beragam promo istimewa. Mulai dari Worry-Free Bersama Wuling EV, Berani Lebih Bersama Wuling SUV, Lucky Dip dengan aneka hadiah menarik, bunga ringan, gratis asuransi sampai dengan undian yang berhadiah utama Wuling BinguoEV.

    “Berbagai promo begitu menarik, mulai dari DP rendah mulai dari Rp 16 juta, bunga ringan mulai dari 0 persen hingga 2 tahun dan juga gratis asuransi. Paket YES ini menawarkan total benefit hingga Rp 72 juta,” kata Ricky Christian selaku Marketing Operation Director Wuling Motors di GJAW 2024 yang digelar di ICE, BSD, Tangerang.

    Dalam rangkaian promo Year End Sale, Wuling menawarkan program Worry-Free Bersama Wuling EV. Program ini terdiri dari Lifetime EV Core Components Warranty, Wuling memberikan jaminan seumur hidup untuk tiga komponen utama EV. Ditambah lagi penawaran lain berupa gratis jasa dan suku cadang hingga 15,5 tahun atau 155.000 kilometer, serta gratis charging device AC 7 kW termasuk pemasangannya. Khusus bagi pembelian Air ev, terdapat voucher listrik senilai Rp 2 juta untuk penggunaan selama satu tahun.

    Kemudian, konsumen yang membeli produk Wuling selama pameran berlangsung juga berkesempatan memenangkan hadiah utama berupa 1 unit BinguoEV. Konsumen beruntung juga bisa menikmati diskon hingga 50 persen untuk pembelian BinguoEV.

    “Program ini dapat dinikmati secara nasional maupun di pameran ini dan akan berlangsung hingga akhir tahun, pengundian akan dilakukan di awal tahun depan,” kata Ricky.

    Di samping itu, khusus untuk pembelian BinguoEV dan Cloud EV selama periode program Year End Sale dan juga di pameran GJAW, konsumen bisa mendapatkan gratis DC Adapter dan penggunaan DC Charging hingga September 2025.

    Bagi konsumen yang membeli seri Almaz dan Alvez, Wuling menawarkan program bertajuk ‘Berani Lebih Bersama Wuling SUV.’ Program ini hadir dengan berbagai manfaat seperti Resale Value Guarantee yang memastikan pemilik Almaz dan Alvez dapat memperoleh kembali 70 persen dari harga pembelian ketika menjual mobil di tahun ketiga. Syaratnya, pemilik melakukan perawatan rutin di bengkel resmi dan tidak memodifikasi kendaraan.

    Wuling pun menyediakan biaya jasa perawatan gratis hingga 8 tahun atau 100.000 km serta garansi seumur hidup untuk komponen inti pada kendaraan hybrid yang terdiri dari motor control unit, motor listrik dan baterai.

    “Kami dengan bangga menghadirkan terobosan baru yang menjadikan Wuling sebagai pelopor garansi seumur hidup untuk komponen inti kendaraan hybrid. Program ini dirancang khusus untuk memberikan perlindungan khusus bagi konsumen New Almaz RS Hybrid,” kata Maulana Hakim, Aftersales Director Wuling Motors.

    Garansi seumur hidup untuk komponen inti New Almaz RS Hybrid berlaku bagi unit kepemilikan tangan pertama yang digunakan secara pribadi, dengan pemakaian tidak lebih dari 30.000 kilometer per tahun, serta wajib menjalani perawatan berkala di bengkel resmi menggunakan suku cadang asli. Garansi tidak berlaku jika komponen inti mengalami kerusakan akibat modifikasi, tabrakan, atau kecelakaan yang berdampak langsung pada komponen tersebut.

    (rgr/dry)

  • LCGC Hybrid Bisa Kasih Dampak Positif ke Penjualan Mobil: Harga Murah-Minim Emisi

    LCGC Hybrid Bisa Kasih Dampak Positif ke Penjualan Mobil: Harga Murah-Minim Emisi

    Jakarta

    Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) setuju dengan usulan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang meminta produsen mobil di Indonesia membuat low cost green car atau LCGC hybrid.

    Menurut mereka, ada dua dampak baik yang akan dirasakan negara dengan kehadiran LCGC hybrid: bertumbuhnya pasar roda empat dan berkurangnya emisi karbon.

    Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Rustam Effendi mengklaim, usulan Kemenperin soal LCGC hybrid benar-benar bagus. Sebab, secara harga, kendaraan tersebut pasti lebih murah dibandingkan mobil hybrid yang saat ini beredar di pasaran.

    “Jadi memang hybrid perlu didorong. Usulan Kemenperin itu suatu usulan yang bagus bahwa LCGC di-hybrid-kan. Kemudian harganya mendekati LCGC (regular) dan kemudian ini akan menjadi kebutuhan masyarakat luas,” ujar Rustam dalam forum diskusi yang digelar di Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

    “Saya rasa ini akan lebih sukses dibandingkan mobil hybrid di pasaran yang harganya lebih mahal,” tambahnya.

    Kemenperin bicara soal LCGC hybrid. Foto: Dok. Toyota Astra Motor

    Di kesempatan yang sama, Kukuh Kumara selaku Sekertaris Umum (Sekum) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) setuju dengan usulan Kemenperin. Menurutnya, LCGC kini tak lagi bisa dibilang murah. Itulah mengapa, teknologi hybrid tak masalah disematkan ke mobil tersebut.

    “Menarik, itu bisa ke sana kalau volume-nya besar, LCGC volume besar tapi teknologi berubah. Tidak bisa emisinya segitu-gitu saja, jalan keluarnya hybrid,” ungkap Kukuh Kumara.

    “Karena mobil ini bukan low cost lagi, dibandingkan yang lain juga emisinya sudah tinggi. Mau baru atau lama, kalau produk itu bisa diminati konsumen, ya menarik,” tambahnya.

    Mobil Low Cost Green Car (LCGC) di GIIAS 2023 Foto: Ridwan Arifin

    Diketahui, usulan produsen bikin LCGC hybrid disampaikan Dodiet Prasetya selaku Direktur Industri Alat Transportasi Darat Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin.

    Dodiet mengatakan, penjualan LCGC cukup tinggi di Indonesia. Dia ingin, catatan baik itu ditingkatkan dengan meluncurkan varian hybrid.

    “Kami mendorong para pabrikan untuk bisa menyematkan teknologi hybrid di LCGC. Poinnya satu, kita ingin meningkatkan pencapaian yang sudah bagus. Kemudian dalam rangka sumbangsih penurunan emisi dan ketahanan energi. Kami ingin meningkatkan apa yang sudah efisien menjadi lebih efisien,” kata dia.

    Sebagai catatan, penjualan LCGC tahun lalu mencapai 204.705 unit dengan market share tembus 20,3 persen. Nominal tersebut mengalami kenaikan 9,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Kini, ada lima model LCGC yang saat ini dijual di Indonesia, yakni Toyota Calya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra dan Honda Brio Satya.

    (sfn/dry)