Organisasi: Gaikindo

  • Datang ke Indonesia, Maxus Jadi Lexus LM dan Toyota All New Alphard Killer?

    Datang ke Indonesia, Maxus Jadi Lexus LM dan Toyota All New Alphard Killer?

    Jakarta

    Maxus langsung memperkenalkan dua model di Indonesia, Mifa 7 dan Mifa 9, pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Khusus Mifa 9. Dijual dengan harga yang tidak main-main, pun setelah mendapatkan insentif dari pemerintah, apakah Maxus hadir untuk menjadi penantang Lexus LM dan Toyota All New Alphard?

    Tapi apa benar seperti itu ya? Hmm, rupanya hal itu dibantah oleh Maxus yang kini berada di bawah payung PT Indomobil Energi Baru.

    “Lexus killer? Kami tidak bilang begitu,” jawab singkat Chief Operating Officer PT Indomobil Energi Baru, Yudhy Tan, sambil tersenyum.

    Yudhy kembali menegaskan hadirnya Maxus di Indonesia dan memilih bermain pada segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) premium, lantaran market MPV di Indonesia memang menjadi market paling seksi di tanah air.

    “Untuk pasar Indonesia, MPV itu memiliki segmen yang menarik, dan kebetulan kami yang pertama di kelas middle menggunakan baterai, sliding door, itu saya rasa pilihan yang paling tepat untuk masuk ke pasar Indonesia,” ucap Yudhy.

    Maxus umumkan harga Mifa 7 dan Mifa 9 Foto: Dok. Maxus

    “Kami melihat Mifa 7 dan Mifa 9 itu produk yang cocok untuk Indonesia, dengan segala yang kami punya pengalaman yang panjang kami ingin memberikan pelayanan terbaik terlebih dahulu,” Yudhy menambahkan.

    Overseas Regional Manager SAIC MAXUS AUTOMOTIVE CO., LTD, Zhang Wei pun mengamini pernyataan Yudhy.

    “Seperti yang kita ketahui setiap negara memiliki model yang menjadi favorit,” ucap Wei.

    Lalu kira-kira sudah berapa banyak pesanan yang diterima Maxus ya?

    “Sudah ada yang melakukan pemesanan? Pasti sudah ada, tapi kita masih menghitung, terlebih kami sudah mulai menjual di GJAW 2024, tinggal kita tunggu,” Wei menambahkan.

    (lth/rgr)

  • Toyota Pamer Mobil Hidrogen, Mau Dijual di Indonesia?

    Toyota Pamer Mobil Hidrogen, Mau Dijual di Indonesia?

    Jakarta

    Toyota beberapa kali memamerkan teknologi mobil hidrogen dalam bentuk mobil Toyota Mirai. Namun, hingga sekarang Toyota belum menjual Mirai di Indonesia.

    Toyota Mirai itu dipajang di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Toyota Mirai yang hadir dalam acara tersebut merupakan Gen-2. Ini merupakan mobil fuel cell electric vehicles (FCEV) yang menggunakan hidrogen murni sebagai sumber energi penggerak motor listrik sehingga dipastikan nol emisi. Mobil ini hanya mengeluarkan air murni dari ‘knalpotnya’, serta senyap khas mobil listrik.

    Ini bukan kali pertama Toyota memamerkan teknologi mobil hidrogen. Apakah akan menjual mobil hidrogen di Indonesia, Toyota?

    “Mirai sejak generasi pertama, kedua, saya rasa Indonesia menjadi salah satu piloting atau trial untuk melihat marketability, useability, kemudian kecocokan dari product ini. Jadi saya rasa Mirai tidak mewakili bentuk sedannya atau product-nya tapi mewakili teknologinya. Karena teknologi hidrogen ini penggunaannya banyak, tidak hanya passenger (mobil penumpang) tapi juga komersial,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy.

    Menurutnya, mobil hidrogen merupakan salah satu solusi untuk menekan emisi gas buang dari sektor transportasi. Selain mobil listrik, ada banyak pilihan teknologi kendaraan lainnya untuk membantu mewujudkan netral karbon seperti mobil ICE dengan bahan bakar bioetanol atau biodiesel, mobil hybrid, plug-in hybrid, hingga hidrogen.

    “Ada juga hidrogen yang diharapkan salah satunya Toyota atau merek-merek lain untuk mencoba untuk trial untuk penjajakan di Indonesia,” kata Anton.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, teknologi mobil hidrogen tidak akan lama lagi akan hadir di Indonesia. Tinggal menyiapkan infrastruktur pengisian hidrogen maka mobil ini bisa dijajakan di Indonesia.

    “Ini basisnya hidrogen, salah satu teknologi otomotif yang menurut pandangan saya tidak lama lagi akan hadir,” kata Agus kepada wartawan di ICE BSD Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    “Nah ini Toyota sudah menyiapkan produk basis engine-nya 100 persen hidrogen.”

    “Tinggal infrastruktur disiapin, charging station untuk hidrogen kita siapkan. Sehingga nanti hidrogen bisa jalan,” jelas dia.

    FCEV menggunakan sumber energi terbarukan yang tersedia luas di alam yang dapat diolah menjadi gas hidrogen. Dengan segala keunggulannya, FCEV menjadi salah satu opsi solusi mobilitas masa depan di Indonesia. Berlimpahnya sumber daya alam untuk memproduksi gas hidrogen memberikan kesempatan untuk ikut mengurangi pemakaian BBM fosil.

    (rgr/din)

  • Toyota Hilux GR Sport Versi Mainan Anak-anak Meluncur, Harga Rp 6 Jutaan

    Toyota Hilux GR Sport Versi Mainan Anak-anak Meluncur, Harga Rp 6 Jutaan

    Jakarta

    SHP Toys memperkenalkan produk terbaru mobil mainan anak-anak di arena Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Produk terbaru ini meliputi Mini Toyota Series, hingga Toyota Hilux GR Sport Volta Toys (Volta 5099).

    “Tipe ini merupakan model yang legendaris dari Toyota dan kami sudah mendapatkan lisensi langsung dari pabrikan mobilnya (car maker) yang punya model-model tersebut,” ungkap Hary Tio selaku Direktur Utama PT Sinar Harapan Plastik (SHP Toys) dalam keterangannya.

    Toyota Hilux GR Sport Volta Toys (Volta 5099) memiliki dimensi jumbo dirancang mampu memuat sekitar 2-3 anak sekaligus. Mobil ini juga dibekali dengan fitur keselamatan anak seperti dual seat belt, emergency brake, serta mode smooth start. Namun pengawasan dari orang tua tetap harus diutamakan.

    SHP Toys luncurkan mobil mainan anak-anak di GJAW 2024 Foto: Dok. SHP Toys

    Mobil ini juga punya roll bar belakang yang bisa diubah dan diputar menjadi tempat duduk. Kemudian pintu bagasi belakang juga dapat dibuka sehingga menghadirkan space yang lebih luas untuk barang tambahan.

    Mainan tunggang elektrik ini punya dua pilihan baterai 12 v /7AH dan 24 v / 7 AH semua berpenggerak 4×4. Gearbox depan spesifikasinya 540/13.000 rpm, gearbox belakang 550/12.000 rpm. Gear setir 390/5.600 rpm. Kecepatan rata-rata di kisaran 3-7 km/jam.

    Toyota Hilux GR Sport Volta Toys juga sudah dibekali musik anak yang seru, dan menggunakan ban EVA dan plastik yang cocok dimainkan di luar ruangan dengan permukaan ubin, konblok maupun rumput. Mobil mainan ini hadir dalam 4 pilihan warna menarik, hitam, putih, abu, dan merah. Soal harga, kisarannya Rp 6 juta hingga Rp 6,5 juta.

    SHP Toys luncurkan mobil mainan anak-anak di GJAW 2024 Foto: Dok. SHP Toys

    Selain mobil mainan elektrik, SHP Toys juga merilis Mini Toyota Series yang harganya ratusan ribu rupiah. “Ini mainan produksi lokal pertama yang menggunakan handle yang bisa diatur ketinggiannya (adjustable), selain dapat digunakan orang tuanya untuk mendorong mainan, sang anak juga dapat menggunakannya untuk belajar keseimbangan,” jelas Hary lagi.

    Untuk kenyamanan anak, mainan ini juga telah dilengkapi berbagai fitur seperti dengan bottle holder (tempat botol minuman), body safety (bar pelindung yang dapat dilepas pasang), foot step, light button (tombol lampu), fun kids music, safety bump dan back rest.

    Untuk fun kids music yang disematkan juga berisi musik anak-anak Indonesia yang bisa aktif menggunakan tombol di bagian setir. Begitu tombol musik diaktifkan, lampu di tombol juga ikutan menyala. Mini Toyota Series SHP Toys dibanderol dengan harga kisaran Rp 170 ribu hingga Rp 260 ribuan. Dan ada promo khusus selama pameran GJAW.

    (lua/rgr)

  • Video: Dorong Penjualan Otomotif, MUF GJAW 2024 Bertabur Diskon

    Video: Dorong Penjualan Otomotif, MUF GJAW 2024 Bertabur Diskon

    Jakarta, CNBC Indonesia – Gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 digelar dengan nuansa berbeda. Tahun ini, PT Mandiri Utama Finance (MUF) menjadi sponsor utama dalam gelaran tersebut. Melalui GJAW 2024, MUF berkomitmen untuk mendongkrak penjualan kendaraan di tengah lesunya daya beli masyarkat. Seperti apa keseruan MUF GJAW 2024?

    Selengkapnya saksikan liputan jurnalis CNBC Indonesia Salma Wijaya di Program Autobizz CNBC Indonesia, Selasa (26/11/2024).

  • Ini Fitur ADAS yang Bikin Mitsubishi XForce Ultimate DS Unggul

    Ini Fitur ADAS yang Bikin Mitsubishi XForce Ultimate DS Unggul

    Jakarta

    Teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) makin jamak ditemui di mobil-mobil masa kini, tidak terkecuali pada Mitsubishi XForce Ultimate DS (Diamond Sense) yang baru diperkenalkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 baru-baru ini. Mitsubishi memiliki salah satu fitur ADAS yang unggul dibanding yang lain. Apakah fitur yang dimaksud?

    Seperti dibilang Guntur Harling, selaku General Manager of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), fitur unggulan ADAS yang dimaksud adalah teknologi Adaptive Cruise Control (ACC) yang bisa digunakan pada kecepatan rendah.

    Mitsubishi XForce Ultimate DS Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Adaptive Cruise Control yang dimiliki oleh XForce bisa digunakan dalam kondisi low speed (kecepatan rendah). Artinya, ini juga sangat bermanfaat, terutama untuk Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia yang kondisi trafiknya sangat padat,” bilang Guntur kepada wartawan di ICE-BSD City, Tangerang, Senin (25/11/2024).

    Kata Guntur, fitur Adaptive Cruise Control ini bisa digunakan pada kecepatan 30 km/jam. Oh iya, bagi yang belum tahu, Adaptive Cruise Control adalah fitur keamanan pada mobil yang dapat mengatur kecepatan kendaraan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

    Fitur ADAS di Mitsubishi XForce Ultimate DS Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Cara kerja fitur ACC menggunakan sensor radar atau kamera untuk mendeteksi kendaraan di depan dan mengukur jaraknya. Setelah diatur, ACC ini akan menjaga kecepatan kendaraan tetap konstan. Jika kendaraan di depan melambat atau berhenti, ACC akan mengurangi kecepatan atau berhenti sepenuhnya.

    Selain fitur Adaptive Cruise Control, dalam paket ADAS Diamond Sense Mitsubishi XForce Ultimate ini juga ada beberapa fitur penting lain, seperti Forward Collision Mitigation system (FCM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Warning, Auto High Beam, Auto Rain Sensor, termasuk fitur Lead Car Departure Notification.

    (lua/rgr)

  • Suzuki Jimny 5 Pintu White Rhino Edition Bakal Jadi Rare Item 15 Tahun ke Depan

    Suzuki Jimny 5 Pintu White Rhino Edition Bakal Jadi Rare Item 15 Tahun ke Depan

    Jakarta

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) merilis Jimny 5 pintu varian terbatas, White Rhino Edition, di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Mobil ini bakal menjadi koleksi langka alias rare item dalam 10 hingga 15 tahun ke depan.

    “Kita secara product behavior sangat sadar sekali bahwa Jimny ini bukan tipikal mobil untuk menggenjot penjualan. Tapi lebih kepada hobi, lebih kepada preferensi produk. Maka itu kita membuatkan limited edition ini sebagai salah satu alasan buat konsumen buat membeli produk ini, istilahnya kayak gitu,” bilang 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, kepada wartawan di BSD City, Tangerang, Senin (25/11).

    Harold menambahkan, calon pembeli Suzuki Jimny 5 pintu edisi terbatas ini bakal dimudahkan, lantaran stoknya tersedia selama masih ada, sehingga tidak perlu inden seperti model-model Suzuki Jimny lainnya. Nilai plusnya, Suzuki Jimny 5 pintu White Rhino Edition bakal menjadi barang langka yang diburu dalam beberapa tahun mendatang.

    “Karena (Suzuki Jimny 5 pintu White Rhino Edition) ini akan menjadi collectible item yang nanti akan sangat berharga mungkin 10 tahun dari sekarang atau 15 tahun dari sekarang. Sehingga masing-masing konsumen itu nanti punya, oh kita punya limited edition yang ini,” sambung Harold.

    Sekadar informasi, Jimny 5 pintu White Rhino Edition lebih dari sekadar penyegaran, mobil ini menghadirkan pengalaman berkendara lebih eksklusif. Lima sentuhan khusus diberikan oleh Suzuki, seperti front bumper under dan side under garnish sebagai perlindungan tambahan.

    Kelengkapan lain seperti door visor serta door handle garnish chrome menambahkan kesan elegan pada tampilan. Sementara bagian belakang terdapat spare tire cover berlogo Rhino menunjukkan lambang kekuatan. Menariknya, varian ini dibalut dalam warna Pearl Arctic White yang tidak dapat ditemui pada varian Jimny 5 pintu lainnya, ketersediaan varian tersebut menjadi kelebihan nilai tambah yang tinggi, baik bagi model Jimny maupun pemiliknya.

    Menjawab ketertarikan para penggemar maupun calon konsumen, Suzuki membanderol Jimny 5 pintu White Rhino Edition dengan harga Rp 495.100.000 secara On the Road (DKI Jakarta). Makin terlihat Istimewa karena varian ini hanya tersedia dengan pilihan transmisi otomatis (A/T).

    (lua/rgr)

  • Girangnya BYD Jual 11.000 Unit Mobil di Indonesia dalam 5 Bulan

    Girangnya BYD Jual 11.000 Unit Mobil di Indonesia dalam 5 Bulan

    Shenzhen

    BYD mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Indonesia. Dalam waktu lima bulan, lebih dari 11.000 unit mobil BYD laris di pasaran.

    BYD merupakan pendatang baru di industri otomotif Indonesia. Sebagai pendatang baru, BYD harus berhadapan dengan sejumlah model yang sudah lebih dulu eksis. Kebanyakan, rival yang harus dihadapi BYD di Indonesia adalah merek Jepang.

    Bukan rahasia lagi, penjualan mobil Jepang di Tanah Air begitu mendominasi. Data penjualan mobil yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, merek-merek Jepang seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, hingga Suzuki menguasai posisi teratas.

    Sebagai pendatang baru, BYD tentu sudah menyiapkan strategi khusus untuk berhadapan dengan kompetitornya. Cara yang diambil BYD adalah mengenalkan lini mobil listrik yang belum banyak disajikan pabrikan Jepang di Tanah Air.

    Sejak perdana menginjakkan kaki di Indonesia, semua produk yang ditawarkan BYD itu mengusung baterai sebagai sumber tenaganya. Saat ini tercatat ada empat model yang ditawarkan BYD di Indonesia yaitu Seal, Dolphin, Atto 3, dan M6. Strategi itu tampaknya berhasil memikat masyarakat Indonesia.

    BYD mencatat telah mengirimkan lebih dari 11.000 unit mobil listriknya ke masyarakat dalam negeri. Terlebih lagi, torehan itu diraih BYD dalam waktu singkat.

    “Di Indonesia setelah kami memulai pengiriman dari Juli dalam waktu hanya 5 bulan volume penjualan kami sudah lebih dari 11.000 unit,” kata BYD Asia Pacific Auto Sales Division General Manager Liu Xueliang dalam presentasinya di kantor pusat BYD, Shenzhen, China, Senin (25/11/2024).

    Pengiriman lebih dari 11.000 unit itu, kata BYD, menjadi prestasi tersendiri. Tak cuma itu, Liu juga mengapresiasi konsumen Indonesia yang mulai mempertimbangkan beralih ke kendaraan listrik.

    “Pencapaian ini tidak hanya menunjukkan teknologi dan produk BYD dapat diterima oleh konsumen lokal, tapi yang lebih penting adalah konsumen kami di Indonesia yang mulai memberi perhatian untuk teknologi hijau,” lanjut Liu.

    Tak berhenti sampai di situ, BYD juga berencana kembali menggebrak pasar otomotif dalam negeri dengan kehadiran merek premium Denza. BYD rencananya akan mengenalkan Denza pada kuartal pertama tahun 2025.

    (dry/rgr)

  • Cuma 1 Unit, Chery J6 Edisi Batik Dilelang di GJAW 2024

    Cuma 1 Unit, Chery J6 Edisi Batik Dilelang di GJAW 2024

    Jakarta

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) telah meluncurkan Chery J6 di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024. Selain versi Regular dan Phantom, mobil listrik bertampang off road itu juga tersedia dalam versi batik!

    Chery J6 Batik berstatus super terbatas, Bahkan, hanya ada satu unit di Indonesia. Kendaraan tersebut menggunakan warna dasar hitam dengan pelapis PPF dan dilukis manual oleh seniman lukis bernama Muhamad Syamsul Fahmi.

    “Kami ingin menunjukkan bahwa produk lokal seperti batik bisa bersanding dengan produk Chery J6 yang sudah diproduksi secara lokal atau CKD. Kolaborasi ini adalah bentuk apresiasi kami terhadap warisan budaya Indonesia sekaligus memperkenalkan keindahan batik kepada dunia,” ujar Rifkie Setiawan selaku Head of Brand Department PT CSI.

    Chery J6 Batik. Foto: Doc. Chery

    Proses pembuatan Chery J6 Batik melibatkan teknik melukis manual yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi. Motif batik yang menghiasi bodinya terinspirasi dari porcelain atau keramik asal China dari abad 18-19.

    Gambar-gambar pohon, bunga, dan naga yang mendominasi motif tersebut memiliki makna mendalam. Naga misalnya, melambangkan kekuatan, kebangsawanan, keberuntungan dan kemakmuran. Diharapkan, vibrasi dari motif lukisan itu dapat memberikan energi positif kepada kendaraan.

    Chery J6 Batik. Foto: Doc. Chery

    Tak ada perubahan spesifikasi di kendaraan tersebut. Sebab, ubahannya memang hanya di sektor eksterior. Mengingat statusnya yang sangat terbatas, bahkan hanya satu unit, Chery J6 Batik tak dijual secara konvensional, melainkan dilelang di pameran GJAW 2024.

    Konsumen yang telah melakukan pemesanan Chery J6 akan memiliki kesempatan eksklusif untuk memiliki karya seni bergerak tersebut. Mereka dibolehkan melakukan penawaran lebih awal dibandingkan pembeli lain.

    (sfn/rgr)

  • Penjualan Lesu, Karyawan Tuntut UMR Naik

    Penjualan Lesu, Karyawan Tuntut UMR Naik

    Jakarta

    Industri roda empat di Indonesia akan menghadapi tantangan berat tahun depan. Sebab, ketika penjualan mobil lesu akibat daya beli menurun, pekerja di sektor terkait tetap menuntut kenaikan upah minimum regional (UMR).

    Kukuh Kumara selaku Sekretariat Umum (Sekum) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, penjualan mobil di dalam negeri mengalami penurunan sejak setahun terakhir. Kondisinya bisa makin parah tahun depan karena PPN 12 persen dan opsen pajak.

    Namun, di tengah situasi tersebut, perusahaan makin dibuat pusing dengan tuntutan upah yang diserukan para pekerja di sektor terkait.

    “Sebagian besar (pekerja) di industri otomotif di Jawa Barat, ada tuntutan terkait kenaikan UMR. Itu berat bagi industri kita, cukup berat,” ujar Kukuh Kumara dalam forum diskusi yang digelar baru-baru ini di Gondangdia, Jakarta Pusat.

    Pekerja di pabrik mobil. Foto: Ruly Kurniawan

    Ketika penjualan mobil lesu, jangankan kenaikan upah, menjaga agar tak ada PHK besar-besaran saja sudah untung. Sebab, ketika produksi menurun, ada banyak pegawai yang tenaganya mulai tak dibutuhkan.

    “Yang kita khawatirkan kan penurunan produksi, itu ujung-ujungnya juga tenaga kerja yang kena. Kita kan nggak mau arahnya ke sana. Kita nggak mau nasib kita seperti Thailand, padahal ada 1,5 juta orang (yang kerja) di sektor ini,” ungkapnya.

    Kukuh menjelaskan, pengesahan PPN 12 persen dan opsen pajak membuat ‘perjuangan’ industri mobil akan lebih berat tahun depan. Bahkan, jika keduanya berjalan beriringan, bukan tak mungkin ada penurunan penjualan ekstrem ke level 500 ribu unit seperti era pandemi.

    “Kalau itu diberlakukan, pasti turunnya akan tajam. Pada tahun ini saja, kita sudah revisi target dari 1 juta unit ke 850 ribu unit. Kalau ada opsen pajak dan PPN 12 persen, bisa jadi kita akan sama dengan saat pandemi, yaitu sekitar 500 ribu unit. Dampaknya tentu ada penurunan produksi,” tuturnya.

    Penjualan mobil drop. Foto: Pradita Utama

    Opsen pajak kabarnya akan berlaku mulai 5 Januari 2025. Hal tersebut sebagai amanat dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

    Berkat kebijakan itu, pemerintah provinsi dapat memungut opsen dari Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB). Sementara pemerintah kab/kota memungut opsen dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

    Meski tujuan utamanya untuk menyelaraskan pembagian hasil, ketidakpastian terkait implementasi di tingkat daerah bisa menimbulkan kekhawatiran di kalangan pelaku industri otomotif.

    “Ketika terjadi kenaikan di suatu daerah, kan ada peluang beli di daerah lain. Kami sudah simulasikan, 1 persen dari opsen itu kira-kira berdampak penurunan penjualan 10 persen,” tuturnya.

    “Kalau kenaikannya lima persen, turunnya sampai 23 persen. Dalam kenyataannya kan naiknya lebih dari 5 persen. Ini di luar PPN tadi yang naik 1 persen ya,” kata dia menambahkan.

    Sementara kenaikan PPN dari 11 persen menjadi 12 persen akan diberlakukan mulai 1 Januari 2025. Penerapan PPN naik menjadi 12 persen sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

    (sfn/rgr)

  • Akhirnya Citroen Perkenalkan Basalt di Indonesia

    Akhirnya Citroen Perkenalkan Basalt di Indonesia

    Jakarta

    Kabar Citroen akan menjual SUV Coupe Basalt di Indonesia memang sudah santer terdengar. Wajar mobil brand asal Perancis tersebut merupakan salah satu mobil terbaik yang diperkenalkan di India. Kini warga Indonesia sudah bisa melihat langsung bagaimana tampilan Citroen Basalt secara langsung di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024.

    Memang Citroen belum menjual secara resmi Citroen Basalt di Indonesia, meski demikian mobil asal Perancis dan hasil produksi India ini terlihat begitu gagah dan menarik.

    “Kami memang baru memperkenalkan Basalt hari ini di GJAW. Akhirnya kami perkenalkan juga kan,” ucap President Director PT Nasional Distributor-Citroen Indonesia, Tan Kim Piauw, kepada detikOto.

    Tan menjelaskan untuk harga Citroen memang belum selesai meramu, meski demikian Tan memastikan Citroen Basalt akan resmi diperkenalkan di Indonesia.

    Citroen Basalt hadir di Indonesia Foto: M Luthfi Andika/detik.com

    “Untuk harga memang belum kami perkenalkan, sabar ya. karena unitnya baru datang tahun depan, jadi kemungkinan di Maret baru kami perkenalkan mungkin ya,” Tan menambahkan.

    Memang belum bisa dipastikan spesifikasi apa yang akan ditawarkan untuk pasar Indonesia. Meski demikian, Citroen Basalt di India memiliki 2 pilihan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi matik 6 percepatan, yang dikawinkan dengan mesin bensin berkapasitas 1.199cc PureTech 82 MT dan PureTech 110 AT.

    Mesin ini diklaim akan mampu menyemburkan performa maksimal hingga 82 PS di 5.750 RPM dan torsi mencapai 115 Nm di RPM 3.750 untuk transmisi manual, dan transmisi otomatis mampu menyemburkan perform hingga 110 PS di 5.500 RPM dan torsi mencapai 205 di 1.750-2.500 RPM.

    (lth/rgr)