Organisasi: Gaikindo

  • 10 Merek Mobil Terlaris November 2024

    10 Merek Mobil Terlaris November 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis data penjualan mobil baru November 2024. Penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM) merosot lebih dari 4 ribu unit dibanding Oktober lalu.

    Lima merek pengisi peringkat atas tak ada perubahan, masih ditempati Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki dan Mitsubishi seperti penjualan bulan lalu.

    Gejolak terjadi mulai urutan ke-6 hingga 10. Pabrikan China BYD menjaga posisi penjualannya di peringkat enam dengan total penjualan 2.842 unit, naik 354 unit dibanding bulan lalu.

    Sementara, Wuling tancap gas dari sebelumnya pada Oktober berada di posisi kesembilan, kini ada di posisi tujuh dengan total wholesales 2.550 unit atau naik 347 unit dibanding Oktober.

    Di posisi kedelapan dan kesembilan diduduki Hino dengan pengiriman 2.530 unit dan Mitsubishi Fuso dengan pengiriman 2.294 unit.

    Di posisi penutup ada Isuzu, merek Jepang yang dikenal sebagai kendaraan niaga, masih mempertahankan posisinya di peringkat 10 dengan pengiriman 2.040 unit, meskipun total penjualan Oktober masih lebih tinggi 66 unit dari bulan ini.

    Penjualan semua merek Gaikindo mencapai 74.347 unit pada November atau merosot 3,7 persen dibanding Oktober lalu.

    Secara total, wolesales periode Januari-November 2024 hanya tembus 784.788 unit atau minus 14,7 persen dibanding tahun lalu yang bisa mengirim lebih dari 900 ribu unit.

    Wholesales

    1. Toyota: 26.984 unit
    2. Daihatsu: 10.030 unit
    3. Honda: 8.397 unit
    4. Mitsubishi Motors: 6.050 unit
    5. Suzuki: 5.605 unit
    6. BYD: 2.842 unit
    7. Wuling: 2.550 unit
    8. Hino: 2.530 unit
    9. Mitsubishi Fuso: 2.294 unit
    10. Isuzu: 2.040 unit

    Retail sales

    1. Toyota: 25.860 unit
    2. Daihatsu: 12.113 unit
    3. Honda: 8.765 unit
    4. Mitsubishi Motors: 6.102 unit
    5. Suzuki: 6.240 unit
    6. BYD: 2.833 unit
    7. Wuling: 2.503 unit
    8. Isuzu: 2.454 unit
    9. Mitsubishi Fuso: 2.360 unit
    10. Hino: 2.109 unit

    (can/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Penjualan Mobil November 2024 Turun, Ada Harapan Kejar 850 Ribu Unit

    Penjualan Mobil November 2024 Turun, Ada Harapan Kejar 850 Ribu Unit

    Jakarta, CNN Indonesia

    Penjualan mobil baru pada November 2024 merosot 3,7 persen dibanding Oktober. Para produsen harus mengejar penjualan 66 ribu unit di Desember supaya tembus target 850 ribu unit yang sudah ditetapkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    Berdasarkan data Gaikindo, wholesales November tercatat 74.347 unit atau turun 2.879 unit dibanding Oktober. Kalau dibandingkan dengan wholesales November 2023, angka bulan ini semakin miris karena merosot 11,9 persen atau selisih 10.043 unit.

    Secara total wholesales Januari-November 2024 hanya tembus 784.788 unit atau minus 14,7 persen dibanding tahun lalu yang bisa mengirim lebih dari 900 ribu unit.

    Para perusahaan industri yang tergabung di Gaikindo harus menjual minimal 66 ribu unit mobil di Desember ini, kalau mau melampaui target 850 ribu unit.

    Namun berkaca penjualan bulanan dari Januari-November 2024, tak ada yang berada di bawah 69 ribu unit per bulan. Artinya angka 850 ribu unit kemungkinan besar terlampaui.

    Bagaimana penjualan retail?

    Kondisi pengiriman dari dealer ke konsumen alias retail tak sekacau wolesales. Pada November ini retail sales tembus 76.053 unit atau naik 3,5 persen dari Oktober.

    Namun jika dibanding retail November 2023, kondisi ini amat sangat berbeda. Nilai retail sales tembus 82.781 unit atau selisi 6.728 unit dibanding November 2024.

    Penjualan retail dari Januari hingga November 2024 menghasilkan 806.721 unit atau turun dari tahun sebelumnya yang berhasil menorehkan 908.473 unit.

    Penjualan mobil baru Januari-November 2024 (WS):

    Januari 69.758
    Februari 70.772
    Maret 74.779
    April 48.762
    Mei 71.381
    Juni 74.623
    Juli 74.160
    Agustus 76.304
    September 72.667
    Oktober 77.191
    November: 74.347
    Total: 784.788

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Viral Hyundai Creta Prime Isi Pertalite, Jadi Gunjingan Warganet

    Viral Hyundai Creta Prime Isi Pertalite, Jadi Gunjingan Warganet

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sebuah postingan di X yang menunjukkan mobil compact SUV Hyundai Creta Prime mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite viral di media sosial.

    Foto itu dibagikan pengguna akun X @Masmasbiasa pada Minggu (8/12) lalu dan sudah dilihat lebih dari 1,1 juta pengguna dan disukai 7,5 ribu akun.

    “Saya lebih memilih untuk tidak berbicara. Dari pada saya berbicara, saya dalam masalah,” kata dia dalam postingannya.

    Tidak sedikit warganet yang memberikan komentar miring kepada pemilik mobil tersebut. Pasalnya, Hyundai Creta dinilai tidak termasuk dalam daftar kendaraan yang boleh menenggak Pertalite.

    Pembelian BBM subsidi jenis Pertalite saat ini harus menyertakan QR Code dari aplikasi MyPertamina kepada petugas SPBU supaya lebih tepat sasaran.

    Namun, saat ini pemerintah masih belum merinci spesifikasi mobil yang dibolehkan membeli Pertalite. Pemerintah tengah menggodok kriteria kendaraan yang berhak minum BBM subsidi dengan kandungan RON 90 itu.

    Aturan ini nantinya akan tertuang di dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) No. 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

    Dalam draf aturan sebelumnya, salah satu kriteria pembatasan yang diusulkan berdasarkan kapasitas mesin mobil di bawah 1.400 cubicle centimeter (cc) dan untuk motor di bawah 250 cc.

    Namun untuk kepastiannya masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah.

    Creta merupakan SUV yang dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1.500 cc, yang menghasilkan 113 hp dan torsi maksimum 144 Nm.

    Diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Creta dibanderol Rp279 hingga Rp399 juta kala itu.

    Pada ajang IIMS 2024 yang digelar Februari lalu, Hyundai merilis tipe Aplha yang dibanderol Rp421,8 juta.

    [Gambas:Twitter]

    Dalam situs resminya, Hyundai menyarankan untuk pengguna Creta mengisi BBM dengan kandungan RON minimal 92.

    “Mobil Hyundai yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia beberapa menggunakan BBM bensin, mulai dari Hyundai Creta, Hyundai Stargazer, hingga Hyundai Santa Fe Bensin. Untuk mesin bensin, direkomendasikan menggunakan bahan bakar dengan Ron 92 atau diatasnya,” bunyi keterangan Hyundai dalam situs resminya.

    BBM dengan RON 92 ini adalah Pertamina Pertamax, Shell Super, Vivo 92, maupun BP 92.

    (can/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Hyundai Ajak Produsen Lain Rilis Banyak Mobil Baru di RI, Ini Alasannya

    Hyundai Ajak Produsen Lain Rilis Banyak Mobil Baru di RI, Ini Alasannya

    Jakarta

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak seluruh produsen mobil meluncurkan banyak produk baru di Tanah Air. Sebab, mereka yakin, cara tersebut bisa memantik minat konsumen dalam membeli kendaraan anyar!

    Chief Operating Officer (COO) PT HMID, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, penjualan roda empat akan menemui tantangan berat tahun depan. Bahkan, berdasarkan hitung-hitungannya, bisa tembus 800 ribu unit/tahun saja sudah bagus.

    Itulah mengapa, produsen tak bisa hanya pasrah menghadapi situasi tersebut. Dia menegaskan, peluncuran banyak produk baru bisa meningkatkan daya beli konsumen. Sebab, transaksinya bisa didorong dari pertimbangan emosional.

    “Hyundai mau marketnya tidak turun seperti prediksi Gaikindo. Kami dari Hyundai mengajak APM APM lain untuk mengeluarkan produk-produk baru, yang lebih gencar lagi. Meski situasi makronya seperti tax regulation kita masih tunggu perkembangannya,” ujar Frans di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

    Hyundai Kona Electric N-Line. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Frans yakin, konsumen yang tadinya tak berminat membeli kendaraan akan berubah pikiran ketika melihat produk baru. Hal tersebut yang seharusnya bisa ‘dimanfaatkan’ produsen untuk meningkatkan penjualan.

    Selain itu, dia juga berharap, pemerintah menerbitkan aturan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Ditanggung Pemerintah (DTP) seperti zaman pandemi. Kombinasi keduanya diharapkan mampu memulihkan pasar otomotif yang lesu setahun terakhir.

    “Kalau semua APM mengeluarkan produk baru, saya rasa kustomer mau mengganti kendaraan lama (dengan yang baru). Apalagi ada inisiatif-inisiatif kayak relaksasi pajak seperti era pandemi, tentu dengan rujukan dua pertimbangan tadi,” kata dia.

    Hyundai N Brand Experience Center Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Dua rujukan tersebut, menurut Frans, berkaitan dengan tingkat kandungan lokal atau TKDN produk dan nilai investasi produsen di Indonesia secara keseluruhan.

    Sebagai catatan, Hyundai telah meluncurkan delapan mobil baru di Indonesia selama 2024. Bahkan, bulan depan, mereka akan menambah satu produk baru lagi di Tanah Air.

    (sfn/din)

  • Merek Mobil China Terlaris di Indonesia Sepanjang 2024

    Merek Mobil China Terlaris di Indonesia Sepanjang 2024

    Jakarta

    Ada banyak merek mobil China berdatangan ke Indonesia. Mana yang paling laris?

    Mobil merek China kian meramaikan jalanan Indonesia. Setelah Wuling masuk pada tahun 2017, semakin ke sini makin banyak merek China berdatangan ke Tanah Air. Berdasarkan data penjualan yang dirilis Gabungan industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), setidaknya ada11 merek mobil China yang menjajakan produknya di dalam negeri.

    Selain Wuling, ada BYD, Chery, DFSK, Seres, Neta, Tank, Baic, Haval, Ora, dan juga Aion. Dari 10 merek itu mana yang paling laris ya?

    Wuling tercatat paling banyak mendistribuskan mobilnya. Secara wholesales, Wuling mendistribusikan 18.667 unit sementara secara retail jumlahnya 22.288 unit. Torehan itu juga membuat Wuling sukses menembus jajaran 10 merek mobil terlaris di Indonesia.

    BYD. Foto: Andhika Prasetia

    Terbanyak kedua ada BYD. Meski terhitung sebagai pendatang baru, BYD juga sanggup bersaing dengan deretan merek China lainnya, bahkan merek Jepang. BYD secara wholesales mendistribusikan 13.866 unit sementara yang dikirim ke garasi konsumen mencapai 11.654 unit.

    Merek China terlaris ketiga ada Chery. Chery sepanjang Januari hingga November 2024 telah mendistribusikan 7.742 unit secara wholesales dan 7.506 unit ke garasi konsumen seluruh Indonesia.

    Chery. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Untuk melihat lebih lengkapnya, berikut ini daftar mobil China terlaris di Indonesia.

    Penjualan wholesales Mobil China Januari-November 2024

    1. Wuling: 18.677 unit
    2. BYD: 13.866 unit
    3. Chery: 7.742 unit
    4. DFSK: 811 unit
    5. Neta: 652 unit
    6. Tank: 603 unit
    7. Baic: 199 unit
    8. Haval: 97 unit
    9. Ora: –
    10. Aion: –

    Penjualan retail mobil China Januari-November 2024

    1. Wuling: 22.288 unit unit
    2. BYD: 11.654 unit
    3. Chery: 7.506 unit
    4. DFSK: 1.008 unit
    5. Tank: 585 unit
    6. Neta: 538 unit
    7. Baic: 121 unit
    8. Haval: 69 unit
    9. Ora: –
    10. Aion: –

    (dry/din)

  • Innova Reborn Masih Laku Keras, Segini Beda Penjualannya dengan Innova Zenix

    Innova Reborn Masih Laku Keras, Segini Beda Penjualannya dengan Innova Zenix

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn masih laku keras. Segini beda penjualannya dengan Kijang Innova Zenix.

    Kehadiran mobil model terbaru, tak lantas membuat model lama ditinggalkan. Contohnya ada pada model Kijang Innova. Sekalipun Toyota sudah menyajikan Kijang Innova versi terbaru lewat model Zenix, nyatanya Kijang Innova Reborn masih banyak diburu orang Indonesia.

    Berkaca pada data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode November 2024, Kijang Innova Reborn masih memberikan kontribusi signifikan buat penjualan Innova secara keseluruhan. Distribusi Kijang Innova Reborn pada bulan kesebelas itu mencapai 2.581 unit. Sebagai perbandingan, distribusi Kijang Innova Zenix seluruh model jumlahnya 3.327 unit. Selisihnya sekitar 800-an unit.

    Kalau dihitung secara keseluruhan Kijang Innova Zenix memang lebih laris. Bila dihitung secara keseluruhan sejak Januari hingga November, distribusi Kijang Innova Reborn mencapai 23.866 unit. Sedangkan Kijang Innova Zenix tembus 34.428 unit

    Jika melihat dari spesifikasi, keduanya sudah sangat berbeda. Zenix tampilannya sudah lebih modern, lebih lagi bodinya sudah menyerupai SUV. Pun dari dapur pacu, sudah berbeda total.

    Beda Mesin Kijang Innova Zenix dan Innova Reborn

    Kijang Innova Zenix tak lagi menawarkan opsi mesin diesel. Namun kini sudah memiliki varian hybrid. Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Toyota Kijang generasi ketujuh di Indonesia ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok. Platform ini menggantikan struktur ladder on frame pada Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

    Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

    Untuk perbandingan, Kijang Innova Reborn bensin hadir dengan mesin berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal mesin bensin itu mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Innova bensin ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic, atau transmisi manual 5 percepatan.

    Sementara Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    (dry/din)

  • Daftar Mobil Listrik Terlaris November 2024: BYD M6 Laris Manis

    Daftar Mobil Listrik Terlaris November 2024: BYD M6 Laris Manis

    Jakarta

    BYD M6 belum terkejar rival-rivalnya. Selama November 2024, BYD M6 merupakan mobil listrik terlaris di Indonesia.

    Posisi BYD M6 masih kokoh di puncak daftar mobil listrik terlaris di Indonesia. MPV perdana yang mengusung baterai sebagai sumber tenaganya ini mencatatkan penjualan yang cukup moncer. Sebagaimana dirilis dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BYD mengirimkan 1.770 unit M6 ke dealer-dealernya.

    Angka distribusi itu membuat BYD M6 sulit dikejar rival-rivalnya. Di posisi kedua juga masih datang dari keluarga BYD. Seal menjadi mobil listrik terlaris kedua yang terdistribusi sebanyak 637 unit. Di posisi ketiga ada Wuling BinguoEV yang terdistribusi sebanyak 484 unit. Selanjutnya di tempat keempat, masih dihuni mobil listrik Wuling. Adalah Air ev yang mencatatkan distribusi sebanyak 451 unit.

    Selanjutnya ada Chery Omoda E5 yang terdistribusi sebanyak 339 unit. Chery Omoda E5 itu dibuntuti Hyundai Kona EV. Pendatang baru dari Hyundai itu terkirim sebanyak 329 unit. Untuk melihat datanya lebih lengkap, berikut ini tim detikOto himpun daftar mobil listrik terlaris di Indonesia periode November 2024.

    Daftar Mobil Listrik Terlaris November 2024

    1. BYD M6: 1.770 unit
    2. BYD Seal: 637 unit
    3. Wuling BinguoEV: 484 unit
    4. Wuling Air ev: 451 unit
    5. Chery Omoda E5: 339 unit
    6. Hyundai Kona EV: 329 unit
    7. BYD Atto 3: 306 unit
    8. Wuling Cloud EV: 150 unit
    9. MG 4 EV: 134 unit
    10. Hyundai Ioniq 5: 130 unit
    11. BYD Dolphin: 129 unit
    12. Citroen EC3: 79 unit
    13. Neta V-II: 70 unit
    14. Chery J6: 64 unit
    15. Neta X: 63 unit
    16. BMW iX1: 43 unit
    17. BMW i5: 17 unit
    18. BMW i7: 16 unit
    19. MG ZS EV: 14 unit
    20. MINI Aceman: 12 unit
    21. Mitsubishi L100 EV: 11 unit
    22. Hyundai Ioniq 6: 6 unit
    23. Volvo EX30: 6 unit
    24. MINI Cooper SE: 6 unit
    25. MINI Countryman: 4 unit
    26. Toyota bZ4X: 4 unit
    27. Volvo XC40: 3 unit
    28. BMW iX: 3 unit
    29. Kia EV9: 1 unit
    30. Mercedes-Benz EQS 450+: 1 unit
    31. Mercedes-Benz EQB 250: 1 unit

    Bila dihitung secara keseluruhan, kontribusi mobil listrik masih terbilang kecil. Dari total 74.347 unit, distribusi mobil listrik baru sekitar 5.277 unit atau sekitar tujuh persen. Sementara sisanya masih didominasi mobil bermesin konvensional.

    (dry/din)

  • Penjualan Lemas, Hyundai Manuver Jualan Mobil Hybrid di Indonesia

    Penjualan Lemas, Hyundai Manuver Jualan Mobil Hybrid di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto membeberkan alasan penurunan penjualan mobil baru yang dialami perusahaan tahun ini dan manuver menjual mobil hybrid usai bergembar-gembor mobil listrik.

    Berdasarkan data Gaikindo, Hyundai mengalami penurunan penjualan retail berturut-turut selama Juli-November 2024. Angka retail merek asal Korea Selatan ini tak pernah lebih dari 2.000 unit sejak Juni.

    Distribusi mobil baru dari dealer ke konsumen pada Juli hanya menyentuh 1.759 unit dan terus menunjukkan tren negatif, yakni 1.555 unit pada Agustus, 1.491 unit pada September, 1.451 unit pada Oktober dan 1.651 unit pada November.

    Saat ini Hyundai ada di posisi sembilan dalam daftar merek mobil terlaris di dalam negeri dengan catatan 20.543 unit selama 11 bulan.

    Selama 11 bulan pada 2023 Hyundai tercatat menjual 32.684 unit dan menuntaskan tahun itu dengan hasil 35.736 unit yang menempatkannya di posisi enam.

    Menurut Frans, gejolak penjualan mobil baru Hyundai lantaran permintaan konsumen mulai bergeser dari mobil listrik ke hybrid. Hal ini disebut sudah ditanggapi perusahaan dengan menjalankan perubahan strategi untuk mengatasinya.

    “Kalau penurunannya Hyundai sekarang karena kan ada tren market juga. Terus kemudian Hyundai juga lagi menyesuaikan dengan produk-produk apa yang akan diperkenalkan ke market,” ujar Frans saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

    Ia menjelaskan sebelumnya Hyundai lebih fokus pada mobil listrik hingga menjadi pemain utama di segmen premium. Namun dikatakan pasar mobil listrik telah berubah karena kehadiran berbagai merek segmen menengah dan munculnya opsi lain, yaitu mobil hybrid.

    “Nah oleh karena itu, Hyundai juga harus merevisi strateginya, makanya sekarang kita masuk ke mobil-mobil hybrid dengan memperkenalkan Santa Fe, terus kemudian Tucson,” ujar Frans.

    Nah itu menjadi pertanda bahwa Hyundai sedang melakukan revisi terhadap strateginya karena kita mau jualan lebih banyak lagi. Dan respon terhadap Hyundai hybrid cukup luar biasa, sampai sekarang masih inden,” papar dia lagi.

    Hyundai telah meluncurkan dua model mobil hybrid dalam dua bulan terakhir, yaitu Santa Fe Hybrid dan Tucson Hybrid. Keduanya mendapat respon dari masyarakat dengan masing-masing mencatatkan 1.400 unit SPK dan 40 unit SPK.

    (rac/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Awas! Industri Otomotif Dalam Negeri Bisa Mandek Gegara Ini

    Awas! Industri Otomotif Dalam Negeri Bisa Mandek Gegara Ini

    Jakarta: Persaingan menjadi faktor penting dalam dunia industri. Tanpa persaingan yang sehat, perkembangan pasar menjadi hal yang mustahil. Lebih dari itu, persaingan yang tidak sehat rentan melahirkan oligopoli.
     
    Fenomena yang sama terjadi juga dalam industri otomotif. Belakangan, sejumlah dealer otomotif menyuarakan keberatan mereka pada perjanjian eksklusivitas yang diterapkan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Dosen FEB Universitas Indonesia, Mone Stepanus menyoroti dampak perjanjian eksklusivitas bagi pasar dan industri secara keseluruhan. Salah satu risiko terbesarnya adalah tertutupnya peluang investasi baru.
     
    “Praktik ini menyebabkan stagnasi dalam inovasi produk, serta memperkecil daya saing industri otomotif Indonesia di kancah internasional,” kata dia, dalam keterangan resmi, Rabu, 11 Desember 2024.
    Sementara itu, Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad mengatakan, peran KPPU sangat penting dalam menjaga iklim industri yang sehat dan kompetitif. Maka, menurutnya, langkah-langkah strategis perlu diambil untuk mendobrak praktik oligopoli yang saat ini menghambat perkembangan pemain baru dalam industri otomotif.
     
     

     
    “Supaya kompetitif ya. Pertama agar investasi di sektor otomotif jauh lebih banyak, pabrikan lebih banyak. Hambatan-hambatan untuk investasi di bidang otomotif harus diperluas,” ujar Tauhid.
     
    Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto, menganggap asosiasinya tidak punya wewenang untuk ikut membahas isu tersebut. “Isu yang berkaitan dengan strategi bisnis masing-masing ATPM, termasuk perjanjian eksklusivitas yang mereka terapkan dengan jaringan dealer, di luar lingkup kami,” ungkap dia.
     
    Secara regulasi, dikatakan dia, perjanjian ekslusivitas bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Khususnya, pasal 19 poin (a) dan (d). Di sana tertulis pelaku usaha dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan oligopoli atau persaingan usaha tidak sehat.
     
    Tindakan itu, lanjutnya, berupa menolak atau menghalangi pelaku usaha tertentu untuk melakukan kegiatan usaha yang sama pada pasar yang bersangkutan atau melakukan praktik diskriminasi terhadap pelaku usaha tertentu.
     
    KPPU harus turun tangan

    Konsultan Hukum Persaingan Usaha sekaligus pendiri Iwant & Co Antimonopoly Counselor, Sutrisno Iwantono mengatakan, perlunya campur tangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam polemik perjanjian eksklusivitas. Namun sayangnya, menurut dia, KPPU selalu kurang responsif terhadap perubahan dinamika pasar yang cepat.
     
    “Kondisi ini menyebabkan mereka sering terlambat dalam mengatasi masalah. Ini tentu membuat penanggulangannya menjadi lebih sulit,” ujar Sutrisno.
     
    Dia juga mendorong pihak-pihak yang merasa dirugikan untuk berani bersuara. Menurut dia, tanpa adanya laporan dari para korban, KPPU akan kesulitan untuk mengidentifikasi kasus dan mengambil tindakan. “Jika dealer merasa dirugikan, mereka seharusnya tidak ragu untuk melapor. Ini bukan hanya soal etika, tetapi juga tentang keadilan,” tegasnya.
     
    Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Aru Amando menegaskan, pihaknya akan menelaah lebih lanjut aturan yang dianggap menimbulkan oligopoli tersebut.
     
    “KPPU akan sangat terburu-buru kalau mengatakan ini salah, ini benar, tanpa melihat isi di dalam perjanjiannya itu seperti apa. Kita harus lihat dulu perjanjiannya,” ujar Aru Amando.
     
    Menanggapi hal itu, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi enggan memberikan komentar. Sementara itu, Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra membantah adanya perjanjian eksklusivitas atau klausul yang mengarah pada oligopoli antara ATPM dengan distributor. Faktanya tidak ada dealer yang hanya menjual satu merek saja.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Hasil Uji Tabrak Zeekr X

    Hasil Uji Tabrak Zeekr X

    Jakarta

    Mobil listrik dari pabrikan China, Zeekr X, diuji tabrak oleh lembaga penilaian kendaraan baru Australia, Australasian NCAP (New Car Assessment Program). Hasilnya, Zeekr X mendapat nilai sempurna dalam uji tabrak itu.

    Dikutip dari siaran pers ANCAP, mobil listrik Zeekr itu melakoni debut yang baik dalam peringkat keselamatan. ANCAP mengganjar Zeekr X dengan peringkat keselamatan bintang lima.

    Zeekr X dianugerahi poin maksimum untuk perlindungan penumpang dalam uji tabrakan benturan samping. Sedangkan struktur depan Zeekr X menghadirkan risiko sedang bagi penumpang kendaraan yang melaju kencang dalam uji MPDB (yang mengevaluasi kompatibilitas kendaraan ke kendaraan).

    Dua airbag di depan, serta airbag yang melindungi dada dan samping untuk melindungi kepala merupakan fitur standar pada mobil listrik tersebut. Airbag di bagian tengah memberikan perlindungan tambahan bagi penumpang kursi depan saat terjadi tabrakan dari samping.

    Sistem pengereman darurat otonom serta sistem lane keep assist (LKA), lane departure warning (LDW), emergency lane keeping (ELK), hingga speed assistance system (SAS) yang bisa mengenali rambu batas kecepatan menjadi fitur standar pada mobil ini.

    Zeekr resmi meluncurkan dua produk mobil listrik premiumnya di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, ICE, BSD-City, Tangerang. Model Zeekr X ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp 1,1 – 1,3 milyar. Sementara buat model Zeekr 009 ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp. 2,25 – 2,7 miliar. Foto: Rifkianto Nugroho

    Untuk perlindungan penumpang dewasa, Zeekr X meraih nilai 36,76 poin (91%) dari nilai maksimal 40,00 poin. Lalu untuk perlindungan penumpang anak, mobil ini meraih nilai 42,81 poin dari nilai maksimal 49 poin (87%). Untuk perlindungan terhadap pengguna jalan rentan, Zeekr X diganjar nilai 52,96 dari 63 (84%). Dan untuk fitur safety assist, mobil ini dapat nilai 15,19 dari 18 (84%). Atas hasil itu, Zeekr X berhak dapat peringkat bintang lima dari ANCAP.

    Zeekr X dikembangkan dengan platform Sustainable Experience Architecture (SEA). Zeekr X dilengkapi dengan baterai lithium-ion 66 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 440 km (WLTP) / 540 km (NEDC) hanya dengan sekali pengisian daya. Sistem pengisian cepat DC (150 kW) dapat mengisi ulang baterai dari 10-80% dalam waktu 30 menit. ZEEKR X dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.

    Mobil ini dilengkapi 8 I-Beam Impact Samping buat melindungi baterai dari benturan, dan sistem 7 airbag untuk perlindungan optimal. Di Indonesia, Zeekr X ditawarkan dengan harga indikatif antara Rp 1,1 – 1,3 miliar.

    (rgr/din)