Organisasi: Gaikindo

  • Veloz Hybrid Meluncur, Diskon Veloz Lama Kena Segini

    Veloz Hybrid Meluncur, Diskon Veloz Lama Kena Segini

    Jakarta

    Toyota sudah meluncurkan Veloz berteknologi hybrid. Veloz (non hybrid) kena diskon segini dalam pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025.

    Perkenalan Veloz Hybrid ini merupakan bagian dari strategi elektrifikasi Toyota di Indonesia, yang semakin serius menggarap segmen mobil keluarga. Namun, bagi kalian yang masih mengincar Veloz bermesin konvensional (non-hybrid), ini adalah waktu yang sangat tepat untuk berburu diskon besar!

    “Diskon sampai Rp 30 juta. Tinggal habiskan stok saja (Veloz non hybrid),” ujar salah satu wiraniaga Toyota di GJAW.

    Veloz (non hybrid) paling murah saat ini dijual Rp 297,2 juta untuk tipe 1.5 M/T. Jika mendapatkan diskon Rp 30 juta, harganya menjadi Rp 267,2 juta.

    Lebih lanjut, Veloz termahal 1.5 Q CVT TSS saat ini dibanderol Rp 346,4 juta. Dengan diskon Rp 30 juta, tipe termahal ini dibandeol Rp 316,4 juta.

    Diskon puluhan juta ini tentu menjadi insentif besar bagi konsumen yang ingin mendapatkan MPV 7-seater dengan fitur dan desain modern, namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Angka diskon ini bisa bervariasi tergantung dari kebijakan dealer dan ketersediaan unit.

    Toyota Veloz Hybrid resmi meluncur di arena GJAW 2025. Menariknya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menawarkan Veloz Hybrid dengan harga pre book yang sangat kompetitif selama di GJAW 2025, yakni mulai Rp 299 jutaan.

    Menurut keterangan salah satu sales di booth Toyota, konsumen bisa membayar tanda jadi sebesar Rp 5 juta, di mana pengirimannya akan dilakukan sekitar bulan Februari 2026.

    Sementara untuk varian tengahnya, yakni tipe Q HEV, harga pre book-nya di kisaran Rp 335 juta, dan harga varian paling tinggi, Q HEV Modellista TSS menembus angka Rp 390 juta.

    (riar/rgr)

  • Bisa Swap Baterai, Kapan Mobil Listrik AION Rp 100 Jutaan Masuk RI?

    Bisa Swap Baterai, Kapan Mobil Listrik AION Rp 100 Jutaan Masuk RI?

    Jakarta

    Di China, AION punya mobil listrik ‘murah’ yang baterainya bisa di-swap seperti motor listrik ojek online (ojol), yakni AION UT Super. Kapan kendaraan seharga Rp 100 jutaan itu akan masuk ke Indonesia?

    Andry Ciu selaku Chief Executive Officer (CEO) AION Indonesia mengatakan, untuk membawa masuk mobil listrik dengan skema swap baterai, pihaknya harus menyiapkan fasilitas khusus di dalam negeri. Itulah mengapa, kata dia, rencana tersebut agak susah diwujudkan.

    “AION UT di China ada versi yang bisa swap baterai. Kalau kita ada fasilitas swap baterai itu, kita cukup waktu semenit aja (untuk ganti baterai),” ujar Andry Ciu saat dikonfirmasi detikOto di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025.

    “Tapi kita lagi pertimbangkan apakah investasi fasilitas itu diperlukan atau tidak. Kalau penggunanya taksi online, tentu hal ini sangat dibutuhkan. Kalau penggunanya retail, dengan wall charger di rumah, kebutuhan mereka sudah terpenuhi,” tambahnya.

    GAC Aion UT Super Foto: Dok. GAC Aion

    Diberitakan detikOto sebelumnya, AION UT Super telah meluncur di China. Kendaraan listrik untuk konsumen perkotaan tersebut dibanderol mulai dari 45.400 yuan atau sekitar Rp 106 jutaan.

    Dikutip CNEV Post, GAC AION mengatakan model tersebut merupakan kreasi bersama antara JD.com, GAC Group, dan CATL. JD.com menyediakan sumber daya dalam wawasan pengguna, penjualan kendaraan, dan pemeliharaan. Sedangkan CATL menyediakan baterainya.

    Mobil listrik ini dibangun dengan teknologi battery swap Choco-SEB (swapping electric block) dari CATL. AION UT Super hadir dengan paket baterai 54 kWh dengan daya jangkau 500 km.

    AION UT Super adalah model yang dilengkapi dengan teknologi battery swap CATL pertama yang menargetkan pasar kendaraan penumpang umum. Sebelumnya, mobil listrik dengan teknologi battery swap sudah jamak digunakan di China sebagai taksi. GAC AION mengklaim, model tersebut dapat menyelesaikan penukaran baterai dalam 99 detik.

    Stasiun penukaran baterai CATL di China saat ini tersebar di 800 lokasi. CATL menargetkan 1.000 stasiun penukaran baterai hingga akhir tahun ini. Raksasa baterai China itu berencana untuk memperluas jaringannya ke lebih dari 2.500 stasiun di lebih dari 120 kota di China pada tahun 2026.

    (sfn/rgr)

  • Begini Profil Konsumen Indonesia Pembeli Mitsubishi Destinator

    Begini Profil Konsumen Indonesia Pembeli Mitsubishi Destinator

    Jakarta

    Destinator jadi andalan baru Mitsubishi di pasar Indonesia. Siapa saja pembelinya?

    Mitsubishi Destinator membetot perhatian publik saat perdana meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Tak disangka, hal itu juga berbanding lurus dengan angka penjualannya. Mitsubishi mencatat, ada 12.000 unit Destinator yang dipesan dalam kurun waktu tak sampai empat bulan. Angka itu bahkan melebihi target penjualan fiskal Mitsubishi yang mencapai 10.000 unit. Lalu seperti apa profil konsumen Indonesia pembeli Mitsubishi Destinator?

    Menurut Mitsubishi, di segmen konsumen premium, kebanyakan didominasi pria berusia pertengahan 30 hingga 40 tahun. Mereka sangat menghargai desain eksterior yang elegan dan interior premium. Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro mengungkap, pembeli Destinator adalah mereka yang ingin naik kelas lantaran tampilannya lebih premium.

    “Destinator ini, itu sebetulnya ada di tengah-tengah antara Xpander sama Pajero. Jadi pengguna Xpander yang mau naik kelas, masih loyal ke Mitsubishi, jadi biasanya dia kan kalau mungkin ke Pajero terlalu tinggi, ya ambilnya yang Destinator,” terang Irwan.

    Irwan menegaskan, konsumen Destinator itu tak hanya berasal dari konsumen loyal pabrikan tiga berlain. Dari merek lain pun juga ada yang beralih ke SUV premium 7-seater tersebut.

    “Iya (jadi alternatif membeli Pajero), tapi ya nggak cuma dari konsumen Mitsubishi, dari konsumen brand lain juga,” tambahnya lagi.

    Kini Destinator tak hanya dipercaya untuk mengisi pasar otomotif Indonesia. Mitsubishi juga diketahui mengekspor Destinator ke berbagai negara. Rencananya ada 70 negara yang kebagian Mitsubishi Destinator mulai dari ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, hingga Afrika.

    Sebagai informasi tambahan, Mitsubishi Destinator diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, kawasan Bekasi, Jawa Barat. SUV ini dibangun dengan konsep ‘Peningkat Kepercayaan Diri untuk Keluarga Aktif’. Destinator merupakan SUV kelas menengah yang memiliki kapasitas tujuh penumpang dengan tata letak tiga baris yang luas. Destinator menggabungkan desain SUV yang elegan dan autentik dengan interior luas dan premium yang memastikan kenyamanan bagi semua penumpang. Mobil ini juga menawarkan akselerasi yang kuat dan mengasyikkan serta performa berkendara yang aman dan andal di berbagai kondisi jalan dan cuaca.

    “Selama beberapa tahun terakhir, MMPC terus mencatat pertumbuhan penjualan yang kuat dan stabil,” kata Presiden dan Chief Executive Officer MMPC Ritsu Imaeda.

    “Destinator adalah kendaraan yang menggabungkan dominan SUV dengan fleksibilitas dan kenyamanan ala MPV. Dengan Destinator yang sepenuhnya baru, kami yakin momentum kami akan terus berlanjut dan model baru ini akan semakin memperkuat posisi kami di segmen SUV yang sangat kompetitif,” pungkas Imaeda.

    (dry/rgr)

  • Ada versi Hybrid, Ini Daftar Harga Toyota Veloz Terbaru

    Ada versi Hybrid, Ini Daftar Harga Toyota Veloz Terbaru

    Jakarta

    Toyota Veloz kini punya versi hybrid. Berikut ini daftar harga Toyota Veloz terbaru.

    Lini mobil hybrid Toyota makin banyak. Terbaru ada Veloz hybrid yang menjalani debut perdananya di dunia pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Veloz hybrid paling murah ditawarkan dengan harga Rp 299 juta tanpa ada batasan kuota.

    Harga ini merupakan harga pre-book yang berlaku hingga 31 Desember 2025. Veloz paling mahal berada di kisaran harga Rp 360-390 juta.

    Sementara itu, Veloz versi bensin paling murah harganya Rp 297,2 juta dan menggunakan transmisi manual. Veloz bensin termahal tembus Rp 344 jutaan. Lengkapnya berikut daftar harga Toyota Veloz terbaru.

    Harga Toyota Veloz Terbaru

    Harga Toyota Veloz Bensin

    Veloz M/T: Rp 297,2 jutaVeloz CVT: Rp 313,2 jutaVeloz Q CVT: Rp 322,2 jutaVeloz Q CVT TSS: Rp 344,9 juta

    Harga Veloz Hybrid

    Veloz V HEV: Rp 299 jutaVeloz Q HEV: Rp 320-335 jutaVeloz Q HEV with Modellista: Rp 335-350 jutaVeloz Q HEV TSS with Modellista: Rp 360-390 jutaKonsumsi BBM Toyota Veloz Hybrid

    Dengan harga segitu, Veloz Hybrid merupakan model mobil hybrid paling murah di keluarga Toyota saat ini. Sebelum Veloz meluncur, mobil hybrid termurah adalah Yaris Cross Hybrid. Bagi konsumen yang memesan sekarang, pengiriman pertama akan dilakukan pada kuartal I tahun 2026.

    Sebagai informasi tambahan, Veloz Hybrid ini mengusung mesin 2NR-VEX berkapasitas 1.500 cc dan sistem hybrid yang sama persis dengan Yaris Cross. Sistem hybrid itu menggunakan series-parallel Toyota Hybrid System yang memberikan transisi berkendara halus, responsif, dan instan. Secara keseluruhan sistem, mobil menyemburkan tenaga 111 PS pada 5.500 rpm serta torsi dari mesin 121 Nm dan 141 Nm dari motor penggerak. Kapasitas tangkinya 43 liter.

    Baterainya menggunakan teknologi lithium-ion. Dibandingkan versi bensin, konsumsi BBM Veloz Hybrid ini dijamin lebih efisien. Bahkan 40 persen lebih baik ketimbang Veloz bensin.

    (dry/rgr)

  • Diskon Toyota Innova Zenix di GJAW

    Diskon Toyota Innova Zenix di GJAW

    Jakarta

    Toyota Innova Zenix menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia. MPV ini kena potongan harga selama pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025.

    “Diskon sampai Rp 35 juta, hybrid dan non-hybrid cuma di GJAW,” ujar salah satu wiraniaga Toyota di ICE BSD City, Tangerang.

    Dia bilang potongan harga itu berlaku untuk pameran GJAW 2025. Toyota Kijang Innova Zenix (non-hybrid) paling murah saat ini dijual Rp 436,1 juta. Praktis jika kena potongan harga, banderolnya menjadi Rp 401,1 juta.

    Sementara itu, Innova Zenix Hybrid termurah saat ini dibanderol Rp 473,4 juta. Saat mendapat potongan harga Rp 35 juta jadi Rp 437,4 juta.

    Toyota Kijang Innova Zenix terbaru menggendong mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9Nm. Kalau dibandingkan pendahulunya, tenaga dan torsi mesin ini lebih besar dari Innova Reborn bensin, sementara dibanding Innova Reborn diesel tenaganya lebih besar tapi torsinya sedikit lebih kecil.

    Di sisi lain, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm.

    Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS. Tenaganya meningkat dibanding Innova Reborn bensin (139 PS) maupun diesel (149 PS). Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dibekali baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

    Kijang Innova Zenix tersedia dalam tujuh tipe yang dibagi menjadi tiga tipe utama, yaitu Q, V, dan G. Pada grade Q 2.0 HV, Kijang Innova Zenix telah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense 3.0 dan tersedia pilihan Modellista sebagai styling package tambahan. Di grade V, ada dua pilihan mesin yaitu mesin bensin dan Hybrid EV, di mana untuk grade 2.0 V HV tersedia opsi Modellista. Di grade G juga tersedia dua pilihan mesin termasuk Hybrid EV.

    Berikut ini daftar harga Innova Zenix sebelum kena diskon Rp 35 juta di GJAW 2025:

    Innova Zenix Bensin

    Innova Zenix 2.0 G CVT (Non Premium Color): Rp436,1 jutaInnova Zenix 2.0 G CVT (Premium Color): Rp 439,1 jutaInnova Zenix 2.0 V CVT (Non Premium Color): Rp 482,6 jutaInnova Zenix 2.0 V CVT (Premium Color): Rp 485,6 juta

    Innova Zenix Hybrid EV

    Innova Zenix 2.0 G HV CVT (Non PremiumColor): Rp 473,4 jutaInnova Zenix 2.0 G HV CVT (Premium Color): Rp 476,3 jutaInnova Zenix 2.0 V HV CVT Non Modelista (Non Premium Color): Rp 547 jutaInnova Zenix 2.0 V HV CVT Non Modelista (Premium Color): Rp 549,9 jutaInnova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS Modelista (Non Premium Color): Rp 625,3 jutaInnova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS Modelista(Premium Color): Rp 628,2 juta

    (riar/rgr)

  • Pakai Setir Seperti Pesawat, Segini Harga Lexus RZ 500e di RI

    Pakai Setir Seperti Pesawat, Segini Harga Lexus RZ 500e di RI

    Jakarta

    Lexus merupakan merek premium yang turut meramaikan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Lexus mengajak konsumen Indonesia merasakan teknologi terkini dengan menghadirkan RZ 500e.

    “Kalau di GJAW sebenernya target kita sekarang itu kita fokusnya untuk itu meng-introduce teknologi terbarunya Lexus. Target kita di sini memang untuk memperkenalkan teknologi terbaru, steer-by-wire,” ujar General Manager Lexus Indonesia Ima Nurbani Rahmah di ICE BSD City, Tangerang, Senin (24/11/2025).

    Lexus RZ 500e ini menjadi mobil berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) Lexus pertama di Indonesia yang dibekali teknologi revolusioner Steer-by-Wire (SBW).

    Teknologi Steer-by-Wire menjadi sorotan utama dalam RZ 500e. Sistem kemudi elektronik ini menghilangkan koneksi mekanis antara roda kemudi (steering wheel) dan roda depan, menghasilkan respons yang yang lebih cepat, presisi lebih tinggi, dan manuver lebih halus. Teknologi ini juga memungkinkan pengurangan sudut kemudi, radius putar yang lebih kecil, serta pengalaman berkendara yang lebih intuitif dan terkoneksi. Bentuk setirnya ala yoke seperti pesawat.

    “Benefitnya pertama; visibility jadi lebih clear, yang kedua, dia akan lebih responsif. Performance atau experience berkendaranya, jadi lebih menyenangkan ya. Jadi ketika lagi low speed, dia akan lebih responsif, tapi ketika high speed, dia akan jaga stability,” ujar Ima.

    Setir model Yoke Lexus RZ 500e Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Bentuk setir Lexus RZ 500e ini bukan soal tampilan saja, setir model Yoke disebut meningkatkan visibilitas ke depan, meminimalkan pergerakan tangan, dan mengoptimalkan control, terutama karena Steer-by-Wire tidak memerlukan putaran kemudi yang besar. Kombinasi ini menghasilkan posisi berkendara yang lebih natural dan fokus, membuat pengemudi terasa benar-benar menyatu dengan mobil.

    RZ 500e hadir sebagai BEV generasi terbaru yang telah disempurnakan dari sisi performa, efisiensi, dan kenyamanan. Mobil ini menghasilkan total output sebesar 375 hp dan mampu menempuh jarak hingga 460 km (WLTC). Sistem battery pre-conditioning juga memungkinkan waktu pengisian daya lebih cepat dan efisien.

    Lexus RZ 500e Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Penasaran, berapa harga RZ 500e ini? Dalam daftar harga terbaru di GJAW tercantum Rp 2.488.000.000 (Rp 2,48 miliaran) on the road Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

    Untuk mendukung kehadiran RZ 500e dan seluruh lini kendaraan elektrifikasi Lexus, Lexus Indonesia terus memperkuat berbagai layanan dan privilege eksklusif bagi para pemiliknya. Fasilitas tersebut mencakup Exclusive Charging Station dan Lexus Parking Privilege, layanan E-LMCS (Electric Lexus Mobile Charging Service), serta garansi baterai jangka panjang untuk memastikan ketenangan dan kenyamanan pelanggan.

    Lihat Video ‘Lexus LM 500h: Saat Kemewahan Bertemu dengan Kecanggihan’:

    (riar/rgr)

  • Ada versi Hybrid, Ini Daftar Harga Toyota Veloz Terbaru

    Paket Komplet! Ini Fitur yang Ditawarkan di Veloz Hybrid Varian Tertinggi

    Jakarta

    Toyota Veloz Hybrid resmi diperkenalkan dan dijual di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Mobil ramah lingkungan ini ditawarkan dalam empat varian dengan harga pre book mulai Rp 299 juta. Sementara itu varian tertinggi Toyota Veloz Hybrid Q Modellista TSS dijual Rp 390 juta. Apa saja fitur yang ditawarkan?

    Secara umum, Toyota Veloz Hybrid Q Modellista TSS ini juga menggunakan mesin 2NR-VX yang punya output tenaga dan torsi dari mesin sebesar 91 PS dan 121 Nm. Sedang dari motor listriknya, tenaga yang dihasilkan 80 PS dan torsinya 141 Nm.

    Toyota Veloz Hybrid Q Modellista TSS Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Sementara untuk desainnya, secara umum masih mempertahankan garis desain bodi Veloz generasi sebelumnya. Namun bedanya, pada Q Modellista TSS ini nuansa SUV-nya lebih dikuatkan lagi. Tampak dari penggunaan overfender berwarna hitam, side skirt, velg warna hitam, serta pilihan warna dual tone dengan atap dan pilar kaca warna hitam.

    Perbedaan lainnya antara Q Modellista TSS dengan tipe Q standar dan V adalah lampu LED-nya sudah menggunakan surface finish black dan lampu kabutnya memakai lampu halogen dengan cover baru.

    Kemudian bergeser ke interiornya, tipe ini juga dilengkapi layar headunit ukuran lebih besar, 10 inch, yang dilengkapi dengan kamera 360. Varian tertinggi Veloz Hybrid ini juga sudah dibekali teknologi telematika T-Intouch dan rear seat entertainment.

    Toyota Veloz Hybrid Q TSS Modellista Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Selain itu, Q Modellista TSS ini juga sudah dilengkapi dengan paket fitur advanced driver assistance system (ADAS) yang dinamakan Toyota Safety Sense alias TSS. Beberapa di antaranya adalah fitur Pre-Collision Warning and Braking, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Prevention, serta Front Departure Alert.

    Kabarnya, Toyota Veloz Hybrid akan didistribusikan ke konsumen pada awal tahun depan. Tentunya harga mobil ini juga akan naik tahun depan karena habis masa promo, serta adanya kenaikan tarif bea balik nama (BBN) kendaraan bermotor.

    (lua/rgr)

  • Kata Handal soal Kabar Pabrik Bekasi Mau Diakuisi Chery

    Kata Handal soal Kabar Pabrik Bekasi Mau Diakuisi Chery

    Jakarta

    PT Handal Indonesia Motor (HIM) buka suara soal kabar PT Chery Sales Indonesia (CSI) mau mengakuisisi pabrik Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Mereka memastikan, hingga saat ini belum ada pembicaraan atau negosiasi mengenai wacana tersebut.

    Kepastian tersebut disampaikan Jongkie D Sugiarto selaku Wakil Komisaris Utama PT HIM. Dia mengaku, semua probabilitas atau kemungkinan sedang dipelajari. Namun, belum ada keputusan apa-apa.

    “Nanti kita akan bahas dengan mereka (Chery). Nggak tahu nanti, belum ada pembicaraan,” ujar Jongkie saat dikonfirmasi di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025.

    Logo Chery. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sebelumnya, Chery dikabarkan siap mengucurkan investasi baru hingga Rp 5 triliun di Indonesia. Kabarnya, dana tersebut akan dialirkan untuk penguatan produksi di Handal. Situasi tersebut yang membuat sejumlah pihak menduga, mereka akan melakukan akuisisi pabrik.

    Rifkie Setiawan selaku Head of Brand & Marketing Department PT CSI menjelaskan, pihaknya memang berencana memiliki pabrik mandiri dalam waktu dekat. Namun, dia belum bisa memastikan, apakah skemanya joint venture atau membeli fasilitas yang sudah ada.

    “Kita akan mulai untuk invest (pabrik), kalau metode seperti apa, entah itu sendiri atau joint venture dengan yang lain, belum ditentukan,” kata Rifkie Setiawan saat dimintai keterangan.

    “Kalau membeli fasilitas yang sudah ada… ya semua sih ada kemungkinan ya. Tapi nanti kita lihat negosiasi seperti apa,” tambahnya.

    Kini, seluruh produk sub-brand di bawah Chery Group sudah dirakit lokal di pabrik Handal Pondok Ungu. Namun, soal kemungkinan mengakuisisi fasilitas tersebut, Rifkie belum bisa banyak bicara.

    “Chery group sudah full (produksi) di Handal, semua line kita pakai, ada tiga line. Ya itu nanti kita tunggu lah (soal mengakuisi Handal),” ungkapnya.

    “Ini kan masalah negosiasi, kan kita sudah invest juga. Kita sampai tahun depan kontrak (dengan Handal),” kata dia menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Orang Tajir di RI Beli Lexus Banyak yang Kredit, tapi Nyicilnya Cuma 2 Tahun

    Orang Tajir di RI Beli Lexus Banyak yang Kredit, tapi Nyicilnya Cuma 2 Tahun

    Jakarta

    Anggapan mobil miliaran rupiah selalu dibeli secara tunai (cash) ternyata tidak mutlak benar, bahkan untuk sekelas brand mewah Lexus. Para konsumen Lexus mayoritas lebih memilih memutar uangnya untuk modal.

    “50-60 persen (pembelian Lexus) itu kredit. Tapi memang kreditnya agak beda mungkin kalau dibandingkan yang mass brand gitu ya,” kata Ima Nurbani Rahmah, General Manager Lexus Indonesia di ICE BSD City, Tangerang, Senin (24/11/2025).

    Meskipun memilih skema kredit, konsumen Lexus ini didominasi oleh kalangan yang secara finansial sudah matang, yaitu para pengusaha atau eksekutif tingkat tinggi. Menurut Ima, pilihan kredit ini bukanlah karena masalah keterbatasan dana, melainkan bagian dari strategi finansial.

    Uang tunai yang seharusnya dipakai untuk membeli mobil dapat dialihkan untuk perputaran modal bisnis (cash flow), sehingga nilai asetnya tetap terjaga sekaligus mobil baru bisa dimiliki.

    “Jadi bukan lebih kebutuhan daya beli. Tapi lebih being smart managing their money gitu,” ujar Ima.

    Hal lain yang membedakan pembeli Lexus dari segmen mobil biasa adalah durasi tenor yang mereka pilih. Pembeli mobil premium cenderung menghindari cicilan jangka panjang.

    “Majority dua tahun,” kata dia.

    Pembeli mobil mewah yang kredit menggunakan fasilitas pembiayaan bukan karena tak mampu membeli tunai, tetapi memilih mengelola aset dan likuiditas dengan lebih efisien.

    Ima mengungkap konsumen Lexus saat ini didominasi oleh usia 40 tahun ke atas, yang sudah mapan sebagai pengusaha atau pimpinan perusahaan.

    Pilihan mobil Lexus di Indonesia saat ini makin lengkap. Menariknya, hampir seluruhnya sudah menggunakan elektrifikasi baik battery electric vehicles (BEV), plug in hybrid electric vehicles (PHEV), dan hybrid electric vehicles (HEV) yang ramah lingkungan.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-Oktober 2025, MPV mewah andalan Lexus sudah terdistribusi sebanyak 905 unit. Model terlarisnya ialah Lexus LM 350 h 7-seater dengan torehan 793 unit.

    (riar/dry)

  • Mobil China Perang Harga di Indonesia, Mitsubishi Bilang Begini

    Mobil China Perang Harga di Indonesia, Mitsubishi Bilang Begini

    Jakarta

    Sejumlah produsen China melakukan praktik perang harga di Indonesia. Apa kata Mitsubishi soal fenomena perang harga tersebut?

    Harga jual mobil China di Indonesia amat kompetitif. Meski mereknya berbeda-beda, namun harga jual model mobilnya saling serempetan. Bukan cuma serempetan dengan harga mobil China lainnya, namun juga dengan mobil bermesin konvensional.

    Contohnya bisa dilihat saat BYD meluncurkan Atto 1 yang banderolnya setara dengan mobil-mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) sekelas Brio Satya, Ayla, dkk. Selain BYD, Jaecoo juga bikin pengumuman harga mengejutkan pada mobil listrik J5. Menghuni segmen SUV, Jaecoo J5 ditawarkan mulai Rp 249 juta.

    Mitsubishi punya penilaian tersendiri soal fenomena perang harga yang terjadi di Indonesia. Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro menyebut perang harga itu tentunya memberi dampak positif kepada konsumen. Pilihan mobil jadi lebih banyak.

    “Kompetisi menurut saya sih ya itu dinamika aja ya. Jadi maksudnya bagus untuk konsumen bisa punya banyak pilihan. Cuma sekali lagi Mitsubishi sudah 55 tahun dan kita juga di posisi yang cukup baik dalam kompetisi kita,” kata Irwan ditemui disela-sela pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) baru-baru ini.

    Bagi Mitsubishi, mobil dengan harga ramah di kantong itu bukan satu-satunya cara untuk menarik minat konsumen di Indonesia. Tak kalah penting adalah layanan purna jual untuk konsumen. Ini memudahkan konsumen dalam mengurus mobil kesayangannya. Pun soal elektrifikasi, Mitsubishi sudah siap dengan lini produknya.

    “Layanan itu juga paling penting ya kan konsumen. Intinya kita berusaha tetap untuk memberikan yang terbaik untuk konsumen ya,” ujar Irwan lagi.

    Di Indonesia, Mitsubishi memang bukan pemain baru. Sudah 55 tahun pabrikan berlogo tiga berlian itu meramaikan industri otomotif Tanah Air. Makanya, Mitsubishi tahu betul bagaimana perilaku konsumen di Tanah Air dalam kepemilikan mobil.

    “55 tahun kita berkompetisi di top position lah. Jadi Jadi ya itu tadi tidak hanya memberikan produk yang terbaik, tapi juga yang paling penting kan layanan terbaik. Jadi kita jaringan networknya yang sedemikian rupa, besar, luas. Kemudian kita juga kalau bicara layanan, kita juga banyak mendapat penghargaan. Kita selalu ngukur kepuasan pelanggan,” sambung Irwan lagi.

    (dry/din)