Organisasi: Gaikindo

  • Harga Daihatsu Rocky Hybrid Naik, Masih di Bawah Rp 300 Juta!

    Harga Daihatsu Rocky Hybrid Naik, Masih di Bawah Rp 300 Juta!

    Jakarta

    Harga Diahatsu Rocky Hybrid naik setelah pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Namun, mobil hybrid pertama Daihatsu itu masih dijual di bawah Rp 300 juta!

    Daihatsu resmi menjual mobil hybrid pertamanya di Indonesia melalui Rocky Hybrid. Mobil tersebut masih berstatus impor utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Jepang. Saat peluncurannya di GIIAS belum lama ini, Daihatsu merilis harga Rocky Hybrid di angka Rp 293,9 itu on the road DKI Jakarta.

    Harga Daihatsu Rocky Hybrid saat diumumkan di GIIAS 2025. Foto: Rifkianto Nugroho

    Namun, berdasarkan siaran pers terbaru Daihatsu, kini harga Rocky Hybrid naik tipis. Saat ini, Daihatsu Rocky Hybrid dijual dengan harga Rp 299,85 juta on the road DKI Jakarta. Artinya, ada kenaikan sebesar Rp 5,95 juta dibanding harga Rocky Hybrid yang diumumkan di GIIAS 2025. Tapi memang harganya masih di bawah Rp 300 juta, masih dapat kembalian Rp 150 ribu.

    “Hybrid pertama Daihatsu ini dibanderol dengan harga Rp 299,85 juta (OTR Jakarta), tepat berada di jantung pasar yang dikuasai Daihatsu. Mengapa demikian? Karena Rocky hybrid ada di segmen kendaraan berharga hingga Rp 300 juta. Kontribusi segmen ini mendekati 50% pasar otomotif Indonesia. Di segmen ini, Daihatsu memimpin di peringkat satu dengan kontribusi 34,5%,” demikian dikutip dari siaran pers Daihatsu, Kamis (14/8/2025).

    Daihatsu mengklaim, Rocky Hybrid mengusung teknologi series hybrid yang disebut Real Hybrid. Dengan teknologi itu, roda mobil digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik. Mesin bensin berfungsi hanya untuk mengisi ulang daya baterai. Hasilnya, efisiensi bahan bakar yang sangat baik, akselerasi responsif, dan kenyamanan berkendara tanpa khawatir soal pengisian daya (charging).

    “Sejak awal, Daihatsu menciptakan teknolog hybrid secara mandiri. Tujuan kami adalah menciptakan hybrid yang memberikan pengalaman berkendara real EV, namun tetap praktis digunakan sehari-hari, tanpa perlu di-charge,” ujar President Director PT Astra Daihatsu Motor Yasushi Kyoda.

    Daihatsu Rocky Hybrid mengandalkan mesin 1.200 cc yang digabung dengan transmisi khusus hybrid transaxle. Tenaganya mencapai 106 PS dengan torsi maksimal 170 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dituntaskan dalam 10,36 detik. Daihatsu mengklaim efisiensi bahan bakarnya mencapai 28 km/liter (WLTC) atau 34,9 km/liter (JC08 Jepang).

    Tenaga listrik disokong oleh baterai lithium-ion berkapasitas 0,74 kWh, bahkan setara SUV hybrid medium.

    (rgr/dry)

  • BYD Janji Distribusikan Atto 1 Tepat Waktu

    BYD Janji Distribusikan Atto 1 Tepat Waktu

    Yogyakarta

    PT BYD Motor Indonesia memastikan komitmennya untuk mendistribusikan mobil listrik terbarunya, BYD Atto 1, sesuai jadwal yang telah dijanjikan kepada konsumen. Model terbaru ini mendapat sambutan positif sejak diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

    Sejak awal peluncurannya, BYD menargetkan pengiriman Atto 1 dimulai pada Oktober 2025. Meski begitu, BYD Indonesia ingin memastikan prosesnya tidak diburu-buru. Ini demi kepuasan pelanggan.

    “Ya sementara ini selama GIIAS, kita memang janjikan di bulan Oktober (pengiriman). Tapi saya memantau–karena ini kita bekerja sama dengan partner kita di dealer ya– pergerakannya itu lebih dipahami oleh dealer, terkait promise delivery dan customer satisfaction (kepuasan konsumen) ini kita juga menakar ekspektasi konsumen. Jadi kayaknya paruh tengah GIIAS, sudah mulai masuk ke November, dan sekarang sudah ada yang menyentuh Desember. Kita pasti akan upayakan semaksimal mungkin, mengirim kendaraan ini bila memang sudah waktunya,” ungkap Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther T. Panjaitan, di sela kegiatan media test drive BYD Atto 1 rute Semarang-Solo-Yogyakarta, Rabu (13/8/2025).

    Luther menegaskan, meskipun ada potensi keterlambatan, BYD akan mengutamakan kualitas pelayanan dan pengiriman. Ia mengingatkan bahwa distribusi Atto 1 kali ini dilakukan dengan dukungan jaringan dealer dan tenaga penjual yang jauh lebih memadai dan lebih siap dibandingkan tahun sebelumnya.

    “Di sisi lain kita harus juga mempertahankan pelayanan kita, kualitas pengiriman, kemudian kemampuan layanan. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, saat itu jaringan penjualan kita belum semampu sekarang jumlah tenaga penjualnya, tenaga logistik distribusi semuanya belum sememadai sekarang dan kita juga keep improving harusnya kita belajar banyak supaya jangan terjadi hal-hal yang tidak diharapkan oleh konsumen,” jelasnya.

    Sebagai informasi, BYD Atto 1 hadir sebagai mobil listrik small hatchback yang diposisikan di bawah Atto 3. Mengusung desain modern dan fitur canggih, model ini diharapkan menjadi pilihan baru bagi konsumen yang menginginkan kendaraan listrik praktis dengan harga kompetitif.

    (lua/rgr)

  • Cuan! BYD-Denza Catatkan 4.195 SPK di GIIAS 2025

    Cuan! BYD-Denza Catatkan 4.195 SPK di GIIAS 2025

    Jakarta – BYD Motor Indonesia melalui merek mobil listrik BYD dan Denza diserbu pembeli selama pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Show) 2025. Tercatat mereka berhasil membukukan 4.195 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).

    Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan penjualan di GIIAS 2024. Jika dihitung datanya, pada GIIAS 2025 penjualan BYD naik hingga 44 persen. (/)

  • Harga Murah BYD Atto 1 Sampai Kapan?

    Harga Murah BYD Atto 1 Sampai Kapan?

    Yogyakarta

    Sejak diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, BYD Atto 1 langsung menarik perhatian para pecinta otomotif Indonesia. Mobil listrik murah bergaya small hatch back itu diposisikan sebagai model entry-level BYD yang menawarkan desain modern, fitur canggih, dan harga kompetitif di kelasnya. Namun seiring kepopuleran mobil ini dan kemungkinan penjualannya yang tinggi, apakah harga murah BYD Atto 1 akan bertahan lama?

    Sebagai informasi, saat ini BYD Atto 1 ditawarkan dalam dua varian dan harga, varian Dynamic dengan banderol Rp 195 juta jarak tempuh 300 km dan varian Premium yang punya banderol Rp 235 juta dengan jarak tempuh 380 km.

    BYD Atto 1 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther T. Panjaitan, menjelaskan, kenaikan harga di industri otomotif adalah hal yang wajar, konsumen tak perlu khawatir kehilangan harga terbaik selama melakukan pemesanan di waktu yang tepat.

    “Intinya begini, kenaikan harga itu di dunia otomotif sebenarnya lumrah-lumrah saja. Yang paling penting sebenarnya adalah sisi kustomernya, ketika dia membeli BYD Atto 1 dalam menit ini, hari ini, ya dia akan mengikat dengan harga tersebut, jadi tidak perlu khawatir. Kan banyak yang beredar di masyarakat lah ya Atto 1 akan naik 1 Agustus itu memberikan spekulasi yang berbeda kepada masyarakat. Menurut saya key point-nya itu adalah, momen di mana kustomer itu melakukan pemesanan ya itulah harga yang mengikat dengan antara kustomer dan dealer kita kira-kira begitu,” ujar Luther di sela kegiatan media test drive BYD Atto 1 rute Semarang-Solo-Yogyakarta (13/8/2025).

    Ia juga mengungkapkan bahwa harga mobil dipengaruhi banyak faktor, termasuk permintaan dan penawaran, nilai tukar mata uang, termasuk juga meliputi biaya logistik.

    “Karena kalau naiknya ya itu sangat lumrah, kan ada demand dan supply kemudian ada contohnya kita ada fluktuasi foreign exchange kemudian banyak hal lain, komponen membentuk harga, kan bisa juga naik turun logistik cost dan sebagainya,” tambah Luther.

    BYD Atto 1 sendiri menjadi fenomena baru di industri otomotif Indonesia. Mobil listrik ini menawarkan harga murah, namun dengan fitur yang melimpah. Bahkan digadang-gadang mobil listrik mungil ini bisa menjadi mobil pertama konsumen Indonesia.

    (lua/din)

  • BYD-Denza Panen di GIIAS 2025, Pesanan Tembus 4.195 SPK

    BYD-Denza Panen di GIIAS 2025, Pesanan Tembus 4.195 SPK

    Jakarta

    BYD Motor Indonesia panen pesanan mobil di pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Show) 2025 yang digelar Juli-Agustus. Melalui merek mobil listrik BYD dan Denza, BYD Motor Indonesia catatkan 4.195 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).

    “Tentunya, seperti kita lihat, di GIIAS kami mencapai jualan yang cukup signifikan. Itu terlihat dari pencapaian hasil penjualan BYD dan Denza yang mencapai 4.195 unit sepanjang perjalanan GIIAS,” ungkap Luther T. Panjaitan selaku Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia, di Semarang, Rabu (13/8/2025).

    Luther tak menjelaskan secara rinci soal persentase model BYD dan Denza yang dipesan. Kata Luther, semua data masih dikumpulkan dan dikalkulasi oleh tim BYD Motor Indonesia.

    Berkaca pada penjualan di GIIAS 2024, penjualan BYD di GIIAS 2025 mengalami peningkatan cukup signifikan. Sebab tahun lalu, pabrikan China ini hanya mencatatkan SPK 2.920 unit. Artinya, penjualan BYD di GIIAS tahun ini naik sekitar 44%.

    Pada GIIAS 2025, BYD sendiri memiliki jagoan baru yakni Atto 1. Mobil listrik jenis small hatchback tersebut dibanderol dengan harga sangat kompetitif, Rp 195 juta untuk varian Dynamic dan Rp 235 juta untuk varian premium. Atto 1 digadang-gadang bakal laris manis, bahkan bisa mengancam mobil murah Low Cost Green Car (LCGC).

    Selain Atto 1, BYD juga memamerkan model mobil listrik canggih YangWang U9. Mobil ini menggunakan platform e4 dengan sistem suspensi Disus X dari BYD. Berkat platform dan suspensi itu, mobil ini bisa melaju secara unik dengan tiga roda, melompat bahkan ‘menari’.

    YangWang U9 Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    (lua/din)

  • Mobil Listrik ‘Murah’ Lahir, Suzuki Santai dan Bilang Begini

    Mobil Listrik ‘Murah’ Lahir, Suzuki Santai dan Bilang Begini

    Jakarta

    Mobil listrik murah diprediksi akan semakin banyak pilihannya di masa mendatang, dan hal ini sudah diawali lahirnya BYD Atto 1 dengan harga mulai Rp 195 juta. Melihat hal tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia menanggapinya dengan santai.

    Seperti yang disampaikan 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel beberapa waktu lalu.

    Pria murah senyum ini menilai, hadirnya mobil listrik murah menjadi sinyal positif bagi industri otomotif. Menurutnya, mobil listrik murah tidak akan mengganggu laju mobil ramah lingkungan hybrid di Tanah Air.

    “Kalau dari sudut pandang Suzuki bahwa awareness konsumen terhadap mobil-mobil ramah lingkungan, ini terlepas dia listrik atau hybrid, itu semakin meningkat. Itu menjadi alasan kenapa penjualan mobil hybrid kami (Suzuki) semakin meningkat dari tahun ke tahun, 52 persen kontribusi hybrid kami (penjualan Suzuki),” ucap Harold.

    Harold kembali menilai, banyaknya pilihan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia saat ini ikut membantu penjualan kendaraan ramah lingkungan Suzuki.

    “Jadi kalau menurut kami adalah semakin banyak kompetitor memberikan edukasi soal kendaraan ramah lingkungan, kita juga jadi ikut terbantu karena setidaknya kita juga punya benang merah yang sama,” ujar Harold.

    Suzuki memastikan bakal menjual mobil listrik pertamanya di Indonesia awal tahun depan. Mobil listrik itu adalah Suzuki e Vitara. Sebelum resmi dijual di Indonesia, Suzuki membawa e Vitara ke pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Rabu (23/7/2025). Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    “Tidak hanya melulu mobil listrik atau hybrid, tetapi bahasa utamanya adalah ramah lingkungan. Jadi menurut kami tidak, sampai dengan sekarang (mobil listrik murah akan mengganggu penjualan mobil hybrid),” Harold menambahkan.

    Bicara soal mobil listrik, Suzuki memastikan akan memperkenalkannya pada 2026. Mobil listrik pertama Suzuki di Indonesia akan ditawarkan dalam bentuk Suzuki e Vitara. Soal spesifikasi atau kelebihan yang ditawarkan, di luar negeri sana Suzuki e Vitara ditawarkan dalam 3 trim atau 3 varian.

    Pertama adalah e Vitara dengan baterai 49 kWh 2WD. Lalu ada e Vitara dengan baterai 61 kWh 2WD dan 61 kWh 4WD. Khusus varian 2WD, motornya menggerakkan roda depan. Sedangkan yang 4WD menggerakkan semua roda dengan teknologi 4WD elektrik “ALLGRIP-e”.

    ALLGRIP-e adalah sistem 4WD elektrik yang ditawarkan akan memanfaatkan keahlian Suzuki dalam teknologi penggerak empat roda, yang dilengkapi dua eAxle independen di bagian depan dan belakang. Sistem ini tidak hanya memberikan kinerja yang bertenaga tetapi juga memungkinkan kontrol yang presisi dengan respons yang sangat baik.

    Selain itu, sistem ini mencakup mode Trail yang memungkinkan keluar dengan mulus dari medan kasar dengan menerapkan rem pada ban yang berputar dan mendistribusikan torsi penggerak ke ban yang berlawanan (fungsi LSD).

    Suzuki e Vitara dengan baterai 49 kWh 2WD memiliki total tenaga hingga 106 kW dengan torsi maksimal 189 Nm. Lalu untuk e Vitara 61 kWh 2WD tenaga maksimalnya mencapai 128 kW dengan torsi maksimal 189 Nm. Sedangkan versi 4WD menghasilkan total tenaga hingga 135 kW dengan torsi maksimal 300 Nm.

    (lth/rgr)

  • Isuzu Catat 969 SPK di GIIAS 2025, Naik 52 Persen dari Tahun Lalu

    Isuzu Catat 969 SPK di GIIAS 2025, Naik 52 Persen dari Tahun Lalu

    Jakarta

    PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025 dengan suka cita. Karuan saja, selama 11 hari acara, mereka mencatat hampir seribu SPK (surat pemesanan kendaraan).

    Selama GIIAS 2025, IAMI telah mengantongi 969 SPK. Catatan tersebut naik 52,8 persen dibandingkan pameran tahun lalu. Nominal itu cukup besar untuk produsen yang fokus di pasar komersial.

    SPK Isuzu di GIIAS 2025 didominasi model ELF dengan sumbangan 347 unit. Selain itu, Isuzu GIGA FVM dengan Refrigerator Box secara khusus mendapatkan penghargaan langsung dari GIIAS 2025 sebagai Favorite Vehicle – Commercial Vehicle Truck.

    “GIIAS 2025 menjadi ruang bagi kami untuk bisa bertemu secara langsung dan lebih dekat dengan pelanggan kami, sehingga Isuzu Indonesia bisa berinteraksi secara langsung menginformasikan inovasi-inovasi terbaru sekaligus mendengar masukan Isuzu Partner,” ujar Presiden Direktur PT IAMI, Masayasu Hideshima, dikutip Selasa (12/8).

    “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pengunjung GIIAS 2025 dan kepercayaan yang berikan selama ini, sehingga kami pun semakin bersemangat untuk terus menjadi ‘Real Partner, Real Journey’ bagi pelanggan di seluruh Indonesia,” kata dia menambahkan.

    Booth Isuzu di GIIAS 2025, Foto: Doc. IAMI

    Data yang dikumpulkan PT IAMI menunjukan ada lebih dari 15 ribu orang yang datang berkunjung ke booth Isuzu selama GIIAS 2025 berlangsung. Mereka semua menjadi saksi inovasi Isuzu dalam melayani kebutuhan para pengusaha melalui kehadiran berbagai kendaraan niaga, hingga dukungan purna jual.

    Ada enam kendaraan yang dipamerkan pada pameran tersebut, mulai dari Isuzu TRAGA 50th Special Edition, New Isuzu mu-X 4WD, Isuzu GIGA FVM dengan Refrigerator Box, Isuzu ELF NQR B sebagai Minitrans Transjakarta, Isuzu ELF NMR dengan LED Screen, serta Isuzu D-Max yang siap menjadi partner berpetualang.

    Para pengunjung yang hadir ke booth Isuzu mendapat beragam informasi yang komprehensif mengenai layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang di After Sales Service Corner, serta layanan digital yang sudah dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan Isuzu Partner yakni MyIsuzuID dan Isuzu Link.

    (sfn/dry)

  • Nongol di GIIAS 2025, Kapan Honda Prelude Dijual di Indonesia?

    Nongol di GIIAS 2025, Kapan Honda Prelude Dijual di Indonesia?

    Jakarta

    PT Honda Prospect Motor (HPM) sempat memajang Honda Prelude Concept di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025. Kendaraan tersebut, untuk sebagian orang, membangkitkan nostalgia atau kenangan masa lalu. Kapan unitnya mulai dijual di Indonesia?

    Honda Prelude merupakan sedan dua pintu legendaris yang pertama kali muncul tahun 1978. Pada zamannya, kendaraan tersebut dianggap sebagai ‘laboratorium berjalan’ karena kerap membawa teknologi yang benar-benar baru.

    Dalam perjalanannya, Honda Prelude sudah muncul dalam berbagai generasi. Namun, masa baktinya berakhir setelah produksinya dihentikan pada 2001 atau 24 tahun silam. Kabar baiknya, produsen membangkitkan lagi kendaraan tersebut dalam bentuk dan teknologi yang lebih maju.

    Honda Prelude Concept mulanya muncul di pameran Japan Mobility Show atau JMS 2023. Menariknya, dua tahun setelahnya, kendaraan tersebut dibawa masuk ke Indonesia melalui pameran GIIAS 2025.

    Honda Prelude kembali diperkenalkan di GIIAS 2025 sebagai mobil sport konsep e:HEV. Model legendaris ini terakhir muncul pada 2001 silam. Foto: Grandyos Zafna

    Honda Prelude Concept punya tampilan cantik dengan konsep captivatingly sporty berbentuk sport coupe 2 pintu yang eye catching. Kendaraan tersebut diklaim mengutamakan aspek ‘joy of driving’ yang memberikan kabar gembira untuk para enthusiast di Indonesia.

    Direktur Pemasaran PT HPM, Yusak Billy menegaskan, Honda Prelude Concept masih harus menjalani sejumlah studi sebelum benar-benar dipasarkan di Indonesia. Kini, pihaknya belum membuka keran pemesanan untuk kendaraan tersebut.

    “Itu masih Prelude konsep ya. Kami untuk meluncurkan mobil itu butuh studi, apakah benar diinginkan, dibutuhkan, harganya berapa. Jadi kita belum bisa ngomong banyak soal Prelude,” ujar Yusak Billy saat ditemui detikOto, belum lama ini.

    Ketika ditanya sejauh apa kemungkinan Honda Prelude meluncur di Indonesia tahun depan, Billy masih bungkam. Dia hanya memastikan, nantinya mobil tersebut akan menjalani studi yang sama seperti Honda StepWGN, yakni tim sales mencari tahu formula yang tepat mengenai harga yang dimau konsumen.

    “Itu jadi untuk meluncurkan suatu produk, kita harus pelajari. Jadi belum bisa lebih dari itu. Nanti tim banyak yang nanya (soal survei kendaraan),” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Segini Harga Wuling BinguoEV Bekas Berumur Setahun

    Segini Harga Wuling BinguoEV Bekas Berumur Setahun

    Jakarta

    Harga Wuling BinguoEV sempat jadi sorotan lantaran ada diskon Rp 170 jutaan. Lantas, bagaimana dengan harga Wuling BinguoEV bekas yang baru berumur setahun?

    Wuling BinguoEV diganjar diskon besar saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 digelar. Nggak nanggung-nanggung, diskonnya tembus ratusan juta. Salah satu tenaga penjual Wuling yang ditemui detikOto saat momen GIIAS itu mengungkap diskon Wuling BingouEV mencapai Rp 178 juta.

    Namun ditegaskan diskon itu diberikan untuk BinguoEV dengan tahun registrasi 2024. BinguoEV versi 333 km ditawarkan seharga Rp 195 juta sedangkan versi 410 km dari harga Rp 413 juta dijual Rp 235 juta. Diskon besar itu membuat BinguoEV cukup diminati. Buktinya BinguoEV yang diobral jadi Rp 195 juta justru sudah habis stoknya.

    Meski begitu Wuling menegaskan tak ada perubahan harga yang dilakukan oleh pabrikan berlogo lima berlian tersebut. Kebijakan diskon besar itu ditetapkan oleh dealer.

    “Adapun yang beredar saat ini merupakan tawaran yang diberikan oleh pihak dealer berupa spesial deal dalam pameran GIIAS 2025 ini. Sehingga tidak ada penyesuaian atau penurunan harga,” ujar Brand Communication Senior Manager Wuling Motors Brian Gomgom beberapa waktu lalu.

    Kalau harga model baru rasa lama itu diskon ratusan juta, mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya bagaimana dengan harga bekasnya ya? Ditelusuri detikOto dalam laman jual mobil bekas online, harga Wuling BinguoEV bekas lansiran tahun 2024 itu masih berada di rentang Rp 200 jutaan untuk versi 410 km tergantung kondisi dan juga jarak tempuhnya. Karena baru berusia satu tahun, rata-rata kilometernya pun masih rendah yakni di rentang 5.000-6.000 km. Ada juga yang menawarkan mulai Rp 180 jutaan dengan penggunaan pribadi dan jarak tempuhnya sudah 8.000-an km.

    Untuk diketahui, Wuling BinguoEV versi terbaru kini hanya tersedia dengan varian 333 km. Versi terbaru Wuling BinguoEV ini sudah tersedia opsi pengecasan CCS2 yang sekaligus menggantikan sistem pengecasan GB/T. Wuling BinguoEV teranyar kini bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 279 jutaan hingga yang termahal Rp 332 jutaan.

    (dry/rgr)

  • Laris Manis Diburu Orang Indonesia, Begini Spek Kijang Innova Reborn Diesel Matic

    Laris Manis Diburu Orang Indonesia, Begini Spek Kijang Innova Reborn Diesel Matic

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn Diesel matic jadi kontributor terbesar dari keluarga Innova. Berikut ini spek MPV yang masih banyak diburu orang Indonesia tersebut.

    Meski tak terhitung sebagai model baru, Kijang Innova Reborn Diesel matic masih amat diminati masyarakat Indonesia. Itu bisa dilihat dari data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode 2025, di mana Innova Reborn Diesel matic menjadi kontributor terbesar dari keseluruhan penjualan Innova.

    Data Gaikindo mencatat, sepanjang Januari hingga Juli 2025, distribusi Innova Reborn Diesel matic itu mencapai 11.690 unit, terbanyak dibandingkan tipe lainnya. Model terlaris kedua adalah Innova Zenix Hybrid varian paling tinggi yang mencatatkan distribusi 6.182 unit. Selisihnya antara keduanya cukup jauh.

    Sebagai wajah lama, popularitas Kijang Innova Reborn Diesel matic memang tak perlu diragukan lagi. Salah satu yang bikin Kijang Innova Reborn Diesel versi otomatis ini jadi favorit ini lantaran mesin dieselnya yang irit. Toyota pernah mengungkap bahwa pembeli Innova Reborn kebanyakan berada di luar Pulau Jawa dan Innova Zenix justru sebaliknya.

    Mereka yang memilih Innova Reborn Diesel kebanyakan lebih fokus ke fungsionalitas sekaligus keandalannya melahap segala medan jalan. Innova Reborn juga banyak digunakan sebagai kendaraan operasional perusahaan berkat keandalannya itu. Menyoal spesifikasi, Kijang Innova Reborn dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    Mengutip laman resmi Toyota Astra Motor, saat ini hanya ada satu versi Innova Reborn yang ditawarkan yaitu mengusung mesin diesel. Sebelumnya, Toyota masih menawarkan Innova Reborn bermesin bensin. Bicara harga, Kijang Innova Reborn Diesel versi manual dibanderol Rp 416,6 juta sedangkan versi maticnya Rp 437,5 juta.

    (dry/rgr)