Organisasi: Gaikindo

  • Jaecoo J5 Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 249,9 Juta!

    Jaecoo J5 Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 249,9 Juta!

    Jakarta

    Setelah muncul dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, harga Jaecoo J5 resmi diumumkan hari ini, Rabu (3/11/2025). SUV listrik itu dijual dalam dua opsi yang dibanderol mulai dari Rp 249,9 juta.

    SUV ini berjuluk “The Real SUV” ini memadukan karakter klasik dengan sentuhan modern yang tegas. Mulai dari garis tegas membentang dari panel depan hingga body belakang, hingga grille depan berteknologi Active Grille Shutter (AGS) yang dirancang untuk menyesuaikan aliran udara secara otomatis, meningkatkan efisiensi aerodinamika dan memperpanjang jarak tempuh. Sementara itu, lampu depan LED tipis dengan bahasa desain horizontal memberikan nuansa modern tanpa menghilangkan sentuhan klasik SUV.

    “Jaecoo membawa DNA SUV lain yang ikonik dan desain klasik,” ungkap President Director of Chery Group Indonesia Zeng Shuo saat peluncuran di Jakarta Selatan, Senin (3/11/2025).

    Pada bagian belakang, LED horizontal yang memanjang di antara kedua sisi, menciptakan efek visual yang lebar dan stabil. Sementara di bagian atap, panoramic roof seluas 1,45 m2 dengan perlindungan sinar UV hingga 99 persen.

    Masuk ke dalam interior. Pusat kendali J5 EV terletak pada layar sentuh portrait 13,2 inci yang mengatur navigasi, hiburan, AC, hingga konfigurasi kendaraan. Panel instrumen digital 8 inci menampilkan informasi berkendara secara real time dengan tampilan yang jelas dan modern. Konektivitas Apple CarPlay, Android Auto, dan online.

    Jaecoo mengumumkan harga J5. Untuk seribu pembeli pertama, varian paling rendah dihargai Rp 249.900.000. (Foto: Ridwan Arifin/detikoto)

    Secara dimensi, Jaecoo J5 EV memiliki panjang 4.380 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm, memberikan postur SUV yang mantap dan seimbang. Sementara ground clearance 200mm serta sudut approach 20° dan departure 29,8° memperkuat kemampuan SUV ini untuk menghadapi berbagai kontur jalan. Velg 18 inci, dengan desain solid mempertegas tampilan gagah sekaligus menjaga stabilitas kendaraan di berbagai kondisi berkendara.

    Secara performa, Jaecoo J5 EV dibekali motor listrik bertenaga 155 kW (setara 210 PS) dengan torsi puncak 288 Nm, menawarkan akselerasi instan khas mobil listrik. Baterai mobil ini berkapasitas 60,9 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 461 km dalam sekali isi daya (berdasarkan standar NEDC). Lewat teknologi pengisian cepat 130 kW, daya dapat terisi dari 30 hingga 80 persen hanya dalam 28 menit.

    Soal efisiensi, Jaecoo J5 EV mengandalkan regenerative braking untuk mengubah energi pengereman jadi daya tambahan, serta fitur vehicle pre-conditioning yang menjaga suhu baterai dan kabin tetap optimal. Ada tiga mode berkendara-Eco, Normal, dan Sport-yang bisa disesuaikan lewat tombol fisik atau layar sentuh utama.

    Mobil ini memiliki platform yang sama dengan saudaranya yang terlebih dahulu dijual di Indonesia, Omoda E5 EV. Bedanya, Jaecoo J5 EV mengusung desain yang lebih SUV dengan desain cenderung mengotak alias boxy. Sementara Omoda E5 EV punya desain lebih agresif.

    Mobil ini tersedia dalam dua varian yakni premium dan standar. Tidak ada perbedaan spek performa, hanya saja tipe standar tidak memiliki panoramic sunroof, material kulit jok yang berbeda, hingga jumlah fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS).

    Harga Jaecoo J5:

    Premium: Rp 299,9 jutaStandar: Rp 249,9 juta

    Harga tersebut untuk 1.000 orang pembeli pertama on the road Jakarta.

    Jaecoo J5 diketahui sudah dirakit lokal melalui mitra PT Handal Indonesia Motor. Tingkat kandungan lokalnya mencapai 40 persen.

    “Kehadiran Jaecoo J5 EV diharapkan bisa memperkuat posisi Indonesia dalam peta otomotif global,” kata perwakilan Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) yang saat ini dijabat oleh Setia Diarta.

    (riar/din)

  • BBM RI Mau Dicampur Etanol 10%, Dewan Energi Nasional Sarankan Hal Ini

    BBM RI Mau Dicampur Etanol 10%, Dewan Energi Nasional Sarankan Hal Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dewan Energi Nasional (DEN) mengingatkan pentingnya menggandeng sektor manufaktur dalam rencana kebijakan mandatori nasional pencampuran etanol pada Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bensin sebesar 10% (E10).

    Anggota DEN 2020-2025 Satya Widya Yudha mengingatkan pentingnya keterlibatan para manufaktur kendaraan, seperti anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), agar program ini bisa berjalan optimal.

    “Yang paling utama sebenarnya, tadi waktu saya mengatakan ke Bu Eniya (Dirjen EBTKE), memang kita harus mengajak manufaktur. Manufaktur seperti Gaikindo, karena mereka lah sebagai importir daripada kendaraan,” katanya dalam program Prabowonomics CNBC Indonesia, Jumat (31/10/2025).

    “Kita berharap Pemerintah Jepang, pemerintah-pemerintah negara yang sekarang ini kita memakai mobilnya, produksi mobilnya, itu mereka juga mempunyai kesadaran dan pemikiran yang sama. Jadi ikut juga supaya nanti engine yang didesain untuk mobil-mobil yang disini sudah built-in,” imbuhnya.

    Keterlibatan manufaktur dinilai penting agar kendaraan yang digunakan masyarakat sudah dirancang untuk kompatibel dengan campuran etanol, sehingga tidak perlu ada konversi tambahan yang bisa menurunkan performa. Dengan begitu, penggunaan biofuel bisa lebih mudah diterima tanpa mempengaruhi kenyamanan pengendara.

    “Kan seperti tadi saya sampaikan di depannya bahwa kita itu climate change believer. Kita orang yang percaya pada perubahan iklim, sehingga sesuatu yang bersih dalam hal ini seperti energi bersih itu menjadi tujuan kita,” ujarnya.

    Rencana peningkatan campuran etanol hingga 10% tersebut juga dinilai penting untuk mengurangi ketergantungan Indonesia pada impor BBM. Dengan memanfaatkan bahan baku lokal, seperti jagung, tebu, singkong atau tanaman lain, produksi tanaman tersebut diharapkan juga bisa meningkat, sehingga bisa berkontribusi untuk mencapai kemandirian energi nasional.

    “Dengan adanya bagaimana kita bisa menggunakan agriculture sebagai base, sebagai feedstock, produksi kita sendiri. Itu yang sebetulnya dimaksud dengan Bapak Presiden pada waktu mengatakan tentang Asta Cita,” tambahnya.

    Meski begitu, terdapat tantangan yang masih harus diatasi, seperti ketersediaan infrastruktur dan lahan untuk bahan baku etanol. Namun, pihaknya optimistis dengan koordinasi antarkementerian dan industri, program tersebut bisa terintegrasi dan mendukung target net zero emissions Indonesia pada 2060.

    “Kalau masyarakat nanti menyadari bahwa mereka akan menggunakan aktivitas yang bisa mengurangi emisi karbon, saya pikir akan menjadi hal yang baik,” tandasnya.

    (wia)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Veloz Hybrid Mau Meluncur di Indonesia, Segini Nilai Jualnya

    Veloz Hybrid Mau Meluncur di Indonesia, Segini Nilai Jualnya

    Jakarta

    Toyota Veloz Hybrid dikabarkan bakal segera diluncurkan di Indonesia. Diketahui, nilai jual mobil diduga Veloz Hybrid sudah terdaftar di Indonesia. Ini rinciannya.

    Model mobil hybrid Toyota tampaknya akan bertambah dalam waktu dekat. Toyota kabarnya sudah menyiapkan Veloz Hybrid untuk masyarakat Indonesia. Sinyal itu kian menguat saat Toyota melakukan presentasi deretan produk yang bakal dibawa ke Gaikindo Jakarta Auto Week November mendatang. Public Relation Manager PT TAM Philardi Ogi dalam presentasinya mengungkap ada peluncuran global mobil hybrid Toyota yang paling ditunggu-tunggu. Diduga calon mobil baru itu adalah Veloz Hybrid.

    “Dan yang kedua, kita ada world premier ya. Mungkin ini salah satu ya. The most awaited HEV, menampilkan salah satu kendaraan HEV yang diproduksi lokal, dan develop lokal. Jadi ini adalah produk Indonesia, dari Indonesia untuk masyarakat Indonesia. Ini mungkin yang akan ditunggu-tunggu juga,” kata Oghi kala itu.

    Toyota Veloz Hybrid di Indonesia sudah dibicarakan sejak tahun lalu. Sebuah kode NJKB yang diduga Toyota Veloz Hybrid pun telah tercantum di Permendagri Nomor 8 Tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2024.

    Nilai Jual Veloz Hybrid

    Kode mobil yang diduga Veloz Hybrid juga sudah terdaftar di laman Samsat Jakarta. Kodenya sama dengan yagn tercantum pada Permendagri nomor 8 tahun 2024.
    Dalam dokumen tertera kode W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT dan W 102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS yang mengacu ke Veloz Hybrid. Kode awalan W102RE merupakan kode produksi untuk Veloz. Nilai jualnya pun berbeda. Berikut rinciannya.

    W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT: Rp 271 jutaW102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS: Rp 291 juta

    Perlu digarisbawahi NJKB merupakan harga dasar yang digunakan buat menghitung besaran pajak yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan bermotor, baik itu roda dua, roda empat, maupun jenis kendaraan lainnya.

    Umumnya, harga jual itu akan di atas nilai jualnya. Terlebih pajak di Indonesia juga nilainya cukup tinggi. Sekadar informasi, saat ini Toyota Veloz dijual paling murah Rp 297,2 juta hingga yang termahal tembus Rp 346,4 juta. Gimana, menurut kamu cocoknya Veloz Hybrid dijual harga berapa nih?

    (dry/din)

  • Penjualan Mobil Baru Turun, Mobil Bekas Malah Naik Segini

    Penjualan Mobil Baru Turun, Mobil Bekas Malah Naik Segini

    Jakarta

    Penjualan mobil baru di Indonesia mengalami penyusutan. Di sisi lain pasar mobil bekas makin menjanjikan. Ini buktinya.

    Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil baru di Indonesia secara retail sepanjang Januari sampai September 2025 sebanyak 585.917 unit. Penjualan mobil di Indonesia sampai dengan September turun 10,9 persen dari 657.448 unit dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

    Saat penjualan mobil baru mengalami tren penurunan, salah satu platform jual-beli mobil bekas, Caroline melaporkan pasar mobil bekas tengah naik daun.

    Caroline.id mencatatkan penjualan sebesar Rp 506,4 miliar di kuartal III-2025, tumbuh hingga 22% secara year on year (YoY). Adapun jumlah mobil bekas yang berhasil dijual mencapai lebih dari 3 ribu unit, meningkat hingga 26% YoY.

    Perusahaan ini menyebut transformasi digital dan layanan berbasis teknologi terbukti mampu memberikan rasa aman dan transparansi yang lebih maksimal pada segmen mobil bekas.

    “Strategi penguatan dan percepatan digitalisasi pada unit bisnis Caroline.id melalui integrasi layanan Online-to-Offline (O2O) yang mempermudah konsumen dalam membeli mobil bekas secara aman dan transparan terbukti mampu membantu mendorong peningkatan pendapatan,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC), Jany Candra.

    Secara keseluruhan, platform jual-beli mobil bekas masih menjadi kontributor terbesar terhadap pendapatan perusahaan, mencapai 71% dari total pendapatan ASLC.

    Beberapa waktu yang lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengamini adanya minat masyarakat terhadap mobil bekas. Bahkan, penjualan mobil bekas bisa lebih tinggi dibanding penjualan mobil baru.

    “Masyarakat yang nggak mampu beli mobil baru, akhirnya lari ke beli mobil bekas. Mobil bekas ini pasarnya sempat naik sampai lebih 2 juta (unit). Padahal mobil barunya nggak sampai 1 juta (unit),” kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara.

    (riar/dry)

  • Terlaris di Segmen MPV Premium, Denza D9 Jadi Simbol Kemewahan Baru Konsumen RI

    Terlaris di Segmen MPV Premium, Denza D9 Jadi Simbol Kemewahan Baru Konsumen RI

    Jakarta

    Pasar mobil mewah di Indonesia tengah bergeser. Jika dulu Toyota Alphard identik dengan simbol status kaum elite, kini Denza D9 mulai merebut perhatian dan menjadi ikon baru di segmen MPV premium.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Denza D9 bahkan menyalip penjualan Alphard dalam beberapa bulan terakhir. Pada September 2025, Denza D9 mencatat penjualan 227 unit secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer), unggul tipis dari Toyota Alphard yang terjual 216 unit.

    Kemudian secara akumulatif, dari Januari hingga September 2025 Denza telah mengirim 6.775 unit, jauh meninggalkan Alphard yang cuma mengirim 1.884 unit pada periode yang sama.

    Keduanya memang menyasar pasar MPV premium, tapi secara teknologi, Denza D9 dan Alphard berbeda dunia. Alphard masih mengandalkan mesin bensin dan hybrid dengan tenaga kombinasi 250 PS dari mesin 2.500 cc dan motor listriknya. Sementara Denza D9 tampil sebagai MPV listrik murni, dibekali baterai BYD Blade (LFP) berkapasitas 103 kWh yang menyalurkan tenaga 230 kW dan torsi 360 Nm.

    Soal harga, perbedaan keduanya juga signifikan. Denza D9 dijual mulai Rp 950 juta, jauh lebih terjangkau dibanding Alphard yang dijual antara Rp 1,6 miliar-Rp 1,7 miliar. Tak heran, kehadiran Denza D9 menjadi alternatif menarik bagi konsumen kelas atas yang ingin beralih ke kendaraan listrik tanpa kehilangan kenyamanan dan prestise.

    Tidak berhenti di performa, Denza juga terus memperkuat citranya sebagai merek mewah berwawasan hijau. Merek di bawah naungan BYD ini berpartisipasi di Jakarta Fashion Week (JFW) 2026, menampilkan sinergi antara teknologi, gaya hidup, dan keberlanjutan.

    “Sejak awal kehadirannya di Indonesia, Denza berkomitmen untuk meredefinisikan makna kemewahan, bukan sekadar kemegahan, melainkan harmoni antara inovasi dan gaya hidup modern. Melalui Jakarta Fashion Week 2026, kami ingin mendorong kolaborasi antara teknologi dan gaya hidup elegan yang berakar pada nilai keberlanjutan,” ujar Luther Panjaitan, Head of Public & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, dalam keterangan resminya.

    Dalam ajang tersebut, Denza berkolaborasi dengan tiga label mode lokal, Tanah Le Sae, Blanc Studio, dan Suedeson by Kimberly Tandra, termasuk Yayasan Puteri Indonesia. Kehadiran Denza D9 di panggung mode itu menjadi simbol kemewahan modern yang tak hanya elegan, tapi juga berkesadaran lingkungan.

    “Di panggung Jakarta Fashion Week 2026, Denza hadir menjembatani dunia mode dan mobilitas melalui visi yang sama yaitu menghadirkan keseimbangan antara gaya hidup modern, teknologi canggih, dan inspirasi untuk masa depan yang berkelanjutan. Berkolaborasi dengan Yayasan Puteri Indonesia yang didukung keterlibatan Puteri Indonesia 2025, Firsta Yufi Amarta Putri di sesi khusus BYD show ini, tentunya jadi simbol kolaborasi dan inspirasi bagi generasi muda untuk membawa perubahan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Hal ini menegaskan kesamaan dan integrasi visi yang dimiliki oleh Denza untuk kehidupan yang lebih baik,” terang Luther.

    (lua/dry)

  • Jaecoo J7 Masuk Daftar Mobil Terlaris di Inggris, di Indonesia Gimana?

    Jaecoo J7 Masuk Daftar Mobil Terlaris di Inggris, di Indonesia Gimana?

    Jakarta

    Jaecoo mendapatkan respons positif di Inggris. Jaecoo J7, mobil Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV) masuk empat besar mobil terlaris di negara berjuluk The Black Country tersebut. Simak performa penjualannya di Indonesia.

    Berdasarkan data terbaru dari Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), Jaecoo J7 berhasil menempati posisi keempat sebagai mobil terlaris di Inggris selama bulan September 2025, dengan total penjualan mencapai 6.489 unit. Capaian ini sekaligus mendorong pangsa pasar Jaecoo menjadi 2,07%, hanya dalam waktu kurang dari 10 bulan sejak diluncurkan.

    Momentum ini melanjutkan rangkaian kesuksesan Jaecoo sebelumnya, termasuk penghargaan Overall Car of the Year pada ajang 2025 Leasing.com Awards, serta pencapaian Jaecoo J7 sebagai PHEV terlaris di Inggris pada bulan Agustus.

    “Menduduki posisi keempat dalam daftar mobil terlaris bulan September menjadi bukti nyata bukan hanya dari kekuatan produk Jaecoo J7, tetapi juga dedikasi luar biasa dari tim dan jaringan dealer kami yang telah mewujudkan visi Jaecoo bagi pengendara di Inggris,” ujar Gary Lan, CEO Jaecoo UK dikutip dari keterangan resminya, Selasa (28/10/2025).

    “Di tengah dinamika pasar otomotif yang berubah cepat, hasil ini menegaskan bahwa konsumen tetap menghargai hubungan personal, rasa percaya, serta pelayanan terbaik – di samping inovasi, efisiensi, dan desain yang berani. Ini baru awal dari perjalanan Jaecoo di Inggris,” tambah dia.

    Jaecoo juga mengumumkan telah melampaui 10.000 penjualan di Inggris sejak Januari 2025.

    Beralih ke pasar Indonesia, Jaecoo resmi merilis harga jual dari J7 Series di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 pada Juli.

    J7 tersedia dalam dua pilihan dapur pacu. Pertama, mesin 1.6 TGDI konvensional dan penggerak semua roda adalah J7 AWD. Jaecoo juga menjual mobil PHEV di sini, yakni J7 SHS.

    Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Juli-September 2025, Jaecoo J7 terdistribusi sebanyak 520 unit untuk tipe SHS, sementara trim AWD dikirim 6 unit.

    Masih dalam sumber yang sama, Jaecoo sudah mendistribusikan 640 unit (wholesales) dari Januari-September 2025 di Indonesia. Saat ini merek tersebut menduduki peringkat ke-28 terlaris di Indonesia.

    (riar/dry)

  • BYD Atto 1 Mulai Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    BYD Atto 1 Mulai Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    Jakarta

    BYD mulai mendistribusikan Atto 1 ke garasi konsumen di Indonesia. BYD memang sebelumnya menjanjikan pengiriman Atto 1 di Tanah Air pada Oktober 2025.

    BYD meluncurkan Atto 1 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 pada Agustus lalu. Setelah peluncuran, BYD menjanjikan akan mengirim Atto 1 ke garasi konsumen di Tanah Air mulai Oktober 2025.

    Rupanya BYD sudah mulai mendistribusikan mobil listrik termurahnya itu ke konsumen Indonesia. Tim detikOto sempat melihat ada Atto 1 yang terparkir di garasi rumah di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

    “Sesuai dengan komitmen kami yang telah disampaikan sejak peluncurannya di GIIAS 2025, BYD telah mulai melaksanakan pengiriman unit BYD ATTO 1 kepada konsumen pada bulan Oktober ini. Kami senang dapat merealisasikan komitmen tersebut tepat waktu, dan saat ini proses distribusi berlangsung secara bertahap di berbagai wilayah,” kata Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther T. Panjaitan, saat dikonfirmasi detikOto, Selasa (28/10/2025).

    Diharapkan proses distribusi ke konsumen ini akan berjalan lancar. Dengan demikian, konsumen juga tak perlu lagi menunggu lama unit mobilnya datang ke rumah. Diketahui pada 14 Oktober 2025, kapal BYD Explorer No.1 sudah di Pelabuhan Tanjung Priok. Dikutip laman Instaram IPC Termina Kendaraan, kapal ramah lingkungan berbahan bakar LNG itu mengangkut 4.145 unit BYD, kebanyakan merupakan Atto 1.

    “Dalam kesempatan ini, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) juga berkesempatan berkeliling langsung di kapal BYD Explorer 1 meninjau lebih dekat inovasi logistik berkelanjutan yang menjadi masa depan industri otomotif dunia,” demikian keterangan di akun Instagram tersebut.

    BYD diketahui punya delapan pengangkut jumbo dengan misi mengirim kendaraan ekspor hingga 1 juta unit per tahun. Selain Explorer No.1, nama kapal BYD lainnya adalah Hefei, Changzhou, Shenzhen, Xi’an, Changsha, Zhengzhou dan Jinan.

    (dry/din)

  • Nilai Jual Mobil Diduga Toyota bZ4X Rakitan Lokal: Mulai Rp 700 Jutaan

    Nilai Jual Mobil Diduga Toyota bZ4X Rakitan Lokal: Mulai Rp 700 Jutaan

    Jakarta

    Nilai jual mobil diduga Toyota bZ4X rakitan lokal muncul di laman Samsat. Nilai jualnya paling rendah Rp 700 jutaan.

    Toyota mengenalkan bZ4X rakitan lokal di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Sebelumnya, Toyota mengimpor bZ4X langsung dari negara asalnya di Jepang. Toyota memiliki tujuan tersendiri dalam memproduksi bZ4X di dalam negeri. Diharapkan produksi mobil listrik pertama Toyota itu bisa menimbulkan efek domino terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

    “Dengan local production akan ada multiplier effect, menciptakan efek employement rate. menciptakan employement rate, consumption akan bergerak, investasi akan bergerak dengan demikian apa spiral effectnya tumbuh bareng, Indonesia tumbuh ya kita semua kana tumbuh bareng. Itu dua tujuan kenapa bZ4X itu kita putusin untuk local production,” urai Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Jap Ernando Demily kala itu.

    Toyota belum mengungkap kapan mobil ini akan diluncurkan secara resmi ke publik. Konon, peluncurannya akan dilakukan akhir tahun ini. Pun soal spesifikasi belum diungkap secara detail, apalagi soal harganya. Namun diakses detikOto dalam laman Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ada empat nilai jual Toyota bZ4X yang terdaftar. Diduga kuat ini merupakan bZ4X lokal. Sebab, pada NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) tahun 2024, tak tercantum untuk model bZ4X. Adapun dalam laman tersebut, nilai jual toyota bZ4X mulai Rp 803 juta. Rinciannya sebagai berikut.

    NJKB Toyota bZ4X Rakitan Lokal

    1. BZ4XAT XEAM11RMWDHQW: Rp 750 juta
    2. BZ4XAWDXEAM15RMWDHQW: Rp 803 juta
    3. BZ4XTURXEAM17RMWDHNW: Rp 817 juta
    4. BZ4XAT XEAM10RMWDHSW: Rp 957 juta

    Perlu digarisbawahi, NJKB bukanlah harga final kendaraan bermotor. NJKB merupakan harga dasar yang digunakan buat menghitung besaran pajak yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan bermotor, baik itu roda dua, roda empat, maupun jenis kendaraan lainnya.

    Yang jelas, Toyota memastikan bahwa bZ4X rakitan lokal itu akan lebih murah dibanding versi CBU. Untuk diketahui, saat ini Toyota bZ4X dijual seharga Rp 1.200.700.000 (one tone color) dan Rp 1.208.800.000 (two tone color). Kira-kira bakal dijual harga berapa nih detikers kalau mengacu pada NJKB di atas? Tak menutup kemungkinan harganya mulai Rp 800 jutaan dan bersaing dengan Hyundai Ioniq 5.

    (dry/din)

  • 1.000 Chery Tiggo Cross CSH Hybrid Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    1.000 Chery Tiggo Cross CSH Hybrid Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    Jakarta

    Chery menyerahkan 1.000 unit Tiggo Cross CSH ke konsumen di Indonesia. Berkat torehan itu, Tiggo Cross CSH menopang penjualan Chery hingga masuk jajaran mobil terlaris di RI.

    PT Chery Sales Indonesia menyerahkan 1.000 unit Tiggo Cross CSH Hybrid kepada konsumennya di Tanah Air. Seremoni serah terima dilaksanakan secara simbolis kepada perwakilan konsumen dalam rangkaian acara With Chery With Love (WCWL) yang digelar di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

    Sejak debutnya di panggung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Chery Tiggo Cross CSH Hybrid langsung menarik perhatian publik Tanah Air hingga mencetak prestasi sebagai The `Best-Selling Hybrid SUV di segmennya, dengan lebih dari 1.000 unit yang telah dikirimkan kepada konsumen.

    Keberhasilan Chery Tiggo Cross CSH Hybrid menjadi bukti bahwa pendekatan Chery yang agresif namun terukur dalam memperkuat portofolio kendaraan dengan energi terbarukan (NEV), serta menghadirkan pengalaman kepemilikan yang baik mulai membuahkan hasil nyata di pasar Indonesia.

    Chery Tiggo Cross CSH Hybrid diserahkan ke konsumen Indonesia Foto: PT. Chery Sales Indonesia

    “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas respons positif masyarakat Indonesia terhadap Chery Tiggo Cross CSH Hybrid. Sejak peluncurannya di GIIAS 2025, komitmen kami untuk memastikan pengiriman tepat waktu (on-time delivery) terbukti nyata. Pencapaian ini lantas menjadi bukti bahwa strategi Chery dalam memperkuat portofolio kendaraan energi baru (NEV) di Indonesia sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Keunggulan teknologi CSH berhasil menjadi kunci utama dalam strategi Chery dalam menguasai pasar Indonesia yang dibuktikan dengan keberhasilan Tiggo Cross CSH dalam menghantarkan Chery menjadi No.1 Sales Chinese Brand di Indonesia pada September 2025, dan juga membuktikan dominasi Tiggo Cross CSH terhadap kompetitor pada segmennya,” ungkap Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia Rifkie Setiawan dalam siaran persnya.

    Chery Tiggo Cross CSH Hybrid ditawarkan dengan harga spesial mulai Rp 299,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian Comfort dan Rp 319,8 juta (OTR Jakarta) bagi varian premium. Mobil ini memadukan mesin hybrid ACTECO G4G15B generasi terbaru dengan efisiensi termal hingga 39,5% dan motor listrik bertenaga. Mesin bensin berkapasitas 1.498 cc 4-silinder sanggup menghasilkan tenaga 95 HP dan torsi 120 Nm, berpadu dengan motor listrik sebagai penggerak utama yang mampu menyemburkan tenaga 201 HP dan torsi instan 310 Nm.

    Sistem hybrid itu dipadukan dengan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang responsif, serta dilengkapi motor listrik kedua yang berfungsi sebagai generator untuk pengisian baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) berkapasitas 1,8 kWh. Berbekal sistem tersebut, Chery Tiggo Cross CSH Comfort ini bisa melaju lebih dari 1.000 km dalam kondisi full tank (51 liter) dan baterai terisi penuh.

    Berdasarkan pengujian internal Chery, konsumsi BBM untuk rute kombinasi mencapai 20 km/liter. Sedangkan bila rute yang dilewati adalah tol, maka konsumsi BBM bisa tembus 30,3 km liter.

    (dry/din)

  • Ini Mobil Eropa Paling Murah di Indonesia, Harga di Bawah Rp 200 Juta!

    Ini Mobil Eropa Paling Murah di Indonesia, Harga di Bawah Rp 200 Juta!

    Jakarta

    Citroen C3 jadi mobil Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Harganya bahkan tak sampai Rp 200 juta.

    Lagi cari mobil Eropa tapi harganya ramah di kantong? Citroen C3 bisa jadi solusinya. Soalnya mobil ini dijual dengan harga di bawah Rp 200 juta. Ini sekaligus menjadikan Citroen C3 sebagai mobil Eropa paling murah di Indonesia. Citroen C3 Manual saat ini ditawarkan dalam dua opsi warna yaitu one tone dan two tone.

    Versi one tone dijual seharga Rp 199,9 juta sedangkan versi two tone harganya Rp 204,9 juta. Di antara merek mobil Eropa lain seperti Volkswagen, Volvo, Mercedes-Benz, Audi, hingga BMW, Citroen C3 lah yang banderolnya paling ramah di kantong. Sebelumnya diketahui salah satu produsen asal Eropa yang membanderol mobilnya dengan harga murah adalah Renault. Bahkan Renault menyajikan mobil yang harganya bersaing dengan deretan mobil LCGC (Low Cost Green Car). Namun kini tak diketahui lagi nasibnya. Renault juga sudah menghilang dari daftar penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    Kembali ke Citroen C3 MT, mobil ini mengusung desain kompak dengan dimensi panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.604 mm. Adapun jarak sumbu rodanya mencapai 2.540 mm, dengan ruang bagasi luas 350 liter.

    Citroen C3 Manual menggendong 1.198 cc non turbo dengan tenaga maksimal 81 dk dan torsi puncak 115 Nm. Pembekalan tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan. Sementara konsumsi bahan bakarnya 19,8 km/liter dengan kapasitas tangki 30 liter. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga 81 daya kuda pada 5.750 rpm dan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm.

    Citroen C3 MT masih dibekali lampu halogen, namun sudah ada lampu DRL (Day Running Light). Selain itu, ada fitur alarm dan immobilizer, sensor parkir belakang dan kamera parkir, serta panel instrumen digital 10 inci yang bisa menjalankan konektivitas Android Auto dan Apple Car Play.

    Kemudian untuk safety-nya, ada dua airbags di kursi depan, Antilock Braking System (ABS), dan Electronic Brake Distribution (EBD). Sementara untuk sistem pengeremannya, depan pakai cakram dan belakang masih pakai tromol. Ruang bagasinya cukup luas dengan kapasitas 315 liter.

    (dry/din)