Organisasi: Gaikindo

  • Inilah 5 Alasan LEPAS L8 Layak Dipilih, SUV Premium dengan RPA & APA

    Inilah 5 Alasan LEPAS L8 Layak Dipilih, SUV Premium dengan RPA & APA

    Jakarta

    Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 menjadi panggung lahirnya sebuah babak baru dunia SUV premium. Untuk pertama kalinya, Indonesia terpilih sebagai negara debut global LEPAS L8 versi setir kanan, SUV premium PHEV yang menggabungkan estetika, teknologi, dan karakter berkendara dalam satu wujud elegan.

    Melalui filosofi desain Leopard Aesthetics, LEPAS L8 hadir tidak hanya sebagai kendaraan, tetapi sebagai pengalaman hidup yang lebih tenang, refined, dan berkelas. Dan bagi para pecinta SUV elegan, berikut lima alasan utama mengapa LEPAS L8 adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan.

    1. Satu-Satunya SUV Premium di Kelasnya dengan Teknologi RPA & APA

    Inilah alasan yang membuat LEPAS L8 langsung melompat jauh dari kompetitornya, yaitu teknologi parkir generasi baru yang tidak dimiliki SUV premium lain di kelasnya. Remote Parking Assist (RPA) memungkinkan mobil memarkirkan dirinya sendiri sementara pengemudi sudah turun, ideal untuk ruang parkir super sempit.

    Sementara Automatic Parking Assist (APA) bisa mendeteksi berbagai jenis ruang parkir dan bekerja optimal bahkan saat hujan lebat atau kondisi gelap. Teknologi ini membuat pengalaman berkendara LEPAS L8 terasa effortless dan benar-benar premium, karena SUV elegan seharusnya memudahkan hidup, bukan menambah kerumitan.

    2. Debut Global Setir Kanan Pertama di Dunia, Hanya di Indonesia

    Tidak semua negara mendapat kehormatan seperti ini. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan LEPAS L8 versi setir kanan.

    Keputusan ini tak sekadar strategi, tetapi bentuk pengakuan terhadap konsumen Indonesia yang kian cerdas, menghargai detail, dan mengutamakan desain serta teknologi yang memiliki nilai emosional.

    “LEPAS L8 adalah wujud harmoni antara desain, performa, dan emosi. Indonesia adalah pasar yang tepat untuk memulai perjalanan global ini,” ujar Deputy Country Director LEPAS, Ricky He dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/11/2025).

    3. Desain yang Menyentuh Emosi, Leopard Aesthetics yang Premium dan Berkarakter

    LEPAS L8 dibangun dengan filosofi Leopard Aesthetics, desain yang memadukan kekuatan, keluwesan, dan keanggunan layaknya leopard.

    Elemen ikoniknya menciptakan aura premium sejak pandangan pertama:

    Leopard-Inspired Front FasciaLeopard Eye HeadlightsDynamic Bionic DesignSkyline InteriorSemi-concealed door handlePilihan elegant body paint

    Setiap garis, cahaya, dan tekstur dirancang bukan hanya untuk tampil indah, tetapi untuk membangun rasa percaya diri dan ketenangan bagi siapa pun yang berada di dalamnya.

    4. Ruang Kabin Tenang & Lapang, Seperti Private Lounge Bergerak

    Masuk ke dalam LEPAS L8 rasanya seperti memasuki sanctuary pribadi. Dengan LEX Platform dan wheelbase 2.800 mm, lima penumpang disuguhkan ruang yang lapang dan lega.

    Kenyamanan dibangun melalui:

    Material premiumAmbience lighting lembutActive Fragrance SystemAir Quality Monitoring System47 ruang penyimpanan16 konfigurasi duduk

    LEPAS L8 tidak hanya membawa Anda dari titik A ke B, tetapi membawa ketenangan pikiran di setiap perjalanan.

    5. Efisiensi Tingkat Tinggi, Jarak Total Lebih dari 1.300 km

    Sebagai Premium PHEV, LEPAS L8 tidak hanya indah, tetapi juga cerdas dan efisien.

    Konsumsi bahan bakar: 1,49 L/100 kmJarak tempuh EV: 100 kmTotal jangkauan: lebih dari 1.300 km

    Jarak ini memungkinkan perjalanan jauh tanpa rasa khawatir, sekaligus perjalanan harian yang bisa hampir sepenuhnya dilakukan dengan tenaga listrik. Kombinasi ini menjadikan LEPAS L8 sebagai kendaraan yang bukan hanya performa-oriented, tetapi future-oriented.

    Keistimewaan Eksklusif untuk 100 Pemilik Pertama

    Untuk 100 pemilik pertama, LEPAS menghadirkan LEPAS L8 Founder Edition, lengkap dengan:

    Mystery Delivery Gift Package,Leopard Care (layanan purnajual & garansi premium),Rear badge nomor eksklusif 001-100.

    Sebuah simbol bahwa mereka bukan hanya membeli sebuah mobil-tetapi menjadi bagian awal dari sejarah LEPAS di Indonesia.

    Ajak Pengunjung “Drive Your Elegance” di GJAW 2025

    Melalui booth bertema ‘Drive Your Elegance’, LEPAS mengajak pengunjung merasakan sendiri bagaimana ketenangan, estetika, dan teknologi berpadu menjadi satu pengalaman premium.

    Di area test drive, pengunjung dapat membuktikan kehalusan mesin, minimnya gangguan kabin, dan presisi pengendaraan LEPAS L8, semua dirancang untuk menghadirkan perjalanan yang effortless. Dengan hadirnya LEPAS L8, Indonesia tidak hanya menyaksikan lahirnya sebuah SUV premium baru, tetapi kelahiran definisi baru elegansi dalam mobilitas modern.

    (akn/ega)

  • Laris Manis! Wuling Darion Mulai Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    Laris Manis! Wuling Darion Mulai Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    Jakarta

    Wuling Darion mulai dikirim ke garasi konsumen. Acara seremoni penyerahan kunci Wuling Darion ke konsumen dilakukan dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Wuling juga menyoroti sambutan positif terhadap Wuling Darion, MPV elektrifikasi terbaru yang ditujukan bagi keluarga modern Indonesia. Sejak diluncurkan, Darion mendapat antusiasme tinggi.

    “Di momen ini, kami ingin menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan antusiasme masyarakat terhadap Darion. Hingga hari ini, Darion telah dipesan oleh sebanyak 1.500 pelanggan. Dukungan ini menjadi semangat bagi Wuling untuk terus menghadirkan inovasi yang relevan bagi keluarga Indonesia,” jelas Ricky Christian, Marketing Director Wuling Motors.

    Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan di GJAW 2025, Wuling juga menyelenggarakan handover ceremony sebagai simbol dimulainya

    distribusi unit Darion kepada konsumen di Indonesia. Pada kesempatan ini, Wuling menyerahkan unit secara simbolis kepada perwakilan konsumen Darion dan menjadi awal proses pengiriman dilanjutkan ke berbagai kota lainnya. 1.500 unit Darion dengan harga spesial sudah habis dipesan.

    Brand Communication Senior Manager Wuling Motors, Brian Gomgom mengatakan dari jumlah pemesanan tersebut, Darion EV rupanya lebih banyak diburu ketimbang versi PHEV. Bagi Wuling, hal itu lumrah sebab pabrikan berjuluk lima berlian itu sudah lebih dikenal sebagai produsen mobil listrik.

    “Porsinya dominasi masih EV,” kata Brian.

    “PHEV juga baru di Indonesia, baru tahun lalu, Wuling juga pertama bikin PHEV untuk MPV, perlu waktu untuk mendapatkan pengalaman dan knowledge-knowledge PHEV.”

    “Kalau EVnya kenapa dominasi bisa lebih besar? Karena Wuling sendiri melekat dengan brand mobil listrik, jadi konsumen akan lebih cepat aware,” jelas dia.

    Sebelumnya Wuling Darion dijual dengan harga spesial OTR Jakarta khusus buat 1.500 pembeli pertama. Termurahnya untuk tipe EV dijual Rp 356 juta, sedangkan tipe PHEV dibanderol termurah Rp 439 juta. Namun lantaran SPK sudah mencapai 1.500 unit maka harga Wuling Darion mengalami kenaikan harga.

    “Harganya Darion EV mulai dari Rp 359 juta, kalau PHEV mulai Rp 442 juta. Ya (harga berlaku) setelah SPK-nya selesai 1.500,” kata Brian Gomgom.

    (riar/dry)

  • Mitsubishi Pamer Pajero Sport-Destinator Bergaya Petualang, Begini Wujudnya

    Mitsubishi Pamer Pajero Sport-Destinator Bergaya Petualang, Begini Wujudnya

    Jakarta

    Mitsubishi memamerkan empat mobil bertema petualang di ajang GJAW 2025. Berikut wujud dari empat mobil konsep tersebut.

    Petualang seolah menjadi DNA Mitsubishi dalam mengembangkan mobilnya. Pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025, Mitsubishi pun menghadirkan inspirasi konsep kendaraan petualang pada beberapa model mobil yang dijual di Indonesia.

    Mulai dari Family Touring Concept untuk keluarga pecinta perjalanan jauh, Outdoor dan Offroad Adventure Concept buat yang doyan menjelajahi alam, serta Active Urban Lifestyle Concept untuk merepresentasikan kehidupan dinamis perkotaan.

    “Kami menghadirkan display dengan konsep Adventure yang menggambarkan bagaimana Mitsubishi Motors menjadi teman setia dalam berbagai gaya hidup pelanggan,” ujar Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro dalam presentasinya.

    Pertama ada Xpander Cross yang hadir dengan tema Comfort and Outdoor Adventure with Family. Konsep ini menggabungkan keceriaan aktivitas outdoor bersama keluarga dengan kenyamanan. Konsep ini cocok buat keluarga muda yang ingin merasakan petualangan alam tanpa mengorbankan kenyamanan.

    Xpander Cross bertema Comfort and Outdoor Adventure with Family Foto: Andhika Prasetia

    Selanjutnya Pajero Sport disajikan dalam konsep Exploring and Excitement. Lewat konsep ini, Mitsubishi menggabungkan ketangguhan Pajero Sport dalam berkendara di berbagai medan dengan ekspresi keceriaan berpetualang. Cocok buat pengendara yang doyan menjelajah, mencintai alam terbuka, dan selalu mencari pengalaman baru di setiap perjalanan.

    Konsep petualang pada Mitsubishi Destinator Foto: Andhika Prasetia

    Xforce hadir dengan konsep Urban and Sporty. Tampilannya makin sporty namun tak menghilangkan karakter elegannya. Terakhir ada Destinator yang mengusung tema Premium and Touring with Family. Konsep ini menggabungkan kemewahan dan kenyamanan dalam berpetualang bersama keluarga.

    Mitsubishi Xforce dengan konsep Urban and Sporty Foto: Andhika Prasetia

    “Melalui konsep ini, kami ingin menunjukkan bahwa semangat ‘Empowering Every Journey’ bukan hanya slogan, tetapi gaya hidup yang hidup dalam setiap produk Mitsubishi Motors,” pungkas Irwan.

    Bagi kamu yang tertarik, empat mobil ini tak dijual ya. Desainnya hanya memberikan inspirasi buat pengendara yang ingin memberikan sentuhan petualang pada mobil Mitsubishi kesayangannya.

    (dry/din)

  • BAIC BJ30 Hybrid FWD Meluncur, Harga Rp 499 Juta!

    BAIC BJ30 Hybrid FWD Meluncur, Harga Rp 499 Juta!

    Jakarta

    BAIC Indonesia resmi meluncurkan BAIC BJ30 Hybrid FWD di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025. Kendaraan tersebut dibanderol lebih murah dibandingkan versi AWD yang telah dijual lebih dulu.

    Dhani Yahya selaku Chief Operating Officer (COO) BAIC Indonesia mengatakan, BAIC BJ30 Hybrid FWD diharapkan mampu memperluas pilihan konsumen yang ingin memiliki SUV hibrida yang modern dan efisien.

    “Dengan debut BJ30 Hybrid FWD, kami memperluas pilihan bagi konsumen yang menginginkan SUV hybrid modern dan efisien, sekaligus semakin memperkuat posisi BAIC di segmen SUV hybrid medium di Indonesia.” Kata Dhani Yahya di ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11).

    Meski harganya lebih terjangkau dari versi AWD, namun pabrikan tidak mengurangi sedikitpun fitur keamanan, kenyamanan dan performa kendaraan tersebut. Varian itu menjadi alternatif menarik bagi pengguna urban maupun keluarga modern yang membutuhkan kendaraan ekonomis, multifungsi dan nyaman untuk harian.

    BJ30 Hybrid FWD tetap menggunakan mesin Smart Magic Core Hybrid dengan Dedicated Hybrid Transmission yang dirancang untuk kendaraan hibrida. Sistem tersebut diklaim mampu memberikan akselerasi responsif, torsi besar dan daya jelajah hingga 1.000 km dengan sekali pengisian bensin dan dalam kondisi baterai penuh.

    Dari sisi keamanan, BJ30 Hybrid FWD juga dilengkapi 12 jenis Adaptive Driver Assistance System (ADAS) dengan dukungan kamera dan radar yang memantau kondisi sekitar dalam 360 derajat dengan jangkauan hingga 200 meter.

    Di GJAW 2025, BAIC BJ30 Hybrid FWD hanya dibanderol Rp 499 jutaan dari harga asli Rp 529 jutaan. Nominal tersebut Rp 76 jutaan lebih murah dibandingkan versi AWD. Menarik sekali, bukan?

    (sfn/dry)

  • Spesifikasi Wuling Alvez Terbaru, Harga Mulai Rp 217 Juta

    Spesifikasi Wuling Alvez Terbaru, Harga Mulai Rp 217 Juta

    Jakarta

    New Wuling Alvez meluncur dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2025 di ICE BSD City Tangerang Selatan, Jumat (21/11/2025). Ada tiga trim Alvez terbaru, simak spesifikasi yang ditawarkan.

    “New Alvez hadir dengan value yang lebih kuat meliputi more stylish, more advanced, more practical, dan efficient. Penyegaran ini kami rancang untuk menjawab preferensi utama konsumen di segmen compact SUV. Semua penyegaran tersebut dikemas dalam satu konsep It’s All You Need,” ujar Danang Wiratmoko, Product Communication Manager Wuling Motors.

    Dimulai dari eksterior, New Alvez tampil lebih modern berkat desain grille terbaru yang memadukan elemen stylish dan sporty. Lampu depan tetap menggunakan LED projector headlamps dengan Daytime Running Light (DRL), memberikan visibilitas lebih baik sekaligus memperkuat karakter modern kendaraan.

    Lanjut ke area kaki-kaki, New Wuling Alvez tersemat Velg alloy 16 inci.

    Penyegaran warna turut dilakukan melalui hadirnya enam pilihan, termasuk warna terbaru Milk Tea yang menonjolkan sentuhan modern dan stylish.

    Product Communication Manager of Wuling Motors, Danang Wiratmoko menjelaskan dari segi eksterior terdapat perubahan pada desain grille, velg alloy berukuran 16 inch, dan LED Projector Headlamp dan Daytime Running Light (DRL).

    “Kami melakukan penyegaran dari sisi eksterior berupa bumper dan grille yang baru,” kata Danang.

    “Secara fitur ada penambahan fungsi berupa smartphone interconnection yang sekarang sudah tersemat di head unit, ada juga penyegaran interior berupa stiching warna merah,” jelas dia.

    Untuk mendukung mobilitas modern, New Alvez tetap dilengkapi rangkaian teknologi yang modern. Kehadiran fitur ADAS (Advanced Driver

    Assistance System) memberikan dukungan keselamatan aktif dengan berbagai fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Automatic Emergency Braking, hingga Traffic Jam Assistance.

    Wuling Alvez juga makin canggih. SUV ini sudah dibekali sistem konektivitas berupa IoV (Internet of Vehicle) memungkinkan pengguna mengakses sejumlah fungsi kendaraan melalui smartphone. Selain itu, fitur Wuling Indonesian Voice Command (WIND) memudahkan pengguna mengoperasikan berbagai fitur kendaraan dengan perintah suara berbahasa Indonesia.

    Dari sisi keselamatan, New Alvez dibekali fitur airbags dan ISOFIX, ditunjang fitur keselamatan aktif seperti Electronic Stability Control (ESC), ABS, EBD, AVH, ESS, Hill Hold Control (HHC), serta TPMS.

    Perihal peranti hiburan dan informasi berkendara, New Alvez mengandalkan head unit berukuran 10.25 inci dengan smartphone interconnection yang terhubung dengan 4 speaker di seluruh kabin. Kamera belakang dengan dynamic trajectory serta rear parking sensor juga hadir untuk memudahkan pengemudi saat parkir. Panel instrumen TFT 7 inci memberikan tampilan informasi berkendara yang modern dan mudah dibaca.

    New Alvez menawarkan ruang kabin yang lega dengan kapasitas bagasi 625 liter ketika bangku baris kedua terlipat, mendukung aktivitas

    harian keluarga maupun gaya hidup urban. Stabilitas berkendara semakin optimal berkat ground clearance 175 mm yang memberikan kenyamanan di berbagai kondisi jalan. Dengan jarak sumbu roda 2.550 mm membuat kabin lapang untuk 5 orang penumpang.

    Beda fitur tertinggi

    “Fitur yang hanya ada di tipe tertinggi yaitu ADAS, electric sunroof, koneksi iOV dan Voice Command tersedia di tipe atas. Selain itu, hampir semua mayoritas secara tampilan itu sama antara atas maupun tengah,” jelas Danang.

    Danang melanjutkan tipe manual tranmsisi perubahan cukup banyak. Seperti rear wiper, head unit yang sama dengan tipe lebih tinggi. Kemudian two tone colour.

    Mesin dan performa

    Soal dapur pacu, Wuling Alvez masih dibekali mesin 1.485 cc inline 4 silinder yang di atas kertas bisa memuntahkan tenaga 105 hp, sementara torsinya 143 Nm.

    Opsi warna dan harga

    Alvez ditawarkan dalam enam pilihan warna, yakni Tungsten Steel Grey, Pristine White, Aurora Silver, Stary Black dan warna terbaru Milk Tea. Alvez diketahui menjadi model terlaris ke empat Wuling di Indonesia. New Alvez ini akan dikirim ke garasi ke konsumen secepatnya tanpa harus menunggu pergantian tahun.

    Alvez ditawarkan dalam tiga trim, antara lain:

    Alvez EX CVT: Rp 303 jutaAlvez CE CVT: Rp 263 jutaAlvez CE M/T: Rp 217 Juta

    (riar/dry)

  • Geely Rilis Harga EX2 di GJAW 2025, Cuma Rp200 Jutaan

    Geely Rilis Harga EX2 di GJAW 2025, Cuma Rp200 Jutaan

    JAKARTA – Geely memanfaatkan gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 untuk mengumumkan harga resmi dua varian mobil listrik terbarunya, EX2 Max dan EX2 Pro. Pengenalan harga ini menjadi langkah penting Geely dalam memperkuat penetrasi di pasar kendaraan listrik (EV) Indonesia, khususnya di segmen entry-level yang kini semakin kompetitif.

    Sales and Channel Director Geely Auto Indonesia Constantinus Herlijoso, menyatakan bahwa peluncuran harga ini menandai komitmen perusahaan dalam menghadirkan kendaraan listrik yang lebih mudah dijangkau oleh masyarakat.

    “Dengan kehadiran EX2 di Indonesia, kami ingin memberikan pilihan kendaraan listrik yang terjangkau namun tetap mengutamakan kualitas dan keamanan,” ujarnya dalam sesi peluncuran di ICE BSD City, Jumat, 21 November.

    Dalam pengumuman resmi tersebut, Geely memasarkan dua varian EX2 dengan skema harga khusus yang telah memperhitungkan insentif pemerintah untuk kendaraan listrik. EX2 Max dipasarkan dengan harga sebelum insentif sebesar Rp299.500.000 dan menjadi Rp273.000.000 setelah insentif.

    Sementara itu, EX2 Pro dibanderol Rp255.900.000 sebelum insentif, dan turun menjadi Rp233.000.000 setelah insentif.

    Selain penyesuaian harga, konsumen juga mendapatkan sejumlah keuntungan tambahan selama GJAW 2025 berlangsung.

    Insentif tersebut meliputi diskon langsung senilai Rp5 juta atau subsidi leasing melalui mitra pembiayaan, serta pilihan opsi warna khusus secara gratis yang hanya berlaku selama pameran.

    Dengan strategi harga tersebut, Geely berharap EX2 dapat menjadi alternatif menarik bagi masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

  • Ngebut! Changan Bakal Bangun 100 Dealer di Indonesia Hingga 2030

    Ngebut! Changan Bakal Bangun 100 Dealer di Indonesia Hingga 2030

    Jakarta

    Changan Automobile resmi memulai bisnisnya di Indonesia dengan menggandeng Indomobil Group. Meski berstatus sebagai pendatang baru, namun produsen China itu tak mau bersantai-santai ria. Mereka akan meluncurkan 100-an dealer hingga lima tahun ke depan!

    Zhou Qing selaku VP Changan South East Asia Business Unit mengatakan, pihaknya sebagai permulaan akan mendirikan 20-an dealer sepanjang 2026. Penambahan jaringan kemudian dikebut di tahun-tahun berikutnya hingga mencapai 100-an dealer pada 2030.

    “Untuk rencana jangka pendek, kami akan membangun 20-an dealer tahun depan dengan fokus Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Dealer kami menggunakan model 3S dengan konsep city store untuk menjangkau bisnis utama,” ujar Zhuo Qing di Kuningan, Jakarta Selatan.

    “Lalu untuk rencana jangka panjang, kami akan memiliki 100 lebih dealer di Indonesia pada 2030. Fasilitas itu akan mencakup seluruh wilayah di sini,” tambahnya.

    Dealer Changan. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Menurut Qing, Asia Tenggara merupakan pasar terpenting untuk pabrikan asal China, termasuk Changan Automobile. Dia menargetkan, lima tahun dari sekarang, pihaknya punya 755 dealer yang tersebar di kawasan tersebut.

    Khusus untuk pasar Indonesia, Changan akan meluncurkan dua mobil perdananya di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025, yakni Changan Deepal SO7 dan Lumin EV. Menariknya, kedua produk itu bukan berstatus CBU atau impor utuh dari China, melainkan langsung dirakit lokal di dalam negeri.

    Changan Langsung Rakit Mobil di Indonesia

    Kepastian Changan langsung merakit lokal kendaraan di Indonesia disampaikan Andrew Nasuri selaku Direktur Indomobil Group saat peluncuran merek Changan Automobile di Kuningan, Jakarta Selatan. Sayangnya, dia tak mengungkap, pabrik mana yang akan dipakai sebagai fasilitas produksi.

    “Hari ini kami bukan hanya brand launch, bukan hanya showing brand and car, tapi sebetulnya kami sudah mulai melakukan perakitan kendaraan (di Indonesia),” kata Andrew Nasuri.

    “Jadi CKD sudah mulai, kemudian dua kendaraan yang akan di-launching di GJAW 2025 sudah diproduksi di Indonesia dan sedang proses TKDN. Jadi dalam beberapa waktu ke depan, ini sudah akan dapat sertifikasi,” tambahnya.

    pabrik Changan. Foto: Changan

    Kemitraan Changan dengan Indomobil Group sebenarnya sudah terjalin sejak awal tahun ini. Namun, keputusan mereka langsung merakit lokal kendaraan di Indonesia membuat waktu peluncuran harus mundur ke November 2025.

    “Jadi, kami tidak menggunakan insentif untuk CBU. Kami langsung atau direct ke CKD dan memenuhi kriteria (yang diminta) pemerintah,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Polytron Mau Bangun Fasilitas Battery Pack Sendiri di Indonesia

    Polytron Mau Bangun Fasilitas Battery Pack Sendiri di Indonesia

    Jakarta

    Merek mobil listrik lokal, Polytron, tak hanya merakit produknya secara lokal di Indonesia. Lebih dari itu, merek yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah, itu juga akan berupaya membangun ekosistem lainnya, salah satunya adalah membuat fasilitas perakitan battery pack secara lokal.

    Seperti dijelaskan Commercial Director Polytron Tekno Wibowo, meski sudah dirakit secara lokal di pabrik Handal, buat saat ini mayoritas komponen mobil Polytron G3 masih diimpor secara langsung dari China, termasuk baterai. Namun tidak menutup kemungkinan bagi Polytron melakukan lokalisasi baterai.

    “Kita memang ada kemitraan dengan Gotion. Cuma kan itu kan sebetulnya barang tetap dari Cina cuman assembly-nya di sini. Nah, yang mau kita lakukan nanti tahun depan kita akan bikin assembly baterainya kemungkinan sendiri,” ungkap Tekno kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/11/2025).

    “Jadi untuk menjadi battery pack, kita nanti impor baterai cell-nya. Ya, ada lah (untuk biaya investasinya),” sambung Tekno sambil memberi kisi-kisi bahwa Polytron di tahun depan akan banyak menghadirkan kejutan, entah itu produk baru, maupun terobosan baru.

    Bicara soal penjualan, mobil listrik Polytron sendiri cukup diterima baik oleh konsumen Indonesia. Mobil listrik Polytron perdana mengaspal pada Mei 2025 dan distribusi baru dimulai pada Juli 2025.

    Semakin ke sini, terlihat mobil listrik Polytron G3 series semakin memikat. Buktinya penjualannya meningkat nyaris lima kali lipat. Mengutip data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Oktober 2025, ada 103 unit mobil Polytron yang terjual.

    Angka itu meningkat signifikan karena pada September, distribusi secara retail itu hanya mencapai 29 unit. Secara total sejak Juli 2025, Polytron sudah mengirimkan 150 unit mobilnya ke konsumen di Tanah Air. Namun tentunya angka itu masih belum cukup untuk bersaing di pasar otomotif Indonesia.

    (lua/dry)

  • Veloz Hybrid Cuma Rp 299 Juta, Jadi Mobil Hybrid Termurah Toyota

    Veloz Hybrid Cuma Rp 299 Juta, Jadi Mobil Hybrid Termurah Toyota

    Jakarta

    Toyota Veloz Hybrid resmi meluncur di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Veloz Hybrid menjadi mobil hybrid termurah Toyota untuk saat ini. Harganya mulai dari Rp 299 juta.

    Sebelum ada Veloz, saat ini model hybrid termurah Toyota adalah Yaris Cross Hybrid yang harganya tembus Rp 400 jutaan. Meluncurnya Veloz Hybrid di Indonesia menjadi jawaban dari Toyota untuk masyarakat yang menginginkan mobil hybrid yang lebih terjangkau.

    Toyota membuka pemesanan Veloz Hybrid mulai hari ini di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Khusus sampai dengan Desember 2025, mobil ini ditawarkan dengan harga spesial mulai dari Rp 299 juta.

    Harga spesial Rp 299 juta berlaku untuk Veloz Hybrid tipe V Grade. Harga itu berlaku khusus pemesanan hingga Desember 2025. Sementara pengiriman ke konsumen akan dilakukan mulai 2026.

    “Kita ingin setiap masyarakat bisa terbantu dengan produk ini. Yang selama ini ingin irit BBM-nya, bergerak dengan tujuh orang, semoga (Veloz Hybrid) ini bisa menjadi solusi yang baik,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), usai peluncuran Veloz Hybrid di booth Toyota dalam pameran GJAW 2025 yang digelar di ICE, BSD City, Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Menurut Henry, dari pengalaman sebelumnya mobil hybrid banyak dipilih konsumen di Indonesia. Bahkan, untuk Innova Zenix, 80 persen penjualannya adalah model hybrid. Dan Yaris Cross, 90 persen penjualannya disumbang oleh model hybrid.

    “Jadi melihat dari itu kita cukup confident bahwa dari Toyota ingin agar lebih banyak masyarakat yang bisa menikmati berkendara dengan teknologi hybrid. Karena Veloz banyak sekali kebutuhannya ya. Kalau kita lihat history Avanza Veloz 7-seater, nyaman, kabin lega, kemudian ground clearance tinggi, dan resale value bagus dan durable. Kita harapkan (Veloz Hybrid) ini bisa menjadi salah satu mobilitas masyarakat Indonesia,” beber Henry.

    (rgr/dry)

  • Lepas L8 Dirakit di Indonesia Tahun Ini, Bareng Chery Numpang di Pabrik Handal

    Lepas L8 Dirakit di Indonesia Tahun Ini, Bareng Chery Numpang di Pabrik Handal

    Jakarta

    Lepas L8 bakal segera masuk jalur produksi. SUV premium China itu bakal dirakit secara lokal bersama dengan grup Chery lainnya, numpang di pabrik milik PT Handal.

    Lepas akan mengisi lini produksi di pabrik milik PT Handal Indonesia Motor. Di sana, rencananya SUV Lepas L8 juga bakal dirakit berbarengan dengan SUV lain dari Chery Grup. Product Manager Lepas Indonesia Lalu Indra Wirabhakti menjelaskan, L8 akan masuk jalur produksi pada akhir bulan ini. Setelahnya, SUV L8 mulai dikirim ke garasi konsumen di Indonesia.

    “Jadi mungkin estimasi sebulan lah ya. Perkiraan awal tahun kita sudah bisa deliver karena kan ada proses produksi,” terang Lalu di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025, Jumat (21/11/2025).

    Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan Lepas L8 setir kanan. Ini juga menjadi produk pertama Lepas di dunia. Untuk itu dibutuhkan waktu hingga akhirnya mobil bisa diterima konsumen.

    “Barang-barang CKD kita sudah mulai berdatangan. Jadi mungkin dengan beberapa varian color kita sudah sediakan untuk customer Indonesia, jadi kita bertahap. Karena ini memang produk pertama jadi dari sana pun ada beberapa part kita persiapkan dengan baik. Kita menjamin kualitas,” sambung Lalu.

    Lepas belum mengumumkan harga resmi dari L8. Di GJAW, Lepas baru mengumumkan harga pre-booking yakni Rp 589 juta. Tak ada batasan kuota konsumen untuk pemesanan Lepas L8. Namun untuk 100 konsumen pertama akan mendapatkan tiga keuntungan berupa hadiah eksklusif berupa ukiran leopard berukuran mini, parfum premium, dan emas batangan. Bagi 100 konsumen pertama, di tiap mobil akan ada emblem 001-100 sesuai dengan urutan pembelian. Selanjutnya Lepas juga memberikan paket layanan purna jual yang bernama Leopard Care+.

    Meski sudah mengumumkan harga pre-booking, nyatanya spesifikasi belum diurai lebih detail. Khususnya soal mesin, belum diketahui apa yang bakal disematkan Lepas di balik L8.

    Namun, Lepas sudah memberi sedikit bocoran soal performa SUV premium ini. Misalnya konsumsi BBM yang tembus 1,49 liter/100 km. Kalau dikonversi konsumsi BBM-nya itu 67 km/liter. Dengan bodi yang bongsor, konsumsi BBM itu setara dengan skuter matik.

    Selain itu jarak tempuh dengan mode EV mencapai 100 km. Secara keseluruhan, jarak tempuhnya diklaim mencapai 1.300 km lebih. Lepas L8 juga akan menggunakan platform bau bernama LEX. Platform ini didedikasikan untuk SUV energi baru.

    (dry/din)