Organisasi: Gaikindo

  • Harga Veloz Rp 299 Juta Cuma Sampai Desember, Tahun Depan Naik?

    Harga Veloz Rp 299 Juta Cuma Sampai Desember, Tahun Depan Naik?

    Jakarta

    Toyota resmi meluncurkan Veloz Hybrid di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 299 juta.

    Toyota membuka pemesanan Veloz Hybrid di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Khusus sampai dengan Desember 2025, mobil ini ditawarkan dengan harga spesial mulai dari Rp 299 juta.

    Harga spesial Rp 299 juta berlaku untuk Veloz Hybrid tipe V Grade. Harga itu berlaku khusus pemesanan hingga Desember 2025. Untuk tipe tertingginya, Veloz Hybrid paling mahal akan dijual mulai Rp 390 juta.

    “Ini adalah harga yang pre-order di GJAW sampai akhir tahun ini. Ini kita harapkan jadi harga spesial lah buat konsumen,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

    Lantas, apakah harga Veloz Hybrid akan naik di awal tahun 2026? Henry belum bisa membeberkan lebih lanjut terkait harga Veloz Hybrid tahun depan.

    “Untuk tahun depan nanti kita lihat lagi. Tapi yang paling penting adalah untuk harganya (saat) ini yaitu (mulai dari) Rp 299 juta,” ujar Henry.

    Henry mengungkapkan, Toyota Veloz Hybrid mengusung sistem hybrid yang sama dengan Toyota Yaris Cross Hybrid. Itu artinya, mobil ini menggunakan basis mesin berkode 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc. Namun, Toyota belum merilis data spesifikasi lengkap dari Veloz Hybrid ini.

    “Hybrid system-nya itu sama seperti Yaris Cross. Tapi tentu saja ini kan beda modelnya, yang satu seven seater, satu five seater, tentu saja ada adjustment untuk membuat lebih optimal dalam berkendara atau efisiensi bahan bakar lebih maksimal,” ucap Henry.

    Menurut Henry, Veloz Hybrid akan ditawarkan dengan empat tipe. Tipe terendah dijual Rp 299 juta, sedangkan yang tertinggi Rp 390 juta.

    “Ada 4 model. Yang paling tinggi sekali itu Rp 390 juta, itu range-nya ya,” katanya.

    (rgr/mhg)

  • Changan Siap Bawa Mobil Kesukaan Masyarakat Indonesia

    Changan Siap Bawa Mobil Kesukaan Masyarakat Indonesia

    Jakarta

    Changan resmi hadir di Indonesia dan meluncurkan dua produk sekaligus di ajang GJAW (Gaikindo Jakarta Auto Week) 2025. Tak hanya itu, Changan juga mempunyai komitmen jangka panjang, bahkan siap membawa produk otomotif kesukaan masyarakat Indonesia, yakni mobil 7-seater.

    “Ketika kami melihat Indonesia, kami melihat potensi yang luar biasa untuk pertumbuhan jangka panjang. Kami melihat generasi baru konsumen yang menuntut solusi mobilitas yang lebih cerdas, lebih bersih, dan lebih efisien,” bilang Henry Huang selaku SEA Sales Department Regional Director Changan Automobile.

    “Dan yang paling penting, kami melihat pemerintah Indonesia dengan kebijakan yang kuat dan inovatif yang mendukung pengembangan kendaraan listrik di negara ini. Elemen-elemen tersebut memberi kami keyakinan bahwa Indonesia sedang berada di jalur yang benar. Dan kami yakin ini adalah waktu tepat bagi Changan untuk membawa teknologi, inovasi, dan passion kami ke pasar ini,” tambah Henry.

    Lanjut Henry mengatakan, hari ini Changan mengambil langkah penting dengan memperkenalkan inovasi terbaru kepada Indonesia. Changan pun berkomitmen untuk memberikan pengalaman mobilitas yang melampaui ekspektasi pelanggan Indonesia.

    “Dan dalam tiga tahun ke depan, kami berencana memperluas portofolio kami dengan lima model baru, termasuk lini mobil tujuh penumpang, didukung oleh berbagai pilihan powertrain yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan segmen pelanggan utama,” tambah Henry.

    Sebagai informasi, di GJAW tahun ini, Changan menampilkan beragam unit display di booth seluas 561m2 yang berada di Hall 3A, ICE BSD City.

    Terdapat Changan Lumin, Changan Deepal S07, dan AVATR 11 sebagai special display unit selama GJAW 2025 berlangsung. Tak hanya itu, Changan pun menyediakan Changan Lumin di test drive area indoor dan outdoor untuk memberi pengalaman berkendara bersama EV kompak tersebut.

    (lua/rgr)

  • Tantang BYD M6, MPV Listrik 7 Seater VinFast Limo Green Dijual Rp 300 Jutaan

    Tantang BYD M6, MPV Listrik 7 Seater VinFast Limo Green Dijual Rp 300 Jutaan

    Jakarta

    VinFast kembali memperluas lini mobil listriknya di Indonesia dengan menghadirkan Limo Green. MPV listrik 7-seater ini resmi meluncur dan bisa dipesan per acara Gaikindo Jakarta Auto Week 2025.

    Sebagai sebuah MPV listrik 7-seater, tentu andalan baru VinFast ini akan bertarung langsung dengan Wuling Darion EV dan BYD M6.

    Namun VinFast rasanya bisa percaya diri, sebab harga jual VinFast Limo Green dibanderol mulai dari Rp 300 jutaan. Informasi ini dikemukakan oleh CEO Vinfast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto kepada detikcom.

    VinFast Limo Green Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Limo Green sudah bisa mulai dipesan dengan indicative price Rp 319 juta dengan battery subscription (langganan baterai). Jadi bukan sekedar preview saja, Limo Green sudah mulai bisa dipesan,” ujar Kariyanto.

    Dari sisi dimensi, Limo Green menawarkan ukuran yang sangat familiar bagi konsumen Indonesia. Panjangnya sekitar 4.740 mm, lebar 1.872 mm, dan tinggi 1.723 mm. Jarak sumbu rodanya 2.840 mm.

    Ukuran ini mendekati Toyota Kijang Innova Zenix yang selama ini menjadi salah satu acuan MPV besar di pasar nasional.

    Ketika detikcom meninjau langsung unitnya di Vietnam, tampak bahwa konfigurasi kabin Limo Green dirancang untuk fleksibilitas penggunaan keluarga maupun armada.

    Di Vietnam, Vinfast Limo Green membawa baterai 60,1 kWh dan diklaim bisa menempuh jarak 450 km berdasarkan pengujian NEDC.

    VinFast Limo Green Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    Mobil ini juga bisa dicas cepat dengan pengisian cepat DC hingga 80 kW, memungkinkan pengisian daya dari 10% hingga 70% tuntas dalam waktu sekitar 30 menit.

    Motor listriknya diklaim bertenaga 150 kW dengan torsi 280 Nm yang disalurkan ke roda depan.

    VinFast juga menyampaikan bahwa produksi lokal menjadi fokus utama untuk Limo Green. Pabrik mereka di Subang disiapkan untuk memulai perakitan dan langkah ini diharapkan dapat memperkuat efisiensi biaya serta meningkatkan stabilitas layanan purna jual.

    Saat ini calon pembeli Limo Green sudah dapat memesan MPV listrik 7-Seater terbaru dari Vinfast ini dan harga final akan diumumkan pada saat launching di 2026.

    “Harga final akan diumumkan pada saat launching di Maret 2026,” tutup Kariyanto.

    Perlu diketahui di sisi persaingan, BYD M6 yang menjadi rival terdekat Limo Green saat ini ditawarkan mulai dari Rp 383.000.000 untuk varian Standard 7 Seater. Varian Superior 7 Seater berada di kisaran Rp 423.000.000, sementara Superior Captain 6 Seater dijual Rp 433.000.000. Rentang harga ini menempatkan Limo Green sebagai opsi yang lebih terjangkau dalam kategori MPV listrik berukuran besar.

    (mhg/rgr)

  • Belajar dari Brasil, Bioetanol Bisa Tarik Investasi Jumbo

    Belajar dari Brasil, Bioetanol Bisa Tarik Investasi Jumbo

    Liputan6.com, Jakarta Pelaku industri menilai penggunaan bioetanol bisa membantu pemangkasan emisi karbon, adopsi teknologi pun telah siap. Brasil memberikan contoh kesuksesan tersebut.

    Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara menegaskan mandatori dan kebijakan Brasil yang berpihak pada bioetanol ditiru negara lain.

    Kini Uni Eropa menerapkan mandatori E10, Amerika Serikat E15, sedangkan India E20. Biotenol sekarang lazim digunakan kendaraan bermotor. “Bioetanol sudah secara meluas dipergunakan, bahkan Thailand juga mengembangkan E10 hingga E85,” ungkap Kukuh, Minggu (23/11/2025).

    Dari sisi industri, Kukuh memastikan seluruh mobil telah mampu menyesap bioetanol, terutama untuk E10. Gaikindo telah menggandeng Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) sejak 2008 untuk pengembangan penerapan bioetanol.

    “Jadi kendaraan buatan Jepang itu harusnya sudah bisa terutama yang dibuat di tahun 2000 ke atas, bioetanol ini aman,” tegas Kukuh

    Dia menilai pemerintah bisa mengikuti jejak Brasil yang juga tengah ditempuh negara lain. “Mengenai gambaran global, tidak perlu dikhawatirkan terkait bioetanol. Asalkan kaidah-kaidahnya tetap diikuti,” ujarnya.

    Di sisi lain, perhelatan Konferensi Perubahan Iklim ke-30 PBB (COP30) Brasil menjadi momen yang membuka tabir kesuksesan negara tersebut menghadapi transisi energi. Brasil jadi salah satu negara dengan tingkat dekarbonisasi cukup tinggi.

    Hal itu jadi momentum bagi pemerintah ataupun pelaku bisnis di sektor energi untuk menimba ilmu. Apalagi, dari Indonesia saja, PT Pertamina (Persero) yang juga tengah fokus mengembangkan energi baru terbarukan ikut hadir.

    Setidaknya, Indonesia bisa memetik banyak pelajaran dari Brasil, terutama bagaimana mengedepankan kepentingan nasional dalam masa transisi energi.

    Berkaca dari Brasil, berkat bioetanol negara tersebut memangkas karbon 1,34 miliar ton setara CO2, dan menghemat US$261 miliar devisa saban tahun. Brasil terus ketagihan, akan mengerek mandatori etanol, serta menargetkan produksi 50 miliar liter bioetanol per tahun dari saat ini 36,83 miliar liter.

     

  • Sederet Promo Mobil Honda di GJAW 2025

    Sederet Promo Mobil Honda di GJAW 2025

    Jakarta

    PT Honda Prospect Motor (HPM) turut meramaikan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025. Bukan hanya memajang produk-produk andalannya, mereka juga menawarkan sejumlah promo atau program menarik sepanjang acara.

    Pada pameran tahun ini, Honda mengusung konsep ‘Power for Every Drive – Electrify Your Journey’ yang merupakan representasi komitmen mereka dalam menyediakan pilihan kendaraan yang relevan dengan setiap tahapan perjalanan konsumen.

    Nah, memasuki periode akhir tahun yang identik dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk membeli kendaraan baru, Honda menghadirkan program penjualan spesial ‘Saat Tepat Punya Honda’, meliputi:

    • DP Ringan

    • Bunga mulai dari 0%

    • Cicilan mulai dari Rp 2 juta

    • Tenor hingga 7 tahun

    • Program Trade-In

    • Lucky Dip dengan total hadiah hingga ratusan juta rupiah

    • Program Loyalist & Referral Honda

    Program tersebut menawarkan berbagai kemudahan yang dirancang untuk membantu konsumen mengambil keputusan pembelian dengan lebih cepat dan nyaman selama pameran.

    “Di GJAW, kami ingin memberi kesempatan kepada konsumen untuk benar-benar merasakan performa teknologi hybrid Honda secara langsung sehingga dapat memahami teknologi hybrid memberikan efisiensi sekaligus kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari,” ujar Hendra Kustiawan selaku Director Honda Jakarta Center.

    “Untuk melengkapi pengalaman tersebut, kami juga menghadirkan berbagai kemudahan pembelian menjelang akhir tahun, sehingga konsumen dapat memilih mobil Honda dengan lebih mudah,” kata dia menambahkan.

    Selain program penjualan, produsen asal Jepang itu memaksimalkan gelaran GJAW 2025 untuk memberikan kesempatan pengunjung merasakan langsung teknologi hybrid Honda. Ada dua kendaraan terkait yang bisa dicoba, yakni New Honda HR-V e:HEV dan Honda STEP WGN e:HEV.

    (sfn/rgr)

  • Cuma 25 Unit, Ford Indonesia Luncurkan Everest Titanium 25th Anniversary Edition

    Cuma 25 Unit, Ford Indonesia Luncurkan Everest Titanium 25th Anniversary Edition

    Jakarta

    Ford Everest Titanium 25th Anniversary Edition resmi dijual di Indonesia. Jangan kaget dengan namanya, karena Everest ini merupakan model spesial untuk merayakan 25 tahun kiprah Ford RMA Indonesia.

    Model edisi khusus ini tampil perdana di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang.

    Ford Everest Titanium 25th Anniversary Edition meluncur di Gaikindo Jakarta Auto Week 205 Foto: dok. Ford RMA Indonesia

    Perayaan seperempat abad ini menjadi momentum penting bagi Ford untuk menegaskan komitmen jangka panjangnya di Indonesia.

    Regional Director RMA Indonesia, Roelof Lamberts, menjelaskan bahwa durasi 25 tahun tersebut menjadi bukti kepercayaan pelanggan.

    Menariknya, Everest Titanium 25th Anniversary Edition diproduksi sangat terbatas. Hanya 25 unit yang dialokasikan untuk konsumen Indonesia.

    Karakter eksklusifnya hadir melalui balutan eksterior Full Glossy Black yang melapisi grill, bezel fog lamp, moulding bumper depan, door mirror, roof rail, door handle dan weather strip kaca pintu.

    Tampilan tegas ini diperkuat penggunaan velg dua puluh inci yang juga berwarna hitam. Ford turut menyematkan Power Side Step by Hamer yang meningkatkan kepraktisan serta memberi sentuhan visual yang lebih kokoh.

    Masuk ke interior, ruang kabin menawarkan peningkatan kenyamanan yang cukup signifikan. Lingkar kemudi kini dibalut kulit Nappa yang lebih premium.

    Ford Everest Titanium 25th Anniversary Edition Foto: dok. Ford RMA Indonesia

    Penumpang baris kedua juga memperoleh layar Rear Seat Entertainment berukuran 11,6 inci berbasis Android.

    Selain itu, Ford menambahkan extra pillow, trim door hitam, Premium Floor Mats di setiap baris hingga area bagasi serta ambient floor lighting untuk menciptakan suasana kabin yang lebih tenang saat perjalanan malam.

    Dari sisi performa, SUV edisi spesial ini tetap mengandalkan mesin 2.000 cc Bi Turbo dengan sistem penggerak 4×4 bertransmisi otomatis. Konfigurasi tersebut menjaga kemampuan Everest dalam menghadapi berbagai kondisi jalan di Indonesia.

    Konsumen Everest Titanium 25th Anniversary Edition mendapat layanan Ford 360 Care yang mencakup servis dan suku cadang perawatan berkala hingga tiga tahun atau enam puluh ribu kilometer.

    Ford RMA Indonesia menjual Everest Titanium 25th Anniversary Edition ini dengan harga Rp 1.990.000.000 On The Road Jakarta.

    (mhg/rgr)

  • Gaikindo Bakal Revisi Target Penjualan Mobil 2025 di Indonesia!

    Gaikindo Bakal Revisi Target Penjualan Mobil 2025 di Indonesia!

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan akan merevisi target penjualan mobil di Tanah Air tahun ini. Bahkan, mereka bakal menggelar rapat dengan seluruh anggota terkait untuk merumuskan angka baru.

    Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menegaskan, rapat khusus untuk membahas perubahan target akan digelar pekan depan atau setelah pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW 2025) berakhir. Nantinya, dia akan meminta masukan-masukan dari seluruh anggota.

    “Sampai dengan akhir tahun, kami akan revisi target. Tapi saya pikir, kita tunggu dulu deh. Selesai GJAW 2025, kita bakal kumpul dengan para anggota untuk menentukan target penjualan 2025 ini ke arah mana,” ujar Jongkie saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11).

    Gaikindo bakal revisi target penjualan mobil di Indonesia. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Ketika ditanya soal angka terbaru pascarevisi target, Jongkie memilih bungkam. Dia menegaskan, nominal tersebut baru bisa ditentukan setelah rapat anggota selesai digelar.

    “Belum, rapatnya belum (digelar). Jadi, angkanya belum ditentukan. Semua anggota kan punya suara,” kata dia.

    Disitat dari laman resmi Gaikindo, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 mengalami penurunan sebesar 10,6 persen dari periode sama tahun lalu.

    Lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Hasil terbalik datang dari para merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan paling signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober 2025 dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Merek lain yang melonjak adalah Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    (sfn/rgr)

  • Dijual Rp 416 Jutaan, Apa yang Beda dari Suzuki Grand Vitara Terbaru?

    Dijual Rp 416 Jutaan, Apa yang Beda dari Suzuki Grand Vitara Terbaru?

    Jakarta

    Suzuki Grand Vitara terbaru telah meluncur di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025. Kendaraan tersebut mendapat sejumlah pembaruan dibandingkan model sebelumnya. Apa saja?

    Deputy Sales and Marketing Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Dony Ismi berharap, perubahan minor di Suzuki Grand Vitara terbaru mampu memberikan nilai lebih terhadap kendaraan tersebut.

    “Melalui peluncuran Grand Vitara minor change kami berkomitmen untuk memberikan peningkatan nilai tambah yang telah disesuaikan dengan masukan dan kebutuhan pasar,” kata Dony Ismi saat peluncuran produk di ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11).

    Suzuki Grand Vitara terbaru tersedia dalam dua varian berbeda, yakni single tone seharga Rp 416 jutaan dan dual tone yang dibanderol Rp 419 jutaan. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    Apa yang Beda dari Suzuki Grand Vitara Terbaru?Suzuki Grand Vitara terbaru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Pabrikan memberikan pembaruan di sejumlah bagian, terutama di area eksterior kendaraan. Mobil itu kini hadir dengan opsi warna pearl cave black yang premium dan pelek baru yang lebih sporty.

    Selain itu, pembaruan lainnya terdapat di bagian interior dengan penambahan 7 inch digital TFT MID, kursi dengan ventilasi yang bisa diatur, electronic parking brake dan lampu LED di bagian dalam.

    Selain eksterior dan fitur, tak ada yang baru dari Suzuki Grand Vitara terbaru. Kendaraan tersebut masih menggunakan mesin K15C bersilinder empat dengan kapasitas 1.462cc dan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki atau SHVS. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu menyemburkan tenaga 103 dk dan torsi 136,8 Nm.

    Kemudian fitur lainnya dipertahankan, seperti panaromic sunroof, lampu LED, cruise control, HUD dan masih banyak lagi.

    (sfn/rgr)

  • Chery Tiggo 8 CSH Tambah 2 Varian Baru, Termurah Rp 430 Jutaan

    Chery Tiggo 8 CSH Tambah 2 Varian Baru, Termurah Rp 430 Jutaan

    Jakarta

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) meluncurkan dua varian terbaru untuk Chery Tiggo 8 CSH di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025. Jika sebelumnya hanya tersedia dalam varian premium, kini kendaraan hibrida itu punya varian comfort (termurah) dan premium AWD (termahal).

    Budi Darmawan Jantania selaku Vice Country Director PT CSI mengatakan, ketika Tiggo 8 CSH meluncur beberapa bulan lalu, konsumen memberikan sejumlah masukan. Ada yang mau fiturnya dikurangi agar lebih terjangkau, namun tak sedikit yang meminta dibuat lebih canggih.

    Itulah mengapa, dia bukan hanya meluncurkan varian termurah, melainkan juga termahal. Harapannya, konsumen lebih punya banyak pilihan.

    “Dengan penambahan dua varian terbaru, Tiggo 8 CSH jadi punya tiga varian. Ada comfort sebagai yang termurah, kemudian premium dan premium AWD yang termahal,” kata Budi Darmawan saat dikonfirmasi detikOto di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (22/11).

    Chery Tiggo 8 CSH varian baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Ketika ditanya perbedaan antara kedua varian terbaru dengan premium, Budi belum bisa mengurainya secara detail. Namun, kata dia, ada beberapa detail yang bisa dengan mudah dikenali.

    “Saya sendiri kurang ingat, nanti detailnya bisa dilihat. Tapi yang paling visible itu sunroof, power backdoor, memory seat dan jumlah speaker. Sementara soal engine dan fitur keselamatan ADAS sama,” kata dia.

    Chery Tiggo 8 CSH varian baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Itu tandanya, Chery Tiggo 8 CSH tetap menggunakan mesin Acteco H4J15 berkapasitas 1.500 cc turbo yang dikawinkan motor listrik dan baterai Lithium Iron Phosphate (Li-Po) berkapasitas 18,3 kWh. Kendaraan itu juga disematkan teknologi Chery Super Hybrid yang diklaim efisien dan irit bahan bakar.

    Chery Tiggo 8 CSH varian comfort dibanderol Rp 439 jutaan, sementara varian AWD dijual Rp 559 jutaan. Nominal tersebut berstatus on the road Jakarta dan sudah termasuk garansi kendaraan enam tahun, mesin 10 tahun dan baterai delapan tahun.

    (sfn/dry)

  • GAC AION Tambah Pabrik Baru di Indonesia, Mulai ‘Ngebul’ Awal 2026

    GAC AION Tambah Pabrik Baru di Indonesia, Mulai ‘Ngebul’ Awal 2026

    Jakarta

    Meski berstatus sebagai pendatang baru, namun GAC AION tak mau setengah-setengah di pasar otomotif Indonesia. Bahkan, produsen asal China itu akan menambah satu pabrik lagi di Tanah Air!

    Pada Juni lalu, GAC AION baru saja meresmikan pabrik pertamanya di kawasan Cikampek-Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas tersebut dibangun melalui anak perusahaan Indomobil Group, yakni PT National Assemblers (NA).

    Menariknya, baru sekian bulan setelah pabrik tersebut beroperasi, GAC AION mengumumkan penambahan pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi. Fasilitas tersebut akan beroperasi awal tahun depan!

    “Kami baru mengakuisisi lagi satu pabrik, sekarang pabrik itu sedang dipersiapkan dan akan mulai running Februari 2026,” ujar Andry Ciu selaku Chief Executive Officer (CEO) AION Indonesia, di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025, Sabtu (22/11).

    Pabrik AION Foto: Doc. AION

    Kabarnya, pabrik kedua akan lebih besar dibandingkan pabrik pertama mereka. Bahkan, kapasitas produksinya digadang-gadang bisa mencapai 100 ribu unit atau dua kali lipat dibandingkan pabrik pertama.

    “Kapasitas pabrik yang baru diakuisisi bisa sampai 100 ribu unit mobil per tahun. Itu Cuma satu pabrik, di luar pabrik lain. (Total dua pabrik bisa membuat) 150-170 ribu unit setahun. Lebih dari cukup,” kata dia.

    Andry tak menjelaskan, pabrik kedua yang baru saja diakuisisi itu sebelumnya milik pabrikan mana. Namun, satu yang pasti, lokasinya masih di area Cikampek-Purwakarta alias tak jauh dari pabrik pertama.

    Di kesempatan yang sama, Andry menegaskan, pihaknya akan membawa banyak sekali produk baru ke Indonesia tahun depan. Modelnya pun beragam, termasuk kendaraan hybrid. Itulah mengapa, pihaknya memutuskan menambah fasilitas produksi.

    “Kita akan ada produk (baru) banyak, Pak. SUV ada, MPV ada, dua baris ada, tiga baris banyak,” kata dia.

    (sfn/dry)