Organisasi: ASEAN

  • 668 Personel Gabungan Amankan Laga Indonesia Vs Filipina di GBK Malam Ini

    668 Personel Gabungan Amankan Laga Indonesia Vs Filipina di GBK Malam Ini

    Jakarta

    Timnas Indonesia U-23 akan menjamu Filipina pada laga ke-2 dalam ASEAN U-23 Championship di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, malam ini. Sebanyak 668 personel gabungan mengamankan laga ini.

    Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro telah melakukan tactical wall game (TWG) dan apel pengamanan sejak siang tadi untuk mematangkan pengamanan. Pengamanan juga dilakukan sejak sore saat laga Brunei Darussalam vs Malaysia, yang juga digelar di GBK, Senayan, Jakarta Pusat.

    “Pertandingan akan mempertemukan Brunei Darussalam dengan Malaysia pukul 17.00 WIB dan Filipina melawan Indonesia pukul 20.00 WIB,” jelas Susatyo saat memimpin apel pengamanan di Pintu Kuning GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (18/7/2025).

    Dia memastikan seluruh personel, baik dari Polri, TNI, maupun pemda DKI Jakarta, akan melakukan pengamanan secara humanis. Para personel juga tidak diberi senjata api.

    “Kami mengimbau seluruh suporter untuk tetap tertib dan menjaga keamanan bersama. Jangan membawa senjata tajam, minuman keras, petasan, kembang api, maupun flare. Suporter dilarang menyalakan flare, petasan, dan kembang api, baik di dalam maupun di luar stadion GBK,” ujar dia.

    Selain itu, pengamanan dilakukan terhadap suporter tim tamu. Dia juga mengimbau agar masyarakat yang tidak memiliki kepentingan untuk menghindari ruas jalan sekitar GBK.

    (whn/whn)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Cerita Panjang Pasar Barito, dari Kios Kaki Lima hingga Mau Direlokasi

    Cerita Panjang Pasar Barito, dari Kios Kaki Lima hingga Mau Direlokasi

    Jakarta

    Riuh kicauan burung yang bersahutan dengan deru mesin kendaraan masih terdengar di Pasar Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sayang perpaduan irama tersebut terancam senyap karena adanya rencana relokasi pasar.

    Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) berencana merelokasi Pasar Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan imbas proyek pembangunan taman ASEAN akan dimulai awal Agustus 2025 mendatang. Pasar hewan legendaris itu direncanakan pindah ke kawasan Lenteng Agung.

    Rencana relokasi ini juga sudah didengar para pedagang, meski menurut mereka keputusan ini sangatlah mendadak. Terlebih mengingat rencana pembangunan taman di lokasi bekas pasar ini akan dimulai pada awal Agustus mendatang, padahal di lokasi baru dikabarkan belum berdiri bangunan pasar baru.

    “Namanya kita, ini kan memang punya pemerintah, ya kita mau nggak mau ya harus setuju gitu loh. Dikasih tahu ke dekat Stasiun Lenteng Agung, katanya gitu,” kata salah seorang pedagang Pasar Barito, Mukhlisin, kepada detikcom, Jumat (18/7/2025).

    “Lahan ada cuma belum ada bangunan. Ya kita teman-teman ini yang pada nggak mau itu kan di sana belum ada kok kita suruh pindah gitu loh. Ini sih rumor ya, belum berita resmi gitu ya, bilangnya nanti tanggal 8 Agustus itu peletakan batu pertama pembangunan taman, kita harus sudah kosong,” sambungnya.

    Meski tak bisa berbuat banyak, Mukhlisin yang sudah berdagang sejak awal tahun 2000an menyayangkan keputusan relokasi Pasar Barito, mengingat keberadaan pusat jual beli hewan legendaris ini sudah ada sejak tahun 1970an.

    “Tahun 70-an, sekitar tahun 1976 sudah ada, kalau Pasar Barito itu. Pokoknya sebelum tahun 80an itu sudah ada. Ya ibaratnya sudah jadi kayak legend gitu lah, sudah terkenal,” ucapnya.

    Sementara itu pedagang lain yang sudah membuka lapak di Pasar Barito sejak 1985 lalu, Cahyono, bercerita pusat jual beli hewan peliharaan ini sudah ada pada masa pemerintahan Gubernur Tjokropranolo (1977-1982).

    Di mana saat itu Pasar Barito belum berbentuk bangunan permanen seperti sekarang, melainkan hanya barisan gerobak yang setiap hari harus dibongkar pasang. Sampai saat ia mulai berjualan di kawasan tersebut, barulah kios-kios semi-permanen didirikan.

    Hingga akhirnya pada 2022 lalu, pasar hewan legendaris ini mulai direvitalisasi menjadi deretan kios-kios permanen lengkap dengan rolling door di masing-masing toko. Walau menurut Cahyono ukuran kios milik pedagang jadi semakin kecil.

    “Aku di sini sudah ada pasar. Dulu di zamannya Gubernur Tjokropranolo ya. Dulu di sini belum gini, itu pakai gerobak-gerobak awalnya, tahun 70an atau berapa. Jadi zamannya Gubernur Tjokropranolo,” katanya.

    “Tahun 1985 itu sudah begini. Tapi masih semi-permanen, sendiri-sendiri, tapi gede-gede (ukuran per kios). Ini nggak per lapak kecil-kecil begini. Dulu kan sampai tiga itu, maksudnya gede lah dari sini sampai tiga kios sekarang ini satu orang gitu,” cerita Cahyono lagi.

    Beban Berat Pasar Barito Usai Revitalisasi Hingga Kini Mau Direlokasi
    Usai revitalisasi, kondisi pasar memang jauh lebih baik. Namun para pedagang justru menanggung beban berat. Sebab selama proses revitalisasi, mereka tidak bisa berdagang, tabungan ludes, hingga harus berutang ke bank yang tak kunjung lunas.

    “Dulu 8 bulan kita itu kan direnovasi. Kita 8 bulan nggak jualan. Sudah masuk baru berjalan mau 2 tahun, baru masih cari pelanggan, sudah harus relokasi. Kan modalnya saja kita semua pada pinjem bank. Ada BRI, ada KUR, ada macem-macem. Terus mulanginnya gimana?” keluh Cahyono.

    Beban ini menjadi lingkaran tak berujung. Tanpa omzet yang memadai, mereka sulit menyicil pinjaman. Tanpa modal, mereka tak bisa beli stok. Beberapa bahkan harus menunda pembayaran ke pemasok dan karyawan.

    “Urusan dengan bank bermasalah, urusan dengan supplier bermasalah, urusan dengan tagihan bermasalah, urusan dengan karyawan bermasalah. Pasti besar efeknya, luar biasa,” sambung Cahyono.

    Kini pasar hewan tersebut rencananya ingin direlokasi, yang membuat para pedagang semakin resah akan masa depan. Terlebih bagaimana mereka masih harus mencari pelanggan baru di tempat baru. Karenanya tak mengherankan jika rencana relokasi ini sama saja seperti ‘upaya membunuh’ usaha para pedagang.

    “Saya sebagai pedagang pindah ke tempat yang baru, itu belum tentu bisa jalan. Bagaimana? Ke tempat baru cari pelanggan baru. Kemarin saja kita ditutup 8 bulan sudah kayak apaan, sudah hilang pelanggan. Sekarang mau direlokasi, berat,” ucapnya.

    “Sama aja kita, ya sudah mati. Mati, walaupun disediakan tempat saja mati. Apalagi nggak disediakan tempat. Artinya sudah digusur begitu ya, habis,” tandas Cahyono.

    (igo/fdl)

  • Pemerintah sebut tidak semua produk asal AS bakal bebas tarif

    Pemerintah sebut tidak semua produk asal AS bakal bebas tarif

    Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menegaskan bahwa tidak seluruh produk asal Amerika Serikat (AS) akan mendapat fasilitas bebas tarif bea masuk ke Indonesia, meskipun kedua negara telah menyepakati kebijakan tarif nol persen untuk sebagian besar komoditas.

    Dia merinci, dari total 11.552 pos tarif dalam sistem Harmonized System (HS), sekitar 11.474 pos atau sekitar 99 persen produk AS yang memperoleh pembebasan tarif. Namun masih terdapat sejumlah produk sensitif yang tetap dikenai tarif dan pembatasan impor.

    “Jadi nol persen semua produk, kecuali beberapa yang sekarang kita diskusikan untuk tidak ditetapkan nol persen. Mereka sepakat, misalnya minuman alkohol, kemudian yang sebenarnya tidak mungkin impor, tapi kita juga minta tarif nol persen tidak berlaku yaitu daging babi,” ujar Susiwijono di Jakarta, Jumat.

    Ia menjelaskan bahwa kebijakan pembebasan tarif untuk produk AS ini sebenarnya bukan hal baru. Sebagian besar komoditas asal Negeri Paman Sam itu sudah lebih dahulu menikmati tarif 0 persen sebelum adanya kesepakatan terbaru dengan Presiden AS Donald Trump.

    Sebelumnya, sekitar 40 persen dari total produk AS yang masuk sudah dikenakan tarif 0 persen.

    “Jadi average rate tarif kita itu memang sudah rendah, dan kalau enggak salah produk Amerika yang kita impor itu sekitar 1.482 pos tarif, itu 40 persen lebih sudah 0 persen,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Susiwijono menambahkan bahwa arah kebijakan perdagangan global saat ini memang cenderung menuju penghapusan tarif melalui berbagai perjanjian perdagangan bebas (FTA) dan kemitraan ekonomi komprehensif (CEPA). Indonesia telah terlibat dalam sejumlah kesepakatan tersebut, baik secara bilateral maupun multilateral.

    Contohnya, melalui ASEAN Trade in Goods Agreement (ATIGA) di mana sekitar 99 persen produk dari negara ASEAN masuk ke Indonesia tanpa tarif. Hal serupa juga berlaku dalam kerja sama Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), di mana mayoritas produk Jepang dikenakan tarif 0 persen saat masuk Indonesia.

    Pewarta: Bayu Saputra
    Editor: Zaenal Abidin
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • 66 Pedagang Burung di Barito Jaksel Dipindah ke Lenteng Agung Bulan Depan

    66 Pedagang Burung di Barito Jaksel Dipindah ke Lenteng Agung Bulan Depan

    Jakarta

    Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) akan merelokasi pedagang burung di Jalan Barito. Kepala Suku Dinas PPKUKM Jakarta Selatan, Parulian Tampubolan, mengatakan ada 66 pedagang yang akan direlokasi ke Lenteng Agung.

    “Awal Agustus. Sebenarnya ada 118 pedagang, namun yang mampu kita relokasi sementara ke lokasi ini hanya 66 orang. Sisanya, pedagang kuliner dan buah akan masuk ke Perumda Pasar Jaya,” kata Parulian dalam keterangannya, Jumat (18/7/2025).

    Dia mengatakan sosialisasi sudah dilakukan kepada para pedagang sejak bulan lalu. Dia berharap proses relokasi berjalan lancar.

    “Kami melakukan sosialisasi dengan humanis sehingga para pedagang siap direlokasi ke lokasi-lokasi yang sudah kami tentukan,” ujarnya.

    Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Ali Murthadho, telah mengecek lahan relokasi di Jalan Raya Lenteng Agung Timur, RT 07/07, Lenteng Agung, Jagakarsa. Ali mengatakan relokasi dilakukan karena para pedagang saat ini akan terdampak pembangunan Taman ASEAN.

    “Relokasi dilakukan karena tempat mereka berdagang yang lama akan terdampak dari pembangunan Taman ASEAN,” ujar Ali.

    “Harapannya lokasi ini nantinya menjadi tempat ikonik Jakarta Selatan, karena akan terpusat seluruh pedagang hewan yang bisa memanjakan mata para pembeli,” ujarnya.

    Pembangunan Taman ASEAN dilakukan Pemprov DKI sebagai simbol Jakarta ibu kota ASEAN. Kantor ASEAN memang berada di Jakarta.

    (bel/haf)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • MRT Jakarta Fase 2A perluas interkoneksi dan pengembangan kawasan

    MRT Jakarta Fase 2A perluas interkoneksi dan pengembangan kawasan

    Pekerja berjalan di terowongan MRT Fase 2A Stasiun MRT Thamrin dan Monas di Jakarta, Senin (26/5/2025). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.

    MRT Jakarta Fase 2A perluas interkoneksi dan pengembangan kawasan
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 18 Juli 2025 – 06:31 WIB

    Elshinta.com – Proyek MRT Jakarta Fase 2A tidak hanya akan memperluas jangkauan MRT, tetapi juga akan secara signifikan memperluas interkoneksi antarmoda transportasi dan mendorong pengembangan kawasan yang terintegrasi di sekitar stasiun.

    Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Weni Maulina menjelaskan pengembangan kawasan dan pengelolaan ruang publik merupakan perluasan mandat dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada PT MRT Jakarta, untuk mewujudkan Transit Oriented Development (TOD) dan menjadikan MRT sebagai integrator sistem transportasi.

    “Kami ada pengembangan kawasan, jadi kami selalu menyiapkan panduan rancang kota untuk wilayah-wilayah yang berada di titik-titik transit,” kata Weni saat menjadi pembicara dalam MRTJ Fellowship Program 2025, di Jakarta, Kamis (17/7).

    Salah satu contoh nyata integrasi dan pengembangan kawasan yang telah dilakukan adalah revitalisasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, yang kini menjadi ruang publik terbuka terhubung langsung dengan Stasiun MRT Blok M.

    Selain itu, MRT juga telah membangun interkoneksi langsung antara Stasiun ASEAN dan Halte TransJakarta CSW. Konsep ini akan diperluas secara masif di Fase 2A.

    “Tidak hanya di CSW sebetulnya yang dengan TransJakarta, tetapi juga ada di Bundaran HI. Kemudian nanti ke arah Fase 2 kita juga akan jauh lebih banyak, di tiap titik itu nanti akan ada interkoneksi langsung dengan jalur busnya,” ujar Weni.

    Interkoneksi ini akan memudahkan penumpang berpindah moda transportasi tanpa harus keluar dari area transit. Lebih lanjut, Weni menjelaskan bahwa pengembangan TOD di setiap stasiun akan membawa efek berganda ekonomi yang besar. Ia memperkirakan potensi peningkatan nilai properti mencapai Rp242,2 triliun, dengan pembentukan sekitar 34 ribu unit properti baru.

    Selain itu, proyek ini berpotensi menciptakan 640 ribu lapangan kerja, menyediakan 73,9 hektare ruang publik terbuka, serta membangun 149 kilometer jalur pedestrian dan merevitalisasi 56 ribu kilometer area tepi sungai.

    “Ini potensi ya, kami melihat ini potensi, walaupun mungkin kali ini belum di angka sekian, tapi potensi ini ada,” kata Weni pula.

    Jalur MRT Jakarta Fase 2A akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer. Fase ini terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Hingga 25 Juni 2025, progres pembangunan Fase 2A telah mencapai 49,99 persen, sedikit lebih cepat dari target rencana 48,54 persen.

    Progres tersebut meliputi segmen 1 rute Bundaran HI-Harmoni sebesar 73,46 persen, dan segmen 2 rute Harmoni-Kota dengan realisasi progres 40,11 persen. Meski terdapat beberapa tantangan teknis, seperti kondisi tanah lunak dan kewajiban perlindungan cagar budaya, PT MRT Jakarta tetap menargetkan Fase 2A segmen satu selesai pada 2027, dan segmen dua ditargetkan selesai pada akhir 2029.

    Sumber : Antara

  • IHSG menguat 1,32 persen ditopang saham teknologi

    IHSG menguat 1,32 persen ditopang saham teknologi

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    IHSG menguat 1,32 persen ditopang saham teknologi
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 17 Juli 2025 – 18:10 WIB

    Elshinta.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup menguat pada perdagangan Kamis, sebesar 95 poin atau 1,32 persen ke level 7.287.

    Indeks LQ45 juga mencatat kenaikan 1,08 persen atau 8,41 poin ke posisi 787,71. Penguatan ini didorong oleh sentimen positif dari pasar global serta lonjakan saham sektor teknologi.

    “Sektor technology (+7,22 persen) paling kuatnya naiknya, sementara di posisi terendah berada di sektor property & real estate (-0,25 persen),” tulis Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas, yang dikutip di Jakarta, Kamis.

    Sepanjang perdagangan, sebanyak 355 saham menguat, 234 saham melemah, dan 217 stagnan, dengan nilai transaksi mencapai Rp14,29 triliun dan volume perdagangan 24,37 miliar saham.

    Sektor teknologi memimpin penguatan dengan lonjakan sebesar 7,22 persen.

    Sebaliknya, sektor properti dan real estat menjadi satu-satunya yang melemah, turun tipis 0,25 persen.

    Saham-saham big cap seperti Telkom Indonesia (TLKM) turut mengangkat IHSG setelah menguat 4,53 persen ke level Rp2.770, serta Barito Pacific (BRPT) yang melonjak 8,46 persen ke Rp2.180.

    Saham lainnya yang mendominasi penguatan LQ45 adalah Indosat (ISAT), Charoen Pokphand Indonesia (CPIN), dan Alfamart (AMRT).

    Adapun saham-saham yang menjadi pemberat indeks antara lain Vale Indonesia (INCO) yang turun 2,29 persen ke Rp3.420, Semen Indonesia (SMGR) minus 3,57 persen ke Rp2.700, dan Map Aktif Adiperkasa (MAPA) yang terkoreksi 2,84 persen ke Rp685.

    Di samping itu, bursa saham Asia mayoritas menguat setelah Presiden AS Donald Trump membantah kabar pemberhentian Ketua The Fed Jerome Powell dan mengumumkan rencana tarif baru bagi lebih dari 150 negara kecil.

    Para investor juga mencermati lonjakan ekspor Jepang ke Uni Eropa, ASEAN, dan Rusia yang menutupi penurunan ke AS dan China, serta menanti keputusan suku bunga acuan dari Bank Sentral China (PBOC) akhir pekan ini.

    Indeks Nikkei 225 naik 0,60 persen, Shanghai Composite menguat 0,37 persen, dan Straits Times Singapura melonjak 0,69 persen ke 4.160,58. Sementara Hang Seng Hong Kong turun tipis 0,08 persen.

    Bursa Eropa juga dibuka di zona hijau. Indeks DAX Jerman menguat 0,94 persen, sedangkan FTSE 100 Inggris naik 0,41 persen. Bursa AS turut mencatat penguatan dengan S&P 500 naik 0,32 persen, Dow Jones 0,53 persen, dan NASDAQ Composite 0,25 persen.

    Sumber : Antara

  • Tarif impor AS 19 persen, Indonesia dapat dua keuntungan

    Tarif impor AS 19 persen, Indonesia dapat dua keuntungan

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Mendag: Tarif impor AS 19 persen, Indonesia dapat dua keuntungan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 17 Juli 2025 – 21:21 WIB

    Elshinta.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengungkapkan Indonesia memiliki dua keuntungan dari penetapan tarif impor Amerika Serikat sebesar 19 persen, yakni investasi dan peningkatan ekspor.

    Indonesia mendapatkan tarif yang lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara ASEAN, menurut Budi, menjadikan produk Indonesia yang masuk Amerika Serikat memiliki daya saing harga yang lebih baik sehingga nantinya mampu mendatangkan investasi.

    “Jadi ini ada dua yang kita dapatkan, investasi masuk dan yang kedua ekspor kita meningkat,” kata Budi di Jakarta, Kamis.

    Sebelum Amerika Serikat menetapkan tarif impor untuk produk-produk yang masuk ke wilayahnya, lanjut Budi, Indonesia harus bersaing dengan negara-negara lain lantaran tarif yang dikenakan sama.

    Oleh karena itu, Budi mengatakan bahwa momentum tersebut harus dimanfaatkan dengan maksimal.

    “Jadi daya saing kita juga semakin meningkat, kesempatan untuk ekspor ke Amerika justru sekarang semakin besar. Jadi kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” jelas Budi.

    Saat ini pemerintah tengah melakukan identifikasi terhadap 10 produk ekspor utama ke Amerika Serikat beserta negara pesaingnya.

    Menurut Budi, dari hasil identifikasi tersebut akan memperlihatkan mana saja yang berpotensi besar dan dapat mendatangkan investasi.

    “Jadi itu otomatis juga akan berkaitan dengan investasi itu,  dan investasinya yang kita harapkan yang 10 tadi. Jadi mendorong ekspor ke Amerika dan juga ke Uni Eropa. Ke Uni Eropa juga demikian, kita sudah identifikasi produk-produk unggulan kita kan banyak ya,” imbuhnya.

    Sumber : Antara

  • Mitsubishi Destinator Punya TKDN 70 Persen, Bakal Diekspor ke Negara Ini

    Mitsubishi Destinator Punya TKDN 70 Persen, Bakal Diekspor ke Negara Ini

    Jakarta

    Mitsubishi Motors memilih Indonesia sebagai negara yang memproduksi Destinator. Rencananya Indonesia menjadi basis produksi untuk Destinator.

    Destinator merupakan model strategis global ketiga yang dilahirkan di Indonesia, setelah MPV crossover Xpander dan compact SUV Xforce.

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) akan memproduksi Destinator di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

    Takao Kato, President & CEO Mitsubishi Motors Corporation, menyebut Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN) Destinator sudah di atas 50 persen.

    “Konten lokal sekitar 70 persen,” kata Takao Kato.

    All-New Destinator merupakan sebuah midsize SUV berkapasitas tujuh penumpang dengan tiga baris yang luas.

    Destinator sudah debut global di Indonesia, namun pengumuman harga rencananya dilakukan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show ke-32, yang dibuka pada tanggal 23 Juli 2025, dengan penjualan yang dimulai pada hari yang sama.

    Model baru tersebut akan diperkenalkan di pasar ASEAN lainnya, termasuk Vietnam dan Filipina, dan juga wilayah Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.

    “Kita pasti ekspor Destinator ke negara lain, mainly di ASEAN, Afrika, South America,” ujar Takao Kato.

    “Kita akan maksimalkan MMKI sebaik mungkin dan ekspor. Belum ada rencana produksi Destinator dari negara lain,” jelas dia.

    SUV 7-seater ini kelasnya di bawah Pajero Sport, namun berada di atas Xforce, Xpander, dan Xpander Cross.

    “Mobil ini dirancang untuk semua jenis perjalanan, dari aktivitas sehari-hari hingga liburan akhir pekan dengan memberikan rasa aman, nyaman, dan tenang di berbagai kondisi jalan dan cuaca, agar keluarga selalu bisa sampai tujuan,” ucap Takao Kato.

    Secara spesifikasi mesin, Destinator memakai jantung 1.5L MIVEC Turbo Engine dengan tenaga yang keluar 163 PS (120 kW) dan torsi 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

    Mitsubishi All-New Destinator diperkenalkan dalam tiga varian untuk pasar Indonesia: Ultimate, Exceed, dan GLS.

    (riar/rgr)

  • Indonesia Kena Tarif Impor Trump Lebih Kecil dari 5 Negara ASEAN Ini – Page 3

    Indonesia Kena Tarif Impor Trump Lebih Kecil dari 5 Negara ASEAN Ini – Page 3

    Sebelumnya, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Anindya Bakrie, menyambut positif kesepakatan tarif impor sebesar 19 persen oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, untuk produk Indonesia ke AS. 

    Kesepakatan ini dinilai dapat mendorong kenaikan signifikan nilai perdagangan bilateral. Pria yang akrab disapa Anin ini optimistis, ekspor Indonesia ke AS dalam 5 tahun ke depan bisa meningkat hingga dua kali lipat dari kondisi sekarang.

    “Kalau saya lihat, perdagangan yang tadinya USD 40 miliar, dalam 5 tahun bisa mencapai USD 80 miliar. Kita mesti lihat bukan hanya untungnya buat mereka, tapi apa untungnya buat kita,” ungkap Anin dalam keterangan tertulis, Kamis (17/7/2025).

    Untuk memanfaatkan peluang ini, Kadin Indonesia berencana segera menggelar rapat dengan pelaku industri dalam negeri, khususnya sektor tekstil, garmen, alas kaki hingga elektronik. Anin menegaskan pentingnya memastikan kapasitas produksi cukup untuk memenuhi lonjakan permintaan.

    “Jangan sampai kita (sudah) mendapatkan suatu kemudahan, tiba-tiba malah dimanfaatkan negara lain yang biayanya lebih mahal hanya karena kita tidak siap,” ungkap dia.

    “(Karena) Kita mau mencari tiga angka. Satu, berapa banyak investasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas. Yang kedua, berapa banyak kita bisa meningkatkan perdagangan. Dan yang ketiga, berapa banyak lapangan kerja yang bisa diciptakan,” tutur Anin.

  • Mitsubishi Destinator Debut Global di Indonesia, Ini Penampakannya

    Mitsubishi Destinator Debut Global di Indonesia, Ini Penampakannya

    Jakarta

    Mitsubishi Motors merilis mobil baru Mitsubishi Destinator di The Dome, Senayan Park, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2025). Destinator melakoni debut global di Indonesia untuk meramaikan segmen mobil Sport Utility Vehicles (SUV).

    Destinator merupakan SUV 7 penumpang yang dirancang untuk keluarga. Mobil tiga baris ini menawarkan desain yang modern, ground clearance yang mumpuni, serta fitur kekinian.

    Sebelumnya mobil ini wara-wiri di Jakarta, dibawa di dalam kotak misterius. Hari ini selubung Destinator resmi dibuka.

    “Sekarang saatnya tiba, saya sangat senang bisa mengungkapkan apa yang ada di dalamnya,” ujar Takao Kato President & CEO Mitsubishi Motors Corporation saat peluncuran Destinator di The Dome, Senayan Park, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2025).

    “Bagi banyak orang Indonesia, keluarga adalah bagian terpenting dalam kehidupan dan mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari,” tambah dia.

    “Namun yang kami perkenalkan hari ini bukan hanya soal kepraktisan. Ini adalah SUV keluarga premium yang menggabungkan fungsi sehari-hari, dengan ruang luas untuk tujuh penumpang, serta tampilan berani dan performa khas SUV sejati,” tambahnya lagi.

    Takao Kato melanjutkan Destinator akan diproduksi di Indonesia, dan mulai dijual pada tanggal 23 Juli 2025. Hingga berita ini dimuat, Mitsubishi belum merilis harga.

    Mitsubishi Destinator Foto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)

    “Kami juga akan memperluas penjualannya ke kawasan ASEAN seperti Filipina dan Vietnam, lalu ke Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, hingga Afrika,” tambah Takao Kato.

    Ada beberapa fitur yang bikin mobil ini terasa lebih premium. Destinator dilengkapi dengan power panoramic sunroof yang menawarkan bukaan luas dan meningkatkan kesan lapang di dalam kabin. Selain tombol kontrol pada unit lampu kabin depan, Destinator menjadi kendaraan Mitsubishi pertama yang menyediakan pengaturan sunroof melalui sistem Smartphone-link Display Audio (SDA).

    Mitsubishi Destinator Foto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)

    Panel instrumen mengintegrasikan SDA dan layar pengemudi ke dalam satu panel besar dengan tampilan monolitik. Sistem SDA 12,3 inci–yang terbesar di kelasnya–menghadirkan kesan modern dan meningkatkan pengalaman berkendara dengan menyajikan berbagai konten, termasuk tampilan multimeter yang merupakan penghormatan terhadap ikon triple-meter dari Pajero.

    Mitsubishi Destinator Foto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)

    Soal mesin, Destinator dibekali jantung pacu 1.5 L turbo kode 4B40 yang bisa memuntahkan tenaga maksimum 120 kilowatt (kW) dan torsi puncak 250 newton meter (Nm). Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

    Destinator dilengkapi fitur keselamatan aktif, antara lain Adaptive Cruise Control (ACC); Forward Collision Mitigation System (FCM); Blind Spot Warning (BSW); Rear Cross Traffic Alert (RCTA); Automatic High Beam (AHB); Leading Car Departure Notification (LCDN); dan Multi Around Monitor.

    Mitsubishi Destinator Foto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)

    Yang menarik lagi, ada lima mode berkendara yang dirancang untuk berbagai kondisi permukaan jalan, antara lain:

    Wet, memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, terutama saat hujanTarmac menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.Normal, keseimbangan untuk berkendara sehari-hariGravel mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspalMud, memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar.

    Mitsubishi All-New Destinator diperkenalkan dalam tiga varian untuk pasar Indonesia: Ultimate, Exceed, dan GLS.

    (riar/rgr)