Organisasi: ASEAN

  • CEO Citi paparkan efek positif-negatif kemenangan Trump

    CEO Citi paparkan efek positif-negatif kemenangan Trump

    Secara global, efeknya itu ada positif dan negatifnyaJakarta (ANTARA) – CEO Citi Indonesia Batara Sianturi memaparkan efek positif dan negatif dari kemenangan Donald Trump pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) 2024.

    “Secara global, efeknya itu ada positif dan negatifnya,” kata Batara saat ditemui usai konferensi pers di Jakarta, Rabu.

    Untuk dampak positif, dia melihat ada dua benefit dari kemenangan Trump. Pertama, potensi pemangkasan suku bunga Fed Fund Rate (FFR) oleh Federal Reserve atau The Fed. Potensi ini diharapkan dapat memancing kondisi ekonomi global yang kondusif.

    Kedua, China sedang melakukan stimulus, yang bisa memitigasi pelemahan nilai tukar mata uang negara berkembang terhadap dolar AS.

    Sementara potensi dampak negatif dari kemenangan Trump diperkirakan mencakup empat hal.

    Pertama, kemenangan Trump juga diiringi dengan kemenangan besar Partai Republik. Hal ini akan memancing penguatan dolar AS dan berdampak pada pelemahan rupiah.

    Kedua, potensi kenaikan tarif impor, terutama terhadap China. Bila AS mengenakan tarif impor hingga mencapai 60 persen terhadap produk China, sebagaimana yang Trump lakukan pada periode jabatannya yang lalu, kemungkinan akan memicu inflasi di Amerika dan pelemahan ekonomi China.

    Baca juga: Sri Mulyani antisipasi ASEAN terimbas tarif impor tinggi Trump

    Baca juga: BRI prediksi kemenangan Trump sebabkan tekanan pada ekonomi global

    Sementara nilai tukar China selaras dengan nilai tukar negara berkembang. Artinya, bila nilai tukar China melemah, hal serupa juga terjadi pada nilai tukar negara berkembang, termasuk Indonesia.

    Ketiga, kebijakan dovish di Eropa juga bisa menguatkan dolar AS, dan berujung pada pelemahan rupiah.

    Terakhir, harga minyak dunia juga akan turut terdampak, terlebih dengan tensi geopolitik global yang masih belum mereda.

    Adapun terkait dengan pasar modal Indonesia, Batara berpendapat dampaknya masih belum bisa dipastikan.

    Jika dolar AS menguat, aliran investasi cenderung mengarah ke pasar negara maju seperti AS, dan ini dapat mengakibatkan pelemahan mata uang pasar berkembang. Namun, kebijakan konkret dari Trump terkait tarif perdagangan dan strategi diplomasi masih belum jelas.

    “Belum ada kebijakan yang ofisial, apakah tarif benar-benar akan diterapkan atau hanya sebagai alat negosiasi dengan mitra dagang,” tuturnya.

    Baca juga: Rosan sebut keluarga Trump tertarik berinvestasi di Indonesia

    Baca juga: AS dukung Indonesia percepat permohonan aksesi OECD

    Pewarta: Imamatul Silfia
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • Ekonomi Digital RI Terbesar di Asean 2024, E-Commerce Kontributor Utamanya

    Ekonomi Digital RI Terbesar di Asean 2024, E-Commerce Kontributor Utamanya

    Bisnis.com, JAKARTA – Ekonomi digital Indonesia diprediksi mencapai Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$90 miliar (Rp1.420 triliun) pada tahun 2024.

    Dalam laporan e-Conomy SEA 2024 terbaru yang disusun oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia 2024 naik 13% dibandingkan tahun 2023, menjadikannya GMV terbesar di Asia Tenggara.

    Country Director Google Indonesia Veronica Utami mengatakan bahwa pertumbuhan yang kuat menjadi salah satu faktor nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2024 diprediksi akan naik.

    “Indonesia tetap menjadi negara dengan perekonomian digital terbesar di Asia Tenggara, dan diperkirakan tahun ini akan berakhir di sekitar US$90 miliar. Jadi masih kuat dan masih bertumbuh 13% meskipun ukurannya sudah sangat besar,” kata Veronica di kantor Google, Rabu (13/12/2024).

    Adapun, dalam laporan tersebut sektor e-commerce masih menjadi kontributor terbesar bagi ekonomi digital, tumbuh 11% menjadi GMV US$65 miliar pada tahun 2024.

    Membuntuti e-commerce, sektor online travel dan sektor transportasi dan makanan diperkirakan menyumbang masing US$9 miliar terhadap ekonomi digital.

    Posisi terakhir diikuti oleh sektor media online yang diperkirakan bakal menyumbang sekitar US$8 miliar untuk ekonomi digital Indonesia.

    Veronica menjelaskan, tingginya kontributor e-commerce terhadap ekonomi digital Indonesua tidak terlepas dari fitur-tur baru seperti video commerce untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbelanja. 

    Indonesia merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat kedua terkait jumlah video yang diupload kreator, dengan peningkatan CAGR sebesar 16% dari tahun 2022 hingga 2024.

    “Seiring berkembangnya lanskap digital, kami melihat video commerce dan ekonomi kreator terus bertumbuh. Komunitas kreator video yang berkembang pesat di Indonesia, yang merupakan komunitas dengan pertumbuhan tercepat kedua di kawasan ini setelah Singapura, menandakan potensi besar yang dimiliki Indonesia di bidang ini,” ujar Veroncia.

  • RI Masih Jadi Raja Ekonomi Digital ASEAN

    RI Masih Jadi Raja Ekonomi Digital ASEAN

    Jakarta

    Di penghujung tahun 2024, Indonesia diperkirakan akan masih menjadi raja ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara. Hal itu terungkap berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2024 terbaru yang disusun oleh Google, Temasek, dan Bain & Company.

    Ekonomi digital Indonesia akan mencapai Gross Merchandise Value (GMV) sebesar USD 90 miliar atau setara dengan Rp 1.419 triliun pada tahun 2024. Angka tersebut naik 13% dibandingkan GMV di tahun sebelumnya, sehingga GMV Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.

    Sektor e-commerce masih menjadi kontributor terbesar bagi ekonomi digital, yang tumbuh 11% menjadi GMV USD 65 miliar pada tahun 2024. Pertumbuhan tersebut seiring dengan terus berinovasinya platform e-commerce besar yang juga menawarkan fitur-fitur baru, seperti video commerce untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbelanja.

    Adapun Indonesia merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat kedua terkait jumlah video yang diupload kreator, dengan peningkatan CAGR sebesar 16% dari tahun 2022 hingga 2024.

    “Seiring berkembangnya lanskap digital, kami melihat video commerce dan ekonomi kreator terus bertumbuh. Komunitas kreator video yang berkembang pesat di Indonesia, yang merupakan komunitas dengan pertumbuhan tercepat kedua di kawasan ini setelah Singapura, menandakan potensi besar yang dimiliki Indonesia di bidang ini,” kata Veronica Utami, Country Director, Google Indonesia di Jakarta, Rabu (13/11/2024).

    Kecerdasan Buatan (AI) juga mentransformasi lanskap digital Indonesia. Bidang pemasaran, game, dan pendidikan menjadi faktor pendorong minat penelusuran terhadap AI, dan kini makin banyak bisnis yang menggunakan AI untuk iklan tepat sasaran, memberikan engagement yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, serta pengalaman pelanggan yang imersif.

    Disampaikan Veronica bahwa AI telah menjadi alat penting untuk meningkatkan efisiensi, pengalaman pelanggan, dan inovasi.

    Untuk memenuhi permintaan ini, kapasitas pusat data yang telah rencanakan Google juga diperkirakan tumbuh 268% dari kapasitas 202 MW saat ini guna mendukung komputasi, layanan AI, dan pertumbuhan data yang lebih cepat.

    “Penerapan AI akan mempercepat transformasi digital di berbagai industri dan secara geografis. Menariknya, minat terbesar terhadap AI datang dari Kalimantan Timur, Jakarta, dan Kepulauan Riau,” kata Veronica.

    Seiring pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, Veronica mengatakan menjaga kepercayaan digital sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan.

    Konsumen mencari fitur keamanan terpercaya seperti enkripsi dan autentikasi dua faktor, dan kini ada makin banyak platform yang menggunakan sistem deteksi penipuan yang didukung AI serta upaya kepatuhan untuk meningkatkan kepercayaan pengguna.

    Disampaikannya dengan semakin populernya pembayaran digital di Indonesia, membangun lingkungan yang aman dan transparan sangatlah penting untuk mendorong penggunaannya dan memastikan pertumbuhan jangka panjang ekonomi digital.

    Peningkatan keamanan digital harus dilakukan untuk mengimbangi pesatnya adopsi digital di Indonesia. Penerapan AI untuk memperkuat pertahanan terhadap ancaman serangan cyber dan penipuan online menjadi hal yang penting. Kolaborasi dengan pemerintah dan pelaku industri akan menjadi kunci untuk memastikan lingkungan digital yang aman, inklusif, dan tangguh.

    “Dengan demikian, kami yakin Indonesia dapat membuka potensi ekonomi digitalnya dan memimpin inovasi digital di kawasan ini,” tutup Veronica.

    (agt/fay)

  • Sri Mulyani Was-Was RI Kena Tarif Impor usai Trump Menang Pilpres AS

    Sri Mulyani Was-Was RI Kena Tarif Impor usai Trump Menang Pilpres AS

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewaspadai arah kebijakan fiskal presiden AS terpilih Donald Trump karena diperkirakan akan cukup ekspansif ketimbang petahana Joe Biden. 

    Sri Mulyani menyampaikan kebijakan Trump yang diwaspadai seperti penurunan pajak korporasi, ekspansi belanja strategis, dan proteksionisme dengan menaikkan tarif impor barang. 

    Selama ini, kata Bendahara Negara tersebut, AS menargetkan tarif impor hanya kepada China karena neraca dagang yang surplus. Ke depan, Trump diperkirakan akan memperluas pemberlakuan tarif impor ke negara-negara Asean, di mana termasuk di dalamnya Indonesia. 

    “Namun, sama seperti Trump periode pertama, semua melihat partner dagang AS yang surplus. Jadi, mungkin tidak hanya China yang kena, Asean seperti Vietnam dan beberapa negara lain akan dijadikan poin untuk fokus dan perhatian terhadap pengenaan tarif impor ini,” ujarnya dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR dengan Kementerian Keuangan, Rabu (13/11/2024). 

    Bukan hanya kebijakan impor yang Sri Mulyani waspadai, tetapi beberapa perubahan arah kebijakan AS pascakemenangan Trump seperti gencatan senjata dan aksi perdamaian tidak akan se-agresif Biden. 

    Di sisi lain, komitmen Trump terhadap perubahan iklim atau climate change juga tidak akan sefokus Biden. Diketahui Trump akan memperbolehkan lagi produksi bahan bakar fosil. 

    Khawatirnya, perubahan arah kebijakan terkait perubahan iklim ini akan berdampak pada manufkatur, khususnya terkait kendaraan listrik. 

    “Pengaruh diperbolehkannya produksi fossil fuel mempengaruhi harga minyak dan terhadap masa dengan EV dengan seluruh rantainya,” jelas Sri Mulyani. 

    Sebelumnya dalam masa kampanye, melansir dari Bloomberg (7/11/2024), Trump menjanjikan akan mengerek naik tarif impor produk dari China seperti baja dan kendaraan listrik. 

    Presiden AS terpilih tersebut telah mengancam akan mengenakan tarif hingga 60% pada barang-barang China, tingkat yang diprediksi Bloomberg Economics akan menghancurkan perdagangan antara ekonomi terbesar di dunia.

    Bahkan, ekonomi Asia Pasifik juga terancam dari janji kampanye Trump yang mencakup tarif tinggi, kebijakan imigrasi yang lebih ketat, dan perubahan yang luas peraturan fiskal AS.  

    “Kawasan Asia Pasifik akan menghadapi tantangan mulai dari tarif yang lebih tinggi, berkurangnya kepercayaan dunia usaha, dan gejolak pasar keuangan,” kata Senior Economist Moody’s Analytics Stefan Angrick dalam laporannya, Senin (11/11/2024). 

    Dia memaparkan, risiko terbesar yang akan dihadapi negara Asia Pasifik adalah penerapan tarif impor yang lebih tinggi oleh AS. Sebagian besar ekspor yang dilakukan perekonomian Asia Pasifik dikirim ke AS, mendorong sebagian besar pertumbuhan di kawasan ini. 

  • Hyundai Buka Pemesanan Tucson Terbaru di Indonesia, Ada Opsi Hybrid

    Hyundai Buka Pemesanan Tucson Terbaru di Indonesia, Ada Opsi Hybrid

    Jakarta

    PT Hyundai Motor Indonesia mulai membuka pemesanan Tucson terbaru. SUV ini jadi satu dari dua mobil yang bakal meluncur di sisa tahun 2024. Di sisi lain, Tucson merupakan mobil hybrid kedua yang dipasarkan di Indonesia, setelah Santa Fe.

    “Market SUV-C di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan, didorong oleh meningkatnya permintaan konsumen akan kendaraan yang stylish, berteknologi canggih, dan menawarkan kenyamanan bagi penggunanya. All-new Tucson pun hadir untuk menjawab permintaan konsumen di Indonesia,” kata Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia.

    Tucson akan bermain di segmen SUV C, praktis dimensinya lebih besar dari Hyundai Creta. Kehadiran Tucson digadang-gadang bisa menjadi lawan buat Honda CR-V hingga Mazda CX-5.

    Creta diketahui punya panjang 4.300 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1635 mm, dan wheelbase 2.610 mm. Sebagai pembanding, Tucson yang sudah dijual di wilayah ASEAN, seperti Vietnam misalnya punya dimensi panjang 4.640 mm, lebar 1.865, dan tinggi 1.665 mm. Kemudian wheelbase-nya 2.755 mm.

    Tampang Tucson mengadopsi parametric jewel hidden signature LED lamps. Masuk ke dalam kabin, pengguna akan dimanjakan oleh pengalaman berkendara yang modern berkat panoramic curved display dengan 12.3 inch curved multimedia infotainment system. Tak ketinggalan, fitur ventilated seats dan 8-way power adjustable seats.

    Hyundai Tucson tersedia dalam dua pilihan mesin; yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) dilengkapi oleh mesin bertenaga turbo hybridG1.6 T-GDi HEV, kemudian opsi Internal Combustion Engine (ICE) dengan dukungan mesin berbahan bakar bensin G2.0 MPi.

    Untuk fitur keselamatan canggih, mobil ini dibekali fitur Hyundai SmartSense.

    Kemunculan Hyundai Tucson sudah terendus dari NJKB yang terdaftar di Samsat Jakarta, terdapat dua varian baru yang didaftarkan.

    Pertama, NEWTUCSONG1.6THEV2WA, ada embel-embel HEV yang kemungkinan besar artinya Hybrid Electric Vehicle. Lalu kode lain, NEWTUCSONG2.0 4x2AT. Masing-masing NJKB itu tembus Rp 400 jutaan.

    Sebagai catatan, nilai jual di atas bukanlah harga on the road mobil tersebut. Sebab belum dikenakan berbagai instrumen pajak.

    (riar/dry)

  • Subsidi Motor Listrik Diharap Lanjut Rp 7 Juta per Unit Tahun Depan

    Subsidi Motor Listrik Diharap Lanjut Rp 7 Juta per Unit Tahun Depan

    Jakarta

    Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) berharap subsidi terus berlanjut tahun depan. Mengenai besaran angka yang ditetapkan pemerintah bisa berkaca pada program subsidi tahun lalu.

    Ketua Umum AISMOLI Budi Setiyadi menyebut saat ini permintaan motor listrik masih dibutuhkan dorongan dari subsidi yang diberikan pemerintah.

    “Saya kira ada benang merah, hubungan antara subsidi, supply dan demand dari masyarakat,” kata Budi dikutip dari Program Autobizz CNBC Indonesia.

    “Supply-nya dari industri siap, demand-nya itu akan terbentuk mana kala kalau ada insentif yang diberikan, dan sebetulnya insentif itu amanah dari Perpres 55, tapi kan kita juga memaklumi bahwa setiap tahun, setiap kebijakan pemerintah mungkin akan berbeda-beda, tergantung prioritas,” kata dia.

    Dia mencontohkan seperti di China, saat ini motor listrik sudah berseliweran di jalan. Hal tersebut tidak luput dari adanya peran pemerintah. Apalagi motor listrik merupakan industri baru di Indonesia.

    “Harapan kita dari industri secara memang ini masih baru, kalau melihat beberapa negara percepatan kepada masyarakat untuk motor listrik itu dibantu oleh pemerintah, seperti di India, kemudian China, kalau kita ke sana mungkin 90 persen sepeda motornya atau sepeda sudah listrik, kemudian di beberapa negara ASEAN, seperti Thailand itu juga ada subsidi,” kata Budi.

    “Kita masih berharap di tahun 2025, kalau bisa mungkin long time, jarak panjang, waktunya panjang itu ada kebijakan yang bisa memastikan atau membuat kenyamanan dari pihak industri untuk bisa bekerja supaya ada kenyamanan dan keyakinan, dan kepercayaan kita bekerja untuk subsidi ini,” jelas dia.

    Soal besaran subsidinya, Budi menyebut potongan Rp 7 juta sudah ideal.

    “Kalau nilai angka subsidi kita kembalikan kepada pemerintah, karena pastinya kemampuan anggaran dan prioritas anggaran pasti akan berbeda tiap tahunnya. Namun demikian di tahun 2023 dan 2024, nilai yang Rp 7 juta cukup ideal, tapi kemudian kalau pemerintah akan menurunkan sebagainya kita akan kembalikan kepada pemerintah,” ujarnya lagi.

    “Tinggal adanya signifikansi masalah persyaratan yang bisa dipersingkat lagi. Sehingga cashflow dari industri, termasuk dealer bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

    Kuota subsidi motor listrik Rp 7 juta per unit untuk periode 2024 sudah habis. Berdasarkan data situs jejaring Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (SISAPIRa), sisa alokasi anggaran 2024 mencapai 0.

    Lalu total unit kendaraan yang diterima masyarakat mencapai 60.693 unit, sedangkan yang telah tersalurkan pada 2023 mencapai 11.532. Masih ada 3.262 yang masih dalam tahap proses pendaftaran, 2.301 terverifikasi, dan 55.130 tersalurkan.

    (riar/din)

  • Mengenal Lebih Dekat Juara MHQ Tingkat ASEAN yang Pernah Didiskualifikasi Sepihak

    Mengenal Lebih Dekat Juara MHQ Tingkat ASEAN yang Pernah Didiskualifikasi Sepihak

    Liputan6.com, Yogyakarta – Mengukir prestasi di bidang tahfidz Al-Qur’an bukanlah perjalanan yang mudah. Namun, seorang hafizah muda Indonesia telah membuktikan dedikasinya melalui berbagai pencapaian di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional.

    Himma Aliyah namanya, lahir di Cirebon tepatnya 15 Januari 1998. Ia memulai kegiatan MTQ sejak masih duduk di bangku kelas 3 aliyah pada 2017 silam.

    Perjalanan prestasinya dimulai pada tahun 2018, ketika ia berhasil meraih juara 2 cabang Tahfidz 20 Juz dalam MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat. Prestasi ini mengantarkannya ke MTQ Nasional 2018 yang diselenggarakan di Medan, Sumatra Utara.

    Di penghujung tahun yang sama, pencapaian internasional pertamanya terukir dengan menjadi juara 1 cabang 20 Juz pada MHQ Tingkat ASEAN yang diselenggarakan oleh Qatar dan Pesantren Darunnajah Jakarta. Tidak berhenti di situ, awal tahun 2019 ia kembali berprestasi dengan meraih juara 2 cabang 20 Juz pada MHQ Nasional yang diselenggarakan Kedutaan Saudi Arabia.

    Pernah Didiskualifikasi di Tingkat Nasional

    Tahun 2019 membawa cerita tersendiri dalam perjalanan seorang penghafal Al-Qur’an. Setelah berhasil meraih prestasi di berbagai kompetisi sebelumnya, ia kembali menunjukkan kemampuannya dengan meraih juara pertama dalam cabang Tahfidz 20 Juz pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Jawa Barat.

    Prestasi ini seharusnya membuka jalan baginya untuk melangkah ke kompetisi tingkat nasional. Namun, perjalanan tidak selalu berjalan sesuai rencana. Di tingkat nasional, ia menghadapi situasi yang tidak terduga ketika dirinya terkena diskualifikasi yang mengakibatkan tidak bisa melanjutkan partisipasi dalam kompetisi tersebut.

    Meski menghadapi situasi yang tidak mudah, pengalaman ini justru menjadi titik pembelajaran berharga. Bukannya menyerah, ia justru bangkit dan membuktikan ketangguhannya dengan terus mengasah kemampuan. Hal ini terbukti dari prestasi-prestasi yang ia raih di tahun-tahun berikutnya.

    Tahun 2022 menjadi tahun yang istimewa, dimana Ia mengambil tantangan lebih besar dengan beralih ke cabang Tahfidz 30 Juz dan Tafsir Bahasa Indonesia. Keberaniannya berbuah manis dengan meraih juara 1 di tingkat provinsi dan berlanjut ke MTQ Nasional di Kalimantan Selatan.

    Puncaknya, pada pertengahan 2024, ia berkesempatan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui “The American International Holy Qur’an” untuk cabang Tahfidz 30 Juz. Dalam kompetisi bergengsi ini, Ia berhasil meraih peringkat ke-6 atau Juara Harapan 3.

    Prestasi-prestasi ini menunjukkan bagaimana dedikasi, ketekunan, dan konsistensi dalam menghafal Al-Qur’an dapat mengantarkan seseorang ke berbagai tingkat kompetisi. Lebih dari sekadar prestasi, pencapaian ini menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mendalami dan mencintai Al-Qur’an.

     

    Penulis: Ade Yofi Faidzun

     

  • Mantan Menlu sebut RI harus punya pengaruh dalam keanggotaan BRICS

    Mantan Menlu sebut RI harus punya pengaruh dalam keanggotaan BRICS

    Jangan sampai Indonesia menjadi pasif dalam keanggotaannya di BRICS

    Jakarta (ANTARA) – Mantan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa menyampaikan bahwa Indonesia harus mempunyai pengaruh jika telah resmi tergabung dalam keanggotaan aliansi Brazil, Russia, India, China, dan South Africa (BIRCS).

    Menurutnya, ketika Indonesia mengajukan keanggotaan BRICS, Indonesia harus memiliki tujuan, visi dan misi yang jelas agar mampu menjadi pemain dalam forum internasional.

    “Apa yang ingin kita capai dalam BRICS ini, we have to know what our mission is, what our objectives are, kalau tidak seolah-olah keanggotaan itu sendiri sudah dianggap sebagai suatu capaian dan akhirnya kita hanya make up the numbers, hanya menjadi bagian dari BRICS,” kata Marty dalam Indonesia Knowledge Forum XIII 2024, yang digelar di Jakarta, Selasa.

    Marty menilai langkah diplomasi Indonesia untuk menjadi anggota BRICS sudah menjadi awalan yang positif bagi Indonesia untuk memainkan peran lebih di panggung Internasional.

    Meskipun demikian, ada catatan atas risiko yang timbul dari keanggotaan BRICS. Marty mewanti-wanti bahwa jangan sampai Indonesia menjadi pasif dalam keanggotaannya di BRICS. Hal ini mengingat BRICS sendiri diinisiasi oleh lima negara utama, yakni Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan, di mana negara-negara tersebut otomatis menjadi “pertama di antara yang sederajat” atau “first among equals”.

    Dirinya berharap Indonesia tetap dapat mengambil keputusan secara independen sesuai dengan kepentingan nasional tanpa dipengaruhi negara-negara utama BRICS tersebut. Bahkan, harapannya Indonesia menjadi memengaruhi pengambilan keputusan.

    “Ada semacam mereka lah (BRICS) pendiri, dan mereka lah pemegang pintunya, siapa yang masuk dan siapa yang keluar. Jadi berbeda dengan ASEAN misalnya, ASEAN plus, ASEAN plus China, ASEAN plus Korea. Kita bagian dari ASEAN ini sendiri. Kalau ini, kita sebagai partner saat ini, partner dari BRICS,” jelas Menlu periode 2009-2014 tersebut.

    Selain itu, kemitraan Indonesia dengan negara-negara anggota BRICS harus dijadikan peluang untuk mengoptimalkan kerja sama di bidang ekonomi. Misalnya, dalam aspek perdagangan internasional yang mana diversifikasi perjanjian dagang antarnegara menjadi hal yang krusial.

    “Semua ini harus dimanfaatkan untuk perdagangan internasional. Yang pasti, apapun yang kita selesaikan, yang ingin mencapai tujuan karena kesemuanya ini harus disampaikan kepada negara kita, melalui diplomasi, melalui dialog,” ujarnya.

    Adapun Indonesia telah mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus pada 23–24 Oktober 2024. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia melayangkan surat expression of interest yang menandai langkah resmi Indonesia untuk mendaftar keanggotaan BRICS.

    BRICS merupakan organisasi kerja sama ekonomi yang terdiri atas lima anggota negara utama: Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Sementara, ada lima negara tambahan lain yang resmi bergabung, yakni Arab Saudi, Etiopia, Iran, Uni Emirat Arab, dan Mesir.

    Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Sugiono mengatakan langkah Indonesia menjadi anggota BRICS merupakan pengejawantahan politik luar negeri nasional yang berasaskan nilai bebas aktif.

    Indonesia memandang BRICS sebagai wahana yang tepat untuk memajukan kepentingan negara-negara Selatan global (global South).

    Pewarta: Bayu Saputra
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2024

  • WBI Jadi Ruang Kepedulian akan Kekayaan Budaya Nusantara

    WBI Jadi Ruang Kepedulian akan Kekayaan Budaya Nusantara

    Jakarta: Keragaman budaya Indonesia menjadi kekayaan yang sangat bermakna. Sebagai sebuah
    negara kepulauan dengan letak geografis yang diapit oleh dua benua Asia dan Australia dan berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Indonesia memiliki lebih dari 400 suku bangsa.

    Masing-masing suku memiliki ciri khas budaya dan adat istiadatnya, yang menjadikan Indonesia
    negara dengan keberagaman yang memikat hati. Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation
    menjadi ruang bagi semua untuk memiliki kepedulian bersama, akan berharganya kekayaan
    budaya Indonesia.

    Didirikan pada 24 November 2021 oleh tokoh-tokoh yang peduli akan pentingnya menjaga
    budaya Indonesia, WBI ingin berkontribusi pada kemajuan budaya nasional memanfaatkan dan
    melestarikan budaya secara kreatif, membangun rasa cinta bangsa Indonesia, khususnya kaum
    muda terhadap budaya Indonesia.

    Serta terus mendukung keberadaan pelaku budaya di negeri ini serta memberi kesempatan bagi mereka untuk berkarya melalui berbagai kegiatannya. Berbagai kegiatan tersebut di antaranya adalah menyelenggarakan Jagantara (Jaga Warisan Nusantara) secara berkala, sebagai wadah apresiasi untuk pelaku budaya dan mereka yang berada di sektor UMKM Budaya, seperti aneka kerajinan, wastra dan kuliner nusantara.

    WBI Foundation juga memberikan atensi kepada pekerja seni, baik dalam bentuk penghargaan
    maupun bantuan sosial terutama bagi pelaku budaya yang membutuhkan. Bantuan ini tidak hanya dalam bentuk dana sosial, tetapi juga dalam bentuk dukungan bagi mereka untuk terus berkarya.

    Kegiatan lain yang juga mendapat perhatian khusus oleh WBI Foundation adalah mengajak
    sebanyak mungkin generasi muda untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia. Di bidang
    wastra khususnya, WBI mendorong disainer-disainer muda Indonesia untuk mengangkat
    penggunaan wastra dalam busana rancangannya.

    Agar wastra bisa menjadi pilihan generasi muda dalam berkegiatan. Karena seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, tanpa disadari berbagai unsur budaya termasuk kesenian dan adat istiadat, perlahan terkikis dan tergantikan oleh unsur budaya luar.

    Warisan Budaya Indonesia menjalin silaturahmi kebudayaan dengan dunia internasional, serta
    membuka ruang kolaborasi, agar budaya Indonesia pun bisa mendunia. Pada HUT ASEAN 24 Agustus 2024 yang lalu, WBI bersama Kemenko Perekonomian menggagas terciptanya kain batik ASEAN.

    Kain batik ini mengambil motif klasik batik Indonesia yang dipadukan dengan kekayaan flora yang ada di setiap negara anggota ASEAN. Kegiatan lain yang juga dilakukan oleh WBI untuk mengangkat kekayaan budaya Indonesia adalah menitipkan kain-kain wastra Indonesia di berbagai perwakilan Indonesia di luar negeri.

    Dalam acara Pesta Budaya 3 Tahun Perjalanan ini WBI Foundation juga memberikan apresiasi untuk pekerja seni dan budaya, yang telah mendedikasikan hidupnya untuk keberlangsungan seni dan budaya Indonesia. Di antaranya Guruh Soekarno Putra dan Titiek Puspa.

    Dengan penghargaan ini, WBI berharap seniman Indonesia memiliki kebanggaan akan profesi mereka dan dedikasi mereka untuk melestarikan seni dan budaya yang dimiliki Indonesia. Ini juga menjadi pemicu semangat bagi generasi muda untuk menekuni dunia seni dan budaya. Mengingat di tangan generasi mudalah, warisan budaya Indonesia akan bisa bertahan.

    “Sebagai wujud komitmen kami, tahun depan pada bulan Februari, WBI Foundation akan menyelenggarakan Jagantara 3.0 di Jakarta Convention Center. Jagantara atau Jaga Warisan Nusantara adalah acara tahunan yang menampilkan dan mempresentasikan budaya Indonesia dengan kemasan menarik, terutama untuk menarik perhatian generasi muda agar lebih mencintai budaya Indonesia dan turut melestarikannya,” kata Widhiyanti Putri Wardhana sebagai salah satu pengurus WBI Foundation.

    Ia berharap WBI Foundation dapat terus menjadi garda depan dalam melestarikan dan
    mempromosikan seni budaya Indonesia di tingkat global.  Pesta Budaya 3 Tahun Perjalanan Warisan Budaya Indonesia juga menampilkan peragaan busana karya disainer-disainer yang menggunakan wastra Indonesia, tarian daerah yang dikemas apik oleh GSP dan seniman-seniman muda Syandria, Adikara, Afgan, Rosa dan Kanda Brothers.

    WBI juga ingin mengajak semua pihak, khususnya generasi muda untuk menghargai dan
    melestarikan warisan budaya Indonesia. Demi menjaga keberagaman dan kekayaan budaya
    Indonesia untuk generasi masa depan dan menjadi devisa bagi negara yang membawa kemakmuran bagi para pelaku budaya.

    Agar budaya Indonesia bisa terus beradaptasi dengan selera dan tuntutan zamannya, dan bisa tetap diminati oleh generasi muda Indonesia yang akan menjadi pasar masa depan. WBI percaya, pendekatan yang kreatif memegang peran yang penting dalam upaya melestarikan budaya Indonesia, termasuk menghidupkan kembali budaya Indonesia.

    Pada akhirnya industri kebudayaan sebagai bagian dari industri pariwisata dan ekonomi kreatif,
    diharapkan dapat terus menghidupkan keberagaman budaya yang pada gilirannya meningkatkan semangat inklusif dan saling jaga antar kelompok sosial, serta dapat memberikan manfaat ekonomi yang besar.

    Dan dengan kekayaan budaya Indonesia yang ada, akan bisa menjadi penopang pertumbuhan perekonomian Indonesia. Melalui berbagai kegiatan ini Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation selaku berharap nilainilai budaya di Indonesia bisa terus dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi yang akan datang.

    Semua ini merupakan bagian dari cita-cita WBI agar kekayaan budaya Indonesia tidak hanya
    dikagumi sebagai maha karya semata, tetapi bisa menjadi devisa negara dan membawa
    kesejahteraan bagi para pelaku budaya.

    Jakarta: Keragaman budaya Indonesia menjadi kekayaan yang sangat bermakna. Sebagai sebuah
    negara kepulauan dengan letak geografis yang diapit oleh dua benua Asia dan Australia dan berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Indonesia memiliki lebih dari 400 suku bangsa.
     
    Masing-masing suku memiliki ciri khas budaya dan adat istiadatnya, yang menjadikan Indonesia
    negara dengan keberagaman yang memikat hati. Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation
    menjadi ruang bagi semua untuk memiliki kepedulian bersama, akan berharganya kekayaan
    budaya Indonesia.
     
    Didirikan pada 24 November 2021 oleh tokoh-tokoh yang peduli akan pentingnya menjaga
    budaya Indonesia, WBI ingin berkontribusi pada kemajuan budaya nasional memanfaatkan dan
    melestarikan budaya secara kreatif, membangun rasa cinta bangsa Indonesia, khususnya kaum
    muda terhadap budaya Indonesia.
    Serta terus mendukung keberadaan pelaku budaya di negeri ini serta memberi kesempatan bagi mereka untuk berkarya melalui berbagai kegiatannya. Berbagai kegiatan tersebut di antaranya adalah menyelenggarakan Jagantara (Jaga Warisan Nusantara) secara berkala, sebagai wadah apresiasi untuk pelaku budaya dan mereka yang berada di sektor UMKM Budaya, seperti aneka kerajinan, wastra dan kuliner nusantara.
     
    WBI Foundation juga memberikan atensi kepada pekerja seni, baik dalam bentuk penghargaan
    maupun bantuan sosial terutama bagi pelaku budaya yang membutuhkan. Bantuan ini tidak hanya dalam bentuk dana sosial, tetapi juga dalam bentuk dukungan bagi mereka untuk terus berkarya.
     
    Kegiatan lain yang juga mendapat perhatian khusus oleh WBI Foundation adalah mengajak
    sebanyak mungkin generasi muda untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia. Di bidang
    wastra khususnya, WBI mendorong disainer-disainer muda Indonesia untuk mengangkat
    penggunaan wastra dalam busana rancangannya.
     
    Agar wastra bisa menjadi pilihan generasi muda dalam berkegiatan. Karena seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, tanpa disadari berbagai unsur budaya termasuk kesenian dan adat istiadat, perlahan terkikis dan tergantikan oleh unsur budaya luar.
     
    Warisan Budaya Indonesia menjalin silaturahmi kebudayaan dengan dunia internasional, serta
    membuka ruang kolaborasi, agar budaya Indonesia pun bisa mendunia. Pada HUT ASEAN 24 Agustus 2024 yang lalu, WBI bersama Kemenko Perekonomian menggagas terciptanya kain batik ASEAN.
     
    Kain batik ini mengambil motif klasik batik Indonesia yang dipadukan dengan kekayaan flora yang ada di setiap negara anggota ASEAN. Kegiatan lain yang juga dilakukan oleh WBI untuk mengangkat kekayaan budaya Indonesia adalah menitipkan kain-kain wastra Indonesia di berbagai perwakilan Indonesia di luar negeri.
     
    Dalam acara Pesta Budaya 3 Tahun Perjalanan ini WBI Foundation juga memberikan apresiasi untuk pekerja seni dan budaya, yang telah mendedikasikan hidupnya untuk keberlangsungan seni dan budaya Indonesia. Di antaranya Guruh Soekarno Putra dan Titiek Puspa.
     
    Dengan penghargaan ini, WBI berharap seniman Indonesia memiliki kebanggaan akan profesi mereka dan dedikasi mereka untuk melestarikan seni dan budaya yang dimiliki Indonesia. Ini juga menjadi pemicu semangat bagi generasi muda untuk menekuni dunia seni dan budaya. Mengingat di tangan generasi mudalah, warisan budaya Indonesia akan bisa bertahan.
     
    “Sebagai wujud komitmen kami, tahun depan pada bulan Februari, WBI Foundation akan menyelenggarakan Jagantara 3.0 di Jakarta Convention Center. Jagantara atau Jaga Warisan Nusantara adalah acara tahunan yang menampilkan dan mempresentasikan budaya Indonesia dengan kemasan menarik, terutama untuk menarik perhatian generasi muda agar lebih mencintai budaya Indonesia dan turut melestarikannya,” kata Widhiyanti Putri Wardhana sebagai salah satu pengurus WBI Foundation.
     
    Ia berharap WBI Foundation dapat terus menjadi garda depan dalam melestarikan dan
    mempromosikan seni budaya Indonesia di tingkat global.  Pesta Budaya 3 Tahun Perjalanan Warisan Budaya Indonesia juga menampilkan peragaan busana karya disainer-disainer yang menggunakan wastra Indonesia, tarian daerah yang dikemas apik oleh GSP dan seniman-seniman muda Syandria, Adikara, Afgan, Rosa dan Kanda Brothers.
     
    WBI juga ingin mengajak semua pihak, khususnya generasi muda untuk menghargai dan
    melestarikan warisan budaya Indonesia. Demi menjaga keberagaman dan kekayaan budaya
    Indonesia untuk generasi masa depan dan menjadi devisa bagi negara yang membawa kemakmuran bagi para pelaku budaya.
     
    Agar budaya Indonesia bisa terus beradaptasi dengan selera dan tuntutan zamannya, dan bisa tetap diminati oleh generasi muda Indonesia yang akan menjadi pasar masa depan. WBI percaya, pendekatan yang kreatif memegang peran yang penting dalam upaya melestarikan budaya Indonesia, termasuk menghidupkan kembali budaya Indonesia.
     
    Pada akhirnya industri kebudayaan sebagai bagian dari industri pariwisata dan ekonomi kreatif,
    diharapkan dapat terus menghidupkan keberagaman budaya yang pada gilirannya meningkatkan semangat inklusif dan saling jaga antar kelompok sosial, serta dapat memberikan manfaat ekonomi yang besar.
     
    Dan dengan kekayaan budaya Indonesia yang ada, akan bisa menjadi penopang pertumbuhan perekonomian Indonesia. Melalui berbagai kegiatan ini Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation selaku berharap nilainilai budaya di Indonesia bisa terus dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi yang akan datang.
     
    Semua ini merupakan bagian dari cita-cita WBI agar kekayaan budaya Indonesia tidak hanya
    dikagumi sebagai maha karya semata, tetapi bisa menjadi devisa negara dan membawa
    kesejahteraan bagi para pelaku budaya.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (WHS)

  • Gampong Nusa, dari reruntuhan tsunami bangkit jadi desa wisata terbaik

    Gampong Nusa, dari reruntuhan tsunami bangkit jadi desa wisata terbaik

    Aceh Besar (ANTARA) – Jejak itu masih terpampang jelas, guratan-guratan retak tak beraturan tampak tersisa di sudut atas beberapa bangunan tua. Retak itu adalah bukti betapa kuatnya terjangan tsunami yang melanda di Aceh hampir 20 tahun silam. Lebih dari 4 meter air laut menerjang wilayah Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

    Desa ini dahulu luluh lantak diterjang tsunami, menyisakan kesedihan dan kehancuran. Namun, dengan semangat dan kebersamaan, Gampong Nusa bangkit dari reruntuhan, berubah menjadi desa wisata unggulan yang kini dikenal luas.

    Di balik transformasi ini, ada Rubama, sosok tangguh yang memperkenalkan desanya pada dunia, menjadikan Gampong Nusa sebagai surga wisata berbasis kearifan lokal yang kaya akan budaya dan keramahan.

    Rubama mengenang Gampong Nusa yang dulu sepi dan belum dikenal. Setelah bencana tsunami, ia dan warga berusaha bangkit bukan hanya untuk hidup, tetapi untuk membangun kembali desa yang mereka tempati. Melalui pelatihan dari lembaga internasional, warga mulai memanfaatkan limbah sebagai bahan kerajinan tangan bernilai. Tas, dompet, dan kotak tisu hasil karya ibu-ibu desa berhasil menarik perhatian pengunjung, menjadi langkah awal membangun potensi pariwisata desa.

    Rubama dan warga mulai memetakan keunikan desa. Mereka menyusun paket wisata yang menggambarkan keseharian masyarakat, seperti cooking class untuk memasak makanan khas Aceh dan let tuloe atau “mengejar burung pipit” di sawah, yang membawa pengunjung merasakan pengalaman unik sebagai bagian dari komunitas petani.

    “Kami ingin pengunjung merasakan kehidupan kami di sini, dan menyatu bersama warga desa,” ujar Rubama.

    Gampong Nusa tidak hanya menawarkan wisata alam, tapi juga kesempatan bagi wisatawan untuk tinggal di pondokan atau homestay, merasakan keramahan Aceh yang tulus, dan hidup bersama masyarakat. Para tamu sering kali disambut dengan hidangan khas yang disiapkan oleh keluarga tuan rumah, merasakan hangatnya budaya Aceh yang memuliakan tamu. Banyak tamu kembali karena mereka merasa seperti menemukan keluarga baru di sini.

    Di desa ini, wisatawan juga diperkenalkan pada kerajinan anyaman rotan khas Gampong Keude Bing, tetangga Gampong Nusa. Produk-produk ini menjadi buah tangan yang kaya akan makna dan mengingatkan pengunjung pada kearifan lokal Aceh. Para wisatawan merasakan betapa budaya dan alam berpadu harmonis, menciptakan kesan mendalam dan inspiratif.

    Pewarta ANTARA hadir langsung serta turut merasakan, bagaimana Gampong Nusa menyambut tamu. Benar saja, satu malam di Gampong Nusa, keramahan masyarakat desa hangat terasa. Homestay milik penduduk menjadi sarana bagi tamu untuk merasakan rumah panggung khas Aceh yang memang dibuat untuk memberikan pengalaman nyata bagi tamu.

    Menu makanan, tamu tidak memilih, namun memang sudah disajikan dengan properti makan khas Aceh, seperti jamuan dari tuan rumah kepada tamu. Tidak salah jika Rumah Tinggal (homestay) Desa Wisata Gampong Nusa, Kabupaten Aceh Besar meraih penghargaan dari ASEAN Tourism Awards 2023–2025 sehingga secara tidak langsung standar kelayakannya sudah diakui oleh beberapa negara tetangga. Menurut Rubama, terdapat 45 kamar homestay di Gampong Nusa.

    Keberhasilan Gampong Nusa tidak lepas dari sinergi antara warga yang terus menjaga kebersihan dan kenyamanan desa. Kebersamaan menjadi kunci utama dalam menjaga keindahan lingkungan, dan pengunjung juga diajak ikut serta dalam upaya ini. Pada 2021, Gampong Nusa berhasil meraih juara I dalam kategori homestay di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), yang mengukuhkan desa ini sebagai model wisata berbasis masyarakat.

    Rubama berharap kesuksesan Gampong Nusa dapat menginspirasi desa-desa lain di Aceh dan Indonesia. Apa yang dilakukan warga murni gerakan dari masyarakat, bukan layaknya CSR dari perusahaan tertentu sehingga kekompakan serta autentik harus dijaga.

    Selama tahun 2023 hingga 2024, desa wisata tersebut telah menerima lebih dari 10.000 tamu. Setiap bulan tamu selalu datang, bahkan pada tahun lalu, banyak datang dari Jepang.

    Memang tidak semua tamu tercatat menginap, sebagian menghadiri beberapa festival yang diadakan oleh Gampong Nusa.

    Berdasarkan pengalaman awak ANTARA menginap, setidaknya rata-rata standar fasilitas homestay sama tiap rumah warga, dengan harga Rp90 ribu/malam. Selain itu, nantinya penginap mendapatkan layanan makanan tiga kali sehari tergantung kebutuhan tamu, namun dengan biaya tambahan sekitar Rp18.000 sekali makan, beserta dengan kue-kue tradisional.

    Kesan paling menarik adalah makanan diantar dengan tudung saji serta piring sajian tradisional khas Aceh. Tudung saji tersebut biasa ada pada acara-acara khusus saja.

    Jika ingin pengelaman lebih dalam, beberapa rumah warga menyediakan praktik membuat tenun serta makanan ringan, seperti keripik daun kari. Dengan adanya sajian pengalaman langsung tersebut dapat memberi pengalaman yang menarik untuk tinggal di pedesaan Aceh.

    Nuansa libur yang terasa adalah jauhnya hiruk pikuk perkotaan tidak akan ditemukan di Gampong Nusa. Meminjam istilah asing yang acap digunakan oleh anak muda sekarang adalah penerapan wisata slow living sungguh bisa didapatkan tinggal di Gampong Nusa. Lingkaran pegunungan di sekitar desa membuat suasana alam makin kental untuk bisa menikmati udara segar para pagi hari usai merebahkan badan melewati malam.

    Editor: Achmad Zaenal M
    Copyright © ANTARA 2024