Organisasi: ASEAN

  • Jam Operasional KRL, MRT, LRT Jakarta dan TransJ saat Malam Tahun Baru

    Jam Operasional KRL, MRT, LRT Jakarta dan TransJ saat Malam Tahun Baru

    Jakarta

    Masyarakat yang berwisata ke Jakarta saat malam tahun baru, tidak perlu khawatir soal jam operasional transportasi umum. Dishub DKI Jakarta menginformasikan bahwa KRL, MRT, LRT Jakarta hingga Transjakarta beroperasi hingga lewat tengah malam.

    Hal ini untuk mendukung mobilitas masyarakat saat pergantian tahun. Berikut ulasannya.

    Jam Operasional KRL, MRT, LRT Jakarta dan Transjakarta 31 Desember

    Sejumlah transportasi umum, seperti KRL Commuter Line, MRT, LRT Jakarta dan Transjakarta tetap beroperasi melayani masyarakat saat momentum pergantian tahun, Selasa (31/12/2024). Dikutip dari laman Instagram Dishub DKI Jakarta (@dishubdkijakarta), berikut jam operasionalnya.

    1. KRL Commuter Line

    Pada malam pergantian tahun baru 2025 tanggal 31 Desember 2024 – 1 Januari 2025, KRL Commuter Line beroperasi sampai dengan pukul 02.00 WIB.

    2. MRT Jakarta

    Pada saat momentum tahun baru, MRT Jakarta tanggal 31 Desember 2024 beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2025 pukul 02.00 WIB dengan headway flat 10 menit, kecuali pukul 00.00 – 01.00 headway 5 menit.

    3. LRT Jakarta

    Tanggal 31 Desember 2024, LRT Jakarta beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2025 pukul 02.00 WIB dengan headway flat 10 menit.

    4. Transjakarta

    Waktu Operasi Lintasan Modifikasi: 18.00 – 02.00Waktu Operasi Lintasan Normal: 05.00 – 18.00, 02.00 – 05.001 Blok M – Kota
    – Rincian mitigasi: Modifikasi via Koridor 13 dan Koridor 9
    – Titik perhentian tidak terlayani: Arah Kota (ASEAN – Monumen Nasional), Arah Blok M (Monumen Nasional – Masjid Agung)10H Tanjung Priok – Bundaran Senayan
    – Rincian mitigasi: Perpendekan lintasan, putar balik di Petamburan
    – Titik perhentian tidak terlayani: Gerbang Pemuda, Senayan Bank DKI, Bundaran Senayan14A Monumen Nasional -JIS
    – Rincian mitigasi: Perpendekan lintasan sampai Pecenongan
    – Titik perhentian tidak terlayani: Monumen Nasional1A Pantai Maju – Balai Kota
    – Rincian mitigasi: Pengoperasian rute pengalihan Pantai Maju – Juanda
    – Titik perhentian tidak terlayani: Balai Kota, Monumen Nasional2 Pulo Gadung – Monas
    – Rincian mitigasi: Pengoperasian trip pengalihan via Pecenongan untuk kedua arah
    – Titik perhentian tidak terlayani: Balai Kota, Monumen Nasional2A Pulo Gadung – Rawa Buaya via Balai Kota
    – Rincian mitigasi: Pengoperasian rute pengalihan via Juanda
    – Titik perhentian tidak terlayani: Balai Kota, Monumen Nasional2P Senen – Transport Hub Dukuh Atas
    – Rincian mitigasi: Modifikasi via Jln. Imam Bonjol
    – Titik perhentian tidak terlayani: Arah Transport Hub Dukuh Tas (Tosari 1 – Transport Hub Dukuh Atas), Arah Senen (Taman Kudus, Taman Latuharhary, GPIB Paulus Sunda Kelapa)3 Kalideres – Monas via Veteran
    – Rincian mitigasi: Pengoperasian rute pengalihan Kalideres – Juanda
    – Titik perhentian tidak terlayani: Monumen Nasional3F Kalideres – Gelora Bung Karno
    – Rincian mitigasi: Perpendekan lintasan, putar balik di Petamburan
    – Titik perhentian tidak terlayani: Gerbang Pemuda, Senayan Bank DKI4C Pemuda Merdeka – Bundaran Senayan
    – Rincian mitigasi: Modifikasi via Jln. Imam Bonjol
    – Titik perhentian tidak terlayani: Arah Bundaran Senayan (Tosari 1 – Bundaran Senayan 1), Arah Pemuda Merdeka (Bundaran Senayan 2 – Tosari 2)5C Cililitan – Juanda
    – Rincian mitigasi: Pengoperasian rute pengalihan Cililitan – Pecenongan
    – Titik perhentian tidak terlayani: Balai Kota, Monumen Nasional5M Kampung Melayu – Tanah Abang via Cikini
    – Rincian mitigasi: Pengoperasian rute pengalihan via Pejambon
    – Titik perhentian tidak terlayani: Arah Tanah Abang (Balai Kota 1 – Transjakarta Tanah Abang), Arah Kp Melayu (Transjakarta Tanah Abang – Sbr. MNC Center)6D Stasiun Tebet – Bundaran Senayan
    – Rincian mitigasi: Beroperasi via flyover ke Karet (Trip HBKB)
    – Titik perhentian tidak terlayani: Arah Bundaran Senayan (Plaza Sentral – Bundaran Senayan 1), Arah St. Tebet (Bundaran Senayan 1 – Jln. Karet Pasar Baru Timur 5)6M Stasiun Manggarai – Blok M
    – Rincian mitigasi: Perpendekan lintasan sampai Simpang Kuningan
    – Titik perhentian tidak terlayani: Arah Blok M (Jamsostek 3 – Blok M), Arah St. Manggarai (ASEAN, Jamsostek 2)6V Ragunan – Gelora Bung Karno
    – Rincian mitigasi: Perpendekan lintasan sampai Tegal Mampang
    – Titik perhentian tidak terlayani: Masjid Agung, Senayan Bank DKI, Bundaran Senayan7F Kampung Rambutan – Juanda via Cempaka Putih
    – Rincian mitigasi: Pengoperasian rute pengalihan Kp Rambutan – Pecenongan
    – Titik perhentian tidak terlayani: Balai Kota, Monumen Nasional9D Pasar Minggu – Tanah Abang
    – Rincian mitigasi: Beroperasi via Slipi (Trip HBKB)
    – Titik perhentian tidak terlayani: Arah Pasar Minggu (Jembatan Serong – Benhil 1), Arah Tanah Abang (Benhil 2 – Sbr. Jembatan Serong).

    – Mitigasi Layanan: Waktu Operasional

    1. Tidak beroperasi selama Car Free Night dan mulai beroperasi pukul 05.00 – 18.00:

    1B Stasiun Palmerah – Tosari1F Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan1H Tanah Abang – Stasiun Gondangdia1N Tanah Abang – Blok M1P Senen – Blok M1R Senen – Tanah Abang2Q Gondangdia – Balai Kota6A Ragunan – Balai Kota via Kuningan6B Ragunan – Balai Kota via Semanggi

    3. Armada yang direnopskan akan beroperasi di Koridor 9 selama Car Free Night dan mulai beroperasi pukul 05.00 – 18.00:

    9C Pinang Ranti – Bundaran Senayan.

    (kny/jbr)

  • Jelang Akhir 2024, Masalah Fiskal dan Pembengkakan Utang Indonesia jadi Sorotan

    Jelang Akhir 2024, Masalah Fiskal dan Pembengkakan Utang Indonesia jadi Sorotan

    JAKARTA – Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J. Rachbini turut menyoroti permasalahan fiskal yang semakin membebani perekonomian Indonesia, terutama terkait dengan pembengkakan utang negara.

    Menurut Didik, utang Indonesia terus meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, baik dari segi persentase terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) maupun nominalnya.

    Didik menyampaikan dari tahun 2010 hingga 2024, rasio utang Indonesia terhadap PDB mengalami kenaikan dari 26 persen menjadi 38,55 persen. Pada September 2024, total utang pemerintah tercatat mencapai Rp8.473,90 triliun.

    “Di luar permasalahan sektoral, ada masalah fiskal yang kita hadapi, yakni utang dari tahun ke tahun terus membengkak dari persentase, apalagi nominalnya. Dari tahun 2010 sampai dengan 2024 rasio utang Indonesia terhadap PDB terus naik dari 26 persen menjadi 38,55 persen. Total utang pemerintah sebesar Rp8.473,90 triliun per September 2024,” jelasnya dalam keterangannya, Jumat, 27 Desember.

    Didik menyebutkan bahwa kondisi ini mencerminkan praktik kebijakan dan ekonomi politik utang yang tidak sehat, di mana pemerintah terus memaksimalkan anggaran tanpa kendali yang memadai, sehingga menambah beban utang yang terus membengkak.

    Dia juga mengkritik politik anggaran yang mencerminkan kelemahan demokrasi dan kontrol politik yang lemah selama satu dekade terakhir dan juga menyoroti dampak dari tingginya utang ini terhadap kebijakan suku bunga.

    “Karena seantero dunia sudah tahu pemimpin di Indonesia kemaruk (bergantung pada) utang, maka tingkat suku bunga tergerak naik tidak masuk akal. Suku bunga obligasi utang ini paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN,” ujarnya.

    Didik menyampaikan tingkat suku bunga Indonesia pun terpaksa dinaikkan hingga mencapai 7,2 persen, yang jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya dengan konsekuensi harus dibayar yang menguras pajak rakyat dalam jumlah yang besar.

    Menurut Didik tingkat suku bunga Indonesia tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan Thailand (2,7 persen), Vietnam (2,8 persen), Singapura (3,2 persen), dan Malaysia (3,9 persen) suku bunga obligasi Indonesia tergolong sangat tinggi. Hal ini terjadi karena Indonesia terus menarik utang baru setiap tahunnya, dengan nilai penarikan utang melebihi Rp1.000 triliun per tahun.

    “Akibatnya kualitas belanja memburuk. Porsi membayar bunga utang menjadi paling besar dari seluruh belanja kementrian negara,” ucapnya.

    Didik mencatatkan bahwa porsi anggaran untuk membayar bunga utang semakin besar, sehingga menggerogoti belanja kementerian negara. Pada tahun 2014, porsi pembayaran bunga utang hanya sekitar 11,09 persen dari total belanja, namun pada tahun 2024 diperkirakan akan meningkat menjadi 20,10 persen.

    “Secara terus-menerus dan akan terkena dampaknya pada pemerintahan Prabowo,” tuturnya.

    Didik menyampaikan belanja non-produktif juga semakin mendominasi anggaran, sementara belanja produktif semakin menyusut. Pada tahun 2014, porsi belanja pegawai dan belanja barang sekitar 34 persen, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 36 persen pada 2024.

    Didik juga memperingatkan bahwa setiap tahunnya, Indonesia harus mengalokasikan sekitar Rp441 triliun dari pajak rakyat hanya untuk membayar bunga utang, tanpa memperhitungkan pokok utang itu sendiri.

  • Siapa Indira Sudiro? Viral karena Gaya Konsisten Dulu hingga Kini, Ternyata Putri Indonesia Pertama

    Siapa Indira Sudiro? Viral karena Gaya Konsisten Dulu hingga Kini, Ternyata Putri Indonesia Pertama

    TRIBUNJATIM.COM – Nama Indira Sudiro belakangan menjadi sorotan hingga viral di media sosial.

    Ini lantaran gayanya yang dinilai warganet konsisten dulu hingga sekarang.

    Pada usianya yang ke 53 tahun, ia tetap tampil cantik dan prima. 

    Rambut hitam yang panjang dan makeup sederhana, tak menyamarkan kecantikannya. 

    Indira Sudiro sendiri merupakan Puteri Indonesia pertama pada 1992. 

    Namanya mulai menjadi pusat perhatian saat itu. 

    Berbagai ajang kompetisi pun diikutinya dan dirinya selalu menyabet posisi pertama. 

    Lama tak terdengar kabarnya, Indira Sudiro kini menikmati kehidupannya di luar entertainmen. 

    Sementara itu, Indira juga sempat menuai perhatian saat dirinya memperjuangkan wasiat orangtuanya pada tahun 2024 ini. 

    Dikutip dari Tribun Sultra pada Jumat (27/12/2024), Indira Sudiro atau Indira Soediro adalah pemenang None Jakarta 1991 dan juga Miss ASEAN 1991. 

    Ia lahir pada 22 Agustus 1971 di Jakarta.

    Indira Soediro merupakan pemenang dari kontes Abang None Jakarta pada tahun 1991 dan juga Puteri Indonesia pada 1992.

    Potret Indira Sudiro dulu dan sekarang. (Tribun Sultra)

    Bahkan Sebelum Venna Melinda yang menjadi Puteri Indonesia.

    Setahun sebelumnya, Indira menjuarai kontes Miss ASEAN yang diadakan di Hailai, Ancol, Jakarta, Indonesia pada tahun yang sama; yaitu 1991.

    Indira Soediro sosoknya dikenal memiliki kecerdasan dan paras ayu.

    Tak hanya jadi Puteri Indonesia saja, Indira juga mewakili Indonesia di ajang Miss Universe.

    Ajang kecantikan Miss Universe yang diikuti Indira Soediro saat itu di Meksiko pada 1993.

    Indira sempat dinilai negatif oleh masyarakat, lantaran soal pemakaian bikini saat ajang itu berlangsung.

    Kini Indira Soediro sudah dikaruniai 6 orang anak.

    Bahkan anak-anaknya sudah tumbuh dewasa.

    Indira Soediro kerap membagikan momen indah saat bersama anaknya.

    Meski memiliki 6 orang anak, Puteri Indonesia pertama tersebut masih terlihat begitu memukau dan cantik.

    Memasuki usia 52 tahun, membuat dirinya terlihat awet muda.

    Terlihat potret-potretnya yang begitu masih bugar bak gadis remaja.

    Memiliki kecantikan yang tak pernah luntur membuat wanita lain merasa iri.

    Bahkan, sosoknya semakin terlihat cantik dan memukau dari waktu ke waktu.

    Rahasia kecantikan dan awet muda Indira lantaran dirinya menjaga pola hidup sehat.

    Ibu dari 6 orang anak ini terus menekuni hidup sehat.

    Ia rutin berolahraga bersama anak-anaknya.

    Tidak heran jika saat ini Indira Soediro terlihat bugar dan cantik.

     

    Memiliki paras cantik dan populer membuat dirinya selalu jadi sorotan.

    Tak heran jika sosok Indira memiliki banyak penggemar.

    Di media sosial, Indira Sudiro jadi obrolan karena membuat penasaran banyak orang dengan rahasia kecantikannya.

    Menoreh sejarah sebagai Puteri Indonesia 1992, serta wakil Indonesia di ajang pemilihan Ratu Sejagat (Miss Universe) di tahun yang sama, Indira mampu menjaga posturnya tak melar di usia dekati setengah abad.

    Padahal ia tercatat sebagai ratu kecantikan di zaman belum ada kecanggihan dalam hal perawatan kecantikan wajah dan postur.

    Belum ada teknologi manicure, padicure, sedot lemak, teknologi sulam alis, tanam benang, sulam bibir, apalagi operasi plastik yang aneh-aneh.

    Pada saat itu juga belum muncul teknologi komputerisasi photoshop yang bisa mengubah wajah biasa menjadi spektakuler cantiknya.

    Tapi Indira Sudiro mampu menjaga pesonanya.

    Indira Sudiro beberapa kali disorot karena kedekatannya dengan orang penting atau pejabat tinggi di negeri ini.

    Sebelumnya, ibu dari Rizky, Almira, Nabila, Pasha, Sharfa, dan Sharqa tersebut juga jadi perbincangan karena dekat dengan putera Soeharto, Presiden Indonesia kala itu, Tommy Soeharto.

    Namun, kabar tersebut terbantahkan dengan kedekatan Indira dengan Teuku Djohan, pengusaha dan mantan direktur perusahaan pupuk di Aceh.

    Indira Sudiro juga sempat dikabarkan dekat dengan Ignasius Jonan yang saat itu menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

    Kehebohan itu dipicu munculnya spanduk unjuk rasa di depan kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan nomor 18, Jakarta Pusat, yang dipasak sejak Rabu (19/7/2017).

    Dalam spanduk tersebut, terdapat foto Indira disertai tulisan, “USIR !!! INDIRA SUDIRO DARI KEMENTERIAN ESDM KARENA BUKAN AHLINYA. FORUM PEDULI & PENYELAMAT ESDM”

    Bersamaan itu pula, pada media sosial Twitter beredar foto Menteri ESDM, Ignasius Jonan jalan bareng Indira di luar negeri.

    Foto tersebut merupakan hasil screenshot akun Indira pada Instagram @indirasoediro.

    Sebelumnya dia memang mem-posting fotonya jalan berdua dengan Jonan.

    Tak dapat dibantah, Jonan memang dekat dengan Indira.

    Pasalnya, sejak Jonan menjabat Menteri ESDM, Kementerian ESDM menunjuk mantan Putri Indonesia tahun 1992 tersebut sebagai Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Komunikasi dan Informasi.

    Terkait dengan kabar kedekatan khusus Jonan dengan Indira, Staf Khusus sekaligus Juru Bicara Kementerian ESDM, Hadi M Juraid kemudian langsung mengklarifikasi melalui akunnya pada Twitter @HadiMDjuraid.

    Klarikasinya disampaikan dalam bentuk kultweet sebanyak 22 kali.

    1. “Selamat siang Tweeps. Sy kultwit utk jawab isu yg brkmnbang ttg foto2 Men-ESDM Ignasius Jonan dn Indira Soediro #FotoJonanBiasaAja.”

    2. “Isu itu awalnya dr chripstory akun anonimous @nasionalistulen dg judul Skandal Menteri #FotoJonanBiasaAja.”

    3. “Lalu muncul foto2 Jonan dg Indira Soediro, yg awalnya jg dr akun2 anonymous. #FotoJonanBiasaAja.”

    4. “Utk mmprkuat kesan skandal spt isi chripstory ngawur itu, foto2 Indira dlm brbagai pose yg ckp trbuka jg dimnculkan #FotoJonanBiasaAja.”

    5. “Trhitung sjk 1/4/17 Indira direkrut Kem-ESDM sbg Tenaga Ahli Komunikasi. #FotoJonanBiasaAja.”

    6. “Tugas Indira spesifik utk media intrnasional dn hubungan lmbaga intrnasional #FotoJonanBiasaAja.”

    7. “Knp jbatannya Tenaga Ahli? Ini adalh jabatn yg disediakn utk profesional dr luar kementerian #FotoJonanBiasaAja.”

    8. “Berbeda dg Staf Ahli yg mrupakn jabatan struktural dg kepangkatan trtentu #FotoJonanBiasaAja.”

    9. “Tiga bln prtma, Indira hmpir sllu ada di knjungan/kegiatan Menteri utk akselerasi pngtahuan dn wwsan ttg ESDM #FotoJonanBiasaAja.”

    10. “Cara efktf utk itu adlh libtkan dlm kgiatn, shg bs dengar dn simak lgsung pemikiran, kebjakn, dn program Menteri ESDM#FotoJonanBiasaAja.”

    11. “Indira sll posting di Instagram foto2 kunjungn/kegiatn dg Menteri dll.Foto2 dg Jonan yg beredar diambl dr instagramnya #FotoJonanBiasaAja.”

    12. “Foto2 itu biasa sj, tdk spesial, tdk aneh, tdk langgar norma susila. Foto dg pejabat lain spt Wamen dn Dirjen jg ada #FotoJonanBiasaAja.”

    13. “Dalam tugas barunya Indira a.l jd moderator utk kegiatan dg bhs Inggris, spt kegiatan berikut: #FotoJonanBiasaAja.”

    14. “Atau turut menerima tamu dr mancanegara: #FotoJonanBiasaAja.”

    15. “Ttg foto Indira dlm brbagai pose, itu adlh foto2 dr akun Instagramnya, tdk ada kaitan dg tugas barunya di ESDM #FotoJonanBiasaAja.”

    16. “Bbrp bahkan foto yg diambil jauh sblm Indira brgabung ke ESDM #FotoJonanBiasaAja.”

    17. “Beredar jg foto spanduk, dg bumbu narasi ada demo kryawan ESDM utk usir Indira #FotoJonanBiasaAja.”

    18. “Spanduk tsb dipasang di luar pagar Gd Ditjen Listrik di Jl Gatot Subroto, Rabu 19/7/17 #FotoJonanBiasaAja.”

    19. “Pemasang spanduk adlh pengecut, krn pasang dini hari saat gelap, lalu kabur #FotoJonanBiasaAja.”

    20. “Tidak ada demo. Pemasang spanduk pengecut itu hanya ingin pasang, potret, lalu kabur utk sebar foto #FotoJonanBiasaAja.”

    21. “Jadi tuduhan akun anonymous ada skandal di ESDM, atau ada inisial IPPS bisa atur proyek, jelas superngawur #FotoJonanBiasaAja.”

    22. “Di tengh rame2 isu reshuffel, mesti superhati-hati sikapi info. Smoga mnjernihkan kekeruhan yg telanjur meluas #FotoJonanBiasaAja.”

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews Tribunjatim.com

  • Ambisi Danamon Jadi 5 Besar Grup Keuangan Indonesia

    Ambisi Danamon Jadi 5 Besar Grup Keuangan Indonesia

    Jakarta, FORTUNE – Memimpin Bank Danamon adalah adalah penugasan kedua Daisuke Ejima di Indonesia. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Country Head MUFG Indonesia pada awal 2018 hingga 2022. Punya jejak karier panjang pada segmen perbankan korporasi di Tokyo, New York dan Singapura, ia kini harus menangani segmen perbankan ritel dan multifinance melalui sejumlah entitas di bawah bendera MUFG.

    Berikut petikan wawancara kami, 18 September 2024 lalu:

    Bagaimana Anda melihat potensi ekonomi Indonesia?

    Indonesia adalah pasar yang sangat menarik dan menjanjikan. Banyak perusahaan Jepang, Cina, Korea, Eropa, dan lain sebagainya berinvestasi di sini karena potensi pertumbuhannya yang besar. Tak ada keraguan dari sisi jumlah populasi dan rentang usia yang terbilang muda, mereka akan tumbuh menjadi kelas menengah, bahkan menengah atas. Potensi ini akan terus berkembang setidaknya hingga 20 tahun mendatang, atau bahkan lebih.

    Tapi ada fenomena menyusutnya kelas menengah di Indonesia saat ini. Bagaimana pandangan Anda?

    Hal itu tidak terlalu mengkhawatirkan bagi saya. Memang benar bahwa ada sebagian kelas menengah yang turun kelas. Namun, kita juga harus menyadari bahwa ada volatilitas setelah pandemi, termasuk dalam harga komoditas. Memang ada tekanan dalam jangka pendek, misalnya angka penjualan mobil yang turun dampai dua digit. Bagaimanapun, jika melihat angka kelahiran dan sebagainya, maka tampaknya potensi pertumbuhan Indonesia masih solid dalam jangka panjang.

    Bagaimana kondisi mempengaruhi strategi investasi MUFG?

    Saya ingin menjelaskan sedikit terkait kondisi di Jepang. Populasi Jepang cenderung menurun dalam dekade terakhir, dan usia rata-rata masyarakatnya terbilang tua. Kondisi itu membuat perusahaan Jepang,  termasuk MUFG, harus mencari peluang ke luar negeri.

    Bagaimanapun, perbankan sejatinya adalah bisnis infrastruktur. Saat sebuah bank ingin masuk ke negara tertentu, maka diperlukan investasi besar untuk membangun infrastruktur. Karena itu, MUFG sebagai salah satu institusi keuangan terbesar di dunia harus melakukan investasi secara selektif dan berkembang bersama institusi lokal.

    Di ASEAN, kami berinvestasi di Thailand sebelum Indonesia, kami juga berinvestasi secara minoritas di Vietnam dan Filipina. Thailand dan Indonesia bagi kami adalah pasar yang penting karena di kedua negara tersebut bisnis kami mencakup semua segmen keuangan.

    Saat kami berinvestasi di Danamon misalnya, di bawahnya ada Adira dan Zurich Finance. Kemudian kami juga mengakuisisi Mandala Finance, Home Credit dan Akulaku. Jadi, kami juga memperluas cakupan pelayanan keuangan di luar bank. Kami ingin setiap entitas itu menjalin kolaborasi strategis lainnya untuk mencapai tujuan bersama di tahun-tahun mendatang.

    Apakah Anda juga berencana melakukan rebranding dan menyatukan berbagai entitas tersebut di bawah Danamon?

    Untuk saat ini tidak, karena masing-masing telah memiliki brand value tersendiri. Bagaimanapun, meskipun masing-masing entitas memiliki aplikasi tersendiri, kami akan menyambungkan jaringan teknologinya.

    Sebagai contoh, saat pengguna aplikasi Adira Finance atau Home Credit membutuhkan layanan perbankan, mereka akan diarahkan untuk membuka rekening Bank Danamon. Kohesi semacam itu yang saat ini kami kembangkan dan akan terus diperkuat dalam waktu dekat.

    Setelah Adira Finance, Home Credit, Standard Chartered, Mandala Finance, apakah ada kemungkinan MUFG berinvestasi pada entitas lain?

    Mungkin saja, karena pasarnya bertumbuh dan teknologi digital berkembang begitu pesat, kami terus mencari peluang karena Indonesia adalah dalah satu pasar utama kami di luar Jepang. Apalagi, kami juga memiliki modal ventura yang didanai bersama MUFG yanag bernama Garuda Fund.

    Bagaimanapun, jika ditanya apakah investasi itu akan serta-merta direalisasikan, menurut saya kami akan lebih dulu mengoptimalkan potensi dari tiap entitas yang telah kami miliki. Sementara itu, kami akan berinvestasi secara selektif.

    Apa target Anda dalam menjalankan seluruh lini bisnis ini?

    Strategi saya adalah untuk bertumbuh secara grup. Jadi target kami adalah menjadi top five grup institusi keuangan di Indonesia.

  • Nonton TV Online Ini Link Live Streaming Filipina Vs Thailand Semifinal ASEAN Cup 2024

    Nonton TV Online Ini Link Live Streaming Filipina Vs Thailand Semifinal ASEAN Cup 2024

    Nonton TV Online Ini Link Live Streaming Filipina Vs Thailand Semifinal ASEAN Cup 2024

    TRIBUNJATENG.COM – Pertandingan Filipina melawan Thailand di leg pertama Semifinal ASEAN Cup 2024 dapat ditonton secara live streaming, Jumat (27/12/2024) malam.

    Laga Filipina vs Thailand digelar di Rizal Memorial Stadium, pukul 20.00 WIB.

    Live streaming pertandingan dapat ditonton di Global TV dan Vision+.

    Pemain Timnas Thailand Chanathip Songkrasin (ketiga dari kanan) merayakan golnya pada leg pertama pertandingan final sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di Stadion Nasional Singapura. Rabu (29/12/2021). ((AFP/ROSLAN RAHMAN))

    Link live streaming tercantum di akhir artikel.

    Berikut ini prediksi, head to head, susunan pemain dan link live streaming Filipina vs Thailand.

    Kondisi Tim

    Kedua tim tentu membidik kemenangan, terutama Timnas Thailand.

    Kemenangan setidaknya akan mengamankan langkah Thailand sebelum menjamu Filipina pada 30 Desember 2024 mendatang.

    Pasukan Gajah Perang -julukan Timnas Thailand- memang lebih diunggulkan meraih kemenangan.

    Namun bermain di rumput sintetis jelas akan menjadi keuntungan bagi Filipina.

    Pelatih Thailand Masatada Ishii mencoba mencuri pelajaran dari Timnas Indonesia.

    Seperti diketahui, Filipina lolos ke semifinal ASEAN Cup 2024 setelah mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 1-0 pada laga pamungkas babak fase grup.

    “Dari pertandingan melawan Indonesia, kami melihat beberapa detail cara bermain Filipina, sangat berbeda dengan saat bertemu kami sebelumnya. Mereka meningkat dalam serangan dan pertahanan,” ucap Masatada Ishii dikutip dari Soha.

    Lebih lanjut, Masatada Ishii akan mempelajari rumput sintetis di Rizal Memorial Stadium sebelum bertanding.

    “Rumput sintetis tentu saja merupakan tantangan namun tidak mengubah rencana kami,” jelas pelatih Thailand itu.

    Pemain Thitathorn Aksornsri juga berkomentar soal rumput sintetis di Rizal Memorial Stadium.

    Menurutnya, rumput sintetis di Rizal Memorial Stadium sedikit berbeda dengan yang ada di Thailand.

    Meski begitu, Thitathorn Aksornsri tetap percaya diri mampu mendapatkan hasil yang terbaik.

    “Saya bermain di permukaan ini pada SEA Games 2019, ini akan sedikit membantu, tetapi sudah bertahun-tahun berlalu.”

    “Kami harus melakukan banyak penyesuaian ketika kami memiliki sedikit waktu untuk berlatih di lapangan sintetis,” jelas Aksornsri.

    “Saya rasa kondisi lapangannya tidak jauh berbeda dengan rumput sintetis di Thailand, namun mungkin masih akan menimbulkan kesulitan karena pantulan dan arah bola akan berbeda.”

    “Bola akan memantul lebih tinggi dari permukaan rumput alami. Namun dengan apa yang sudah kami praktikkan, kami yakin bisa meresponsnya dengan baik,” imbuhnya.

    Menilik rapor pertemuan kedua tim, Thailand mendominasi dengan meraih tiga kemenangan beruntun.

    Bahkan terakhir Thailand kalah dengan skor 1-0 kontra Filipina terjadi pada tahun 1972 silam di ajang Jakarta Trophy.

    Tak ayal jika Thailand lebih diunggulkan untuk menang.

    Head to Head

    11/10/2024: Thailand 3-1 Filipina (Kings Cup)

    26/12/2022: Thailand 4-0 Filipina (ASEAN Cup)

    14/12/2021: Filipina 1-2 Thailand (ASEAN Cup)

    21/11/2018: Filipina 1-1 Thailand (ASEAN Cup)

    25/11/2016: Filipina 0-1 Thailand (ASEAN Cup)

    Prediksi Susunan Pemain

    Filipina (4-3-3): 

    Quincy Kammeraad; Paul Tabinas, Kike Linares, Amani Aguinaldo, Michael Kempter; Oskari Kekkonen, Michael Baldisimo, Zico Bailey; Sandro Reyes, Alex Monis, Bjørn Martin Kristensen. 

    Pelatih: Albert Capellas

    Thailand (4-2-3-1): 

    Patiwat Khammai; Nicholas Mickelson, Jonathan Khemdee, Pansa Hemviboon, Apisit Sorada; Weerathep Pomphan, Peeradon Chamratsamee; Seksan Ratree, Bordin Phala, Suphanat Mueanta; Patrik Gustavsson. 

    Pelatih: Masatada Ishii

    Prediksi Skor

    Filipina 0-2 Thailand

    Link Live Streaming

    LINK

    (*)

  • Prediksi Filipina Vs Thailand Semifinal ASEAN Cup 2024, Kondisi Tim, H2H, Line Up dan Live Streaming

    Prediksi Filipina Vs Thailand Semifinal ASEAN Cup 2024, Kondisi Tim, H2H, Line Up dan Live Streaming

    Prediksi Skor Filipina Vs Thailand Semifinal ASEAN Cup 2024, Kondisi Tim, H2H, Line Up dan Link Live Streaming

    TRIBUNJATENG.COM – Filipina akan melawan Thailand di leg pertama Semifinal ASEAN Cup 2024, Jumat (27/12/2024) malam.

    Duel Filipina vs Thailand digelar di Rizal Memorial Stadium, pukul 20.00 WIB.

    Berikut ini prediksi, head to head, susunan pemain dan link live streaming Filipina vs Thailand.

    Pemain Timnas Thailand Chanathip Songkrasin (ketiga dari kanan) merayakan golnya pada leg pertama pertandingan final sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Timnas Indonesia dan Timnas Thailand di Stadion Nasional Singapura. Rabu (29/12/2021). ((AFP/ROSLAN RAHMAN))

    Kondisi Tim

    Kedua tim tentu membidik kemenangan, terutama Timnas Thailand.

    Kemenangan setidaknya akan mengamankan langkah Thailand sebelum menjamu Filipina pada 30 Desember 2024 mendatang.

    Pasukan Gajah Perang -julukan Timnas Thailand- memang lebih diunggulkan meraih kemenangan.

    Namun bermain di rumput sintetis jelas akan menjadi keuntungan bagi Filipina.

    Pelatih Thailand Masatada Ishii mencoba mencuri pelajaran dari Timnas Indonesia.

    Seperti diketahui, Filipina lolos ke semifinal ASEAN Cup 2024 setelah mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 1-0 pada laga pamungkas babak fase grup.

    “Dari pertandingan melawan Indonesia, kami melihat beberapa detail cara bermain Filipina, sangat berbeda dengan saat bertemu kami sebelumnya. Mereka meningkat dalam serangan dan pertahanan,” ucap Masatada Ishii dikutip dari Soha.

    Lebih lanjut, Masatada Ishii akan mempelajari rumput sintetis di Rizal Memorial Stadium sebelum bertanding.

    “Rumput sintetis tentu saja merupakan tantangan namun tidak mengubah rencana kami,” jelas pelatih Thailand itu.

    Pemain Thitathorn Aksornsri juga berkomentar soal rumput sintetis di Rizal Memorial Stadium.

    Menurutnya, rumput sintetis di Rizal Memorial Stadium sedikit berbeda dengan yang ada di Thailand.

    Meski begitu, Thitathorn Aksornsri tetap percaya diri mampu mendapatkan hasil yang terbaik.

    “Saya bermain di permukaan ini pada SEA Games 2019, ini akan sedikit membantu, tetapi sudah bertahun-tahun berlalu.”

    “Kami harus melakukan banyak penyesuaian ketika kami memiliki sedikit waktu untuk berlatih di lapangan sintetis,” jelas Aksornsri.

    “Saya rasa kondisi lapangannya tidak jauh berbeda dengan rumput sintetis di Thailand, namun mungkin masih akan menimbulkan kesulitan karena pantulan dan arah bola akan berbeda.”

    “Bola akan memantul lebih tinggi dari permukaan rumput alami. Namun dengan apa yang sudah kami praktikkan, kami yakin bisa meresponsnya dengan baik,” imbuhnya.

    Menilik rapor pertemuan kedua tim, Thailand mendominasi dengan meraih tiga kemenangan beruntun.

    Bahkan terakhir Thailand kalah dengan skor 1-0 kontra Filipina terjadi pada tahun 1972 silam di ajang Jakarta Trophy.

    Tak ayal jika Thailand lebih diunggulkan untuk menang.

    Head to Head

    11/10/2024: Thailand 3-1 Filipina (Kings Cup)

    26/12/2022: Thailand 4-0 Filipina (ASEAN Cup)

    14/12/2021: Filipina 1-2 Thailand (ASEAN Cup)

    21/11/2018: Filipina 1-1 Thailand (ASEAN Cup)

    25/11/2016: Filipina 0-1 Thailand (ASEAN Cup)

    Prediksi Susunan Pemain

    Filipina (4-3-3): 

    Quincy Kammeraad; Paul Tabinas, Kike Linares, Amani Aguinaldo, Michael Kempter; Oskari Kekkonen, Michael Baldisimo, Zico Bailey; Sandro Reyes, Alex Monis, Bjørn Martin Kristensen. 

    Pelatih: Albert Capellas

    Thailand (4-2-3-1): 

    Patiwat Khammai; Nicholas Mickelson, Jonathan Khemdee, Pansa Hemviboon, Apisit Sorada; Weerathep Pomphan, Peeradon Chamratsamee; Seksan Ratree, Bordin Phala, Suphanat Mueanta; Patrik Gustavsson. 

    Pelatih: Masatada Ishii

    Prediksi Skor

    Filipina 0-2 Thailand

    Link Live Streaming

    LINK

    (*)

  • Hasil Semifinal ASEAN Cup 2024: Vietnam Mengamuk, Singapura Bukan Tandingan Nguyen dkk

    Hasil Semifinal ASEAN Cup 2024: Vietnam Mengamuk, Singapura Bukan Tandingan Nguyen dkk

    Hasil Semifinal ASEAN Cup 2024: Vietnam Mengamuk, Singapura Bukan Tandingan Nguyen dkk

    TRIBUNJATENG.COM – Vietnam memetik kemenangan melawan Singapura di laga leg pertama semifinal ASEAN Cup 2024, Kamis (26/12/2024).

    Bermain di Stadion Jalan Besar, Singapura, Vietnam menang 2 gol tanpa balas.

    Kemenangan ini menjadi modal bagus bagi Vietnam yang akan menjalani leg kedua di kandang.

    Pemain Vietnam berdiri sambil menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al-Thumama di Doha. Minggu (14 Januari 2024). (Istimewa)

    Pada kesempatan ini, Singapura tampil lebih mendominasi sejak menit awal.

    Namun, Singapura terlihat kesulitan untuk membongkar pertahanan Vietnam

    Vietnam berhasil mencetak gol pada menit ke-10 melalui skema sepak pojok.

    Sema berawal dari sepak pojok yang dieksekusi oleh Nguyen Quang Hai.

    Bola yang datang langsung disambut tendangan Khuat Van Khang.

    Dinh Thanh Binh lalu meneruskan bola tersebut dengan sontekan yang membuat gawang Singapura bergetar.

    Hanya, wasit menganulir gol tersebut karena Dinh Thanh Binh dalam posisi offside sebelum terjadi gol.

    Skor masih sama kuat 0-0.

    Singapura kembali memegang penguasaan bola.

    Akan tetapi, belum ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

    Kim Sang-sik memasukkan dua tenaga baru pada awal babak kedua.

    Truong Tien Anh dan Bui Tien Dung ditarik keluar dan digantikan Ho Tan Tai dan Do Duy Manh.

    Namun pergantian pemain belum banyak merubah keadaan.

    Faris Ramli teratuh di kotak penalti Vietnam pada menit ke-81 setelah beradu fisik dengan Ho Tan Tai.

    Hal ini membuat terjadi situasi pengecekkan VAR.

    Wasit akhirna memutuskan bahwa Singapura tak layak mendapat hadiah penalti dan tetap melanjutkan pertandingan.

    Nguyen Xuan Son mencetak gol indah pada menit ke-83.

    Pemain naturalisasi anyar Vietnam itu melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang bersarang di pojok kiri atas gawang Singapura.

    Namun, kali ini wasit melakukan pengecekkan VAR karena ada kemunginan terjadi hansball sebelum Nguyen Xuan Son mencetak gol

    Wasit akhirnya membatalkan gol tersebut karena menilai bola mengenai tangan Nguyen Xuan Son sebelum gol tercipta.

    Keputusan tersebut sempat membuat Kim Sang-sik terlihat emosi dan akhirnya diganjar kartu kuning.

    Wasit memberikan Vietnam hadiah penalti pada menit ke-90+7 setelah Shakir Hamzah dianggap menghalangi pergerakan Nguyen Xuan Son di kotak terlarang.

    Nguyen Tien Linh yang menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

    Bola hasil sepakan Nguyen Tien Linh bersarang ke pojok kanan gawang Singapura sedangkan Izwan Mahbud melompak ke arah sebaliknya.

    Vietnam kembali membobol gawang tuan rumah pada menit ke-90+13.

    Kali ini gol tercipta melalui sontekan Nguyen Xuan Son.

    Vietnam berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 2-0.

    Singapura 0-2 Vietnam: Nguyen Tienh Linh (90+10′-pen), Nguyen Xuan Son (90+13′).
    Kartu Kuning: Shawal Anuar (58′), Shah Shahiran (61′), Nguyen Thanh Chung (61′)

    Susunan pemain Singapura vs Vietnam:

    Singapura: 1-Izwan Mahbud; 21-Safuwan Baharudin, 2-Irfan Najeeb, 3-Ryhan Stewart (Faris Ramli-59′), 5-Amirul Adli, 6-Shah Shahiran, 8-Shahdan Sulaiman, 9-Glen Kweh (Hariss Harun-65′), 15-Lionel Tan, 16-Hami Syahin (Taufik Suparno-65′), 20-Shawal Anuar

    Pelatih: T Ogura

    Vietnam: 21-Nguyen Dinh Trieu; 19-Nguyen Quang Hai (Doan Ngoc Tan-60′), 4-Bui Tien Dung (Do Duy Manh-46′), 5-Truong Tien Anh (Ho Tan Tai-46′), 7-Pham Xuan Manh, 12-Nguyen Xuan Son, 14-Nguyen Hoang Duc, 15-Bui Vi Hao, 16-Nguyen Thanh Chung, 18-Dinh Thanh Binh (Nguyen Tien Ling-60′), 26-Khuat Van Khang

    Pelatih: Kim Sang-sik.

    JADWAL SEMIFINAL ASEAN Cup 2024

    Leg I

    Kamis, (26/12/2024)
    Pukul 20.00 WIB – Singapura 0-2 Vietnam

    Jumat, (27/12/2024)
    Pukul 20.00 WIB – Filipina vs Thailand

    Leg II

    Minggu (29/12/2024)
    Pukul 20.00 WIB – Vietnam vs Singapura

    Senin (30/12/2024)
    Pukul 20.00 WIB – Thailand vs Filipina

    (*)

  • Mitsubishi Terus Tingkatkan TKDN, Wamenperin Acungi Jempol

    Mitsubishi Terus Tingkatkan TKDN, Wamenperin Acungi Jempol

    Jakarta

    Komitmen PT Mitsubishi Motors Krama Yudha (MMKI) untuk memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tidak main-main. Melihat hal tersebut, Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza memberikan apresiasinya.

    Seperti tertulis dalam siaran resmi Kemenperin dijelaskan, pemenuhan TKDN dinilai akan dapat memicu pertumbuhan industri komponen dalam negeri, sehingga memberikan kesempatan sektor industri kecil dan menengah (IKM) sebagai bagian dari rantai pasok distribusi.

    “Pencapaian TKDN tidak hanya mendukung kemandirian industri otomotif, namun juga mendorong industri lain berkembang, termasuk IKM,” kata Wamenperin, Faisol Riza, saat menghadiri perayaan produksi 1 juta unit PT MMKI, di Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

    Wamenperin mengatakan saat ini PT MMKI menjadi salah satu produsen kendaraan bermotor terbesar di Indonesia. Produksi 1 juta unit ini menunjukkan komitmen industri asal Jepang itu dalam berinovasi, meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

    “Sehingga kita bisa lihat begitu besar kontribusinya pada industri otomotif dan ekonomi nasional. Apalagi komitmen terhadap pemenuhan TKDN yang hingga hari ini terus meningkat,” ujar Wamen Faisol.

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza saat mengunjungi pabrik Mitsubishi di Cikarang Jawa Barat. Foto: dok. Kemenperin

    Industri otomotif nasional secara umum mengalami peningkatan. Sepanjang 2023, industri kendaraan roda empat memproduksi total 1,39 juta unit dengan penjualan domestik lebih dari 1 juta unit dan ekspor mobil CBU mencapai 500 ribu unit, meningkat 6,7 persen dari 2022.

    Sementara itu sejak Januari hingga November 2024, industri kendaraan roda empat nasional memproduksi total 1,09 juta unit, dengan 784 ribu unit merupakan penjualan wholesale, 428 ribu ekspor CBU, dan 42 ribu CKD. Adapun total penjualan komponen selama periode ini yakni 143 juta unit.

    “PT MMKI telah menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung industri nasional, dengan investasi Rp12,3 triliun dan menciptakan lebih dari 3.600 lapangan kerja,” kata Wamenperin.

    President & Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato menyatakan, berkat dukungan dari pemerintah Indonesia, para pemasok, dan perusahaan mitra, pusat produksi Mitsubishi di Indonesia telah menjadi pilar utama bisnis perusahaan. “Kendaraan yang diproduksi di sini dijual di seluruh Indonesia, dan beberapa diekspor ke negara lain, termasuk negara-negara ASEAN, sehingga fasilitas ini memiliki peran penting sebagai lokasi produksi utama ASEAN. Kami akan terus meluncurkan produk-produk yang sangat menarik dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi Indonesia lebih lanjut,” paparnya.

    Pusat produksi yang berlokasi di Kawasan Industri GIIC di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tersebut merupakan perusahaan manufaktur bersama yang didirikan oleh Mitsubishi Motors, Mitsubishi Corporation, dan mitra lokal PT Krama Yudha. Pabrik ini mulai berproduksi pada April 2017 dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 160.000 kendaraan. Pada tahun fiskal 2019, kapasitas produksi tersebut ditingkatkan menjadi 220.000 kendaraan, dan kendaraan yang diproduksi oleh perusahaan tersebut kini telah diekspor ke sekitar 50 negara.

    (lth/rgr)

  • Jadwal dan Link Live Streaming Semifinal ASEAN Cup 2024 Filipina Vs Thailand Malam Ini

    Jadwal dan Link Live Streaming Semifinal ASEAN Cup 2024 Filipina Vs Thailand Malam Ini

    Jadwal dan Link Live Streaming Semifinal ASEAN Cup 2024 Filipina Vs Thailand Malam Ini

    TRIBUNJATENG.COM – Thailand dan Filipina akan berduel untuk memperebutkan tiket Final ASEAN Cup 2024.

    Pada kesempatan kali ini, Thailand bakal lebih dulu bertandang ke markas Filipina.

    Duel Filipina vs Thailand digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Jumat (27/12/2024) pukul 20.00 WIB.

    Pemain timnas Filipina Christian Rontini (kanan) berduel dengan pemain timnas Indonesia saat menjalani laga pamungkas babak penyisihan Grup B Piala AFF 2024 yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion Manahan Surakarta, Sabtu (21/12/2024) malam. (KOMPAS.com/SUCI RAHAYU)

    Thailand datang ke Kota Manila dengan rekor sempurna.

    Tim asuhan Masatada Ishii tersebut sukses menyapu bersih kemenangan di fase grup.

    Empat kemenangan sukses diraih oleh Thailand selama fase grup.

    Empat kemenangan diraih saat jumpa Timor Leste (10-0), Malaysia (1-0), Singapura (4-2), dan Kamboja (3-2).

    Meski punya rekor perkasa, Thailand harus mendapatkan ujian berat dari Filipina.

    Meski melalui perjalanan lebih berat, Filipina tetap harus diwaspadai oleh Thailand.

    Tim asuhan Albert Capellas mengantongi tiga hasil imbang dari Laos (1-1), Vietnam (1-1), dan Myanmar (1-1).

    Satu-satunya kemenangan Filipina didapatkan dari Timnas Indonesia dengan skor 1-0.

    Filipina jelas diwaspadai karena faktor non-teknis.

    Pasalnya, lapangan di Stadion Rizal Memorial menggunakan rumput sintetis.

    Faktor permukaan lapangan jelas tidak menguntungkan tim lawan.

    Vietnam jadi tim yang pernah jadi korban dari rumput sintetis Stadion Rizal Memorial.

    Filipina hampir memenangkan laga saat jumpa tim asuhan Kim Sang-sik.

    Masatada Ishii bakal berusaha agar anak asuhnya bisa mengatasi masalah permukaan lapangan sintetis di Kota Manila.

    “Tim harus menghadapi situasi bermain di lapangan rumput sintetis.”

    “Kami berlatih di lapangan kompetisi sebenarnya kemarin dan sekali lagi hari ini. Tentu saja, setiap orang harus berusaha sebaik mungkin.”

    “Kita harus mencoba beradaptasi dengan kondisi yang berubah. Tidak peduli situasi apa yang Anda hadapi Kita harus beradaptasi dengan setiap situasi yang kita hadapi,” kata Masatada Ishii dilansir BolaSport.com dari laman Ball Thai.

    Pelatih Thailand, Masatada Ishii juga mewaspadai semangat juang Filipina yang sedang bagus usai mengalahkan Timnas Indonesia.

    Kemenangan atas Timnas Indonesia jadi alarm kuning bagi skuad Thailand.

    Menurutnya, permainan Filipina mengalami peningkatan saat menang lawan Timnas Indonesia.

    “Permainan Filipina melawan Indonesia, kita tidak bisa mengkritik apa pun.”

    “Namun dari apa yang saya lihat dalam rincian permainan Filipina, mereka berbeda dari sebelumnya.”

    “Telah terjadi peningkatan pada permainan ofensif dan defensif yang lebih baik dibandingkan dengan apa yang pernah kita temui sebelumnya,” lanjutnya.

    Jadwal Filipina vs Thailand

    Jumat, 27 Desember 2024

    Filipina vs Thailand – Kick-off: 20.00 WIB

    Stadion Rizal Memorial, Manila

    Link Live Streaming RCTI

    LINK

    (*)

  • Harga Motor Makin Mahal, Daya Beli Melemah hingga PHK

    Harga Motor Makin Mahal, Daya Beli Melemah hingga PHK

    Jakarta

    Pasar otomotif tahun 2025 dirasa semakin menantang lantaran pemerintah bakal menaikkan pungutan pajak. Praktis harga motor makin mahal yang berpotensi menurunkan daya beli masyarakat, produksi melorot, yang paling parah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

    Sejatinya potensi pasar roda dua di Indonesia masih menggiurkan buat para produsen. Namun jika konsumen kembali mendapat tambahan beban dengan naiknya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 12 persen dan opsen pajak, pasar sepeda motor dikhawatirkan semakin tertekan.

    “Kalau secara potensi market, kita itu potensinya besar. Pertama, jumlah penduduknya banyak. Densitas kepemilikan sepeda motor masih bisa digarap lagi. Kemudian, faktor keberadaan motor sebagai alat transportasi produktif itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat, ke mana-mana naik motor itu efektif, efisien. Melihat kondisi ini, market itu ada opportunity,” kata General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbudin di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.

    “Hanya saja tahun 2025 banyak sekali tambahan-tambahan beban buat masyarakat mungkin ini bakal menjadi challenge sendiri buat industri otomotif,” tambah dia.

    Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) meramal efek penerapan opsen pajak khususnya bisa membuat pasar terkoreksi 20 persen.

    “Namun karena faktor opsen pajak ini, kami khawatir pasar justru akan tertekan hingga 20% tahun depan, ” kata Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala, dalam keterangan resminya.

    Melorotnya angka penjualan di pasar domestik berpotensi menimbulkan dampak bergulir yang terjadi di sisi hulu maupun hilir dari industri sepeda motor di Tanah Air.

    Pertama, penurunan permintaan dari pasar akan memaksa produsen sepeda motor memangkas produksinya sehingga ini akan berdampak pada permintaan mereka ke industri suku cadang yang berada dalam rantai bisnis. Jika dampaknya sangat besar, tidak tertutup kemungkinan akan timbul PHK di industri ini.

    “Kita coba berusaha, ini yang sedang kami pikirkan dari sisi produsen. Yang pasti kalau terjadi kenaikan, biasanya kita transfer kenaikan ke harga, yang dibebankan ke konsumen,” kata Muhib.

    “Efeknya kalau konsumen tidak mampu membeli motor karena kenaikan harga itu, otomatis kita produksinya berkurang. Ngefek ke sisi hulu dan hilirnya. Hulunya produksi dikurangi, otomatis produsen pemasok mengurangi pasokannya, besar terjadi kemungkinan akan mengakibatkan pengurangan karyawan. Terjadi di semua level, baik itu pemasok tier 1, tier 2, sampai tier 3,” ungkap Muhib.

    “Di sisi hilir, ini ber-impact ke industri pendukung, ada industri pembiayaan, industri asuransi, kalau barang yang dibiayai berkurang, otomatis kinerjanya terganggu,” jelas Muhib.

    Kondisi pasar yang memberatkan konsumen dan pelaku industri ini berpotensi menekan daya saing industri di kancah ekonomi global, terutama di kawasan ASEAN.

    Pasalnya, dalam situasi persaingan yang sama, negara tetangga yang tercatat sebagai salah satu pasar otomotif yang sedang tumbuh di ASEAN, justru mempertahankan kebijakan pengurangan PPN dari 10% menjadi 8% hingga Juni 2025. Sementara itu, Indonesia menambahkan PPN jadi 12%, ditambah kenaikan PKB dan BBNKB, dan pungutan tambahan pajak atau opsen.

    “Jika ini semua diberlakukan dan dipertahankan dalam jangka panjang, kami khawatir daya saing industri kita melemah. Ini kurang positif untuk iklim investasi,” ungkap Sigit khawatir.

    (riar/rgr)