Novel Jadi Kategori Paling Laris di Gramedia Jalma Setelah Rebranding
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com –
Novel tercatat sebagai kategori buku yang paling banyak dibeli pengunjung
Gramedia Jalma
selama tiga hari pertama sejak toko tersebut dibuka.
Hal ini disampaikan oleh Oca, Supervisor Gramedia Jalma, yang telah mengamati pola belanja konsumen sejak hari pertama pembukaan.
“Kalau kami lihat dari penjualan selama tiga hari ini, novel. Novel itu kekuatannya yang masih tinggi,” kata Oca kepada
Kompas.com
, Jumat (6/6/2025).
Menurut dia, daya tarik novel terletak pada ragam pilihan dan segmentasinya yang luas, mulai dari remaja hingga dewasa. Ia juga menyebutkan, novel-novel sastra termasuk yang paling banyak diminati.
“Mungkin karena novel itu kan banyak variasinya, mulai dari yang untuk remaja, hingga yang sastra, seperti sastra Amerika Latin atau yang lebih klasik. Pilihannya sangat banyak,” lanjut dia.
Fenomena ini cukup menarik, mengingat Gramedia sedang melakukan
rebranding
untuk menjadikan toko buku mereka lebih dari sekadar tempat berbelanja, melainkan ruang pengalaman literasi.
Pengunjung tidak hanya datang untuk membeli buku, tetapi juga untuk duduk santai, berdiskusi, dan menikmati suasana yang ada di toko.
Konsep
retail experience
yang diterapkan oleh Gramedia Jalma juga turut berkontribusi terhadap daya tarik kategori novel.
Beberapa pengunjung bahkan mengaku mendapat rekomendasi langsung dari
book advisor
sebelum memutuskan untuk membeli buku.
“
Book advisor
kami ada delapan orang, dan mereka siap mendampingi pengunjung jika membutuhkan rekomendasi,” ujar Oca.
Adapun Gramedia Jalma, yang terletak di kawasan Melawai, beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00–22.00 WIB, dan mulai pukul 09.30 WIB pada akhir pekan.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Novel Jadi Kategori Paling Laris di Gramedia Jalma Setelah Rebranding Megapolitan 6 Juni 2025
/data/photo/2025/06/06/6842ec615a8c2.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)