Dilarang Masuk, Rombongan Wisatawan Serang Satpam Kebun Raya Bogor
Tim Redaksi
BOGOR, KOMPAS.com
– Sebuah rekaman video yang memperlihatkan keributan di depan pintu masuk 1
Kebun Raya Bogor
, Kecamatan Bogor Tengah, viral di media sosial.
Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @metrobogor_, terlihat sekelompok orang dengan mayoritas mengenakan kaos hitam terlibat aksi penyerangan terhadap seorang petugas keamanan (satpam).
Para pelaku tampak mengejar satpam, kemudian mendorong dan memukul hingga satpam tersebut jatuh ke jalan.
Tak hanya itu, mereka juga terlihat menendang gerbang pintu masuk Kebun Raya Bogor.
Kapolsek Bogor Tengah, AKP Agustinus Manurung mengatakan, insiden itu terjadi pada Minggu (15/12/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
Keributan itu terjadi antara petugas pengamanan dengan rombongan wisatawan.
“Itu tuh ada dua bis dari Banten. Mereka jalan-jalan tamasya ke Bogor. Sampai di Kebun Raya sekitar jam 16.00 sore, tapi pada waktu itu Kebun Raya sudah tutup. Mereka memaksa ingin masuk, tapi tidak diizinkan oleh satpam,” ucap Agustinus saat dikonfirmasi, Rabu (18/12/2024).
Rombongan tersebut adalah anggota salah satu perguruan pencak silat dari Banten.
Karena tidak diizinkan masuk, rombongan menjadi marah dan menyerang petugas keamanan yang berjaga di pintu masuk.
“Rombongan perguruan pencak silat dari Banten mereka memaksa masuk. Ketika diberi tahu bahwa jam 16.00 WIB sudah tidak bisa menerima pengunjung lagi, mereka tetap memaksa sambil beralasan ingin masuk sebentar untuk berdoa. Namun, satpam tetap tidak memberikan izin sehingga keributan terjadi,” tambah Agustinus.
Dalam keributan tersebut, tujuh satpam terdorong, dan satu orang dipukul.
Para korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polresta Bogor Kota.
“Saat ngamuk, pokoknya langsung ngejar satpam. Tujuh satpam kedorong, satu lagi dipukul. Setelah keributan selesai, rombongan tersebut langsung meninggalkan lokasi dengan menggunakan bus,” pungkas Agustinus.
Dikonfirmasi terpisah Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota AKP Aji Riznaldi Nugroho mengatakan, saat ini laporan ini sedang ditindaklanjuti.
“Sudah ada laporan. Kita lakukan penyelidikan,” ujar Aji.
Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
NGO: AJI
-

Menko Pangan pastikan harga pangan selama natal dan tahun baru aman
Harga pangan selama natal dan tahun baru aman dan terkendali.
Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Pangan (Menko Pangan) Zulkifli Hasan memastikan harga pangan selama periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025 dalam kondisi aman dan terkendali.
“Harga pangan selama natal dan tahun baru aman dan terkendali,” ujar Zulkifli dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.
Menurut dia, stok pangan saat ini dalam kondisi lebih daripada cukup, sehingga dapat dipastikan aman.
“Stok pangan lebih daripada cukup jadi aman sekali,” katanya pula.
Kondisi stok yang lebih daripada cukup dan aman tersebut, juga membuat pemerintah untuk memutuskan tidak melakukan impor pangan terhadap empat komoditas yakni beras, jagung, gula, dan garam pada tahun depan.
“Oleh karena itu kita putuskan tahun depan tidak impor,” kata Zulkifli.
Menko Pangan Zulkifli Hasan menjamin pasokan pangan nasional dalam kondisi aman, termasuk untuk Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, di tengah situasi cuaca ekstrem.
Dirinya menambahkan stok beras, baik di Bulog, ritel dan pengecer dalam kondisi aman dan mencukupi, termasuk untuk menghadapi natal-tahun baru.
Zulkifli juga menyampaikan bahwa pemerintah juga tidak mengimpor gula untuk konsumsi pada tahun depan, mengingat stok yang mencukupi sekitar 1,4 juta ton dengan produksi diperkirakan 2,6 juta ton.
Menurut dia, Indonesia tidak lagi melakukan impor untuk komoditas garam konsumsi, gula konsumsi, beras dan jagung untuk pakan ternak pada 2025.
Pemerintah menargetkan produksi gula dalam negeri sebesar 2,6 juta ton. Produksi gula konsumsi ini juga akan digenjot dengan melakukan pengembangan bibit baru, manajemen perkebunan hingga menjalin kerja sama dengan pelaku UKM.
Untuk garam konsumsi, pemerintah menargetkan produksi bisa mencapai 2,25 juta ton, guna mencukupi kebutuhan dalam negeri yang sebesar 1,76 juta ton pada 2025.
Dari sisi produksi jagung untuk pakan ternak, ditargetkan mampu mencapai 16,68 juta ton, sedangkan, kebutuhan jagung dalam negeri sekitar 13 juta ton.
Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024 -

Patra Jasa Pertahankan Tata Kelola Perusahaan Terbaik
Jakarta: PT Patra Jasa kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Indonesia Trusted Companies 2024 dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance (GCG) Award 2024. Acara penghargaan tersebut digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, dan dihadiri langsung oleh Direktur Utama Patra Jasa, Ray SM Daulay, serta Komisaris Independen Suryo Tridoso Eko Sapto Handono.
Ajang tahunan ini diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA dan telah berlangsung selama 23 tahun. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance” dengan melibatkan 50 perusahaan BUMN maupun swasta.
Dalam penilaian yang dilakukan melalui Corporate Governance Perception Index (CGPI), Patra Jasa dinobatkan sebagai salah satu perusahaan terpercaya di Indonesia. Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Utama Patra Jasa, Ray SM Daulay.
“Saya mewakili jajaran manajemen Patra Jasa mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Pengakuan ini membuktikan bahwa Patra Jasa, sebagai anak perusahaan portfolio PT Pertamina (Persero), konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance di seluruh lini perusahaan,” ujar Ray.
Lebih lanjut, Ray menekankan pentingnya sosialisasi pemahaman GCG, termasuk prinsip anti-penyuapan dan anti-fraud kepada seluruh karyawan. “Patra Jasa selalu mengedepankan kepatuhan terhadap GCG melalui pendekatan Plan-Do-Action-Check (PDAC) yang kami terapkan dalam aktivitas perusahaan. Semua program juga selaras dengan visi, misi, serta rencana jangka panjang perusahaan,” tambahnya.
Peningkatan Berkelanjutan
Komisaris Patra Jasa, Rudi Prabowo Aji, menegaskan komitmen perusahaan dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik secara berkelanjutan. Menurutnya, selama tiga tahun terakhir, hasil evaluasi dan assessment penerapan GCG di Patra Jasa terus menunjukkan peningkatan.“Hasil evaluasi kami konsisten membaik setiap tahunnya. Tahun ini, kami optimis mampu mempertahankan hasil positif ini berkat berbagai aksi nyata yang telah kami lakukan, seperti sosialisasi edukatif, perbaikan berkelanjutan, serta pelatihan berkala bagi para pekerja,” ujar Rudi.
Patra Jasa juga aktif melaksanakan program perlindungan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari implementasi GCG yang berkelanjutan.
Prestasi ini menjadi bukti komitmen Patra Jasa dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, Patra Jasa berharap dapat terus memberikan dampak positif bagi perusahaan, lingkungan, dan seluruh pemangku kepentingan.
Jakarta: PT Patra Jasa kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Indonesia Trusted Companies 2024 dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance (GCG) Award 2024. Acara penghargaan tersebut digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, dan dihadiri langsung oleh Direktur Utama Patra Jasa, Ray SM Daulay, serta Komisaris Independen Suryo Tridoso Eko Sapto Handono.
Ajang tahunan ini diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA dan telah berlangsung selama 23 tahun. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance” dengan melibatkan 50 perusahaan BUMN maupun swasta.
Dalam penilaian yang dilakukan melalui Corporate Governance Perception Index (CGPI), Patra Jasa dinobatkan sebagai salah satu perusahaan terpercaya di Indonesia. Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Utama Patra Jasa, Ray SM Daulay.
“Saya mewakili jajaran manajemen Patra Jasa mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Pengakuan ini membuktikan bahwa Patra Jasa, sebagai anak perusahaan portfolio PT Pertamina (Persero), konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance di seluruh lini perusahaan,” ujar Ray.
Lebih lanjut, Ray menekankan pentingnya sosialisasi pemahaman GCG, termasuk prinsip anti-penyuapan dan anti-fraud kepada seluruh karyawan. “Patra Jasa selalu mengedepankan kepatuhan terhadap GCG melalui pendekatan Plan-Do-Action-Check (PDAC) yang kami terapkan dalam aktivitas perusahaan. Semua program juga selaras dengan visi, misi, serta rencana jangka panjang perusahaan,” tambahnya.
Peningkatan Berkelanjutan
Komisaris Patra Jasa, Rudi Prabowo Aji, menegaskan komitmen perusahaan dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik secara berkelanjutan. Menurutnya, selama tiga tahun terakhir, hasil evaluasi dan assessment penerapan GCG di Patra Jasa terus menunjukkan peningkatan.
“Hasil evaluasi kami konsisten membaik setiap tahunnya. Tahun ini, kami optimis mampu mempertahankan hasil positif ini berkat berbagai aksi nyata yang telah kami lakukan, seperti sosialisasi edukatif, perbaikan berkelanjutan, serta pelatihan berkala bagi para pekerja,” ujar Rudi.
Patra Jasa juga aktif melaksanakan program perlindungan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari implementasi GCG yang berkelanjutan.
Prestasi ini menjadi bukti komitmen Patra Jasa dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, Patra Jasa berharap dapat terus memberikan dampak positif bagi perusahaan, lingkungan, dan seluruh pemangku kepentingan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id(ALB)
-

Deretan Delapan Bandara Injourney Airport Tersibuk Saat Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 – Halaman all
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airport memastikan bahwa setidaknya ada delapan bandara tersibuk dari 37 bandara yang dikelola selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Direktur Operasi InJourney Airport Wendo Asrul Rose mengatakan, definisi bandara tersibuk saat periode Natal 2024 Tahun Baru 2025 ini lantaran adanya perpindahan penumpang untuk berlibur, serta penumpang yang bertujuan merayakan hari Natal.
“Terkait dengan 8 bandara tersibuk, jadi kalau kita lihat ya, di proses Nataru ini, perpindahan penumpang itu terjadi, ada 2 perjalanan,” kata Wendo dalam Konferensi Pers di Kantor Injourney Airport, dikutip Rabu (18/12/2024).
“Satu, yang terkait dengan libur ya, jadi memang perjalanan ini karena orang ingin pengen liburan. Nah kemudian yang kedua, ingin merayakan Natal dan Tahun Baru. Biasanya berkumpul dengan keluarga,” imbuhnya menegaskan.
Wendo mengatakan, bandara tersibuk pertama yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta. Kedua, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Ketiga, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Keempat, Bandara Internasional Juanda Surabaya. Kelima, Bandara Internasional Yogyakarta. Keenam, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Ketujuh, Bandara Internasional Kualanamu dan terakhir Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.
“Bandara Makassar sebagai bandara transit. Kemudian Surabaya sebagai bandara tujuan liburan. Kemudian YIA, Jogja nih, tempat orang liburan nih. Nah kemudian juga ada Balikpapan, kemudian ada Kualanamu, ada Manado,” ucap Wendo.
“Dua bandara bukan bandara besar, tapi trafiknya cukup bagus di sini terkait dengan Natal dan Tahun Baru itu, Kupang sama Ambon. Jadi jenis perjalanannya dua, ada yang wisata, kemudian ada yang perjalanan untuk merayakan Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.
Injourney Airport telah melakukan langkah antisipatif dalam menghadapi lonjakan penumpang saat periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Wendo menegaskan, setidaknya akan ada 15.939 personil keamanan yang tergabung dari pegawai Injourney Airport, Bea dan Cukai, Kepolisian, TNI dan BMKG untuk melancarkan arus mudik periode tersebut.
“Kesiapan bandara sendiri, personil kita total akan diturunkan 15.939 personil, ini menjadi cukup besar ya, karena sizingnya juga 37 bandara, dimana internal kurang lebih 12.151 personil, dan eksternal yang terdiri tadi dari BMKG, ada TNI, ada Polri,” ucap dia.
“Kemudian ada teman-teman dari imigrasi, bea cukai, karantina, ini biasanya ada semua di posko kita, itu kurang lebih 3.788 personil,” sambungnya.
Dia juga memastikan bahwa fasilitas yang terkait dengan keselamatan, keamanan bahkan dari sisi udara untuk pendaratan dipastikan sudah siap memberikan layanan terbaik kepada pengguna jasa periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
“Ada satu kondisi-kondisi sebagai satu langkah antisipasi yang kita siapkan, khusus untuk antisipasi kondisi irregularities atau kondisi yang tidak normal ya, ini sudah disiapkan oleh teman-teman,” terangnya.
-

Heboh Demam Babi Afrika di 32 Provinsi RI, Kemenkes Ungkap Cara Penularannya
Jakarta –
Demam Babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) tengah marak di RI. Badan Karantina Indonesia (Barantin) mengatakan ada 32 provinsi RI yang melaporkan wabah tersebut, termasuk Papua, Papua Tengah, hingga Nusa Tenggara Timur.
Papua Tengah misalnya, mencatat 6.273 ekor babi mati akibat ASF pada Januari 2024. Hingga saat ini di Indonesia belum memiliki vaksin untuk mengatasi wabah tersebut. Berbeda dengan wabah flu burung, yang vaksinnya sudah tersedia.
Kepala Biro Komunikasi Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI Aji Muhawarman mengatakan African Swine Fever (ASF) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Genus, Asfivirus, Family Asfaviridae, dapat menyerang ternak babi domestik dan babi liar pada semua tingkatan umur.
ASF sangat menular, bahkan menyebabkan kematian hingga 100 persen sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi tinggi di sektor peternakan babi.
Aji mengatakan virus penyebab ASF ini dapat menyebar melalui beberapa cara, seperti berikut:
kontak langsung sesama babiseranggamaterial pembawa (fomites) termasuk pakaianperalatan peternakankendaraanpakan mentah yang terkontaminasi.
“Kemenkes telah berkoordinasi dengan Kementan. ASF bukan penyakit zoonosis tetapi penyakit yang menyerang babi,” kata Aji saat dihubungi detikcom, Selasa (17/12/2024).
Aji menegaskan virus ASF ini tak berbahaya bagi manusia lantaran tak ada penularan dari hewan ke manusia. Adapun penanggulangan penyakit ini, kata Aji, ada di bawah otoritas Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan dan dinas yang membidangi fungsi kesehatan hewan di Provinsi dan Kabupaten/Kota.
Untuk menekan penyebaran virus, Aji mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat dalam waktu 1×24 jam jika ditemukan babi yang sakit atau mati. Kemudian, sebaiknya tidak menjual atau membeli babi yang sakit.
“Melakukan pembersihan dan desinfeksi peternakan babi, mengonsumsi babi dari babi yang sehat yang sudah diawasi pemotongannya oleh otoritas yang berwenang dan dimasak dengan matang. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” katanya.
“Hingga saat ini belum ada vaksin untuk melawan virus ASF,” imbuhnya lagi.
(suc/naf)
-

Komponen Mobil yang Wajib Dicek Jelang Libur Nataru
Jakarta, CNN Indonesia —
Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kerap dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil pribadi.
Demi menjaga kenyamanan dan keselamatan ada baiknya masyarakat memerhatikan kesiapan kendaraan sebelum bepergian, termasuk komponen krusial yang harus diperbaiki terutama di musim hujan seperti saat ini.
“Perjalanan jauh ya, perjalanan jauh yang pertama kan kita lihat dari fungsi-fungsi dari kendaraannya, terutama item-item safety. Item-item safety contohnya rem, kemudian ada wiper, kemudian ada juga lampu headlamp, sign kanan-kiri, dan fungsi-fungsi lain. Itu dari sisi safety,” ujar Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City Aji Himawan saat ditemui di Depok, Sabtu (14/12).
Menurutnya selain itu cek kondisi ban, apakah sudah aus karena termakan usia atau rusak disebabkan beberapa hal. Bila itu terjadi sebaik segera ganti untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan.
“Utama ban tuh. Karena ban itu kan dia yang bertapak langsung dengan permukaan jalan. Orang selalu lihat, ‘ban saya masih tebal’. Kalau ban itu masih tebal ada masa pemakaian maksimum 5 tahun. Jadi walaupun dia masih tebal, di atas 5 tahun selanjutnya segera lakukan penggantian. Karena kenapa? Kalau di atas 5 tahun karet itu getas,” ucap Aji.
Selanjutnya komponen wiper. Menurut Aji juga perlu dilakukan pengecekan baik dari sisi karet maupun cairan wiper agar kinerja komponen ini maksimal terutama di musim hujan seperti saat ini.
“Wiper sebenarnya kalau kita lihat secara fisik, kalau sapuannya sudah bergaris itu sudah waktunya ganti. Itu dari sisi karet wiper-nya ya,”tutur Aji.
Kemudian cairan wiper juga harus baik. Usahakan menggunakan cairan dengan formula khusus untuk kendaraan.
“Jadi kalau misal kadang kita temukan ada yang mencampur pakai sabun, atau mencampur pakai cairan cuci piring, atau lainnya itu tidak rekomendasi,” tukasnya.
Selain itu, ia juga menyoroti kondisi pendingin udara atau AC, sebab komponen ini sebagai penentu kenyamanan selama perjalanan. Pastikan sistem pendingin udara pada mobil bekerja dengan baik.
Apabila AC bermasalah segera kunjungi bengkel terpercaya untuk menghindari penipuan berujung menguras isi kantong.
(rac/mik)
[Gambas:Video CNN]
-

Menteri PKP ingin kuota FLPP pada 2025 ditingkatkan jadi 500 ribu unit
Kita minta setidaknya kalau boleh 500.000 unit untuk tahun depan, dan saya sudah cek kesiapannya,
Jakarta (ANTARA) – Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman atau PKP Maruarar Sirait (Ara) ingin kuota penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dapat ditingkatkan menjadi 500 ribu unit pada tahun 2025.
“Terkait FLPP kalau kami mengajukannya, kami ingin 500.000 unit,” ujar Ara dalam acara dialog “Solusi Pendanaan Program tiga Juta Rumah” di Jakarta, Senin.
Dengan demikian, lanjutnya, hal itu bertambah 280.000 unit dari rencana alokasi kuota penyaluran sebelumnya untuk tahun depan sebesar 220.000 unit.
“Kita minta setidaknya kalau boleh 500.000 unit untuk tahun depan, dan saya sudah cek kesiapannya,” katanya.
Ara berharap program KPR FLPP untuk tahun depan sudah bisa diluncurkan pada bulan Januari.
“Terutama bagaimana FLPP kalau boleh bulan Januari bisa diluncurkan jadi minta tolong, karena sudah ada kesiapan itu. Jadi bulan Januari kalau bisa segera dijalankan, Daftar Isian Pelaksanaan Anggarannya (DIPA) sudah diterima. Kita makin cepat makin bagus, jadi minta tolong ke Kementerian Keuangan kalau boleh Januari kita sudah luncurkan program FLPP,” kata Ara.
Dirinya menyampaikan program KPR FLPP terbukti disukai tidak hanya oleh masyarakat, namun juga oleh pengembang perumahan maupun perbankan karena membantu pembangunan perumahan bagi rakyat.
“Terus terang FLPP ini program yang bagus, jadi tolong ditambahkan, karena kita jangan mengadakan-adakan program yang memang masih uji coba. Kalau boleh yang diadakan itu program yang terbukti masyarakatnya senang,” kata Ara.
Sebagai informasi, KPR FLPP diluncurkan pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan merupakan program kredit pemilikan rumah dengan berbagai kemudahan yang ditujukan bagi masyarakat dengan penghasilan tertentu. Dana penyaluran dari pemerintah yang dikelola dan disalurkan oleh sejumlah perbankan nasional.
KPR FLPP dinilai sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin memiliki rumah bersubsidi dengan harga dan angsuran yang terjangkau. Program penyaluran KPR FLPP yang telah dilaksanakan pemerintah sejak tahun 2010 sangat baik guna mendukung Program tiga Juta Rumah.
Hal itu karena masyarakat berpenghasilan rendah membutuhkan bantuan pembiayaan KPR sehingga mereka dapat mengangsur dengan biaya angsuran yang tetap dengan masa tenor yang cukup lama.
Pewarta: Aji Cakti
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024
/data/photo/2024/12/18/676287bc56928.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)


