NGO: AJI

  • Dilarang Masuk, Rombongan Wisatawan Serang Satpam Kebun Raya Bogor
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        18 Desember 2024

    Dilarang Masuk, Rombongan Wisatawan Serang Satpam Kebun Raya Bogor Megapolitan 18 Desember 2024

    Dilarang Masuk, Rombongan Wisatawan Serang Satpam Kebun Raya Bogor
    Tim Redaksi
    BOGOR, KOMPAS.com
    – Sebuah rekaman video yang memperlihatkan keributan di depan pintu masuk 1
    Kebun Raya Bogor
    , Kecamatan Bogor Tengah, viral di media sosial.
    Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @metrobogor_, terlihat sekelompok orang dengan mayoritas mengenakan kaos hitam terlibat aksi penyerangan terhadap seorang petugas keamanan (satpam).
    Para pelaku tampak mengejar satpam, kemudian mendorong dan memukul hingga satpam tersebut jatuh ke jalan.
    Tak hanya itu, mereka juga terlihat menendang gerbang pintu masuk Kebun Raya Bogor.
    Kapolsek Bogor Tengah, AKP Agustinus Manurung mengatakan, insiden itu terjadi pada Minggu (15/12/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
    Keributan itu terjadi antara petugas pengamanan dengan rombongan wisatawan.
    “Itu tuh ada dua bis dari Banten. Mereka jalan-jalan tamasya ke Bogor. Sampai di Kebun Raya sekitar jam 16.00 sore, tapi pada waktu itu Kebun Raya sudah tutup. Mereka memaksa ingin masuk, tapi tidak diizinkan oleh satpam,” ucap Agustinus saat dikonfirmasi, Rabu (18/12/2024).
    Rombongan tersebut adalah anggota salah satu perguruan pencak silat dari Banten.
    Karena tidak diizinkan masuk, rombongan menjadi marah dan menyerang petugas keamanan yang berjaga di pintu masuk.
    “Rombongan perguruan pencak silat dari Banten mereka memaksa masuk. Ketika diberi tahu bahwa jam 16.00 WIB sudah tidak bisa menerima pengunjung lagi, mereka tetap memaksa sambil beralasan ingin masuk sebentar untuk berdoa. Namun, satpam tetap tidak memberikan izin sehingga keributan terjadi,” tambah Agustinus.
    Dalam keributan tersebut, tujuh satpam terdorong, dan satu orang dipukul.
    Para korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polresta Bogor Kota.
    “Saat ngamuk, pokoknya langsung ngejar satpam. Tujuh satpam kedorong, satu lagi dipukul. Setelah keributan selesai, rombongan tersebut langsung meninggalkan lokasi dengan menggunakan bus,” pungkas Agustinus.
    Dikonfirmasi terpisah Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota AKP Aji Riznaldi Nugroho mengatakan, saat ini laporan ini sedang ditindaklanjuti.
    “Sudah ada laporan. Kita lakukan penyelidikan,” ujar Aji.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Menko Pangan pastikan harga pangan selama natal dan tahun baru aman

    Menko Pangan pastikan harga pangan selama natal dan tahun baru aman

    Harga pangan selama natal dan tahun baru aman dan terkendali.

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Pangan (Menko Pangan) Zulkifli Hasan memastikan harga pangan selama periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025 dalam kondisi aman dan terkendali.

    “Harga pangan selama natal dan tahun baru aman dan terkendali,” ujar Zulkifli dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

    Menurut dia, stok pangan saat ini dalam kondisi lebih daripada cukup, sehingga dapat dipastikan aman.

    “Stok pangan lebih daripada cukup jadi aman sekali,” katanya pula.

    Kondisi stok yang lebih daripada cukup dan aman tersebut, juga membuat pemerintah untuk memutuskan tidak melakukan impor pangan terhadap empat komoditas yakni beras, jagung, gula, dan garam pada tahun depan.

    “Oleh karena itu kita putuskan tahun depan tidak impor,” kata Zulkifli.

    Menko Pangan Zulkifli Hasan menjamin pasokan pangan nasional dalam kondisi aman, termasuk untuk Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, di tengah situasi cuaca ekstrem.

    Dirinya menambahkan stok beras, baik di Bulog, ritel dan pengecer dalam kondisi aman dan mencukupi, termasuk untuk menghadapi natal-tahun baru.

    Zulkifli juga menyampaikan bahwa pemerintah juga tidak mengimpor gula untuk konsumsi pada tahun depan, mengingat stok yang mencukupi sekitar 1,4 juta ton dengan produksi diperkirakan 2,6 juta ton.

    Menurut dia, Indonesia tidak lagi melakukan impor untuk komoditas garam konsumsi, gula konsumsi, beras dan jagung untuk pakan ternak pada 2025.

    Pemerintah menargetkan produksi gula dalam negeri sebesar 2,6 juta ton. Produksi gula konsumsi ini juga akan digenjot dengan melakukan pengembangan bibit baru, manajemen perkebunan hingga menjalin kerja sama dengan pelaku UKM.

    Untuk garam konsumsi, pemerintah menargetkan produksi bisa mencapai 2,25 juta ton, guna mencukupi kebutuhan dalam negeri yang sebesar 1,76 juta ton pada 2025.

    Dari sisi produksi jagung untuk pakan ternak, ditargetkan mampu mencapai 16,68 juta ton, sedangkan, kebutuhan jagung dalam negeri sekitar 13 juta ton.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2024

  • Patra Jasa Pertahankan Tata Kelola Perusahaan Terbaik

    Patra Jasa Pertahankan Tata Kelola Perusahaan Terbaik

    Jakarta: PT Patra Jasa kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Indonesia Trusted Companies 2024 dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance (GCG) Award 2024. Acara penghargaan tersebut digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, dan dihadiri langsung oleh Direktur Utama Patra Jasa, Ray SM Daulay, serta Komisaris Independen Suryo Tridoso Eko Sapto Handono.

    Ajang tahunan ini diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA dan telah berlangsung selama 23 tahun. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance” dengan melibatkan 50 perusahaan BUMN maupun swasta.

    Dalam penilaian yang dilakukan melalui Corporate Governance Perception Index (CGPI), Patra Jasa dinobatkan sebagai salah satu perusahaan terpercaya di Indonesia. Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Utama Patra Jasa, Ray SM Daulay.

    “Saya mewakili jajaran manajemen Patra Jasa mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Pengakuan ini membuktikan bahwa Patra Jasa, sebagai anak perusahaan portfolio PT Pertamina (Persero), konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance di seluruh lini perusahaan,” ujar Ray.

    Lebih lanjut, Ray menekankan pentingnya sosialisasi pemahaman GCG, termasuk prinsip anti-penyuapan dan anti-fraud kepada seluruh karyawan. “Patra Jasa selalu mengedepankan kepatuhan terhadap GCG melalui pendekatan Plan-Do-Action-Check (PDAC) yang kami terapkan dalam aktivitas perusahaan. Semua program juga selaras dengan visi, misi, serta rencana jangka panjang perusahaan,” tambahnya.
    Peningkatan Berkelanjutan
    Komisaris Patra Jasa, Rudi Prabowo Aji, menegaskan komitmen perusahaan dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik secara berkelanjutan. Menurutnya, selama tiga tahun terakhir, hasil evaluasi dan assessment penerapan GCG di Patra Jasa terus menunjukkan peningkatan.

    “Hasil evaluasi kami konsisten membaik setiap tahunnya. Tahun ini, kami optimis mampu mempertahankan hasil positif ini berkat berbagai aksi nyata yang telah kami lakukan, seperti sosialisasi edukatif, perbaikan berkelanjutan, serta pelatihan berkala bagi para pekerja,” ujar Rudi.

    Patra Jasa juga aktif melaksanakan program perlindungan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari implementasi GCG yang berkelanjutan.

    Prestasi ini menjadi bukti komitmen Patra Jasa dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, Patra Jasa berharap dapat terus memberikan dampak positif bagi perusahaan, lingkungan, dan seluruh pemangku kepentingan.

    Jakarta: PT Patra Jasa kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Indonesia Trusted Companies 2024 dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance (GCG) Award 2024. Acara penghargaan tersebut digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, dan dihadiri langsung oleh Direktur Utama Patra Jasa, Ray SM Daulay, serta Komisaris Independen Suryo Tridoso Eko Sapto Handono.
     
    Ajang tahunan ini diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA dan telah berlangsung selama 23 tahun. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance” dengan melibatkan 50 perusahaan BUMN maupun swasta.
     
    Dalam penilaian yang dilakukan melalui Corporate Governance Perception Index (CGPI), Patra Jasa dinobatkan sebagai salah satu perusahaan terpercaya di Indonesia. Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Utama Patra Jasa, Ray SM Daulay.
    “Saya mewakili jajaran manajemen Patra Jasa mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Pengakuan ini membuktikan bahwa Patra Jasa, sebagai anak perusahaan portfolio PT Pertamina (Persero), konsisten dalam menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance di seluruh lini perusahaan,” ujar Ray.
     
    Lebih lanjut, Ray menekankan pentingnya sosialisasi pemahaman GCG, termasuk prinsip anti-penyuapan dan anti-fraud kepada seluruh karyawan. “Patra Jasa selalu mengedepankan kepatuhan terhadap GCG melalui pendekatan Plan-Do-Action-Check (PDAC) yang kami terapkan dalam aktivitas perusahaan. Semua program juga selaras dengan visi, misi, serta rencana jangka panjang perusahaan,” tambahnya.
    Peningkatan Berkelanjutan
    Komisaris Patra Jasa, Rudi Prabowo Aji, menegaskan komitmen perusahaan dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik secara berkelanjutan. Menurutnya, selama tiga tahun terakhir, hasil evaluasi dan assessment penerapan GCG di Patra Jasa terus menunjukkan peningkatan.
     
    “Hasil evaluasi kami konsisten membaik setiap tahunnya. Tahun ini, kami optimis mampu mempertahankan hasil positif ini berkat berbagai aksi nyata yang telah kami lakukan, seperti sosialisasi edukatif, perbaikan berkelanjutan, serta pelatihan berkala bagi para pekerja,” ujar Rudi.
     
    Patra Jasa juga aktif melaksanakan program perlindungan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari implementasi GCG yang berkelanjutan.
     
    Prestasi ini menjadi bukti komitmen Patra Jasa dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, Patra Jasa berharap dapat terus memberikan dampak positif bagi perusahaan, lingkungan, dan seluruh pemangku kepentingan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ALB)

  • Deretan Delapan Bandara Injourney Airport Tersibuk Saat Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 – Halaman all

    Deretan Delapan Bandara Injourney Airport Tersibuk Saat Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airport memastikan bahwa setidaknya ada delapan bandara tersibuk dari 37 bandara yang dikelola selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Direktur Operasi InJourney Airport Wendo Asrul Rose mengatakan, definisi bandara tersibuk saat periode Natal 2024 Tahun Baru 2025 ini lantaran adanya perpindahan penumpang untuk berlibur, serta penumpang yang bertujuan merayakan hari Natal.

    “Terkait dengan 8 bandara tersibuk, jadi kalau kita lihat ya, di proses Nataru ini, perpindahan penumpang itu terjadi, ada 2 perjalanan,” kata Wendo dalam Konferensi Pers di Kantor Injourney Airport, dikutip Rabu (18/12/2024).

    “Satu, yang terkait dengan libur ya, jadi memang perjalanan ini karena orang ingin pengen liburan. Nah kemudian yang kedua, ingin merayakan Natal dan Tahun Baru. Biasanya berkumpul dengan keluarga,” imbuhnya menegaskan.

    Wendo mengatakan, bandara tersibuk pertama yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta. Kedua, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Ketiga, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. 

    Keempat, Bandara Internasional Juanda Surabaya. Kelima, Bandara Internasional Yogyakarta. Keenam, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Ketujuh, Bandara Internasional Kualanamu dan terakhir Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

    “Bandara Makassar sebagai bandara transit. Kemudian Surabaya sebagai bandara tujuan liburan. Kemudian YIA, Jogja nih, tempat orang liburan nih. Nah kemudian juga ada Balikpapan, kemudian ada Kualanamu, ada Manado,” ucap Wendo.

    “Dua bandara bukan bandara besar, tapi trafiknya cukup bagus di sini terkait dengan Natal dan Tahun Baru itu, Kupang sama Ambon. Jadi jenis perjalanannya dua, ada yang wisata, kemudian ada yang perjalanan untuk merayakan Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.

    Injourney Airport telah melakukan langkah antisipatif dalam menghadapi lonjakan penumpang saat periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. 

    Wendo menegaskan, setidaknya akan ada 15.939 personil keamanan yang tergabung dari pegawai Injourney Airport, Bea dan Cukai, Kepolisian, TNI dan BMKG untuk melancarkan arus mudik periode tersebut.

    “Kesiapan bandara sendiri, personil kita total akan diturunkan 15.939 personil, ini menjadi cukup besar ya, karena sizingnya juga 37 bandara, dimana internal kurang lebih 12.151 personil, dan eksternal yang terdiri tadi dari BMKG, ada TNI, ada Polri,” ucap dia.

    “Kemudian ada teman-teman dari imigrasi, bea cukai, karantina, ini biasanya ada semua di posko kita, itu kurang lebih 3.788 personil,” sambungnya.

    Dia juga memastikan bahwa fasilitas yang terkait dengan keselamatan, keamanan bahkan dari sisi udara untuk pendaratan dipastikan sudah siap memberikan layanan terbaik kepada pengguna jasa periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Ada satu kondisi-kondisi sebagai satu langkah antisipasi yang kita siapkan, khusus untuk antisipasi kondisi irregularities atau kondisi yang tidak normal ya, ini sudah disiapkan oleh teman-teman,” terangnya.

  • Heboh Demam Babi Afrika di 32 Provinsi RI, Kemenkes Ungkap Cara Penularannya

    Heboh Demam Babi Afrika di 32 Provinsi RI, Kemenkes Ungkap Cara Penularannya

    Jakarta

    Demam Babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) tengah marak di RI. Badan Karantina Indonesia (Barantin) mengatakan ada 32 provinsi RI yang melaporkan wabah tersebut, termasuk Papua, Papua Tengah, hingga Nusa Tenggara Timur.

    Papua Tengah misalnya, mencatat 6.273 ekor babi mati akibat ASF pada Januari 2024. Hingga saat ini di Indonesia belum memiliki vaksin untuk mengatasi wabah tersebut. Berbeda dengan wabah flu burung, yang vaksinnya sudah tersedia.

    Kepala Biro Komunikasi Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI Aji Muhawarman mengatakan African Swine Fever (ASF) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Genus, Asfivirus, Family Asfaviridae, dapat menyerang ternak babi domestik dan babi liar pada semua tingkatan umur.

    ASF sangat menular, bahkan menyebabkan kematian hingga 100 persen sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi tinggi di sektor peternakan babi.

    Aji mengatakan virus penyebab ASF ini dapat menyebar melalui beberapa cara, seperti berikut:

    kontak langsung sesama babiseranggamaterial pembawa (fomites) termasuk pakaianperalatan peternakankendaraanpakan mentah yang terkontaminasi.

    “Kemenkes telah berkoordinasi dengan Kementan. ASF bukan penyakit zoonosis tetapi penyakit yang menyerang babi,” kata Aji saat dihubungi detikcom, Selasa (17/12/2024).

    Aji menegaskan virus ASF ini tak berbahaya bagi manusia lantaran tak ada penularan dari hewan ke manusia. Adapun penanggulangan penyakit ini, kata Aji, ada di bawah otoritas Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan dan dinas yang membidangi fungsi kesehatan hewan di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

    Untuk menekan penyebaran virus, Aji mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat dalam waktu 1×24 jam jika ditemukan babi yang sakit atau mati. Kemudian, sebaiknya tidak menjual atau membeli babi yang sakit.

    “Melakukan pembersihan dan desinfeksi peternakan babi, mengonsumsi babi dari babi yang sehat yang sudah diawasi pemotongannya oleh otoritas yang berwenang dan dimasak dengan matang. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” katanya.

    “Hingga saat ini belum ada vaksin untuk melawan virus ASF,” imbuhnya lagi.

    (suc/naf)

  • KNKT usulkan perawatan sistem rem diwajibkan untuk moda angkutan jalan

    KNKT usulkan perawatan sistem rem diwajibkan untuk moda angkutan jalan

    Jakarta (ANTARA) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengusulkan perawatan sistem rem diwajibkan untuk moda angkutan jalan.

    “Terkait masalah perawatan, di dalam moda angkutan jalan ini masalah perawatan tidak seperti di tiga moda lainnya (penerbangan, pelayaran, dan perkeretaapian) yang diwajibkan melakukan perawatan khususnya untuk hal-hal yang berkaitan dengan masalah keselamatan. Kita akan mengusulkan masalah perawatan sistem rem untuk diwajibkan dilakukan overhaul mungkin setiap tiga tahun sekali, hal ini masih dalam diskusi apakah dua tahun, tiga tahun, atau empat tahun sekali,” ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam Media Rilis Capaian Kinerja KNKT Tahun 2024 di Jakarta, Selasa.

    Menurut dia, karena sebagus apapun kendaraan kalau tanpa perawatan maka hal tersebut bisa menimbulkan kegagalan teknis. Masyarakat sampai saat ini melakukan perawatan rem kalau dirasakan ada masalah rem, baru melakukan perawatan atau perbaikan.

    “Yang kita harapkan adalah dilakukan perawatan secara preventif, jadi sebelum mengalami masalah sudah dilakukan perbaikan terlebih dahulu,” katanya.

    Melalui kegiatan Media Rilis Capaian Kinerja Tahun 2024 yang digelar di Jakarta, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memaparkan hasil investigasi kecelakaan, isu-isu keselamatan yang menjadi sorotan, serta rekomendasi yang telah dihasilkan sepanjang tahun 2024.

    Di moda lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ), KNKT menginvestigasi enam kecelakaan sepanjang 2024. Salah satu kejadian tersebut adalah kecelakaan beruntun di KM 92 Tol Cipularang, Jawa Barat, yang melibatkan truk trailer dengan kelebihan muatan sebesar 18 persen.

    Isu yang menjadi sorotan di moda ini mencakup kegagalan pengereman yang masih sering terjadi akibat tidak adanya regulasi wajib untuk perawatan rem secara preventif. Selain itu, Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum (SMK PAU) berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 85 Tahun 2018 belum sepenuhnya diterapkan.

    Jam kerja dan istirahat pengemudi yang belum diatur secara jelas juga menambah risiko kelelahan yang memicu kecelakaan. Di sisi infrastruktur, ketiadaan jalur penghentian darurat yang layak dan kurangnya fasilitas jalan menjadi masalah yang harus segera diatasi.

    KNKT merekomendasikan peningkatan pengawasan terhadap operator angkutan orang dan barang, revisi regulasi, dan perbaikan fasilitas jalan untuk mengurangi risiko kecelakaan di masa mendatang. Selain itu, KNKT juga menekankan pentingnya Medical Check-Up (MCU) bagi pengemudi, yang diharapkan dapat difasilitasi oleh BPJS Kesehatan.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Menteri BUMN dan Menteri UMKM bersinergi untuk tumbuh kembangkan UMKM

    Menteri BUMN dan Menteri UMKM bersinergi untuk tumbuh kembangkan UMKM

    Jakarta (ANTARA) – Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri UMKM Maman Abdurrahman menjalin sinergi untuk menumbuhkembangkan UMKM Indonesia.

    “Alhamdulillah kami tadi baru sinkronisasi program, kita sebagai Kementerian BUMN adalah mendukung (supporting) dari banyak kementerian dan saya juga sudah sampaikan sejak awal bahwa kita sangat terbuka untuk mendukung program-program karena memang konsep daripada kami sendiri join KPI jadi kesuksesan bersama,” ujar Erick dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

    Dia menambahkan, upaya untuk menumbuhkembangkan UMKM merupakan tugas dan amanah dari Presiden RI Prabowo Subianto.

    “Apalagi Bapak Prabowo sangat-sangat menekankan bagaimana program UMKM ini benar-benar harus didorong dan harus benar-benar sukses, sehingga ada beberapa program yang kita sudah punya komitmen sama-sama dan timetable yang tadi sudah disepakati,” katanya.

    Dalam kesempatan sama, Menteri UMKM Maman Abdurrahman menyampaikan apresiasi kepada Menteri BUMN Erick Thohir atas dukungannya.

    “Kami baru saja habis melakukan rapat kombinasi, ada beberapa agenda namun memang ada agenda yang paling utama dan kenapa paling utama? Karena kita ingin melakukan akselerasi dan kecepatan realisasi dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 47 tahun 2024 tentang Penghapusan Piutang Macet pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Alhamdulillah saya sebagai Menteri UMKM dan juga dari Kementerian UMKM mewakili sebagian besar penggiat-penggiat atau pengusaha-pengusaha UMKM di seluruh Indonesia ingin memberikan apresiasi juga kepada Kementerian BUMN dan juga bank Himbara, karena kita diberikan dukungan penuh untuk melakukan percepatan akselerasi untuk realisasi penghapusan piutang UMKM yang sudah dikeluarkan PP-nya oleh Presiden RI Prabowo Subianto,” kata Maman.

    Dia menambahkan, Kementerian UMKM pada bulan Januari 2025 akan membagi menjadi dua tahap realisasi terhadap penghapusan piutang ini. Tahap pertama akan direalisasikan pada Januari, lalu tahap kedua akan direalisasikan setelah Maret.

    Total estimasi jumlah pengusaha ataupun penggiat UMKM yang mendapatkan fasilitas penghapusan piutang ini kurang lebih berdasarkan data yang sudah Kementerian UMKM review bersama-sama dengan bank Himbara itu kurang lebih ada sekitar 1.097.000-an potensinya, dan angka ini masih kurang lebih naik turun.

    “Inilah yang sedang kita review dan perlu diketahui ini tidak mudah dalam hal implementasi teknisnya. Karena kenapa? Ada sebagian besar yang sudah kita nggak tahu di mana. Jadi tentunya dari Bank Himbara juga harus mencari pihak-pihak yang ada di daerah mana segala macam dan juga mungkin KTP yang berubah segala macam. Jadi mohon dipahami kenapa ada prinsip kehati-hatian dalam implementasi ini. Namun Alhamdulillah setelah kita berkoordinasi, Insya Allah di bulan Januari tahap pertama akan kita rilis dan diumumkan ke publik bagi saudara-saudara kita yang akan mendapatkan fasilitas penghapusan piutang ini,” kata Maman.

    Selain itu, terdapat beberapa agenda program akselerasi pemberdayaan UMKM bersama-sama dengan Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan BUMN seperti bagaimana melakukan konsolidasi data pemetaan terhadap seluruh pengusaha-pengusaha UMKM yang tersebar di Indonesia yang kurang lebih ada 60 juta.

    “Alhamdulillah Bapak Menteri BUMN bersama dengan jajaran Kementerian BUMN siap men-support untuk membantu kita membuat sistem single data pemetaan pengusaha UMKM, agar proses diagnosa pemetaan sumber permasalahan dari pelaku-pelaku usaha UMKM Indonesia bisa terpetakan secara baik. Dan implementasi program apa yang akan kita lakukan pun di depan juga bisa lebih tepat sasaran,” ujar Maman.

    Sebagai informasi, Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Menteri UMKM Maman Abdurrahman di Kementerian BUMN, Jakarta pada Selasa (17/12).

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Bank Mega Syariah Resmikan Cabang Baru untuk Nasabah Prioritas

    Bank Mega Syariah Resmikan Cabang Baru untuk Nasabah Prioritas

    Jakarta, CNN Indonesia

    Bank Mega Syariah baru saja meresmikan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Jakarta Tanjung Karang. Ini adalah kantor cabang untuk melayani nasabah prioritas.

    KCP Tanjung Karang ini beralamat di Gedung Tatapuri Lt. Dasar, Jl. Tanjung Karang, Jakarta Pusat, merupakan relokasi dari KCP Tebet yang sebelumnya beralamat di Jalan Tebet Timur Dalam Raya No 64 Jakarta Selatan.

    Direktur Bisnis Bank Mega Syariah Rasmoro Pramono Aji atau yang akrab disapa Oney mengatakan hadirnya layanan prioritas juga dalam rangka memperkuat inklusi perbankan syariah dengan menyediakan berbagai layanan perbankan yang terbaik dan eksklusif.

    “KCP Jakarta Tanjung Karang juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis, salah satunya melalui produk Mega First Syariah yaitu layanan eksklusif yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan layanan finansial bagi nasabah premium dan produk wealth management,” ungkap Oney melalui keterangan yang dikutip pada Senin (16/12)

    Acara peresmian KCP Tanjung Karang dihadiri oleh Direktur Utama Bank Mega Syariah Yuwono Waluyo, Direktur Operasi & Teknologi Slamet Riyadi, jajaran manajemen Bank Mega Syariah, serta para nasabah KCP Jakarta Tanjung Karang. Peresmian ditandai dengan simbolis pemotongan pita oleh Direksi Bank Mega Syariah.

    Peresmian KCP Jakarta Tanjung Karang menambah jumlah cabang prioritas Bank Mega Syariah menjadi 14 cabang. Cabang-cabang tersebut tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Palembang, dan Makassar.

    Oney mengungkapkan menjadi bagian dari nasabah prioritas Bank Mega syariah dapat memberikan berbagai keuntungan eksklusif, seperti akses ke MegaFirst Syariah Lounge, layanan personal dari Relationship Manager, bebas biaya transfer, Layanan Haji & Umroh Concierge.

    Selain itu juga laporan e-statement terintegrasi, layanan konsultasi ZISWAF yang bekerjasama dengan CT Arsa Foundation, Fasilitas bebas antrian, dan Penggunaan Safe Deposit Box gratis biaya sewa untuk tahun pertama.

    Nasabah prioritas juga dapat menikmati privilege lainnya seperti airport lounge, airport transfer, medical check-up, dan hadiah eksklusif pada momen spesial.

    Selain terdapat layanan Mega First Syariah, KCP Tanjung Karang juga akan mendukung peningkatan kelolaan dana pihak ketiga (DPK) melalui produk dan program simpanan seperti Tabungan Suka Suka, Tabungan Super Saving, Tabungan Haji dan Giro Berkah Institusi.

    Kemudian, ada juga Program deposito Bestie (Bebas Sepenuh Hati) dengan spesial nisbah bagi hasil, yang memungkinkan nasabah tetap bertransaksi dengan leluasa tanpa harus di lock melalui channel digital banking M-Syariah dan ATM dengan kewajiban menjaga saldo akhir hari sesuai ketentuan program.

    Hingga November 2024, tercatat DPK di Bank Mega Syariah mencapai lebih dari Rp10 triliun atau naik 0,7 persen year to date (ytd). Dari total DPK porsi dana murah/CASA meningkat dari 31,5 persen pada November 2023 menjadi 33,5 persen pada November 2024.

    Disamping itu, KCP Tanjung Karang juga akan beroperasi untuk memberikan layanan pembiayaan konsumer dan business banking. Adapun produk konsumer yang akan menjadi fokus di KCP Tanjung Karang antara lain Pembiayaan Perumahan (Flexi Home) dan Pembiayaan Tanpa Agunan (Flexi Mitra).

    Hingga November 2024, tercatat total pembiayaan konsumer di Bank Mega Syariah mencapai lebih dari Rp421 miliar atau naik 25 persen ytd. Sementara total pembiayaan business banking di Bank Mega Syariah mencapai Rp1,2 triliun atau naik 11,3 persen ytd.

    (ldy/agt)

  • Komponen Mobil yang Wajib Dicek Jelang Libur Nataru

    Komponen Mobil yang Wajib Dicek Jelang Libur Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kerap dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil pribadi.

    Demi menjaga kenyamanan dan keselamatan ada baiknya masyarakat memerhatikan kesiapan kendaraan sebelum bepergian, termasuk komponen krusial yang harus diperbaiki terutama di musim hujan seperti saat ini.

    “Perjalanan jauh ya, perjalanan jauh yang pertama kan kita lihat dari fungsi-fungsi dari kendaraannya, terutama item-item safety. Item-item safety contohnya rem, kemudian ada wiper, kemudian ada juga lampu headlamp, sign kanan-kiri, dan fungsi-fungsi lain. Itu dari sisi safety,” ujar Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City Aji Himawan saat ditemui di Depok, Sabtu (14/12).

    Menurutnya selain itu cek kondisi ban, apakah sudah aus karena termakan usia atau rusak disebabkan beberapa hal. Bila itu terjadi sebaik segera ganti untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan.

    “Utama ban tuh. Karena ban itu kan dia yang bertapak langsung dengan permukaan jalan. Orang selalu lihat, ‘ban saya masih tebal’. Kalau ban itu masih tebal ada masa pemakaian maksimum 5 tahun. Jadi walaupun dia masih tebal, di atas 5 tahun selanjutnya segera lakukan penggantian. Karena kenapa? Kalau di atas 5 tahun karet itu getas,” ucap Aji.

    Selanjutnya komponen wiper. Menurut Aji juga perlu dilakukan pengecekan baik dari sisi karet maupun cairan wiper agar kinerja komponen ini maksimal terutama di musim hujan seperti saat ini.

    “Wiper sebenarnya kalau kita lihat secara fisik, kalau sapuannya sudah bergaris itu sudah waktunya ganti. Itu dari sisi karet wiper-nya ya,”tutur Aji.

    Kemudian cairan wiper juga harus baik. Usahakan menggunakan cairan dengan formula khusus untuk kendaraan.

    “Jadi kalau misal kadang kita temukan ada yang mencampur pakai sabun, atau mencampur pakai cairan cuci piring, atau lainnya itu tidak rekomendasi,” tukasnya.

    Selain itu, ia juga menyoroti kondisi pendingin udara atau AC, sebab komponen ini sebagai penentu kenyamanan selama perjalanan. Pastikan sistem pendingin udara pada mobil bekerja dengan baik.

    Apabila AC bermasalah segera kunjungi bengkel terpercaya untuk menghindari penipuan berujung menguras isi kantong.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Menteri PKP ingin kuota FLPP pada 2025 ditingkatkan jadi 500 ribu unit

    Menteri PKP ingin kuota FLPP pada 2025 ditingkatkan jadi 500 ribu unit

    Kita minta setidaknya kalau boleh 500.000 unit untuk tahun depan, dan saya sudah cek kesiapannya,

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman atau PKP Maruarar Sirait (Ara) ingin kuota penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dapat ditingkatkan menjadi 500 ribu unit pada tahun 2025.

    “Terkait FLPP kalau kami mengajukannya, kami ingin 500.000 unit,” ujar Ara dalam acara dialog “Solusi Pendanaan Program tiga Juta Rumah” di Jakarta, Senin.

    Dengan demikian, lanjutnya, hal itu bertambah 280.000 unit dari rencana alokasi kuota penyaluran sebelumnya untuk tahun depan sebesar 220.000 unit.

    “Kita minta setidaknya kalau boleh 500.000 unit untuk tahun depan, dan saya sudah cek kesiapannya,” katanya.

    Ara berharap program KPR FLPP untuk tahun depan sudah bisa diluncurkan pada bulan Januari.

    “Terutama bagaimana FLPP kalau boleh bulan Januari bisa diluncurkan jadi minta tolong, karena sudah ada kesiapan itu. Jadi bulan Januari kalau bisa segera dijalankan, Daftar Isian Pelaksanaan Anggarannya (DIPA) sudah diterima. Kita makin cepat makin bagus, jadi minta tolong ke Kementerian Keuangan kalau boleh Januari kita sudah luncurkan program FLPP,” kata Ara.

    Dirinya menyampaikan program KPR FLPP terbukti disukai tidak hanya oleh masyarakat, namun juga oleh pengembang perumahan maupun perbankan karena membantu pembangunan perumahan bagi rakyat.

    “Terus terang FLPP ini program yang bagus, jadi tolong ditambahkan, karena kita jangan mengadakan-adakan program yang memang masih uji coba. Kalau boleh yang diadakan itu program yang terbukti masyarakatnya senang,” kata Ara.

    Sebagai informasi, KPR FLPP diluncurkan pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan merupakan program kredit pemilikan rumah dengan berbagai kemudahan yang ditujukan bagi masyarakat dengan penghasilan tertentu. Dana penyaluran dari pemerintah yang dikelola dan disalurkan oleh sejumlah perbankan nasional.

    KPR FLPP dinilai sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin memiliki rumah bersubsidi dengan harga dan angsuran yang terjangkau. Program penyaluran KPR FLPP yang telah dilaksanakan pemerintah sejak tahun 2010 sangat baik guna mendukung Program tiga Juta Rumah.

    Hal itu karena masyarakat berpenghasilan rendah membutuhkan bantuan pembiayaan KPR sehingga mereka dapat mengangsur dengan biaya angsuran yang tetap dengan masa tenor yang cukup lama.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2024