Negara: Thailand

  • Penjelasan Neta Indonesia Usai V Dapat Bintang 0 Uji Tabrak ASEAN NCAP

    Penjelasan Neta Indonesia Usai V Dapat Bintang 0 Uji Tabrak ASEAN NCAP

    Jakarta, CNN Indonesia

    Neta Auto Indonesia buka suara soal mobil listriknya yang sempat dijual di Indonesia, V, mendapat nilai 0 dari program pemeringkatan keselamatan mobil yang berlaku di kawasan Asia Tenggara (ASEAN NCAP).

    Frietz F Roboth selaku Brand PR & Digital Manager Neta Auto Indonesia mengatakan nilai nol tersebut karena V belum disematkan fitur untuk kategori motorcyclist safety yang diuji oleh ASEAN NCAP.

    “Dalam hal ini, Neta V mendapatkan skor nol pada kategori Motorcyclist Safety dikarenakan model tersebut belum disematkan fitur-fitur relevan untuk kategori ini, hal ini disebabkan oleh penyesuaian kebutuhan pasar di berbagai negara,” kata dia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/12).

    Menurut dia ASEAN NCAP memberi penilaian pada empat kategori utama, yaitu Adult Occupant Protection (AOP), Child Occupant Protection (COP), Safety Assist (SA), dan Motorcyclist Safety (MS).

    Dia menyebut jika salah satu kategori itu mendapatkan skor nol, maka hasil keseluruhan akan dinyatakan nol. Frietz lajut menjelaskan V mendapatkan penilaian bintang 4 pada satu kategori, yaitu child occupant protection.

    Dia mengklaim V yang sempat dijual di Indonesia sudah sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia karena sudah lulus uji tipe SUT.

    Kendati demikian dia mengatakan V yang sempat dijual di Indonesia belum tersedia fitur penunjang keselamatan Advanced Driver Assistance Systems alias ADAS agar harga yang dijual terjangkau.

    “NETA V adalah model yang dirancang sebagai EV dengan harga yang affordable untuk pasar ASEAN, yang pada saat itu belum disematkan fitur ADAS guna menjaga harga tetap terjangkau,” tuturnya.

    ASEAN NCAP menguji hatchback V dengan baterai 70 kWh dan berat kosong (kerb weight) 1.194 kg yang diproduksi di China pada 2024. Model ini dijual di Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia dan Thailand.

    Saat ini Neta Auto Indonesia tak lagi menjual V karena telah diganti versi pengembangannya V-II yang baru dirilis pada Mei lalu.

    Pada model V-II, kata Frietz, sudah dibuat dengan standar dan fitur yang lebih maju.

    “Salah satunya adalah dengan kehadiran NETA V-II yang merupakan improvement dari versi sebelumnya, dan dilengkapi dengan fitur keselamatan yang aktif serta sistem ADAS,” tuturnya.

    Neta V dilabeli nilai 0 pada pengujian ASEAN. Hasilnya hanya mencapai skor keseluruhan 28,55 poin, dengan 7,89 poin untuk kategori AOP, 13,51 poin untuk COP, 7,14 poin untuk SA dan 0,00 poin untuk MS.

    Torehan nilai itu mencerminkan V belum sesuai standar keselamatan yang ditetapkan ASEAN NCAP, termasuk soal uji tabrak.

    Saat uji coba tabrak depan menggunakan boneka pengemudi, boneka itu menerima perlindungan yang buruk di kepala, leher, dada dan tungkai bawah kanan. Hasilnya V diberi nilai 0,00 untuk uji tabrak depan.

    Kemudian uji tabrak samping, boneka pengujian menerima perlindungan buruk di bagian dada saat tes tabrak samping. Dalam uji benturan samping, model ini hanya memperoleh 6,31 poin dari 8,00 poin.

    V hanya mendapat skor 7,89 poin dari nilai maksimal 40,00 poin untuk kategori AOP. Untuk COP, V hanya meraih skor 13,51 poin dari nilai maksimal 20,00 poin.

    [Gambas:Youtube]

    (can/fea)

  • Pohon Natal Milik Lisa Blackpink Dihiasi Boneka Labubu

    Pohon Natal Milik Lisa Blackpink Dihiasi Boneka Labubu

    Jakarta, Beritasatu.com – Setelah menghebohkan dunia dengan menjadikan Labubu sebagai bag charms, kini Lisa Blackpink kembali membuat gebrakan baru. Personel grup idola K-Pop Blackpink ini menghias pohon Natal di rumahnya di Thailand dengan gantungan kunci Labubu.

    Diperkirakan, pohon Natal milik Lisa Blackpink yang dihiasi dengan boneka Labubu akan menjadi tren baru pada tahun ini dan diikuti oleh para influencer dan penggemarnya.

    Berbeda dari pohon Natal pada umumnya, Lisa bersama ibunya, Chitthip Bruschweiler, memperlihatkan koleksi Labubu mereka sebagai ornamen. Dalam unggahannya, Lisa Blackpink menunjukkan nuansa rumahnya yang mulai dihiasi ornamen-ornamen Natal. 

    Pohon Natal Lisa Blackpink penuh dengan figur Labubu beragam warna dan variasi. Beberapa figur, seperti Skullpanda, Molly, Labubu, dan Crybaby juga ikut diletakkan di bawah pohon Natal untuk menambah kesan lebih menarik pada dekorasi Natal keluarga idola K-Pop tersebut.

    Tak hanya itu, ternyata di belakang pohon Natal terdapat lemari kaca yang dipenuhi oleh koleksi boneka Labubu milik keluarga Lisa Blackpink. 

    Semua series dan karakter boneka monster tersebut berjajar rapi di dalam lemari tersebut.

    Ternyata ibunda Lisa Blackpink, Chitthip Bruschweiler juga seorang kolektor setia Labubu. Beberapa kali ibu satu anak ini memperlihatkan koleksi yang dipajang di rumahnya melalui akun Instagram pribadinya. Maka tak heran apabila pohon Natal Lisa Blackpink dipenuhi dengan Labubu.

  • Kramat Tunggak, Kawasan Bekas Lokalisasi yang Jadi Islamic Center

    Kramat Tunggak, Kawasan Bekas Lokalisasi yang Jadi Islamic Center

    JAKARTA – Banyak orang yang sudah mendengar sejarah kelam lahan Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) yang dulunya merupakan lokasi prostitusi terbesar se-Asia Tenggara bernama Kramat Tunggak. Kami akan mengulas lebih dalam perjalanan transformasi lahan yang sempat menjadi kandang pemuas hasrat menjadi tempat suci bagi umat Islam di wilayah Koja, Jakarta Utara ini. 

    Tim VOI berbincang dengan salah satu pegawai yakni Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Manajemen Badan Pengelola JIC, Paimun. Ia mendengar langsung kisah asal-usul JIC dari Kepala Islamic Center periode pertama, Djailani. Kata Paimun, Djailani paham betul soal peristiwa ini mengingat beliau pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI bidang Kesejahteraan Masyarakat pada 1997.

    Semua bermula dari keresahan mantan Gubernur DKI Ali Sadikin atas keberadaan praktek prostitusi yang tersebar di Jakarta, khususnya pusat kota seperti Senen dan Salemba.  Sampai akhirnya Ali melakukan perjalanan ke Bangkok, Thailand sekitar tahun 1970. Ia heran, di sana tak ada satu pun pekerja seks komersial yang terlihat. Ternyata, segala kegiatan prostitusi di sana berkumpul dalam satu lokasi. 

    “Dari situ, beliau (Ali Sadikin) punya ide. Agar pemerintah daerah bisa mengontrol prostitusi di Jakarta, caranya adalah membuat lokalisasi di Kramat Tunggak dan menarik retribusi dari pengelola tersebut,” kata Paimun saat berbincang dengan VOI, Sabtu, 16 November. 

    Kramat Tunggak dulunya merupakan lahan kosong. Hanya ada pepohonan dan rawa-rawa. Lokasi ini menjadi pilihan karena berada di pinggir Ibu Kota.  Awal lokalisasi, tercatat sebanyak 250 pelacur dikumpulkan, bersama 58 germo. Namun, ternyata malah berkembang hingga mencapai 2000 orang. 

    “Itu juga yang terdata tinggal di dalam lokalisasi, belum WTS (Wanita Tuna Susila) yang tinggal di sekitar situ tapi kucing-kucingan kerja di sana. disebut sebagai tempat prostitusi terbesar se-Asia Tenggara,” kata Paimun. 

    Secara ekonomi, perputaran uang di sana memang fantastis, mencapai miliaran per tahun. Tapi, tak dapat ditampik bahwa lokasi prostitusi ini menampung banyak permasalahan. 

    Periode Gubernur berganti, timbul keresahan di masyarakat sekitar. Di sana, angka kriminalitas menjadi tinggi, kasus pembunuhan hampir setiap hari terjadi, sampai virus HIV-AIDS menyebar. Banyak ibu merasa khawatir, takut jika suaminya mencoba ‘jajan’ di sana hingga mengganggu keutuhan keluarga. 

    Tak hanya itu, ternyata pengelola Kramat Tunggak juga memanipulasi bentuk bangunan demi menghindari pajak yang lebih besar. Ada bangunan yang dari luar terlihat hanya satu lantai, tapi ternyata mereka membuat lantai baru pada bagian atap. 

    Hingga Sutiyoso menjabat sebagai Gubernur DKI pada 1997, timbul kesadaran kalau ternyata lokalisasi prostitusi di Kramat Tunggak adalah kesalahan. Apalagi, sejumlah masyarakat dan ulama terus berdemo selama 30 tahun karena menolak praktik prostitusi di sana. 

    “Pada tahun 1998, di kala krisis moneter, pengunjung agak berkurang karena memikirkan kondisi keuangan sehingga pendapatan dan retribusi menurun. Pak Sutiyoso ambil momen ini, lalu mengeluarkan Surat Keputusan Gubernur yang menyatakan akan menutup total pada 31 Desember 1999,” jelas dia. 

    Kompleks Jakarta Islamic Center (Diah Ayu Wardani/VOI)

    Selama menunggu waktu penutupan, para pekerja seks dan germo mendapat pembinaan dari Dinas Sosial DKI. Mereka diberikan pelatihan keterampilan, mulai dari tata boga, tata busana, hingga kecantikan. 

    “Sebanyak 1615 orang dilatih selama setahun. Setelah itu mereka punya sertifikat dan dipulangkan ke kampung masing-masing, rata-rata daerah Pantura,” kata Paimun. 

    Sebagian PSK tak mau dipulangkan. Mereka pindah ke Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara. Model bangunan prostitusi dibuat mirip dengan Kramat Tunggak. Sekarang, sudah tidak ada penerus prostitusi Kramat Tunggak. Kalau pun masih ada yang tinggal di sana, mereka tak lagi bekerja sebagai PSK karena umurnya sudah tua. 

    Lahan bekas prostitusi Kramat Tunggak sempat menjadi polemik. Sutiyoso bingung menentukan mau diapakan lahan tersebut. Ada pikiran untuk membuat rumah susun sewa. Namun, ada juga tawaran untuk membangun mal dan hotel. 

    “Sampai akhirnya Pak Sutiyoso terpanggil untuk umrah. Terus dia terinspirasi untuk membangun masjid. Dia meminta konsultasi dengan Azzumardi Azra yang saat itu menjabat Rektor UIN Syarif Hidayatullah. Ternyata rencana pembangunan masjid itu didukung penuh,” katanya. 

    Perancangan masjid dimulai sejak 2001 dan diresmikan pada Maret 2003. Sutiyoso membuat JIC menjadi kompleks masjid terbesar se-Indonesia, dengan lahan seluas 109.435 m2. Masjid ini dapat menampung jamaah hingga 20.680 orang.

    Di dalam kompleks masjid terdapat gedung perkantoran, perpustakaan, aula dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. 

  • Indonesia Sudah Impor Pangan Mencapai 30 Juta Ton, Beras hingga Garam – Halaman all

    Indonesia Sudah Impor Pangan Mencapai 30 Juta Ton, Beras hingga Garam – Halaman all

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan mengungkap total jumlah pangan yang diimpor oleh Indonesia.

    Pria yang akrab disapa Zulhas itu mengatakan bahwa total impor pangan Indonesia mencapai 30 juta ton per tahun.

    Hal itu ia sampaikan ketika memberi sambutan dalam acara Indonesia Marine & Fisheries Business Forum di Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2024).

    “Total yang kita impor di bidang pangan ini 30 juta ton, hampir sama dengan produksi beras kita. 30 juta ton itu ya ada gula, beras, garam, terigu, kedelai, ada lain-lain,” kata Zulhas.

    Ia pun mengatakan tidak mudah mewujudkan swasembada pangan yang ditargetkan Presiden Prabowo Subianto tercapai pada 2027.

    Ia mencontohkan sulitnya jika Indonesia ingin mencapai swasembada beras. Bila ingin mencapainya, melibatkan peraturan dari berbagai kementerian.

    Untuk urusan padi, dibutuhkan dari Kementerian Pertanian, di urusan irigasi butuh Kementerian Pekerjaan Umum, lalu untuk urusan pupuk membutuhkan Kementerian BUMN.

    “Rumit, sangat tersebar di mana-mana,” ujar Zulhas.

    Menurut dia sulit jika Indonesia ingin mengejar ketertinggalan dari Vietnam dan Thailand di bidang pangan jika kebijakannya berserakan di mana-mana.

    Maka dari itu, selama hampir dua bulan bekerja di Kabinet Merah Putih, ia menyebut salah satu langkah yang diambil adalah menyederhanakan kebijakan agar swasembada pangan pada 2027 bisa tercapai.

    Penyederhanaan kebijakan itu sebagaimana ditunjukkan melalui pemangkasan alur distribusi pupuk bersubsidi kepada petani.

    Sebelumnya, untuk pupuk bersubsidi bisa sampai ke petani, diperlukan berbagai aturan di tingkat pusat dan daerah.

    Antara lain melibatkan peraturan dari bupati, gubernur, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Perdagangan.

    Saking panjangnya regulasi penyaluran, pupuk bersubsidi itu disebut bisa baru tiba di tangan petani saat musim panen, bukan ketika waktu tanam.

    “Sekarang pupuk (bersubsidi) diputuskan oleh Menteri Pertanian, bisa langsung kepada petani,” ucap Zulhas.

    Kemudian, kebijakan lainnya yang diubah demi mencapai swasembada pangan pada 2027 adalah terkait dengan penyuluh pertanian lapangan, di mana kewenangan pengelolaannya ditarik ke tingkat pusat.

    Tadinya, kewenangan penyuluh pertanian ada di tingkat kabupaten, tetapi kini ditarik ke pusat.

    “Penyuluhan itu nanti dia akan berfungsi sebagai penyuluh pertanian padi, hortikultura, juga penyuluhan tanaman-tanaman perkembunan rakyat,” tutur Zulhas.

     

  • Termasuk Aceh, Ini Daftar 5 Tsunami Terbesar dalam Sejarah

    Termasuk Aceh, Ini Daftar 5 Tsunami Terbesar dalam Sejarah

    Jakarta: Dunia telah menyaksikan berbagai bencana alam yang meninggalkan jejak mendalam dalam sejarah peradaban manusia, salah satunya adalah tsunami. Dengan gelombang yang mampu mencapai puluhan meter dan menyapu bersih kawasan pesisir.

    Tsunami adalah salah satu bencana alam paling dahsyat yang dapat menimbulkan kerusakan besar dan korban jiwa dalam jumlah yang signifikan. Oleh karena itu, tidak hanya membawa kehancuran fisik tetapi juga duka mendalam bagi jutaan orang yang terdampak. 

    Salah satu tsunami terbesar terjadi pada 26 Desember 2004 lalu di Aceh, Indonesia. Ini menjadi bencana alam paling mematikan dalam sejarah dunia karena tidak hanya di Aceh, gelombang tsunami pada Desember 2004 tersebut menelan lebih dari 230.000 jiwa di 14 negara.

    Dalam Artikel ini Medcom.id akan mengulas lima peristiwa tsunami terbesar yang pernah tercatat di dunia, dari Indonesia hingga beberapa negara lainnya. 

    Berikut ini 5 negara pernah mengalami tsunami besar:
    1. Indonesia – Tsunami Samudra Hindia (Desember 2004)

    Pada 26 Desember 2004, Indonesia menjadi pusat perhatian dunia setelah tsunami besar melanda kawasan Samudra Hindia. Gempa berkekuatan 9,1–9,3 magnitudo di lepas pantai Aceh memicu gelombang setinggi 30 meter yang menghantam berbagai negara, termasuk Sri Lanka, India, dan Thailand. Bencana ini menewaskan lebih dari 230.000 orang, menjadikannya salah satu tsunami paling mematikan dalam sejarah.
    2. Jepang – Tsunami Tohoku (Maret 2011)

    Gempa berkekuatan 9,0 magnitudo yang terjadi pada 11 Maret 2011 di wilayah Tohoku, Jepang, memicu tsunami dahsyat dengan gelombang setinggi 40 meter. Bencana ini menyebabkan kehancuran besar-besaran, termasuk kerusakan parah pada pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Lebih dari 15.000 orang meninggal, dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal. 
     

     

    3. Chile – Tsunami Valdivia (Mei 1960)

    Gempa bumi Valdivia yang terjadi pada 22 Mei 1960 di Chile adalah gempa terbesar yang pernah tercatat, dengan kekuatan 9,5 magnitudo. Gempa ini memicu tsunami yang menghantam pesisir Chile dan menyebar hingga ke Hawaii, Jepang, dan Filipina. Tsunami tersebut menewaskan sekitar 1.600 orang dan menyebabkan kerugian materi yang sangat besar.
    4. Alaska, Amerika Serikat – Tsunami Lituya Bay (Juli 1958)

    Tsunami yang terjadi di Teluk Lituya, Alaska, pada 9 Juli 1958, disebabkan oleh longsoran besar yang dipicu oleh gempa berkekuatan 7,8 magnitudo. Tsunami ini mencatatkan rekor sebagai gelombang tertinggi dalam sejarah, mencapai ketinggian 524 meter. Meskipun wilayah yang terdampak relatif terpencil, tsunami ini menewaskan lima orang.
    5. Portugal – Tsunami Lisbon (November 1755)

    Pada 1 November 1755, gempa bumi besar di dekat Lisbon, Portugal, memicu tsunami yang menghancurkan kota dan wilayah pesisir sekitarnya. Gelombang setinggi 15 meter melanda kawasan tersebut, menewaskan sekitar 60.000 orang. Tsunami Lisbon menjadi salah satu bencana alam paling berpengaruh dalam sejarah Eropa, memicu perkembangan awal studi seismologi dan mitigasi bencana.

    (Nithania Septianingsih)

    Jakarta: Dunia telah menyaksikan berbagai bencana alam yang meninggalkan jejak mendalam dalam sejarah peradaban manusia, salah satunya adalah tsunami. Dengan gelombang yang mampu mencapai puluhan meter dan menyapu bersih kawasan pesisir.
     
    Tsunami adalah salah satu bencana alam paling dahsyat yang dapat menimbulkan kerusakan besar dan korban jiwa dalam jumlah yang signifikan. Oleh karena itu, tidak hanya membawa kehancuran fisik tetapi juga duka mendalam bagi jutaan orang yang terdampak. 
     
    Salah satu tsunami terbesar terjadi pada 26 Desember 2004 lalu di Aceh, Indonesia. Ini menjadi bencana alam paling mematikan dalam sejarah dunia karena tidak hanya di Aceh, gelombang tsunami pada Desember 2004 tersebut menelan lebih dari 230.000 jiwa di 14 negara.
    Dalam Artikel ini Medcom.id akan mengulas lima peristiwa tsunami terbesar yang pernah tercatat di dunia, dari Indonesia hingga beberapa negara lainnya. 
     
    Berikut ini 5 negara pernah mengalami tsunami besar:

    1. Indonesia – Tsunami Samudra Hindia (Desember 2004)

    Pada 26 Desember 2004, Indonesia menjadi pusat perhatian dunia setelah tsunami besar melanda kawasan Samudra Hindia. Gempa berkekuatan 9,1–9,3 magnitudo di lepas pantai Aceh memicu gelombang setinggi 30 meter yang menghantam berbagai negara, termasuk Sri Lanka, India, dan Thailand. Bencana ini menewaskan lebih dari 230.000 orang, menjadikannya salah satu tsunami paling mematikan dalam sejarah.

    2. Jepang – Tsunami Tohoku (Maret 2011)

    Gempa berkekuatan 9,0 magnitudo yang terjadi pada 11 Maret 2011 di wilayah Tohoku, Jepang, memicu tsunami dahsyat dengan gelombang setinggi 40 meter. Bencana ini menyebabkan kehancuran besar-besaran, termasuk kerusakan parah pada pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Lebih dari 15.000 orang meninggal, dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal. 
     

     

    3. Chile – Tsunami Valdivia (Mei 1960)

    Gempa bumi Valdivia yang terjadi pada 22 Mei 1960 di Chile adalah gempa terbesar yang pernah tercatat, dengan kekuatan 9,5 magnitudo. Gempa ini memicu tsunami yang menghantam pesisir Chile dan menyebar hingga ke Hawaii, Jepang, dan Filipina. Tsunami tersebut menewaskan sekitar 1.600 orang dan menyebabkan kerugian materi yang sangat besar.

    4. Alaska, Amerika Serikat – Tsunami Lituya Bay (Juli 1958)

    Tsunami yang terjadi di Teluk Lituya, Alaska, pada 9 Juli 1958, disebabkan oleh longsoran besar yang dipicu oleh gempa berkekuatan 7,8 magnitudo. Tsunami ini mencatatkan rekor sebagai gelombang tertinggi dalam sejarah, mencapai ketinggian 524 meter. Meskipun wilayah yang terdampak relatif terpencil, tsunami ini menewaskan lima orang.

    5. Portugal – Tsunami Lisbon (November 1755)

    Pada 1 November 1755, gempa bumi besar di dekat Lisbon, Portugal, memicu tsunami yang menghancurkan kota dan wilayah pesisir sekitarnya. Gelombang setinggi 15 meter melanda kawasan tersebut, menewaskan sekitar 60.000 orang. Tsunami Lisbon menjadi salah satu bencana alam paling berpengaruh dalam sejarah Eropa, memicu perkembangan awal studi seismologi dan mitigasi bencana.
     

    (Nithania Septianingsih)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Hasil FIFAe World Cup 2024 eFootball Konsol: Timnas Lolos Quarterfinal

    Hasil FIFAe World Cup 2024 eFootball Konsol: Timnas Lolos Quarterfinal

    Jakarta

    Timnas eFootball Indonesia tampil gemilang pada hari terakhir babak grup FIFAe World Cup 2024. Indonesia pun berhasil lolos ke quarterfinal.

    Pertandingannya berlangsung secara offline di Riyadh, Arab Saudi, mulai pukul 16.30 WIB hingga 19.00 WIB. Pada laga hari ini, timnas mendapatkan tambahan 10 poin di kategori konsol.

    Adapun atlet esports yang mewakili Indonesia meraih kemenangan tersebut ialah Elga Cahya, Rizky Faidan, dan Akbar Paudie. Mereka sukses meraih tiga kemenangan, satu imbang, dan satu kekalahan.

    Berikut hasil pertandingan Timnas eFootball Indonesia di kategroi konsol hari ini, pantauan detikINET dari tayangan langsungnya di situs resmi FIFAe, Selasa (10/12/2024).

    Indonesia (7) Vs (0) Inggris – Rizky/EgyIndonesia (4) Vs (0) Korea Selatan – Rizky/EgyIndonesia (0) Vs (1) Spanyol – Rizky/EgyIndonesia (3) Vs (0) India – Egy/AkbarIndonesia (1) Vs (1) Prancis – Egy/AkbarKlasemen Grup A FIFAe World Cup 2024 eFootball Konsol. Foto: (FIFAe)

    Hasil ciamik itu menempatkan Indonesia di peringkat kedua Grup A di bawah Spanyol. Timnas berhasil mengumpulkan total 19 poin, sementara Spanyol mendapatkan 21 poin.

    Namun dari Grup A, tak hanya Indonesia dan Spanyol yang lolos ke babak knockout stage. Sebab masih ada dua lagi, yakni Belanda di posisi ketiga dan Malaysia di urutan keempat.

    Perlu diketahui, sebanyak 18 tim yang bersaing meraih slot di babak knockout stage. Mereka dibagi menjadi dua grup, yang mana masing-masing berisi sembilan negara.

    Untuk bisa lolos ke fase berikutnya, setiap negara harus bisa mengisi posisi empat teratas. Hal ini dikarenakan, mereka yang finish di peringkat lima hingga sembilan dipastikan tereliminasi dari kompetisi.

    Indonesia tergabung di Grup A bersama Spanyol, Belanda, Malaysia, Prancis, Polandia, Korea Selatan, India, dan Inggris. Sementara Grup B diisi oleh Turki, Brasil, Maroko, Arab Saudi, Portugal, Argentina, Thailand, Jepang, dan Costa Rica.

    Nantinya di quarterfinal, Indonesia akan bertemu dengan negara yang menduduki peringkat ketiga di Grup B. Nah untuk lawannya belum diketahui, karena saat artikel ini dibuat, pertandingan di Grup B baru saja dimulai.

    Kurang lebih bracket di knockout stage akan seperti ini:

    Bracket knockout stage FIFAe World Cup 2024 eFootball Konsol. Foto: (FIFAe)

    (hps/fay)

  • Masyarakat NTT Alami Kesulitan Perpanjang SIM

    Masyarakat NTT Alami Kesulitan Perpanjang SIM

    Jakarta, CNN Indonesia

    Kesulitan saat memperpanjang masa berlaku SIM dirasakan sejumlah masyarakat, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah kabupaten atau bahkan pelosok.

    Kendala yang dialami pun beragam, mulai dari kendala waktu, biaya, hingga rusaknya mesin cetak SIM yang menyebabkan proses pengurusan terpaksa dialihkan ke kota lain.

    Pengalaman kurang mengenakan terkait hal ini dirasakan masyarakat di kabupaten Nusa Tenggara Timur (NTT). Kabarnya, akibat kerusakan mesin cetak SIM di daerahnya, warga tersebut harus memperpanjang SIM jauh-jauh ke Kupang.

    “Di daerah saya di NTT, provinsi kepulauan, untuk memperpanjang SIM saja harus datang ke Kupang. Ada SIM tertentu yang di kabupaten lah. Di kabupaten saja susah, tiba-tiba mesin rusak, SIM tidak bisa diperpanjang,” kata Anggota Komisi III Fraksi Demokrat Benny K. Harman, dalam Rapat Kerja Komisi III DPR RI bersama Korlantas Polri, dikutip dari YouTube.

    “Lalu mereka yang tidak bisa memperpanjang SIM akibat mesin rusak tetap membawa kendaraan kemudian ditangkap dengan alasan SIM sudah mati,” ujar Benny kemudian.

    Benny membeberkan bahwa perjalanan dari kampung halamannya di salah satu kabupaten NTT ke Kupang membutuhkan transportasi pesawat yang harga tiketnya setara dengan rute Jakarta-Bangkok. Belum lagi biaya penginapan dan waktu tunggu yang cukup lama hingga SIM selesai diperpanjang.

    “Datang dari kampung ke Kupang naik pesawat, coba bayangkan. Dan pesawat dari kampung saya ke Kupang itu mahalnya sama dengan dari Jakarta ke Thailand. Pesawatnya dulu itu, belum nginapnya lagi di Kupang, belum nunggunya lagi, hanya untuk memperpanjang SIM,” jelasnya.

    Oleh sebab itu, Benny berpendapat sebaiknya proses administrasi perpanjangan masa berlaku SIM dibuat mudah untuk masyarakat.

    “Perpanjang SIM itu oke lah, tapi pakai mesin aja perpanjang SIM. Kalau kau mau itu, register saja. Engak perlu lagi dibayar. (Pemohon) SIM ini Pak, orang-orang kecil,” ucapnya.

    Kendati demikian, ia tetap menekankan usulan untuk menghapus perpanjangan masa berlaku lima tahunan SIM dan STNK mulai tahun depan.

    “Nah, oleh sebab itu pak ketua, saya mengusulkan supaya dimasukkan dalam kesimpulan rapat. Minta kepada Kapolri supaya perpanjangan SIM, STNK dihapuskan mulai tahun anggaran 2025 ini,” ucapnya tegas.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Simak, Cara Mudah Mengaktifkan Meta AI di WhatsApp

    Simak, Cara Mudah Mengaktifkan Meta AI di WhatsApp

    Liputan6.com, Bandung – Memasuki akhir tahun 2024, WhatsApp resmi memperkenalkan fitur baru mereka di Indonesia yaitu Meta AI. Fitur tersebut menawarkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) menarik untuk penggunanya.

    Diketahui Meta AI WhatsApp merupakan fitur chatbot berbasis AI yang dirancang khusus untuk membantu pengguna mendapatkan informasi, membuat gambar, bahkan mengedit foto langsung melalui aplikasi tersebut.

    Melansir dari situs resminya, Meta AI bisa membantu pengguna menjawab pertanyaan, mengajarkan sesuatu, hingga memunculkan ide-ide baru. Fiturnya menawarkan pengalaman mengobrol dengan AI atau memilih karakter lain dengan kepribadian dan minat mereka.

    Selain itu, fiturnya juga tersedia dalam obrolan grup yang ada dengan mengajukan pertanyaan atau mendapatkan rekomendasi yang sesuai keinginan. Menariknya fitur ini juga bisa membantu pengguna membuat gambar dengan perintah yang diberikan dalam obrolan.

    Fitur AI ini juga dapat membantu pengguna mengedit foto seperti menghapus atau mengganti objek dalam foto tersebut. Serta fiturnya mampu mengobrol dengan suara yang dapat dirubah seperti misalnya menirukan suara selebriti.

    Saat ini, fitur Meta AI telah tersedia dalam sejumlah bahasa termasuk bahasa Indonesia dan bahasa lain seperti Inggris, Arab, Portugis, Hindi, Thailand, Tagalog, Prancis, Spanyol, hingga Vietnam.

    Pihak WhatsApp juga menjelaskan bahwa fitur Meta AI masih digunakan secara terbatas. Sehingga penggunaanya belum menyeluruh dan bisa jadi dalam satu orang hanya ada beberapa yang bisa menggunakan fitur tersebut.

    “Saat ini, fitur ini hanya tersedia di negara tertentu dan mungkin belum tersedia bagi Anda, meskipun pengguna lain di negara Anda memiliki akses,” ucapnya.

  • Wamen P2MI Sebut Jumlah Pekerja Migran Ilegal ke Luar Negeri Meningkat
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        10 Desember 2024

    Wamen P2MI Sebut Jumlah Pekerja Migran Ilegal ke Luar Negeri Meningkat Yogyakarta 10 Desember 2024

    Wamen P2MI Sebut Jumlah Pekerja Migran Ilegal ke Luar Negeri Meningkat
    Tim Redaksi
    YOGYAKARTA, KOMPAS.com –

    Pekerja Migran Indonesia
    (PMI) yang berangkat ke luar negeri secara ilegal mengalami peningkatan signifikan.
    Kebanyakan dari mereka menggunakan
    visa wisata
    untuk berangkat.
    Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P2MI) Christina Aryani, usai membuka rapat koordinasi lintas sektoral penanganan dan pencegahan
    Tindak Pidana Perdagangan Orang
    (TPPO)
    pekerja migran Indonesia
    di DIY, di Sheraton Mustika, Yogyakarta, pada Selasa (10/12/2024).
    “Memang ada tren jumlahnya meningkat terus dari waktu ke waktu,” ujar Christina Aryani dalam jumpa pers.
    Ia menambahkan, peningkatan tersebut disinyalir berkaitan dengan perekrutan yang dilakukan secara masif melalui media sosial.
    Christina Aryani menjelaskan bahwa banyak generasi muda yang tergiur dengan iklan di media sosial dan memutuskan untuk berangkat tanpa melakukan pengecekan terhadap perusahaan yang merekrut mereka.
    “Kebanyakan anak-anak muda ini melihat ada iklan, langsung tertarik, dan tidak mengecek lagi, berangkat saja. Berangkatnya juga sangat mudah, melalui visa turis, dibikinkan paspor sama yang merekrut, langsung berangkat,” ungkapnya.
    Ia juga menekankan pentingnya kesadaran dari generasi muda untuk melakukan pengecekan informasi sebelum berangkat.
    “Sebetulnya informasi ini kan tidak sulit untuk dicek. Kita sekarang semua terhubung dengan gadget, tinggal tanya saja peran-peran dari BP3MI di berbagai daerah. Kita punya 23 kantor yang bisa digunakan untuk verifikasi informasi,” tuturnya.
    Terkait dengan angka PMI ilegal saat ini, Christina Aryani mengungkapkan bahwa pihaknya belum mengetahui angka pastinya, karena mereka berangkat secara un-prosedural.
    “Perlintasan imigrasi untuk warga negara Indonesia yang berangkat ini kan bisa jadi sebagai turis, jadi tidak ada cara untuk mengelompokkan apakah benar semuanya ini ke sana atau tidak,” ucapnya.
    Ia menambahkan bahwa para
    pekerja migran ilegal
    rata-rata menggunakan visa turis dan cenderung menuju negara tetangga yang dianggap sebagai pintu masuk ke negara tujuan.
    “Mereka tidak akan bilang Myanmar di situ (Kamboja), mereka akan bilang Thailand, mereka akan bilang Filipina, pokoknya negara lain yang bisa menjadi pintu masuk kemudian pergi ke daerah-daerah itu. Selalu pakai visa turis,” pungkasnya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Spesifikasi Neta V Dapat Nilai 0 Saat Uji Tabrak ASEAN NCAP

    Spesifikasi Neta V Dapat Nilai 0 Saat Uji Tabrak ASEAN NCAP

    Jakarta, CNN Indonesia

    Mobil listrik Neta V diganjar nilai 0 untuk dalam oleh program pemeringkatan keselamatan mobil yang berlaku di kawasan Asia Tenggara (ASEAN NCAP).

    NETA V yang diuji ini merupakan model yang dijual di Malaysia. Mobil yang diimpor utuh dari China ini juga dijual di beberapa negara seperti Brunei, Thailand, dan sempat dijual di Indonesia.

    NETA V ini berdimensi 4.070 x 1.690 x 1.540 mm dengan kapasitas baterai 40,7 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak 401 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

    Mobil dengan kapasitas lima kursi penumpang ini memiliki dibekali fitur DC Fast Charge, yang dapat mengisi daya dari 30 persen ke 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

    Motor elektrik di roda depan dapat menghasilkan tenaga 70 kW atau setara 93 hp dan torsi maksimum 150 Nm.

    Pada bagian suspensi, mobil ini mengandalkan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan Trailing Arm di bagian belakang.

    Soal keselamatan, sebetulnya Neta sudah membekali V dengan sejumlah fitur. Namun hasil pengujian ASEAN NCAP masih jauh di bawah rata-rata.

    Fitur-fitur ini antara lain Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC), Hill Descent Control System (HDC), Speed Sensing Auto Door Lock, dan dual front Airbags.

    Ada pula juga Electronic Parking Brake (EPB), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), hingga Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

    Kemudian terdapat fitur keselamatan standar Seatbelt Reminder, 3-Point Rear Seatbelt, serta Front Seatbelt with Pretensioner and Load Limiter.

    Versi Neta V II di Indonesia

    Neta saat ini sudah merakit V secara lokal di PT Handal Indonesia Motor di Bekasi, Jawa Barat. Nama V berubah menjadi V-II dengan harga yang lebih murah Rp80 juta dibanding impor utuh dari China.

    V-II yang kini dijual di Indonesia dibekali fitur-fitur penunjang keselamatan seperti dibekali Advanced Driver Assistance System alias ADAS.

    Terdapat sembilan fungsi ADAS yang dibekali di V-II seperti Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full- speed Adaptive Cruise Control (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Integrated Cruise Assist (CA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), hingga High Beam Assist (HBA).

    Untuk diketahui, Neta dilabeli nilai 0 pada pengujian ASEAN NCAP yakni varian V. Hasilnya hanya mencapai skor keseluruhan 28,55 poin dalam penilaian dengan 7,89 poin untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), 13,51 poin untuk Child Occupant Protection (COP), 7,14 poin untuk Safety Assist (SA) dan 0,00 poin untuk kategori Motorcyclist Safety (MS).

    Torehan nilai itu mencerminkan kalau Neta V yang seharusnya aman di pakai di jalan raya, ternyata masih jauh dari harapan.

    Saat uji coba tabrak depan menggunakan boneka pengemudi, boneka menerima perlindungan yang buruk di kepala, leher, dada, dan tungkai bawah kanan. Hasilnya Neta V diberi nilai 0,00 untuk uji tabrak depan.

    Kemudian uji tabrak samping, boneka pengujian menerima perlindungan buruk di bagian dada saat tes tabrak samping. Dalam uji benturan samping, model ini hanya memperoleh 6,31 poin dari 8,00 poin.

    Neta V hanya mendapat skor 7,89 poin dari nilai maksimal 40,00 poin untuk kategori perlindungan penumpang dewasa (AOP). Untuk perlindungan penumpang anak (COP), Neta V hanya meraih skor 13,51 poin dari nilai maksimal 20,00 poin.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]