Negara: Thailand

  • Kepulauan Seribu latih warga lakukan diversifikasi olahan pangan

    Kepulauan Seribu latih warga lakukan diversifikasi olahan pangan

    Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu melatih warga setempat melakukan diversifikasi olahan pangan dari ternak yang ada di wilayah tersebut.

    “Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan dalam upaya meningkatkan kapasitas pengetahuan serta keterampilan masyarakat dalam mengembangkan alternatif olahan pangan berbasis sumber daya lokal,” kata Kepala Suku Dinas (Sudin) KPKP Kepulauan Seribu, Nurliati di Jakarta, Senin.

    Pelatihan digelar tiga hari secara bergilir di enam pulau, yaitu Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan.

    Dia berharap para peserta mendapatkan pemahaman mengenai pemilihan bahan baku dan teknik pengolahan bahan pangan lokal yang tersedia. “Secara prinsip efisiensi dan keberlanjutan dalam penyediaan olahan pangan,” kata dia.

    Ia juga berharap masyarakat di wilayah Kepulauan Seribu semakin mampu memanfaatkan potensi lokal untuk mendukung kemandirian dan ketahanan pangan.

    “Ini sekaligus memperkuat sektor peternakan secara berkelanjutan di lingkungan Kepulauan Seribu,” kata dia.

    Pada kegiatan ini, para peserta juga mendapatkan materi pelatihan dari instruktur profesional dengan menu yang diberikan. Yaitu Ayam Pandan Khas Thailand dan Ayam Gulung Rumput Laut dengan Sauce.

    Seorang peserta pelatihan asal warga Pulau Untung Jawa, Siti Hasanah (54) mengaku banyak ilmu baru yang didapatkan, terutama soal teknik memasak dan pemanfaatan bahan lokal.

    Menurut dia, selama pelatihan suasananya seru dan menyenangkan. “Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus diadakan agar kami semakin bertambah wawasan,” kata dia.

    Pewarta: Mario Sofia Nasution
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Gokil! Kejuaraan Dunia Free Fire di Indonesia Arena Ukir Rekor Dunia

    Gokil! Kejuaraan Dunia Free Fire di Indonesia Arena Ukir Rekor Dunia

    Jakarta

    Grand final Free Fire World Series (FFWS) Global Finals 2025 telah berakhir. Kompetisi ini berhasil memecahkan rekor dunia.

    FFWS Global Finals 2025 dianugerahi gelar Guinness World Records untuk kategori Turnamen Esports Mobile Berbasis Tim Terbesar di Dunia, dengan total 618.778 peserta dari berbagai turnamen resmi dari penjuru dunia.

    Perhitungan peserta dimulai dari babak kualifikasi lokal masing-masing negara, hingga kualifikasi regional di sejumlah kawasan, seperti Asia Tenggara, Asia Selatan, Amerika Latin, Brasil, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

    Tentunya ini menjadi torehan ciamik bagi Garena Indonesia yang sudah menghadirkan kompetisi esports kelas dunia sejak 2015. Dari informasi yang diterima detikINET, Senin (17/11/2025), ini menjadi komitmen berkelanjutan mereka dalam menghadirkan peluang kompetitif yang inklusif dan berskala besar bagi para pemain game mobile di seluruh dunia.

    Pembukaan grand final FFWS Gllobal Finals 2025 pun begitu meriah. Acaranya sukses memukau ribuan pasang mata dengan penampilan dari talenta internasional dan lokal, di antaranya Mick
    Gordon, Weird Genius, JKT48, dan Warren Hue.

    Belum lagi penampilan luar biasa dari ke-12 tim yang bersaing memperebutkan gelar juara. Adu mekanik yang kerap terjadi di dalam pertarungan tak henti-hentinya memberikan ketegangan kepada para penontonnya.

    Meski dua tim Indonesia, RRQ Kazu dan Evos Divine, gagal mempersembahkan piala juara kepada pendukungnya, tapi kemegahan yang ditawarkan Garena mampu memberikan pengalaman kompetisi esports yang berbeda.

    Selama kompetisi, RRQ dan Evos bermain dengan baik. Meski begitu, mereka memang harus mengakui ketangguhan lawan-lawannya. RRQ finish di peringkat keempat dengan 73 poin, dan Evos ada di urutan kesembilan, karena hanya bisa mendapatkan 63 poin.

    Pelatih RRQ Kazu, Adi Gustiawan, mengaku hasil yang diterima timnya ini tidak sesuai harapan. Ia menyadari kekalahan di FFWS Global Finals 2025 memberikan pengalaman dan pelajaran berharga kepada timnya, serta memberikan motivasi untuk bangkit dan tampil lebih baik lagi.

    “Terima kasih kepada semua masyarakat yang telah mendukung kami di FFWS Global Finals 2025. Kami akan bangkit dan buat bangga Indonesia di kesempatan selanjutnya,” ungkap Adi.

    Sementara gelar juara FFWS Global Finals 2025 berhasil diraih oleh tim asal Thailand, Buriram United Esports. Mereka berhak menyandang gelar tim Free Fire terkuat di dunia ini, setelah sukses memanfaatkan status Champion Rush Point Eligible.

    Champion Rush Point adalah salah satu jalur yang harus digapai, bila ingin menyabet gelar juara. Seluruh tim wajib punya 80 poin terlebih dahulu, sebelum dinobatkan sebagai Champion Rush Point Eligible.

    Kalau salah satu dari 12 tim penyandang status Champion Rush Point Eligible mendapatkan booyah di game berikutnya, maka tim tersebut menjadi jawaranya. Dalam hal ini, Buriram United Esports yang mampu menangkap peluang itu dengan total poin 103 poin.

    (hps/fyk)

  • Babe Haikal Wanti-Wanti Pengusaha Soal Produk Halal: China-Thailand Sudah Masuk Makkah

    Babe Haikal Wanti-Wanti Pengusaha Soal Produk Halal: China-Thailand Sudah Masuk Makkah

    Liputan6.com, Jakarta Kepala Bada Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Haikal Hassan menilai prinsip dan produk halal sudah menjadi mesin pertumbuhan ekonomi. Bahkan, China dan Thailand sudah lebih dahulu masuk ke pasar Makkah dan Madinah di Arab Saudi karena menerapkannya.

    Pria yang akrab disapa Babe Haikal ini menuturkan halal sebagai mesin pertumbuhan ekonomi sudah disadar oleh banyak negara lain. Salah satunya China yang telah memasok makanan ke Makkah.

    “Halal itu udah menjadi growth economic engine. Itu kata orang China. Dua kali saya selama periode ini ke China. Di dua tempat dan menyebutkan halal growth economic engine. Kenapa? Tahun ’80 China udah bikin semua produknya halal. Makanya masuk Makkah, masuk Madinah,” ungkap Babe Haikal dalam Rakornas Bidang Sosial Kadin Indonesia, di Menara Kadin, Jakarta, Senin (17/11/2025).

    Dia juga menyoroti peralatan makan selama musim ibadah haji 2025 lalu ternyata didatangkan dari Thailand. “Makanan yang kita makan di Mekah loh. Made in China. Kenapa? Dia udah halal duluan.Peralatan dapur waktu 2025 kemarin. Dari mana? Thailand yang menerapkan halal kitchen,” tuturnya.

    Melihat kenyataan tersebut, Babe Haikal meminta Kadin Indonesia untuk segera memperluas sertifikasi halal. “Come on, kita belum apa-apa. Saya meminta teman-teman di Kadin, bersama Badan Halal kita jadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia,” pintanya.

     

  • Cocok buat Lawan Yamaha Aerox, Honda Airblade 160 Masuk RI?

    Cocok buat Lawan Yamaha Aerox, Honda Airblade 160 Masuk RI?

    Jakarta

    Honda Airblade 160 di Thailand dan Vietnam menjadi lawan yang cocok untuk Yamaha Aerox. Tapi motor tersebut belum masuk pasar Indonesia.

    Honda Airbade punya desain yang tajam, dipadu dengan fitur suspensi belakang ganda yang absen di Vario 160, membuatnya sangat ideal untuk mengisi celah skutik sporty premium Honda.

    Secara desain, Airblade 160 memiliki diferensiasi yang kuat dari jajaran skutik Honda yang beredar saat ini. Desain dek tengahnya berpunuk memberikan riding position yang lebih agresif, identik dengan feel yang ditawarkan oleh Yamaha Aerox.

    Ahmad Muhibbudin, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor, menjelaskan bahwa setiap peluncuran produk baru harus melewati tahapan studi yang ketat, memastikan bahwa produk tersebut benar-benar dibutuhkan oleh konsumen Indonesia.

    “Sementara ini kalau kita, dalam setiap produk yang rilis ke pasar diawali dengan survei needs (kebutuhan) keinginan seperti apa,” ujar Ahmad Muhibbudin saat dihubungi detikOto.

    Muhibbudin menekankan bahwa keputusan final sangat bergantung pada hasil riset pasar. Jika permintaan pasar terhadap skutik sporty dengan ‘punuk’ di tengah dek ini besar, maka AHM siap memenuhinya.

    “Kalau memang besar kita akan memenuhi kebutuhan konsumen, kalau nggak ya… Kita masih fokus dengan produk-produk yang sudah ada,” tegasnya, memberikan sinyal bahwa fokus AHM saat ini masih tertuju pada penguatan posisi Vario 160 dan PCX 160.

    Ada sedikit perbedaan dari sektor performa

    Dikutip dari laman Honda Vietnam, Honda Airblade 160 dibekali mesin 156,9 cc, 4-tak, 1 silinder, berpendingin cairan, dengan diameter x langkah 60 mm x 55,5 mm. Mesin yang punya rasio kompresi 12:1 itu bisa menghasilkan tenaga 11,2 kW pada 8.000 rpm dan torsi 14,6 Nm pada 6.500 rpm.

    Nah, bagaimana dengan mesin Honda Vario 160? Mengutip situs Astra Honda Motor (AHM), Honda Vario 160 juga dibekali mesin 156,9 cc, 4-tak, 1 silinder, berpendingin cairan, dengan diameter x langkah 60 mm x 55,5 mm, serta rasio kompresi mesin 12:1.

    Output tenaganya pun mirip-mirip, namun untuk torsi ada perbedaan cukup signifikan. Di atas kertas, mesin Vario 160 bisa menghasilkan tenaga maksimal 11,3 kw pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

    Oh iya, sebagai catatan, baik mesin Airblade 160 maupun Vario 160 sama-sama sudah menggunakan mesin terbaru Honda, eSP+. Mesin ini sebelumnya sudah digunakan pada Honda PCX 160.

    Sekarang kalau bicara mengenai bobot motor, Honda Air Blade 160 memiliki berat 114 kg. Sementara Honda Vario 160, bobotnya 115 kg untuk tipe CBS, serta 117 kg untuk yang versi ABS. Jadi secara power to weight ratio, Air Blade 160 lebih unggul dari Vario 160.

    Well, kalian setuju nggak kalau Air Blade 160 ini masuk pasar Indonesia?

    (riar/rgr)

  • Fashion Mewah Masuk ke Dunia Gaming

    Fashion Mewah Masuk ke Dunia Gaming

    Jakarta

    Dunia game dan fashion mewah bertemu dalam kolaborasi terbaru antara PUBG: BATTLEGROUNDS, PUBG Mobile, dan rumah mode global Balenciaga. Kerja sama ini menjadi kolaborasi pertama Balenciaga dengan kedua game sekaligus, menghadirkan konten in-game eksklusif, koleksi apparel dunia nyata, hadiah spesial, hingga peta bertema fashion.

    Kolaborasi bertajuk Balenciaga I PUBG ini berlangsung mulai hari ini hingga 14 Desember 2025, membawa estetika khas Balenciaga ke dalam medan pertempuran PUBG Mobile, lengkap dengan berbagai outfit couture dan streetstyle yang diadaptasi dari koleksi Balenciaga Winter 2025.

    Pemain PUBG Mobile dapat memperoleh sejumlah item premium, termasuk Couture Armor yang terinspirasi dari armor couture cetak 3D Balenciaga yang dipamerkan pada couture show ke-52 di Paris.

    Selain itu, ada pula Winter 25 Corseted Hoodie, Winter 25 Pink Puffer, dan Winter 25 Standard sebagai reinterpretasi koleksi ready-to-wear Balenciaga.

    Item in-game lainnya mencakup Invisible Rectangle Sunglasses, Faux Fur Helmet, dan Balenciaga Backpack dengan tiga level upgrade. Kolaborasi ini juga menghadirkan Balenciaga Parachute, avatar, avatar frame, graffiti, serta tiga Space Gifts bertema Balenciaga yang akan tampil di medan pertempuran.

    Di mode World of Wonder, pemain dapat menjelajahi Official Balenciaga World of Wonder map, lengkap dengan papan snowboard ikonik Balenciaga dan opsi membuat peta bertema fashion versi mereka sendiri.

    Kolaborasi ini tidak hanya hadir di dunia digital. Balenciaga juga merilis capsule merch collection berupa T-shirt, topi, dan gantungan kunci co-branded yang tersedia mulai hari ini di sejumlah flagship store dan Balenciaga.com untuk wilayah Australia, Arab Saudi, Singapura, Korea Selatan, Thailand, UEA, dan AS.

    Kemitraan ini akan menjadi highlight di PUBG United 2025, ajang perdana yang menyatukan PUBG Global Championship (PGC) dan PUBG Mobile Global Championship (PMGC) dalam satu panggung esports global. Pemenang kompetisi akan mendapatkan Balenciaga bomber jacket eksklusif sebagai simbol prestise dan pencapaian.

    PUBG: BATTLEGROUNDS juga akan mendapatkan update item Balenciaga secara bertahap, sejalan dengan positioning barunya sebagai pengalaman premium di bawah brand luxury global.

    “Pendekatan desain Balenciaga yang berani dan melampaui batas sangat selaras dengan komitmen kami pada kreativitas dan inovasi. Kolaborasi ini menandai babak baru dalam perjalanan PUBG Mobile–yang mempertemukan dunia gaming dan fashion,” ujar Vincent Wang, Head of PUBG Mobile Publishing, Tencent Games, dalam keterangan yang diterima detikINET.

    Sementara itu, Taeseok Jang, Head of PUBG IP Franchise & PUBG Studios, mengatakan bahwa kolaborasi ini membuka cara baru bagi pemain untuk berekspresi.

    “Kami berharap pemain di seluruh dunia dapat merasakan gaya ikonik Balenciaga di PUBG: BATTLEGROUNDS dan mengekspresikan individualitas mereka dengan cara baru dan kreatif,” jelasnya.

    (asj/asj)

  • Tim Asal Filipina Turut Meriahkan Gelaran International Jember Marching Carnival 2025

    Tim Asal Filipina Turut Meriahkan Gelaran International Jember Marching Carnival 2025

    JEMBER – International Jember Marching Carnival (IJMC) 2025 berlangsung dengan semarak di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada 15-16 November 2025. Selain peserta dalam negeri, acara ini turut dihadiri oleh tim peserta dari Filipina dan dewan juri dari Thailand.

    “Tahun ini IJMC diikuti 43 unit marching band dari berbagai kota di Indonesia serta satu peserta internasional dari Filipina,” kata Ketua Panitia IJMC Tri Basuki dalam keterangannya di Jember, mengutip ANTARA pada Minggu, 16 November.

    Menurutnya, anggota dewan juri dalam kegiatan tersebut dihadirkan berasal dari Thailand, Yogyakarta, Surabaya, dan Bogor, sehingga diharapkan dapat menambah kualitas penilaian pada IJMC 2025.

    “Kami berharap seluruh peserta pulang membawa pengalaman berharga, agar kesempatan kolaborasi semakin terbuka bagi komunitas marching band Asia, dan Jember terus bersinar sebagai panggung budaya di tingkat nasional hingga internasional,” tuturnya.

    Tahun 2025 merupakan tahun ke-8 penyelenggaraan IJMC yang menjadi wadah pertemuan kreativitas, pertunjukan seni, serta kolaborasi budaya, dari berbagai daerah dan negara.

    Rangkaian kegiatan dimulai dengan Night Street Parade Culture sepanjang Jalan Gajahmada menuju alun-alun Jember pada Sabtu (15/11) malam dan dilanjutkan dengan babak final Drum Battle di GOR PKPSO pada 16 November 2025.

    Sementara Bupati Jember Muhammad Fawait mengapresiasi orang tua, pembina, dan seluruh peserta yang telah mengharumkan nama Jember di kancah internasional melalui perolehan lima medali emas di kejuaraan MWBC Malaysia.

    “Saya juga memberikan penghargaan khusus kepada Manajer Jember Marching Band Tri Basuki beserta jajarannya yang konsisten membawa nama Jember ke lingkup nasional hingga dunia,” katanya.

    Pemkab Jember, lanjutnya, berkomitmen menghadirkan pagelaran berskala besar sepanjang tahun karena sektor jasa dan kegiatan terbukti memberi kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sebagaimana terlihat pada data BPS pada semester kedua dan ketiga.

    “IJMC 2025 diharapkan mampu menjadi pengungkit ekonomi lokal, menghadirkan ruang yang lebih luas bagi UMKM dan pedagang kaki lima untuk berkembang. Saya berharap gelaran tahun 2026 dapat berlangsung lebih besar dan menghadirkan peserta dari lebih banyak negara,” ujarnya.

  • Komisi VII apresiasi dampak pengembangan pariwisata terhadap UMKM

    Komisi VII apresiasi dampak pengembangan pariwisata terhadap UMKM

    Jakarta (ANTARA) – Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menggelar rapat kerja bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk membahas dampak pengembangan pariwisata terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif (ekraf).

    Wakil Ketua Komisi VII Evita Nursanty mengapresiasi peningkatan kinerja pariwisata, salah satunya sebanyak 96,3 persen dari 2,55 juta usaha pariwisata merupakan UMKM.

    “Dari paparan (Menteri Pariwisata, .red) juga adanya peningkatan kinerja pariwisata 2025. Walaupun, laju perkembangan dari pariwisata kita itu masih kalah dengan negara tetangga kita, yaitu Thailand, Vietnam, dan Malaysia,” ujarnya saat rapat kerja (raker) dengan Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri Wardhana di kompleks parlemen, Jakarta, Senin

    Peningkatan itu, menurut Evita, memiliki tantangan nyata. Ia mengambil contoh dari negara tetangga Indonesia, yakni Thailand yang sudah menuntaskan digitalisasi di sektor pariwisata dengan dashboard real-time mengenai dampak ekonomi yang dirasakan.

    “Semuanya itu real-time. Dia punya platform yang kita harus miliki. Real-time jumlah wisatawan yang datang. Real-time waktu tinggal dari wisatawan itu. Real-time spender-nya itu berapa. Kita juga mesti punya itu,” ungkapnya.

    Platform dashboard itu dapat mengemukakan data yang otomatis diperbarui. Evita menjelaskan bahwa perangkat tersebut dapat menjadi sarana transparansi dan bisa memperkirakan kontribusi perekonomian melalui pariwisata yang berdampak langsung terhadap UMKM dan ekonomi kreatif.

    “Nah itu transparan. Bapak bisa buka dashboard-nya Thailand, saya udah buka. Dashboard-nya Thailand, dashboard-nya Vietnam, itu kita bisa lihat semua. Sampai kontribusinya terhadap perekonomian itu berapa besar. Bisa terlihat. Kita bisa lihat juga kontribusi dari pengembangan pariwisata ini terhadap UMKM dan ekonomi kreatif itu berapa besar,” ungkapnya.

    Selain itu, Evita menyoroti perkembangan desa wisata yang sudah berjumlah 4.000 harus mengedepankan kualitas daripada kuantitas yang saat ini digalakkan.

    Menurutnya, kualitas itu bersandar kepada community-based development yang kaya akan perkembangan desa menjadi tempat menarik untuk dikunjungi, yaitu para pelancong bisa menanyakan sejarah, dan beraktivitas lebih kreatif, dan fasilitas penunjang di desa.

    “Sekarang ini, saya justru mau tanya, apa yang dilakukan oleh Kemenpar untuk meningkatkan kualitas daripada desa-desa wisata yang ada,” ucapnya.

    Dari posisi UMKM, kata Evita, Kemenpar dapat mendorong pelatihan membuat produk fesyen, terutama menyulam batik. Pelatihan-pelatihan itu dapat menunjang daya jual desa wisata, dan memperkenalkan budaya batik kepada wisatawan asing.

    Pewarta: Benardy Ferdiansyah/Muhammad Rizki
    Editor: Tasrief Tarmizi
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • RI Kalah dari China dan Singapura soal Pengguna Transportasi Online 2025

    RI Kalah dari China dan Singapura soal Pengguna Transportasi Online 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Masyarakat Indonesia memiliki ketergantungan yang lebih rendah terhadap layanan transportasi online atau ride hailling. Meski secara jumlah masyarakat Indonesia sangat besar, faktanya persentase masyarakat yang memakai transportasi online masih kalah dari China.

    Mengutip laporan Data Indonesia, Senin (17/11/2025), sebanyak 27,2% pengguna internet global berusia 16 tahun ke atas menggunakan layanan transportasi online setiap pekan pada kuartal II/2025. 

    Singapura menjadi negara yang penduduknya paling banyak menggunakan transportasi online di dunia pada kuartal II/2025. Pasalnya, sebanyak 44,8% pengguna internet di Negeri Singa dilaporkan menggunakan layanan transportasi online setiap pekan. 

    Data Indonesia, yang mengutip laporan We Are Social dan Meltwater yang bertajuk The Digital 2026 Global Overview Report, menyebut pada  posisi kedua ditempati oleh Vietnam dengan persentase pengguna internet yang menggunakan transportasi online setiap pekan sebanyak 38,5%.

    Menariknya, China sebagai negara dengan jumlah pengguna internet mencapai 1,12 miliar memiliki persentase yang tinggi terkait penggunaan transportasi online. Ada 38,2% pengguna internet di China yang memakai layanan transportasi online Didi Chuxing hingga Meituan Dache tiap pekan.

    Lalu, sebanyak 36,2% pengguna internet di Meksiko menggunakan transportasi online tiap minggu. Ada pula 35,2% pengguna internet Afrika Selatan.

    Sementara itu Indonesia dengan total pengguna internet sekitar 239 juta, jumlah pemakai transportasi online ada 34,6% dari total pengguna internet setiap minggunya.

    Artinya, sekitar 82,6 juta masyarakat Indonesia menggunakan layanan Gojek, Grab, hingga Maxim setiap pekannya. Angka ini masih tertinggal dari China.

    Berikut daftar 15 negara dengan proporsi terbesar pengguna internet yang menggunakan transportasi online tiap pekan pada kuartal II/2025:

    1. Singapura: 44,8%
    2. Vietnam: 38,5%
    3. China: 38,2%
    4. Meksiko: 36,2%
    5.Afrika Selatan: 35,2%
    6. Indonesia: 34,6%
    7. Malaysia: 33,9%
    8. Kolombia: 33,7%
    9. India: 33,1%
    10. Chili: 30,1%
    11. Brasil: 29,1%
    12. Nigeria: 27,4%
    13. Uni Emirat Arab: 27,1%
    14. Hong Kong: 27%
    15. Thailand: 26,7%

  • Medco Power Bidik Ekspor 600 MW Listrik Hijau ke Singapura pada 2028

    Medco Power Bidik Ekspor 600 MW Listrik Hijau ke Singapura pada 2028

    Bisnis.com, BANDUNG — PT Medco Power Indonesia (Medco Power) menargetkan bisa mengekspor listrik hijau sebesar 600 megawatt (MW) ke Singapura pada 2028.

    Presiden Direktur Medco Power Indonesia Eka Satria menuturkan, ekspor itu bisa dilakukan lewat proyek yang tengah dibangun, yakni pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Pulau Bulan. Proyek senilai US$3 miliar itu dapat menghasilkan listrik sebesar 2 gigawatt peak (GWp).

    Dia mengatakan proyek itu ditargetkan rampung pada 2028. Dari total kapasitas, sebesar 600 MW dapat di ekspor ke Singapura melalui kabel bawah laut 400 kV.

    “Jadi ini bisa menjadi potensi ekspor pertama dari green energy. Manfaatnya besar, nanti ini bisa buat tenaga kerja, industri buat ke depan, devisa, green economy, di mana ini bisa mendukung green growth ke depan buat Indonesia,” tutur Eka dalam acara media Briefing di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, Sabtu (15/11/2025).

    Eka menjelaskan,  Indonesia memiliki potensi energi terbarukan mencapai 3.686 GW. Namun, baru sekitar 0,3% dari potensi tersebut yang saat ini dimanfaatkan.

    Menurutnya, besarnya potensi tersebut menjadi peluang besar bagi sektor swasta. Terlebih, dia memproyeksi pertumbuhan permintaan listrik nasional dapat mencapai sekitar 8% per tahun.

    “Jadi Indonesia punya potensi, kita bisa supply ke bentuk Indonesia, regional, dan juga active market ke depan,” ucap Eka.

    Lebih lanjut, Eka menyebut pihaknya terus mengakselerasi sejumlah proyek energi bersih. Ini terutama untuk pembangkit bertenaga panas bumi dan surya.

    Adapun beberapa proyek yang berjalan antara lain Ijen Geothermal 110 MW di Jawa Timur, Bonjol Geothermal 55 MW di Sumatera Barat, Samosir Geothermal 40 MW, serta pembangunan Solar PV 25 MWp di Bali Timur.

    “Jadi Indonesia ini tidak hanya dikaruniai banyak potensi oil and gas, ternyata potensi renewable-nya luar biasa, nomor satu,” kata Eka.

    Ekspor Listrik jadi Game Changer

    Dalam kesempatan terpisah, Eka menyebut proyek ekspor listrik, khususnya ke Singapura, sebagai peluang strategis yang dapat mendorong industrialisasi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dipandang mirip dengan momentum ekspor LNG pada era 1970-80an.

    Namun, untuk mendorong industrialisasi, investor memerlukan kepastian regulasi dan iklim investasi yang kompetitif agar potensi besar energi terbarukan dalam negeri dapat lebih dimanfaatkan.

    Eka menegaskan bahwa proyek ekspor listrik berbasis energi tenaga surya ke Singapura, seperti yang sedang digarap Medco Power di Pulau Bulan merupakan peluang yang tidak akan datang dua kali. 

    Dia menggambarkan momen ini dengan keputusan Indonesia mengembangkan LNG pada masanya, yang membawa devisa, industri, dan lapangan kerja.

    “Kita membutuhkan devisa dan investasi (FDI) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi (GROW). Proyek ekspor listrik ini memenuhi kedua hal tersebut. Ini baik untuk negara kita,” tegasnya di sela Singapore International Energy Week (SIEW) 2025, Selasa (28/10/2025).

    Namun, Ketua Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) ini juga menyoroti bahwa Indonesia harus waspada. Pasalnya, negara seperti Malaysia (Sarawak) dan Thailand juga agresif menawarkan listrik hijau ke Singapura.

    “Kita berkompetisi. Potensi ini kalau tidak digarap secepatnya ya hilang. Yang rugi kita sendiri,” katanya.

    Saat ini pihaknya tengah menanti terbitnya izin ekspor listrik dari pemerintah Indonesia. Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan kabar terbaru terkait proyek energi hijau hasil kerja sama antara Indonesia dan Singapura. 

    Dia menjelaskan, dalam kerja sama tersebut, Indonesia akan mengekspor listrik bersih ke Singapura. Sementara itu, pemerintah Singapura telah memastikan akan memulai pengembangan kawasan industri hijau yang potensial di wilayah Bintan, Batam, dan Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). 

    “Sudah tentu ekspor listrik ini saling menguntungkan. Jangan ada satu negara yang merasa lebih hebat daripada negara lain, kita saling menguntungkan,” ujar Bahlil di acara Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2025, Jumat (10/10/2025). 

    Kabar terbaru, Bahlil mengatakan, pemerintah sedang membahas mekanisme secara lebih detail terkait aturan di masing-masing negara sebelum mulai melaksanakan proyek tersebut.

  • Congrats! Buriram United Esports Juara Free Fire World Series 2025

    Congrats! Buriram United Esports Juara Free Fire World Series 2025

    Buriram United Esports, berhasil boyong piala Free Fire World Series 2025. Tim Esports asal Thailand tersebut mendapatkan total 103 poin dari kalkulasi antar jumlah poin kill dan poin placement. Poin tertinggi tersebut membuat mereka menduduki peringkat pertama dari 11 tim tangguh dari berbagai negara termasuk Indonesia.

    Alhasil, Buriram United ESports juga berhak membawa pulang hadiah uang USD 300 ribu atau sekitar Rp 5 miliar. Sedangkan tim Esports Indonesia, RRQ dan EVOS Devine harus puas dengan posisi 4 dan 9. Free Fire World Series 2025 diselenggarakan di Indonesia Arena, GBK, Jakarta pada Sabtu (15/11).

    Tonton video lainnya di sini ya!