Negara: Spanyol

  • Ducati Tunjuk Pebalap WSBK Ini sebagai Pengganti Marquez

    Ducati Tunjuk Pebalap WSBK Ini sebagai Pengganti Marquez

    Jakarta

    Ducati resmi menunjuk pebalap WSBK Nicolo Bulega sebagai pengganti Marc Marquez yang absen karena cedera. Runner up WSBK 2025 itu akan melakoni debut MotoGP di dua putaran terakhir musim ini di Portimao (Portugal) dan Valencia (Spanyol).

    Diketahui Marquez mengalami cedera di gelaran MotoGP Mandalika 2025. Sebelumnya Marquez digantikan oleh pebalap penguji Ducati, Michele Pirro, yang melakoni MotoGP Australia dan Malaysia. Namun hasilnya tidak begitu bagus. Pirro hanya mampu finis ke-18 di Phillip Island dan ke-17 di Sepang.

    Ducati kemudian melirik opsi lain, yakni Nicolo Bulega yang membalap untuk Team Aruba.it Racing Ducati di ajang WSBK. Ducati kemudian memberi kesempatan buat Bulega untuk menguji motor MotoGP Ducati Desmosedici di Sirkuit Jerez, Spanyol, belum lama ini. Ducati lalu memutuskan memberi kesempatan kepada Bulega untuk membalap di dua seri terakhir MotoGP 2025.

    “Ini akan menjadi pertaruhan besar. Saya sangat senang bisa mengakhiri musim seperti ini dengan kejutan di menit-menit terakhir,” ungkap Bulega dikutip dari Crash (2/10).

    Bulega mengatakan tidak memiliki ekspektasi apa pun dalam menjalani debutnya mengendarai motor MotoGP. Dia akan berusaha sebisa mungkin menikmati momen-momen terbaik dalam karier balapnya. “Saya termotivasi untuk melakukannya dengan baik dan memberikan segalanya,” kata dia.

    “Terima kasih kepada Ducati dan Ducati Corse atas kepercayaan mereka, kepada Claudio, Gigi, Mauro, Davide, Stefano, dan Serafino atas dukungan penuh mereka, dan juga kepada Team Aruba.it Racing yang telah menjadi pahlawan kami di akhir musim,” sambung Bulega.

    General Manager Ducati Corse Gigi Dall’Igna pun menyambut baik kehadiran Bulega sebagai pengganti Marquez di sisa musim MotoGP 2025. Kata Gigi, Bulega menjadi rider yang berprestasi di WSBK. Maka itu, Ducati pun sangat percaya kepadanya dan bahkan bakal menjadikan Bulega sebagai salah satu pebalap penguji Ducati Desmosedici pada musim depan.

    “Nicolo telah menjadi bagian dari keluarga Ducati Corse sejak 2022, ketika kami ingin dia mengendarai motor Supersport,” ungkap Gigi. “Kami percaya pada Nicolo, dan dia membalasnya dengan dua musim sebagai protagonis utama di Superbike, di mana dia hampir meraih gelar dan menjadi titik acuan kami sebagai pebalap,” tambah dia.

    “Lebih lanjut, untuk tahun depan kami mengumumkan komitmennya, bersama Michele Pirro, dalam mengembangkan Desmosedici GP dengan ban (Pirelli) baru, dan kesempatan untuk balapan di dua GP terakhir adalah cara terbaik untuk memulai bekerja dalam peran barunya sebagai pebalap penguji,” ujar Gigi lagi.

    “Ini tentu akan sangat berat, tetapi saya harap dia bisa menikmati pengalaman ini. Bagi seorang pebalap muda, debut di kategori tertinggi balap motor adalah kepuasan yang luar biasa,” tukasnya.

    (lua/din)

  • Pesawat Presiden Kolombia Menuju Timur Tengah Alami Gangguan Gegara Sanksi Trump

    Pesawat Presiden Kolombia Menuju Timur Tengah Alami Gangguan Gegara Sanksi Trump

    JAKARTA – Pesawat rombongan Presiden Kolombia, Gustavo Petro, mengalami gangguan dalam pengisian bahan bakar saat melakukan perjalanan ke Timur Tengah.

    Mengutip AFP, Jumat 31 Oktober, gangguan pada Kamis waktu setempat itu diakibatkan sanksi Presiden AS Donald Trump terhadap Kolombia. 

    Menteri Dalam Negeri Kolombia, Armando Benedetti mengatakan bahwa pesawat kepresidenan dalam perjalanan ke Arab Saudi singgah di Bandara Barajas, Madrid, Spanyol, untuk mengisi bahan bakar. Namun, ditolak otoritas bandara setempat.

    Setelah bernegosiasi dengan pemerintah berhaluan kiri Spanyol, pesawat tersebut akhirnya mengisi bahan bakar mendarat di sebuah pangkalan militer.

    Pemerintahan Presiden AS Donald Trump memasukkan nama Presiden Kolombia yang berkuasa saat ini ke dalam daftar sanksi Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri (OFAC) Departemen Keuangan AS dengan tudingan Petro mendukung kartel narkoba.

    Akibat sanksi itu, Petro beserta istrinya, Veronica Alcocer, dan keduan putranya, Nicolas, dan Benedetti, dilarang bepergian ke AS. Aset AS apa pun yang mereka miliki juga dibekukan.

    Perusahaan AS atau perusahaan dengan modal AS juga dilarang berbisnis dengan mereka.

  • Mimpi Pebalap Gunungkidul Terwujud, Veda Ega Naik Kelas ke Moto3!

    Mimpi Pebalap Gunungkidul Terwujud, Veda Ega Naik Kelas ke Moto3!

    Jakarta

    Veda Ega Pratama resmi berlaga di kelas Moto3 musim 2026. Pebalap asal Gunungkidul itu akan membela Honda Team Asia.

    Veda Ega Pratama akan menjadi rekan setim yang berasal dari Jepang, Zen Mitani. Keduanya pebalap yang menapaki karir dari Idemitsu Asia Talent Cup. Veda juara 2023, dan Mitani meraih gelar tahun 2024 dari kompetisi tersebut.

    Veda merupakan jebolan Astra Honda Racing School tahun 2019. Dia mengawali mimpi dari Gunung Kidul, Yogyakarta, dengan berlatih balap di sikuit Pasar Sapi.

    Setelah menunjukkan prestasi gemilang sebagai runner up pada ajang Red Bull MotoGP Rookies Cup (RBRC) musim 2025, Veda mendapat kesempatan emas untuk langsung menapaki jenjang balap GP Moto3, meskipun umurnya belum genap berusia 18 tahun.

    “Saya sangat, sangat senang dan bangga karena saya akan balapan di Kejuaraan Dunia Moto3 pada tahun 2026 bersama Honda Team Asia. Ini sangat istimewa bagi saya karena ini adalah impian saya sejak kecil untuk menjadi pembalap kejuaraan dunia,” ucap Veda.

    “Saya tahu ini akan menjadi tantangan besar karena saya akan bersaing dengan pembalap-pembalap terbaik di dunia, tetapi saya siap bekerja keras dan belajar sebanyak yang saya bisa. Saya ingin cepat beradaptasi dengan kategori baru, mengenal tim, dan mulai bekerja sama. Saya tidak sabar untuk memulai babak baru ini,” tambah dia.

    Hiroshi Aoyama, Team Manager Honda Team Asia menyatakan sudah membidik kedua pebalap ini sejak berlaga pada Asia Talent Cup.

    “Hari ini kami mengumumkan susunan pembalap Moto3 kami untuk tahun 2026 – Veda Pratama dan Zen Mitani. Bagi keduanya, ini akan menjadi tahun pertama mereka di Kejuaraan Dunia (World Championship), tetapi mereka sudah menunjukkan kecepatan yang bagus di Kejuaraan Dunia JuniorGP dan Red Bull Rookies Cup. Veda adalah Juara Asia Talent Cup pada tahun 2023 dan Zen pada tahun 2024, jadi kami yakin mereka siap untuk kompetitif di level dunia dan akan menunjukkan performa yang kuat di Moto3 tahun depan,” kata Aoyama.

    “Seperti yang kita lihat, para pembalap ini masih sangat muda dan memiliki banyak potensi untuk berkembang. Sebagai tim, kami ingin memberi mereka dukungan terbaik yang kami bisa. Saya pikir kami memiliki struktur yang baik dengan Idemitsu, Asia Talent Cup, dan Junior Talent Team di Spanyol. Saya ingin berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat karena telah mempertahankan jalur pembinaan ini – ini sangat penting bagi kami. Sekarang, kami benar-benar menantikan untuk memulai musim baru bersama mereka,” tambah dia.

    (riar/dry)

  • Jannik Sinner Pijak Babak Perempat Final Paris Masters 2025

    Jannik Sinner Pijak Babak Perempat Final Paris Masters 2025

    JAKARTA – Jannik Sinner melaju ke babak perempat final Paris Masters untuk pertama kali dalam kariernya setelah ia mengalahkan petenis asal Argentina, Francisco Cerundolo.

    Petenis asal Italia itu bergerak dengan hati-hati di poin-poin awal pada set pertama, tetapi tidak pernah menerima perawatan medis dalam laga yamg berakhir dengan skor 7-5 dan 6-1 pada Kamis, 30 Oktober 2025, waktu setempat.

    Kemenangan ini membuat petenis 24 tahun tersebut menjaga harapannya untuk kembali ke peringkat satu dunia yang saat ini diduduki oleh petenis Spanyol, Carlos Alcaraz.

    “Saya mengakhiri pertandingan dan merasa jauh lebih baik. Semoga ini memberi saya kepercayaan diri untuk memulai dengan baik besok,” kata Sinner dilansir ATP.

    Kemenangan ini membuat Sinner menjadi petenis Italia pertama yang berhasil mencapai babak perempat final di semua sembilan turnamen ATP Masters 1000.

    Petenis yang telah mengoleksi empat Grand Slam dalam kariernya itu sejauh ini tercatat meraih titel di turnamen Masters 1000, yakni di Miami, Kanada, Cincinnati, dan Shanghai.

    “Semoga saya bisa pulih secara fisik, yang menjadi prioritas utama saya. Hari ini ialah pertandingan hebat dan penampilan luar biasa dari saya,” ujar Sinner.

    Sinner otomatis akan kembali ke posisi teratas pada awal pekan depan jika ia berhasil memanfaatkan kekalahan Alcaraz dengan meraih gelar Masters 1000 pertamanya musim ini.

    Sinner selanjutnya akan bertemu dengan Ben Shelton. Petenis asal Amerika Serikat itu mengalahkan Andrey Rublev dengan skor akhir 7-6(6) dan 6-3.

    Shelton mengalahkan Sinner di Shanghai pada 2023, tetapi kalah dalam enam pertemuan berikutnya tanpa memenangi satu set sehingga ia jelas tidak diunggulkan dalam bentrok ini.

  • Geger Manusia China Hidup Pakai Hati Babi, Bertahan 171 Hari

    Geger Manusia China Hidup Pakai Hati Babi, Bertahan 171 Hari

    Jakarta, CNBC Indonesia – Siapa sangka manusia bisa bertahan hidup selama 171 hari dengan mengandalkan hati babi. Hal ini terjadi di China. Pria berusia 71 tahun merupakan manusia pertama di dunia yang menerima transplantasi hati dari babi hasil rekayasa genetik dalam kondisi masih hidup.

    Mulanya, operasi bersejarah ini berjalan lancar. Namun, 171 hari pasca prosedur dijalankan, pasien akhirnya meninggal karena mengalami komplikasi. 

    Tim medis yang menangani operasi itu menyebut hasil ini sebagai bukti bahwa transplantasi hati babi kini bisa melampaui tahap teori, meski teknologi tersebut masih memerlukan banyak penyempurnaan.

    Prosedur tersebut dilakukan di Rumah Sakit Affiliated Pertama Universitas Kedokteran Anhui, dipimpin oleh Dr. Beicheng Sun. Pasien diketahui menderita sirosis hati akibat hepatitis B serta memiliki tumor besar di lobus kanan hati.

    Berdasarkan penilaian klinis, pengangkatan lobus kanan tidak dapat dilakukan karena berisiko menyebabkan gagal hati. Pasien juga tidak memenuhi syarat untuk transplantasi hati sesuai pedoman medis lokal, dan tidak ada anggota keluarga yang cocok sebagai donor.

    “Karena semua pilihan pengobatan konvensional terbukti tidak mampu menyelamatkan nyawa pasien, tantangan mendesak saat itu adalah mencari alternatif yang layak untuk transplantasi hati,” tulis para peneliti dalam laporan tersebut, dikutip dari IFLScience, Jumat (31/10/2025).

    Dengan tidak adanya opsi pengobatan lain, tim medis memutuskan melakukan transplantasi menggunakan hati babi hasil rekayasa genetik dari jenis Diannan miniature pig.

    Organ tersebut telah mengalami 10 modifikasi genetik untuk menonaktifkan gen babi yang dapat memicu reaksi sistem imun manusia serta meningkatkan kompatibilitas organ.

    Setelah operasi, hati tersebut berfungsi dengan baik selama sebulan pertama tanpa tanda-tanda penolakan. Namun, pada hari ke-38, organ harus diangkat karena komplikasi langka yang disebut xenotransplantation-associated thrombotic microangiopathy (xTMA), yang memengaruhi beberapa organ tubuh.

    Meskipun telah mendapat perawatan intensif, pasien kemudian mengalami pendarahan pada saluran pencernaan bagian atas dan meninggal dunia pada hari ke-171 pascaoperasi.

    Dr. Sun menyebut hasil operasi ini sebagai angkah penting yang menunjukkan potensi sekaligus tantangan besar dalam xenotransplantasi, terutama terkait gangguan pembekuan darah dan komplikasi sistem imun.

    Penelitian tersebut dipublikasikan dalam Journal of Hepatology, dan oleh para ahli disebut sebagai “tonggak sejarah klinis”. Namun, para peneliti juga menegaskan bahwa komplikasi yang dialami pasien menjadi peringatan akan risiko besar dari prosedur semacam ini.

    Menurut Dr. Beatriz Domínguez-Gil, Direktur Organisasi Transplantasi Nasional Spanyol, penelitian ini menunjukkan bahwa xenotransplantasi bisa menjadi terapi jembatan atau bahkan terapi permanen di masa depan.

    Namun, ia menegaskan, masih banyak hambatan medis yang harus diatasi sebelum teknik ini bisa diterapkan secara luas.

    “Kita bisa mengatakan bahwa ini merupakan langkah baru dalam kemajuan terapi xenotransplantasi yang terus berkembang secara klinis, namun juga menyoroti hambatan besar yang masih perlu diatasi,” ia menjelaskan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Ini Calon Pengganti Marquez di Sisa Musim MotoGP 2025

    Ini Calon Pengganti Marquez di Sisa Musim MotoGP 2025

    Jakarta

    Marc Marquez masih harus menepi akibat cedera bahu kanan yang dialaminya usai insiden dengan Marco Bezzecchi di MotoGP Indonesia. Kini muncul satu nama kuat yang digadang-gadang jadi pengganti sementara Marquez di tim pabrikan Ducati Lenovo, yaitu Nicolo Bulega.

    Bulega yang baru saja menuntaskan musim gemilang di WorldSBK 2025 dengan finis sebagai runner-up di belakang Toprak Razgatlioglu disebut jadi kandidat ideal sebagai pengganti sementara Marquez. Pebalap Italia itu bahkan sudah menjalani uji coba perdananya di atas motor Ducati Desmosedici di Circuito de Jerez-Angel Nieto, Spanyol.

    Langkah Ducati ini disebut masuk akal. Pasalnya, Michele Pirro, pebalap penguji resmi Ducati yang sempat menggantikan Marquez di MotoGP Australia dan Malaysia, gagal tampil kompetitif. Ia hanya finis di posisi ke-18 di Phillip Island dan ke-17 di Sepang.

    Karena Ducati sudah mengunci seluruh gelar musim ini, posisi Marquez yang kosong tak lagi berpengaruh terhadap perolehan poin tim. Maka itu Ducati dinilai lebih untung memberi kesempatan kepada Bulega untuk merasakan sensasi membalap di MotoGP.

    Bulega sendiri telah lama dikaitkan dengan proyek jangka panjang Ducati. Bulega disebut bakal jadi test rider MotoGP pada 2026, sebelum berpeluang naik ke kelas premier secara penuh di musim 2027. Dengan begitu, kesempatan membalap di sisa musim ini akan menjadi ajang adaptasi sekaligus evaluasi penting bagi Bulega dan Ducati.

    Meski begitu, Bulega sebelumnya menegaskan tidak ingin langsung balapan tanpa terlebih dulu menjajal motor MotoGP. Kini syarat itu sudah terpenuhi. Dalam tes di Sirkuit Jerez, trek yang dua pekan lalu menjadi saksi hat-trick kemenangannya di WorldSBK.

    Soal apakah ia benar-benar bakal turun menggantikan Marquez di MotoGP Portugal, Portimao (7-9 November), pihak Ducati masih belum memberikan konfirmasi resmi. Tapi dengan momentum dan performa apiknya di WorldSBK, Nicolo Bulega tampaknya jadi pilihan paling logis untuk menutup musim bersama tim pabrikan MotoGP Ducati.

    (lua/dry)

  • Kapasitas Data Center Meningkat 52% dalam 8 Bulan

    Kapasitas Data Center Meningkat 52% dalam 8 Bulan

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mencatat jumlah kapasitas data center di Indonesia meningkat 52% dalam kurun waktu kurang dari setahun pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid mengatakan total kapasitas pusat data nasional pada awal pemerintahan Presiden Prabowo, yakni bulan Oktober 2024, sebesar 190 megawatt (MW). Angka tersebut meningkat menjadi 290 MW pada  Juni 2025.

    “Dalam waktu kurang dari setahun kapasitas (pusat data) meningkat lebih dari 52%, jadi dalam satu tahun pemerintahan pak Presiden Prabowo peningkatannya sampai 52 persen dari 190 MW ke 290 MW,” kata Meutya dilansir dari Antara, Kamis (30/10/2025).

    Dia menilai peningkatan ini menunjukkan kepercayaan yang tinggi dari perusahaan teknologi global untuk berinvestasi pada pembangunan pusat data di Indonesia.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, ujar Meutya, telah mengumumkan ada 12 perusahaan asal Amerika Serikat yang membangun ekosistem pusat data di Indonesia.

    Lebih lanjut, Meutya memaparkan hingga April 2025, sudah ada 180 pusat data yang telah beroperasi di Indonesia dari berbagai skala. Delapan di antaranya dikategorikan sebagai “Tier 4” atau memiliki kemampuan operasional terbaik, sementara tiga pusat data lainnya berfokus pada teknologi kecerdasan buatan (AI).

    “Jadi (pusat data) sudah (beroperasi) dengan teknologi terbaru yaitu artificial intelligence,” ucapnya.

    Persaingan pusat data (data center) khusus AI makin panas setelah perusahaan asal Dubai, EDGNEX Data Centers by DAMAC, di Jakarta dengan total investasi mencapai US$2,3 miliar atau sekitar Rp37,54 triliun (asumsi kurs Rp16.323 per dolar AS).

    Dalam 2 bulan terakhir, jumlah data center jumbo di Indonesia bertambah cukup banyak. Damac menyusul PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) dan Kongsi Equinix-Astra yang sebelumnya juga telah merilis data center baru di Indonesia.

    Proyek milik perusahaan yang berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab itu menjadi salah satu pengembangan khusus AI terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan kapasitas tambahan di masa mendatang sebesar 144 Megawatt (MW).

    Untuk diketahui, EDGNEX beroperasi di 11 negara, yakni Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Arab Saudi, Turki, Thailand, Malaysia, Yunani, Spanyol, Finlandia, Italia, termasuk Indonesia.

    Pendiri DAMAC Group Hussain Sajwani mengatakan setelah proses akuisisi lahan yang diselesaikan pada Maret lalu oleh DAMAC, lokasi ini telah memasuki tahap awal konstruksi dengan fase pertama yang diperkirakan siap beroperasi pada Desember 2026.

    Nantinya, pusat data ini akan mengadopsi rak AI berdensitas tinggi, sehingga menetapkan standar baru untuk infrastruktur generasi berikutnya di kawasan Asia Tenggara.

    “Ini adalah pembangunan kedua kami di Indonesia, yang semakin menegaskan komitmen kami untuk menjembatani kesenjangan digital di pasar yang sedang berkembang pesat di Asia Tenggara, termasuk Indonesia,” kata Sajwani dalam keterangan tertulis, Rabu (18/6/2025).

    Sajwani mengatakan dengan pesatnya adopsi AI di berbagai sektor, proyek ini hadir untuk memenuhi kebutuhan akan infrastruktur yang skalabel dan hemat energi.

    Lebih lanjut, dia mengungkap bahwa proyek pusat data yang mengadopsi AI ini dirancang untuk mendukung gelombang inovasi dan pertumbuhan digital berikutnya.

    “Dengan meningkatnya skala beban kerja AI, kebutuhan akan infrastruktur generasi baru yang lebih kuat dan efisien pun tumbuh dan proyek ini merupakan bagian dari komitmen besar kami di Asia Tenggara, di mana kami telah menginvestasikan lebih dari US$3 miliar untuk pengembangan infrastruktur digital,” ungkapnya.

  • Waswas Gojek-Grab Cs Atas Rencana Prabowo Atur Tarif dan Status Driver Ojol

    Waswas Gojek-Grab Cs Atas Rencana Prabowo Atur Tarif dan Status Driver Ojol

    Bisnis.com, JAKARTA — Aplikator ride hailing seperti Gojek, Grab, dan Maxim, memiliki harapan sekaligus kekhawatiran menjelang penerbitan peraturan presiden (Perpres) yang membahas mengenai status mitra pengemudi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan mitra.

    Chief of Public Affairs Grab Indonesia Tirza Munusamy mengatakan perusahaan berkomitmen untuk terus memperkuat dukungan terhadap mitra pengemudi melalui model kemitraan yang dinilai telah memberikan fleksibilitas dan peluang ekonomi bagi jutaan masyarakat Indonesia. 

    Model tersebut memungkinkan para mitra mengatur waktu kerja sesuai kebutuhan, sekaligus memperoleh akses terhadap perlindungan sosial dan manfaat kesejahteraan jangka panjang. 

    Lebih lanjut, Tirza menegaskan pembahasan mengenai status hubungan kerja antara perusahaan dan mitra pengemudi perlu dikaji dengan cermat.  Menurutnya, jika mitra diklasifikasikan sebagai pekerja tetap atau memperoleh hak seperti karyawan tetap, maka fleksibilitas yang menjadi nilai utama dalam kemitraan akan hilang.

    “Pada akhirnya, hal ini dapat mengurangi kesempatan masyarakat untuk memperoleh sumber pendapatan tambahan yang fleksibel sesuai kebutuhan mereka,” kata Tirza kepada Bisnis, dikutip Kamis (30/10/2025). 

    Driver Grab

    Dia mencontohkan pengalaman di sejumlah negara yang telah menerapkan klasifikasi ulang status mitra. Di Spanyol, platform seperti Glovo hanya dapat mempertahankan sekitar 17% mitra sebelumnya, sementara Deliveroo keluar dari pasar dan Uber melakukan pengurangan mitra. 

    Di Swiss, Uber Eats hanya bisa mempertahankan 33% pengemudi setelah perubahan status kerja, dan di Inggris, kebijakan serupa mengurangi jumlah pengemudi Uber hingga 85.000 orang. 

    Dia mengatakan pengalaman di berbagai negara tersebut menunjukkan bahwa perubahan status kemitraan secara menyeluruh maupun mitra dengan hak seperti karyawan tetap, dapat berdampak signifikan pada kemampuan perusahaan dalam menyerap mitra. 

    “Jika diterapkan, jumlah mitra aktif yang dapat diserap perusahaan hanya sekitar 10–20% dari jumlah mitra aktif saat ini,” ujar Tirza.

    Per Oktober 2025,  Grab mengeklaim memiliki lebih dari 3,7 juta mitra yang mencakup mitra pengemudi dari berbagai layanan Grab seperti GrabBike, GrabCar, dan GrabFood. Sementara itu pada 2019 dikabarkan pengemudi Grab mencapai 5 juta.

    Sementara itu, Direktur Public Affairs & Communications GoTo Ade Mulya memandang penyusunan Peraturan Presiden ini sebagai peluang strategis untuk memperkuat fondasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

    Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan perlindungan sosial dan kesejahteraan mitra untuk mengoptimalkan manfaat model hubungan kerja kemitraan antara platform dan mitra pengemudi. 

    “Sebagai contoh, GoTo sepenuhnya memenuhi arahan Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto dan berkoordinasi erat bersama Kementerian Ketenagakerjaan dalam keberhasilan mengimplementasikan Bonus Hari Raya [BHR] pertama kalinya tahun ini,” ujarnya. 

    Dengan mendorong layanan yang diminati pelanggan, termasuk opsi layanan dengan harga terjangkau, permintaan dapat terus tumbuh dan pada akhirnya turut meningkatkan total pendapatan harian mitra.

    Meski demikian, GoTo mendorong agar kebijakan yang diatur dalam Perpres tetap memberikan keseimbangan antara perlindungan bagi mitra, ruang bagi inovasi teknologi, serta daya saing bagi ekonomi nasional. 

    Regulasi yang dirancang secara adaptif dan kolaboratif akan membantu menjaga fleksibilitas mitra dan memastikan perkembangan berkelanjutan sektor mobilitas digital di Indonesia.

    “Pendekatan yang seimbang akan memastikan seluruh pihak seperti mitra, pelanggan, dan pelaku industri agar dapat terus tumbuh bersama,” tuturnya. 

    Ade menegaskan pihaknya juga siap memberikan masukan konstruktif dalam proses penyusunan dan pembahasan Perpres, baik melalui maupun koordinasi langsung dengan kementerian terkait. 

    Adapun berdasarkan data terakhir pada 2023, jumlah pengemudi Gojek mencapai 3,1 juta. Jumlahnya terus bertambah dibandingkan dengan 2022 dan 2021.

    Driver Gojek menunggu penumpang

    Development Director Maxim Indonesia, Dirhamsyah, mengatakan pihaknya belum dapat berkomentar banyak mengenai rencana penerbitan aturan tersebut. Terlebih Maxim juga belum menerima undangan ataupun dokumen resmi untuk melakukan pembahasan bersama terkait penyusunan Perpres transportasi daring tersebut.

    Namun demikian, Dirhamsyah mengatakan pihaknya berharap agar proses penyusunan aturan ini dilakukan secara inklusif dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan

    “Termasuk didalamnya adalah perusahaan e-hailing agar terciptanya regulasi yang berimbang dan berkelanjutan,” kata Dirhamsyah kepada Bisnis pada Senin (27/10/2025).

    Menurut dia, Maxim siap berpartisipasi aktif memberikan masukan dari perspektif industri untuk mewujudkan keputusan terbaik demi keberlanjutan ekosistem transportasi daring di Indonesia. 

    Poin-poin Perpres OJOL

    Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli menyampaikan bahwa rancangan perpres tersebut akan dibentuk untuk mengisi sementara kekosongan regulasi ojol. Pasalnya, aturan dalam bentuk rancangan undang-undang (RUU) baru akan dibahas  tahun depan.

    “Perhatian Kemnaker adalah kepada jaminan sosial dari teman-teman pengemudi online. Kami ingin memastikan satu, jaminan sosialnya ada,” kata Yassierli dalam temu media di Kantor Kemnaker, Jakarta Selatan, Selasa (28/10/2025).

    Lebih lanjut, Kemnaker menyatakan bahwa regulasi tersebut akan mencakup jaminan kecelakaan kerja (JKK) hingga jaminan kematian (JKM) bagi pengemudi ojek daring.

    Yassierli lantas menyatakan bahwa akan ada pengaturan yang lebih transparan mengenai hubungan kerja antara pengemudi atau driver ojol dan aplikator. Saat ini hubungan keduanya masih sebatas mitra.

    Kendati demikian, dia menyatakan bahwa perumusan regulasi terbaru itu tidak hanya menjadi wewenang Kemnaker, melainkan juga mencakup kementerian lainnya. Hal ini juga berlaku bagi RUU terkait.

    “Undang-undangnya kan baru diusulkan, itu pun belum ditentukan sebagai inisiatif dari DPR atau pemerintah. Sudah masuk list untuk tahun depan, nanti kita lihat sama-sama,” ujar Yassierli.

    Menaker Yassierli

    Presiden Prabowo Subianto akan mengeluarkan peraturan presiden (perpres) yang mengatur kesejahteraan para pengemudi driver ojek online pada tahun ini.

    Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menjelaskan bahwa hal ini merupakan tindak lanjut dari Sidang Kabinet Paripurna yang meminta agar perusahaan besar penyedia jasa ojek daring untuk membahas kesejahteraan pengemudi dan persaingan usaha yang adil.

    Regulasi ini disebutnya akan mencakup berbagai aspek, mulai dari status kerja pengemudi, pengaturan tarif, hingga perlindungan sosial bagi para mitra ojol.

    “Secepatnya, [tahun ini] sangat mungkin. Sudah ada, tinggal beberapa yang masih kami harus cari titik temunya,” kata Prasetyo Hadi saat ditemui di Kantor Kemensesneg, Jumat (24/10/2025).

  • Cara Jalan Kaki Seperti Ini Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung-Stroke

    Cara Jalan Kaki Seperti Ini Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung-Stroke

    Jakarta

    Jalan kaki bukan sekadar aktivitas sederhana, tapi juga bisa jadi investasi untuk kesehatan jantung dan otak. Sebuah penelitian menunjukkan, cara tertentu untuk berjalan kaki diklaim dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke hingga setengahnya.

    Dikutip dari Times of India, Sebuah studi internasional yang dipimpin oleh para ahli di Sidney University (Australia) dan Europea University (Spanyol) menemukan ada cara berjalan yang efektif untuk jantung dan otak.

    Cara Berjalan Itu Penting

    Jalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan, itu sesuatu yang tidak terbantahkan. Namun, cara untuk berjalan kaki juga penting untuk meningkatkan efektivitasnya.

    Studi terbaru menemukan berjalan kaki 10-15 menit dalam sekali peregangan atau jalan kaki secara terus menerus, alih-alih beberapa kali jalan singkat dapat berdampak baik bagi jantung.

    Dengan cara ini, para peneliti mengklaim dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular hingga dua pertiga dibandingkan mereka yang berjalan kaki kurang dari lima menit.

    Tak hanya soal waktu, jumlah langkah yang lebih banyak memiliki manfaat kesehatan yang lebih besar daripada jalan kaki yang dipecah-pecah waktunya.

    Hasil Penelitian

    Para peneliti yang mempelajari 33.560 orang dewasa 40-79 tahun yang berjalan kurang dari 8.000 langkah per hari. Selama penelitian delapan tahun, ditemukan beberapa fakta.

    Mereka yang rutin jalan kaki 10-15 menit per hari, hanya memiliki risiko 4 persen mengalami kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke.

    “Bagi orang-orang yang paling tidak aktif, beralih dari jalan kaki singkat ke jalan kaki berkelanjutan yang lebih lama mungkin memberikan beberapa manfaat kesehatan,” kata salah satu penulis utama penelitian tersebut, dr Matthew Ahmadi di Sidney University.

    Jalan kaki tersebut tidak harus cepat, ini bisa disesuaikan dengan masing-masing kemampuan tubuh. Selama kecepatan itu nyaman, namun stabil sudah mampu memberikan manfaat yang signifikan.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video: Himbauan Menjaga Kesehatan di Tengah Cuaca Panas”
    [Gambas:Video 20detik]
    (dpy/suc)

  • Spanyol Gagalkan Penyelundupan 20 Ton Ganja dalam Paket Paprika dari Maroko

    Spanyol Gagalkan Penyelundupan 20 Ton Ganja dalam Paket Paprika dari Maroko

    Jakarta

    Polisi Spanyol menyita 20 ton ganja yang disembunyikan di dalam truk berpendingin yang membawa paprika dari Maroko. Dua puluh orang ditangkap dan dipenjara atas tuduhan perdagangan narkoba dan kejahatan terorganisir.

    Dilansir AFP, Kamis (30/10/2025), Kepolisian Nasional Spanyol mengatakan petugas menghentikan sebuah truk yang membawa 12 ton resin ganja di kompartemen palsu di belakang kotak-kotak paprika hijau di provinsi selatan Cadiz pada 21 Oktober.

    Tiga hari kemudian, truk kedua yang membawa 8 ton narkoba dicegat di dekat kota Granada. Kedua kendaraan tersebut tiba di pelabuhan Algeciras dari Tangier.

    Penyidik mengatakan para pengedar menggunakan kendaraan pengintai untuk menghindari polisi, dan beberapa narkoba dikemas dalam bungkus permen “yang bertujuan untuk menarik konsumen muda”.

    Spanyol merupakan pintu masuk utama narkoba ke Eropa karena kedekatannya dengan Maroko dan hubungannya dengan Amerika Latin.

    Maroko merupakan sumber utama sejenis resin ganja yang dikenal sebagai hashish, dan Amerika Latin merupakan sumber utama kokain.

    (rfs/rfs)