Prabowo Bangga MBG Sudah Masuk ke Pelosok: Ini Bukan Kegiatan Main-main
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com –
Presiden RI Prabowo Subianto memamerkan program Makan Bergizi Gratis (MBG) kini sudah mencapai 49 juta penerima manfaat setiap harinya.
Prabowo merasa bangga karena MBG sudah bisa disalurkan ke tempat pelosok dan terpencil.
“Hari ini sudah 49 juta makanan tiap hari, 49 juta
penerima manfaat
tiap hari. Lebih dari 7 kali Singapura kita kasih makan setiap hari. Dan sampai di pelosok-pelosok, di tempat-tempat terpencil kita berhasil untuk masuk,” ujar Prabowo dalam Puncak HUT ke-61 Golkar di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (5/12/2025).
“Ini bukan kegiatan main-main, ini bukan kegiatan yang gampang. Ini prestasi logistik mungkin terbesar di dunia selama beberapa tahun ini,” sambungnya.
Prabowo menyampaikan, Brasil saja baru bisa mencapai 40 juta penerima manfaat setelah 11 tahun menggelar MBG.
Sedangkan Indonesia, kata Prabowo, tak sampai 1 tahunn pun, mereka sudah bisa mencapai 49 juta penerima manfaat MBG.
“Bukan kita bangga hanya dengan angka, tapi maksudnya apa, kita bisa lihat saudara-saudara, lihat wajah-wajah anak-anak, mereka yang mungkin tidak pernah makan dengan baik, sekarang mereka menyambut kedatangan MBG dengan riang gembira,” jelas Prabowo.
“Bagi orang yang tidak pernah melihat anak-anak lapar, dia tidak merasakan. Dan orang-orang yang selalu berpikir keuntungan politik padahal politik sebenarnya adalah kehendak memperbaiki kehidupan rakyat yang susah. Itu arti politik yang sebenarnya,” lanjutnya.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Negara: Singapura
-
/data/photo/2025/12/05/6932e7b124f91.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Prabowo Bangga MBG Sudah Masuk ke Pelosok: Ini Bukan Kegiatan Main-main Nasional 5 Desember 2025
-

Prabowo Ungkap MBG Sudah 49 Juta Penerima: 7 Kali Penduduk Singapura
Jakarta –
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis (MBG) terus berjalan hingga ke pelosok daerah. Dia mengatakan sampai saat ini penerima manfaat MBG mencapai 49 juta orang.
Hal itu disampaikan Prabowo saat memberikan sambutan di acara doa bersama puncak HUT Golkar di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (5/12/2025).
“Saudara-saudara, hari ini sudah 49 juta makanan tiap hari, mulut, 49 juta penerima manfaat tiap hari,” katanya.
Prabowo mengatakan jumlah tersebut setara 7 kali penduduk Singapura. Penerima manfaat MBG, sebutnya, telah menjangkau hingga daerah terpencil.
“Lebih dari 7 kali Singapura kita kasih makan setiap hari, saudara-saudara. Dan sampai di pelosok-pelosok, di tempat-tempat terpencil kita berhasil untuk masuk,” ujarnya.
“Ini bukan kegiatan main-main, ini bukan kegiatan yang gampang. Ini prestasi logistik mungkin terbesar di dunia selama beberapa tahun ini,” katanya.
(fca/azh)
-

Hari Ini Sudah 49 Juta Penerima!
Jakarta –
Presiden Prabowo Subianto mengatakan pemerintahannya selama setahun ini telah mempersembahkan hasil nyata untuk rakyat. Salah satunya adalah program Makan Bergizi Gratis (MBG).
Program ini menyasar anak-anak usia sekolah hingga ibu hamil di seluruh Indonesia. Menurut Prabowo sejak program MBG digulirkan, banyak sekali yang mengatakn bakal gagal.
Namun, saat ini program itu makin masif dijalankan. Buktinya, menurut Prabowo, 49 juta orang sudah menerima MBG setiap hari.
“Ada profesor-profesor ada orang-orang pintar yang mengatakan dalam siaran-siaran mereka MBG pasti gagal. Saudara-saudara, hari ini sudah 49 juta makanan tiap hari, mulut 49 juta penerima manfaat tiap hari. Lebih dari 7 kali singapura kita kasih makan setiap hari, saudara-saudara,” beber Prabowo saat berbicara pada HUT Golkar ke-61, dikutip dari YouTube DPP Partai Golkar, Jumat (5/12/2025).
“Dan sampai di pelosok-pelosok, di tempat-tempat terpencil kita berhasil untuk masuk,” tegasnya lagi menekankan.
Prabowo menegaskan MBG bukan program main-main, apalagi program yang berbau unsur politis saja. Menurutnya program ini justru didorong oleh kehendak untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat.
“Orang-orang yang selalu berfikir keuntungan politik padahal politik sebenarnya adalah kehendak memperbaiki kehidupan rakyat yang susah. Itu arti politik yang sebenarnya,” ungkap Prabowo.
Dia melanjutkan tidak mudah mencapai angka 49 juta penerima. Di Brasil yang sudah jauh lebih lama menjalankan program makan gratis serupa, baru bisa mencapai angka 40 juta dalam 11 tahun.
“Ini bukan kegiatan main-main, ini bukan kegiatan yang gampang. Ini prestasi logistik mungkin terbesar di dunia selama beberapa tahun ini. Brasil berhasil mencapai 40 juta penerima manfaat dalam 11 tahun. Kita mencapai dalam 12 bulan, tidak sampai malah, sudah 49 Juta,” papar Prabowo.
“Bukan kita bangga hanya dengan angka, tapi maksudnya apa, kita bisa lihat saudara-saudara, lihat wajah-wajah anak-anak, mereka yang mungkin tidak pernah makan dengan baik, sekarang mereka menyambut kedatangan MBG dengan riang gembira,” pungkasnya menekankan.
(hal/hns)
-

Sekolah Milik Miliarder Singapura Peter Lim Hadir di Indonesia mulai Agustus 2026
Bisnis.com, JAKARTA — Wellington College Education Singapore Group, yang dikendalikan oleh miliarder Singapura, Peter Lim, akan membuka kampus pertamanya di Indonesia pada Agustus 2026 di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD).
CEO Wellington College Singapore, Tan Wee Han menyebut proses pembukaan sekolah itu tengah berjalan. Tan menyebut, proses penerimaan siswa saat ini juga telah dimulai.
Tan melanjutkan, pembangunan gedung sekolah di BSD juga telah mencapai sekitar 50%. Dia menargetkan pembangunan gedung sekolah rampung pada April 2026 mendatang.
“Kami akan membuka tahun ajaran pada Agustus 2026,” jelas Tan saat dikonfirmasi, Jumat (5/12/2025).
Tan menjelaskan, pada tahap awal operasional di tahun ajaran 2026, Wellington College Indonesia akan membuka jenjang Nursery hingga Year 3. Selanjutnya, pihak sekolah akan menambah tingkat kelas secara bertahap setiap tahun hingga pada akhirnya menyediakan program pendidikan lengkap K-12.
Sementara itu, dilansir dari Forbes, gedung sekolah Wellington College Indonesia disebut akan memiliki luas sekitar 13.000 meter persegi ini dan akan memulai operasional dengan kapasitas 350 siswa pada jenjang pendidikan usia dini. Pihak manajemen berencana melakukan ekspansi ke lahan yang lebih besar di area BSD City untuk menghadirkan kurikulum lengkap K–12 pada 2030.
Selain di Jakarta, Wellington College Singapore juga berencana membuka dua sekolah baru di Malaysia dan Singapura dalam beberapa tahun ke depan. Ekspansi ini disebut sebagai yang terbesar dalam sejarah global Wellington College selama 170 tahun berdiri.
Namun demikian, perusahaan belum mengungkapkan nilai total investasi pembangunan ketiga kampus tersebut.
“Kami memiliki visi membawa warisan terbaik Wellington ke tengah dinamika Asia Tenggara,” ujar CEO Wellington College Singapore Tan Wee Han dalam pernyataan resmi.
Menurutnya, kawasan ini tengah mengalami perubahan ekonomi dan demografi yang cepat sehingga mendorong kebutuhan keluarga akan pendidikan yang kuat secara akademis, terhubung secara global, dan berlandaskan nilai-nilai yang kokoh.
Wellington College Singapore menyatakan pihaknya juga akan membuka sekolah junior di Singapura pada 2028 serta mengembangkan sekolah unggulan K–12 lengkap dengan asrama di negara bagian Johor, Malaysia, yang ditargetkan mulai beroperasi pada 2030.
Peter Lim, salah satu orang terkaya di Singapura dengan estimasi kekayaan US$1,9 miliar, mengungkapkan rencana ekspansi Wellington College di Asia Tenggara tiga tahun setelah menandatangani kerja sama dengan sekolah Inggris tersebut. Wellington College sendiri dikenal sebagai salah satu 10 sekolah terbaik dunia untuk kurikulum International Baccalaureate (IB).
Lim saat ini aktif berinvestasi di Johor, yang tengah dikembangkan sebagai kawasan ekonomi khusus (special economic zone). Melalui perusahaan yang tercatat di Singapura, Thomson Medical Group, Lim membangun proyek properti terpadu yang mencakup rumah sakit, hotel, menara hunian, dan fasilitas komersial dengan estimasi nilai pengembangan bruto mencapai 18 miliar ringgit Malaysia atau sekitar US$4,4 miliar.
Lim memulai karier sebagai pialang saham sebelum mengakumulasi kekayaan besarnya dari penjualan saham di raksasa minyak sawit Wilmar International lebih dari satu dekade lalu.
Portofolio investasinya kini merentang di sektor pendidikan, kesehatan, properti, dan olahraga. Dia juga tercatat sebagai pemilik klub sepak bola Spanyol Valencia CF serta firma arsitektur RSP Architects, Planners and Engineers yang tengah mengembangkan kawasan tepi laut berskala besar di Desaru, Johor, untuk keluarga Raja Malaysia Sultan Ibrahim Iskandar.
-

Perjuangan Batik Khantil, Toko Kebakaran Kini Sukses di Shopee
Jakarta –
Perjuangan merintis brand Batik Khantil dan Kintakun ternyata tak mudah. Keduanya pernah alami musibah kebakaran tapi sukses bangkit. Hal ini diceritakan langsung oleh Ahmad Musa selaku owner Batik Khantil.
Musa bercerita bahwa Batik Khantil berdiri bahkan sebelum Shopee hadir. Ketika itu, ia dan istri memasarkan produknya ke kios-kios di pasar tradisional.
“Setelah itu buka toko di Pekalongan sekitar 2015-2018, lalu toko itu mengalami musibah, kebakar tuh tokonya habislah setelah sekian lama kita bangun,” ujarnya di acara ‘Media Gathering Shopee 12.12 Birthday Sale – Satu Dekade Mengukir Cerita Pertumbuhan Bersama’, Jumat (5/12/2025), di Aroem Mahakam, Jakarta Selatan.
Perjuangannya selama bertahun-tahun membangun Batik Khantil seakan hilang dalam semalam. Akan tetapi, dia mengatakan tidak mau menutup diri untuk bangkit dan berjuang lagi.
Masuk ke masa pandemi, Batik Khantil makin digoyang, bahkan tutup lagi. Akhirnya, didorong oleh istrinya, Musa membuka toko online di Shopee. Tujuannya agar Batik Khantil tetap eksis, dapat memperkenalkan batik, dan memperluas jaringan.
“Masuk Shopee titik balik, awalnya dikenal di Pekalongan jadi banyak karya kita di seluruh Indonesia. Semenjak bergabung di Shopee, pemasukan kami meningkat 50x lipat,” kisahnya.
Kini, Musa memiliki 45 karyawan. Dia juga telah membangun studio Shopee Live sendiri karena live streaming menjadi sumber pemasukan terbesar. Sekitar 45% pesanan Batik Khantil datangnya dari Shopee Live.
Selain itu, Batik Khantil ikut ekspor shopee menembus negara Singapura, Malaysia dan Thailand. Dia merasa luar biasa membawa para pengrajin Pekalongan ke Asia Tenggara dan menjadi bangga.
“Betul saat kehilangan toko akibat kebakaran, bukan hanya penghasilan tapi kerja keras kami. Rasanya campur aduk, sedih, kecewa, tapi saya tidak membiarkan diri saya terpuruk. Walau menyakitkan tapi justru mengajarkan saya lebih tangguh,” akunya.
Jatuh Bangun Kintakun
Vincent Saputera Marketing Director of Kintakun juga punya cerita yang sama. Kintakun berdiri pada 2005 dan main di pasar lokal. Ketika ada Shopee, Kintakun langsung masuk memperkenalkan produknya.
“Kintakun pernah juga mengalami beberapa fase tidak mudah, zaman krisis, ada kebakaran juga di pabriknya, tapi kita bangkit 2017-2018. Dikit-dikit kita growing di Shopee,” kenang Vincent.
Sempat mengalami penurunan penjualan hingga overstock, Kintakun bangkit setelah bergabung menjadi Shopee Mall. Beragam campaign dijalani untuk menjangkau dan memperkenalkan produk mereka ke seluruh Indonesia.
“Fitur terbaru membantu bertumbuh misalnya Shopee Live dan Shopee Video. Ini tren baru secara digital yang bisa kasih lihat produk langsung dan interaksi. Jadi apa yang mereka beli bisa lebih real. Shopee Video membantu untuk marketing video-video menarik sehingga mereka masuk ke live-nya,” bukanya.
Shopee Mendorong UMKM
Adi Rahardja Senior Director of Business Development Shopee Indonesia mengatakan selama 10 tahun ini platformnya membangun ekosistem lengkap untuk pengguna, UMKM, brand lokal, hingga kreator.
Pengalaman belanja pun ditingkatkan dengan berbagai promo seperti garansi tepat waktu, bebas kembali, sampai pengembangan fitur AI. Bahkan terbaru ada OTT shopping bekerjasama dengan Vidio.
“Shopee jadi rumah jutaan UMKM membangun bisnis mereka. Kami mengadakan pelatihan untuk UMKM, mendorong pertumbuhan usaha. Ada juga program Shopee Ekspor. Banyak kisah sukses seperti Batik Khantil dan Kintakun,” tandasnya.
(ask/fyk)
-

Kisah 2 Brand Lokal RI Bangkit dari Krisis Berkat Dukungan Shopee
Jakarta –
Setiap usaha punya cerita jatuh bangunnya sendiri. Namun di balik masa-masa sulit, justru para pelaku usaha menemukan keberanian dan kreativitas untuk bangkit lebih kuat. Kondisi inilah yang dialami oleh dua brand lokal asal Indonesia, Batik Khantil dan Kintakun.
Owner Batik Khantil, Ahmad Musa bercerita pada tahun 2018, bisnisnya jatuh karena toko miliknya terbakar akibat korsleting listrik. Toko yang dibangunnya bertahun-tahun itu pun habis dilahap dalam semalam.
“Kami buka toko di Pekalongan sejak tahun 2015 sampai tahun 2018. Waktu tahun 2018, toko kami mengalami musibah kebakaran. Setelah sekian lama kita bangun toko tersebut, kita berjuang bertahun-tahun, habis dalam satu malam,” ujar Musa pada acara Media Gathering Shopee 12.12 Birthday Sale: Satu Dekade Mengukir Cerita Pertumbuhan Bersama di Aroem Mahakam Resto, Jumat (5/12/2025).
Bukan hanya itu, kondisi pandemi Covid-19 di tahun 2020 juga kembali menghantam bisnisnya. Namun, Musa mengaku tak putus asa dan mulai merambah ke penjualan online di Shopee.
“Di tahun 2020, datanglah pandemi. Setelah pandemi, kita tutup lagi lockdown. Akhirnya, kita memutuskan bergabung bersama Shopee biar kita bisa tetap eksis. Sejak bergabung di Shopee, kita bisa memperluas jaringan dan menumbuhkan pertumbuhan bisnis yang sangat pesat,” papar Musa.
Tak main-main, omzet Batik Kanthil sejak bergabung di Shopee pun meningkat tajam. Peningkatan ini tentu tak lepas dari pemanfaatan fitur unggulan di Shopee Live. Selain peningkatan omzet, produk Batik Kanthil kini juga semakin dikenal masyarakat, bahkan hingga ke pasar global, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.
“Bergabung ke Shopee memang menjadi titik balik dari yang awalnya hanya dikenal di sekitar Kota Pekalongan, karya kami bisa sampai banyak di kota seluruh Indonesia. Sejak bergabung di Shopee, Batik Kantil mencatat untuk peningkatan pesanan orderan lebih dari 50 kali lipat,” katanya.
“Dan berbagai program campaign angka kembar, fitur Shopee Ad, pelatihan Kampus UMKM Shopee, hingga fitur Shopee Live dan Shopee Video sangat membantu untuk UMKM. Dan akhirnya kini kami membangun studio live streaming sendiri karena hampir 45% dari total pesanan yang kami terima itu dari Shopee Live,” ucap Musa.
Jatuh bangun juga dialami brand sprei lokal Kintakun. Marketing Director of Kintakun, Vincent Saputera mengungkapkan pabrik Kintakun juga sempat mengalami kebakaran sehingga harus mulai berbisnis dari awal. Namun, di tahun 2018, bisnis Kintakun kembali bangkit sejak bergabung bersama Shopee.
“Dari zaman waktu itu krisis, kita pernah juga pabriknya kebakaran, jadi harus mulai dari awal. Waktu itu penurunan penjualan sangat banyak sehingga mengalami overstock,” papar Vincent.
“Waktu itu sekitar tahun 2017-2018, kita join Shopee Mall. Dan di situ, kita ada banyak campaign dibantu oleh Shopee sehingga membantu kami menjangkau dan memperkenalkan produk Kintakun ke seluruh Indonesia,” imbuhnya.
Vincent mengungkapkan pihaknya kerap memanfaatkan Shopee Live dan Shopee Video dalam memasarkan produk Kintakun. Menurutnya, strategi ini sangat membantu Kintakun menggaet minat para konsumen.
“Shopee Live ini suatu trend dimana kita secara digital bisa memperlihatkan produk langsung, menjelaskan, bahkan berinteraksi (dengan pembeli). Dan Shopee Video itu juga membantu untuk marketingnya, orang bisa melihat ada video-video yang menarik, dan akhirnya tertarik untuk masuk ke live-nya,” jelasnya.
Dukungan Shopee untuk UMKM
Shopee Birthday Sale 12.12 Foto: dok. Istimewa
Selama satu dekade hadir di Indonesia, Shopee terus mendorong UMKM dan brand lokal berkembang melalui berbagai program mulai dari Shopee Pilih Lokal, Kampus UMKM Shopee hingga Program Ekspor Shopee Flexi. Shopee Jagoan UMKM
“Untuk UMKM dan brand lokal, selama satu dekade ini, Shopee sudah menjadi rumah bagi jutaan UMKM untuk memulai membangun bisnis mereka. “Kami mengadakan program latihan, kompetisi Jagoan UMKM Naik Kelas untuk mendukung pertumbuhan pelaku usaha,” ujar Senior Director of Business Development Shopee Indonesia, Adi Rahardja.
“Nggak hanya itu, kami juga memberikan dukungan untuk penjual baru melalui Program Sukses UMKM Baru dan membuka akses ke pasar global melalui Program Ekspor Shopee, dan jProgram Ekspor Shopee Flexi,” lanjutnya.
Pada gelaran Birthday Sale 12.12 kali ini, Shopee juga menggandeng berbagai brand lokal untuk berkolaborasi menghadirkan koleksi eksklusif. Salah satunya kolaborasi bersama Kintakun dengan menghadirkan koleksi sprei berwarna orange ciri khas Shopee.
“Kita membuat spesial design motif icon uniknya Shopee, yaitu jeruk dengan desain gaya-gaya Jepang, lebih clean dan cute. Kita juga ada collectable cute keychain bareng Shopee, dengan berbagai macam warna,” kata Vincent.
“Untuk promonya, kita juga memberikan promo diskon sampai 50% dan pengguna bisa berkesempatan mendapatkan sprei kolaborasi bersama Shopee seharga Rp12,” lanjutnya.
Selain kolaborasi spesial, di puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee juga menyiapkan berbagai promo menarik. Mulai dari tanggal 11 Desember 2025 pukul 20:00 WIB, pengguna dapat menikmati Diskon s/d 120RB, Voucher Ulang Tahun s/d 100%, Potongan Langsung 1JT, Traktiran Mobil Rp12 & 12.000 Produk Lainnya, serta Gratis Ongkir Rp0. Bahkan mulai pukul 00:00 WIB di 12 Desember mendatang, akan ada koleksi Semua Produk Rp1 spesial untuk pengguna Shopee.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, kunjungi https://shopee.co.id/m/12-12.
Tonton juga video “Shopee Indonesia Raih Penghargaan Penggerak Pertumbuhan Bisnis Lokal di Detikcom Awards 2025”
(prf/ega)
-
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5429679/original/095391700_1764640653-Galaxy_Z_TriFold_01.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan di Segmen HP Layar Lipat Tiga
Mengingat inovasi dan teknologi canggih yang ditawarkan, Samsung Galaxy Z TriFold diperkirakan akan hadir dengan harga premium di pasar global. Bocoran terbaru dari Sammobile pada 1 Desember 2025 menyebutkan bahwa harga perangkat ini akan dibanderol sekitar USD 2.499, atau setara dengan Rp 41,6 juta. Angka ini lebih rendah dari rumor awal yang memprediksi harga sekitar USD 3.000.
Di Korea Selatan, harga TriFold adalah 3.594.000 won, yang kira-kira setara dengan USD 2.450 berdasarkan nilai tukar saat ini. Sementara itu, di India, perangkat ini diperkirakan akan diluncurkan dengan harga sekitar ₹2,50,000. Harga tersebut memang masih tergolong tinggi untuk segmen flagship, terutama jika dibandingkan dengan Galaxy Z Fold7 yang dijual mulai dari USD 1.999 atau sekitar Rp 33 jutaan.
Namun, statusnya sebagai ponsel layar lipat tiga pertama dari Samsung menjadikan harga ini tidak terlalu mengejutkan. Samsung memang dikenal sering meluncurkan inovasi perangkat Android, mulai dari smartphone lipat tunggal, lipat dua, hingga jam tangan pintar.
Ketersediaan Galaxy Z TriFold akan dimulai di Korea pada 12 Desember, diikuti oleh pasar lain seperti Tiongkok, Taiwan, Singapura, UEA, termasuk di Indonesia. Peluncuran di Amerika Serikat direncanakan pada kuartal pertama tahun 2026.
-

LNSW sebut agregat dwelling time hingga Oktober 2025 capai 2,93 hari
Itu kalau misalnya libur itu panjang banget, biasanya ada holiday atau lebaran, kebetulan lebaran kita dua minggu (libur), pelabuhan tidak boleh di open..,
Jakarta (ANTARA) – Lembaga National Single Window (LNSW) mencatat, agregat salah satu indikator penting dalam industri logistik dan kepabeanan (dwelling time) dari Januari sampai dengan Oktober 2025 mencapai 2,93 hari.
Capaian ini masih di bawah target rata-rata dwelling time pada 2025 agar bisa ditekan hingga 2,87 hari.
Meski demikian, Kepala LNSW Oza Olavia dalam temu media di Jakarta, Kamis menyebut target tersebut masih realistis meskipun sangat bergantung pada dinamika operasional di lapangan dan kondisi eksternal yang kerap berubah.
Ia mencontohkan kondisi pada periode libur panjang, seperti Lebaran, yang biasanya menyebabkan indeks naik signifikan. Sebab, terdapat penyesuaian operasional pada aktivitas bongkar muat di pelabuhan logistik.
“Itu kalau misalnya libur itu panjang banget, biasanya ada holiday atau lebaran, kebetulan lebaran kita dua minggu (libur), pelabuhan tidak boleh di open, itu otomatis kan dia akan ada penumpukan di Pelabuhan. Kalau ada penumpukan, pasti waktunya akan tinggi,” ujarnya.
Oleh karena itu, Oza menekankan pentingnya transparansi dalam menjelaskan penyebab naik-turunnya indikator tersebut, termasuk ketika terjadi kondisi ekstrem.
“Kalaupun begitu kita harus bisa menjelaskan, menginformasikan di mana penyebab-penyebabnya itu yang harus kita mitigasi. Bukan karena misalnya ada hal-hal tertentu sehingga dia tertahan, tapi karena lebih bagaimana ada kondisi-kondisi yang ekstrim yang harus kita informasikan,” tambahnya.
Adapun LNSW mencatat indeks dwelling time pada Oktober 2025 tercatat 2,47 hari. Sementara, rata-rata dwelling time pada 2024 berada di angka 2,86 hari, naik dari 2023 yang mencapai 2,62 hari, dan sedikit lebih tinggi dibanding 2022 yang berada di 2,84 hari.
Lebih lanjut, Oza mengingatkan bahwa perbandingan antarnegara tidak bisa dilakukan secara langsung karena karakteristik logistik Indonesia berbeda dengan negara hub seperti Singapura.
Menurutnya, Indonesia bukan negara transit-transshipment, melainkan pelabuhan tempat proses bongkar muat barang benar-benar dilakukan secara penuh.
Sementara di Singapura, sebagian besar aktivitas bersifat transit, kontainer hanya lewat kemudian diturunkan sebentar, lalu dipindahkan ke kapal lain tanpa proses pemeriksaan atau distribusi yang kompleks.
“Itulah kenapa dalam melihat dwelling time kita juga harus melihat tipikal dari ekspor logistik dari suatu negara,” katanya.
Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2025Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.
-
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5081848/original/041923500_1736225351-PABRIK.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
PT Toba Pulp Lestari Milik Siapa?
Berdasarkan data terbaru per Oktober 2025, mayoritas saham PT Toba Pulp Lestari kini dipegang oleh Allied Hill Limited. Entitas yang berbasis di Hong Kong ini menguasai sebesar 92,54% saham perusahaan. Sementara itu, 7,58% sisanya tetap menjadi milik publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.
Allied Hill Limited merupakan perusahaan holding investasi yang sepenuhnya dimiliki oleh Everpro Investments Limited. Penerima manfaat akhir atau ultimate beneficial owner dari kepemilikan saham PT Toba Pulp Lestari melalui Allied Hill Limited adalah Joseph Oetomo. Joseph Oetomo sendiri adalah seorang pengusaha asal Singapura yang juga menjabat sebagai direktur di perusahaan tersebut.
Dengan demikian, Joseph Oetomo menjadi sosok kunci di balik kepemilikan PT Toba Pulp Lestari saat ini. Informasi ini menjadi penting untuk memahami struktur tanggung jawab perusahaan. Transparansi kepemilikan diharapkan dapat memberikan kejelasan lebih lanjut dalam menghadapi berbagai tantangan, terutama terkait isu lingkungan dan sosial yang terus menyertai operasional TPL.
-

BI: QRIS antarnegara mudahkan transaksi di luar negeri
ANTARA – Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Singapura Widi Agustin, di Penang, Malaysia, Rabu (3/12), menyatakan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antarnegara sebagai transaksi pembayaran di luar negeri, lebih mudah dan efisien dibandingkan menggunakan valuta asing atau kartu perbankan. Saat ini QRIS antarnegara telah terkoneksi dengan QR sejumlah negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Jepang. (Rangga Pandu Asmara Jingga/Rayyan/Rijalul Vikry)
Copyright © ANTARA 2025
Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.