Negara: Singapura

  • Usai Rumah Ahmad Sahroni Diamuk Massa, Giliran Alamat Eko Patrio Disebar

    Usai Rumah Ahmad Sahroni Diamuk Massa, Giliran Alamat Eko Patrio Disebar

    GELORA.CO –  Rumah Ahmad Sahroni di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara digeruduk massa, Sabtu sore, 30 Agustus 2025.

    Barang-barang yang berada di bangunan mewah tersebut habis dijarah massa. Sementara mobil yang terparkir di garasi dirusak.

    Sebelum adanya penjarahan ini, alamat rumah Ahmad Sahroni memang sempat dibagikan saat seseorang melakukan live TikTok.

    Terkini, saat warganet juga melakukan siaran langsung di rumah Ahmad Sahroni, ada yang membagikan alamat rumah Eko Patrio.

    Akun yang membagikan alamat rumah Eko adalah @ardiansyah.karindangan.

    Seruan soal rumah Eko Patrio bukan hanya ada di TikTok. Di Twitter pun, warganet menyasar kalau rumah sang komedian bisa menjadi sasaran selanjutnya.

    “Eko Patrio dan Nafa Urbach apa tidak gentar sekarang?” tanya warganet.

    “Uya Kuya, Eko Patrio, next,” timpal yang lain.

    Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari Ahmad Sahroni dan Eko Patrio. Kabarnya, dua anggota DPR tersebut berada di luar negeri.

    Ahmad Sahroni berada di Singapura, sementara Eko Patrio diketahui terbang ke China.

    Eko Patrio dan Ahmad Sahroni menjadi dua nama yang memantik kemarahan masyarakat.

    Ahmad Sahroni dengan pernyataan kalau rakyat tolol jika mau membubarkan DPR.

    Di sisi lain, Eko Patrio malah joget-joget saat masyarakat dilanda ekonomi sulit.

  • Ahmad Sahroni Dikabarkan “Kabur” ke Singapura, di Tengah Ramainya Aksi Demo

    Ahmad Sahroni Dikabarkan “Kabur” ke Singapura, di Tengah Ramainya Aksi Demo

    GELORA.CO –   Di tengah panasnya situasi unjuk rasa di Jakarta dan sejumlah daerah di Indonesia, terhadap kelakuan anggota DPR RI, keberadaan Ahmad Sahroni disorot.

    Anggota DPR RI fraksi Partai NasDem itu dikabarkan ‘kabur’ ke Singapura sejak 27 Agustus 2025. Padahal, aksi unjuk rasa sejumlah elemen sedang terjadi di tanggal tersebut.

    Dugaan ‘kaburnya’ Ahmad Sahroni ke Singapura itu sempat tertangkap kamera warga, saat sang anggota dewan yang terhormat itu berada di bandara.

    Melansir postingan akun X @senjatanuklir, ia membagikan tangkapan layar chat berisi informasi dari rekannya tentang keberadaan Sahroni.

    “Sahroni udah gak di Indo dari 2 hari lalu,” demikian isi pesan pada Jumat, 29 Agustus 2025.

    Warga tersebut mengaku terkahir kali melihat Ahmad Sahroni di Singapura. Namun demikian, ia tak mengetahui, apakah Ahmad Sahroni sudah berpindah lokasi atau belum.

    “Singapura terakhir, gak tau kalo pindah lagi,” sambungnya.

    Sementara itu, dalam postingan @akun_buat_marah, terlihat foto Ahmad Sahroni saat sedang menunggu pesawat di bandara.

    Dia tampak duduk di kursi sambil mengenakan earphone dan bermain ponsel.

    Politisi NasDem itu tampil santai dalam balutan jaket cokelat dan topi hitam.

    “Sahroni kabur nih ke SG (Singapura),”  tulisnya.

    Dugaan ‘kaburnya’ Ahmad Sahroni ke Singapura, semakin diperkuat dengan unggahan influencer sekaligus founder Malaka Project, Ferry Irwandi.

    Ferry pun menduga jika Ahmad Sahroni kabur ke Singapura.

    Hal itu disampaikan Ferry Irwandi dalam unggahan di akun Instagram pribadinya seraya mengunggah foto politikus Partai Nasdem tersebut.

    Di foto itu sosok tersebut terlihat memakai topi dan jaket.

    Sosok diduga Ahmad Sahroni itu tampak tengah duduk di sebuah ruang tunggu.

    Dalam tulisan yang ada di foto tersebut, dikatakan sosok yang diduga Ahmad Sahroni itu hendak pergi ke Singapura.

    “Kalau ini benar, maka orang ini sama pengecut dan rendahnya dengan katak bhizzer.

    Mau kabur sejauh apapun, warga sipil akan selalu ada dimanapun.

    Hadapi kausalitas yang anda sudah lahirkan bukan kabur.

    Sekali lagi jika ini benar, Kami tidak sudi diwakili pengecut bermental culun seperti anda,” tulis Ferry Irwandi.

    Sebelumnya, Ahmad Sahroni resmi dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI. Dia dimutasi menjadi anggota Komisi I.

    Hingga berita ini diturunkan, belum ada klarifikasi resmi dari Ahmad Sahroni.

  • Elon Musk dan Platform Digital Lain Diwajibkan Punya Kantor di Indonesia

    Elon Musk dan Platform Digital Lain Diwajibkan Punya Kantor di Indonesia

    Jakarta

    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria menegaskan bahwa penyedia layanan media sosial X (sebelumnya Twitter) didesak punya kantor di Indonesia.

    Pemerintah, kata Nezar, sudah bersurat ke perusahaan milik Elon Musk itu untuk menjalin komunikasi lebih lanjut. Sebagai informasi, X diketahui belum punya kantor perwakilan di Indonesia.

    “Ya, kita kan sudah bersurat ya ke X. Kita tunggulah respon mereka. Selama ini memang enggak punya kantor,” ujar Nezar saat ditemui, Jumat (29/8/2025).

    Menurut Nezar, kehadiran kantor perwakilan bukan hanya kebijakan yang berlaku di Indonesia, melainkan juga sudah menjadi praktik umum di berbagai negara. Kewajiban punya kantor perwakilan di Indonesia tidak hanya ditujukan X saja, namun berlaku kepada platform digital lainnya.

    “Bukan cuma Komdigi ya, hampir semua negara memperlakukan hal yang sama. Di Singapura juga demikian, di Korea Selatan begitu juga, di Malaysia juga begitu. Jadi saya kira itu normal saja, wajar begitu,” jelasnya.

    Ia menambahkan, dengan jumlah penduduk hampir 300 juta jiwa dan penetrasi internet mencapai 80%, wajar jika Indonesia meminta platform Over The Top (OTT) global menaati regulasi yang berlaku.

    “Karena kita pemakai terbesar di sini. Jadi, saya kira semua OTT yang memanfaatkan Indonesia sebagai pasar itu wajib menaati regulasi-regulasi yang berlaku,” kata Nezar.

    Terkait konsekuensi bila X atau platform digital lain tak segera punya kantor perwakilan resmi, Nezar mengatakan hal itu akan berhadapan dengan regulasi nasional. Namun ia menegaskan pemerintah belum sampai pada rencana pemblokiran.

    “Kita belum bicara soal pemblokiran, tapi kita berharap mereka kooperatif untuk mengikuti aturan yang ada. Jadi ini masih pendekatan dulu,” pungkasnya.

    (agt/fay)

  • Media Asing Sorot Ojol Tewas Dilindas Rantis Brimob

    Media Asing Sorot Ojol Tewas Dilindas Rantis Brimob

    Jakarta

    Media-media asing menyoroti kematian seorang pengemudi ojek online (ojol) akibat dilindas kendaraan taktis (rantis) Brimob saat aksi demo di Jakarta.

    Salah satunya media Singapura, The Straits Times yang menulis tentang duka dan kemarahan publik atas kematian Affan Kurniawan. Mengangkat judul “Justice for Affan’: Outrage in Jakarta after delivery rider killed by police vehicle in protest clash,” media tersebut menuliskan wawancara dengan ibunda Affan.

    “Duka dan amarah melanda ibu kota Indonesia, Jakarta, saat keluarga Affan Kurniawan, 21 tahun, berduka atas kematian pengemudi ojol tersebut setelah ditabrak kendaraan taktis polisi saat aksi protes di Jakarta Pusat berubah ricuh,” tulis The Straits Times mengawali artikelnya.

    “Saya ingin orang yang membunuh anak saya mendapatkan hukuman seberat-beratnya…. dia baru saja menyelesaikan pengantaran makanan dan hendak menjemput penumpang berikutnya,” kata ibunda Affan, Erlina kepada The Straits Times, Jumat (29/8/2025) di rumahnya.

    “Dia tulang punggung keluarga kami, dan dia bekerja sangat keras. Dia telah menabung dari pekerjaannya untuk membeli tanah dan membangun rumah untuk kami di desa kami di Lampung,” tutur perempuan berumur 41 tahun tersebut sembari menangis.

    Kantor berita terkemuka asal Inggris, Reuters, juga memberitakan insiden memilukan itu. “Indonesian students vow more protests after one killed in Jakarta demonstration,” demikian judul artikel yang ditulis Reuters, Jumat (29/8/2025).

    “Para mahasiswa Indonesia mengatakan mereka akan berunjuk rasa di Mabes Polri pada hari Jumat setelah seorang pengendara sepeda motor tewas tertabrak kendaraan polisi dalam bentrokan yang berujung kekerasan, menyusul demonstrasi di luar gedung DPR sehari sebelumnya,” tulis Reuters.

    Reuters menuliskan permohonan maaf Kapolda Metro Jaya Irjen Asep Edi Suheri atas insiden tragis itu.

    “Atas nama pimpinan Polda Metro dan atas nama kesatuan, saya menyampaikan permohonan maaf yang mendalam dan turut berduka cita sedalam-dalamnya,” ujarnya dalam konferensi pers, Kamis malam.

    Media Arab Saudi, Arab News juga mengangkat peristiwa itu dengan judul “Indonesian students vow more protests after one killed in Jakarta demonstration”.

    Media Amerika Serikat, Bloomberg, pun memberitakan peristiwa ini. Bloomberg menuliskan bahwa Indonesia akan dilanda lebih banyak demonstrasi buntut kejadian itu.

    “Ini merupakan hari ketiga pekan ini di mana protes besar meletus di seluruh Indonesia, yang menandai ujian penting bagi Prabowo yang baru menjabat kurang dari setahun,” tulis Bloomberg.

    Media Thailand, Bangkok Post juga memberitakan kemarahan masyarakat Indonesia yang diungkapkan secara luas melalui media sosial atas kejadian ini.

    “Kecelakaan fatal tersebut memicu kemarahan luas di media sosial, dengan sesama pengemudi menggelar unjuk rasa pada larut malam di luar markas polisi dan memperingatkan akan terjadinya kerusuhan yang lebih luas, jika pihak berwenang tidak mengambil tindakan,” tulis Bangkok Post, Jumat (29/8/2025).

    Lihat Video ‘Logo Grab-Gojek Jadi Hitam, Duka Tragedi Ojol Dilindas Rantis Brimob’:

    Halaman 2 dari 2

    (ita/ita)

  • Google Cloud Perkuat Komitmen Enterprise AI di Singapura

    Google Cloud Perkuat Komitmen Enterprise AI di Singapura

    Bisnis.com, SINGAPURA – Google Cloud meluncurkan inovasi transformatif yang akan membantu memajukan ambisi AI Singapura, sekaligus menjadi landasan bagi perusahaan-perusahaan Asia untuk meningkatkan skala dan meraih sukses dengan kecerdasan buatan.

    Inovasi tersebut meliputi jaminan residensi data yang memberdayakan organisasi untuk berinovasi sepenuhnya di cloud publik, kemajuan dalam Google Distributed Cloud (GDC) yang menghadirkan kekuatan Gemini di lingkungan lokal, dan aplikasi agensi yang meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh titik kontak. 

    “Singapura adalah landasan peluncuran AI di Asia. Dan hari ini, kami menyediakan model dan perangkat AI Google yang paling mumpuni di sini,” ujar Thomas Kurian, Chief Executive Officer Google Cloud, dalam acara bertajuk AI Asia: Building Beyond Borders, di Singapura, Kamis (27/8). 

    Dengan menghadirkan Gemini di mana pun – di cloud publik dengan jaminan residensi data, di lingkungan lokal maupun terputus, dan di edge – Google Cloud melepaskan gelombang inovasi bagi organisasi sektor publik dan bisnis di berbagai industri. 

    Dengan AI, Google Cloud menyediakan katalis yang ampuh untuk transformasi dan menciptakan peluang ekonomi baru.

    Jaminan residensi data yang diperluas di wilayah cloud Google Singapura adalah salah satu yang pertama di dunia yang menawarkan jaminan residensi data yang diperluas untuk layanan AI perusahaan yang paling diminati, termasuk Gemini 2.5 Flash, model pemikiran Google untuk latensi rendah dan efisiensi biaya yang dapat diakses melalui Vertex AI. 

    Selain itu, ada pula Vertex AI Search untuk menyematkan pencarian agen ke dalam situs web, aplikasi, dan intranet; dan NotebookLM Enterprise, yakni agen buatan Google untuk meringkas dan mengekstrak informasi di seluruh sumber yang kompleks. 

    Dengan perkembangan ini, organisasi di semua sektor kini tidak hanya dapat menyimpan data mereka secara diam-diam, tetapi juga melakukan pemrosesan pembelajaran mesin untuk beban kerja AI mereka sepenuhnya di Singapura.

    Di AI Asia, Google Cloud juga memamerkan kemitraan baru dengan sejumlah organisasi di Singapura, termasuk Centre for Strategic Infocomm Technologies (CSIT), DBS Bank, FairPrice Group (FPG), Government Technology Agency of Singapore (GovTech Singapore), Home Team Science and Technology Agency (HTX), dan National University of Singapore (NUS). 

    Josephine Teo, Menteri Pengembangan Digital dan Informasi, menegaskan kembali komitmen Singapura terhadap kemitraan yang saling menguntungkan, menyoroti bagaimana inisiatif bersama dengan penyedia teknologi terbuka seperti Google Cloud telah membantu mempercepat terciptanya solusi AI bagi Singapura. 

    “Kami akan terus mengambil pendekatan kemitraan dalam mempromosikan adopsi AI,” ujarnya dalam kesempatan yang sama. 

    Dia mengatakan, pendekatan kemitraan sangat berguna ketika mengeksplorasi area-area baru. Salah satu area yang menarik banyak perhatian tahun ini adalah agentic AI. Menurutnya, AI agentik membuka lapisan kemungkinan baru dalam cara manusia berinteraksi dengan AI. 

    Pertama, agen kini dapat bertindak sebagai asisten sederhana – menindaklanjuti instruksi untuk menganalisis data, menyusun email, atau menavigasi situs web untuk mencari informasi. 

    Kedua, agen yang lebih canggih dapat menerapkan serangkaian instruksi dalam alur kerja yang kompleks. Mereka dapat menggabungkan tugas dan menentukan langkah selanjutnya berdasarkan hasil tugas sebelumnya. 

    Ketiga, kemudian mungkin ada agen yang memahami instruksi tingkat tinggi kita, secara mandiri memecahnya menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, bereksperimen dengan berbagai pendekatan, dan terus belajar serta beradaptasi dari upaya sebelumnya. 

    “Dengan meningkatnya kecanggihan, potensi peningkatan produktivitas dan peningkatan nilai juga makin terbuka,” ujar Josephine Teo.

    1756389928_690f696c-46a6-46cc-a79a-e83dec625230.

  • Google Cloud: Membuat AI mudah bagi semua orang jadi tujuan penting

    Google Cloud: Membuat AI mudah bagi semua orang jadi tujuan penting

    Salah satu hal penting yang selalu ingin kami capai adalah membuatnya mudah bagi semua orang

    Singapura (ANTARA) – CEO Google Cloud Thomas Kurian menekankan salah satu hal yang ingin dicapai perusahaannya adalah membuat penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) mudah bagi semua orang.

    “Salah satu hal penting yang selalu ingin kami capai adalah membuatnya mudah bagi semua orang. Infrastruktur kami bersifat homogen, sehingga di manapun Anda melakukan penempatan, infrastrukturnya bersifat homogen,” ujar Thomas dalam konferensi AI Asia: Building Beyond Borders di Singapura, Kamis.

    Thomas mengatakan Google Cloud dibangun di atas fondasi teknologi global. Hal itu didukung dengan infrastruktur yang tersebar di setiap dunia, terhubung satu sama lain dan pada jaringan yang menangani sekitar sepertiga lali lintas internet dunia setiap harinya.

    “Di atas fondasi itu, kami menambahkan kebijakan data inti yang memungkinkan orang melakukan banyak hal: memodernisasi infrastruktur TI, mengembangkan aplikasi, memahami data dari sisi keamanan, hingga membangun agen dan aplikasi baru,” kata dia.

    Selain konsistensi teknis, Thomas mengatakan Google Cloud juga melengkapi infrastrukturnya dengan seperangkat fitur keamanan dan kepatuhan yang memungkinkan pengguna menjaga data tetap di bawah kendali penuh.

    Melalui Security Command Center, organisasi dapat memantau konfigurasi dan memastikan sistem berjalan sesuai regulasi dan standar keamanan global.

    Di atas fondasi tersebut, menurut Thomas, terdapat tiga lapisan teknologi utama dari Google Cloud yakni model dasar kelas dunia (large language models, diffusion models, scientific models), platform pengembangan aplikasi dan agen AI, serta agen praktis untuk berbagai kebutuhan, mulai dari sains data hingga layanan pelanggan dan keamanan siber.

    Pada Jumat ini di Singapura, Google Cloud juga mengumumkan ketersediaan Gemini, model bahasa besar terbarunya, di Google Cloud Singapura.

    “Kami menghadirkan model serta alat AI paling canggih dari Google di sini (Singapura). Dengan menghadirkan Gemini di mana saja , di cloud publik dengan jaminan residensi data, di lingkungan on-premises atau terputus, dan di edge, kami membuka gelombang inovasi bagi organisasi publik maupun bisnis lintas industri. Dengan AI, kami menyediakan katalis yang kuat untuk transformasi sekaligus menciptakan peluang ekonomi baru,” kata Thomas.

    Menurut paparan Managing DIrector Southeast Asia Google Cloud Mark Micallef di hari sebelumnya, tren saat ini adalah pemerintah, perusahaan dan perusahaan rintisan telah beralih ke Google Cloud AI untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat inovasi, dan meningkatkan perekonomian mereka dalam rantai nilai.

    Menurut Google Cloud, kawasan Asia Tenggara sedang berada di pergeseran fundamental, di mana AI menjadi teknologi paling signifikan yang diutilisasi untuk mendorong fase pertumbuhan di kawasan dengan proyeksi nilai perekonomian di kawasan dapat mencapai 270 miliar dolar AS.

    Pewarta: Indra Arief Pribadi
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Maling Chip Rp 16 Triliun, 2 Warga China Ditangkap di Amerika

    Maling Chip Rp 16 Triliun, 2 Warga China Ditangkap di Amerika

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dua orang warga negara China ditangkap di Amerika Serikat (AS). Chuan Geng dan Shiwei Yang (keduanya 28 tahun) ditangkap karena menyelundupkan chip AI senilai puluhan juta dolar ke China.

    Penyelundupan chip canggih telah menjadi perhatian yang makin meningkat di Washington. Menurut laporan Financial Times bulan lalu, setidaknya chip Nvidia senilai US$1 miliar (Rp 16 triliun) telah memasuki China setelah Donald Trump memperketat kontrol ekspor chip awal tahun ini.

    Adapun 2 warga China yang tertangkap disebut menyelundupkan chip AS ke China pada Oktober 2022 hingga Juli 2025. Pengiriman dilakukan tanpa mengantongi lisensi, dikutip dari CNBC Internasional, Kamis (28/8/2025).

    Salah satu yang dikirimkan merupakan H100 dari Nvidia. Chip ini adalah salah satu yang tercanggih dan digunakan untuk penerapan teknologi AI.

    Namun H100 ditempatkan dalam kontrol ekspor oleh AS sejak 2022. Tujuannya untuk membatasi akses China pada teknologi semikonduktor canggih milik AS.

    Kedua orang ini mendirikan perusahaan ALX Solutions di California tak lama setelah kontrol chip pertama kali berlaku. Pihak penegak hukum juga telah menggeledah kantor dan menyita telepon milik Geng dan Yang.

    Dari sana ditemukan komunikasi yang memberatkan kedua terdakwa. Salah satunya mengirimkan chip lewat Malaysia untuk menghindari aturan ekspor AS.

    Ditemukan pula ALX Solutions mengirimkan lebih dari 20 pengiriman ke perusahaan pelayaran dan penerusan barang di Singapura dan Malaysia pada Desember 2024.

    Perusahaan itu juga tidak dibayar oleh entitas yang jadi tujuan mereka. Namun dibayar oleh perusahaan asal Hong Kong serta China.

    Terkait kasus ini, Nvidia membantah penyelundupan mungkin terjadi. Karena perusahaan hanya menjual pada mitra ternama saja.

    “Khususnya kami menjual produk pada mitra ternama, termasuk OEM. Memastikan smeua penjualan mematuhi aturan pengendalian ekspor AS,” kata Nvidia.

    Nvidia juga memastikan mitra-mitranya memastikan aturan AS. Termasuk eksportir kecil juga melakukan hal serupa.

    “Bahkan eksportir dan pengiriman relatif kecil tunduk pada peninjauan dan pengawasan secara keseluruhan, setiap produk yang dialihkan tidak mendapatkan layanan, dukungan dan pembaruan,” jelas perusahaan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Pentingnya Keamanan di Tengah Masifnya Penggunaan AI di Indonesia

    Pentingnya Keamanan di Tengah Masifnya Penggunaan AI di Indonesia

    Jakarta

    Penggunaan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) di Indonesia berkembang pesat, baik di sektor korporasi, perbankan, maupun layanan publik. Namun, di balik peluang besar yang ditawarkan AI, aspek keamanan dan kepatuhan regulasi menjadi perhatian.

    Country Manager AWS Indonesia, Anthony Amni, menegaskan bahwa keamanan dan kepatuhan merupakan fondasi layanan AI yang ditawarkan AWS. Menurutnya, seluruh layanan AWS – termasuk data center dan GPU di Indonesia – sudah dirancang sesuai standar keamanan tertinggi yang bahkan digunakan oleh lembaga sekelas FBI dan Departemen Pertahanan Singapura.

    “Platform yang kami bangun harus bisa memenuhi kebutuhan institusi yang paling ketat secara security, seperti pemerintahan dan militer. Karena itu AWS memiliki jumlah sertifikasi kepatuhan dan keamanan terbanyak, mulai dari ISO hingga PCI DSS,” jelas Anthony dalam Detik Leaders Forum.

    AWS juga berkomitmen menghadirkan layanan yang ramah lingkungan. Sejak 2022, seluruh operasional data center AWS di Indonesia telah 100% menggunakan energi terbarukan, termasuk melalui kerja sama dengan PLN untuk pembelian 20 MW tenaga surya.

    Selain infrastruktur, AWS menyediakan best practice dan tools keamanan yang bisa dimanfaatkan pelanggan, termasuk sektor perbankan, untuk memenuhi regulasi lokal seperti POJK (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan).

    “Kami juga didukung partner lokal seperti eCloudValley, yang membantu meramu postur keamanan sesuai kebutuhan regulasi di Indonesia,” tambah Anthony.

    Sementara itu, Ketua Asosiasi Big Data dan AI Indonesia (ABDI) Rudi Rusdiah menekankan bahwa kepatuhan terhadap regulasi menjadi tantangan penting dalam adopsi AI di Indonesia. Ia mencontohkan, sebelum hadirnya UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) pada 2022, banyak perusahaan di Indonesia mengacu pada aturan GDPR Uni Eropa.

    “Kalau untuk AI, saat ini memang belum ada UU khusus. Tapi sudah ada surat edaran Komdigi tentang etika AI, lalu OJK juga sudah mengeluarkan tata kelola AI untuk sektor perbankan. Dokumennya cukup komprehensif, dan memang wajib dipatuhi,” ujarnya.

    Menurut Rudi, regulasi AI di Indonesia kemungkinan besar akan mengacu pada praktik global, terutama Eropa yang sudah lebih dulu menetapkan standar. Ia juga menyoroti pentingnya mekanisme self-assessment bagi pelaku usaha dan pengembang AI agar memastikan teknologi yang dipakai aman, dapat dipercaya, serta memenuhi prinsip safety, security, dan trustworthy.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid mengatakan penyusunan regulasi kecerdasan buatan (AI) di Indonesia akan mengedepankan aspek etika, keamanan, literasi, dan pendidikan.

    Keberadaan aturan AI itu akan memperkuat regulasi sebelumnya yang masih berlandaskan surat edaran. Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) tengah mempersiapkan roadmap AI yang berkoordinasi dengan kementerian lembaga lainnya. Adapun, nanti pemerintah akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) yang ditargetkan hadir di September 2025.

    Disampaikan Meutya, pemerintah telah meluncurkan Buku Putih AI sebagai pijakan awal dalam merumuskan kebijakan nasional. Dokumen ini sebelumnya telah melalui proses uji publik hingga pertengahan Agustus, namun kemudian diperpanjang hingga 29 Agustus karena banyaknya masukan dari masyarakat maupun kementerian/lembaga (KL).

    “Awalnya uji publik kami rencanakan selesai di tanggal 20-an, tapi karena aspirasi masyarakat cukup tinggi dan ada permintaan perpanjangan, akhirnya kami buka hingga 29 Agustus. Jadi masih ada beberapa hari lagi bagi publik yang ingin memberikan masukan,” jelas Meutya.

    Ia menambahkan, buku putih tersebut disusun bersama dengan lebih dari 40 kementerian dan lembaga, sehingga diharapkan dapat menjadi pedoman lintas sektor dalam mengantisipasi perkembangan teknologi AI.

    Lebih lanjut, Meutya menekankan bahwa aturan turunan dari buku putih ini akan dibuat bertahap.

    “Yang pertama akan kami dorong adalah terkait etika dan safety (keamanan), serta literasi dan pendidikan. Untuk sektor industri akan menyusul,” pungkasnya.

    (agt/rns)

  • Satu Dekade BATIC; Telkom Targetkan Indonesia Jadi Pusat Inovasi Berbasis AI

    Satu Dekade BATIC; Telkom Targetkan Indonesia Jadi Pusat Inovasi Berbasis AI

    Bisnis.com, DENPASAR – Event Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) edisi ke-10 PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi dibuka pada Rabu (27/8/2025) di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

    Event ini mengangkat tema “Igniting Tomorrow’s Digital Evolution – Change the Way You Connect, Power the Digital Shift”, mencerminkan peran BATIC dalam mendorong inovasi dan menentukan arah industri. Rangkaian diskusi menarik pun akan terbagi dalam dua sesi utama. 

    Pada hari pertama, konferensi akan mengangkat topik Laying the Digital Foundation dan rangkaian selanjutnya bertajuk “Unveiling Technology in Shaping Today’s World”, memberikan wawasan mendalam kepada peserta mengenai infrastruktur bawah laut, edge computing, manajemen traffic berbasis Artificial Intelligence, serta teknologi baru yang menjadi kunci masa depan industri.

    CEO Telin Budi Satria Dharma Purba, menegaskan relevansi global BATIC sebagai wadah ekosistem digital. “BATIC adalah tempat terjalinnya koneksi strategis, sebuah platform regional untuk kolaborasi ekosistem digital terpercaya dimana inovasi dan bisnis bertemu. Dari infrastruktur bawah laut, data center terdistribusi, hingga manajemen traffic berbasis AI, kami memfasilitasi diskusi yang paling penting bagi masa depan telekomunikasi. Di edisi ke-10 ini, BATIC telah berkembang lima kali lipat, mencerminkan kredibilitas dan relevansi platform kami di tingkat global,” kata Budi.

    Selain konferensi, BATIC 2025 juga menghadirkan eksibisi dari perusahaan teknologi dan telekomunikasi terkemuka, forum eksekutif, serta pengalaman networking yang dirancang khusus untuk meningkatkan kolaborasi. Peserta juga dapat mengikuti berbagai aktivitas sosial dan budaya yang menampilkan warisan kekayaan budaya Bali.

    BATIC 2025 berlangsung hingga 29 Agustus dengan agenda hari kedua bertema “Unveiling Technology in Shaping Today’s World”, yang akan membahas pemanfaatan teknologi baru dalam mempercepat evolusi digital. Total lebih dari 500 perusahaan nasional dan luar negeri yang mengikuti event BATIC ini, Budi menjelaskan mereka tidak hanya datang untuk mengikuti konferensi, melainkan juga untuk melakukan kesepakatan bisnis, bertukar ide, dan menjajaki kolaborasi.

    Direktur Utama Telkom, Dian Siswarini menjelaskan momentum BATIC ini menjadi ajang Telkom untuk membuktikan jika inovasi di Telkom terus berjalan dengan tujuan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan memastikan teknologi menjadi kekuatan untuk kebaikan di tengah pesatnya perubahan industri. Telkom juga menargetkan Indonesia menjadi pusat inovasi digital di kawasan Indo-Pasifik.

    Munculnya inovasi teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), 5G, komputasi, data center dan layanan Cloud mengharuskan Telkom sebagai kelompok teratas dalam bisnis telekomunikasi untuk terus memperkuat lini bisnisnya. “Menjadi lebih fokus, lincah dan jauh lebih kompetitif, Inilah tepatnya mengapa kami bertransformasi menjadi holding structure yang strategis, sebuah transformasi yang dirancang untuk mempertajam fokus bisnis kami,” jelas Dian dalam sambutannya, Rabu (27/8/2025).

    Dian menjelaskan, Telkom telah melakukan transformasi dengan berinvestasi pada sektor digital, khususnya dalam adopsi teknologi AI. Dian menjelaskan Telkom telah mendirikan TelkomGroup AI Center of Excellence. Sebuah platform untuk memberdayakan transformasi AI Indonesia.

    Inisiatif ini menggabungkan empat pilar utama. Pilar pertama adalah AI Campus, di mana Telkom berkolaborasi dengan universitas untuk mendorong inovasi bersama, pengembangan kurikulum, dan pelatihan guna mengembangkan talenta AI lokal. Pilar kedua adalah AI Playground, yang menciptakan program sandbox yang memungkinkan peneliti dan bisnis untuk bereksperimen dengan berbagai model AI melalui platform bisnis AI kami.

    Pilar ketiga adalah AI Connect, platform yang menghubungkan praktisi AI dan bisnis, memfasilitasi kolaborasi, kemitraan, dan pemecahan masalah dunia nyata melalui sprint inovasi dan klinik AI. Pilar terakhir adalah AI Hub, di mana kami melakukan uji konsep dan menyediakan solusi berbasis AI untuk mengatasi tantangan industri nyata, didukung oleh lebih dari 50 kasus penggunaan yang teruji. 

    TelkomGroup juga telah melakukan restrukturisasi menjadi holding strategis untuk mendukung transformasi korporasi lebih cepat dan efektif. Dian juga menjelaskan transformasi ini melibatkan transformasi organisasi pelanggan, untuk mendukung penguatan fokus Telkom dan memaksimalkan penciptaan nilai di empat domain kunci. Domain kunci pertama adalah segmen Business to Consumer (B2C) menjamin produktivitas dan inklusi digital bagi individu dan juga rumah tangga di seluruh Indonesia.

    Domain kunci kedua adalah pembangunan infrastruktur digital secara Business to Business (B2B). Hal ini mencakup infrastruktur yang luas seperti kabel serat optik, menara telepon, pusat data, dan juga satelit. Dian menyebut infrastruktur merupakan tulang punggung ekonomi digital Indonesia. Ketiga adalah bisnis internasional melalui Telin yang menghubungkan Indonesia dengan dunia melalui konektivitas global, pesan bisnis, pusat bisnis internasional, dan layanan perusahaan. Dan terakhir, yang keempat domain produk di mana Telkom menyediakan produk digital, platform digital, dan layanan digital, yang tidak hanya untuk perusahaan besar tetapi juga untuk usaha kecil dan menengah serta tentu saja untuk pemerintah.

    “Jadi dengan struktur baru ini, kelompok teratas akan dapat menyediakan solusi digital komprehensif yang memenuhi kebutuhan setiap pelanggan, individu, bisnis, dan institusi yang sebenarnya diwakili dalam konferensi ini. Untuk bisnis B2B kami, Telkom Solution, kami sebenarnya memiliki banyak layanan. Kami menyoroti tiga solusi unggulan dalam slide ini, yang pertama adalah Connectivity Plus,” kata Dian.

    Dengan Connectivity Plus, Telkom ingin menyediakan koneksi yang andal dan tangguh bagi bisnis dan individu melalui Telin, Telkomsel, Telkom Hub. Produk unggulan kedua adalah cyber security, memastikan data dan operasi digital tetap  aman, didukung oleh teknologi digital dan juga cyber security pemerintah. Produk unggulan ketiga adalah kecerdasan buatan (AI) yang menyediakan solusi adaptif dan terintegrasi dari Bigbox, dan juga Telkomsel Enterprises untuk membantu perusahaan dan organisasi mengotomatisasi sistem mereka serta berinovasi lebih lanjut.

    Selain produk unggulan ini, Telkom juga menyediakan layanan seluler, data dan cloud, IOT, serta aplikasi digital untuk mendukung pengalaman pelanggan dan gaya hidup digital di Indonesia.

    Dian menjelaskan  Telkom juga menjadi mitra terpercaya untuk transmisi bagi semua orang, mendorong pertumbuhan, keamanan, dan inovasi di era digital ini. Jadi, para hadirin sekalian, dibalik solusi yang telah saya sebutkan tadi, terdapat infrastruktur yang kuat yang membuatnya mungkin.

    Telkom memiliki jaringan digital domestik dan internasional yang luas, serta infrastruktur digital. Secara domestik, Telkom mengoperasikan lebih dari 112.000 km jaringan serat optik. Jaringan serat optik ini menghubungkan lebih dari 500 kota di seluruh Indonesia, didukung oleh lebih dari 270.000 BTS yang menjangkau 97% populasi Indonesia. Infrastruktur Telkom juga mencakup lebih dari 43.000 menara telekomunikasi, 35 pusat data, dan 3 satelit, memastikan konektivitas yang andal di seluruh kepulauan.

    Secara internasional, Telkom melalui Telin mengoperasikan 64.700 kilometer kabel serat optik global, terintegrasi ke dalam 27 sistem kabel terpisah di berbagai benua. Kami juga mengelola 58 titik operasi internasional di 26 negara dan mengoperasikan 15 kantor global dari Singapura dan Hong Kong hingga Amerika Serikat, Eropa, dan sekitarnya. Dengan infrastruktur yang kuat di laut, darat, dan udara, Telkom menghubungkan Indonesia ke dunia dengan keandalan dan skala.

    Didukung oleh fondasi yang kuat ini, kami dengan bangga melayani lebih dari 150 juta pelanggan seluler, 10 juta pelanggan program tetap, 700 segmen pemerintah, 500 BUMN, 1.800 perusahaan swasta, dan lebih dari 600.000 UMKM.

    “Angka ini menjadikan Telkom tidak hanya tulang punggung ekonomi digital Indonesia, tetapi juga mitra terpercaya dalam ekosistem digital global. Sebagai bagian dari komitmen TelkomGroup untuk memperkuat fondasi digital Indonesia dan menghubungkan wilayah kita dengan dunia, hari ini kami dengan bangga memperkenalkan Indonesia Cable Express atau ICE,” kata Dian. 

  • Pemerintah fasilitasi ekspor ayam hidup dari Bintan-Kepri ke Singapura

    Pemerintah fasilitasi ekspor ayam hidup dari Bintan-Kepri ke Singapura

    Ini yang keenam kalinya ekspor ayam ke Singapura, sejak periode pertama di bulan Mei 2023.

    Tanjungpinang (ANTARA) – Pemerintah Indonesia memfasilitasi ekspor 28.512 ekor ayam hidup (Live Bird) dari Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menuju ke negara Singapura.

    Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bintan Iwan Berri Prima mengatakan proses ekspor ayam ke negara tetangga itu tidak mudah, melainkan perlu kerja sama semua lintas sektor terkait, mulai dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, lalu DKP2KH Provinsi Kepri, Badan Karantina Indonesia, Bea Cukai hingga Dinas Perdagangan.

    “Tapi karena usaha peternakannya ada di Bintan, maka ini menjadi tugas pokok kami selaku bidang peternakan,” kata Iwan Berry, di Bintan, Kamis.

    Ia menyebut ekspor puluhan ribu ekor ayam hidup itu diinisiasi oleh PT Ciomas Adistwa (Japfa Group) dari kandang ayam yang beroperasi di wilayah Bintan.

    Kegiatan ekspor dilakukan dengan memasukkan ayam hidup ke dalam enam kontainer lalu dibawa melalui jalur laut menuju Singapura dari Pelabuhan Sri Payung, Kilometer 6, Tanjungpinang, Rabu (27/8) malam.

    “Ini yang keenam kalinya ekspor ayam ke Singapura, sejak periode pertama di bulan Mei 2023,” ujarnya pula.

    DKPP Bintan mengapresiasi PT Japfa yang telah melaksanakan kegiatan ekspor ayam dan berharap kegiatan ini terus berlanjut, serta menjadi inspirasi bagi pelaku usaha peternakan lainnya untuk melakukan hal yang sama.

    Pihaknya juga memastikan ayam yang diekspor itu dalam kondisi aman dan sehat melalui hasil pemeriksaan ketat sebelum diekspor.

    Selain itu, ia pun menjamin ekspor ayam ke Singapura tidak mengganggu pemenuhan kebutuhan lokal, karena kandang khusus ekspor ini berbeda dengan kandang untuk lokal.

    “Sejauh ini kebutuhan ayam lokal terpenuhi, bahkan untuk Bintan kami surplus, sebagian didistribusikan ke Batam,” katanya lagi.

    Vice President Head Of Feed Operation Sumatera PT Japfa Comfeed Indonesian Anwar Tandiono menyampaikan permintaan ayam hidup dari Singapura cukup tinggi, tapi pihaknya tetap membatasi pengiriman guna memenuhi kebutuhan warga lokal.

    Ia menyampaikan saat ini kandang ayam Japfa di Bintan mampu memproduksi 400 ribu ekor per bulan, bahkan akan terus ditingkatkan menjadi 600-800 ribu ekor per bulan agar bisa diekspor secara rutin.

    “Ekspor ini sebagai upaya kami meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi warga lokal,” kata Anwar.

    Pewarta: Ogen
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.