Negara: Singapura

  • Bos Garuda Ungkap Biang Kerok Tiket Pesawat Domestik Lebih Mahal Dibanding ke Luar Negeri

    Bos Garuda Ungkap Biang Kerok Tiket Pesawat Domestik Lebih Mahal Dibanding ke Luar Negeri

    Jakarta

    Mahalnya harga tiket pesawat di Indonesia masih menjadi sorotan. Bahkan, harga tiket pesawat domestik disebut-sebut lebih mahal dibanding tiket pesawat ke luar negeri.

    Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra, menjelaskan salah satu alasan utama mahalnya harga tiket penerbangan domestik alias dalam negeri karena adanya pengenaan pajak. Ia menyebut, salah satunya pajak untuk pembelian avtur. Padahal, pajak itu tidak dikenakan di luar negeri.

    “Avtur yang kita beli untuk penerbangan domestik itu kena pajak. Avtur kita terbang ke Singapura, nggak kena pajak. Tiket kita jual ke Balikpapan, kena pajak. Kita jual ke Shanghai, nggak kena pajak,” kata Irfan dalam Public Expose di Gedung Manajemen Garuda, Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/10/2024).

    Selain itu, ada juga pengenaan tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) yang turut mengalami kenaikan hingga 35%.

    “Nah setelah TBA itu ada pajak, habis itu ada PJP2U yang ini tahun 2023 naik 35%, diam-diam, nggak tahu kan? Tiba-tiba harga tiket gue naik, kan ya harus naik dong, marah lu semua sama gue ya kan,” ucapnya.

    “Bayarnya Rp 168.000 kalau ke domestik, ya terus saya bilang pindahkah ke Terminal 2 (Soekarno-Hatta), nggak boleh, yang Rp 120.000. Kalau di Halim Rp 70.000,” tambahnya.

    Meski begitu Irfan mengatakan selama ini Garuda Indonesia belum pernah menaikkan harga tiket pesawat di luar ketentuan yang berlaku. Sehingga harga tiket penerbangan domestik yang dijual maskapai sejak 2019 lalu hingga 2024 ini belum mengalami perubahan.

    Namun, harga tiket ini semakin mahal karena imbas kenaikan PPN dari 10% menjadi 11% sejak 2022 lalu. Artinya kenaikan pajak inilah yang membuat harga akhir tiket perjalanan domestik semakin mahal.

    “Kita tidak pernah keluar dari rambu-rambu harga tiket yang diatur oleh pemerintah. Dari 2019, nggak pernah naik. Tapi pajak masuk, kena pajak,” terangnya.

    Lihat juga video: Promo Citilink Jelang Akhir Tahun, Bisa Dapat Tiket Internasional Rp 10 Ribu

    (acd/acd)

  • Go International, Tim Basket Muda UKSW Raih Prestasi di TYT Cup 2024 Malaysia – Espos.id

    Go International, Tim Basket Muda UKSW Raih Prestasi di TYT Cup 2024 Malaysia – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Tim basket putra UKSW berlaga di TYT Cup 2024, Malaka, Malaysia.(Istimewa/UKSW)

    Esposin, SALATIGA — Tim basket putra Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Tuan Yang Terutama (TYT) Cup 2024 di MBMB Basketball Stadium, Malaka, Malaysia.

    Mereka berhasil meraih posisi second runner-up serta penghargaan Top Rebound dalam kompetisi berskala internasional, belum lama  ini.

    Promosi
    Cerita Sukses Pelaku Usaha Berkembang Bersama Rumah BUMN Binaan BRI

    Sebanyak 12 mahasiswa UKSW terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Informasi, serta Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ini, turun berlaga menghadapi tim unggulan lainnya yang berasal dari Thailand, Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Dengan formasi khusus para pemain berusia 21 tahun ke bawah, tim basket UKSW berhasil menunjukkan ketangguhan sekaligus mengharumkan nama kampus di kancah internasional.

    Kapten tim basket UKSW Imanuel Mailensu, Senin (11/11/2024), mengatakan seluruh anggota tim merasa senang atas pencapaian tersebut. Ia menyampaikan penghargaan yang diperoleh, merupakan buah dari latihan rutin dan usaha untuk terus mengasah kemampuan setelah mengikuti berbagai pertandingan basket lainnya.

    “Dari pelajaran yang kami dapatkan di kompetisi-kompetisi sebelumnya, kami mengerahkan kemampuan yang lebih baik di kompetisi Malaysia ini. Sangat senang karena akhirnya bisa mempersembahkan prestasi untuk UKSW, “ ucap mahasiswa Program Studi Bisnis Digital FTI ini dengan bangga.

    Perasaan serupa diutarakan oleh asisten pelatih tim basket UKSW Satya Wacana Salatiga (SWS), Revan Jonathan. Menurutnya, pencapaian serta keterlibatan tim UKSW dalam TYT Cup 2024 dapat memberikan motivasi sekaligus mempersiapkan para pemain di turnamen besar berikutnya, seperti Liga Mahasiswa (LIMA) dan Indonesian Basketball League (IBL).

    “Dalam kompetisi ini, tim bermain semaksimal mungkin sembari menunjukkan karakter Satya Wacana di setiap pertandingan. Tentu kami juga berharap akan semakin banyak pengalaman yang bisa anggota tim dapatkan mengingat usia mereka yang masih muda,” kata Revan seperti dikutip dari rilis.

    Kembangkan Potensi 

    Lebih lanjut, Revan menyampaikan bahwa keikutsertaan tim basket UKSW di TYT Cup 2024 merupakan wujud antusiasme untuk menjawab undangan dari Malaysia Basketball Association (MABA) Invitation. Ajang ini ia nilai berharga diikuti tim basket UKSW demi mengasah kemampuan mereka di level pertandingan antar negara.

    “Invitasi ini kami sambut dengan gembira. Selain untuk memperkaya jam terbang skuad muda SWS, invitasi seperti ini juga bisa membangun hubungan UKSW dengan pihak-pihak luar. Sama halnya dengan invitasi tim kami ke Xiamen dan Fujian beberapa bulan lalu,” tambahnya.

    Apresiasi atas kerja keras dan pencapaian tim basket UKSW ini juga disampaikan oleh Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami. 

    “Kami mengucapkan terimakasih atas jerih payah dari tim maupun pelatih. Kami berharap prestasi ini dapat terus ditingkatkan dengan semangat untuk selalu memberikan karya yang terbaik. Bawalah suara UKSW dan Kota Salatiga, berilah dampak bagi dunia,” pungkasnya.

    Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian sekaligus President Basketball Club Satya Wacana, Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, tidak ketinggalan menunjukkan dukungan penuh bagi tim basket UKSW dalam invitasi TYT Cup 2024, baik semenjak keberangkatan tim hingga momen kesuksesan mereka menorehkan prestasi. Perasaan syukur ia utarakan  atas perhatian dari banyak pihak yang telah ikut serta mendukung pengembangan potensi talenta-talenta muda mahasiswa UKSW. 

    “Bersyukur tim ini dibiayai penuh oleh sponsor di Malaysia dan sejumlah mitra di Indonesia. Semoga event ini bisa menjadi pemanasan yang baik untuk LIMA dan IBL musim 2025,” kata Prof. Yafet. Ia turut menambahkan bahwa UKSW akan selalu mendukung setiap upaya peningkatan kemampuan dan prestasi tim basket UKSW, baik tim basket putra dan putri, di level nasional dan internasional.

    Keikutsertaan tim basket UKSW dalam kompetisi bersifat global ini maka semakin menguatkan komitmen UKSW untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4 pendidikan berkualitas dan ke-17 kemitraan untuk mencapai tujuan. acara bergengsi ini. 

    Lebih lanjut, ia mengutarakan bahwa SFF 2024 mampu memberikan motivasi baru kepada para siswa untuk mencintai sains, sekaligus membantu mereka memahami bahwa perilaku baik terhadap lingkungan akan menciptakan generasi yang lebih peduli dan berprestasi di masa depan.

    “Acara ini sangat mendukung kegiatan belajar anak-anak karena mereka berkesempatan mengimplementasikan langsung ilmu yang didapatkan. Semoga kolaborasi ini dapat terus berlanjut demi mewujudkan harapan kita semua dan harapan Kota Salatiga,” tuturnya.

    Apresiasi lain juga datang dari para peserta. Salah satunya siswa dari SD Negeri Sidorejo Lor 06 Salatiga, Yasin Wicaksono, yang mengaku merasa senang bisa terlibat aktif dalam kedua eksperimen. Perasaan serupa dirasakan siswa SMA Negeri 1 Salatiga, Nikita Putri Qirana, yang turut mengutarakan rasa kagumnya akan fasilitas UKSW dan keberlangsungan acara SFF 2024.

    “UKSW dan film di SFF 2024 keren banget. Saya dan teman-teman jadi mendapatkan wawasan baru,” terang Nikita saat ditemui selepas acara.

    Selanjutnya, di Kota Salatiga kegiatan ini masih akan berlangsung hingga Rabu (13/11/2024). Pelaksanaan SFF 2024 bersama UKSW ini maka semakin memantapkan langkah UKSW untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4 pendidikan berkualitas, ke-13 penanganan perubahan iklim, dan ke-17 kemitraan untuk mencapai tujuan.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Trump Bakal Naikkan Tarif Impor, Dampaknya Hantui Negara Asia

    Trump Bakal Naikkan Tarif Impor, Dampaknya Hantui Negara Asia

    Jakarta

    Kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) memberikan ancaman tarif yang lebih tinggi bagi China. Bank investasi, Goldman Sachs menilai kemungkinan China bukan satu-satunya negara Asia yang akan menghadapi kesulitan ini.

    Kepala Ekonom Asia-Pasifik Goldman Sachs, Andrew Tilton mengatakan defisit AS dengan eksportir negara Asia lainnya telah meningkat signifikan dan kemungkinan berada di bawah pengawasan yang lebih ketat.

    “Dengan Trump dan beberapa calon yang mungkin ditunjuk berfokus pada pengurangan defisit bilateral, ada risiko semacam cara ‘whack-a-mole’. Defisit bilateral yang meningkat pada akhirnya dapat mendorong tarif AS pada ekonomi Asia lainnya,” kata Tilton dikutip dari CNBC, Senin (11/11/2024).

    Tarif AS adalah pajak atas barang impor yang dikenakan ke perusahaan jika produknya masuk AS. Adanya tarif tersebut akan meningkatkan biaya bagi eksportir.

    Pada 2023, surplus perdagangan Korea Selatan dengan AS mencapai rekor US$ 44,4 miliar yang menjadi surplus terbesar dengan negara mana pun. Khusus ekspor mobil mencapai hampir 30% dari semua pengiriman ke AS.

    Ekspor Taiwan ke AS pada kuartal I-2024 mencapai rekor tertinggi sebesar US$ 24,6 miliar, meningkat 57,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan ekspor terbesar berasal dari teknologi informasi dan produk audio visual.

    Sementara itu, surplus perdagangan Vietnam dengan AS antara Januari-September mencapai US$ 90 miliar. India dan Jepang juga mengalami surplus perdagangan dengan AS, di mana surplus Jepang relatif stabil dan surplus India meningkat secara moderat dalam beberapa tahun terakhir.

    Berlanjut ke halaman berikutnya.

    Tilton memperkirakan mitra dagang Asia itu ke mencoba menurunkan surplus dan mengalihkan perhatian melalui berbagai cara, salah satunya mengalihkan impor ke AS jika memungkinkan.

    “Kebijakan perdagangan adalah hal yang paling penting bagi Trump, bagi Asia berkembang dalam masa jabatan keduanya sebagai presiden AS,” tulis analis Barclays Bank.

    Tarif yang diusulkan Trump kemungkinan besar menimbulkan dampak lebih besar pada ekonomi terbuka di kawasan tersebut. Taiwan diperkirakan lebih rentan terhadap ancaman itu daripada Korea atau Singapura.

    “Kami melihat Thailand dan Malaysia di tengah-tengah, dengan Thailand diperkirakan akan menerima pukulan yang sedikit lebih besar,” tulis catatannya.

    Data AS menunjukkan bahwa defisit perdagangan AS dengan China semakin kecil menjadi US$ 279,11 miliar pada 2023, dari sebelumnya US$ 346,83 miliar pada 2016.

    Meskipun perdagangan AS dengan China menyusut setelah penerapan tarif pada pemerintahan Trump pertama, volume perdagangan justru disalurkan ke negara ketiga seperti Vietnam, Meksiko, Indonesia dan Taiwan.

    Sebelumnya, Trump telah mengumumkan niatnya untuk mengenakan tarif menyeluruh mulai dari 10% hingga 20% pada semua impor, bersama dengan tarif tambahan sebesar 60% hingga 100% pada produk yang diimpor dari Tiongkok. Goldman Sachs memperkirakan AS akan mengenakan tarif tambahan rata-rata 20% pada produk Tiongkok di paruh pertama 2025.

    Lihat juga video: Netanyahu Ngaku Sudah 3 Kali Bicara dengan Trump Soal Ancaman Iran

  • Singapura Jadi ‘Blue Zone 2.0’, Usia Penduduknya Bisa Capai 100 Tahun

    Singapura Jadi ‘Blue Zone 2.0’, Usia Penduduknya Bisa Capai 100 Tahun

    Jakarta

    Singapura dinobatkan sebagai wilayah Blue Zone atau ‘Zona Biru’ keenam di dunia sejak Agustus 2023. Dimaksud wilayah Zona Biru adalah warganya berumur panjang dan sehat karena kombinasi sejumlah faktor, termasuk budaya, gaya hidup, pola makan, dan komunitas setempat.

    Istilah “Zona Biru” kali pertama dicetuskan jurnalis National Geographic bernama Dan Buettner. Singapura menjadi wilayah baru pertama yang ditambahkan ke daftar Zona Biru dalam beberapa dekade terakhir, meski daftar ini belakangan sempat dipertanyakan keakuratannya oleh para pakar demografi.

    Usia harapan hidup bayi yang lahir pada 2024 di Singapura bahkan diproyeksikan mencapai 86 tahun. Usia harapan hidup ini bahkan jauh lebih tinggi 11 tahun dibandingkan tahun 1960. Saat itu, umur warganya diperhitungkan sampai 65 tahun.

    Terlebih, orang yang berusia lebih dari 100 tahun di Singapura meningkat dua kali lipat selama periode 2010-2020.

    “Ini adalah zona biru yang direkayasa, bukan zona biru yang muncul secara organik seperti lima zona lainnya,” kata Buettner, seraya mencatat bagaimana Singapura bertransisi menjadi pusat kota dalam beberapa dekade terakhir.

    “Mereka jelas telah menghasilkan hasil yang kita inginkan,” lanjutnya.

    Buettner menyebut Singapura sebagai Zona Biru 2.0, karena harapan hidup yang tinggi warganya merupakan hasil kebijakan pemerintah, salah satunya menerapkan pelabelan nutrisi pada makanan dan mendorong penjualan makan sehat di tempat belanja.

    Ia kagum dengan tempat belanja makanan di Singapura. Makanan sehat disubsidi, sehingga mendorong orang untuk membeli makanan utuh dengan nutrisi yang melimpah daripada makanan olahan

    Pada skala sistematis, pemerintah Singapura mengurangi jumlah gula dalam minuman manis dan menambahkan label makanan sehat pada barang-barang dengan jumlah gula, lemak, dan natrium terbatas.

    “Orang-orang tanpa berpikir panjang mengurangi konsumsi gula,” kata Buettner.

    Dengan kebijakan yang ditujukan untuk membuat masyarakat terlibat antargenerasi, berjalan kaki, dan membeli makanan sehat, Singapura mewakili umur panjang yang sehat.

    (suc/kna)

  • Restoran piza asal Malaysia tambah 30 gerai penjualan di Indonesia 

    Restoran piza asal Malaysia tambah 30 gerai penjualan di Indonesia 

    Kami berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk peningkatan arus investasi ke dalam negeri dengan menjadi marketing…

    Kuala Lumpur (ANTARA) – Restoran piza asal Malaysia menandatangani pernyataan investasi (Investment Announcement) untuk menambah 30 gerai penjualan di Indonesia dengan nilai investasi mencapai hingga Rp36,7 miliar.

    Penandatanganan pernyataan investasi tersebut, menurut Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Penang Wanton Saragih, dalam keterangannya diterima di Kuala Lumpur, Senin, terjadi pada pelaksanaan Indonesia Investment Forum 2024 yang diadakan di Kedah, Malaysia, awal pekan lalu.

    Ia mengatakan penandatanganan komitmen investasi itu menjadi salah satu hasil dari upaya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang selaku Perwakilan RI di luar negeri untuk membantu peningkatan arus investasi asing ke dalam negeri.

    “Kami berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk peningkatan arus investasi ke dalam negeri dengan menjadi marketing di antaranya mempromosikan potensi ekonomi Indonesia ke depan kepada kalangan dunia usaha di Wilayah Kerja KJRI Penang, yakni Penang, Kedah dan Perlis,” ujar dia.

    Sementara itu, Direktur US Pizza Steven Phang mengatakan perusahaannya melakukan ekspansi bisnis di Indonesia dengan mengalokasikan dana sebesar 10 juta ringgit Malaysia (RM) atau sekitar RP36,7 miliar untuk membuka kurang lebih 30 gerai penjualan baru di Indonesia.

    Sebelumnya, menurut dia, restoran cepat saji piza terbesar ke-3 di Malaysia itu memang telah memiliki gerai di beberapa kota besar di Indonesia, tersebar di kota Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bandung dan Surabaya.

    Indonesia Investment Forum 2024 merupakan sebuah forum yang dibuat oleh KJRI Penang bersama Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM dengan tujuan mempromosikan berbagai potensi dan peluang investasi di Indonesia kepada para pengusaha Malaysia.

    Pada pelaksanaannya kemarin, menurut Wanton, dihadiri asosiasi pengusaha Malaysia dari Penang dan Kedah, serta para pemangku kepentingan dari berbagai sektor di Indonesia, yakni perwakilan dari Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), serta Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Singapura dan Atase Keuangan KBRI di Singapura.

    Pewarta: Virna P Setyorini
    Editor: Ahmad Wijaya
    Copyright © ANTARA 2024

  • Tim Valorant dan Dota 2 yang Wakili RI di Final APAC Predator League 2025

    Tim Valorant dan Dota 2 yang Wakili RI di Final APAC Predator League 2025

    Jakarta

    Grand final Indonesia Series Road to APAC Predator League 2025 resmi berakhir. Telah terpilih tim esports Valorant dan Dota 2 terbaik, yang akan mewakili Indonesia di partai puncak APAC Predator League 2025.

    Kompetisinya akan diselenggarakan di Malaysia International Exhibition Centre, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 11-12 Januari 2025. Adapun tim Valorant yang dimaksud adalah Boom Esports dan Alter Ego. Sementara tim Dota 2 akan mengirim Helios.

    “Dengan performa yang ditunjukkan, kami optimis mereka akan siap mewakili Indonesia dan melanjutkan misi untuk kembali membawa kemenangan ke tanah air pada Grand Final APAC Predator League di Malaysia,” tegas Presiden Direktur Acer Indonesia, Leny Ng, dari informasi yang diterima detikINET, Senin (11/11/2024).

    Ketiganya akan bersaing memperebutkan gelar juara dengan peserta lain yang berasal dari 14 negara. Adapun negara yang berpartisipasi yakni Malaysia, Filipina, Australia, Jepang, Thailand, Korea, Vietnam, Hong Kong, Taiwan, India, Bangladesh, Singapura, Mongolia, dan China.

    Selain itu, ajang bergengsi ini juga telah menyiapkan total hadiah sebesar USD 400 ribu atau sekitar Rp 6 miliar. Tentu tim yang menjadi jawaranya, berhak mengantongi jumlah uang terbanyak dari total yang ditawarkan.

    Leny mengungkapkan proses pencarian tiga tim tersebut dilakukan sejak Oktober 2024. Pihaknya menghadirkan turnamen Indonesia Series Road to APAC Predator League 2025 di 10 kota besar, dari Makassar, Bogor, Tangerang, Yogyakarta, Semarang, Bekasi, Surabaya, Medan, Bandung, dan Jakarta.

    Dirinya menyampaikan, tahun ini, selama kualifikasi dihelat, tercatat sebanyak 207 tim ikutserta. Mereka bermain online di awal, hingga akhirnya melakoni partai final secara offline.

    “Indonesia Series Road to APAC Preadator League 2024 merupakan langkah konsisten perusahaan dalam mendukung industri esports tanah air,” pungkas Leny.

    (hps/fay)

  • Upaya UMKM Kepri menembus pasar ekspor

    Upaya UMKM Kepri menembus pasar ekspor

    Tanjungpinang (ANTARA) – Perlahan tapi pasti, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk dapat menembus pasar ekspor mulai menunjukkan hasil yang positif.

    Berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura yang berjarak sekitar satu sampai dua jam perjalanan menggunakan kapal laut, membuat produk-produk UMKM dari Kepri sangat berpeluang untuk diekspor ke negara tetangga.

    Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Kepri Riky Rionaldi mengakui bahwa ekspor produk UMKM di daerah Kepri dalam beberapa waktu terakhir mulai aktif kembali setelah sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

    Meskipun ekspor yang dilakukan masih secara kolektif, satu kontainer beramai-ramai dan secara kuantitas pun relatif kecil, tapi hal ini bisa menjadi motivasi yang bagus bagi pelaku UMKM lainnya dalam menjajal pasar ekspor.

    UMKM berorientasi ekspor di Kepri dominan berkedudukan di Kota Batam. Dari 100-an pelaku UMKM berpotensi ekspor yang masuk dalam database Diskop dan UKM Kepri, terdapat sekitar 30 sampai 40 UMKM yang telah mengekspor produk-produk mereka ke luar negeri, di antaranya ke negeri jiran Malaysia.

    Produk yang diekspor meliputi makanan atau cemilan ringan dengan bahan baku nangka, pisang tanduk, dan rengginang. Selain itu, ada pula produk fashion seperti pakaian kurung khas Melayu yang dijahit pelaku UMKM di Kepri.

    Ekspor itu mulai rutin dilakukan, ada yang satu bulan sekali atau dua bulan sekali dengan nilai ekspor produk yang mencapai ratusan juta rupiah per sekali ekspor.

    Guna mendukung kegiatan ekspor produk UMKM, Diskop dan UMKM Kepri telah merangkul beberapa praktisi ekspor yang mayoritas warga keturunan Melayu di Malaysia. Mereka menjadi perantara ekspor produk UMKM dari Kepri ke negara tetangga tersebut.

    Upaya itu dilakukan karena ekspor produk UMKM Kepri tidak bisa dilepas begitu saja. Mereka memerlukan kerja sama dengan praktisi atau perantara yang lebih memahami seluk-beluk pasar ekspor di Malaysia, seperti Johor Bahru, Kuala Lumpur serta Malaka.

    Diskop dan UKM Kepri terus melakukan pendampingan guna memberikan literasi hukum dengan menyiapkan advokasi ketika melakukan perjanjian kerja sama tersebut.

    Go digital

    Peran UMKM sebagai pilar ekonomi bangsa sangat penting. Pemerintah dan masyarakat perlu mengambil peran untuk membantu UMKM semakin tumbuh dan berkembang. UMKM terbukti mampu memberikan sumbangan besar terhadap produk domestik bruto sebesar 61,1 persen, penyerapan tenaga kerja 97,1 persen, dan ekspor 14,4 persen.

    Anggota DPRD Kepri Wahyudin menilai banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendorong UMKM supaya terus berkembang, antara lain dengan membantu pelaku UMKM mengenal platform digital sebagai sarana promosi, pemasaran, dan manajemen mutu produk. Dengan bertransformasi ke dunia digital, produk-produk dan layanan UMKM lokal bisa lebih dikenal serta menjangkau pasar yang lebih luas termasuk diekspor.

    Untuk memanfaatkan platform digital ini, mereka bisa disubsidi pemerintah dengan menyediakan aplikasi-aplikasi bisnis, termasuk menyediakan marketplace bagi UMKM lokal Kepri, mengingat salah satu kendala yang dihadapi dalam pengembangan UMKM di Kepri saat ini adalah akses pasar dan modal.

    Produk UMKM Kepri masih perlu didorong untuk melakukan promosi digital di semua platform media sosial. Pelaku UMKM Kepri perlu dibantu dan dukungan berupa platform digital gratis, riset, pelatihan pemasaran, hingga marketplace. Perbankan nasional hingga korporasi besar dapat mendukung pengembangan usaha kecil menengah di Kepri melalui kemudahan akses permodalan dan pendampingan usaha melalui pelatihan dan pendampingan manajerial.

    Kepri sebagai daerah maritim memiliki banyak produk UMKM dan berpotensi besar untuk dikembangkan. Beberapa produk UMKM andalan Kepri di antaranya fesyen, kriya, dan aneka makanan khas hasil laut. Produk-produk itu pun diyakini tak hanya bisa masuk pasar domestik, tapi juga pasar ekspor,, khususnya ke negara terdekat Singapura dan Malaysia. Pelaku UMKM Kepri untuk menuju “go digital” agar semakin berkembang pada masa-masa mendatang.

    Stimulus UMKM

    Sektor UMKM dikenal sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia. Lebih dari 99 persen unit usaha di tanah air merupakan pelaku usaha mikro. Pada tahun 2023, ada sekitar 66 juta pelaku UMKM di Indonesia, sementara di Kepri tercatat ada 146.638 ribu pelaku UMKM yang tersebar di tujuh kabupaten/kota setempat.

    Adapun sebarannya, di Kota Batam 75.064 (51 persen), Kota Tanjungpinang 18.613 (13 persen), Kabupaten Bintan 11.783 (8 persen), Kabupaten Karimun 18.434 (13 persen), Kabupaten Natuna 8.454 (6 persen), Kabupaten Anambas 5.262 (4 persen) dan Kabupaten Lingga 9.028 (6 persen).

    Jumlah pelaku UMKM di Kepri berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, setelah pandemi COVID-19. Pemerintah daerah terus bekerja keras mendorong UMKM naik kelas, sehingga diharapkan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

    Ada banyak program dan fasilitas yang diberikan pemerintah terhadap para pelaku UMKM guna mendorong pengembangan usahanya, baik dari segi permodalan, pemasaran hingga pembiayaan.

    Plt Gubernur Kepri Marlin Agustina mengemukakan bahwa dari segi permodalan, Pemprov Kepri sejak tahun 2022 telah bekerja sama dengan Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) guna penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) dengan prosedur dan persyaratan yang mudah. Pelaku UMKM yang mengakses KUR di BRKS hanya membayar dana pinjaman pokok, sementara bunganya ditanggung pemprov melalui dana APBD.

    Pada tahun 2024, total pinjaman yang dianggarkan pada APBD Kepri sebesar Rp1 miliar, dengan plafon pinjaman sekitar Rp40 juta untuk masing-masing pelaku UMKM.

    Seiring tingginya antusias UMKM mengakses pinjaman modal usaha itu, Pemprov Kepri akhirnya kembali menambah anggaran sebesar Rp400 juta pada APBD Perubahan 2024. Dengan demikian, total anggaran pinjaman modal usaha tanpa bunga sepanjang tahun ini sebesar Rp1,4 miliar.

    Selanjutnya, Pemprov Kepri juga memberi peluang pemasaran produk UMKM masuk platform ekosistem digital E-Katalog melalui pendaftaran produk dan mempromosikannya.

    Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat terkait pengadaan barang dan jasa, di mana pemerintah daerah wajib mengalokasikan 40 persen anggaran belanja barang dan jasa untuk produk dalam negeri.

    Sebagai contoh, ketika Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Dinas di Pemprov Kepri membutuhkan pengadaan konsumsi (makan dan minum) sesuai spesifikasi, mereka tinggal melihat produk UMKM yang tersedia di marketplace.

    Selain itu, ada pula kebijakan menyangkut keringanan pajak bagi pelaku UMKM dengan omset di bawah Rp500 juta, tidak dikenakan bayar pajak atau bebas pajak.

    Pemprov Kepri memastikan pembinaan terhadap UMKM terus dilakukan melalui program-program inovatif, seperti bantuan hibah sarana prasarana usaha serta berbagai pelatihan untuk mendorong pelaku UMKM semakin berdaya saing dan melek teknologi digital agar mereka mampu memperluas pasar, khususnya pasar ekspor.

    Editor: Slamet Hadi Purnomo
    Copyright © ANTARA 2024

  • Ilmuwan Bikin Kode QR Terkecil Dunia, Lihatnya Pakai Mikroskop

    Ilmuwan Bikin Kode QR Terkecil Dunia, Lihatnya Pakai Mikroskop

    Jakarta

    Fisikawan dari Universitas Munster di Jerman, menciptakan kode QR terkecil di dunia. Saking kecilnya, manusia tidak akan bisa melihatnya dengan mata telanjang.

    Kode QR ini berukuran 5,38 mikrometer persegi. Menurut mereka, ukuran tersebut 20 kali lebih kecil dari rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh peneliti dari Singapura.

    Universitas Munster juga mengklaim, kalau ukurannya tujuh kali lebih kecil dari sel darah manusia, dilansir detikINET dari situs resmi guinnessworldrecords.com, Senin (11/1/2024).

    Kendati begitu manusia tetap bisa melihatnya di layar komputer, yang mana kodenya nanti diperbesar berkali-kali menggunakan mikroskop. Diketahui kalau kode ini terhubung ke situs web fisika kuantum Universitas Munster.

    Dengan ukurannya yang sangat kecil itu, kode QR besutan fisikawan Universitas Munster berhasil memecahkan rekor dunia. Hal ini ditetapkan, usai Guinness World Records melakukan pengukuran independen bersama sebuah perusahaan teknologi.

    Dalam hal ini, pencapaian yang diraih oleh Universitas Munster dilakukan oleh Lukas Schulte,Carsten Schuck, Tim Buskasper dan David Lemli. Mereka mengungkapkan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat dan ketertarikan generasi muda terhadap fisika.

    Sedikit informasi, kode QR memiliki kepanjangan Quick Response. Biasanya QR ini berbentuk dua dimensi, yang bisa dibaca atau dipindai dengan perangkat digital.

    Pengguna QR code awalnya adalah industri otomotif Jepang untuk melacak komponen kendaraan yang sedang dirakit dengan mengidentifikasi komponen dimana QR Code ini ditempelkan.

    Namun kemudian pemakaiannya mendunia, tepatnya sejak Denso Wave yang memegang hak cipta QR Code menggratiskan penggunaannya dengan syarat mudah, yaitu mengikuti standar JIS/ISO. Hal ini yang secara tidak langsung mendukung popularitas penetrasi dan implementasi QR Code di seluruh dunia.

    QR Code kemudian menjadi populer dan digunakan di luar industri otomotif, karena bisa sangat cepat dibaca dan mampu menyimpan informasi yang jauh lebih besar dibandingkan barcode tradisional.

    (hps/asj)

  • Pasar E-commerce Indonesia Paling Moncer di ASEAN, Thailand dan Vietnam Lewat! – Page 3

    Pasar E-commerce Indonesia Paling Moncer di ASEAN, Thailand dan Vietnam Lewat! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Pasar e-commerce di Indonesia diperkirakan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, dengan nilai mencapai USD 65 miliar atau Rp 1 kuadriliun. Vietnam menempati urutan ketiga dengan estimasi USD 22 miliar, di belakang Indonesia dan Thailand (USD 26 miliar), menurut laporan tahunan “e-Conomy SEA 2024” dari Google, Temasek, dan Bain & Company yang dirilis pekan ini.

    Pada tahun 2030, pasar Indonesia diprediksi akan lebih dari dua kali lipat, mencapai USD 150 miliar sekitar Rp 2,4 kuadriliun. Proyeksi ini memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin regional dalam sektor e-commerce, melampaui negara-negara Asia Tenggara lainnya.

    Sebagai perbandingan negara-negara lain di kawasan ini juga menunjukkan pertumbuhan signifikan, namun diperkirakan tetap lebih kecil dari Indonesia. Misalnya, pasar e-commerce Malaysia diproyeksikan tumbuh dari USD 16 miliar pada 2024 menjadi USD 25 miliar pada 2030. Sementara itu, pasar e-commerce Filipina diperkirakan akan berkembang dari USD 21 miliar menjadi USD 60 miliar selama periode yang sama.

    Pasar Thailand diperkirakan meningkat dari USD 26 miliar menjadi USD 60 miliar, menyamai Filipina pada tahun 2030, sedangkan pasar Singapura, meskipun lebih kecil, akan tumbuh dari USD 9 miliar menjadi USD 17 miliar. 

    Dikutip melalui VnExpress, Vietnam juga menunjukkan pertumbuhan yang kuat selain Thailand. Pasar e-commerce Vietnam tumbuh sebesar 18% dari tahun lalu, menjadikannya laju pertumbuhan tercepat ketiga di kawasan ini setelah Filipina (23%) dan Thailand (19%).

  • Pidato Wapres Gibran jadi tranding di YouTube

    Pidato Wapres Gibran jadi tranding di YouTube

    Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berjalan keluar usai menjalani pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Plataran Hutan Kota, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2024). ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

    Pidato Wapres Gibran jadi tranding di YouTube
    Dalam Negeri   
    Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 10 November 2024 – 15:39 WIB

    Elshinta.com – Pidato Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menjadi tranding di kanal YouTube, bahkan hingga Minggu video tersebut telah ditonton lebih dari 934.000 kali. Pidato yang berjudul Wapres Gibran Rakabuming Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Tingkatkan Sinergi juga disukai lebih dari 19.000 kali.

    Tidak hanya itu, video berdurasi 9 menit 43 detik tersebut juga dibanjiri komentar hingga 5.300 pada hari Minggu. Beragam komentar warganet bertaburan di kolom komentar kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia. Salah satu komentar yang mendapat perhatian dari @jiwakusehat9434 dengan 441 balasan. Selain itu, komentar warganet lainnya @linawidiastuti2418 juga menjadi perhatian.

    Warganet @dedeardisaputra menuliskan bahwa baru pertama kali sejak chanel Wapres RI dibuat menjadi tranding di YouTube. Sejumlah pujian pun terlontar dari komentar para warganet yang menonton pidato Wakil Presiden Gibran Rakabuming.

    “Semoga kepemimpinan Bapak Prabowo dan Bapak Gibran selalu diridai dan diberi kesehatan,” tulis warganet @sabtuti-003he.

    Sebelumnya, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka meminta seluruh unsur forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) seluruh Indonesia kompak dan menghilangkan egosektoral untuk menyukseskan pembangunan. Demikian disampaikan Wapres Gibran dalam arahannya saat menutup acara Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2024 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/11).

    “Kita harus kompak, tidak ada lagi egosektoral. Forkopimda harus kompak, kepala-kepala daerah ini terutama harus kompak juga dengan kabupaten, kota-kota sekitarnya. Sekali lagi Bapak/Ibu, saya garis bawahi,” kata Wapres Gibran.

    Wapres Gibran menekankan akan pentingnya sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah. Pada kesempatan itu, Gibran mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir dalam rakornas merupakan orang-orang terpilih.

    “Bapak/Ibu yang ada di depan saya ini adalah orang-orang terpilih untuk mengelola negara sebesar Indonesia. Ini kita perlu kerja sama tim,” ujar Wapres.

    Sumber : Antara