Negara: Singapura

  • Telkom Incar Pemodal Kakap untuk Ekspansi Data Center, Ogah Investasi Kecil

    Telkom Incar Pemodal Kakap untuk Ekspansi Data Center, Ogah Investasi Kecil

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) mengincar investor kakap untuk pengembangan bisnis pusat data atau data center. Emiten berkode saham TLKM itu enggan investasi kecil pada penyediaan data center karena kontribusi terhadap pendapatan minim.

    Merujuk pada laporan info memo, pendapatan Telkom dari bisnis komputasi awan dan data center pada semester I/2025 hanya Rp921 miliar tidak sampai 2% dari total pendapatan Telkom Group yang sebesar Rp71 triliun.

    Adapun jika dikomparasikan dengan pemain data center lainnya seperti PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) yang sebesar Rp1,3 triliun, nilainya tidak jauh berbeda, yang menandakan pendapatan dari bisnis data center memang tak sebesar layanan seluler yang menyasar pasar ritel.

    Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Angelo Syailendra mengatakan dalam mengembangkan data center, untuk menambah kapasitas sebesar 1 Megawatt (MW) dibutuhkan investasi sebesar US$10 juta atau sekitar Rp219 miliar.

    Di sisi lain, bisnis Telkom tidak hanya data center. Perusahaan telekomunikasi pelat merah itu juga memiliki infrastruktur serat optik yang juga potensial untuk dikembangkan. Penetrasi serat optik ke rumah (FTTH) secara nasional berkisar 17%. Untuk meningkatkan menjadi 30%, membutuhkan investasi yang juga sangat besar.

    “Ini semua uang besar, [sementara] capex setahun US$1,5 miliar hingga US$2 miliar satu industri dengan mengundang orang lain. Industri ini capex hungry mover sangat penting. Kami mau berfikir partnership,” kata Angelo beberapa waktu lalu, dikutip Rabu (13/8/2025).

    Dia menjelaskan saat ini kapasitas data center Telkom mencapai 45 MW. Telkom memiliki 17 data center yang terletak di berbagai wilayah seperti di Serpong, Surabaya,, Sentul, hingga di Singapura. Telkom juga menargetkan data center di Batam dengan kapasitas 18 MW dapat aktif pada kuartal I/2025.

    Dia menjelaskan pembangunan data center memakan waktu yang cukup panjang. Investasi data center bersifat jangka panjang yang hasilnya tidak dapat langsung dipetik dalam waktu singkat. 

    “Kami butuh 1 tahun bangun. Revenue prioritas top kami adalah fiber. impact immediate. Investasi 1MW butuh US$10 juta di atas itu revenue US$130juta, ini setara Rp2 triliun dari total Rp150 triliun impact 1,6%. itu pun kalau 50MW terisi besok. Walau dulu data center ini bukan move big voice 100MW ini harus share pada yang lain,” kata Angelo.

    Ilustrasi data center Telkom

    Sebelumnya, PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di bidang pusat data (data center), mencatatkan tingkat okupansi mendekati 90% untuk seluruh fasilitas yang saat ini dikelolanya. 

    CEO NeutraDC, Andreuw Th.A.F, mengatakan pihaknya menargetkan akan ada penambahan kapasitas operasional melalui pengembangan fasilitas baru hingga akhir tahun 2025.  Dengan tambahan tersebut, total kapasitas yang siap beroperasi diproyeksikan mencapai 80 megawatt (MW).

    “Hingga akhir 2025, kami memproyeksikan akan ada tambahan kapasitas operasional dari pengembangan fasilitas Data Center NeutraDC. Dengan demikian, kapasitas total yang akan beroperasi menjadi 80MW,” kata Andreuw kepada Bisnis pada Kamis (3/7/2025). 

    Andreuw menyoroti sebagian besar data center lokal di Indonesia masih berada dalam fase parsial atau belum terutilisasi secara maksimal. Menurutnya untuk mencapai utilisasi penuh dalam jangka pendek tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh penyedia layanan. 

    Namun dia memastikan NeutraDC tetap mampu menjaga performa yang kompetitif. Tingkat kekosongan (vacancy rate) perusahaan pun tercatat relatif lebih rendah dibandingkan rata-rata industri.

    “NeutraDC masih mampu bersaing secara sehat di pasar dengan vacancy rate yang relatif lebih rendah, di bawah 30%,” kata Andreuw. 

    Untuk menjaga efisiensi dan kesinambungan operasional, dia bilang, NeutraDC menerapkan strategi presales yang berjalan paralel dengan proses pembangunan fasilitas. Dengan cara ini, menurutnya tingkat utilisasi dapat terjaga sejak awal operasional, sekaligus meminimalkan idle capacity. 

    Lebih lanjut, dia optimistis terhadap prospek bisnis data center nasional dalam lima tahun ke depan. Menurut Andreuw, proyeksi industri menunjukkan bahwa kebutuhan kapasitas data center di Indonesia akan tumbuh signifikan hingga mencapai 1,5 gigawatt (GW) pada 2030.

    “Sekitar 30% dari permintaan ini akan didorong oleh kebutuhan komputasi berbasis AI, yang tentunya menjadi peluang besar bagi pemain lokal untuk terus tumbuh dan berinovasi,” tutupnya.

    Di sisi lain, Ketua Indonesia Data Center Provider Organization (IDPRO), Hendra Suryakusuma, mencatat adanya pertumbuhan signifikan dalam kapasitas data center nasional dalam beberapa tahun terakhir. Jika pada 2016 total kapasitas masih berada di angka sekitar 52 megawatt (MW), sekarang diperkirakan angkanya sudah melampaui 360 MW.

    “Kalau kita bicara compounded annual growth rate (CAGR), pertumbuhannya di atas 17% setiap tahunnya,” kata Hendra saat dihubungi Bisnis pada Rabu (2/7/2025). 

    Pembangunan data center Telkom di Batam

    Dia menambahkan, tren pertumbuhan ini makin terlihat sejak 2024 hingga pertengahan 2025, di mana terdapat puluhan proyek data center baru, baik dari segmen komersial maupun hyperscale. 

    Proyek-proyek tersebut diperkirakan akan menambah kapasitas ratusan megawatt ke dalam infrastruktur digital Indonesia.

    Lebih lanjut, Hendra menjelaskan  data yang dihimpun IDPRO juga sejalan dengan catatan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengenai kebutuhan daya untuk mendukung proyek-proyek data center. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan industri data center nasional tidak hanya pesat, tetapi juga terencana dan terkoordinasi dengan baik dari sisi pasokan energi.

    “Data ini juga line dengan data dari PLN. Artinya, memang dari 2024 sampai sekarang pertumbuhan pembangunan data center ini lumayan besar,” ujarnya.

  • Satu Dekade BRI Singapore Branch Dorong Konektivitas Ekonomi Indonesia di Jantung Keuangan Asia

    Satu Dekade BRI Singapore Branch Dorong Konektivitas Ekonomi Indonesia di Jantung Keuangan Asia

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat peran strategisnya di tingkat internasional melalui kehadiran BRI Singapore Branch yang telah beroperasi selama satu dekade sejak Juli 2015. Keberadaan unit kerja ini merupakan langkah BRI untuk membangun simpul bisnis di pusat keuangan regional, sekaligus menjawab kebutuhan korporasi Indonesia dalam mengakses layanan perbankan internasional secara langsung.

    Dengan cakupan wilayah meliputi Asia Tenggara, India, dan Timur Tengah, kehadiran BRI Singapore Branch menjadi bagian dari strategi jangka panjang untuk memperluas jangkauan layanan BRI dalam mendukung arus perdagangan, investasi, dan jasa keuangan lintas negara.

    Direktur Treasury and International Banking BRI Farida Thamrin mengungkapkan bahwa BRI Singapore Branch berfokus pada pengembangan bisnis wholesale yang mencakup layanan transaction banking, trade finance, corporate loan bilateral dan sindikasi, serta aktivitas treasury.

    “Potensi Foreign Direct Investment (FDI) dari kawasan terus digarap secara sistematis untuk diarahkan ke sektor-sektor produktif di Indonesia. Di samping itu, BRI turut memperkuat konektivitas pelaku UMKM go internasional melalui fasilitasi partisipasi pada pameran global seperti Food Hotel Asia (FHA) di Singapura yang diselenggarakan pada April 2025 lalu,” ujarnya.

    Hingga akhir Juni 2025, BRI Singapore Branch telah mencatatkan total aset sebesar USD3,08 miliar atau tumbuh 60,8% year-on-year, dengan laba bersih mencapai USD 14,6 juta atau Rp236,94 miliar, meningkat 123,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

  • Miliarder Singapura Goh Cheng Liang Meninggal di Usia 98 Tahun: Sosok Visioner di Balik Sukses Nippon Paint – Page 3

    Miliarder Singapura Goh Cheng Liang Meninggal di Usia 98 Tahun: Sosok Visioner di Balik Sukses Nippon Paint – Page 3

    Dibalik kesuksesannya, Goh juga dikenal sebagai filantropis pada pendidikan yang “sangat bersemangat memajukan penelitian medis, khususnya dalam pengobatan kanker”, kata keluarganya.

    Dengan kesuksesannya, “dia membiayai beasiswa kepada siswa yang kurang mampu, membantu lembaga kesejahteraan sosial, serta mendanai proyek infrastruktur di desa leluhurnya di Tiongkok,” Tambah mereka.

    “Bagi keluarga dan teman-temannya, Tuan Goh adalah pria yang rendah hati dan tertutup, dikenal karena selera humornya yang tinggi dan semangat hidupnya, diimbangi oleh tekad yang kuat untuk sukses,” kata keluarganya.

    “Dia juga seorang pengusaha yang sangat cerdik dan kreatif dengan keterampilan numerik yang luar biasa dan kemampuan luar biasa untuk mengidentifikasi peluang.”

     

  • Pemilik Cat Nippon Paint Meninggal Dunia, Wariskan Harta Rp 211 T

    Pemilik Cat Nippon Paint Meninggal Dunia, Wariskan Harta Rp 211 T

    Jakarta

    Goh Cheng Liang, salah satu orang terkaya di Singapura, pendiri Wuthelam Group dan pemegang saham utama Nippon Paint, meninggal dunia di usia 98 tahun hari ini, Selasa (12/8). Informasi ini disampaikan langsung oleh keluarga mendiang dalam sebuah pernyataan resmi.

    Melansir The Straits Times, Goh merupakan pemegang saham mayoritas di Nippon Paint Holdings Jepang dan diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 13 miliar atau setara Rp 221,78 triliun.

    Tumbuh dalam kemiskinan, Goh dilaporkan menghabiskan 12 tahun pertama hidupnya di sebuah kamar sewaan berukuran kecil, hidup berdesakan bersama orang tua, tiga saudara perempuan, dan seorang saudara laki-laki.

    Ketika Perang Dunia II meletus, orang tuanya mengirim pemilik mayoritas saham Nippon Paint ini ke Muar di Johor, tempat ia membantu saudara iparnya menjual jaring ikan sebelum kembali ke Singapura pada tahun 1943.

    Kala itu Goh memulai bisnis minuman bersoda setibanya di Singapura. Namun usahanya gagal dan ia pun bekerja di toko perangkat keras.

    Hingga pada 1949, ketika tentara Inggris melelang perlengkapan usai perang, Goh membeli beberapa barel cat dari mereka dengan harga murah. Berbekal kamus bahasa Mandarin tentang bahan kimia, ia mulai mencampur warna, menambahkan pelarut, dan menciptakan cat Pigeon Brand miliknya sendiri.

    Tak lama, pada 1950 saat perang di Korea pecah, dengan impor yang sangat dibatasi, bisnis catnya berkembang pesat. Goh kemudian dengan cepat mengembangkan bisnisnya dengan menjalin kemitraan bersama Nippon Paint.

    Awalnya ia didekati oleh produsen cat asal Jepang tersebut untuk menjadi salah satu distributornya. Namun hingga 1974, Goh sukses mendirikan Wuthelam Holdings dan mengembangkan perusahaan tersebut menjadi konglomerat global. Kini Wuthelam memiliki hampir 60% saham Nippon Paint yang terdaftar di Bursa Efek Tokyo.

    Memiliki banyak uang, Goh juga dikenal sebagai seorang filantropis yang banyak mendanai penelitian medis, khususnya dalam pengobatan kanker. Ia juga menyediakan beasiswa bagi siswa kurang mampu serta memberikan sumbangan ke berbagai lembaga kesejahteraan.

    Bahkan pada 1995 lalu, dengan bantuan mendiang Presiden Singapura Wee Kim Wee, ia mendirikan Yayasan Goh untuk menyediakan pendekatan yang lebih terstruktur terhadap upaya filantropisnya. Yayasan Goh berkontribusi pada pendirian Pusat Kanker Nasional Singapura (NCCS).

    Yayasan ini juga memberikan hibah untuk mendukung penelitian kanker anak di Rumah Sakit Wanita dan Anak KK, Yayasan Viva, dan Rumah Sakit Universitas Nasional.

    “Kami sangat berduka atas meninggalnya Bapak Goh. Kontribusi dari Bapak Goh dan Yayasan Goh memberikan dampak positif bagi kehidupan pasien kanker dan keluarga mereka. Kami akan meneruskan warisan beliau untuk memajukan perawatan kanker dan kehidupan pasien,” kata Kepala Eksekutif NCCS, Lim Soon Thye.

    “Kami sangat beruntung karena beliau menunjukkan kepada kami cara menjadi orang baik, beliau mengajarkan kami untuk menjalani hidup dengan kasih sayang dan kerendahan hati,” ujar putra sulung Goh Cheng Liang, Goh Hup Jin.

    (igo/fdl)

  • Pengumuman! AirAsia X Kini Buka Rute Baru ke Turki

    Pengumuman! AirAsia X Kini Buka Rute Baru ke Turki

    Jakarta: AirAsia X (AAX) umumkan peluncuran rute baru menuju Istanbul, Turki, rencananya akan mulai beroperasi pada 14 November 2025 dengan frekuensi penerbangan 4 kali seminggu.

    AirAsia X sendiri adalah anak perusahaan dari grup AirAsia yang mengoperasikan pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus A330 – yang berfokus pada penerbangan jarak menengah hingga jarak jauh (long-haul).

    “Istanbul selalu menjadi destinasi impian bagi banyak tamu kami, dan peluncurannya menjadi momen membanggakan lainnya dalam perjalanan kami membangun kembali lebih kuat dari sebelumnya. Menyusul ekspansi terbaru kami ke Asia Tengah, rute yang telah lama ditunggu ini membawa kami selangkah lebih dekat untuk menghadirkan konektivitas lintas benua jarak menengah yang terjangkau,” kata Benyamin Ismail, CEO AirAsia X dalam peluncuran rute Kuala Lumpur-Istanbul di AirAsia RedQ, Kuala Lumpur Malaysia, Selasa, 12 Agustus 2025.

    Benyamin menambahkan pembukaan rute yang menghubungkan kota dua benua di mana Timur bertemu Barat ini mencerminkan visi AAX, yakni menjembatani Asia dan sekitarnya melalui perjalanan jarak menengah dengan harga terjangkau.

    “Ini adalah keputusan strategis yang memperkuat jaringan kami, membuka lebih banyak jalur kolaborasi bisnis, dan memperluas akses ke pengalaman baru bagi wisatawan di seluruh dunia,” tambahnya.

    Duta Besar Republik Türkiye untuk Malaysia, Yang Mulia Emir Salim Yüksel menyambut baik pembukaan rute penerbangan langsung Kuala Lumpur-Turki ini. Emir Salim menyebut hal ini merupakan langkah nyata dalam Kemitraan Strategis Komprehensif antara Malaysia dan Türkiye.

    “Hal ini tidak hanya akan meningkatkan arus pariwisata, tetapi juga memperluas hubungan bisnis, mendorong kolaborasi industri, serta membuka jalur baru untuk pendidikan, inovasi, dan interaksi antar masyarakat. Dengan meningkatkan konektivitas udara, kita mendekatkan kedua kawasan dengan cara yang menguntungkan wisatawan, komunitas, dan perekonomian,” ungkapnya.
     

    Peluncuran strategis ini menandai masuknya AAX yang telah lama diantisipasi ke Eropa,
    membuka gerbang penting yang menghubungkan Asia Tenggara ke Eropa melalui salah satu destinasi paling kaya sejarah dan unik secara geografis di dunia. Terletak di dua benua yang dipisahkan oleh Selat Bosphorus, Istanbul menawarkan kesempatan langka bagi wisatawan untuk merasakan keindahan dua dunia sekaligus.

    Maskapai ini akan beroperasi dari Bandara Internasional Sabiha Gökçen Istanbul (SAW), hub utama yang terhubung ke lebih dari 117 destinasi internasional dan 40 destinasi domestik. Hal ini memberikan lebih banyak pilihan perjalanan lanjutan bagi tamu dari Asia Tenggara, sekaligus memberikan akses mudah bagi wisatawan dari Istanbul dan sekitarnya ke jaringan AirAsia yang mencakup 130 destinasi dengan harga terbaik.

    Dari Istanbul, wisatawan dapat terhubung dengan mudah ke berbagai destinasi di Asia, termasuk Indonesia, Australia, Singapura, Tiongkok, Thailand, dan lainnya melalui layanan Fly-Thru yang praktis, tanpa perlu mengambil ulang bagasi. Begitu pula sebaliknya, wisatawan dari Eropa dan sekitarnya kini dapat menjelajahi keindahan Asia Tenggara dengan mudah melalui jaringan luas AirAsia.

    Sejak 3 Juli 2025, Indonesia memberlakukan kebijakan bebas visa 30 hari bagi warga negara Turki untuk tujuan wisata, bisnis, atau medis. Kebijakan ini mempermudah wisatawan Turki berkunjung ke Indonesia, yang pada tahun 2024 tercatat lebih dari 50.000 kunjungan. Dengan dibukanya rute langsung Kuala Lumpur–Istanbul oleh AirAsia X, akses perjalanan dari Turki ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menjadi semakin mudah dan menarik, sehingga diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan Turki ke Tanah Air.

    Sebagai kota terbesar dan pusat ekonomi Turki, Istanbul adalah destinasi yang memikat,
    menawarkan beragam peluang bagi wisatawan dari berbagai latar belakang. Dari landmark ikonik seperti Masjid Biru, Hagia Sophia, dan Istana Topkapi, hingga pasar tradisional seperti Grand Bazaar dan Spice Market, kota ini adalah harta karun sejarah dan kehidupan lokal yang semarak.

    Sebagai tambahan perayaan, seluruh tamu AirAsia juga dapat menikmati promo eksklusif diskon hingga 45% untuk bagasi tercatat saat memesan tiket, membuat perjalanan semakin
    menyenangkan.
    Jadwal Penerbangan AirAsia X Kuala Lumpur (KUL) – Turki (SAW)

    Penerbangan pertama akan dilakukan pada 14 November 2025. Berikut jadwal jadwal operasional AirAsia X dengan Kuala Lumpur-Turki pp itu:

    Kuala Lumpur (KUL) – Turki (SWA) dengan nomor penerbangan D7 604, take off pukul 09:35 (waktu setempat) dan jadwal sampai pada 16:05 (waktu setempat) dengan frekuensi empat kali sepekan (Senin, Rabu, Jumat, Minggu)

    Turki (SWA) – Kuala Lumpur (KUL) dengan nomor penerbangan D7 605, jadwal terbang 17:20 waktu setempat dan tiba di Kuala Lumpur 08:40+1, juga melayani empat kali dalam seminggu.

    Jakarta: AirAsia X (AAX) umumkan peluncuran rute baru menuju Istanbul, Turki, rencananya akan mulai beroperasi pada 14 November 2025 dengan frekuensi penerbangan 4 kali seminggu.
     
    AirAsia X sendiri adalah anak perusahaan dari grup AirAsia yang mengoperasikan pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus A330 – yang berfokus pada penerbangan jarak menengah hingga jarak jauh (long-haul).
     
    “Istanbul selalu menjadi destinasi impian bagi banyak tamu kami, dan peluncurannya menjadi momen membanggakan lainnya dalam perjalanan kami membangun kembali lebih kuat dari sebelumnya. Menyusul ekspansi terbaru kami ke Asia Tengah, rute yang telah lama ditunggu ini membawa kami selangkah lebih dekat untuk menghadirkan konektivitas lintas benua jarak menengah yang terjangkau,” kata Benyamin Ismail, CEO AirAsia X dalam peluncuran rute Kuala Lumpur-Istanbul di AirAsia RedQ, Kuala Lumpur Malaysia, Selasa, 12 Agustus 2025.

    Benyamin menambahkan pembukaan rute yang menghubungkan kota dua benua di mana Timur bertemu Barat ini mencerminkan visi AAX, yakni menjembatani Asia dan sekitarnya melalui perjalanan jarak menengah dengan harga terjangkau.
     
    “Ini adalah keputusan strategis yang memperkuat jaringan kami, membuka lebih banyak jalur kolaborasi bisnis, dan memperluas akses ke pengalaman baru bagi wisatawan di seluruh dunia,” tambahnya.
     
    Duta Besar Republik Türkiye untuk Malaysia, Yang Mulia Emir Salim Yüksel menyambut baik pembukaan rute penerbangan langsung Kuala Lumpur-Turki ini. Emir Salim menyebut hal ini merupakan langkah nyata dalam Kemitraan Strategis Komprehensif antara Malaysia dan Türkiye.
     
    “Hal ini tidak hanya akan meningkatkan arus pariwisata, tetapi juga memperluas hubungan bisnis, mendorong kolaborasi industri, serta membuka jalur baru untuk pendidikan, inovasi, dan interaksi antar masyarakat. Dengan meningkatkan konektivitas udara, kita mendekatkan kedua kawasan dengan cara yang menguntungkan wisatawan, komunitas, dan perekonomian,” ungkapnya.
     

     

    Peluncuran strategis ini menandai masuknya AAX yang telah lama diantisipasi ke Eropa,
    membuka gerbang penting yang menghubungkan Asia Tenggara ke Eropa melalui salah satu destinasi paling kaya sejarah dan unik secara geografis di dunia. Terletak di dua benua yang dipisahkan oleh Selat Bosphorus, Istanbul menawarkan kesempatan langka bagi wisatawan untuk merasakan keindahan dua dunia sekaligus.
     
    Maskapai ini akan beroperasi dari Bandara Internasional Sabiha Gökçen Istanbul (SAW), hub utama yang terhubung ke lebih dari 117 destinasi internasional dan 40 destinasi domestik. Hal ini memberikan lebih banyak pilihan perjalanan lanjutan bagi tamu dari Asia Tenggara, sekaligus memberikan akses mudah bagi wisatawan dari Istanbul dan sekitarnya ke jaringan AirAsia yang mencakup 130 destinasi dengan harga terbaik.
     
    Dari Istanbul, wisatawan dapat terhubung dengan mudah ke berbagai destinasi di Asia, termasuk Indonesia, Australia, Singapura, Tiongkok, Thailand, dan lainnya melalui layanan Fly-Thru yang praktis, tanpa perlu mengambil ulang bagasi. Begitu pula sebaliknya, wisatawan dari Eropa dan sekitarnya kini dapat menjelajahi keindahan Asia Tenggara dengan mudah melalui jaringan luas AirAsia.
     
    Sejak 3 Juli 2025, Indonesia memberlakukan kebijakan bebas visa 30 hari bagi warga negara Turki untuk tujuan wisata, bisnis, atau medis. Kebijakan ini mempermudah wisatawan Turki berkunjung ke Indonesia, yang pada tahun 2024 tercatat lebih dari 50.000 kunjungan. Dengan dibukanya rute langsung Kuala Lumpur–Istanbul oleh AirAsia X, akses perjalanan dari Turki ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menjadi semakin mudah dan menarik, sehingga diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan Turki ke Tanah Air.
     
    Sebagai kota terbesar dan pusat ekonomi Turki, Istanbul adalah destinasi yang memikat,
    menawarkan beragam peluang bagi wisatawan dari berbagai latar belakang. Dari landmark ikonik seperti Masjid Biru, Hagia Sophia, dan Istana Topkapi, hingga pasar tradisional seperti Grand Bazaar dan Spice Market, kota ini adalah harta karun sejarah dan kehidupan lokal yang semarak.
     
    Sebagai tambahan perayaan, seluruh tamu AirAsia juga dapat menikmati promo eksklusif diskon hingga 45% untuk bagasi tercatat saat memesan tiket, membuat perjalanan semakin
    menyenangkan.

    Jadwal Penerbangan AirAsia X Kuala Lumpur (KUL) – Turki (SAW)

    Penerbangan pertama akan dilakukan pada 14 November 2025. Berikut jadwal jadwal operasional AirAsia X dengan Kuala Lumpur-Turki pp itu:
     
    Kuala Lumpur (KUL) – Turki (SWA) dengan nomor penerbangan D7 604, take off pukul 09:35 (waktu setempat) dan jadwal sampai pada 16:05 (waktu setempat) dengan frekuensi empat kali sepekan (Senin, Rabu, Jumat, Minggu)
     
    Turki (SWA) – Kuala Lumpur (KUL) dengan nomor penerbangan D7 605, jadwal terbang 17:20 waktu setempat dan tiba di Kuala Lumpur 08:40+1, juga melayani empat kali dalam seminggu.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    (RUL)

  • Mengenal Teknik Pemerasan Empat Lapis dalam Ransomware

    Mengenal Teknik Pemerasan Empat Lapis dalam Ransomware

    Jakarta

    Akamai Technologies, perusahaan keamanan siber dan komputasi cloud, mengungkap pelaku ransomware kini menerapkan taktik pemerasan empat lapis dalam aksinya.

    Meski begitu, taktik pemerasan ganda masih jadi modus utama yang dipakai. Dalam laporan State of the Internet (SOTI) terbarunya, Akamai menyebut lebih dari separuh kasus kebocoran data yang terjadi di Asia Pasifik (APAC) pada 2024 terjadi akibat ransomware.

    Dalam laporan itu Akamai juga menjelaskan pemerasan empat lapis yang dilakukan. Pemerasan empat lapis ini mencakup serangan DDoS (Distributed Denial of Service) dan memberikan tekanan lebih besar kepada korban dengan memanfaatkan pihak ketiga, seperti pelanggan, mitra, atau media.

    Ini merupakan peningkatan dari serangan ransomware pemerasan ganda, yaitu ketika pelaku serangan hanya mengenkripsi data korban dan mengancam akan membocorkan data tersebut ke publik bila tebusan tidak dibayar.

    “Ancaman ransomware saat ini bukan lagi sekadar enkripsi. Para pelaku serangan memanfaatkan data yang mereka curi, eksposur ke publik, serta gangguan pada layanan untuk meningkatkan tekanan kepada korban. Metode seperti ini membuat serangan siber menjadi krisis bisnis yang serius sehingga memaksa perusahaan untuk meninjau kembali kesiapan dan respons mereka,” kata Steve Winterfield, Advisory CISO Akamai, dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (12/8/2025).

    Kelompok-kelompok ransomware besar, seperti LockBit, BlackCat/ALPHV, dan CL0P, masih menjadi aktor utama di kawasan ini, sementara para pendatang baru seperti Abyss Locker dan Akira mulai menggebrak.

    Mereka menyerang sektor-sektor vital di APAC, mulai dari sektor kesehatan hingga hukum, dengan tingkat akurasi yang mengkhawatirkan. Kasus-kasus besar yang terjadi antara lain peretasan 1,5 TB data sensitif milik Nursing Home Foundation di Australia oleh Abyss Locker, serta tebusan sebesar USD 1,9 juta oleh sebuah firma hukum asal Singapura setelah serangan Akira.

    Dalam laporannya, Akamai menegaskan pentingnya Zero Trust dan mikrosegmentasi dalam menghadapi taktik ransomware modern. Contohnya, perusahaan konsultan regional di APAC berhasil memperkecil risiko serangan internal dengan mikrosegmentasi berbasis perangkat lunak, sehingga mampu menghentikan pergerakan lateral sebelum kerusakan meluas.

    “Berbagai organisasi perlu meninjau ulang postur keamanan mereka dan memperkuat upaya untuk meningkatkan ketahanan siber. Mengadopsi arsitektur Zero Trust yang berfokus pada akses terverifikasi dan mikrosegmentasi adalah cara yang baik untuk meminimalkan dampak serangan ransomware. Dipadukan dengan latihan pemulihan rutin dan simulasi respons insiden, langkah-langkah ini akan menjadi elemen inti dalam meningkatkan ketahanan siber terhadap serangan seperti ransomware,” tutup Reuben Koh, Director of Security Technology and Strategy, Asia Pasifik & Jepang, Akamai.

    (asj/fay)

  • Satu Dekade Eksis! BRI Singapore Branch Perkuat Konektivitas Ekonomi RI di Jantung Asia – Page 3

    Satu Dekade Eksis! BRI Singapore Branch Perkuat Konektivitas Ekonomi RI di Jantung Asia – Page 3

    Farida menambahkan bahwa pencapaian satu dekade menjadi pijakan penting bagi penguatan peran BRI dalam jaringan keuangan kawasan. Menurutnya, fokus BRI diarahkan pada perluasan relasi bisnis dan pengembangan konektivitas layanan lintas negara secara berkelanjutan.

    “Kehadiran BRI di Singapura merupakan bagian dari strategi Perseroan untuk mengambil peran aktif dalam dinamika keuangan kawasan. Satu dekade terakhir menjadi bukti bahwa BRI sebagai institusi keuangan nasional memiliki kapasitas untuk menjembatani investasi lintas negara dan menciptakan nilai bagi ekonomi Indonesia melalui jaringan layanan internasional yang terpercaya. Ke depan, penguatan coverage area akan difokuskan pada pengembangan hubungan dengan counterparties, baik bank maupun Indonesian-related companies, melalui perluasan layanan transaction banking dan penguatan value chain business,” ujarnya.

    Seluruh pengembangan diarahkan dalam kerangka Governance, Risk, and Compliance (GRC) yang menjadi landasan operasional BRI. Fokus utamanya mencakup penguatan layanan wholesale serta pengembangan instrumen keuangan yang relevan bagi kebutuhan bisnis di kawasan.

    Sinergi dengan entitas BRI Group juga diarahkan untuk membangun konektivitas bisnis yang lebih terintegrasi dan memperkuat peran BRI di jaringan layanan internasional. BRI juga menjalankan diversifikasi produk, percepatan transformasi digital, serta efisiensi operasional untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang adaptif dan berkelanjutan.

    Farida menambahkan bahwa keberadaan BRI Singapore Branch juga diarahkan untuk memperkuat keterhubungan antara arus FDI dan pengembangan UMKM di berbagai daerah. Upaya ini menjadi bagian dari komitmen BRI untuk menghadirkan dampak nyata dari konektivitas global terhadap pelaku usaha nasional.

    “Optimalisasi peran BRI Singapore Branch juga akan difokuskan untuk memperluas akses UMKM terhadap jaringan bisnis internasional. Tujuannya bukan hanya membuka pasar, tetapi membangun hubungan dagang yang memberi nilai tambah secara berkelanjutan. Dengan kekuatan jaringan dan pengalaman melayani nasabah lintas negara, BRI akan terus mendampingi pengusaha UMKM Indonesia dalam perdagangan internasional,” pungkas Farida.

     

    (*)

  • Mantul! ShopeePay Sudah Bisa Dipakai di Negara Berikut

    Mantul! ShopeePay Sudah Bisa Dipakai di Negara Berikut

    Jakarta

    Scan QRIS menggunakan ShopeePay sudah bisa dilakukan di sejumlah negara, loh. Buat yang suka traveling, hal ini tentunya akan sangat memudahkan.

    Hal ini disampaikan oleh Eka Nilam Dari (Lala) President Director ShopeePay Indonesia di acara ‘Media Gathering – Rayakan 9.9 Festival Serba Murah dengan Aplikasi ShopeePay, Dompet Serba Bisa’, Selasa (12/8/2025). Lala (sapaan akrabnya), mengatakan ShopeePay berkomitmen untuk memperluas inklusi keuangan digital untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Sesuai dengan misi ShopeePay, pihaknya ingin lebih melayani masyarakat di Indonesia yang belum terlayani melalui teknologi.

    “Pastinya dengan kehadiran ShopeePay, kita semakin mendorong pertumbuhan transaksi digital,” ujarnya.

    ShopeePay telah bekerja sama dengan Bank Indonesia seperti salah satunya adalah QRIS Tap. Jadi sekarang, ShopeePay sudah bisa dipakai untuk transaksi transportasi dengan metode tap.

    “Kemudian juga ada QRIS Cross Border. Kalau teman-teman media di sini, pergi ke negara tetangga seperti Singapura, Thailand, atau Malaysia, ShopeePay juga bisa diterima di sana. Dan kita juga sekarang sudah mulai dikawal untuk negara yang lainnya, seperti Jepang dan China,” lanjut Lala.

    Tak cukup sampai di Jepang dan China, ShopeePay juga mengaku akan merambah ke lebih banyak lagi negara-negara yang di dunia.

    “Dan sebenarnya nggak cuma itu aja. Mungkin teman-teman di sini tahunya kan ShopeePay selama ini kita hanya pembayaran uang elektronik gitu. Tapi sebenarnya, seperti yang tadi disampaikan tadi juga, kita baru saja launching aplikasi tersendiri, yaitu aplikasi ShopeePay, dompet serba bisa, di mana sebenarnya di sini ShopeePay itu merupakan satu wallet dompet elektronik,” terangnya.

    Karena itu, tak cuma untuk keperluan berbelanja, ShoopePay dapat digunakan untuk transfer dana hingga pembelian pulsa, contohnya. Untuk main game pun, ShoopePay dapat dipakai untuk top up game.

    “Yang tak kalah penting juga, memang transaksi QRIS itu sudah semakin berkembang, ya. Kalau kita lihat data yang di-share di kuartal I 2025, total transaksi itu sudah mencapai lebih dari 56 juta transaksi. Transaksi QRIS itu juga sudah didukung oleh lebih dari 38 juta total merchant, baik itu merchant medium, enterprise ataupun merchant-merchant mikro kecil,” tandasnya.

    (ask/fay)

  • ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah, Ada Promo QRIS Rp1.000-Hadiah Mobil!

    ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah, Ada Promo QRIS Rp1.000-Hadiah Mobil!

    Jakarta

    Momen tanggal kembar 9.9 kembali menjadi ajang belanja hemat yang dinanti masyarakat. Tahun ini, ShopeePay menghadirkan kampanye spesial “Aplikasi ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah” untuk mendukung kebutuhan transaksi harian pengguna di seluruh Indonesia dengan cara yang lebih hemat dan mudah.

    President Director ShopeePay Indonesia, Eka Nilam Dari (Lala), mengungkapkan bahwa kampanye tahun ini menghadirkan penawaran yang lebih beragam di berbagai merchant favorit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

    “Seperti tahun-tahun sebelumnya, 9.9 spesial karena ini momen yang ditunggu-tunggu, di mana ShopeePay mengadakan big campaign. Double date 9.9 tahun ini lebih spesial karena ada promo lebih menarik di merchant-merchant favorit ShopeePay,” ujar Lala dalam acara Media Gathering ShopeePay di Jakarta, Selasa (12/8/2025).

    Melalui program ini, pengguna bisa menikmati berbagai penawaran menarik, mulai dari Bayar QRIS Serba Rp1.000 di merchant favorit, Flash Sale pulsa dan token PLN mulai Rp99, hingga kesempatan memenangkan mobil Toyota Agya.

    Tiga Program Utama ShopeePay 9.9

    1. Bayar QRIS Serba Rp1.000

    Pengguna bisa membeli produk pilihan di merchant seperti Indomaret, Alfamart, Mie Gacoan, Shihlin, KFC, Yoshinoya, Solaria, hingga McDonald’s hanya dengan Rp1.000 atau Rp9.000. Promo ini berlaku di outlet merchant dengan pembayaran melalui aplikasi ShopeePay, pada 16-31 Agustus setiap akhir pekan, dan pada 1-14 September setiap hari, dengan kuota 1 kali per pengguna per merchant.

    Selain itu, mulai 16 Agustus-14 September 2025, pengguna juga bisa membeli Voucher Diskon Serba Rp1.000 untuk transaksi di aplikasi atau website merchant. Khusus promo puncak pada 1-14 September, tersedia Flash Sale Voucher Rp99 untuk transaksi di merchant seperti App Store, Google Play, Kiosgamer, dan Netflix.

    2. Kesempatan Menang Mobil Toyota Agya

    Dari tanggal 16 Agustus – 14 September 2025, setiap transaksi minimal Rp10.000 di merchant terdaftar, baik offline via QRIS maupun online melalui aplikasi atau website merchant, pengguna akan mendapatkan Golden Ticket dengan ketentuan sebagai berikut.

    Transaksi via aplikasi Shopee: 1 tiketTransaksi via aplikasi ShopeePay: 2 tiket

    Semakin banyak tiket yang dikumpulkan, semakin besar peluang memenangkan Grand Prize Toyota Agya.

    3. Flash Sale Pulsa & PLN Rp99

    Flash Sale ini tersedia setiap hari selama periode 11 Agustus-14 September, pukul 00.00, 12.00, dan 18.00 WIB untuk pembelian pulsa, paket data, token PLN, dan e-money melalui aplikasi ShopeePay, dengan kuota terbatas di setiap sesi.

    Promo Tambahan

    Selain tiga program utama, ada juga promo khusus seperti:

    Sebar ShopeePay: pasti dapat saldo hingga Rp19.000 pada 18 & 25 Agustus, serta 4, 8, 9, dan 10 September.Transfer Unik Berhadiah: transfer ke sesama ShopeePay pada 25 Agustus-11 September bisa dapat kesempatan memenangkan hadiah total hingga Rp9 juta per hari dan bonus koin hingga Rp99.000.

    Tak hanya itu, ShopeePay juga terus berupaya meningkatkan pengalaman belanja pengguna dengan memperluas penggunaan pembayaran digital. Salah satunya lewat kerja sama dengan Bank Indonesia dan pemerintah dalam penerapan QRIS lintas negara yang kini bisa digunakan di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Ke depannya, ShopeePay akan dikembangkan agar bisa dipakai di Jepang dan China.

    Lala juga mengingatkan para pengguna untuk tetap waspada saat bertransaksi, terutama di tengah tingginya traffic transaksi pada periode 9.9 ini. Menurutnya, keamanan transaksi senantiasa menjadi prioritas utama ShopeePay.

    “Yang paling penting adalah menciptakan fitur-fitur untuk meningkatkan keamanan, memonitor pola transaksi pengguna, dan sering mengedukasi konsumen agar memastikan aplikasi terjaga dengan PIN, password, dan tidak membagikan OTP. Kami juga bekerja sama dengan mitra yang legit dan berkualitas, sehingga semua transaksi aman,” ujarnya.

    Public figure Sarwendah, yang turut hadir sebagai pembicara, mengaku program ini sangat membantunya sebagai seorang ibu rumah tangga dalam mengatur keuangan.

    “Sebagai seorang ibu banyak kebutuhan, harus bisa manage keuangan. Kalau pintar manage uang, barang yang kita bisa dapat lebih banyak, cocok banget sama campaign ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah ini. Pastinya semua murah dan membantu banget untuk ibu-ibu supaya bisa belajar cara hemat,” tutur Sarwendah.

    Ia menambahkan, ShopeePay memudahkan pengelolaan kebutuhan sehari-hari, mulai dari belanja pokok, pesan makanan, bayar tagihan dan angsuran, hingga isi token PLN.

    “Aku dulu nggak ngerti bisa bayar pakai QRIS, jadi sekarang semua bayar pakai ShopeePay. Kirim uang, bayar listrik, pulsa, satu aplikasi multitasking semua. Jadi nggak perlu pusing-pusing cari (aplikasi) yang lain,” ujarnya.

    Dengan sederet promo hemat, dukungan merchant offline dan online, serta kesempatan memenangkan hadiah mobil, ShopeePay 9.9 Festival Serba Murah diharapkan menjadi momen belanja dan transaksi digital yang tidak boleh dilewatkan oleh pengguna di seluruh Indonesia.

    (akn/ega)

  • 5 Provinsi RI dengan Laporan Chikungunya Terbanyak, Jabar Catat 6 Ribu Kasus

    5 Provinsi RI dengan Laporan Chikungunya Terbanyak, Jabar Catat 6 Ribu Kasus

    Jakarta

    Puncak kasus chikungunya terjadi di setiap musim hujan. Dalam grafik Kementerian Kesehatan RI, peningkatan paling pesat terjadi di periode tersebut. Pada 2025 misalnya, kenaikan signifikan dilaporkan di pekan pertama hingga pekan ke-9.

    “Suspek chikungunya pada tahun 2025 mengalami kenaikan drastis. dibandingkan minggu yang sama pada tahun 2023 dan 2024. Hal ini sejalan dengan pola musim penghujan di Indonesia,” terang Kemenkes RI dalam laporannya, dikutip Selasa (12/8/2025).

    Meski begitu, kasus chikungunya disebut sudah terus menurun di dua bulan terakhir. Sebagai catatan, ada lima provinsi yang melaporkan kasus chikungunya terbanyak, peringkat pertama ditempati Jawa Barat.

    Berikut data Kemenkes RI sepanjang 2025 hingga pekan ke-30:

    Jawa Barat: 6.674 kasusJawa Tengah: 3.388 kasusJawa Timur: 2.903 kasusSumatera Utara: 1.074 kasusBanten: 838 kasus

    Sementara DKI Jakarta ‘hanya’ mencatat 144 kasus.

    Perbandingan kasus dengan negara lain:

    China

    Hampir 8.000 orang di China bagian selatan terjangkit chikungunya sejak pertengahan Juni, menurut para pejabat setempat, meskipun wabah tersebut tampaknya telah mencapai puncaknya.

    Sebagian besar kasus di China tergolong ringan tanpa laporan kematian, kata Pusat Pengendalian Penyakit China. Penyakit yang menyakitkan tetapi jarang berakibat fatal, menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes, yang kini meluas wilayah penyebarannya di China, salah satunya karena pengaruh perubahan iklim.

    Singapura

    Dikutip dari CNA, otoritas Singapura meningkatkan kewaspadaan pasca terjadi peningkatan jumlah kasus chikungunya di Singapura dalam beberapa bulan terakhir.

    Terdapat 17 kasus demam chikungunya di Singapura sejak awal tahun hingga 2 Agustus, Badan Penyakit Menular Singapura dalam laporan yang terakhir dirilis 7 Agustus.

    Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari delapan kasus yang tercatat pada periode yang sama di 2024 dan melampaui total kasus pada 2024 yang saat itu berjumlah 15 pasien.

    (naf/kna)