Negara: Republik Rakyat Cina

  • BYD Atto 3 Facelift Meluncur, Harga Mulai Rp 200 Jutaan

    BYD Atto 3 Facelift Meluncur, Harga Mulai Rp 200 Jutaan

    Jakarta

    BYD resmi meluncurkan Atto 3 facelift. Kini, BYD Atto 3 juga mendapatkan fitur autopilot terbaru dari BYD yaitu God’s Eye C. Trim terendah dari BYD Atto 3 harganya lebih murah dari generasi sebelumnya.

    Dilansir Carnewschina, BYD Atto 3 atau yang di China dijual dengan nama Yuan Plus mendapat beberapa pembaruan. Mulai dari eksterior, interior, bahkan sistem bantuan pengemudi diperbarui pada Atto 3 facelift ini.

    BYD Atto 3 facelift mendapat beberapa penyesuaian eksterior. Model yang diperbarui ini memiliki intake udara berbentuk trapesium yang lebih besar, lampu depan berwarna smoked, pilar D yang dihitamkan, dan spoiler atap baru dengan lampu rem ganda. Dimensi Atto 3 tetap sama dengan panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.615 mm dengan jarak sumbu roda 2720 mm. Tulisan “Build Your Dreams” di bagian belakang SUV ini diganti dengan emblem BYD.

    Interior BYD Atto 3 2025 mengadopsi dua warna baru: krem dan abu-abu. Pembaruan lainnya termasuk tuas persneling yang dipasang di belakang setir. Konsol tengah juga disesuaikan. Mobil ini memiliki dua tempat menaruh gelas, blok tombol fisik, dan bantalan pengisian daya nirkabel 50 W untuk ponsel.

    Peningkatan lain pada kabin Atto 3 termasuk instrument cluster 8,8 inci baru, head-up display 12 inci, dan kamera yang dipasang di pilar A yang memantau pengemudi. Selain itu, Atto 3 terbaru memiliki lemari es internal.

    BYD Atto 3 Foto: BYD Atto 3

    Fitur utama BYD Atto 3 adalah sistem pengemudian cerdas Gods’ Eye C. Terdapat tiga kamera di bawah kaca depan. Sistem ini mampu menjalankan fungsi Navigation On Autopilot (NOA) berkecepatan tinggi dengan 10 skenario penggunaan yang didukung. Nantinya, sistem ini akan diperbarui dengan fungsi NOA untuk berkendara di dalam kota.

    Sistem penggerak BYD Atto 3 tetap sama. Mobil ini memiliki satu motor listrik di as roda depan bertenaga 150 kW. Tersedia dua pilihan baterai LFP untuk Atto 3: 49,9 kWh dan 60,5 kWh. Keduanya menyediakan jarak tempuh 430 km dan 510 km (CLTC).

    BYD Atto 3 terbaru sudah tersedia di China. Kisaran harga mobil ini adalah 115.800-145.800 yuan (Rp 260 juta-Rp 328 juta). Tipe terendah dari BYD Atto 3 di China lebih murah 1.000 yuan (Rp 2,2 juta). Namun, trim level teratas Atto 3 jadi lebih mahal 1.000 yuan.

    (rgr/dry)

  • Harganya Rp 90 Jutaan, Kapan Mobil Listrik Mungil MG Masuk Indonesia?

    Harganya Rp 90 Jutaan, Kapan Mobil Listrik Mungil MG Masuk Indonesia?

    Jakarta

    Morris Garage atau MG Motor punya mobil listrik mungil di pasar global. Kendaraan tersebut bernama MG Comet EV dan dibanderol mulai Rp 90 jutaan. Kapan unitnya masuk ke Indonesia?

    Chief Executive Officer (CEO) MG Motor Indonesia, Hu Guowei alias Alec mengatakan, pihaknya belum berencana menjual MG Comet EV di Tanah Air. Sebab, berbeda dengan di China, pihaknya ingin fokus ke pasar menengah di dalam negeri.

    “Manufaktur itu selalu berbicara skala, bagi kami MG mengkhususkan diri untuk bermain di volume segmen middle up. Jadi seperti yang Anda tanyakan, mikro EV bukan fokus kami,” ujar Alec saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa malam (4/3).

    MG Comet kembaran Wuling Air ev Foto: Motoroids

    Alec sadar, mobil listrik mungil atau micro EV pasarnya cukup menjanjikan. Namun, harus dipahami juga, pemainnya sudah cukup banyak.

    “Volume-nya mungkin besar, tetapi margin-nya belum tentu bagus,” kata dia.

    Sebagai catatan, MG Comet EV belum lama ini meluncur di India. Kendaraan yang berstatus sebagai kembaran atau rebadged Wuling Air ev tersebut dibanderol mulai Rp 90 jutaan dengan skema baterai terpisah.

    Secara tampilan, MG Comet EV mengusung desain mungil dan mengotak. Kendaraan tersebut benar-benar menyerupai Wuling Air ev yang dipasarkan di Indonesia dan China. Perbedaan yang paling kentara hanya terlihat di bagian emblem merek saja.

    Mobil listrik MG Comet EV. Foto: MG India.

    MG Comet EV punya dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm dan tinggi 1.640 mm. Sementara jarak sumbu roda atau wheelbase-nya 2.010 mm. Dimensi tersebut benar-benar serupa dengan Wuling Air ev, kecuali tingginya yang sedikit lebih jangkung.

    Mobil listrik pendatang baru itu dibekali baterai lithium ion berkapasitas 17,3 kWh dengan jangkauan maksimum 230 km. Sementara untuk mengisi daya baterai dari nol ke 100 persen memerlukan waktu tujuh jam.

    Motor listrik Comet EV menggunakan permanent magnet motor (PMSM), yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 41,42 dk dan torsi puncak 110 Nm. Spesifikasi tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis.

    Kendaraan mungil itu ditanamkan sejumlah fitur standar, seperti integrated floating wide screen dengan bentang layar 10,25 inci, konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, sistem navigasi, pengeras suara atau audio, sistem pengereman ABS dengan EBD, reverse parking camera, airbags dan masih banyak lagi.

    (sfn/dry)

  • Pramono usai Pantau Kondisi Banjir dari Helikopter: Kehidupan Jakarta Sudah Mulai Normal Kembali – Halaman all

    Pramono usai Pantau Kondisi Banjir dari Helikopter: Kehidupan Jakarta Sudah Mulai Normal Kembali – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Gubernur Jakarta Pramono Anung sudah memantau kondisi banjir via udara di sejumlah lokasi di Jakarta.

    Helikopter jenis Agusta Westland (AW) 169 yang dinaiki Pramono lepas landas pada Kamis (6/3/2025) pukul 08.30 WIB dan kembali pukul 09.19 WIB.

    Pramono mengatakan, berdasarkan pantauan dari udara, tinggi muka air di Pintu Air Manggarai, Jakarta, sudah turun menjadi 600 cm.

    Sebelumnya, tinggi muka air di Pintu Air Manggarai sempat mencapai 850 cm.

    “Dengan demikian, Jakarta sudah berada dalam status siaga 4. “

    “Alhamdulillah, permukaan air sudah mulai menurun,” kata Pramono saat ditemui di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, dikutip dari Warta Kota.

    Meski banjir sempat menyebabkan dampak besar, ucap Pramono, kini kehidupan di Jakarta sudah mulai kembali normal.

    Namun, politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini menekankan masih ada beberapa langkah yang perlu dilakukan Pemprov Jakarta untuk mengatasi masalah itu.

    “Dan kalau dilihat dari atas tadi, kehidupan Jakarta sudah mulai normal kembali. Kemudian tadi ada beberapa hal yang nanti akan kami segera tindak lanjuti dan selesaikan.”

    “Terutama untuk normalisasi sungai Ciliwung yang ada di Pengadegan, Cawang, dan Bidara Cina.” 

    “Karena itulah yang kemudian kemarin memberikan dampak banjir yang luar biasa ketika di atas intensitas atau pun curah hujannya tinggi dan itu akan kami tangani,” lanjutnya.

    Pramono membeberkan, penanganan banjir juga memerlukan koordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

    Menurutnya, Pemprov Jakarta akan segera melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

    Sebagai informasi, dalam pemantauan banjir lewat udara ini, Pramono didampingi Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Mohammad Yasin Kosasih dan Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Erdi Chaniago.

    Kemudian ada Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta Maruli Sijabat, serta Plt. Kepala Dinas Sumber Daya Air Ika Agustin.

    Yasin menjelaskan, patroli udara bukan hanya dilakukan di Jakarta, melainkan juga meliputi wilayah Pondok Gede, Jati Asih, dan Babelan. 

    Walaupun di beberapa wilayah genangan air mulai surut, Polairud tetap mengerahkan sekitar 200 personel untuk membantu penanganan pascabanjir.

    “Di beberapa daerah, rumah-rumah rusak, perabotan pecah, dan masih ada kerugian lainnya. Kami akan terus membantu warga yang terdampak banjir,” ujar Yasin.

    Sebagian artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Pramono Usai Pantau Banjir Lewat Udara: Kehidupan Jakarta Sudah Mulai Normal Kembali.

    (Tribunnews.com/Deni)(WartaKotalive.com/Ramadhan L Q)

  • Ormas Anarkis Bikin Industri Mebel Sulit Maksimalkan Potensi untuk Saingi Vietnam – Halaman all

    Ormas Anarkis Bikin Industri Mebel Sulit Maksimalkan Potensi untuk Saingi Vietnam – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Praktik premanisme oleh organisasi masyarakat (ormas) di kawasan industri berdampak luas pada kinerja industri dalam negeri termasuk pada kinerja industri mebel.

    Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur, mengatakan aksi premanisme ormas menjadi batu sandungan sektor ini untuk bersaing dengan negara Vietnam.

    “Kita sedang konsen bertempur dan berjuang melawan negara yang sudah bersih dari hal-hal itu (ormas), seperti Vietnam. Mungkin di sana bisa bertumbuh industrinya, tetapi di sini masih harus menghadapi hal-hal itu (ormas),” kata Abdul Sobur dalam Konferensi Pers Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2025, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (6/3/2025).

    Aksi premanisme ileh ormas jelas merugikan industri. HIMKI berharap pemerintah fokus memberikan tindakan tegas kepada ormas yang merugikan.

    “Itu salah satu gangguan. Aksi premanisme atau sebagainya itu tugas pemerintah, kalau kita mau maju ya harus dibersihkan. Tetapi saya yakin pemerintah sudah memiliki kesadaran yang cukup besar bahwa elemen penting yang harus diberangus karena itu jelas mengganggu, terutama di industri-industri besar.”

    “Itu juga mengganggu industri mebel, kasus-kasus yang kita dengar kemarin gangguan dari ormas,” terangnya.

    Kinerja ekspor industri mebel Indonesia saat ini berapa di angka 2,5 juta dolar AS. Angkanya tertinggal jauh dari Vietnam yang sudah mencapai 20 juta dolar AS.

    Untuk bersaing dengan Vietnam, iklim usaha perlu dijaga agar dapat menarik minat investor. Berkaca dari Vietnam yang mampu menjaga iklim industri hingga menerima relokasi industri dari China.

    “Kalau negara itu mau maju, sebagaimana Vietnam, sebagai benchmarking, perlu dikasih insentif diperbesar, premanisme kalau di Vietnam sudah habis, mungkin minim. Jadi wajar kalau ekspor mebel mereka bisa mencapai 20 juta dolar karena negara itu kondusif untuk investasi,” ucap Abdul Sobur.

    Relokasi industri mebel dari Cina yang masuk ke Vietnam dalam 10 tahun terakhir mencapai lebih dari 630 perusahaan.

    Bukan cuma iklim industri yang stabil, Vietnam juga memiliki Free Trade Agreement (FTA) dengan Amerika dan Eropa.

    “Kita belum punya. Vietnam sudah 20 tahun yang lalu punya FTA baik ke Amerika Serikat maupun ke Eropa. Jadi sebetulnya salah satu kekuatan negara itu di situ. Kalau kita mau masuk ke Amerika Serikat sulit. Kita mengharapkan pemerintah,” imbuhnya.

     

  • Sosok Darren Wang, Aktor Taiwan Terseret Kasus Percobaan Pembunuhan

    Sosok Darren Wang, Aktor Taiwan Terseret Kasus Percobaan Pembunuhan

    Jakarta, Beritasatu.com – Media sosial dihebohkan dengan kabar aktor asal Taiwan, Darren Wang, yang tengah menjalani penyelidikan atas dugaan percobaan pembunuhan.

    Menurut laporan media Taiwan Ettoday, kasus ini telah diteruskan ke kejaksaan untuk penyelidikan lebih lanjut. Kasus bermula saat Darren Wang tiba di Taiwan sekitar April-Mei tahun lalu dan memesan mobil jemputan di bandara.

    Namun, dia diduga tidak puas dengan kondisi kendaraan yang disediakan. Karena kesal, Darren Wang dikabarkan menyewa seseorang untuk menyerang sopir dan petugas yang menangani pemesanannya.

    Akibat kejadian tersebut, kedua korban mengalami luka berat. Polisi pun menganggap insiden ini sebagai kasus percobaan pembunuhan. Sebelumnya, Darren Wang juga sempat diberitakan ditangkap karena berusaha menghindari kewajiban wajib militer.

    Bagaimana sosok Darren Wang? Berikut ini profilnya.

    Profil Darren Wang

    Darren Wang, yang memiliki nama asli Wang Talu, adalah seorang aktor dan model asal Taiwan. Ia lahir di Taipei pada 29 Mei 1991. Awalnya, Darren bersekolah di Dongshan Senior High School, tetapi setelah satu semester, ayahnya mengirimnya ke akademi militer di New York karena dianggap kurang tertarik belajar.

    Ia kemudian menyelesaikan pendidikannya di Taipei Fuhsing Experimental High School dan Juangjing Vocational High School. Darren sempat berkuliah di Daou Jiang Institute of Technology and Management, jurusan ilmu komunikasi, tetapi keluar sebelum lulus.

    Saat kembali ke Taiwan, dia ditemukan oleh seorang pencari bakat dan memutuskan untuk mengejar karier akting daripada kembali ke Amerika.

    Darren Wang memulai debut aktingnya melalui drama Mysterious Incredible Terminator (2008), kemudian membintangi film layar lebar pertamanya, In Case of Love (2010).

    Namanya semakin dikenal setelah membintangi film Our Times (2015), sebuah film romantis bertema SMA yang sukses besar. Berkat popularitasnya, dia terpilih sebagai GQ Man of the Year. Selain berakting, Darren juga berkontribusi dalam dunia musik dengan menyumbangkan beberapa lagu untuk soundtrack film yang dibintanginya, termasuk The Last Wish (2019).

    Pada tahun yang sama, dia menjadi pemeran utama dalam film Fall in Love at First Kiss, remake dari serial Taiwan populer dengan judul yang sama. Darren Wang diketahui pernah menjalin hubungan dengan aktris asal Malaysia, Joey Chua, dari Mei 2021 hingga November 2023. Kemudian, pada Januari 2024, dia mengonfirmasi hubungannya dengan Mu Xuan.

    Sebagai salah satu aktor berbakat, Darren telah meraih tujuh penghargaan sepanjang kariernya di industri hiburan.

    GQ Man of the Year Awards, kategori Fashion Award (2015).4th iQiyi All-Star Carnival, kategori Newcomer Film Ward (2015).20th China Music Awards, kategori Popular Star Award–Film (2016).5th APAN Star Awards, kategori Rising Star (2016).2nd Fashion Up Awards, kategori Popularity Award–Male (2017 ).Men’s UNO YOUNG Red Awards, kategori Best Actor (2017).GQ Man of the Year Awards, kategori Fashionista of The Year (2017) yang diraih Darren Wang.

  • Sidang Hari Ini (6/3), BYD Klarifikasi Gugatan BMW Soal Hak Merek M6

    Sidang Hari Ini (6/3), BYD Klarifikasi Gugatan BMW Soal Hak Merek M6

    Bisnis.com, JAKARTA – Produsen otomotif asal China, PT BYD Motor Indonesia mengklarifikasi terkait gugatan yang diajukan oleh BMW soal penggunaan merek M6 di Indonesia.

    Sebagaimana diketahui, BYD M6 merupakan MPV listrik 7-seater yang baru meluncur pada pertengahan 2024 lalu. 

    Head of Marketing PR & Government BYD Indonesia Luther Panjaitan mengonfirmasi terkait ada gugatan hukum yang dilayangkan oleh BMW AG terhadap perseroan.

    “Benar ada gugatan hukum antara BMW AG dan BYD Indonesia di Pengadilan Niaga Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Saat ini sedang ditangani oleh divisi hukum kami, dan kami memantau perkembangannya,” ujar Luther kepada Bisnis, dikutip Kamis (6/3/2025).

    Berdasarkan laman resmi Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, perkara itu teregistrasi dengan nomor 19/Pdt.Sus-HKI/Merek/2025/PN Niaga Jkt.Pst pada 26 Februari 2025. Sementara itu, sidang pertama akan dilaksanakan hari ini, Kamis (6/3/2025).

    Kendati demikian, Luther memastikan bahwa kasus sengketa hak merek ini tidak akan memengaruhi bisnis BYD di Indonesia.

    “Yang pasti kasus ini tidak akan mempengaruhi bisnis kami di Indonesia, terutama tingkat layanan kami. Kami yakin akan ada solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak,” jelasnya.

    Mengacu laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum, merek BYD M6 telah didaftarkan pada 22 November 2024 dengan nomor DID2024122107. Adapun BYD M6 didaftarkan di kategori kelas 12 sama seperti BMW M6.

    Perlu diketahui, BYD M6 menduduki peringkat pertama mobil listrik terlaris sepanjang 2024, dengan penjualan sebanyak 6.124 unit. Padahal, BYD M6 baru diluncurkan pada Juli 2024.

    BYD M6 sebagai MPV listrik 7 penumpang itu laris diburu konsumen lantaran harganya relatif terjangkau, berkisar Rp383 juta hingga Rp433 juta.

    Gugatan BMW

    Di lain sisi, Produsen otomotif asal Jerman, Bayerische Motoren Werke Aktiengesellschaft (BMW AG) menggugat pabrikan China, PT BYD Motor Indonesia terkait penggunaan hak merek M6.

    Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania mengatakan BMW Group Indonesia menegaskan komitmennya dalam melindungi hak kekayaan intelektual serta menjaga standar kualitas dan eksklusivitas produk BMW.

    “Terkait penggunaan merek M6 oleh pihak lain di Indonesia, BMW Group sebagai pemilik sah merek M6 telah mengambil langkah hukum untuk melindungi identitas dan reputasi merek BMW,” ujar Jodie kepada Bisnis, dikutip Kamis (6/3/2025).

    Lebih lanjut dia mengatakan, BMW M6 adalah model ikonik dalam lini BMW M, dikenal secara global atas performa tinggi, teknologi inovatif, dan eksklusivitasnya.

    Menurutnya, penggunaan merek M6 oleh pihak lain berpotensi menimbulkan kebingungan di publik.

    Jodie mengatakan langkah hukum ini dilakukan bukan hanya untuk melindungi hak BMW, tetapi juga demi kepentingan pelanggan di Indonesia.

    BMW Group Indonesia selalu memastikan pengalaman berkendara yang sesuai dengan standar premium dan eksklusivitas BMW.

    “Kami akan terus mengikuti perkembangan proses hukum ini dan menghargai dukungan serta kepercayaan pelanggan dan mitra BMW di Indonesia,” pungkasnya.

    Menelusuri Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkum, sejatinya merek M6 telah didaftarkan oleh BMW AG sejak 20 Agustus 2015 dengan nomor D002015035540.

    Adapun, tanggal perlindungan merek berakhir pada 20 Agustus 2025.

    Pendaftaran BMW M6 masuk kategori kelas 12 mencakup jenis barang atau jasa kendaraan bermotor dan bagian strukturalnya.

    Kendati demikian, BMW M6 tidak lagi dijual di Indonesia sejak awal 2018. Model ini telah dihentikan produksinya dan digantikan oleh BMW M8 sebagai penerusnya.

    Hanya saja, BMW sebagai pemilik hak cipta tidak ingin merek M6 digunakan oleh pabrikan lain.

  • Pemkot Jaktim buat ‘Gerakan Baju Layak Pakai’ untuk korban banjir

    Pemkot Jaktim buat ‘Gerakan Baju Layak Pakai’ untuk korban banjir

    Kemarin teman-teman di Jakarta Timur kita dorong, khususnya di Sekretariat Kota (Setko)  bersama kantor kecamatan dan kelurahan untuk mengaktifkan Gerakan Baju Layak Pakai

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Jakarta Timur (Jaktim) membuat “Gerakan Baju Layak Pakai” untuk membantu warga yang terdampak banjir akibat luapan sungai Ciliwung.

    “Kemarin teman-teman di Jakarta Timur kita dorong, khususnya di Sekretariat Kota (Setko) bersama kantor kecamatan dan kelurahan untuk mengaktifkan Gerakan Baju Layak Pakai,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Timur Iin Mutmainnah di kawasan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis.

    Iin menyebut sudah mendistribusikan pakaian ke enam kelurahan berdampak banjir, seperti Kelurahan Bidara Cina, Kampung Melayu, Balekambang, Cawang Cililitan, Gedong.

    “Alhamdulillah kami sudah mendistribusikan pakaian layak pakai, berkarung-karung jumlahnya per area jadi enam kelurahan kita bagi,” ujar Iin.

    Bantu warga Bekasi

    Tak hanya itu, Pemkot Jakarta Timur juga memberikan bantuan pakaian ke korban terdampak banjir di wilayah Bekasi.

    “Kami berikan juga ke warga Bekasi sebagian. Kami kita dapatkan cukup banyak sehingga bisa saling berbagi. Kita bantu juga buat warga Bekasi ada kemarin sekitar 4-5 karung dan air mineral juga mi instan,” ucap Iin.

    Adapun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan lokasi-lokasi yang terkena banjir dipastikan telah surut dan warga mulai membersihkan sisa material banjir.

    “Seluruh daerah sudah tidak lagi tergenang,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

    Banjir yang melanda sebagian wilayah Jakarta pada Senin (3/3) dini hari dipastikan telah surut pada Rabu (5/3) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

    Saat ini, kata Yohan, warga yang rumahnya terendam banjir sudah mulai membersihkan material yang terbawa arus banjir.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Mengenal Mobil Listrik Pertama Suzuki yang Masuk Indonesia Tahun Depan

    Mengenal Mobil Listrik Pertama Suzuki yang Masuk Indonesia Tahun Depan

    Jakarta

    Suzuki memastikan akan menjual mobil listrik di Indonesia awal 2026. Suzuki e Vitara akan menjadi mobil listrik pertama Suzuki yang bakal dipasarkan di Indonesia.

    Chief Engineer Suzuki Motor Corporation Sumio Ono menjelaskan secara lengkap soal Suzuki e Vitara di kanal Youtube Suzuki Global. Menurut Sumio Ono, mobil listrik ini dirancang dengan meneliti keinginan konsumen akan sebuah mobil listrik.

    “Kami benar-benar meneliti cara konsumen mengemudi, apa yang membuat EV sulit dikendarai, dan cara memperbaikinya. Kami mengembangkan e Vitara dengan menanyakan apa yang dibutuhkan dari sebuah EV agar konsumen dapat mengendarainya dengan percaya diri,” kata Ono.

    Menurutnya, konsumen mobil listrik ingin mobil yang menyenangkan untuk dikendarai. Makanya, Suzuki mengembangkan mobil listrik ini dari sudut pandang konsumen.

    “Konsep e Vitara adalah Emotional Versatile Cruiser. Seluruh tim Suzuki bekerja untuk mengembangkan model ini. Yang tidak kami inginkan adalah membatasi mana dan bagaimana mengendarainya hanya karena ini adalah EV. Memanfaatkan teknologi penggerak empat roda dari Jimny dan Vitara, teknisi dari setiap departemen bekerja sama untuk menciptakan sistem penggerak empat roda yang tak bersaing di kelasnya,” jelasnya.

    Suzuki e Vitara mengusung konsep desain High-tech and Adventure. Kesan teknologi tinggi mengacu kepada teknologi kendaraan listrik yang berevolusi, menyatu dengan nilai adventure khas SUV yang tangguh.

    “Desainnya dirancang untuk membangkitkan rasa petualangan bagi pengendara. Interiornya menawarkan sistem tampilan terintegrasi yang besar, canggih dan mudah dibaca. Ada panel meter yang khas dan konsol tengah yang imajinatif. Eksteriornya memancarkan kekuatan SUV, dengan wheelbase panjang, overhang pendek, dan ban berdiameter besar. e Vitara memadukan teknologi EV canggih dengan kekuatan SUV, menciptakan desain mengesankan yang hanya dapat ditawarkan oleh Suzuki,” sebutnya.

    Suzuki e Vitara memiliki dua fitur baru yang dikembangkan Suzuki, yaitu unit powertrain eAxle dan baterai lithium iron-phosphate. eAxle mengintegrasikan motor kompak dan efisiensi tinggi, dengan inverter ke dalam satu unit.

    “Akselerasi awal yang gesit yang Anda harapkan dari EV ditambah akselerasi halus dari kecepatan rendah ke tinggi. Kelebihan besar dari paket baterai ini adalah keamanannya dan ketahanannya terhadap api,” ujar Ono.

    Lebih lanjut, Suzuki e Vitara juga mengusung ALLGRIP-e yang menghadirkan performa offroad dan berkendara yang bertenaga di jalan biasa.

    “eAxle dipasang di bagian depan dan belakang untuk berkendara yang lebih bertenaga, rasakan sendiri pengalaman berkendara yang responsif dan akselerasi yang mulus dari kecepatan rendah hingga tinggi,” katanya.

    “e Vitara juga mengadopsi Heartect-e, platform baru yang dikembangkan khusus untuk BEV. Dibuat untuk menggabungkan paket baterai berkapasitas tertinggi dengan interior yang nyaman. Suku cadang e Vitara dikirimkan dari seluruh dunia, termasuk China, ASEAN, Jepang, dan India, yang dirakit di Pabrik Gujarat kami di India,” ujarnya.

    (rgr/din)

  • Jaktim kerahkan ratusan personel bantu bersihkan lumpur akibat banjir

    Jaktim kerahkan ratusan personel bantu bersihkan lumpur akibat banjir

    Jadi Alhamdulillah air sejak kemarin sudah berangsur surut hingga akhirnya warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah untuk bersih-bersih

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Jakarta Timur (Jaktim) mengerahkan ratusan personel untuk membantu membersihkan permukiman warga dari sampah dan lumpur akibat banjir.

    “Tadi pagi sudah saya perintahkan semua berjalan. Kita kerahkan ratusan personel lengkap di enam area kelurahan yang terdampak banjir Ciliwung,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Timur Iin Mutmainnah di kawasan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis.

    Enam Kelurahan itu yakni Bidara Cina, Kampung Melayu, Balekambang, Cawang Cililitan, dan Gedong.

    Iin menyebut personel itu terdiri atas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan, personel Sumber Daya Air (SDA), Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

    Kegiatan bersih-bersih bersama warga berlangsung sejak kemarin (5/3) dan berlanjut hingga Kamis (6/3).

    “Jadi Alhamdulillah air sejak kemarin sudah berangsur surut hingga akhirnya warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah untuk bersih-bersih,” ujar Iin.

    Selain itu, Iin menjelaskan, sejak kemarin pukul 10.00 WIB pihaknya sudah mulai bergerak membantu warga bersih-bersih. Lumpur dan sampah mulai diangkut oleh petugas Sumber Daya Air (SDA) dan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dengan bantuan semprotan air.

    “Kita akan tuntaskan pelan-pelan, karena ada lumpur yang dari sampah itu sulit sekali harus disemprot dengan alat yang cukup keras agar bisa kita buang. Kalo hanya tenaga dan air biasa aja itu tidak bisa. Jadi butuh Gulkarmat yang sangat berperan di sini untuk menyemprotkan air bertekanan,” jelas Iin.

    Bantuan kebersihan juga melibatkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terutama untuk pengadaan alat-alat kebersihan.

    Adapun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan lokasi-lokasi yang terkena banjir dipastikan telah surut dan warga mulai membersihkan sisa material banjir.

    “Seluruh daerah sudah tidak lagi tergenang,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

    Banjir yang melanda sebagian wilayah Jakarta pada Senin (3/3) dini hari dipastikan telah surut pada Rabu (5/3) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

    Saat ini, kata Yohan, warga yang rumahnya terendam banjir sudah mulai membersihkan material yang terbawa arus banjir.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Polemik Kepemilikan Teluk Panama, BlackRock-TiL jadi Investor Bermodal US,8 Miliar

    Polemik Kepemilikan Teluk Panama, BlackRock-TiL jadi Investor Bermodal US$22,8 Miliar

    Bisnis.com, JAKARTA — Konsorsium BlackRock-TiL yang terdiri dari BlackRock Inc., Global Infrastructure Partners (GIP), dan Terminal Investment Limited (TiL) mencapai kesepakatan prinsip dengan CK Hutchison Holdings Limited untuk mengakuisisi kepemilikan atas sejumlah pelabuhan yang dimiliki dan dioperasikan oleh Hutchison Port Holdings (HPH) senilai US$22,8 miliar.

    Mengutip keterangan resmi CK Hutchison Holdings Limited, dalam kesepakatan tersebut, Konsorsium BlackRock-TiL akan mengambil alih 90% kepemilikan HPH di Panama Ports Company (PPC) yang mengelola Pelabuhan Balboa dan Cristobal di Panama.

    Selain itu, konsorsium juga akan mengakuisisi 80% kepemilikan efektif dan kendali CK Hutchison dalam anak perusahaan serta afiliasi HPH yang mengoperasikan dan mengembangkan 43 pelabuhan dengan total 199 dermaga di 23 negara. Akuisisi ini mencakup seluruh sumber daya manajemen, sistem pengelolaan terminal, teknologi informasi, serta aset lain yang terkait dengan operasional pelabuhan.

    Kesepakatan ini tidak mencakup kepemilikan atas HPH Trust, yang mengelola pelabuhan di Hong Kong, Shenzhen, dan China Selatan, serta pelabuhan lain di China.

    Nilai transaksi keseluruhan untuk 100% kepemilikan HPH Ports Sale Perimeter, termasuk Panama Ports, disepakati sebesar US$22,8 miliar. Pembagian nilai transaksi antara Panama Ports dan pelabuhan lainnya juga telah ditetapkan secara prinsip. Kesepakatan final terkait akuisisi Panama Ports diharapkan dapat ditandatangani pada atau sebelum 2 April 2025 setelah mendapat konfirmasi dari Pemerintah Panama mengenai ketentuan pembelian dan penjualan yang diajukan.

    Akuisisi terhadap pelabuhan lainnya akan dipercepat setelah Konsorsium BlackRock-TiL menyelesaikan proses uji tuntas, perjanjian akhir, serta mendapatkan persetujuan regulasi yang diperlukan. Hingga transaksi selesai, CK Hutchison dan HPH telah memasuki tahap negosiasi eksklusif serta perjanjian kerahasiaan dengan Konsorsium BlackRock-TiL, yang diberikan akses penuh terhadap informasi dan dokumen untuk keperluan uji tuntas.

    Ketua dan CEO BlackRock, Larry Fink, menyatakan bahwa kesepakatan ini mencerminkan kekuatan platform investasi BlackRock dan GIP dalam menghadirkan peluang investasi unggulan bagi kliennya. Ketua dan CEO Global Infrastructure Partners (GIP), Bayo Ogunlesi, menekankan bahwa pihaknya telah lama menjalin kerja sama dengan Terminal Investment Limited dan MSC dalam industri pelabuhan dan ingin memastikan aset tersebut terus beroperasi secara kompetitif.

    Presiden MSC Group sekaligus Ketua TiL, Diego Aponte, juga menyebut bahwa Hutchison Ports adalah mitra lama yang dihormati, dan pihaknya siap menyambut manajemen Hutchison Ports ke dalam jaringan yang lebih luas jika transaksi ini berhasil diselesaikan.

    Co-Managing Director CK Hutchison, Frank Sixt, menyatakan bahwa transaksi ini merupakan hasil dari proses kompetitif yang melibatkan banyak penawaran dan minat dari berbagai pihak. Ia menegaskan bahwa transaksi ini bersifat komersial dan tidak terkait dengan pemberitaan politik mengenai pelabuhan di Panama.

    “Mengingat transaksi ini masih dalam tahap uji tuntas dan penyelesaian dokumen final, CK Hutchison mengimbau investor agar berhati-hati dalam memperdagangkan sahamnya hingga transaksi benar-benar rampung,” kata Frank dikutip Rabu (5/3/2024).

    Frank juga mengklaim CK Hutchison akan terus memberikan pembaruan kepada pasar terkait perkembangan transaksi ini.