Negara: Republik Rakyat Cina

  • Perusahaan ini Ungkap Strategi Besar Kuasai Industri Logistik Nasional – Halaman all

    Perusahaan ini Ungkap Strategi Besar Kuasai Industri Logistik Nasional – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – Sejak mulai beroperasi pada Agustus 2021, bisnis J&T Cargo diklaim telah menjangkau 98 persen wilayah di Indonesia.

    Perusahaan ini menggarap semua segmen bisnis logistik di Tanah Air mulai dari B2B, B2C, C2C yang meliputi pengiriman paket kecil hingga besar, full truckload atau FTL less than truckload atau LTT, serta solusi gudang dan supply chain management (SCM).

    Muhammad Said Abdullah, Training & Talent Development Manager J&T Cargo di acara buka puasa bersama media di Jakarta, akhir pekan ini mengatakan,  sepanjang 2024 perusahan berhasil meraih berbagai pencapaian strategis. 

    Total jumlah paket yang dikirim selama 2024 mencapai 48 juta paket dengan pertumbuhan omset perusahaan mencapai 99,5 persen dari target.

    Said mengatakan, lonjakan kirim yang signifikan terjadi pada semester kedua. Said juga memaparkan strategi besar untuk menguasai bisnis logistik nasional. 

    “Investasi dalam teknologi, termasuk adopsi kecerdasan buatan (AI) untuk optimasi rute pengiriman serta digitalisasi sistem pelacakan real-time, menjadi kunci utama dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan,” ungkapnya.

    Muhammad Said Abdullah juga menekankan pentingnya inovasi dalam menjawab tantangan industri logistik yang terus berkembang.  “Kami percaya bahwa logistik yang efisien adalah tulang punggung pertumbuhan ekonomi digital,” kata Said.

    “Untuk tahun 2025 ini kami akan terus mengembangkan teknologi dan layanan guna menghadirkan pengalaman logistik yang lebih efisien,” imbuh Said.

    Selain di Indonesia, jaringan global J&T Cargo kini juga mencakup Malaysia, Filipina, dan China. Perusahaa juga bersiap ekspansi ke Meksiko, Vietnam, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Serikat.

     

  • China Atur Penggunaan Face Recognition Tak Boleh Dipaksakan ke Individu

    China Atur Penggunaan Face Recognition Tak Boleh Dipaksakan ke Individu

    Bisnis.com, JAKARTA — Regulator China mengumumkan peraturan baru yang mengatur penggunaan teknologi pengenalan wajah atau face recognition.

    Melansir dari Reuters, Minggu (23/3/2025), dalam peraturan tersebut, pihak berwenang menegaskan bahwa individu tidak boleh dipaksa untuk memverifikasi identitas mereka menggunakan teknologi pengenalan wajah.

    China telah berada di garis depan dalam penerapan teknologi ini, yang digunakan oleh aparat keamanan untuk melacak penjahat serta memantau kelompok tertentu seperti pembangkang dan etnis minoritas. 

    Namun, peraturan terbaru ini tidak mencakup penggunaan teknologi pengenalan wajah oleh aparat keamanan.

    Administrasi Dunia Maya China (CAC) menyatakan bahwa peraturan ini diterbitkan untuk merespons kekhawatiran yang berkembang di masyarakat terkait risiko pelanggaran privasi data yang ditimbulkan oleh penggunaan teknologi pengenalan wajah secara meluas.

    “Individu yang tidak setuju dengan verifikasi identitas melalui informasi wajah harus diberikan pilihan lain yang wajar dan mudah,” tulis CAC.

    Peraturan ini juga bertujuan untuk mengatur penggunaan teknologi pengenalan wajah dalam situasi sehari-hari, seperti di hotel atau akses ke lingkungan yang terjaga keamanannya. Peraturan yang disetujui oleh Kementerian Keamanan Publik Tiongkok ini akan mulai berlaku pada bulan Juni.

    Selain itu, peraturan ini mengharuskan perusahaan untuk memastikan bahwa data wajah yang dikumpulkan dari kamera pengenalan wajah hanya diproses setelah memperoleh persetujuan dari individu yang bersangkutan.

    Meskipun peraturan ini tidak menjelaskan secara detail penerapan teknologi tersebut di ruang publik, tanda pemberitahuan harus dipasang di tempat-tempat yang menggunakan teknologi pengenalan wajah.

    Perusahaan-perusahaan lokal seperti Sensetime dan Megvii telah menginvestasikan miliaran dolar untuk mengembangkan teknologi pengenalan wajah berbasis kecerdasan buatan atau AI yang semakin canggih. Penyebaran teknologi ini telah memicu kekhawatiran privasi di kalangan masyarakat.

    Sebuah survei yang dilakukan pada 2021 oleh lembaga pemikir yang berafiliasi dengan media milik pemerintah, The Beijing News menunjukkan bahwa 75% responden khawatir tentang penggunaan teknologi pengenalan wajah dan 87% menentang penerapannya di ruang publik.

    Pada Juli 2021, Mahkamah Agung China melarang penggunaan teknologi pengenalan wajah untuk verifikasi identitas di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan dan hotel, dan mengizinkan masyarakat untuk meminta metode verifikasi alternatif untuk memasuki lingkungan tempat tinggal mereka. 

    Selain itu, pada November 2021, Undang-Undang Perlindungan Informasi Pribadi mulai diberlakukan, yang mewajibkan persetujuan pengguna sebelum pengumpulan data wajah, dengan denda berat bagi perusahaan yang tidak mematuhi aturan ini.

  • Baku Tembak di New Mexico Menewaskan 3 Remaja dan 15 Lainnya Luka, Polisi Temukan 50-60 Selongsong – Halaman all

    Baku Tembak di New Mexico Menewaskan 3 Remaja dan 15 Lainnya Luka, Polisi Temukan 50-60 Selongsong – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, MEXICO – Dilaporkan tiga orang tewas dan 15 lainnya terluka usai terjadi bentrokan pada Jumat malam di sebuah taman di kota gurun Las Cruces, New Mexico.

    Las Cruces terletak di tepi Gurun Chihuahuan, di sepanjang Sungai Rio Grande di New Mexico selatan, sekitar 66 km (41 mil) di utara perbatasan AS-Meksiko.

    Korban penembakan yang berusia antara 16 hingga 36 tahun yang menerima perawatan di lokasi sudah dibawa ke rumah sakit terdekat.

    Laporan South China Morning Post, polisi dan petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi tak lama setelah pukul 10 malam, menemukan situasi kacau di Young Park, tempat pertunjukan mobil yang tidak berizin yang disaksikan sekitar 200 orang. 

    Kepala Polisi Las Cruces, Jeremy Story mengatakan, pihaknya menemukan  50 hingga 60 selongsong peluru—semuanya berasal dari pistol—yang tersebar di area luas taman tersebut.

    Ini menunjukkan bahwa ada beberapa pelaku dengan berbagai senjata dari dua kelompok yang berlawanan. 

    Beberapa orang juga terluka akibat tembakan silang.

    Korban tewas terdiri dari dua pria berusia 19 tahun dan seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun.

    Nama mereka dan korban lainnya belum dirilis.

    Polisi setempat dibantu oleh Polisi Negara Bagian New Mexico, Kantor Sheriff Dona Ana County, FBI, serta Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak dalam penyelidikan ini.

    Kepala Pemadam Kebakaran Las Cruces, Michael Daniels mengatakan, 7 korban dirawat di lokasi kejadian, termasuk dua yang meninggal dunia.

    Sebanyak 11 orang lainnya dilarikan ke tiga rumah sakit setempat atau ke University Medical Center of El Paso, pusat trauma regional.

    Hingga Sabtu, tujuh korban masih dirawat di El Paso, empat lainnya telah pulang setelah mendapatkan perawatan, sementara kondisi empat korban sisanya belum diketahui.

    Kumpulkan Rekaman

    Pihak berwenang masih mengumpulkan rekaman video dan informasi dari saksi untuk mengidentifikasi pelaku atau para pelaku serangan ini.

    “Tindakan mengerikan dan tidak masuk akal ini menunjukkan betapa banyak orang di New Mexico yang mengabaikan hukum dan ketertiban,” kata Story.

    Ia berjanji akan menemukan para pelaku dan memastikan mereka bertanggung jawab di hadapan hukum.

    Dalam unggahan media sosial pada Sabtu, Anggota Dewan Kota Las Cruces sekaligus Wakil Wali Kota Johana Bencomo menyampaikan kesedihannya atas tragedi ini.

    “Sebagian dari diri saya ingin menulis bahwa ini adalah sesuatu yang tidak pernah terpikirkan akan terjadi di kota kami, tetapi rasanya itu tidak benar,” tulisnya.

    Polisi masih berada di lokasi pada Sabtu dan area sekitar taman ditutup untuk lalu lintas, menurut laporan media setempat.

    “Ini adalah tempat kejadian perkara yang sangat besar dengan banyak aspek yang harus ditangani,” kata Story.

    “Akan butuh waktu untuk memproses semuanya dengan menyeluruh sebelum kami dapat membuka kembali area ini.”

    Di ibu kota negara bagian, Santa Fe, Senat negara bagian mengadakan momen mengheningkan cipta larut malam saat kabar penembakan ini menyebar.

    Insiden ini terjadi di tengah upaya Gubernur New Mexico, Michelle Lujan Grisham, dan legislatif negara bagian untuk menemukan solusi efektif dalam mengatasi tingginya tingkat kejahatan dan kekhawatiran terhadap kekerasan senjata. (SCMP)

     

  • SUV Mewah BYD Denza N9 Resmi Meluncur, Segini Harganya

    SUV Mewah BYD Denza N9 Resmi Meluncur, Segini Harganya

    Jakarta

    SUV unggulan dari sub brand mobil mewah BYD, Denza N9 resmi meluncur secara global di China. SUV berteknologi plug in hybrid electric vehicles (PHEV) ini dijual mulai dari Rp 800 jutaan.

    Dari sisi eksterior, Denza N9 memiliki desain grille depan tertutup, dengan model lampu depan terpisah. Bagian depan dilengkapi saluran aliran udara kedua sisi, sedangkan bumper bawah mengadopsi desain ventilasi dua lapis yang memberikan tampilan lebih kokoh.

    Secara ukuran, Denza N9 merupakan SUV bongsor dengan ukuran panjang 5258 mm, lebar 2030 mm, dan tinggi 1830 mm. Sementara itu, jarak sumbu roda 3125 mm.

    Untuk sistem bantuan pengemudi, N9 dilengkapi dengan platform pengemudian cerdas ‘God’s Eye B’alias mata dewa. Fitur itu didukung oleh satu lidar 128-line, radar gelombang lima milimeter, 12 radar ultrasonik, dan 14 kamera.

    Apa fungsinya? mobil ini bisa memiliki bantuan parkir otomatis di tempat parkir vertikal, lateral, diagonal, parkir kendali jarak jauh, hingga pemantauan titik buta.

    Yang menarik lagi, SUV ini memiliki sunroof panorama sepanjang 3,2 m2 membentang hingga ketiga baris.

    SUV mewah BYD Denza N9 Foto: Dok. Car News China

    Masuk ke dalam interior, Denza N9 mengadopsi tata letak enam tempat duduk 2+2+2 dengan konfigurasi “666” yang artinya bisa menampung enam orang, enam koper (termasuk empat koper kabin standar 20 inci dan dua kotak troli anak-anak), dan enam ransel; atau tas golf 47 inci secara horizontal.

    Kokpit didukung oleh sistem DiLink 150 BYD, menampilkan layar mengambang kontrol pusat 2,5K 17,3 inci, layar co-pilot 2,5K 13,2 inci, dan AR-HUD 50 inci. Trim paling mewah dilengkapi dengan tambahan panel instrumen LCD 2,5K 13,2 inci.

    N9 dilengkapi fungsi penyangga samping aktif pertama di dunia untuk kursi pengemudi, sementara penumpang depan menikmati kursi tanpa gravitasi dengan sandaran kaki yang dapat disesuaikan empat arah. Kursi baris kedua menawarkan penyesuaian elektrik 14 arah dan sudah dilengkapi meja. Selain itu ada fitur pengisian daya nirkabel 50 W berjumlah dua.

    Dari segi mesin, N9 dibangun di atas platform e3 dan dilengkapi sistem suspensi udara cerdas Cloud-A. Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem hibrida yang terdiri dari mesin 2.0T dan tiga motor listrik. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 207dk yang memungkinkan kendaraan mencapai akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3 detik. Denza N9 mencapai jarak tempuh gabungan CLTC sejauh 1.300 km, dengan jarak tempuh listrik murni melebihi 200 km.

    Soal harga, Denza N9 ini dibanderol mulai dari 389,800 – 449,800 yuan atau sekitar Rp 886 jutaan hingga Rp 1,02 miliaran.

    (riar/din)

  • Realme 14T Bocor dalam Render Berkualitas Tinggi Beserta Spesifikasinya

    Realme 14T Bocor dalam Render Berkualitas Tinggi Beserta Spesifikasinya

    JAKARTA – Realme tampaknya semakin dekat untuk meluncurkan ponsel kelas menengah terbarunya, Realme 14T. Perangkat ini pertama kali muncul pada Januari 2025. Kini seorang pengguna di platform X telah membagikan render berkualitas tinggi beserta spesifikasinya secara lengkap dari produk asal China itu.

    Menurut bocoran yang beredar, Realme 14T akan hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,67 inci, resolusi Full HD+, serta refresh rate 120Hz. Dengan spesifikasi ini, perangkat tetap sejalan dengan model lain dalam seri Realme 14.

    Di sektor dapur pacu, Realme 14T akan menggunakan chipset MediaTek Dimensity 6300 yang dipadukan dengan RAM LPDDR4x serta penyimpanan UFS 2.2. Ponsel ini akan tersedia dalam dua varian, yakni 8GB+128GB dan 8GB+256GB.

    Salah satu fitur unggulan dari Realme 14T adalah kapasitas baterainya yang besar, yakni 6.000mAh. Ditambah dengan dukungan pengisian cepat 45W, pengguna dapat mengisi daya dengan cukup cepat meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar.

    Untuk fotografi, perangkat ini dikabarkan akan menggunakan sensor utama 50MP OmniVision OV50D, ditemani oleh kamera sekunder 2MP yang kemungkinan berfungsi sebagai sensor depth atau makro. Sementara itu, kamera depannya akan mengandalkan sensor Sony IMX480 16MP untuk selfie dan panggilan video.

    Di sisi perangkat lunak, Realme 14T akan menjalankan sistem operasi Android 15 dengan antarmuka Realme UI 6.0. Beberapa fitur menarik lainnya termasuk sensor sidik jari dalam layar, dukungan NFC, serta sertifikasi tahan air dan debu IP69.

    Meskipun memiliki baterai berkapasitas besar, ponsel ini tetap mempertahankan desain yang cukup ramping dengan ketebalan 7,9mm dan bobot 196 gram. Bagian belakangnya menampilkan tekstur bergelombang yang memberikan tampilan unik, sementara bingkai datar memberikan kesan modern.

    Modul kamera ditempatkan di bagian kiri belakang, dan Realme 14T akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Pink, Hijau, dan Hitam.

    Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai tanggal peluncurannya, namun dengan bocoran ini, kemungkinan Realme akan segera membuat pengumuman resmi.  

  • Langkah Strategis Indonesia Jaga Kedaulatan Laut

    Langkah Strategis Indonesia Jaga Kedaulatan Laut

    loading…

    Pengamat Maritim dari Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Strategic Centre (IKAL SC) Capt Marcellus Hakeng Jayawibawa menekankan pentingnya pengembangan kapal induk otonom sebagai solusi modern menjaga keamanan laut Nusantara. Foto: Ist

    JAKARTA – Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia menghadapi tantangan unik dalam menjaga keamanan maritimnya. Dengan luas wilayah yurisdiksi nasional ± 7,81 juta km2 memiliki 17.504 pulau dan garis pantai sepanjang ± 99.000 km, kebutuhan akan strategi pertahanan yang efektif menjadi sangat mendesak.

    Dalam konteks ini, Pengamat Maritim dari Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Strategic Centre (IKAL SC) Capt Marcellus Hakeng Jayawibawa menekankan pentingnya pengembangan kapal induk otonom sebagai solusi modern untuk menjaga keamanan laut Nusantara.

    Kebutuhan Strategis dan Tantangan GeografisCaptain Hakeng menyoroti kebutuhan strategis Indonesia untuk memperkuat pertahanan maritimnya. “Dalam dinamika geopolitik saat ini keberadaan kapal induk sering dianggap sebagai simbol kekuatan dan penggentar bagi negara lain,” ujarnya, Minggu (23/3/2025).

    Namun, dia juga menekankan karakteristik perairan Indonesia yang unik, dengan kedalaman terbatas dan alur pelayaran yang sempit menjadi tantangan tersendiri bagi pengoperasian kapal induk konvensional.

    Ancaman Militer dan Kebutuhan Kapal Induk yang TepatHakeng menyoroti ancaman militer yang dihadapi Indonesia, termasuk potensi konflik wilayah dengan negara tetangga dan ancaman di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

    “Dalam konteks seperti itulah Indonesia memerlukan kapal induk helikopter, bukan kapal induk pesawat tempur seperti milik AS, Inggris, Perancis, ataupun China,” katanya.

    Dia mencontohkan konsep kapal induk drone yang dikembangkan Iran sebagai alternatif yang lebih efektif. “Dengan wilayah laut yang sangat luas sekitar 5,8 juta km2, kita membutuhkan strategi pertahanan yang kuat. Namun, kita juga harus mempertimbangkan kondisi geografis kita yang unik. Banyak wilayah perairan Indonesia yang memiliki kedalaman terbatas, alur pelayaran yang sempit, serta terumbu karang yang dapat menjadi hambatan bagi kapal perang berukuran besar dalam melakukan manuver,” ujar Hakeng.

    Kapal Induk Otonom dan Berbasis DroneSebagai solusi, Hakeng mengusulkan pengembangan kapal induk yang lebih kecil dan fleksibel, dengan tonase sekitar 20.000 hingga 30.000 ton, serta mengadopsi teknologi kapal induk otonom dan berbasis drone.

    “Dengan konsep ini, kapal induk tidak perlu bergantung pada pesawat tempur berawak yang membutuhkan landasan pacu besar melainkan dapat mengerahkan armada drone udara dan laut yang lebih fleksibel,” ucapnya.

    Aspek Ekonomi dan Industri Dalam NegeriHakeng juga menyoroti pentingnya mempertimbangkan aspek ekonomi dan industri dalam negeri dalam pembangunan kapal induk. “Dengan mengadopsi kapal induk yang lebih kecil dan berbasis drone, Indonesia dapat menghemat anggaran pertahanan dan mengalokasikan sumber daya untuk penguatan sektor pertahanan lainnya,” ujarnya.

    Dia mendorong kerja sama dengan perusahaan galangan kapal lokal dan industri pertahanan dalam negeri untuk mendorong kemandirian.

    Menurut Hakeng, Indonesia membutuhkan kapal induk sebagai alat strategis dalam menjaga kedaulatan dan keamanan maritimnya. “Namun, pembangunan kapal induk tidak boleh hanya mengikuti tren global tanpa mempertimbangkan kondisi geografis dan kebutuhan operasional nasional,” katanya.

    Dia merekomendasikan pengembangan kapal induk yang lebih kecil, fleksibel, dan mampu beroperasi di perairan dangkal dan sempit, serta mengadopsi konsep kapal induk drone sebagai solusi modern dan efisien.

    (jon)

  • Merek China Masuk, Mulai Ganggu ‘Raja Truk’ di Indonesia?

    Merek China Masuk, Mulai Ganggu ‘Raja Truk’ di Indonesia?

    Jakarta

    Merek China mulai meramaikan pasar otomotif Indonesia. Bukan cuma segmen mobil penumpang, tetapi juga importasi kendaraan komersil dari Tiongkok.

    Penjualan kendaraan bermotor di Indonesia mengalami koreksi jika dibandingkan tahun lalu.

    Aji Jaya, selaku Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengatakan penurunan penjualan itu dipengaruhi kontestasi pemilihan umum, hingga pengetatan lembaga pembiayaan.

    “Tahun 2024 yang sudah kita lalui merupakan tahun penuh tantangan bagi kami industri otomotif. Karena tahun tersebut banyak sekali agenda besar nasional yang harus dilaksanakan, harga komoditas yang tidak stabil, ditambah lagi sulitnya mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan,” kata Aji Jaya saat Media Gathering di Pulomas, Jakarta Timur, Jumat (21/3/2025).

    “Ini mengakibatkan penjualan kendaraan komersil mengalami penurunan 15 persen dibanding 2023, dari 84.957 unit turun menjadi 72.703 unit,” tambahnya lagi.

    Kendati pasar turun, Fuso masih menjadi raja truk di Indonesia.

    “Dengan kondisi tahun 2024 yang sangat menantang atau sulit bagi kami industri otomotif. Mitsubishi Fuso tetap menjadi market leader dengan perolehan pangsa pasar 38,1 persen,” kata Aji.

    Aji memaparkan penyumbang terbesar penjualan tersebut berasal dari varian Canter di kelas Light Duty Truck (LDT) yang mencatatkan dominasi pasar sebesar 53,1% atau setara dengan 25.219 unit.

    Sementara itu, di kategori Medium Duty Truck (MDT), Fighter X mencatatkan perolehan pangsa pasar sebesar 13,3% atau sebanyak 2.436 unit.

    Di tengah menurunnya penjualan kendaraan komersil, truk impor dari China turut membanjiri Indonesia.

    Dalam website data Badan Pusat Statistik Ekspor Impor tahun 2024. Kode HS 87042369 merupakan pengelompokan untuk kendaraan bermotor selain pendingin, pengumpul sampah, tanker, lapis baja, hooklift, dumper; untuk pengangkutan barang, hanya dengan mesin diesel atau semi diesel; g.v.w. > 24 ton & ≤ 45 ton; bukan CKD.

    Tertulis dalam nomenklatur Harmonized System (HS) 87042369 yang di dalamnya juga memuat impor truk dari China. Barang-barang itu dikirim ke proyek produksi nikel seperti Morowali, Weda, Pulau Obi.

    Cuma satu merek dari China yang tergabung dengan asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, yakni Truk FAW yakni diproduksi oleh China FAW Group Co., Ltd. Penjualan retail sales tahun lalu mencapai 847 unit.

    Truk merek Jepang mungkin mendominasi di jalan-jalan Indonesia. Tetapi jika bicara di tambang nikel di Morowali (Sulawesi Tengah) dan Halmahera (Maluku Utara) yang paling populer adalah truk warna merah asal China merek Shacman.

    Motor Sights International (MSI), distributor Shacman menjelaskan sudah menjual lebih dari 6.000 truk di Indonesia sejak 2016 yang 95 persen penjualannya digunakan di Morowali dan Halmahera.

    Bahkan di situs global Shacman, disebutkan proyek nikel di Indonesia merupakan keberhasilan Shacman di Asia Pasifik.

    Aji mengatakan pihaknya belum memiliki data terkait kehadiran merek-merek China yang mulai berjualan di Indonesia.

    “Sampai saat ini kita susah mengukurnya. Kenapa? karena kita melihat data itu dari Gaikindo data,” kata Aji.

    “Sayangnya sampai saat ini, banyak brand dari China tadi yang belum menjadi member Gaikindo. Jadi kita belum bisa melihat datanya Februari kemarin. Hanya ada beberapa yang sudah menjadi member, itu yang bisa kita ukur.”

    “Yang menyulitkan itu pesaingnya tidak kelihatan. Ada tapi tidak kelihatan berapa banyak, kita tidak tahu berapa besar,” tambah dia.

    “Di beberapa lokasi tambang, proyek tertentu ada brand-brand China beroperasi di sana. Itu secara data, berapa porsinya mengambil pasar kendaraan komersil belum bisa baca. Ada tapi kita belum tahun seberapa besar, berdampak kepada bisnis kendaraan komersil, karena tadi, belum masuk datanya di Gaikindo,” ujarnya.

    “Persaingan jadi ketat, karena tadinya yang bermain 5-6 perusahaan atau enam brand. Sekarang bisa menjadi 8-10,” jelasnya lagi.

    (riar/din)

  • Cuaca Indonesia: BMKG Prediksi Hujan-Petir Hantam Sebagian Kota Besar

    Cuaca Indonesia: BMKG Prediksi Hujan-Petir Hantam Sebagian Kota Besar

    Jakarta, Beritasatu.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca Indonesia akan terjadi hujan disertai petir bakal mengguyur mayoritas kota besar di Indonesia pada hari ini, Minggu (23/3/2025), sehingga masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi dampaknya.

    Prakirawati BMKG, Rira Damanik, dalam siaran daring yang diikuti dari Jakarta, menyampaikan bahwa diperkirakan hujan dengan intensitas ringan (curah hujan kurang dari 2,5 mm per jam) akan melanda kota-kota seperti Medan, Pekanbaru, Bandung, Pontianak, Denpasar, Mataram, Kupang, Palu, Kendari, Makassar, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayawijaya, dan Jayapura.

    Untuk Kota Padang, Banjarmasin, Tanjung Selor, dan Merauke, hujan dengan intensitas sedang (kurang dari 5,0 mm per jam) kemungkinan besar akan terjadi. Sementara itu, Tanjung Pinang, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, Palembang, Bandar Lampung, Semarang, Surabaya, Palangka Raya, Samarinda, Mamuju, dan Nabire diperkirakan akan menerima hujan yang disertai petir.

    Di sisi lain, kota-kota seperti Banda Aceh, Serang, Jakarta, Yogyakarta, Manado, Gorontalo, dan Ambon akan mengalami kondisi berawan dan/atau berkabut sepanjang hari dengan suhu berkisar antara 25 hingga 30 derajat celsius.

    Rira Damanik menjelaskan tentang cuaca Indonesia ini bahwa pola hujan yang hampir merata ini dipengaruhi oleh dinamika atmosfer yang kompleks. BMKG mendeteksi adanya bibit Siklon Tropis 91S di Samudera Hindia barat daya Lampung serta bibit Siklon Tropis 92S di wilayah Samudera Hindia selatan antara Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. 

    Selain itu, sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat daya Bengkulu, perlambatan angin dari Aceh ke Laut Sulawesi, serta pertemuan angin di Laut Andaman, Perairan Barat Sumatera, Laut Sulawesi, Laut China Selatan, hingga Perairan utara Papua dan Halmahera Selatan turut memengaruhi kondisi ini.

    BMKG menilai bahwa kondisi atmosfer tersebut dapat mendorong pertumbuhan awan hujan serta menimbulkan gelombang laut tinggi di sepanjang wilayah yang terdampak. Selain itu, BMKG juga mengantisipasi potensi banjir rob di pesisir Kepulauan Riau, Jambi, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

    Terkait cuaca di Indonesia ini, masyarakat, terutama pelaku pelayaran dan nelayan, diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan. Hal ini terkait dengan adanya peningkatan kecepatan angin yang mencapai lebih dari 25 knots di wilayah Samudera Hindia selatan antara Jawa Tengah hingga Nusa Tenggara Timur, yang berpotensi menghasilkan gelombang laut setinggi 2,5 hingga 4 meter.

  • Menguak F-47, Jet Tempur Masa Depan AS untuk Redam China

    Menguak F-47, Jet Tempur Masa Depan AS untuk Redam China

    Jakarta

    Angkatan Udara Amerika Serikat menjanjikan pesawat tempur Next-Generation Air Dominance (NGAD) yang baru saja diberi nama F-47 dan akan dibuat Boeing, akan jauh lebih canggih dibanding F-22 yang digantikannya. Beberapa pengamat menilai jet ini bertujuan untuk menangkal supremasi militer China di masa depan.

    Kepala Staf AU Jenderal David W. Allvin, yang bergabung dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih mengungkap pesawat tempur superioritas udara baru tersebut, memberi banyak detail baru tentang NGAD, yang sebelumnya diselimuti kerahasiaan bertahun-tahun.

    “Terlepas dari apa yang diklaim musuh kita, F-47 benar-benar merupakan pesawat tempur generasi keenam berawak pertama di dunia,” kata Allvi, yang tampaknya merupakan sindiran terhadap China, yang baru-baru ini mengungkap beberapa jenis jet tempur siluman baru.

    Menurut Associated Press, F-47 akan sangat penting dalam potensi konflik dengan Tiongkok. Jet berawak ini akan berfungsi sebagai quarterback bagi armada drone masa depan yang dirancang untuk menembus pertahanan udara China dan musuh potensial lainnya.

    “Dengan F-47, kita akan memperkuat posisi global kita, membuat musuh-musuh kita tetap tidak seimbang dan terdesak. Dan ketika mereka melihat ke atas, mereka tidak akan melihat apa pun kecuali kekalahan yang pasti menanti mereka yang berani menantang kita,” sebut Allvin.

    F-47 akan bergabung dengan pesawat pengebom B-21 Raider dalam armada generasi keenam AU. Allvin mengklaim pesawat generasi baru ini akan memiliki kemampuan siluman generasi berikutnya, sensor canggih, dan serangan jarak jauh untuk melawan musuh paling canggih sekalipun.

    Render F-47 dari AU, yang menyembunyikan banyak fiturnya, menunjukkan perbedaan jelas dari pesawat generasi kelima seperti F-22 dan F-35. Gambar itu memang menunjukkan bagian hidung siluman konvensional dan badan pesawat rata, tapi terlihat sayap dan bagian depannya bersudut ke atas, fitur yang tidak umum pada desain siluman sebelumnya.

    Allvin mengklaim F-47 jarak tempuhnya jauh lebih baik daripada F-22, yang memiliki jangkauan sekitar 3.000 km dengan dua tangki bahan bakar sayap eksternal sebelum perlu diisi ulang bahan bakarnya.

    Para pemimpin AU membahas kemungkinan NGAD dibuat dalam dua varian. Satu lebih besar dengan jangkauan lebih jauh untuk mencapai wilayah Pasifik dan pesawat lebih kecil yang lebih cocok untuk jarak terbang lebih pendek antara target militer di Eropa.

    Secara keseluruhan, Angkatan Udara menyebut F-47 punya kemajuan signifikan atas F-22 dan memiliki desain modular yang memungkinkannya menjadi platform dominan selama beberapa dekade mendatang.

    Allvin mengatakan teknologi NGAD telah diuji lima tahun terakhir. “Ia terbang ratusan jam, menguji konsep mutakhir, dan membuktikan kami dapat mendorong teknologi mutakhir dengan percaya diri,” cetusnya. Menurutnya, jet tempur ini akan bisa terbang di masa pemerintahan Presiden Trump yang akan berlangsung hingga Januari 2029, kurang dari empat tahun lagi.

    Allvin menjanjikan pula F-47 akan lebih murah dan lebih adaptif terhadap ancaman di masa depan. F-47 dirancang untuk beradaptasi, kemungkinan merujuk pada desain digital dan arsitektur sistem terbuka yang akan memungkinkan penggantian software, sensor, dan perlengkapan misi lainnya secara berkala.

    Ia juga mengatakan pesawat tempur tersebut memerlukan lebih sedikit tenaga kerja dan infrastruktur untuk dikerahkan, yang mengindikasikan berkurangnya ketergantungan pada peralatan darat dan komponen yang lebih mudah dirawat.

    (fyk/fyk)

  • Kabinet Malaysia Restui Pencarian Terakhir Pesawat MH370

    Kabinet Malaysia Restui Pencarian Terakhir Pesawat MH370

    Kuala Lumpur

    Kabinet Malaysia telah resmi menyetujui pencarian baru puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH370, lebih dari satu dekade setelah pesawat itu menghilang. Kemungkinan ini adalah pencarian terakhir dan jika tak ditemukan, MH370 bisa dikatakan hilang selamanya.

    Pencarian mencakup area seluas 15.000 km persegi di Samudra Hindia bagian selatan, berdasarkan perjanjian tidak ditemukan, tidak ada biaya dengan perusahaan eksplorasi Ocean Infinity. Menteri transportasi Malaysia Loke Siew Fook mengumumkan, mereka akan menerima USD 70 juta jika puing-puing itu ditemukan.

    Meski pencarian ekstensif dilakukan bertahun-tahun, tak ada puing ditemukan. Upaya sebelumnya, termasuk pencarian multinasional yang menghabiskan USD 150 juta berakhir di 2017. Pemerintah dari tiga negara utama yang terlibat, Malaysia, Australia, dan China, mengatakan pencarian hanya akan dilanjutkan jika bukti baru kredibel muncul tentang lokasi pesawat.

    Pencarian tahun 2018 oleh Ocean Infinity berakhir tidak berhasil setelah tiga bulan. Desember 2024, pemerintah Malaysia pada prinsipnya setuju melanjutkannya. Akan tetapi, negosiasi akhir baru selesai bulan Maret ini.

    Persetujuan akhir Malaysia memungkinkan pencarian dimulai. “Pemerintah berkomitmen melanjutkan operasi pencarian dan memberi kepastian bagi keluarga penumpang MH370,” kata Loke yang dikutip detikINET dari News.com.au.

    “Saya takkan berspekulasi tentang lokasi pesawat ini. Yang kami harapkan adalah pesawat itu dapat ditemukan dan ada sedikit penyelesaian bagi mereka yang kehilangan orang terkasih dan bagi mereka yang terus-menerus menderita karena kurangnya penyelesaian di sini,” kata menteri luar negeri Australia Penny Wong kepada Sky News.

    Wong mengatakan upaya menemukan MH370 sebelunmya melibatkan banyak ahli. Pencarian digelar bekerja sama dengan Australia, China, AS, Inggris, dan beberapa negara lain, tapi tidak ada hasil yang ditemukan.

    “Saya tidak akan berspekulasi tentang lokasi pesawat ini. Yang kami harapkan adalah pesawat itu dapat ditemukan dan ada sedikit kelegaan bagi mereka yang kehilangan orang yang dicintai dan bagi mereka yang terus-menerus menderita,” kata menteri luar negeri Australia Penny Wong.

    “Kami telah menjadi bagian dalam pencarian MH370 untuk waktu yang sangat lama. Kami akan terus terlibat seperti yang diminta Malaysia,” kata Wong, mengindikasikan Australia kini juga terlibat dalam pencarian baru MH370.

    “Ini adalah tragedi yang masih dialami banyak keluarga. Jadi kami terus mencari keadilan dan penyelesaian bagi mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai dalam penerbangan itu,” imbuh Wong.

    “Kami berharap kali ini hasilnya positif,” cetus Loke. Pencarian tersebut akan menjadi kesempatan terakhir bagi keluarga penumpang dan awak pesawat untuk menemukan kedamaian jika bangkai MH370 ditemukan.

    (fyk/fyk)