Negara: Republik Rakyat Cina

  • Video: Respons China ke Trump: Tidak Takut Provokasi Amerika Serikat

    Video: Respons China ke Trump: Tidak Takut Provokasi Amerika Serikat

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah China merespons kenaikan tarif hingga 245% yang dikenakan Amerika Serikat pada China, dengan menyebut tidak akan berperang dagang dengan paman sam, meski tidak takut jika Donald Trump terus melakukan provokasi.

    Simak informasi selengkapnya dalam program Profit CNBC Indonesia (Kamis, 17/04/2025) berikut ini.

  • Selain Tarif Impor AS, Ini Hal yang Dibahas Menlu RI dan Menlu AS, Salah Satunya Terkait Gaza

    Selain Tarif Impor AS, Ini Hal yang Dibahas Menlu RI dan Menlu AS, Salah Satunya Terkait Gaza

    PIKIRAN RAKYAT – Bertemu dengan Menlu AS Marco Rubio di Washington DC, Rabu 16 April 2025, Menlu RI Sugiono membahas sejumlah hal selain tarif impor AS. Sugiono bertolak lebih dahulu ke AS pada 14 April 2025. Lalu, disusul oleh anggota delegasi lainnya sehari setelahnya.

    Anggota delegasi yang dipimpin Airlangga Hartarto ini terdiri dari Wakil Ketua Ekonomi Nasional Mari Elka Pangestu, Menkeu RI Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menkeu Thomas Djiwandono, dan Menkeu Sri Mulyani.

    Kedatangan mereka bertujuan untuk bernegosiasi seputar tarif impor AS. Mereka akan bernegosiasi dari tanggal 16 hingga 23 April 2025. Pemerintah Indonesia akan mengajukan sejumlah tawaran strategis.

    Sugiono mengutarakan bahwa Pemerintah Indonesia telah melakukan sejumlah deregulasi investasi asing. Deregulasi ini mempermudah dan menciptakan situasi yang kondusif bagi mereka.

    Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Tammy Bruce, mengutarakan bahwa penting bagi kedua negara untuk memajukan kerja sama kemitraan strategis. Marco Rubio pun menyambut positif upaya Pemerintah Indonesia untuk menciptakan hubungan dagang dengan negaranya secara adil.

    Kedua Menlu akan membahas juga kerja sama bidang pertahanan dan keamanan. Salah satunya terkait permasalahan keamanan di Laut Cina Selatan.

    Keduanya pun membahas juga seputar konflik Israel dengan Palestina. Sugiono mengutarakan bahwa Pemerintah Indonesia siap mengevakuasi warga Gaza korban Perang. Bila disetujui pihak terkait, maka evakuasi ini akan dilaksanakan.

    Marco Rubio pun menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Indonesia atas pemulangan warga negaranya yang dideportasi dari Amerika Serikat. Ia pun menegaskan kepada Pemerintah Indonesia bahwa penting untuk menekan Iran tak mendanai aktivitas terorisme.

    Terkait tawaran yang diajukan Indonesia mencakup empat hal. Pertama, Investment Framework Agreement. Kedua, proposal deregulasi Non-Tariff Measures. Ketiga, meningkatkan impor dan investasi dari AS melalui pembelian migas. Keempat, insentif fiskal dan non-fiskal.

    Seperti yang sudah diketahui, Pemerintah AS menetapkan tarif resiprokal 32% untuk produk impor yang didatangkan dari Indonesia. Namun, pemberlakuannya ditunda hingga 90 hari mendatang.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • iPhone 16e Laku Keras, Penyelamat Apple Jadi Raja HP Dunia

    iPhone 16e Laku Keras, Penyelamat Apple Jadi Raja HP Dunia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Apple jadi raja smartphone global pada kuartal I-2025. Salah satunya berkat peluncuran model baru iPhone 16e.

    Dalam laporan Counterpoint Research pada kuartal I-2025, Apple memuncaki daftar dengan pangsa pasar 19%. Selain iPhone 16e, capaian perusahaan juga disebut karena pertumbuhan dan ekspansi yang berkelanjutan di pasar non-intinya, dikutip Kamis (17/4/2025).

    Pertumbuhan dua digital didapatkan Apple di sejumlah wilayah, dari Jepang, India, Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara.

    Posisi kedua ditempati oleh Samsung dengan 18%. Tiga tempat lainnya dalam lima besar diisi oleh raksasa teknologi China yakni Xiaomi (14%), Vivo (8%), dan Oppo (8%).

    Counterpoint juga mencatat Honor, Huawei dan Motorola tumbuh cepat meski tak ada di lima besar. Ketiga merek itu memberikan persaingan ketat dalam pasar global.

    Huawei juga tercatat sebagai perusahaan terbesar di China pada kuartal I. Sementara Honor dan Motorola mengantongi pertumbuhan tinggi di berbagai pasar.

    Secara keseluruhan, pasar smartphone global tumbuh 3% secara tahunan selama periode tersebut. Pasar maju mengalami penurunan, namun pertumbuhan terjadi di pasar China serta adanya pemulihan di pasar Amerika latin, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

    “Penjualan pada Januari sangat kuat, peningkatan permintaan yang didorong subsidi di China. Momentum berlanjut pada peluncuran seperti Samsung S25 dan iPhone 16e,” jelas Analis Riset Senior Ankit Malhotra.

    Meski begitu, dia memperkirakan akan ada penurunan selama 2025 meskipun kuartal I mengalami pertumbuhan. Ini disebabkan karena adanya ketidakpastian ekonomi dan risiko perang dagang.

    “Namun akan berubah dengan cepat karena ketidakpastian ekonomi dan risiko perang dagang yang meningkat khususnya mendekati akhir kuartal. Kami terus menganalisis perubahan kebijakan dan memproyeksikan pasar akan menurun YoY pada 2025, meski ada pertumbuhan pada Q1,” imbuhnya.

    (fab/fab)

  • Saksi Kasus Harun Masiku Gugat Perdata Penyidik KPK, Ada Apa?

    Saksi Kasus Harun Masiku Gugat Perdata Penyidik KPK, Ada Apa?

    Bisnis.com, JAKARTA — Mantan anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Agustina Tio Fridelina, yang merupakan saksi dari kasus suap Harun Masiku, menggugat Kasatgas Penyidikan KPK AKBP Rossa Purbo Bekti secara perdata di Pengadilan Negeri (PN) Bogor, Jawa Barat. 

    Gugatan perdata itu terdaftar dengan nomor perkara 26/Pdt.G/2025/PN.Bgr dan sudah memasuki agenda sidang lanjutan. Pada hari ini, Rabu (16/4/2025), agenda sidang yakni mediasi antara pihak Agustina selaku Penggugat dan pihak Rossa selaku Tergugat. Hakim Mediator yang hadir yaitu Setyawaty. 

    Agustina tidak hadir secara langsung karena sedang menjalani istirahat total (bed rest) usai berobat di RS Mitra Keluarga Depok, sedangkan pihak Rossa hadir secara langsung. 

    “Dalam proses mediasi, kami telah menyampaikan kronologi peristiwa yang tertuang dalam posita gugatan hingga petitum, serta menegaskan bahwa gugatan ini dilayangkan karena bentuk kekecewaan mendalam klien kami terhadap tindakan Tergugat selaku Kasatgas, yang berdampak serius terhadap kesehatan dan hak hidup klien kami—termasuk pencekalan yang menghambat kelanjutan pengobatan klien ke China,” terang penasihat hukum Agustina, Army Mulyanto melalui siaran pers, Rabu (16/4//2025). 

    Untuk diketahui, Agustina telah dicegah bepergian ke luar negeri oleh KPK lantaran dibutuhkan untuk proses penyidikan kasus Harun Masiku yang masih bergulir. Agustina juga sebelumnya adalah mantan terpidana kasus tersebut yang sudah selesai menjalani masa kurungannya. 

    Menurut Army, pencegahan ke luar negeri itu mengakibatkan kliennya tidak bisa berobat ke China atas sakit yang diderita olehnya saat ini.

    Untuk itu, dia menggugat Rossa selaku Kasatgas Penyidikan KPK yang menangani kasus Harun Masiku untuk bertanggung jawab karena kondisi kesehatan Agustina semakin memburuk.   

    Di sisi lain, pihak Agustina menyayangkan bahwa pimpinan KPK hingga saat ini belum merespons permohonan dispensasi pengobatan ke luar negeri yang diajukan. Army menyebut permohonan itu didukung oleh Komnas HAM dan Komnas Perempuan. 

    “Kami menyayangkan tidak adanya respons tersebut, mengingat hal ini menyangkut Hak Asasi Manusia, hak untuk hidup sehat, serta hak atas pengobatan yang layak bagi klien kami,” tuturnya. 

    Adapun, agenda mediasi akan masih berlanjut dalam kurun waktu maksimal 40 hari. Sesi mediasi berikutnya direncanakan berlangsung minggu depan dengan catatan Agustina sudah pulih. 

    Sidang gugatan terhadap Rossa itu menyita perhatian sejumlah mantan pegawai KPK korban Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Mereka tergabung ke kelompok IM57+.

    Pada sidang 9 April 2025 lalu, para tokoh IM57+ pun ikut memberikan pendampingan dan advokasi terhadap Rossa. Pihak KPK pun melalui Biro Hukum juga ikut memberikan pendampingan sebagai kuasa hukum. 

    “Jadi harapan kita untuk sidang berikutnya dari Biro Hukum bisa bersama-sama kuasa hukum dari IM57+ mendampingi penyidik saudara RPB di persidangan tersebut,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto kepada wartawan beberapa waktu lalu. 

    Dewan Pembina IM57+, yang juga mantan penyidik senior KPK, Novel Baswedan menyatakan prihatin bahwa ada penegak hukum yang digugat secara perdata. Dia menilai gugatan terhadap mantan koleganya itu adalah serangan balik kepada perseorangan yang tengah melakukan upaya pemberantasan korupsi. 

    Untuk itu, dia menilai perlu hadir dalam sidang tersebut guna memberikan dukungan kepada Rossa. Menurutnya, apabila ada kesalahan dalam proses penegakan hukum, maka seharusnya ada mekanisme yang bisa dilakukan selain perdata. 

    “Dalam konteks ini saya melihat ini sudah kebangetan. Tentunya gugatan ini saya tentunya berkepentingan juga ingin melihat dan memperhatikan prosesnya. Tentunya kita khawatir, walaupun saya yakin tidak mungkin terjadi, tapi kekhawatiran itu perlu. Jangan sampai terjadi peradian sesat,” terangnya di PN Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/4/2025). 

    Kasus suap penetapan anggota DPR 2019-2024 yang menyeret Harun Masiku sudah ditangani KPK sejak awal 2020. Kasus itu berawal dari OTT.

    Kemudian, lembaga antirasuah menetapkan empat orang tersangka termasuk Harun yang merupakan caleg PDI Perjuangan (PDIP) 2019-2024, anggota KPU 2017-2022 Wahyu Setiawan, mantan anggota Bawaslu Agustina Tio Fridelina serta kader PDIP Saeful Bahri. Hanya Harun yang belum dibawa ke proses hukum hingga saat ini. 

    Kemudian, pada 2024, KPK menetapkan tersangka baru yaitu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan advokat sekaligus kader PDIP Donny Tri Istiqomah.

  • China Tak Takut Perang Dagang, Tolak Tunduk Meski Trump Permainkan Tarif Impor – Halaman all

    China Tak Takut Perang Dagang, Tolak Tunduk Meski Trump Permainkan Tarif Impor – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Presiden China Xi Jinping menegaskan bahwa negaranya tak pernah takut dengan ancaman perang dagang yang dilakukan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

    Pernyataan itu dilontarkan Jinping melalui Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Lin Jian tepat setelah AS menyebut bahwa tarif impor barang-barang dari China sebesar 245 persen.

    Namun angka itu adalah nilai akumulatif atau gabunga, dengan rincian mencakup tarif timbal balik terbaru sebesar 125 persen, tarif sebesar 20 persen untuk mengatasi krisis fentanyl.

    Serta tarif 7,5 persen dan 100 persen pada barang-barang tertentu untuk mengatasi praktik perdagangan yang tidak adil dari pemerintahan sebelumnya, sebagaimana dikutip dari Reuters.

    Kendati AS menjatuhkan tarif lebih tinggi ke China, namun dalam forum itu Lin menegaskan bahwa negaranya tak akan tunduk.

    Ia juga berulang kali menyatakan posisi seriusnya mengenai masalah tarif. Lin juga menyebut China sebenarnya tidak bersedia terlibat dalam perang dagang namun tak gentar jika harus melakukannya.

    Menurutnya, manuver seperti ini tidak akan menimbulkan kemenangan bagi AS.

    “Tiongkok tidak akan peduli jika Amerika Serikat terus memainkan permainan angka tarif,” Tegas Lin Jian, Kamis (17/4/2025).

    “China tidak ingin berperang dagang dengan AS, tetapi sama sekali tidak takut jika AS bersikeras memprovokasi,” imbuhnya.

    Kronologi Perang Dagang China VS AS

    Aksi saling lempar tarif impor antara China dan AS bermula dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengumumkan tarif resiprokal atau tarif timbal balik pada Rabu, 2 April 2025.

    Dalam kesempatan itu  AS mengenakan tarif timbal balik terhadap produk Cina sebesar 34 persen. 

    Selang dua hari, tepatnya 4 April Komite Tarif Dewan Negara Cina turut menerapkan tarif 34 persen atas produk-produk asal AS.

    Tindakan itu dilakukan sebagai balasan dari penerapan bea masuk resiprokal Donald Trump.

    Menanggapi hal itu, pada 7 April 2025, Trump mengancam akan mengenakan bea masuk tambahan sebesar 50 persen pada barang-barang impor dari Cina, jika negara tersebut tidak mencabut tarif sebesar 34 persen.

    Namun hal tersebut tak membuat China gentar, Xi Jinping justru China menaikkan tarif tambahan menjadi 84 persen pada Rabu, 9 April 2025.

    Ketegangan yang semakin berlanjut, hingga akhirnya mendorong AS untuk menjatuhkan tarif 145 persen ke China.

    Sementara China memberlakukan tarif sebesar 125 persen terhadap AS.

    China Gertak Balik AS

    Langkah itu seolah menegaskan kembali tekad China untuk menyerang di tengah perang dagang yang meningkat pesat.

    Terlebih saat ini China merupakan pemegang kunci kekuatan ekonomi global oleh karena itu untuk mengatasi tantangan harus pemerintah berjanji akan terus membela hak pembangunan, serta integritas ekonominya.

    Sebagai informasi, sejak tahun lalu China menjadi negara kedua sumber impor AS.

    Dimana China memasok barang-barang dengan total harga 439 miliar dolar AS atau sekitar Rp7.440 triliun.

    Sementara AS hanya mengekspor barang dengan nilai total 144 miliar dolar AS atau Rp2.400 triliun ke China pada 2024.

    Alih-alih menyelesaikan masalah, perang dagang ini justru berdampak luas karena memperlambat pertumbuhan ekonomi AS.

    Mengganggu rantai pasok global, memicu ketidakpastian pasar, dan menimbulkan efek domino ke negara lain.

    Ketergantungan ekonomi tinggi antara kedua negara justru membuat keduanya saling terikat dalam persaingan yang semakin kompleks.

    (Tribunnews.com / Namira)

  • Mengenal Merek Mobil Xpeng yang Bakal Masuk RI: Bukan Produsen Mobil Biasa

    Mengenal Merek Mobil Xpeng yang Bakal Masuk RI: Bukan Produsen Mobil Biasa

    Wan Chai

    Pasar otomotif Indonesia bakal kedatangan pemain baru lagi nih. Namanya Xpeng, brand otomotif asal China yang bukan sekadar pabrikan mobil biasa. Lebih dari itu, Xpeng ternyata pengembang teknologi canggih untuk dunia otomotif.

    Xpeng mengklaim dirinya sebagai perusahaan mobilitas pintar berteknologi tinggi. Xpeng adalah perusahaan Smart EV terkemuka di China yang merancang, mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan Smart EV yang menarik bagi konsumen.

    Misinya adalah mendorong transformasi Smart EV dengan teknologi yang membentuk pengalaman mobilitas masa depan. Untuk mengoptimalkan pengalaman mobilitas pelanggannya, Xpeng mengembangkan sendiri teknologi sistem bantuan pengemudi canggih dan sistem operasi cerdas di dalam mobil, serta sistem kendaraan inti termasuk sistem penggerak dan arsitektur listrik/elektronik.

    Chairman & CEO Xpeng, He Xiaopeng, mengatakan Xpeng telah menciptakan berbagai teknologi terkini untuk solusi mobilitas. Tak cuma mobil bertenaga listrik yang ramah lingkungan, Xpeng juga menciptakan artificial intelligence (AI) untuk industri otomotif yang lebih maju.

    “Xpeng tidak pernah melihat dirinya hanya sebagai integrator solusi siap pakai. Sejak hari pertama, misi kami adalah membangun perusahaan yang digerakkan oleh teknologi yang berfokus pada inovasi. Sama seperti ‘X’ di XPENG yang mewakili pengejaran tanpa henti kami terhadap masa depan, teknologi mutakhir, dan AI,” kata He dalam acara Xpeng Global Brand Night yang digelar di Kai Tak Cruise Terminal, Hong Kong, Selasa (15/4/2025) malam.

    Xpeng memulai perjalanannya di garasi pada 2014. Pada saat itu, kata He, hanya sedikit yang percaya bahwa pengusaha internet dapat berhasil dalam manufaktur otomotif, apalagi memprediksi bagaimana mobilitas cerdas akan mengubah dunia.

    “Satu dekade kemudian, tingkat penetrasi kendaraan energi baru (NEV) di China telah melampaui 50 persen, dengan pengemudian otonom Level 2 menjadi hal yang umum. Sebuah revolusi baru dalam industri otomotif sedang terbentuk di China. Dengan memimpin dalam elektrifikasi dan inovasi yang digerakkan oleh AI, NEV China membentuk kembali industri otomotif global yang telah berusia seabad. Xpeng bangga menjadi yang terdepan dalam transformasi bersejarah ini,” ujar He.

    Xpeng terus mendapatkan pengakuan global melalui inovasi yang tiada henti. Tahun 2023, Xpeng menjalin kemitraan teknologi strategis dengan Volkswagen. Saat itu, Xpeng menjadi produsen mobil China pertama yang melisensikan teknologi tingkat platform secara global.

    “Tahun 2024, dengan operasi di lebih dari 30 negara dan wilayah, Xpeng memimpin pasar EV premium Eropa (segmen di atas € 40.000) dalam penjualan dan menduduki peringkat pertama dalam ekspor di antara perusahaan rintisan EV China. Kuartal pertama 2025, Xpeng merebut kembali posisinya sebagai perusahaan rintisan EV terlaris di China, melampaui semua rekor penjualan sebelumnya,” beber He.

    XPENG X9. Foto: Dok. XpengChip AI Turing yang Bikin Mobil Makin Pintar

    Setiap mobil Xpeng telah dilengkapi dengan chip AI Turing sebagai otaknya. Bukan chip dari pihak ketiga, Turing AI Chip dikembangkan sendiri oleh Xpeng. Chip tersebut memiliki 40 prosesor inti yang mampu menjalankan model dengan 30 miliar parameter secara lokal, sehingga menghasilkan daya komputasi tiga kali lipat dari chip yang ada saat ini. Terobosan ini akan diterapkan di seluruh kendaraan bertenaga AI, mobil terbang, dan robotika, yang memungkinkan integrasi teknologi lintas domain. Chip AI Turing ini akan diproduksi massal di China pada kuartal kedua tahun 2025.

    “Mengatasi keterbatasan bahwa chip generik sering kali membuang sumber daya komputasi yang signifikan saat berjuang untuk memenuhi tuntutan model AI, Xpeng mengembangkan chip AI Turing untuk memaksimalkan efisiensi,” kata He.

    “Pada kendaraan AI masa depan, Xpeng akan menggunakan beberapa chip AI Turing, dengan produksi massal dan integrasi kendaraan di China yang maju pesat pada kuartal ini,” sebutnya.

    Terobosan Mobil Terbang sampai Robot ‘Manusia’

    Seperti disebut sebelumnya, Xpeng bukanlah produsen mobil biasa. Xpeng telah menciptakan kendaraan masa depan. Mobil terbang sampai robot berbentuk manusia bukanlah mimpi. Mereka akan memproduksi massal mobil terbang dan robot dalam waktu dekat.

    Mobil terbang Xpeng Foto: Dok. Xpeng

    Xpeng memiliki mobil terbang XPENG AEROHT Land Aircraft Carrier yang siap mengudara tahun depan. XPENG AEROHT Land Aircraft Carrier menjadi mobil terbang modular pertama di dunia yang akan diproduksi massal tahun 2026. Xpeng sudah menerima 4.000 pre-order untuk mobil terbang ini. Mobil terbang ini mengatasi tantangan lepas landas dan mendarat, membuka jalan bagi mobilitas udara yang mudah diakses.

    Robot XPENG Foto: Dok. Xpeng

    Xpeng juga meluncurkan robot humanoid “IRON” yang ditenagai oleh chip AI Turing, dengan 60 sendi, pergerakan 200 derajat, dan daya pemrosesan 3.000 TOPS. Robot ini dilengkapi sistem penglihatan AI 720° yang juga dapat ditemukan dalam teknologi mengemudi otonom Xpeng. Iron dirancang untuk melakukan tugas-tugas kompleks di pabrik pintar dan lingkungan ritel, menjembatani kesenjangan antara konsep AI dan aplikasi dunia nyata.

    He menjelaskan, robot humanoid itu berbentuk seperti manusia dengan memiliki tinggi 178 cm dan berat 70 kg. “Sementara sebagian besar robot masih dikendalikan dari jarak jauh dengan kecerdasan semu, Xpeng telah mencapai uji coba di pabrik Guangzhou dan siap untuk produksi massal pada tahun 2026,” ungkap He.

    (rgr/din)

  • AS Naikkan Tarif Impor Tiongkok Jadi 245 Persen! Cuma Salah Hitung atau Sinyal Perang Dagang Jilid Dua?

    AS Naikkan Tarif Impor Tiongkok Jadi 245 Persen! Cuma Salah Hitung atau Sinyal Perang Dagang Jilid Dua?

    Jakarta: Kabar mengejutkan datang dari Washington! Dalam dokumen resmi yang dirilis Gedung Putih pada 15 April lalu, tercantum angka tarif impor produk Tiongkok ke AS bisa mencapai 245 persen. 
     
    Pernyataan ini langsung bikin bingung banyak pihak, termasuk Beijing.
     
    Apakah ini sinyal bahwa perang dagang kembali memanas? Atau hanya salah hitung?
    Tarif 245%
    Merangkum USA Today, Kamis, 17 April 2025, ternyata, menurut klarifikasi Gedung Putih, angka 245 persen itu bukan tarif baru, melainkan gabungan dari tarif yang sudah ada sebelumnya ditambah kebijakan terbaru yang diberlakukan oleh Presiden AS Donald Trump tahun ini.

    Beberapa produk Tiongkok seperti kendaraan listrik dan jarum suntik sebelumnya sudah dikenai tarif tinggi, hingga 100 persen. 
     
    Ditambah tarif baru dari Trump yang mencapai 145 persen maka totalnya memang bisa menyentuh angka 245 persen.
     
    Merespons pernyataan tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Lin Jian, enggan banyak bicara. 
     
    “Silakan bawa angka itu ke pihak AS untuk mendapatkan jawabannya,” ucapnya.
     
    Tiongkok menyebut bahwa tindakan AS ini makin menunjukkan penggunaan tarif sebagai senjata dagang yang sudah melampaui batas kewajaran.
     

    Trump: bola ada di tangan Tiongkok
    Donald Trump juga ikut buka suara. Ia menyebut bahwa sekarang semua tergantung pada Tiongkok untuk menyelesaikan persoalan ini.
     
    “Bola ada di tangan China. Mereka yang harus membuat kesepakatan dengan kami. Bukan sebaliknya,” kata Trump seperti dikutip oleh Juru Bicara Gedung Putih, Karoline Leavitt.
    China siap balas 
    Tak tinggal diam, Kementerian Perdagangan Tiongkok mengingatkan bahwa jika AS terus menaikkan tarif dan memperkeruh suasana, mereka siap melakukan tindakan balasan.
     
    Tiongkok bahkan telah menerapkan tarif balasan hingga 125 persen pada beberapa produk AS, dan menyatakan siap menempuh langkah lebih jauh jika tekanan dari Washington terus berlanjut.
     
    “Kalau AS tetap ngotot ambil tindakan yang merugikan kami, kami akan balas dengan tegas,” bunyi pernyataan resmi dari Kementerian Perdagangan China.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Xpeng Resmi Meluncurkan X9 2025, Mendefinisikan Ulang Standar Mobilitas Cerdas

    Xpeng Resmi Meluncurkan X9 2025, Mendefinisikan Ulang Standar Mobilitas Cerdas

    JAKARTA – Xpeng produsen mobil ternama asal China resmi meluncurkan MPV X9 2025 yang mendefinisikan ulang standar mobilitas cerdas dan kini hadir dengan berbagai peningkatan.

    Model tersebut hadir dengan segudang peningkatan interior, seperti material sentuhan lembut atau soft touch yang lebih banyak lagi, termasuk hadir dengan teknologi AI Smart Driving sebagai standar.

    “Tidak seorangpun dapat menghentikan gelombang kemajuan, AI berkembang pesat, mengubah industri dan membentuk kembali dunia di sekitar kita,” kata CEO Xpeng He Xiaopeng, dalam keterangan resminya yang diterima, Rabu, 16 April.

    Dalam acara Xpeng Global Brand Night, diungkapkan juga bahwa Xpeng X9 2025 hadir dengan integrasi teknologi yang terinspirasi NASA ke dalam kursi Zero Gravity, yang kini menjadi standar untuk baris pertama dan kedua.

    Merek asal China ini mengklaim bahwa kursi tersebut dapat mengurangi tekanan pinggul hingga 22 persen, aya sendi pinggul 36 persen, dan tekanan tulang belakang hingga 13 persen. Serta dilengkapi dengan kursi pijat 10 titik sebagai standar, dan 16 titik opsional jika dibutuhkan.

    Aksesibilitas dan kegunaan baris ketiga, yang sering kali terganggu pada MPV, telah diatasi. X9 2025 memadukan lorong tengah dengan desain jok Zero-Gravity baris kedua, yang memudahkan akses ke belakang.

    Masuk ke dalam kabin, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan layar hiburan di belakang sebesar 21,4 inci yang sudah dapat difungsikan 0-75 derajat. Penambahan baru yang dilakukan Xpeng yaitu meliputi stop kontak 220 V, lemari pendingin dan pemanas 10,8 liter, ac central.

    Selain itu juga dilengkapi dengan AI Advanced Driver Assistance System (ADAS) Xpeng menjadi standar di seluruh jajaran. ADAS AI baru “Little Blue Light” juga ditambahkan untuk meningkatkan komunikasi visual untuk pengoperasian sistem.

    Dibangun pada platform tegangan tinggi 800V standar, X9 menawarkan kepada pembeli pilihan antara baterai lithium-ion NMC 105 kWh atau paket baterai LFP 94,8 kWh, yang menawarkan jarak tempuh mulai dari 650 km hingga 702 km. Mobil ini dibanderol mulai dari 359.800 yuan hingga 419.800 yuan atau kisaran Rp827-965 jutaan.

  • Pabrikan EV China Xpeng Punya Chip Sendiri, Digunakan Massal Kuartal 2/2025

    Pabrikan EV China Xpeng Punya Chip Sendiri, Digunakan Massal Kuartal 2/2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan otomotif asal China terus berekspansi di tengah memanasnya perang dagang yang diinisiasi oleh Presiden Donald Trump. Pengembangan kendaraan listrik yang memadukan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) bahkan melaju cukup pesat meninggalkan kompetitornya.

    AI menjadi komponen penting dalam pengembangan kendaraan listrik di China. Lewat AI, pabrikan asal negeri tirai bambu berinovasi untuk membuat kendaraan yang tidak hanya digunakan untuk saat ini, tetapi juga masa depan supaya lebih efisien.

    Xpeng adalah salah satu pabrikan otomotif asal China yang cukup agresif dalam memproduksi kendaraan listrik berbasis AI. Mereka mengklaim telah mengembangkan chip yakni Turing AI Chip, yang mampu menghasilkan daya komputasi tiga kali lipat dibandingkan dengan chip lainnya. Turing AI Chip, versi Xpeng, bahkan akan digunakan secara massal pada 2/2025.

    “Terobosan ini akan diterapkan di seluruh kendaraan bertenaga AI, mobil terbang, dan robotika, yang memungkinkan integrasi teknologi lintas domain,” kata CEO He Xiaopeng, dalam acara Xpeng’s Global Brand Night, yang berlangsung di Hong Kong, China, Selasa (15/4/2025) malam kemarin.

    Dalam catatan Bisnis, perkembangan teknologi, termasuk kendaraan berbasis AI di China, memicu peningkatan permintaan chip, yang sebagian berasal dari Amerika Serikat (AS). Namun demikian, kebijakan proteksionis yang diterapkan oleh Presiden AS Donald Trump, telah memicu kekhawatiran terganggunya rantai pasok atau supply chain global

    Apalagi, Trump juga telah mewajibkan produsen chip AS untuk memperoleh lisensi khusus kalau mau ekspor ke China dan Hong Kong. Salah satu produsen chip AS terkemuka, NVIDIA misalnya, disebut berpotensi rugi hingga puluhan triliun triliun akibat kebijakan baru pemerintahan Trump. 

    Namun demikian, langkah AS yang pernah mengobarkan perang chip pada tahun 2023 lalu, kemungkinan besar tidak terlalu berdampak. Apalagi, pabrikan China, terutama yang berbasis teknologi seperti Xpeng, terus mengembangkan chip untuk memenuhi kebutuhan produksi kendaraan listrik berbasis AI-nya. Chip buatan Xpeng bahkan diklaim lebih andal dibandingkan milik NVIDIA. 

    Xpeng Turing AI Chip merevolusi cara mobilitas pada masa depan. Chip ini telah dirancang untuk kendaraan AI, robot dan mobil terbang. Pemakaian chip buatan Xpeng salah satunya digunakan untuk mendukung pengembangan
    autonomous mobility dan memperkuat kemampuan sistem bantuan kepada pengemudi canggihnya alias ADAS.

    CEO Xpeng, He Xiaopeng, secara terbuka bahkan mengemukakan bahwa chip Xpeng, akan mampu mengatasi keterbatasan chip generik yang sering membuang sumber daya komputasi saat  memenuhi tuntutan model AI. “XPENG mengembangkan chip AI Turing miliknya untuk memaksimalkan efisiensi. Chip ini memiliki prosesor 40-inti yang mampu menjalankan model 30 miliar parameter secara lokal.”

    “Pada kendaraan AI mendatang, XPENG akan menggunakan beberapa chip AI Turing, dengan produksi massal dan integrasi kendaraan di daratan China pada kuartal ini.”

    Luncurkan X9

    Xpeng sendiri telah resmi memperkenalkan Xpeng X9 untuk segmen MPV kepada publik global dalam acara Xpeng’s Global Brand Night, yang berlangsung di Hong Kong, China, Selasa (15/4/2025) malam kemarin.

    CEO Xpeng, He Xiaopeng mengemukakan bahwa X9 menggunakan autonomous driving software yang menavigasi pengendara dari tempat parkir ke tempat parkir tanpa gangguan. Selain itu, X9 memiliki kemampuan pengisian daya yang sangat cepat, menambah jarak tempuh 405 km hanya dalam 10 menit. 

    Penggunaan Baterai AI 5C memungkinkan penambahan jarak tempuh 1 km hanya dengan pengisian daya selama satu detik. Proses pengisian baterai bahkan bisa mencapai 80% hanya dalam waktu 12 menit atau lebih cepat daripada mengisi daya ponsel pintar. 

    XPeng X9 memiliki desain futuristik dan elegan layaknya MPV mewah yang mampu menampung hingga 7 penumpang (7-seater). Secara performa XPeng X9 dibekali oleh sistem listrik XPower 800V dengan tenaga maksimal 370 kW dan torsi 640 Nm, mampu berakselerasi 0-100 km per jam dalam 5,7 detik.

    Sementara itu, bicara soal jarak tempuh, XPeng X9 diklaim mampu menembus hingga 702 kilometer berdasarkan pengujian China Light-Duty Vehicle Test Cycle (CLTC). Energi efisiensinya sebesar 16,2 kWh per 100 Km.

    Xpeng X9 juga diklaim sebagai MPV yang menerima skor tertinggi dalam  uji tabrak keselamatan dengan 14 fitur keselamatan canggih, termasuk pengereman darurat otomatis. Fitur-fitur ini secara signifikan meningkatkan profil keselamatan X9, bahkan dalam kondisi yang paling ekstrem.

    Adapun, untuk per unitnya, Xpeng X9 dibanderol dengan harga yang bervariasi dimulai dari 359.800 Yuan (RMB) untuk kelas long range max 650 km, 379.800 Yuan (RMB) untuk kelas ultra long range max 740 km, 399.800 Yuan (RMB) untuk kelas AWD performance max 702 KM, dan Starship Edition 702 km senilai 419.800 Yuan (RMB).

    Penetrasi Xpeng di Pasar Global 

    Sekadar catatan, dalam laman resmi perusahaan, Xpeng adalah salah satu produsen kendaraan listrik asal China. Pada Maret 2025 lalu Xpeng mampu mengirimkan 33.205 Smart EV atau naik 268% dari year on year. Angka ini juga melampaui 30.000 unit selama lima bulan berturut-turut.

    Sementara itu, untuk kuartal pertama tahun 2025, XPENG mengirimkan 94.008 Smart EV, mewakili peningkatan 331% year on year. Pada saat yang sama, XPENG memperluas kehadiran globalnya dengan memasuki pasar Indonesia.

    XPENG didirikan pada tahun 2014 
    untuk mengubah mobilitas masa depan dengan memanfaatkan teknologi AI.  Hingga akhir tahun 2024, volume pengiriman kumulatif XPENG telah melampaui 600.000 kendaraan, dengan lebih dari 140.000 kendaraan baru dikirimkan pada tahun 2023 saja. 

    XPENG juga telah memperluas kehadirannya ke lebih dari 30 negara dan wilayah, menjadi merek kendaraan energi baru China teratas untuk ekspor. China telah menjadi kekuatan pendorong di balik pertumbuhan dan inovasi EV global. Tingkat penetrasi negara tersebut untuk kendaraan energi baru (NEV) telah mencapai titik balik dan terus naik signifikan.

    Deretan Mobil China Terlaris di Indonesia 

    Sementara itu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat deretan merek mobil asal China berlomba mencatatkan penjualan terlaris di Indonesia sepanjang kuartal I/2025.

    Xpeng belum tercatat dalam data tersebut, karena belum secara resmi memasarkan produknya di Indonesia, kendati telah mengenalkan Xpeng G6 dan X9 pada Februari 2025 lalu.

    BYD Motor Indonesia kini menduduki peringkat pertama mobil China terlaris, menggeser dominasi Wuling hingga Chery di Tanah Air.

    Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BYD mencatat penjualan sebanyak 5.718 unit pada pada 3 bulan pertama 2025, melibas Wuling yang meraih angka penjualan 4.795 unit.

    Sejauh ini, model BYD yang dipasarkan di Indonesia yakni BYD Sealion 7, BYD M6, BYD Atto 3, BYD Seal dan BYD Dolphin. 

    Sementara itu, untuk model Wuling di segmen BEV, ada Wuling Air EV, Wuling Binguo EV, dan Wuling Cloud EV, sedangkan di segmen hybrid, yaitu Wuling Almaz Hybrid.

    Kemudian, di peringkat ketiga mobil China terlaris ada Chery yang membukukan penjualan sebanyak 4.399 unit pada kuartal I. Sederet model Chery, di antaranya Chery J6, Chery Omoda E5 EV, Chery Omoda 5, Chery Tiggo 7 dan Tiggo 8.

    Adapun, sub-merek premium BYD yakni Denza menorehkan penjualan wholesales sebanyak 2.524 unit pada Januari-Maret 2025, meski baru diluncurkan pada awal 2025. Model pertama yang diluncurkan yaitu MPV listrik premium, Denza D9 seharga Rp950 juta.

    Beberapa merek mobil China terlaris lainnya yakni Aion sebanyak 1.201 unit, Morris Garage (MG) milik SAIC Group yang terjual sebanyak 545 unit, DFSK 243 unit, Geely 242 unit, Tank 226 unit, dan Neta 198 unit.

    Secara keseluruhan, sepanjang kuartal I/2025, penjualan mobil wholesales turun 4,7% menjadi 205.160 unit, dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebanyak 215.250 unit.

    Penjualan mobil secara ritel pun anjlok 8,9% menjadi 210.483 unit, dibandingkan 3 bulan pertama 2024 sebanyak 231.027 unit.

  • Prabowo Mau Aturan TKDN Dilonggarkan, Daihatsu Bilang Begini

    Prabowo Mau Aturan TKDN Dilonggarkan, Daihatsu Bilang Begini

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto meminta aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) diubah supaya lebih fleksibel. Andai jadi diterapkan, peraturan ini bakal menguntungkan produsen-produsen otomotif pendatang baru yang kebanyakan berasal dari China. Bagaimana tanggapan merek mobil Jepang, Daihatsu, yang sudah punya pabrik di sini dan memiliki produk dengan TKDN lebih dari 80%?

    Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani mengatakan, pihaknya saat ini masih melihat dan menunggu arahan dari pemerintah. Sebab ucapan Prabowo terkait pelonggaran TKDN tersebut sifatnya masih sekadar imbauan, belum ditegaskan menjadi sebuah aturan.

    “Kita sama-sama menunggu. Itu kan baru disampaikan secara verbal, kita menunggu arahannya seperti apa oleh kementerian yang berkaitan dengan industri otomotif. Kedua adalah kebijakan itu sendiri terkait TKDN akan diberikan ke industri sektor apa (otomotif atau bukan?),” bilang Agung dalam acara Halal Bihalal di Jakarta, Rabu (16/4/2025).

    Lanjut Agung menjelaskan, saat ini produk-produk Daihatsu sudah memiliki kandungan lokal yang sangat tinggi, bahkan lebih dari 80%. Hal itu membuktikan komitmen pihak mereka dalam membangun industri otomotif di Indonesia.

    “Jadi kalau kami (di Daihatsu) memang local purschase (TKDN) sudah lebih dari 80% pada hampir semua lini (model Daihatsu). Kami memang sudah cukup lama berkomitmen di awal, kami juga ikut program LCGC (Low Cost Green Car),” sambung Agung.

    Diberitakan sebelumnya, instruksi Prabowo untuk mengkaji ulang aturan TKDN di Indonesia dinyatakan dalam acara Sarasehan Ekonomi di Menara Mandiri Sudirman, Jakarta Pusat.

    “Kita harus realistis.TKDN dipaksakan ini akhirnya kita kalah kompetitif (dari negara lain),” ujar Prabowo, belum lama ini. Prabowo mengaku setuju seandainya aturan TKDN dibuat fleksibel agar Indonesia lebih punya daya saing. Namun Prabowo tidak merinci permintaan yang dimaksud.

    “Tolong ya para pembantu saya, menteri saya, sudahlah, realistis. Tolong diubah, TKDN dibikin yang realistis saja,” sambung dia.

    Sekadar informasi, TKDN diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 29 Tahun 2017. Ada setidaknya 3 opsi investasi sebagai syarat pemenuhan TKDN, yakni skema manufaktur, skema aplikasi, dan skema inovasi. TKDN cakupannya sangat luas dan diterapkan di berbagai industri, termasuk otomotif.

    Aturan TKDN untuk kendaraan roda empat diberlakukan secara bertahap, yakni 2019-2021 dengan TKDN minimum 35%, 2022-2026 dengan TKDN minimum 40%, 2027-2029 dengan TKDN komponen lokal 60% dan 2030 dengan TKDN maksimum 80%.

    (lua/din)