Negara: Republik Rakyat Cina

  • Pesawat Boeing Dipulangkan ke AS dari China di Tengah Ketegangan Tarif Impor  – Halaman all

    Pesawat Boeing Dipulangkan ke AS dari China di Tengah Ketegangan Tarif Impor  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Pesawat jet milik Boeing yang seharusnya dikirimkan ke maskapai China harus dipulangkan ke Amerika Serikat akibat ketegangan perang tarif impor antara kedua negara.

    Pengembalian satu dari beberapa jet yang menunggu pengerjaan akhir dan penyerahan ke maskapai China dilakukan di pusat penyelesaian Zhoushan, China, dilansir dari Reuters.

    Sebelum Presiden AS Donald Trump mengumumkan tarif impor yang memicu perang dagang memanas pada 2 April lalu, tiga pesawat 737 MAX baru telah terbang dari fasilitas Boeing di Seattle ke Zhoushan.

    Satu pesawat lainnya tiba minggu lalu di Zhoushan, tempat Boeing memasang interior dan mengecat corak sebelum menyerahkannya kepada pelanggan, menurut data Flightradar24.

    Akan tetapi, pada hari Jumat, satu pesawat dari gelombang pertama jet lepas landas lagi tanpa pengiriman dan terbang dari Zhoushan ke wilayah AS di Guam yang merupakan persinggahan yang dibuat oleh penerbangan tersebut saat melintasi Pasifik. Yang diartikan bahwa pesawat itu sedang dalam perjalanan kembali ke Seattle.

    Perjalanan sejauh 5.000 mil kembali ke pabrik utama Boeing dilakukan saat bisnis pembuat pesawat itu di Tiongkok sedang diawasi ketat terkait sengketa tarif.

    Dari sumber lain menyatakan awal minggu ini Boeing menghadapi larangan impor dari Tiongkok, bagian dari meningkatnya konfrontasi atas tarif global “timbal balik” Presiden Trump.

    Sejauh ini, baik Boeing maupun pemerintah China hingga media di Beijing belum memberikan tanggapan terhadap hal yang terjadi.

    Sumber-sumber industri penerbangan dan kedirgantaraan mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui adanya instruksi resmi yang melarang pembelian pesawat Boeing.

    Meski begitu, sumber-sumber industri dan analis secara umum sepakat bahwa pengenaan tarif atas barang-barang AS oleh Beijing sebagai tanggapan atas tindakan Trump akan secara efektif memblokir impor pesawat tanpa larangan resmi apa pun.

    Seorang senior di industri ini mengatakan Boeing dan para pemasoknya diperkirakan tidak akan mengirimkan pesawat ke China untuk sementara waktu.

    Satu narasumber lainnya menyebut pesawat itu diharapkan akan dikirimkan ke Xiamen, yang tidak membalas permintaan komentar.

    Publikasi penerbangan The Air Current, yang pertama kali melaporkan keputusan untuk menarik beberapa pesawat yang belum terkirim dari Zhoushan, menyampaikan satu maskapai penerbangan China yang tidak disebutkan namanya secara terpisah telah menarik diri dari komitmen untuk menyewa pesawat Boeing.

    Sumber industri mengatakan penerbangan kembali itu dilakukan meskipun ada beberapa diskusi mengenai meninggalkan pesawat jet yang belum terkirim di penyimpanan berikat, yang berarti jet-jet itu tidak akan diimpor atau dikenai tarif secara resmi.

  • Gara-gara Kecelakaan Maut, China Larang Istilah Autonomous Driving

    Gara-gara Kecelakaan Maut, China Larang Istilah Autonomous Driving

    Jakarta

    Pemerintah China mengambil langkah tegas menyusul insiden kecelakaan maut mobil listrik Xiaomi SU7 yang mengalami error ketika menggunakan fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

    Dilansir dari Car News China, Ministry of Industry and Information Technology (MIIT) atau Kementerian Perindustrian dan Informatisasi China mengeluarkan regulasi baru yang mengubah total cara produsen otomotif mengembangkan dan memasarkan teknologi mengemudi semi-otonom.

    Aturan ini muncul tak lama setelah kecelakaan mematikan yang menewaskan tiga orang di Beijing. Insiden tersebut melibatkan mobil listrik Xiaomi, yang tengah gencar mengembangkan mobil listrik pintarnya. Kecelakaan terjadi ketika sistem ADAS pada kendaraan tersebut diduga gagal mengenali objek lain di jalan tol.

    Dalam regulasi baru yang lebih ketat, MIIT melarang sejumlah fitur dan praktik industri yang sebelumnya umum digunakan. Program uji beta publik untuk teknologi otonom kini harus mendapat persetujuan resmi pemerintah dan pabrikan harus menghentikan praktik mengandalkan pengguna awal untuk menguji fitur baru.

    Istilah marketing seperti “autonomous driving” atau “self-driving” juga dilarang keras. Produsen kini wajib menggunakan istilah “L2 assisted driving” atau setara untuk menghindari kesan bahwa kendaraan bisa benar-benar mengemudi sendiri.

    Fitur-fitur canggih seperti remote parking dan one-touch summoning yang memungkinkan mobil bergerak tanpa pengemudi langsung juga dilarang. MIIT menegaskan fungsi semacam ini tidak akan mendapat persetujuan karena dinilai terlalu berisiko.

    Aturan baru ini juga memaksa produsen untuk memperketat sistem deteksi pengemudi. Kendaraan harus bisa mengenali ketika pengemudi melepas tangan dari kemudi lebih dari 60 detik, dan segera mengambil tindakan seperti memperlambat kendaraan atau mengaktifkan lampu hazard.

    Car News China melaporkan bahwa dampak aturan yang diperketat ini langsung terasa di pasar saham China. Saham produsen otomotif seperti BAIC dan Seres mengalami penurunan signifikan.
    Selain itu, perusahaan yang selama ini gencar mempromosikan teknologi otonom seperti Huawei, Xpeng, Li Auto, dan Nio diperkirakan akan menghadapi tantangan besar.

    Kebijakan ini diumumkan tepat sebelum Shanghai Auto Show 2025, di mana banyak produsen sebelumnya berencana memamerkan teknologi mengemudi otonom terbaru mereka. Pemerintah China jelas mengirim pesan kuat: keselamatan harus diutamakan, meski harus memperlambat inovasi di sektor otomotif pintar.

    (mhg/riar)

  • Mendag Buka-bukaan Biang Kerok Harga Kelapa Naik Gila-gilaan

    Mendag Buka-bukaan Biang Kerok Harga Kelapa Naik Gila-gilaan

    Jakarta

    Harga kelapa bulat melambung tinggi di pasar akibat banyak pelaku usaha memilih ekspor. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso.

    Budi mengatakan salah satu penyebab harga kelapa melambung tinggi lantaran permintaan ekspor yang tinggi. Dia menyebut harga kelapa di luar negeri saat ini tengah naik.

    Sementara, pelaku usaha dalam negeri membeli harga yang lebih murah ke eksportir. Untuk itu, banyak pengusaha ekspor atau eksportir lebih memilih mengekspor.

    “Itu kan kelapa naik harganya kan karena ekspor, ekspor dari Cina jadi harga naik. Sementara industri dalam negeri kan belinya dengan harga murah sehingga eksportir kan lebih suka berjual. Jadinya langka gitu kan,” kata Budi saat ditemui di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (20/5/2025).

    Dalam pantauan detikcom pada Jumat, (11/4) lalu, harga kelapa bulat atau parut mengalami lonjakan yang signifikan. Salah seorang penjual kelapa parut di Pasar Rawa Bebek, Usin, mengatakan harga satu butir kelapa bisa mencapai Rp 25.000, tergantung ukuran.

    Padahal saat kondisi normal, kelapa parut dijual dengan harga Rp 10.000-15.000 per butir. Artinya untuk kelapa ukuran kecil, harga mengalami kenaikan dua kali lipat.

    Untuk itu, Budi menerangkan pihaknya tengah mempertemukan pelaku usaha dalam negeri dengan para eksportir. Sayangnya, hal tersebut belum menemukan titik terang.

    “Sudah kita temukan antara eksportir dengan pelaku usaha industri. Tapi belum ada kesepakatan. Kita cari nanti solusinya yang terbaik,” jelas Budi.

    (acd/acd)

  • Ini Jagoan Baru Chery yang Bakal Meluncur di Shanghai Auto Show 2025

    Ini Jagoan Baru Chery yang Bakal Meluncur di Shanghai Auto Show 2025

    Jakarta

    Salah satu pameran otomotif terbesar di dunia, Shanghai Auto Show, bakal digelar mulai minggu depan. Pabrikan asal China, Chery, siap memperkenalkan mobil konsep baru dengan nama New QQ.

    Chery siap membangkitkan kembali mobil mungil ikonik mereka, QQ, dalam wujud baru yang lebih modern dan futuristis. Chery New QQ diproyeksikan mengisi segmen mobil listrik mini yang pasarnya sedang tumbuh pesat di China.

    Mobil konsep New Chery QQ Foto: Carnewschina

    Mobil bernama New Chery QQ itu diperkenalkan lewat gambar resmi yang dirilis oleh Li Xueyong, Deputy General Manager Chery, pada 3 April lalu. Desain mobil ini beda total dari versi lawasnya, dengan gaya lebih futuristis, eksterior hitam-putih, bodi membulat, grille tertutup, lampu depan geometris, dan logo ‘Qq’ terbaru.

    Dari samping, tampilannya makin unik dengan spion digital, tanpa gagang pintu, serta velg berbentuk tanda tambah (+). Logo Qq juga disematkan di bagian pilar C, dan ada tulisan ‘Chery Design’ di bagian side skirt. Bagian belakang tampil simpel tapi modern dengan lampu rem di posisi tinggi yang desainnya senada dengan bagian depan.

    Sekadar informasi, Chery QQ pertama kali meluncur pada 2003 sebagai ‘mobil pertamanya anak muda’. Penjualan mobil ini sempat menembus 1,4 juta unit sebelum akhirnya disuntik mati pada 2014.

    Mobil konsep New Chery QQ Foto: Carnewschina

    Kini, setelah 10 tahun, Chery ingin kembali meramaikan pasar mobil listrik mungil yang sedang naik daun di China. QQ terbaru ini digadang-gadang akan menjadi penantang serius bagi model seperti Wuling Hongguang Mini EV dari SGMW dan Xingyuan dari Geely.

    Akankah Chery QQ reborn ini jadi idola baru di pasar mobil listrik murah? Kita tunggu kehadirannya di panggung Shanghai Auto Show 2025!

    (lua/riar)

  • Jumlah BTS, Spektrum, dan Keunggulan 2025

    Jumlah BTS, Spektrum, dan Keunggulan 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — PTXLSmart Telecom Sejahtera Tbk. (XLSmart) bakal menjadi penantang baru di industri telekomunikasi dalam negeri, XLSmart akan bersaing dengan Telkomsel dan Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendorong pertumbuhan industri telekomunikasi dalam negeri.

    Hadirnya XLSmart juga menandakan peta persaingan industri yang makin sehat, di mana jumlah pemain telah mengkrucut menjadi tiga pemain saja sehingga persaingan dapat lebih kuat dan sehat. 

    Dengan modal spektrum frekuensi, BTS, hingga nilai proposisi atau keunggulan yang ditawarkan, ketiganya berupaya untuk memikat hati pelanggan. 

    Berikut data terakhir seputar jumlah BTS, spektrum, dan keunggulan Telkomsel, Indosat, dan XLSmart pada 2025:

    Telkomsel 

    PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengoperasikan 271.040 BTS, termasuk 221.290 4G BTS and 975 5G BTS pada 2024 untuk sebagai langkah untuk menyambut masa depan digital Indonesia. Telkomsel saat ini masih tercatat sebagai perusahaan dengan jumlah BTS terbanyak dan terluas di Indonesia.

    Jumlah BTS tersebut bertambah 23.568 unit dibandingkan dengan 2023, dengan perincian 23.452 unit BTS 4G dan 321 unit BTS 5G. Sisanya BTS 2G. 

    Dengan ratusan ribu BTS tersebut dan total spektrum frekuensi yang dioperasikan Telkomsel mencapai 145 MHz+50 MHz untuk melayani 159 juta pelanggan pada 2024. 

    Adapun Telkomsel tengah memperkuat posisinya sebagai perusahaan telekomunikasi dengan jaringan 5G terluas di Indonesia. Sejumlah kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, hingga Bali akan memiliki jaringan 5G berkesinambungan tanpa putus. 

    Petugas meningkatkan kapasitas BTS

    Indosat 

    PT Indosat Tbk. (ISAT) terus memperluas jaringan yang dimiliki. Sejak merger dengan Tri pada 2022, Indosat telah menambah cakupan layanan kepada lebih dari 10 juta populasi di Indonesia, dengan 16.400 desa yang sebelumnya tak terlayani kini dapat menikmati layanan Indosat. 

    Indosat memiliki lebih dari 250.300 BTS pada 2024. Jumlah tersebut bertambah sekitar 20.800 BTS dibandingkan dengan 2023 yang berjumlah 229.500 BTS. Adapun BTS 4G mendominasi pada 2024 dengan total mencapai 196.300 BTS atau bertambah 17.200 BTS. 

    Sementara itu BTS 2G tercatat sebesar 53.900 atau bertambah 3.500 BTS secara tahunan. Pertumbuhan BTS 2G yang lebih rendah sejalan dengan bisnis seluler yang telah beralih dari layanan suara dan SMS ke layanan berbasis data atau internet.  Indosat mengalokasikan belanja modal (capex) sebesar Rp13 triliun pada 2025 untuk memperluas jaringan, meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan, hingga mengadopsi teknologi terbaru seperti kecerdasan buatan.

    Indosat menggunakan total spektrum frekuensi 135 MHz untuk melayani 94,7 juta pelanggan pada 2024. Indosat terus mendorong layanannya ke Indonesia Timur, sekaligus menghadirkan nilai tambah lewat kecerdasan buatan (AI). 

    XLSmart dan China Telecom …

  • 70 Tahun KAA Bandung refleksi strategis langkah diplomasi Indonesia

    70 Tahun KAA Bandung refleksi strategis langkah diplomasi Indonesia

    Sejumlah bendera negara peserta Konfrensi Asia Afrika (KAA) terpasang di belakang pengunjung yang berswafoto di ruang utama sidang Konfrensi Asia Afrika (KAA) di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/4/2025). Konferensi Asia Afrika tahun ini menjadi peringatan ke-70 sejak pertama kali dilaksanakan pada 18 April 1955 yang diikuti 29 negara di Gedung Merdeka itu bertujuan sebagai solidaritas, persatuan serta menggelorakan semangat bagi negara-negara Asia dan Afrika dalam menyelesaikan masalah global. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/Spt. (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

    70 Tahun KAA Bandung refleksi strategis langkah diplomasi Indonesia
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 20 April 2025 – 07:35 WIB

    Elshinta.com – Semangat Konferensi Asia-Afrika di Bandung (1955) semakin relevan di tengah ketidakpastian global, terutama yang dipicu rivalitas antara Amerika Serikat (AS) dan China. Itu sebabnya negara-negara Dunia Selatan perlu mendorong kerja sama lebih erat dan strategis. Di tengah perubahan tatanan global, semangat Konferensi Asia Afrika (KAA), justru semakin relevan.

    Dunia Selatan perlu mengaktualisasikan semangat Deklarasi Bandung, agar selaras dengan situasi global mutakhir. Upaya itu kian penting, mengingat akhir-akhir ini relasi dunia lebih diwarnai pendekatan unilateral, terutama oleh kekuatan-kekuatan utama dunia. Dalam peta politik global seperti itu, Deklarasi Bandung 1955 yang salah satu poinnya menyatakan negara Asia-Afrika memiliki hak menentukan nasib sendiri, masih terasa relevan.

    KAA sendiri berlangsung pada 18-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung. KAA dihadiri oleh 29 negara, dengan Indonesia dan India sebagai motornya. Kesepakatan penting dari KAA yang selalu aktual adalah, negara partisipan menyatakan, mereka bebas dari kolonialisme, imperialisme, termasuk juga kemiskinan, ketidaktahuan, dan ketakutan.

    Mendorong perdamaian

    Dalam rangkaian lawatan ke kawasan Timur Tengah baru-baru ini, masing-masing ke Uni Emirat Arab, Turki, Mesir, Qatar dan Jordania, Presiden Prabowo kembali menegaskan komitmen Indonesia pada prinsip politik luar negeri yang bebas-aktif dan netral, sekaligus mengedepankan hubungan damai dengan semua negara. Pernyataan itu disampaikan dalam sesi ADF Talk pada Antalya Diplomacy Forum (ADF) 2025, di Antalya, Turki (Jumat, 11/4).

    Presiden Prabowo menjelaskan bahwa prinsip ini telah menjadi landasan diplomasi Indonesia sejak era pendiri bangsa, termasuk ketika Indonesia bersama India, Mesir, dan Yugoslavia mempelopori Gerakan Non-Blok pada 1961.

    “Rakyat kami tidak ingin terlibat dalam aliansi atau blok militer manapun. Kami memilih netral,” tegasnya. Prabowo juga mengutip filosofi kuno Asia yang dipegang teguh dalam kebijakan luar negeri Indonesia: “Seribu teman terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak.”

    Prinsip ini menurut Prabowo, menjadi kunci menjaga stabilitas dan perdamaian. Presiden mencontohkan bagaimana prinsip serupa diterapkan dalam ASEAN, di mana negara-negara anggota memilih dialog daripada konflik meski memiliki perbedaan. “Kita lebih memilih bicara, bicara, dan bicara. Meski terkadang membosankan, itu lebih baik daripada bertikai,” ucap Prabowo.

    Presiden Prabowo menegaskan visinya untuk menjadikan Indonesia sebagai mediator dan jembatan dalam hubungan internasional, khususnya di antara negara-negara besar. Indonesia ingin menjaga hubungan baik dengan semua kekuatan global, sekaligus mengharapkan penghormatan yang sama terhadap kedaulatan masing-masing. Komitmen ini tercermin dalam kebijakan “bertetangga baik” yang menjadi pilar diplomasi Indonesia sejak awal kepemimpinannya.

    Selaras dengan gagasan Prabowo (selaku Menhan) saat berbicara dalam forum Shangri-La Dialogue, pertengahan tahun lalu di Singapura, bahwa baik di kawasan maupun global, Indonesia akan lebih memosisikan diri sebagai “tetangga yang baik” (good neighbour policy).

    Di kawasan, kebijakan ini mengakar pada nilai-nilai Asia yang lebih menitikberatkan pada sisi harmoni daripada keakuan, lebih pada rasa ketimbang semata-mata rasio. Gagasan Prabowo berbasis pada tradisi di negeri kita, bahwa tetangga merupakan pihak yang dekat, yang akan menolong kita ketika sedang menghadapi kesulitan. Tetangga yang akan segera datang menolong, bukan saudara kandung yang tinggal berjauhan.

    Good neighbour policy diyakini bisa diterapkan dalam kehidupan bernegara. Seperti sikap saling menghormati dan menghargai, menjadi opsi untuk penyelesaian seandainya ada sengketa wilayah, sebagaimana ketegangan di LCS (Laut Cina Selatan) beberapa waktu lalu.

    Muhibah Prabowo ke Timur Tengah (termasuk Turki) sejatinya juga sejalan dengan kebijakan politik luar negeri (polugri) bebas aktif. Sehingga perjalanan Prabowo menemui pemimpin negara sahabat dan terlibat dalam sejumlah konferensi internasional sesuai dengan prinsip bebas aktif tersebut.

    Bebas – aktif sudah menjadi prinsip polugri RI sejak lama. Bebas mengacu pada keleluasaan memilih langkah diplomasi sesuai kepentingan nasional tanpa tekanan dari pihak asing. Aktif merujuk kontribusi Indonesia dalam upaya perdamaian dunia. Prabowo memastikan, sebagai negara nonblok, Indonesia tidak akan berpihak kepada poros tertentu. Menurut Prabowo, Indonesia akan lebih mengedepankan sikap saling menghormati eksistensi, martabat dan kedaulatan setiap negara.

    Tokoh global

    Langkah Presiden Prabowo untuk berperan aktif dan konstruktif untuk mencari solusi atas problem kemanusiaan di dunia patut diapresiasi. Meski secara geografis, lokasi Indonesia jauh dari Timur Tengah, sebagai negara Muslim terbesar, Indonesia bisa menjadi aktor penting dalam mencari solusi damai sehubungan krisis berlarut di Timur Tengah.

    Setiap pemimpin tentu memiliki idealisme, kebijakan, dan pendekatan berbeda dalam melaksanakan hubungan luar negeri. Satu hal yang pasti, para pemimpin ingin melihat kehidupan rakyatnya lebih baik dan citra negaranya dihormati dalam pergaulan politik dunia.

    Prabowo yang berlatar belakang militer, mungkin saja lebih tertarik pada isu pertahanan – keamanan dan geopolitik di kawasan. Dengan rekam jejaknya yang panjang dalam atmosfer internasional, bahkan sejak masih belia, diperkirakan Prabowo akan lebih aktif menyuarakan kepentingan Indonesia di konferensi internasional dan forummultilateral.

    Politik luar negeri bebas aktif yang secara konsisten dipilih pemerintah Republik Indonesia diyakini akan hadir dalam bentuk yang berbeda di era kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto. Prabowo bakal membawa gaya diplomasi kebijakan luar negeri yang lebih aktif, aspiratif, tapi juga sekaligus lebih tegas.

    Dengan pendekatan seperti itu, sangat mungkin Indonesia akan memainkan peran yang lebih besar dan strategis di tengah situasi geopolitik global yang amat dinamis. Indonesia juga akan lebih kuat memosisikan diri di antara dua kekuatan raksasa dunia, AS dan Tiongkok, tidak sekadar menjadi mitra dagang yang kemudian terjebak dalam ketergantungan berlebihan terhadap dua poros tersebut.

    Pada saat yang sama, momentum tersebut bisa dimaksimalkan oleh Indonesia untuk menanam fondasi hubungan yang lebih kuat dengan kekuatan besar dunia, tanpa mesti menggadaikan sikap politik nonblok yang tetap dipegang teguh. Lawatan Presiden Prabowo ke sejumlah negara untuk pertemuan bilateral dan multilateral itu patut didukung sebagai langkah awal penerapan kebijakan luar negeri Indonesia.

    Ada harapan besar bahwa di pemerintahan Prabowo, Indonesia akan mampu berperan dan berpartisipasi aktif dalam dinamika global yang penuh ketegangan geopolitik maupun ekonomi. Yang pertama dan utama, sesuai dengan konstitusi yang mengamanatkan prinsip antipenjajahan, tentu saja pemerintah Indonesia mesti menggarisbawahi isu penindasan yang terjadi di Palestina.

    Presiden harus menyuarakan dengan lantang penolakan terhadap Israel yang telah menjajah Palestina, bahkan diduga melakukan genosida.

    Harus diakui, ketegangan politik di Timur Tengah, juga perang yang belum mereda antara Rusia dan Ukraina, punya dampak signifikan, terutama pengaruhnya terhadap kebutuhan energi dan pangan bagi negara-negara di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia sudah merasakan imbasnya.

    Ikhtiar Prabowo juga mendapat apresiasi dari komunitas internasional. Indonesia juga bukan negara adidaya.

    Namun dengan pengetahuan dan keaktifan Presiden Prabowo membangun dukungan dan kepercayaan para pemimpin global, kiranya kita layak berharap setidaknya Prabowo akan mampu memaksimalkan kekuatan dan kontribusi Indonesia dalam penyelesaian krisis global, baik politik maupun ekonomi.

    Presiden Prabowo Subianto bersama sembilan presiden dan perdana menteri dari berbagai negara diprediksi menjadi pemimpin dunia berpengaruh, baik di tingkat kawasan maupun global, menurut harian terbesar di Singapura The Straits Times.

    Dalam artikel berjudul “Meet the 10 world leaders to watch in 2025” yang disiarkan The Straits Times, awal Januari lalu, Prabowo masuk daftar 10 pemimpin yang menjadi tokoh global bersama Presiden AS Donald Trump, Perdana Menteri (PM) China Xi Jinping, PM Jepang Shigeru Ishiba, PM India Narendra Modi, Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Australia Anthony Albanese, dan PM Malaysia Anwar Ibrahim.

    Ada beberapa aspek yang menjadi sorotan The Straits Times, sehingga Prabowo masuk daftar pemimpin dunia yang diprediksi mempengaruhi dinamika di kawasan regional dan global. Dalam artikelnya itu, Prabowo dinilai berpeluang akan menjadi sosok yang dominan dalam kepemimpinan di kawasan.

    The Straits Times menyebut beberapa langkah tegas pemerintahan Prabowo dalam beberapa forum-forum multilateral, misalnya saja keinginan Indonesia untuk bergabung sebagai anggota penuh BRICS. The Straits Times lanjut menilai Presiden Prabowo tak ragu untuk menempuh pendekatan luar negeri yang berbeda dari pendahulunya, termasuk di antaranya memperkuat hubungan dan meningkatkan kerja sama antara Indonesia dengan Rusia dan China.

    Sumber : Antara

  • Honda Fit Terbaru Siap Meluncur di China, Kok Tampangnya Begini?

    Honda Fit Terbaru Siap Meluncur di China, Kok Tampangnya Begini?

    Jakarta

    Honda Fit siap dipasarkan di China dengan tampilan eksterior yang jauh berbeda dari Honda Fit yang dijual di Jepang. Jika Honda Fit versi Jepang punya desain lampu depan yang ‘belo’, maka Fit versi China ini justru punya tampilan lampu depan yang terpisah dan sipit.

    Dikutip dari Carscoops, foto-foto calon Honda Fit terbaru dibocorkan oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China. Foto-foto memperlihatkan mobil ini telah didesain ulang, sehingga hampir tidak menyerupai model sebelumnya. Sepintas, mobil ini malah terlihat lebih mirip Toyota Yaris ketimbang Honda Fit versi sebelumnya.

    Honda Fit versi China (atas) dan versi Jepang (bawah) Foto: Carscoops

    Dari bagian fascia, model lampu ‘belo’ yang sebelumnya menyatu dengan fungsi lampu depan, lampu DRL, dan lampu sein, kini susunannya digantikan. Pada Fit model anyar, lampu utamanya dibikin terpisah, dan di atasnya ada lampu DRL dan lampu sein yang desainnya tipis dan agresif, menyatu dengan bagian grille.

    Oh iya, Honda Fit yang dibuat di China merupakan versi facelift yang diproduksi oleh perusahaan patungan GAC (China) dan Honda (Jepang). Mobil ini akan memiliki panjang sekitar 4.196 mm (165,2 inci), yang sedikit lebih panjang dari model sebelumnya.

    Di balik kap mobil ini terdapat mesin bensin empat silinder 1,5 liter iVTEC naturally aspirated yang sama seperti sebelumnya. Mesin ini menghasilkan tenaga 122 dk atau lebih besar 6 dk dibanding Fit versi Jepang. Tidak seperti model Jepang yang menawarkan opsi 4WD, Fit China tetap menggunakan FWD, dipasangkan dengan transmisi CVT.

    Sekadar informasi, generasi keempat Honda Fit atau Honda Jazz kalau di Indonesia, meluncur kali pertama pada 2019 dan mengalami sedikit perubahan tampilan pada tahun 2022 untuk pasar Jepang dan Eropa. Meski tampilannya seperti minivan, Honda Fit secara teknis masih merupakan mini hatchback.

    Sementara itu, di perusahaan patungan Dongfeng-Honda, ada model lain berbasis Fit yang ditawarkan di China yang disebut Life. Model ini berbeda dari GAC-Honda Fit berkat bemper depan yang sedikit berbeda dan lampu belakang berwarna merah muda.

    Dongfeng-Honda Life telah hadir sejak 2020 dan juga diharapkan akan segera mendapatkan pembaruan segera. Dongfeng-Honda Life baru kemungkinan akan tetap mendekati desain versi Eropa dan Jepang.

    (lua/riar)

  • Jarang-jarang Mobil Mewah Masuk Daftar Terlaris, Segini Denza D9 yang Terjual di RI

    Jarang-jarang Mobil Mewah Masuk Daftar Terlaris, Segini Denza D9 yang Terjual di RI

    Jakarta

    BYD Denza D9 nampaknya berhasil membetot perhatian orang tajir di Indonesia. Mobil listrik premium itu masuk dalam daftar 20 mobil terlaris per Maret 2025. Jarang-jarang mobil mewah bisa masuk, lho!

    Perlu diketahui, mobil terlaris per Maret 2025 adalah Toyota Kijang Innova Zenix dan Reborn. MPV itu memimpin pasar penjualan otomotif di Indonesia, totalnya 5.353 unit. Kalau dibandingkan bulan lalu terjadi penurunan. Sebab pada Februari 2025, total penjualan MPV itu bisa tembus 6.008 unit.

    Kejutan datang dari Denza, brand China yang mulai menggoda konsumen Indonesia lewat MPV premium Denza D9. Mobil listrik itu berada di urutan ke-11 daftar 20 mobil terlaris di Indonesia per Maret 2025 dengan total penjualan 1.587 unit!

    Kalau dilihat data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) secara bulan ke bulan, penjualan Denza terlihat signifikan. Sebab pada bulan lalu Denza D9 cuma mendistribusikan 912 unit. Naik dari Januari yang cuma mengirimkan 25 unit. Artinya sepanjang Januari-Maret 2025, Denza D9 sudah mencapai angka 2.524 unit.

    Seperti diketahui Denza baru memasarkan model D9 di Indonesia. Berdasarkan data wholesales Gaikindo ecara total pasar otomotif nasional, Denza sudah mengambil pasar 1,2 persen. Merek premium dari BYD ini menempati posisi ke-13 sebagai merek mobil terlaris di Indonesia.

    Harga yang lebih rendah ini menjadikan Denza D9 sebagai pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan kendaraan premium dengan harga kompetitif. Denza D9 dipasarkan dengan harga Rp 950 juta.

    Di sisi lain, keunggulan Denza D9 karena ini mobil listrik. Sekali baterai dicas penuh mampu menampung hingga tujuh penumpang hingga menempuh tempuh jarak 600 kilometer. Denza D9 menawarkan performa yang mengesankan dengan akselerasi halus dan efisiensi energi yang luar biasa dimana memiliki waktu akselerasi yang mengesankan mencapai 9.5 detik pada jarak 0-100 km.

    Apalagi Pemerintah Indonesia memberikan insentif bagi produsen kendaraan listrik, yang turut mendukung penurunan harga jual kendaraan listrik. Belum lagi insenfif perpajakan yang membuat mobil ini lebih murah untuk dimiliki.

    Berikut ini penjualan Denza D9 sepanjang Januari-Maret 2025

    Denza D9

    Januari: 25 unitFebruari: 912 unitMaret: 1.587 unit

    Total: 2.524 unit

    (riar/lua)

  • Bukan Indonesia, Leapmotor Mulai Produksi Lokal di Negara Tetangga pada Akhir 2025

    Bukan Indonesia, Leapmotor Mulai Produksi Lokal di Negara Tetangga pada Akhir 2025

    JAKARTA – Leapmotor merek otomotif asal China akan mulai produksi lokal kendaraannya di Malaysia pada akhir 2025, setelah produksi di Eropa yang dimulai tahun lalu.

    Mengutip dari laman CNevpost, Sabtu, 19 April 2025, proyek tersebut akan berpusat di pabrik Gurun milik Stellantis yang punya investasi awal sebesar 5 juta euro. Perusahaan berencana untuk meluncurkan produksi lokal Sport Utility Vehicle (SUV) C10.

    Leapmotor C10 pertama kali dipasarkan di China pada 2 Maret 2024, di negara asal mobil ini hadir dengan dua versi, yakni EREV dan BEV, yang dibanderol mulai dari 128.800 yuan atau kisaran Rp297 jutaan.

    Setelah beberapa bulan, perusahaan mulai memasarkan model tersebut di Eropa atau pada 24 September 2024. Pada awal tahun ini, Leapmotor masukan teknologi EREV C10 untuk pasar Eropa.

    Balik ke produksi lokal di Malaysia, sebagai pusat manufaktur regional Stellantis, pabrik Gurun memiliki lokasi yang strategis dan kemampuan manufaktur otomotif yang terbukti baik.

    Pabrik tersebut dapat secara efisien meningkatkan produksi dan distribusi ke pasar-pasar tetangga ASEAN.

    Kehadiran di Indonesia

    Seperti diberitakan VOI sebelumnya, Leapmotor akan hadir di Indonesia di bawah naungan PT Indomobil Nation Distributor.

    Chief Executive Officer (CEO) PT Indomobil Nation Distributor, Tan Kim Piauw, mengungkapkan saat ini telah menjalin komunikasi dengan prinsipal terkait kehadiran di Tanah Air.

    “Kami berharap dalam waktu dekat bisa memperkenalkan satu merek baru ke pasar Indonesia,” katanya, saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta, beberapa waktu lalu.

  • KCIC Catat 87.077 Pelanggan WNA Manfaatkan Layanan Whoosh di Kuartal I-2025

    KCIC Catat 87.077 Pelanggan WNA Manfaatkan Layanan Whoosh di Kuartal I-2025

    JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat, sebanyak 87.077 pelanggan Warga Negara Asing (WNA) telah memanfaatkan moda transportasi Whoosh selama Januari-Maret 2025.

    Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Anne Purba mengatakan, angka ini meningkat sebesar 79,9 persen dibandingkan periode yang sama pada 2024, yakni sebanyak 48.391 pelanggan.

    “Lonjakan ini menunjukkan Kereta Cepat Whoosh tidak hanya diminati oleh masyarakat domestik, tetapi juga telah menjadi pilihan utama wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia,” ujar Anne dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 19 April.

    Peningkatan jumlah pelanggan WNA terlihat signifikan sejak awal tahun. Pada Januari 2025, Whoosh melayani 35.881 pelanggan asing, naik signifikan 167,9 persen dibandingkan Januari 2024 yang mencatat 13.387 pelanggan.

    Sementara itu, pada Februari 2025, jumlahnya mencapai 35.914 pelanggan, tumbuh sebesar 70,8 persen dibandingkan Februari 2024 sebanyak 21.026 pelanggan.

    Sedangkan pada Maret 2025 mencatatkan 15.282 pelanggan WNA, naik 9,3 persen dari bulan yang sama tahun sebelumnya, yakni 13.978 pelanggan.

    Menurut Anne, tren peningkatan ini mencerminkan keunggulan Whoosh sebagai moda transportasi modern yang mampu menjawab kebutuhan wisatawan internasional, khususnya dalam hal kecepatan, kenyamanan dan kemudahan akses.

    “Dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari Jakarta ke Bandung, Kereta Cepat Whoosh memberikan efisiensi luar biasa bagi wisatawan asing, khususnya mereka yang memiliki waktu terbatas namun ingin menjelajah lebih banyak destinasi,” ucapnya.

    Berdasarkan kewarganegaraan, pelanggan WNA terbanyak pada periode Januari hingga Maret 2025 berasal dari Malaysia, disusul oleh Singapura dan China. Ketiga negara ini memberikan kontribusi besar terhadap lonjakan jumlah penumpang asing yang memilih menggunakan Whoosh sebagai sarana transportasi mereka.

    Kondisi ini sejalan dengan tren positif kunjungan wisatawan dari Asia Tenggara dan Tiongkok ke Indonesia.

    Peningkatan jumlah pelanggan WNA ini juga menjadi indikator bahwa strategi promosi pariwisata Indonesia yang terintegrasi dengan kemudahan akses transportasi mulai menunjukkan hasil positif.

    “Ke depan, kami akan terus berinovasi agar Whoosh tidak hanya menjadi kebanggaan transportasi nasional, tetapi juga simbol kemajuan Indonesia yang mampu bersaing secara global,” pungkas Anne.