Negara: Republik Rakyat Cina

  • HP China Pembunuh iPhone 16 Rilis, Harganya Bikin Kaget

    HP China Pembunuh iPhone 16 Rilis, Harganya Bikin Kaget

    Jakarta, CNBC Indonesia – Vivo resmi meluncurkan flagship terbarunya Vivo X200 Ultra di China. Mengusung spesifikasi gahar dan kamera canggih, ponsel ini digadang-gadang sebagai “pembunuh” iPhone 16.

    Vivo X200 Ultra mengandalkan layar 6,78 inci QHD+ LTPO AMOLED quad-curved dengan refresh rate 120Hz.

    Di dapur pacu, perangkat ini dibekali Snapdragon 8 Elite yang dipadukan dengan GPU Adreno 830.

    Smartphone ini berjalan di atas OriginOS 5 berbasis Android 15. Vivo menjanjikan dukungan pembaruan hingga 4 kali Android major update dan 5 tahun update keamanan. Vivo X200 Ulra juga telah mengantongi sertifikasi IP68 dan IP69, tahan air dan debu ekstrem.

    Yang paling menonjol pada HP ini adalah sektor kameranya. Vivo X200 Ultra dibekali kamera utama 50MP menggunakan sensor Sony LYT-818 berukuran besar (1/1.28 inci). Menariknya, kamera ultrawide-nya juga menggunakan sensor yang sama. Dan yang menjadi highlight kamera pada ponsel ini, yakni kehadiran periskop 200MP ISOCELL HP9 dengan zoom optik 3,7x.

    Tak hanya itu, Vivo membenamkan dua chip imaging khusus, V3+ dan VS1, yang membuat kualitas foto lebih halus menggunakan kecerdasan buatan (AI). Untuk zoom, Vivo menawarkan lensa tambahan ZEISS dengan kemampuan zoom optik hingga 8,7x.

    VIVO X200 Ultra mampu merekam 4K 120fps, 4K 60fps 10-bit log, bahkan 8K 30fps, membuatnya setara kamera profesional mini dalam genggaman.

    Untuk daya tahan, Vivo X200 Ultra dipersenjatai baterai jumbo 6.000mAh dengan fast charging kabel 100W dan wireless charging 30W. Fitur tambahan seperti reverse charging dan fingerprint di layar juga tersedia.

    Harga Vivo X200 Ultra di China

    12GB/256GB: CNY 6.499 (sekitar Rp14,7 juta)

    16GB/512GB: CNY 6.999 (sekitar Rp15,8 juta)

    16GB/1TB: CNY 7.999 (sekitar Rp18 juta)

    Ponsel ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Hitam, Merah, dan Putih dengan motif koper Rimowa.

    HP China terus-terusan menunjukkan inovasi canggih dengan harga yang relatif masih di bawah HP premium buatan Apple. Hal ini bisa makin menyulitkan penjualan iPhone di China yang merupakan pasar HP terbesar di dunia. 

    iPhone Terpuruk di China 

    Pasar HP China membara di kuartal-I (Q1) 2025. Firma riset IDC melaporkan sebanyak 71,6 juta unit HP dikapalkan dalam periode 3 bulan pertama di 2025.

    Angka itu menunjukkan pertumbuhan 3,3% secara tahun-ke-tahun (YoY). Kinerjanya lebih baik dibandingkan pertumbuhan pasar HP global yang ‘hanya’ 1,5% YoY, dikutip dari laman IDC.

    Pendorong utama pertumbuhan pasar HP China adalah kebijakan subsidi dari pemerintahan Xi Jinping yang diperpanjang hingga Januari 2025. Counterpoint mencatat kebijakan tersebut juga merupakan faktor pendorong utama pertumbuhan pasar HP global.

    China merupakan pasar HP terbesar di dunia. Pertumbuhan di China akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan pasar HP di dunia.

    Meski Apple menduduki posisi pertama sebagai ‘raja’ HP global, namun posisinya di China kian melemah. Pada Q1 2025, hanya 9,8 juta unit iPhone terjual di China. Pertumbuhannya merosot 9% YoY. 

    “Ketegangan AS-China telah memicu kekhawatiran. Namun, kabar baiknya pertumbuhan pasar HP di Q1 2025 memberikan posisi lebih baik bagi pemain pasar HP untuk menghadapi tantangan sepanjang tahun,” kata Will Wong, Senior Research Manager untuk Client Devices di IDC APAC.

    Xiaomi mencatat pertumbuhan paling besar mencapai 39,9% YoY di Q1 2025. Merek tersebut berhasil menduduki posisi pertama sebagai raja HP China dengan pangsa pasar 13,3 juta unit atau setara dengan pangsa pasar 18,6%.

    Posisi kedua diduduki Huawei dengan pertumbuhan 10% YoY. Huawei yang disebut sebagai ‘pembunuh iPhone’ berhasil menjual 12,9 juta unit HP dan meraup pangsa pasar 18%.

    Di posisi ketiga dan keempat masing-masing diduduki Oppo dan Vivo yang tumbuh single-digit, secara berurutan 3,3% dan 2,3%.

    (fab/fab)

  • BPJPH dan BPOM Temukan 9 Produk Mengandung Babi, 7 di Antaranya Berlabel Halal, Berikut Daftarnya – Halaman all

    BPJPH dan BPOM Temukan 9 Produk Mengandung Babi, 7 di Antaranya Berlabel Halal, Berikut Daftarnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA– Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkap temuannya ada 7 produk berlabel halal yang ternyata mengandung babi

    Temuan ini didapat saat pengawasan peredaran Obat dan Makanan terkait klaim kehalalan produk.

    Berdasarkan hasil pengawasan, ditemukan 11 (sebelas) batch produk dari 9 (sembilan) produk pangan olahan yang mengandung unsur babi (porcine).

    Dibuktikan melalui pengujian laboratorium untuk parameter uji DNA dan/atau peptida spesifik porcine. 

    “Dari sembilan produk tersebut, terdapat 9 (sembilan) batch produk dari 7 (tujuh) produk yang sudah bersertifikat halal, dan 2 (dua) batch produk dari 2 (dua) produk yang tidak bersertifikat halal,” tulis BPJPH dilansir dari siaran pers resmi, Selasa (22/4/2025).

    Terhadap 7 (tujuh) produk yang telah bersertifikat dan berlabel halal, BPJPH telah memberikan sanksi berupa penarikan barang dari peredaran. 

    Hal ini sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.

    Untuk 2 (dua) produk lainnya, terindikasi tidak memberikan data yang benar dalam registrasi produk, BPOM telah menerbitkan sanksi berupa peringatan dan menginstruksikan pelaku usaha untuk segera menarik produk dari peredaran.

    Hal ini sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

    Atas temuan tersebut, Kepala BPJPH Ahmad Haikal Hasan mengimbau kepada semua pihak terkait untuk menaati seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

    Sebab, sertifikasi halal bukanlah sekadar mekanisme pemenuhan kewajiban administratif semata, melainkan sebagai wujud komitmen terhadap regulasi yang wajib ditaati dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

    “Sertifikat halal adalah representasi standar halal yang tertuang dalam Sistem Jaminan Produk Halal yang harus diimplementasikan dalam proses produk halal secara konsisten, sehingga produk benar-benar terjaga kehalalannya dari waktu ke waktu,” jelas Ahmad Haikal Hasan.

    Berikut Daftar 9 Produk Mengandung Unsur Babi

    Berikut daftar sembilan produk makanan olahan yang mengandung unsur babi (porcine).

    Tujuh di antaranya telah bersertifikat halal.

    Corniche Fluffy Jelly (Filipina) – bersertifikat halal
    Corniche Marshmallow Rasa Apel Bentuk Teddy (Filipina) – bersertifikat halal
    ChompChomp Car Mallow (bentuk mobil, China) – bersertifikat halal
    ChompChomp Flower Mallow (bentuk bunga, China) – bersertifikat halal
    ChompChomp Marshmallow Bentuk Tabung (Mini Marshmallow, China) – bersertifikat halal
    Hakiki Gelatin – bersertifikat halal
    Larbee-TYL Marshmallow Isi Selai Vanila (China) – bersertifikat halal
    AAA Marshmallow Rasa Jeruk (China) – tidak bersertifikat halal
    SWEETIME Marshmallow Rasa Coklat (China) – tidak bersertifikat halal.

  • GAC AION Janji Bakal Lama di Indonesia, Belajar dari Toyota-Honda

    GAC AION Janji Bakal Lama di Indonesia, Belajar dari Toyota-Honda

    Guangzhou

    Stigma pabrikan China yang kerap datang dan pergi masih menghantui. Namun GAC AION tampaknya ingin mematahkan hal tersebut.

    GAC mengklaim hadir dengan strategi yang disebut-sebut mirip ‘cara main’ pabrikan Jepang yakni konsisten, membangun ekosistem, dan berorientasi jangka panjang.

    Saat ditemui oleh detikcom dalam kunjungan ke Guangzhou, China, GAC AION bahkan secara terang-terangan menyebut mereka belajar langsung dari Toyota dan Honda, notaben dua merek Jepang paling senior di Indonesia.

    “Pertama-tama kami ingin menyampaikan bahwa kami sudah bekerjasama dengan Toyota dan Honda selama lebih dari 20 tahun, jadi kami belajar banyak dari Honda dan Toyota dalam hal strategi jangka panjang,” ujar Wei Haigang, President GAC International kepada detikcom.

    Tak sampai di situ, Wei juga menyebut ada orang yang melihat GAC lebih mirip seperti pabrikan Jepang dibandingkan pabrikan China lainnya.

    “Seseorang juga mengatakan kepada kami, dalam beberapa perspektif kita bisa melihat sesuatu seperti Jepang. Sehingga GAC seperti bukan merek China. Kami selalu mengikuti strategi jangka panjang,” lanjut Wei.

    Perlu diketahui, GAC AION resmi masuk ke pasar Indonesia sejak 2024 lalu. Menariknya, mereka tak butuh waktu lama untuk mencatatkan angka penjualan yang cukup impresif.

    Data menunjukkan, penjualan AION di Maret 2025 meroket hingga lebih dari 500 persen dibanding bulan sebelumnya. Pada Maret 2025, AION berhasil mendistribusikan 959 unit ke konsumen.

    “Sejak masuk ke pasar Indonesia, kami memilih untuk bekerjasama dengan grup Indomobil dan kami ingin, seperti yang kami katakan dan kami lalukan di Indonesia, yakni untuk berkontribusi untuk Indonesia,” papar Wei.

    GAC AION juga tidak datang dengan tangan kosong. Mereka telah menyiapkan sejumlah lini kendaraan listrik untuk berbagai segmen. Bahkan, dalam waktu dekat, mereka siap memulai produksi mobil di dalam negeri.

    “Kami juga akan melakukan bisnis dengan memproduksi mobil secara lokal dan beroperasi secara lokal. Kami tidak hanya ingin memberikan produk kepada pelanggan, tapi juga membangun ekosistem. Iya kita akan mulai dengan satu produk, dan akan banyak lagi produk, termasuk ekosistemnya,” tutup Wei.

    (mhg/dry)

  • Propaganda Perang Dagang China Vs AS, Pasar Mangga Dua dan Tuduhan Barang Branded Buatan AS – Halaman all

    Propaganda Perang Dagang China Vs AS, Pasar Mangga Dua dan Tuduhan Barang Branded Buatan AS – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perang dagang China Vs Amerika Serikat (AS) memasuki babak baru.

    Setelah kenaikan tarif impor antara AS Vs China, perang dagang dilanjutkan dengan propaganda dagang.

    Pekan lalu sejumlah influencer China di media sosial terutama TikTok menegaskan bahwa barang-barang yang di-branded mewah oleh Amerika dan Eropa merupakan buatan China.

    Diantaranya, seperti dikutip dari CNN International, seorang pengguna TikTok bernama Wang Sen mengaku sebagai produsen asli untuk sebagian besar barang mewah dunia.

    Dalam videonya, ia tampak memegang tas mewah bermerek Birkin.

    Terlihat para pekerja pabrik tengah membuat tas-tas mewah yang nantinya akan diekspor ke luar negeri.

    Wang Sen mengatakan bahwa brand-brand mewah tersebut dibeli  China, lalu orang di Amerika menempelkan label merek mereka sendiri, seolah-olah tas-tas itu dirancang oleh desainer di Eropa.

    “Mengapa kalian tidak menghubungi kami dan membeli langsung dari kami? Kalian tidak akan percaya harga yang kami tawarkan,” katanya.

    Video tersebut kemudian dihapus dari aplikasi TikTok tapi di-repost sejumlah akun dan tersebar luas di X.

    Bukan hanya Wang Sen, sejumlah influencer dari China juga mengatakan hal senada dan viral di TikTok.

    Dibalas Amerika, Indonesia Jadi Sasaran

    Tidak tinggal diam, Amerika Serikat atau AS juga membalas propaganda China itu.

    Sejumlah negara kena dampaknya termasuk Indonesia.

    Dalam 3 hari ini, AS menuding Pasar Mangga Dua di Jakarta mendistribusikan dan menjual barang-barang bajakan.

    Bukan rahasia lagi isu mengenai Pasar Mangga Dua mendistribusikan barang bajakan asal China sudah lama terdengar.

    Kendati demikian,  pemerintah RI melalui Menteri Perdagangan Budi Santoso mengatakan pihaknya akan terus mengawasi perdagangan barang-barang ilegal, termasuk di kawasan Mangga Dua, Jakarta, yang dikeluhkan  AS.

    Seperti diketahui, dalam dokumen laporan tahunan Special 301 Report 2025 yang dirilis Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR), Pasar Mangga Dua di Jakarta masuk dalam daftar hitam pusat peredaran produk palsu di dunia.

    Mangga Dua disebut sebagai “notorious market” atau pasar terkenal yang secara konsisten menjadi ladang subur bagi penjualan barang palsu mulai dari pakaian, aksesori, perangkat lunak, hingga produk bermerek internasional.

    “Mangga Dua masih menjadi pasar yang populer untuk berbagai barang palsu, termasuk tas, dompet, mainan, barang berbahan kulit, dan pakaian jadi. Hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada tindakan penegakan hukum terhadap penjual barang palsu,” tulis dokumen tersebut.

    Sebenarnya bukan hanya Indonesia yang disorot AS soal barang bajakan.

    USTR juga menyoroti dua negara lain di Asia Tenggara yakni Malaysia dan Thailand yang juga dianggap menjadi penghambat perdagangan. 

    Dalam kasus Thailand dan Malaysia, pemerintah AS juga mengeluhkan peredaran barang bajakan terutama yang dijual di kawasan Pasar Petaling Street (Kuala Lumpur) dan MBK Center (Bangkok).

    China Ancam Negara-negara yang Negosiasi dengan Trump

    Kemarin, pemerintah China mengumumkan akan menjatuhkan sanksi balasan kepada negara-negara yang melakukan negosiasi mengenai kenaikan tarif impor Amerika Serikat (AS).

    Tak dijelaskan secara rinci sanksi apa yang akan diterapkan China  kepada negara-negara yang melakukan negosiasi terhadap kenaikan tarif yang dikenakan Presiden AS Donald Trump itu.

    Namun, Kementerian Perdagangan China menegaskan bahwa Tiongkok akan mengambil tindakan balasan dan timbal balik yang tegas.

    Ancaman ini dilontarkan China setelah munculnya laporan bahwa AS berencana menggunakan negosiasi tarif untuk menekan puluhan negara agar memberlakukan hambatan baru pada perdagangan dengan China.

    “China dengan tegas menentang pihak manapun yang mencapai kesepakatan dengan mengorbankan kepentingan China. Jika ini terjadi, China tidak akan pernah menerimanya dan akan dengan tegas mengambil tindakan balasan,” kata juru bicara Kementerian Perdagangan China, dikutip dari BBC International.

    Tak hanya melontarkan ancaman, China juga memperingatkan negara-negara agar tidak lembek menghadapi perang tarif Trump.

    Presiden China  Xi Jinping pekan lalu telah mengunjungi tiga negara Asia Tenggara dalam upaya memperkuat hubungan regional, dan menyerukan mitra dagang untuk menentang intimidasi sepihak.

    China  mengatakan pihaknya sedang “meruntuhkan tembok” dan memperluas lingkaran mitra dagangnya di tengah pertikaian perdagangan.

    Taruhannya tinggi bagi negara-negara Asia Tenggara yang terjebak perang dagang AS-China,  terutama mengingat besarnya perdagangan dua arah blok ASEAN regional dengan China  dan Amerika Serikat.

    Menteri ekonomi dari Thailand dan Indonesia saat ini berada di Amerika Serikat.

    Malaysia akan bergabung akhir minggu ini, semuanya berupaya untuk melakukan negosiasi perdagangan dengan AS.

    Enam negara di Asia Tenggara dikenakan tarif berkisar antara 32 persen hingga 49%.

    ASEAN adalah mitra dagang terbesar China, dengan total nilai perdagangan mencapai $234 miliar pada kuartal pertama tahun 2025, kata badan bea cukai China minggu lalu.

    Perdagangan antara ASEAN dan AS berjumlah sekitar $476,8 miliar pada tahun 2024, menurut angka AS, menjadikan AS mitra dagang terbesar keempat blok regional tersebut.

    “Tidak ada pemenang dalam perang dagang dan perang tarif,” kata Xi dalam sebuah artikel yang diterbitkan di media Vietnam, tanpa menyebut Amerika Serikat.

     

  • 4 Calon Pemimpin Gereja Katolik usai Paus Fransiskus Meninggal, Ada yang dari Filipina!

    4 Calon Pemimpin Gereja Katolik usai Paus Fransiskus Meninggal, Ada yang dari Filipina!

    PIKIRAN RAKYAT – Gereja Katolik menghadapi momen yang menentukan saat Dewan Kardinal kembali berkumpul di Kota Vatikan untuk memilih Paus baru.

    Sebanyak 1,3 miliar umat Katolik sedunia untuk pertama kalinya mungkin memiliki pemimpin dari Asia atau Afrika, 2 kawasan yang biasanya kurang terwakili dalam hierarki tertinggi Gereja Katolik.

    Para kardinal berusia di bawah 80 tahun yang memiliki hak pilih akan melakukan sejumlah putaran pemungutan suara hingga seorang calon paus mendapat dua pertiga suara dukungan.

    Proses konklaf yang khidmat dan rahasia dimulai di Kapel Sistina Vatikan usai Paus Fransiskus dimakamkan. Berikut 4 calon pemimpin gereja katolik baru.

    Profil 4 Calon Paus Baru 1. Peter Turkson (Ghana)

    Kardinal Peter Turkson dikenal salah satu pemimpin gereja dari Afrika yang paling energetik dan dihormati di kancah internasional.

    Mantan Uskup Agung Cape Coast berusia 76 tahun itu ditunjuk sebagai Kardinal oleh Paus Yohanes Paulus II tahun 2003.

    Ia memainkan peranan penting di era Paus Fransiskus sebagai kepala Dewan Pontifikal untuk Keadilan dan Perdamaian.

    Turkson dikenal di lingkaran gereja sebagai pembela respons perubahan iklim, kemiskinan, dan keadilan ekonomi.

    Pihaknya ditugaskan Paus Fransiskus sebagai duta perdamaian untuk Sudan Selatan. Jika terpilih, Turkson akan menjadi Paus berkulit hitam pertama dan menjadi langkah bersejarah yang akan semakin mengeratkan jalinan Gereja Katolik dan Afrika.

    2. Luis Antonio Tagle (Filipina)

    Seorang calon kuat lainnya yakni Luis Antonio Tagle, mantan Uskup Agung Manila yang kerap dijuluki Fransiskus dari Asia.

    Kardinal berusia 67 tahun itu kini bertugas sebagai Prefek Kongregasi untuk Evangelisasi Bangsa-Bangsa. Ia dikenal sebagai kardinal yang liberal, Tagle senantiasa membela keadilan sosial, inklusivitas, dan kasih untuk kaum papa dan terpinggirkan.

    Jika terpilih, Tagle akan menjadi Paus pertama dari Benua Asia, titik baru dalam sejarah Gereja Katolik.

    3. Pietro Parolin (Italia)

    Kardinal Pietro Parolin bertugas sebagai Kardinal Sekretaris Negara di bawah Paus Fransiskus sejak tahun 2013. Pihaknya berperan besar dalam negosiasi Vatikan dengan pemerintah China, serta negara-negara Timur Tengah.

    Kardinal berusia 70 tahun ini sudah bertugas di Dewan Kardinal sejak 2014. Ia salah satu pejabat yang paling berpengalaman di Vatikan.

    Parolin dikenal sebagai seorang yang terus membela respons perubahan iklim, kemiskinan serta keadilan ekonomi.

    4. Peter Erdo (Hongaria)

    Seorang kardinal dari Hongaria, Erdo adalah Uskup Agung Esztergom-Budapest sejak 2003.

    Jika terpilih, Ia akan menjadi paus ke-2 yang berasal dari bekas negara komunis Eropa usai Paus Yohanes Paulus II dari Polandia.

    Calon-calon lain yang berpotensi menjadi Paus yakni Robert Sarah dari Guinea, Matteo Zuppi dari Italia serta Mario Grech dari Malta.***

     

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • 9
                    
                        Momen KRL Baru Buatan INKA Bersanding dengan KRL dari China…
                        Megapolitan

    9 Momen KRL Baru Buatan INKA Bersanding dengan KRL dari China… Megapolitan

    Momen KRL Baru Buatan INKA Bersanding dengan KRL dari China…
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Ada momen menarik dalam peringatan 100 tahun kereta rel listrik (
    KRL
    ) yang digelar PT KAI Commuter Indonesia (KCI) di Stasiun Jakarta Kota, Selasa (22/4/2025).
    Di sana, untuk pertama kalinya, KRL yang diproduksi PT Industri Kereta Api (INKA) dipamerkan di depan publik.
    Di akhir parade KRL dari masa ke masa, kereta milik INKA ditampilkan bersebelahan dengan kereta impor produksi China.
    KRL dari China tiba terlebih dahulu di peron 4 Stasiun Jakarta Kota, disusul KRL produksi Inka 10 menit kemudian di peron sebelahnya.
    Kedatangan kedua kereta tersebut disambut antusias warga dan komunitas pencinta kereta yang berkerumun di Stasiun Jakarta Kota.
    Mereka kompak merekam kedatangan KRL yang masih diuji coba tersebut dengan ponsel masing-masing.
    Salah satu pencinta kereta, Firman (20), mengaku terkagum dengan KRL baru yang belum resmi melayani penumpang di Jabodetabek itu. Ia ikut mengantre untuk berfoto di atas KRL tersebut.
    “Kayak model kereta Jepang, modern banget,” ujar Firman saat mengomentari penampilan KRL produksi INKA.
    “Kalau yang produksi China sudah sering lihat waktu uji coba. Yang produksi INKA baru ini,” imbuh pria asal Bogor itu.
    Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan, perjalanan KRL di Indonesia dimulai pada 6 April 1925, saat Indonesia masih berada di bawah penjajahan Belanda.
    KRL pertama bernama ASS 8500 atau dikenal dengan nama “Si Bon-Bon” yang dioperasikan oleh Stadsvervoerwegen SS dari Belanda. Jalur pertamanya menghubungkan Jatinegara dan Tanjung Priok.
    Selain KRL baru dari INKA dan China, kereta seri Jepang seperti 6000, 7000, 203, 8500, dan JR205 juga ditampilkan di Stasiun Jakarta Kota.
    “Kami juga menghadirkan kereta baru buatan CRRC China dan kereta buatan anak bangsa INKA yang saat ini sedang dalam tahap uji coba,” ujar Asdo.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Jajal Naik Taksi Online China ‘DiDi’ di Shanghai, Ongkosnya Bikin Kaget!

    Jajal Naik Taksi Online China ‘DiDi’ di Shanghai, Ongkosnya Bikin Kaget!

    Shanghai

    China punya layanan taksi lokal bernama DiDi Ride. Ketika berkunjung ke kawasan Shanghai untuk memenuhi undangan Jetour, redaksi detikOto menjajal kendaraan tersebut. Apa yang membuatnya berbeda dan berapa ongkos perjalanannya?

    Skema pemesanan taksi online DiDi kurang lebih mirip layanan ride-hailing di Indonesia, seperti Gocar maupun Grabcar. Kita hanya perlu menentukan titik penjemputan dan lokasi tujuan. Sementara pembayaran hanya bisa dilakukan secara cashless atau nontunai.

    Kami mencoba naik DiDi untuk menempuh perjalanan sejauh 18 km dari tempat penginapan di kawasan Hongqiao menuju Century Park. Ketika itu, kami mendapat armada Buick GL8 model lawas dengan konfigurasi enam-penumpang. Sementara ongkos yang dibayar sekira 120 yuan atau Rp 280 ribu!

    Taksi DiDi di China. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Tarif itu cukup mahal dan mengejutkan. Sebab, dalam kondisi lalu lintas yang sama di Jakarta, kita umumnya hanya perlu mengeluarkan Rp 100-120 ribu untuk menempuh jarak tersebut.

    Meski demikian, taksi DiDi yang kami tumpangi punya fasilitas khusus. Mulai dari kursinya yang model captain-seat, ada tisu dan minum gratis, hingga perjalanan yang dibuat benar-benar nyaman. Bahkan, driver-nya saja mengenakan jas dan kemeja.

    “Di sini, sopir taksi DiDi memang well-dressed, terutama yang mobilnya cukup premium. Mereka berusaha profesional karena itu (menjadi sopir) memang keseharian mereka,” ujar Betsy sebagai salah satu tour guide kami selama di Shanghai, China, Senin (21/4).

    Selain itu, sopir taksi DiDi dikenal ramah kepada penumpang. Mereka biasanya akan menjawab berbagai pertanyaan seputar lokasi di kawasan setempat. Namun, mereka masih terbatas soal penggunaan bahasa Inggris.

    “Biasanya memang hanya bicara bahasa China,” kata Betsy.

    Diketahui, kita tak bisa menggunakan layanan taksi online global seperti Grab saat berada di China. Maka, sebagai gantinya, kita memakai DiDi Ride yang memang buatan negara tersebut.

    Layanan DiDi Ride sangat tersebar dan mudah ditemukan di China. Bahkan, hingga tahun lalu, jumlah pengemudi yang berlisensi sudah mencapai 6,8 juta orang atau naik 2,5 kali lipat dibandingkan empat tahun sebelumnya.

    (sfn/dry)

  • Harga Kelapa Melonjak, Prabowo Minta Produksi di Dalam Negeri Digenjot, Mentan Lakukan Pemetaan – Halaman all

    Harga Kelapa Melonjak, Prabowo Minta Produksi di Dalam Negeri Digenjot, Mentan Lakukan Pemetaan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkap Presiden Prabowo Subianto meminta agar produksi kelapa di dalam negeri ditingkatkan.

    Saat ini, harga kelapa di dalam negeri tengah mengalami kenaikan. Stoknya juga sedang langka.

    Amran mengatakan telah memetakan daerah-daerah tempat produksi kelapa bakal digenjot. Namun, kini ia masih menunggu arahan lebih lanjut dari Prabowo.

    “Kami mau menggenjot produksi kelapa. Bapak presiden sudah minta dikembangkan. Kami sudah petakan [daerah-daerahnya], tinggal menunggu [arahan],” katanya ketika ditemui di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (22/4/2025).

    Adapun menurut Ketua Harian Himpunan Industri Pengolahan Kelapa Indonesia (HIPKI) Rudy Handiwidjaja, saat ini kelapa tengah memiliki permintaan global yang tinggi.

    Itu menjadi penyebab utama meningkatnya ekspor kelapa dari Indonesia, yang pada ujungnya berdampak terhadap pasokan dalam negeri yang semakin menipis, sekaligus mendorong harga kelapa melonjak tajam.

    “Demand terhadap produk olahan kelapa itu memang lagi trendnya positif. Jadi banyak kelapa yang memang diekspor. Demand produk olahan kelapa meningkat di seluruh dunia. Jadi diekspor kelapa ke China dan Malaysia,” kata Rudy kepada Tribunnews, Senin (21/4/2025).

    Selain faktor ekspor, ia juga mengungkap bahwa menurunnya produksi kelapa akibat kemarau panjang akhir tahun lalu turut memperburuk kondisi.

    Produksi kelapa, kata Rudy, turun hingga 60 persen, yang menyebabkan harga di pasar tradisional kini mencapai Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per butir.

    Perusahaan industri pengolahan kelapa nasional pun mulai merumahkan pegawainya karena kekurangan bahan baku.

    “Kami sudah berapa ribu karyawan yang sudah dirumahkan dari pihak industri pengolahan kelapa karena kurangan bahan baku,” kata Rudy.

    Meskipun tidak menyebutkan angka pasti, Rudy mencontohkan salah satu perusahaan besar di sektor ini, Sambu Group, yang telah merumahkan sekitar 3.500 karyawan.

    Dari situ, ia memperkirakan total pekerja yang terdampak di satu industri bisa mencapai 10 ribu orang.

    Kondisi ini, menurut Rudy, diperparah dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang juga mengandalkan bahan baku kelapa, ikut terdampak dari kondisi kekurangan bahan baku ini.

    Banyak pelaku UMKM kini disebut tidak sanggup lagi melanjutkan produksi, bahkan terpaksa menutup usahanya.

    “Untuk Sambu Group saja kurang lebih 3.500. Belum lagi industri-industri yang padat karya, yang UMKM itu, sudah gulung tikar. UMKM sudah enggak sanggup [melakukan produksi, red],” ujar Rudy.

    Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengungkap alasan serupa mengenai harga kelapa di pasaran mahal dan stoknya langka.

    Menurut dia, saat ini pengusaha memilih mengekspor kelapa karena permintaan dari global sedang meningkat, terutama dari China.

    Dengan permintaan global sedang meningkat, sedangkan harga jual di dalam negeri murah, pengusaha akhirnya memilih menjualnya ke luar negeri.

    “Itu kelapa naik harganya karena ekspor. Ekspor ke China, jadi harganya naik. Sementara industri dalam negeri kan belinya dengan harga murah, sehingga eksportir kan lebih suka berjual. Jadinya langka gitu kan. Nah sekarang kami mau cari solusinya,” kata Budi kepada wartawan di Jakarta.

    Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan sudah mempertemukan eksportir dengan pelaku usaha industri.

    Dalam pertemuan tersebut, moratorium ekspor menjadi satu dari sekian pembahasan. Budi mengatakan pemerintah dan pengusaha tengah mencari solusi terbaik.

    “Kami ketemu dulu biar tahu maunya seperti apa. Jangan sampai nanti salah satu dirugikan. Kemarin sudah [bertemu], tetapi belum ada kesepakatan. Nanti kami cari solusi yang terbaik,” ujar Budi. 

  • Poin-Poin Penting Pertemuan Indonesia dan China tuk Perkuat Hubungan, Singgung Soal Laut China Selatan

    Poin-Poin Penting Pertemuan Indonesia dan China tuk Perkuat Hubungan, Singgung Soal Laut China Selatan

    PIKIRAN RAKYAT – Senin, 21 April 2025 bertempat di Beijing, Indonesia mengadakan pertemuan 2+2 dengan China. Pertemuan ini memperkuat hubungan bilateral Indonesia dengan China.

    Dari pihak Indonesia, dihadiri Menteri Luar Negeri Sugiono dan Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin. Sedangkan dari pihak Negeri Tirai Bambu tersebut dihadiri Menteri Luar Negeri Wang Yi dan Menteri Pertahanan Dong Jun.

    Pertemuan tersebut menjadi tindak lanjut bertemunya kedua pemimpin negara pada 9 November 2024. Pertemuan 2+2 menghasilkan sejumlah poin penting.

    Pertama, Indonesia menegaskan memegang teguh prinsip Satu China. Dengan kata lain, hanya ada satu negara Tiongkok yang diakui. Yaitu, Republik Rakyat Tiongkok. Terkait Taiwan, Xinjian, maupun Hong Kong menjadi urusan internal negara tersebut untuk diselesaikan.

    Sementara itu, Menhan Dong Jun menjelaskan bahwa Amerika Serikat mendukung aksi separatisme di Taiwan. China perlu mengadakan latihan militer untuk mempertahankan wilayah tersebut.

    Menlu Wang Yi mengutarakan Beijing pun mengapresiasi sikap tersebut. Sebagai balasannya, Beijing akan lebih mendukung Indonesia di panggung politik internasional. Sementara itu, Menhan Dong Jun ingin agar isu pengembalian wilayah Taiwan ke China didukung.

    Kedua, menggunakan dialog untuk menyelesaikan sengketa Laut China Selatan. Menlu Sugiono tak menampik sengketa internasional ini memunculkan eskalasi. Dialog penting untuk menghindarinya.

    Untuk menghindarinya, Menlu Wang Yi menegaskan agar perundingan Kode Pedoman Perilaku Para Pihak tetap berlangsung. Menlu Wang Yi berharap agar Indonesia lebih banyak berperan dalam negosiasi kode pedoman tersebut.

    Hal senada diungkapkan juga oleh Menhan Dong Jun. Ia ingin agar Indonesia berperan aktif dalam negosiasi perjanjian internasional tersebut.

    Ketiga, Beijing tak ingin hubungan bilateral ini dan hubungannya dengan ASEAN rusak. Menlu Wang Yi agar hubungan China dengan ASEAN tak dirusak oleh pihak luar

    Demikian, sejumlah poin penting hasil pertemuan 2+2 yang memperkuat hubungan Indonesia dengan China. Bagi Indonesia, negara berpenduduk terbanyak kedua di dunia ini memang strategis. Begitu pun sebaliknya.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Ferdinand Hutahaean Sindir Pembatalan Investasi Konsorsium Korea: Saya Nggak Heran

    Ferdinand Hutahaean Sindir Pembatalan Investasi Konsorsium Korea: Saya Nggak Heran

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Politikus PDI Perjuangan, Ferdinand Hutahaean, menanggapi kabar soal batalnya investasi konsorsium Korea Selatan yang dipimpin oleh LG Energy Solution dalam proyek baterai listrik di Indonesia.

    Menurut Ferdinand, keputusan tersebut bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Ia bahkan menyampaikan sindiran terkait posisi Indonesia dalam rantai pasok bahan baku.

    “Korea batalkan investasi battery? Saya ngga heran,” ujar Ferdinand di X @ferdinand_mpu (22/4/2025).

    Ia kemudian menyinggung soal kepemilikan nikel yang selama ini menjadi komoditas andalan dalam ekosistem baterai kendaraan listrik.

    Ferdinand mengklaim, kendati nikel diambil dari tanah Indonesia, namun penguasaan pasarnya disebut bukan berada di tangan bangsa sendiri.

    “Nikel ya bukan punya kita, belinya dari China,” tandasnya.

    Sebelumnya, Konsorsium asal Korea Selatan yang dipimpin oleh LG Energy Solution akhirnya membatalkan keterlibatannya dalam proyek rantai pasok baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia, dengan nilai mencapai sekitar 11 triliun won atau setara USD 7,7 miliar, atau sekitar Rp129,9 triliun jika mengacu pada kurs Rp16.876 per dolar AS.

    Menurut laporan dari Yonhap News Agency, konsorsium tersebut terdiri dari LG Energy Solution, LG Chem, LX International Corp, serta sejumlah mitra lainnya.

    Diketahui mereka telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Indonesia dan beberapa perusahaan BUMN untuk membangun ekosistem baterai EV yang terintegrasi, mulai dari hulu hingga hilir.

    Proyek ini dirancang untuk mencakup seluruh tahapan rantai pasok dari penyediaan bahan mentah, pembuatan prekursor, bahan katode, hingga produksi sel baterai.