Negara: Republik Rakyat Cina

  • Viral Perbedaan Sikap Penggemar Zhou Yiran di Indonesia vs Negara Lain

    Viral Perbedaan Sikap Penggemar Zhou Yiran di Indonesia vs Negara Lain

    Jakarta, Beritasatu.com- Aktor muda asal China yang tengah populer namanya, Zhou Yiran akhirnya bisa menyapa langsung para penggemarnya di Indonesia. Zhou Yiran tiba di Indonesia sejak Selasa (18/11/2025). Potret tertibnya para penggemar Zhou Yiran saat bertemu sang idola di bandara pun viral di media sosial, karena sangat bertolak belakang dengan situasi di negara lainnya.

    Hal ini terungkap lewat video unggahan netizen di media sosial, salah satunya video yang diunggah akun TikTok bernama @..revi** Dalam video yang sudah mendapatkan lebih dari 1,3 juta kali penayangan dan lebih dari 500 komentar tersebut, terlihat para penggemar di Indonesia dengan tertib duduk menunggu kedatangan Zhou Yiran yang dengan sendirinya mendekati para penggemar dan berfoto bersama. Bahkan para penggemar di Indonesia hadir dengan mengenakan outfit seragam berwarna merah muda.

    Situasi ini sangat berbeda dengan potret para penggemar Zhou Yiran di sejumlah negara lain, salah satunya di Singapura, karena sang aktor harus dijaga ketat mengingat ratusan penggemar berkerumun berdesak-desakkan dan saling mendorong satu sama lain menembus kerumunan barisan petugas keamanan demi bisa memotret wajah Zhou Yiran dari dekat.

    Tertibnya para penggemar Indonesia ini pun menuai banyak pujian dari netizen.

    “Kalau penggemarnya kalem malah idolnya yang nyamperin,” ujar salah satu netizen.

    “Kalian keren banget sudah bisa tertib dan enggak bikin risih artisnya,” puji warganet.

    “Normalisasikan kalau ada artis luar, kalian kayak gini terus ya guys,” tambah yang lainnya.

    “Fans Indonesia lebih takut sama netizen Indonesia itu sendiri,” komentar netizen lain.

    “Keren,” seru akun @nuna_***hv.

    Sebagai informasi, kedatangan aktor yang tenar lewat drama When I Fly Towards You ini ke Indonesia diketahui dalam rangka untuk menghadiri acara WeTV Always More 2026 yang digelar pada hari Rabu (19/11/2025). Selain Zhou Yiran, hadir pula aktris China Meng Ziyi sebagai tamu spesial.

  • Mobil China Kian Sepi Peminat di Negara Ini

    Mobil China Kian Sepi Peminat di Negara Ini

    Jakarta

    Mobil China tampaknya bukan lagi jadi primadona di Rusia. Ekspor mobil China ke Rusia tercatat menurun drastis. Apa sebabnya?

    Rusia menjadi salah satu negara tujuan utama ekspor mobil China. Berkat Rusia, ekspor mobil China juga meningkat dengan pesat. Ya, Rusia menjadi pasar yang menguntungkan buat China dalam dua tahun terakhir. Setiap mobil yang diekspor ke Rusia bikin produsen China untung.

    Tapi tampaknya mobil China tak lagi jadi favorit di Rusia. Ekspor mobil China ke Rusia menurun drastis. Ini lantaran adanya kebijakan yang makin ketat dan melemahnya kondisi pasar. Diberitakan Car News China, dalam data yang dirilis China Passenger Car Association (CPCA), pada Januari hingga September 2025, China mengekspor 357.700 unit mobil ke Rusia secara utuh. Angka tersebut turun 58 persen jika dibandingkan torehan yang sama tahun sebelumnya.

    Sejatinya sebelum konflik antara Rusia-Ukraina memanas pada Februari 2022, mobil China memang bukan salah satu yang populer di sana. Tahun 2021, tercatat hanya 115.700 mobil China yang terjual di Rusia atau 7 persen dari keseluruhan pasar. Tapi saat konflik Rusia-Ukraina lain ceritanya, penjualan mobil China melesat signifikan. Bukan tanpa alasan, produsen mobil Eropa, Amerika, Jepang, dan Korea ramai-ramai memilih angkat kaki lantaran Rusia dijatuhi sanksi. Kegiatan produksi dan penjualan di Rusia pun dihentikan. Kekosongan itulah yang dimanfaatkan produsen China untuk menjajakan produknya di Rusia dan terbukti berhasil.

    Dalam waktu singkat, pabrikan China untung besar. Pada tahun 2023, penjualan mobil China di Rusia tembus 950.000 unit atau naik nyaris lima kali lipat dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencapai 163.00 unit. Hampir separuh dari keseluruhan pasar di Rusia merupakan mobil merek China. Tahun 2024 pun Rusia masih bisa mempertahankan posisinya sebagai negara tujuan utama dari China. Ekspor ke Rusia itu tembus 1,158 juta unit.

    Namun masuk tahun 2025, bulan madu itu tampaknya akan segera berakhir. Serangkaian kebijakan yang dirilis Rusia membuat para eksportir ikut terdampak. Pada Oktober 2024, Rusia menaikan biaya daur ulang kendaraan impor dari 70 persen menjadi 85 persen. Secara instan kebijakan itu membuat margin keuntungan perusahaan jadi tertekan.

    Selanjutnya pada Januari 2025 Rusia kembali menaikkan tarif impor kendaraan dari 20 persen menjadi 38 persen yang membuat biaya bea cukai jadi ikut terkerek. Ini menjadi beban tersendiri bagi para produsen China yang berdampak pada menurunnya pasar.

    Kebijakan yang makin ketat itu juga secara langsung menargetkan pihak lainnya. Mobil China diketahui masuk ke Rusia lewat negara ketiga seperti Kazakhstan. Mobil itu dijual dengan status bekas namun masih nol kilometer untuk menghindari pajak tinggi. Tapi pada April 2024, Rusia mulai menutup celah tersebut dengan mewajibkan mobil yang masuk dari Uni Ekonomi Eurasia untuk membayar selisih pajak sebelum akhirnya bisa beroperasi di jalan raya.

    Adapun penurunan ini juga berarti Rusia bukan tujuan ekspor utama China. China kini membidik Meksiko sebagai negara tujuan utama dengan ekspor 410.700 unit diikuti Uni Emirat Arab yakni 367.800 unit. Rusia saat ini menduduki posisi ketiga negara tujuan ekspor mobil China.

    Di sisi lain, meredanya konflik Rusia dan Ukraina juga membuat sejumlah merek seperti Toyota, Renault, Hyundai Motor, dan Kia memberi sinyal ketertarikan kembali ke Rusia. Ini membuat konsumen juga mulai bersabar untuk kembalinya merek-merek tersebut.

    (dry/din)

  • Peneliti China Temukan Tiruan Alami dari Obat Kurus Ajaib Ozempic

    Peneliti China Temukan Tiruan Alami dari Obat Kurus Ajaib Ozempic

    Jakarta, CNBC Indonesia – Peneliti China menemukan alternatif alami dari Ozempic, obat diabetes yang efektif digunakan untuk menurunkan berat badan.

    Dalam laporan penelitian berjudul “Free fatty acid receptor 4 modulates dietary sugar preference via the gut microbiota” yang diterbitkan di Nature Biology, sekelompok peneliti dari Jiangnan University menemukan bahwa mikroba bernama memiliki fungsi serupa dengan GLP-1.

    GLP-1 adalah singkatan dari peptida-1 yang menyerupai glucagon, yaitu hormon yang diproduksi oleh tubuh untuk mengendalikan gula darah dan rasa kenyang. Produksi GLP-1 berdasarkan reaksi atas makanan dan mikrobioma perut. Obat seperti Ozempic mereplika fungsi GLP-1 menggunakan bahan sintetis bernama semaglutide.

    Eksperimen menggunakan tikus laboratorium menunjukkan bahwa tikus yang tidak bisa memproduksi protein perut bernama Ffar4 menyebabkan koloni B. vulgatus menyusut. Penyusutan ini kemudian mengurangi produksi hormon FGF21 yang terkait dengan keinginan konsumsi gula.

    Peneliti juga menemukan bahwa manusia dengan varian genetik FGF21 lebih banyak ditemukan suka makanan manis dibanding manusia lainnya.

    Analisis darah terhadap 60 partisipan yang mengidap diabetes tipe 2, peneliti menemukan bahwa mutasi Ffar4 yang menekan produksi FGF21, mendorong selera atas gula.

    Lewat berbagai temuan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa mikrobioma di perut bisa memengaruhi proses hormon yang berpengaruh pada konsumsi gula. Tikus yang diberikan B. vulgatus mengalami kenaikan produksi GLP-1, yang kemudian memicu produksi FGF21.

    Tikus yang menerima B. vulgatus memiliki gula darah yang lebih terkendali sekaligus mengurangi “nafsu” konsumsi gula.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

    Next Article

    Swiss Cari 10.000 Kotoran Manusia Buat Disimpan di Kulkas

  • Wujud Dua Mobil Changan yang Siap Debut di Indonesia

    Wujud Dua Mobil Changan yang Siap Debut di Indonesia

    Foto Oto

    Agung Pambudhy – detikOto

    Rabu, 19 Nov 2025 19:45 WIB

    Jakarta – Changan memperkenalkan dua model perdananya di Indonesia, Deepal SO7 dan Lumin. Debut ini menandai langkah besar produsen asal China memasuki pasar otomotif RI.

  • Pameran SKULLPANDA Siap Hadir di Singapura, Tiket Dijual Mulai Hari Ini

    Pameran SKULLPANDA Siap Hadir di Singapura, Tiket Dijual Mulai Hari Ini

    Jakarta: POP MART bersama National Museum of Singapore dan Singapore Tourism Board (STB) akan menghadirkan SKULLPANDA: CAGE-UNCAGE di Singapura, pada 12 Desember 2025 hingga 22 Februari 2026.
     
    Pameran imersif ini akan mengungkap makna dan visi artistik di balik karakter ikonis SKULLPANDA. Gelaran mendatang di Singapura akan menjadi debut internasionalnya, setelah sukses digelar di Gate M West Bund Dream Center, Shanghai.

    Terdapat dua jenis tiket yang dijual, yakni Early All Access dan All Access Standard. Tiket Early All Access tersedia mulai hari ini, 19 November 2025, sementara tiket All Access Standar akan tersedia mulai 1 Desember 2025.
     
    Kunjungan ke SKULLPANDA: CAGE-UNCAGE akan diterapkan sistem masuk berjadwal demi kenyamanan pengunjung, dengan 4.500 pengunjung pertama mendapatkan hadiah eksklusif. Tak hanya pameran, POP MART juga akan menghadirkan toko pop-up spesial di Longer Concourse museum, yang terbuka untuk umum.

    Sebagai pameran SKULLPANDA pertama di Singapura, kolaborasi tripartit ini memadukan kontemporer, budaya koleksi, dan pengalaman museum modern, sekaligus memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi dengan pengalaman kreatif yang relevan.
     
    Edisi kedua ini juga menampilkan instalasi terinspirasi dari tradisi lokal mendengarkan nyanyian burung.

     

     

    Diproduksi dengan Seniman Xiong Miao

    Xiong Miao, seniman asal Tiongkok pendiri North Studio art workshop dan kreator karakter orisinil SKULLPANDA pada tahun 2018. Foto: STB

    Diproduksi bersama seniman Xiong Miao, pameran multi-sensori ini mengajak pengunjung mengeksplorasi enam tema kehidupan lewat figus SKULLPANDA, mulai dari Emosi, Keberuntungan, Aturan, Penjelajahan, Kehidupan, hingga Arah.
     
    “SKULLPANDA: CAGE-UNCAGE merepresentasikan komitmen kami dalam mendukung seniman-seniman seperti Xiong Miao untuk mengeksplorasi tema-tema yang lebih mendalam melalui desain yang dapat dikoleksi,” kata Justin Moon, Senior Vice President & Chief Operating Officer, POP MART.
     
    Bagi National Museum, pameran ini melanjutkan eksplorasi budaya mengoleksi yang sebelumnya dikenalkan melalui Play:Date – Unlocking Cabinets of Play. Director National Museum of Singapore, Chung May Khuen, menyatakan antusiasme museum untuk kembali mengeksplorasi fenomena tersebut.
     

    “Komitmen kami untuk menelaah Singapura kontemporer juga berarti melibatkan diri kami dengan gerakan-gerakan budaya seperti budaya mengoleksi, yang memungkinkan kami memanfaatkan daya tarik luas fenomena ini untuk terhubung dengan audiens yang beragam melalui seni SKULLPANDA,” ujarnya.
     
    Sementara itu, STB menilai kehadiran SKULLPANDA: CAGE-UNCAGE mencerminkan posisi Singapura sebagai pusat kreativitas global. Kolaborasi seperti ini dapat memperkaya ekosistem seni lokal dan mengukuhkan identitas Singapura sebagai destinasi yang terus berinovasi.
     
    “Kemitraan tripartit ini merupakan contoh dari visi Tourism 2040 kami untuk membangun sebuah destinasi yang menarik, di mana sejarah dan budaya kontemporer beririsan secara bermakna,” tutur Kenneth Lim, Assistant Chief Executive (Marketing Group) Singapore Tourism Board.
     

    Jakarta: POP MART bersama National Museum of Singapore dan Singapore Tourism Board (STB) akan menghadirkan SKULLPANDA: CAGE-UNCAGE di Singapura, pada 12 Desember 2025 hingga 22 Februari 2026.
     
    Pameran imersif ini akan mengungkap makna dan visi artistik di balik karakter ikonis SKULLPANDA. Gelaran mendatang di Singapura akan menjadi debut internasionalnya, setelah sukses digelar di Gate M West Bund Dream Center, Shanghai.
     
    Terdapat dua jenis tiket yang dijual, yakni Early All Access dan All Access Standard. Tiket Early All Access tersedia mulai hari ini, 19 November 2025, sementara tiket All Access Standar akan tersedia mulai 1 Desember 2025.
     
    Kunjungan ke SKULLPANDA: CAGE-UNCAGE akan diterapkan sistem masuk berjadwal demi kenyamanan pengunjung, dengan 4.500 pengunjung pertama mendapatkan hadiah eksklusif. Tak hanya pameran, POP MART juga akan menghadirkan toko pop-up spesial di Longer Concourse museum, yang terbuka untuk umum.
     
    Sebagai pameran SKULLPANDA pertama di Singapura, kolaborasi tripartit ini memadukan kontemporer, budaya koleksi, dan pengalaman museum modern, sekaligus memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi dengan pengalaman kreatif yang relevan.
     
    Edisi kedua ini juga menampilkan instalasi terinspirasi dari tradisi lokal mendengarkan nyanyian burung.

     

     

    Diproduksi dengan Seniman Xiong Miao

    Xiong Miao, seniman asal Tiongkok pendiri North Studio art workshop dan kreator karakter orisinil SKULLPANDA pada tahun 2018. Foto: STB
     

    Diproduksi bersama seniman Xiong Miao, pameran multi-sensori ini mengajak pengunjung mengeksplorasi enam tema kehidupan lewat figus SKULLPANDA, mulai dari Emosi, Keberuntungan, Aturan, Penjelajahan, Kehidupan, hingga Arah.
     
    “SKULLPANDA: CAGE-UNCAGE merepresentasikan komitmen kami dalam mendukung seniman-seniman seperti Xiong Miao untuk mengeksplorasi tema-tema yang lebih mendalam melalui desain yang dapat dikoleksi,” kata Justin Moon, Senior Vice President & Chief Operating Officer, POP MART.
     
    Bagi National Museum, pameran ini melanjutkan eksplorasi budaya mengoleksi yang sebelumnya dikenalkan melalui Play:Date – Unlocking Cabinets of Play. Director National Museum of Singapore, Chung May Khuen, menyatakan antusiasme museum untuk kembali mengeksplorasi fenomena tersebut.
     

     
    “Komitmen kami untuk menelaah Singapura kontemporer juga berarti melibatkan diri kami dengan gerakan-gerakan budaya seperti budaya mengoleksi, yang memungkinkan kami memanfaatkan daya tarik luas fenomena ini untuk terhubung dengan audiens yang beragam melalui seni SKULLPANDA,” ujarnya.
     
    Sementara itu, STB menilai kehadiran SKULLPANDA: CAGE-UNCAGE mencerminkan posisi Singapura sebagai pusat kreativitas global. Kolaborasi seperti ini dapat memperkaya ekosistem seni lokal dan mengukuhkan identitas Singapura sebagai destinasi yang terus berinovasi.
     
    “Kemitraan tripartit ini merupakan contoh dari visi Tourism 2040 kami untuk membangun sebuah destinasi yang menarik, di mana sejarah dan budaya kontemporer beririsan secara bermakna,” tutur Kenneth Lim, Assistant Chief Executive (Marketing Group) Singapore Tourism Board.
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Daftar Pabrikan Paling Banyak Produksi Mobil di Indonesia

    Daftar Pabrikan Paling Banyak Produksi Mobil di Indonesia

    Jakarta

    Ada 26 pabrikan yang memproduksi mobil di Indonesia. Dari 26 pabrikan tersebut, ini yang paling banyak produksi mobil di Indonesia.

    Toyota bukan hanya unggul soal penjualan mobil di Indonesia. Produksi juga paling banyak. Dalam data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota merupakan pabrikan yang paling banyak memproduksi mobil di dalam negeri.

    Selama 10 bulan tahun 2025, Toyota sudah memproduksi 425.818 unit mobil di Indonesia. Unggul jauh dibandingkan produsen lainnya. Di posisi kedua ada Mitsubishi Motors yang mencatatkan angka produksi 139.448 unit. Masih dari produsen Jepang, posisi ketiga dihuni oleh Daihatsu yang mencatatkan angka produksi sebanyak 106.934 unit.

    Suzuki menempati posisi keempat. Total selama Januari hingga Oktober 2025, Suzuki memproduksi 71.249 unit mobil di Indonesia. Melengkapi posisi lima besar, ada pabrikan Korea Selatan, Hyundai. Hyundai tercatat telah memproduksi 62.487 unit mobil.

    10 Pabrikan Paling Banyak Produksi Mobil di Indonesia

    Bagaimana dengan pabrikan China? Diketahui sudah ada beberapa pabrikan China yang memproduksi mobil di Indonesia. Namun yang paling banyak ada Chery dan juga Wuling. Lengkapnya, berikut ini daftar 10 pabrikan yang paling banyak produksi mobil di Indonesia.

    1. Toyota: 425.818 unit
    2. Mitsubishi Motors: 139.448 unit
    3. Daihatsu: 106.934 unit
    4. Suzuki: 71.249 unit
    5. Hyundai: 62.487 unit
    6. Honda: 44.683 unit
    7. Isuzu: 26.610 unit
    8. Mitsubishi Fuso: 20.869 unit
    9. Chery: 19.313 unit
    10. Wuling: 16.114 unit

    Dalam waktu dekat pabrikan mobil yang memproduksi di Indonesia bakal bertambah. Terdekat ada BYD dan VinFast yang diketahui tengah mengebut pembangunan pabriknya di Tanah Air. Adapun produksi di Indonesia berarti pabrikan tersebut tak hanya memenuhi kebutuhan di pasar domestik. Produksi juga dihitung untuk mobil yang diekspor dari Indonesia ke berbagai negara.

    (dry/din)

  • Changan Resmi Masuk Indonesia, Siap Luncurkan 2 Mobil Sekaligus!

    Changan Resmi Masuk Indonesia, Siap Luncurkan 2 Mobil Sekaligus!

    Jakarta

    Setelah menjalin kemitraan dengan Indomobil Group, Changan akhirnya resmi masuk ke Indonesia. Nah, sebagai perkenalan awal, produsen asal China itu akan mengenalkan dua model sekaligus!

    Ye Pei selaku Senior Executive VP Changan Automobile mengatakan, Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting di Asia Tenggara. Dia yakin, produk-produknya akan sesuai dengan pasar Tanah Air.

    “Indonesia memiliki posisi strategis dalam perkembangan mobilitas hijau di Asia Tenggara. Melalui kemitraan kami dengan Indomobil Group, kami berkomitmen membangun fondasi yang kuat yang mencakup produk, teknologi, dan layanan berkelas dunia untuk mendukung transisi menuju elektrifikasi di Indonesia,” ujar Ye Pei saat peluncuran brand di Jakarta, Rabu (19/11).

    Changan Lumin Foto: (Septian Farhan Nurhuda/detikOto)

    Sebagai permulaan, Changan akan meluncurkan dua produk baru sekaligus di Indonesia, yakni Changan Deepal SO7 dan Lumin. Keduanya kemungkinan besar akan dipasarkan di Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025.

    Changan Deepal SO7 dan Lumin sudah redaksi detikOto lihat ketika berkunjung ke Chonqing, China, belum lama ini. Jika Deepal SO7 berstatus sebagai sedan listrik futuristis, sementara Lumin merupakan mobil listrik mungil atau micro EV khusus untuk konsumen perkotaan.

    Deepal S07 menggunakan motor listrik dengan semburan tenaga 160 kw dan torsi 320 Nm. Sementara baterainya yang berkapasitas 79,9 kwh membuat kendaraan mampu menempuh jarak maksimum 560 km.

    Kemudian untuk Lumin, motor listriknya bisa menghasilkan tenaga 35 kw dengan torsi 101 Nm. Sedangkan baterainya 28 kwh dengan jarak tempuh maksimum 301 km.

    “Kehadiran Changan di Indonesia bukan sekadar memperkenalkan sebuah merek otomotif baru, tetapi menghadirkan perspektif baru dalam mobilitas. Bersama Changan Automobile, kami bertujuan menghadirkan solusi yang menggabungkan teknologi global dengan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan lokal,” kata Andrew Nasuri selaku Director of Indomobil Group.

    (sfn/dry)

  • Pembentukan Danantara Buat IHSG Mampu Loncat dari 5.000 ke 8.400

    Pembentukan Danantara Buat IHSG Mampu Loncat dari 5.000 ke 8.400

    Jakarta, Beritasatu.com – Chief Investment Officer (CIO) Danantara Pandu Patria Sjahrir menilai keberadaan Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (BPI Danantara) memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kepercayaan investor pasar modal sepanjang delapan bulan terakhir.

    Pandu menjelaskan, ketika Danantara mulai dibentuk, indeks harga saham gabungan (IHSG) masih berada di kisaran 5.000 karena sebagian investor belum sepenuhnya yakin terhadap peran lembaga tersebut. Namun, IHSG kini telah menembus rekor all time high di sekitar level 8.400.

    “Meski begitu, masih banyak yang perlu diperbaiki agar pasar modal Indonesia semakin kompetitif,” ujarnya seperti dilansir dari Antara, Rabu (19/11/2025).

    Ia menegaskan bahwa salah satu mandat utama Danantara adalah membangun keyakinan investor, baik domestik maupun global, bahwa Indonesia memiliki strategi jangka panjang yang kuat dan terukur di tengah dinamika geopolitik global.

    Dalam periode delapan bulan, Danantara telah menyelesaikan kesepakatan investasi mendekati US$ 40 miliar bersama sejumlah mitra strategis seperti Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, China Investment Corporation (CIC), serta Jepang. Aliran modal tersebut, ditambah penguatan jejaring internasional, dinilai menjadi katalis yang mendorong optimisme investor.

    Pandu menambahkan bahwa Danantara turut berperan menarik modal asing (capital inflow) sekaligus membangun pembentukan modal domestik (capital formation) yang memperkuat struktur ekonomi nasional.

    Bergabungnya Danantara sebagai anggota International Forum of Sovereign Wealth Funds (IFSWF) juga dipandang sebagai sinyal kuat bagi investor global terkait kredibilitas Indonesia. Menurutnya, posisi Indonesia di panggung geopolitik semakin strategis.

    “Presiden Prabowo Subianto merupakan salah satu aktor penting dalam dinamika geopolitik global. Kita patut bangga karena Indonesia tidak lagi sekadar menjadi penonton dan mampu memanfaatkan kondisi dunia untuk kepentingan nasional. Ini perlu terus dikomunikasikan,” ujarnya.

  • Pedagang Thrifting Tak Rela Pakaian Impor Murah Asal China Dibiarkan

    Pedagang Thrifting Tak Rela Pakaian Impor Murah Asal China Dibiarkan

    Jakarta, Beritasatu.com – Pedagang pakaian bekas atau thrifting dari berbagai daerah mengadu ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) terkait kebijakan larangan impor pakaian bekas yang dinilai memberatkan pelaku usaha kecil.

    Mereka menilai pelarangan total tidak menyelesaikan masalah utama dan justru mengancam mata pencaharian jutaan orang yang bergantung pada industri ini.

    Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Badan Aspirasi Masyarakat (BAM) DPR RI, Rabu (19/11/2025), sejumlah pedagang menyatakan bahwa kebijakan pemerintah yang menindak aktivitas thrifting kerap tidak tepat sasaran.

    Rifai Silalahi, pedagang thrift dari Pasar Senen, menegaskan bahwa tudingan yang menyebut usaha mereka merusak UMKM tekstil lokal tidak berdasar. Menurutnya, masalah utama justru berasal dari dominasi pakaian impor murah asal China, yang menguasai sekitar 80% pasar domestik.

    “Sebenarnya bukan thrifting yang melemahkan UMKM, tetapi pakaian impor China yang mendominasi pasar. Kami juga pelaku UMKM, jadi tidak tepat kalau usaha kami dijadikan kambing hitam,” ujar Rifai.

    Ia menambahkan, data pedagang menunjukkan produk lokal hanya menguasai sekitar 5% pasar, sementara sisanya berasal dari Amerika Serikat, Vietnam, India, dan negara lain. Pakaian thrift umumnya berasal dari negara maju seperti AS dan Eropa, berbeda dengan produk murah asal China yang membanjiri pasar dan menekan harga.

    Selain isu ekonomi, para pedagang juga membantah anggapan bahwa pakaian bekas membawa penyakit. Rifai menegaskan, pengujian pada 2010 terkait dugaan pakaian thrift mengandung virus SARS menunjukkan hasil negatif. “Kami sudah puluhan tahun berjualan dan belum pernah mendengar ada pembeli yang sakit karena memakai pakaian thrift,” jelasnya.

    Sementara itu, Thoriq, pedagang dari Lampung, menekankan bahwa persoalan utama ada pada importir ilegal, bukan pedagang lokal. Menurutnya, banyak UMKM tetap mengandalkan bahan baku impor, seperti benang, untuk menekan biaya produksi. “Pedagang bingung harus lanjut atau berhenti karena tidak jelas apa yang dilarang dan bagaimana solusinya. Musuh sesungguhnya adalah importir ilegal,” katanya.

    Wido, pedagang asal Bandung, menambahkan bahwa pengawasan di lapangan masih sangat lemah. Dengan jumlah kapal polisi air sekitar 500 unit, mustahil menutup seluruh titik masuk di lebih dari 17.000 pulau. Ia menilai regulasi yang jelas lebih efektif daripada pelarangan total. “Daripada bocor menjadi kebocoran negara, lebih baik diregulasi supaya menjadi devisa,” katanya.

    Alvin Jovendri, pelaku usaha thrifting vintage fashion sekaligus pemilik J Store, menekankan pentingnya keberlanjutan ekonomi sirkular. Ia mengatakan, sebagian besar usaha lokal membeli dan menjual kembali pakaian bekas dari komunitas atau individu, bukan impor balpres.

  • Harga HP China Bakal Naik Gila-gilaan Tahun Depan, Ini Biang Keroknya

    Harga HP China Bakal Naik Gila-gilaan Tahun Depan, Ini Biang Keroknya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Siap-siap harga HP China diprediksi bakal melejit mulai tahun depan. Xiaomi, salah satu raksasa teknologi asal Negeri Tirai Bambu, memperingatkan bahwa lonjakan biaya chip memori akan memicu kenaikan harga smartphone secara signifikan.

    Presiden Xiaomi, Lu Weibing, mengatakan tekanan biaya pada 2025 akan jauh lebih berat dibanding tahun ini.

    Ia menegaskan bahwa kenaikan harga tak terhindarkan, meski langkah tersebut tetap tak mampu sepenuhnya menutup biaya produksi yang meningkat drastis.

    “Saya memperkirakan tekanannya akan jauh lebih besar tahun depan dibanding tahun ini,” kata Presiden Xiaomi Lu Weibing merujuk pada kenaikan biaya chip memori, dikutip dari Reuters, Rabu (19/11/2025).

    “Secara keseluruhan, konsumen kemungkinan akan melihat kenaikan yang cukup besar pada harga ritel produk. Sebagian tekanan mungkin harus diatasi melalui kenaikan harga, tetapi kenaikan harga saja tidak akan cukup untuk menutupinya,” tambahnya

    Kenaikan biaya terjadi karena harga chip memori global meroket. Permintaan chip untuk kebutuhan server kecerdasan buatan (AI) melonjak, seiring perusahaan di seluruh dunia berlomba membangun pusat data baru.

    Di saat bersamaan, produsen chip seperti Samsung mengalihkan kapasitas produksi ke chip HBM yang lebih canggih, sehingga pasokan chip untuk ponsel justru menurun.

    Xiaomi sendiri sudah mulai merasakan dampak kenaikan ini. Harga model terbaru mereka, Redmi K90, sempat menuai keluhan karena dianggap terlalu mahal. Pada kuartal ketiga, Xiaomi mengirimkan 43,3 juta unit ponsel secara global, naik tipis 0.5% secara tahunan.

    Meski menghadapi tekanan biaya, kinerja keuangan Xiaomi tetap moncer. Pendapatan kuartal ketiga melonjak 22,3% menjadi 113,1 miliar yuan. Bisnis kendaraan listrik (EV) dan AI turut mendorong pertumbuhan, dengan kontribusi mencapai 25% dari total pendapatan.

    Namun saham Xiaomi di Hong Kong ditutup melemah 2,81% usai laporan tersebut. Meski begitu, nilai sahamnya masih naik 18,2% sejak awal tahun.

    Dalam pernyataannya, Xiaomi mengatakan bahwa pertumbuhan pendapatan didorong oleh bisnis kendaraan listrik (EV), AI, dan inisiatif baru lainnya, yang menyumbang 25% dari total pendapatan.

    Laba bersih yang disesuaikan melonjak 80,9% secara tahunan menjadi 11,3 miliar yuan pada kuartal ketiga, melampaui estimasi rata-rata sebesar 10,3 miliar yuan menurut data LSEG.

    Produsen ponsel pintar terbesar ketiga di dunia itu terus melanjutkan ekspansi ke bisnis EV. Pendapatan dari bisnis EV mencapai 28,3 miliar yuan pada kuartal September, naik dari 20,6 miliar yuan pada kuartal kedua dan 18,1 miliar yuan pada kuartal pertama.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

    Next Article

    HP Baterai Jumbo Harga Rp 1,5 Juta, Ini Spesifikasi Redmi 15C