Negara: Republik Rakyat Cina

  • Dokumen Bocor Ungkap SpaceX Tunda Pendaratan Manusia di Bulan

    Dokumen Bocor Ungkap SpaceX Tunda Pendaratan Manusia di Bulan

    Jakarta

    Misi Artemis III NASA yang sangat dinantikan, yang digadang-gadang mengembalikan astronaut ke Bulan, kembali menemui hambatan besar. Sebuah memo yang bocor mengungkapkan bahwa roket Starship SpaceX, yang krusial untuk mendaratkan astronaut di permukaan Bulan, baru akan siap setidaknya pada 2028, setahun lebih lambat dari target pertengahan 2027.

    Awalnya, NASA menargetkan untuk mengembalikan astronaut ke Bulan pada 2024 melalui program Artemis, tetapi penundaan telah berulang kali mendorong mundur target ini. Pendaratan berawak dijadwalkan pada 2027, tetapi kini tanggal tersebut pun tampaknya semakin mustahil. Menurut memo terbaru, kesiapan Starship kemungkinan akan diperpanjang hingga 2028, setahun penuh setelah misi Artemis III yang direncanakan.

    Mengejar Waktu

    SpaceX telah mengukir namanya sendiri berkat berbagai pengembangan teknologi yang cepat dan misi luar angkasa yang berani, tetapi jika menyangkut program Artemis, segala sesuatunya tidak berjalan semulus itu.

    Dikutip dari The Daily Galaxy, memo yang bocor, yang diungkap oleh Politico, melaporkan bahwa Starship, sistem yang dirancang untuk mendaratkan astronaut di Bulan, jauh tertinggal dari jadwal. Sistem ini kini diperkirakan akan siap pada September 2028, lebih dari setahun setelah target awal yang ditetapkan NASA pada pertengahan 2027. Penundaan ini terutama disebabkan oleh serangkaian kendala teknis pada roket, termasuk kegagalan uji coba awal tahun ini.

    Sebagai bagian dari peta jalannya, SpaceX masih harus menunjukkan kemampuan-kemampuan kunci, seperti pengisian bahan bakar di luar angkasa, yang dijadwalkan pada Juni 2026, dan pendaratan tanpa awak di Bulan yang dijadwalkan pada Juni 2027.

    Uji coba ini penting untuk memastikan keselamatan dan kelangsungan misi, terutama karena bagian tersulit dari Artemis III adalah mendaratkan astronaut dengan selamat di Bulan dan mengembalikan mereka ke Bumi. Starship mungkin telah menyelesaikan beberapa peluncuran yang sukses, tetapi masih banyak yang harus dilakukan sebelum dianggap siap untuk penerbangan antariksa berawak.

    Rencana Cadangan NASA

    Dengan penundaan SpaceX yang membuat jadwal Artemis III semakin tidak realistis, NASA harus memikirkan kembali pilihan-pilihannya. Pelaksana Tugas Administrator NASA Sean Duffy baru-baru ini mengatakan bahwa badan antariksa tersebut sedang menjajaki alternatif dan membuka kontrak untuk sistem pendaratan di Bulan bagi perusahaan lain. Keputusan ini sebagian didorong oleh rasa urgensi yang semakin meningkat, karena NASA ingin tetap kompetitif dalam perlombaan antariksa, terutama karena China juga sedang meningkatkan upaya eksplorasi Bulan.

    Saat ini, satu-satunya pesaing yang layak adalah Blue Origin, perusahaan antariksa milik Jeff Bezos, yang sedang mengembangkan wahana pendarat Blue Moon miliknya sendiri. Namun, menurut laporan, wahana pendarat Blue Origin baru akan siap pada 2030, yang terlalu terlambat untuk Artemis III. Meskipun Elon Musk secara terbuka mengkritik keputusan NASA untuk mencari kontrak baru dan mencaci Duffy di media sosial, NASA tetap teguh pada pendiriannya.

    Masa Depan Artemis dan Eksplorasi Bulan

    Masa depan program Artemis terasa semakin tidak pasti. Visi awal untuk mengembalikan manusia ke Bulan telah lama pudar, dan kini, NASA menghadapi tugas berat untuk terus maju dengan jadwal yang terus berubah. Jika laju pengembangan tidak segera dipercepat, tujuan jangka panjang tersebut mungkin juga akan tertunda.

    Ini hanyalah tantangan terbaru bagi NASA, yang telah menghadapi masalah dengan Space Launch System (SLS) dan kapsul Orion, keduanya merupakan komponen penting program Artemis. Kesulitan teknis dengan sistem ini, ditambah dengan masalah yang sedang berlangsung seputar Starship, telah menimbulkan keraguan mengenai kemampuan badan antariksa Amerika tersebut dalam mencapai tujuan jangka panjangnya untuk eksplorasi luar angkasa. Namun, terlepas dari semua hambatan tersebut, NASA tetap berkomitmen pada visinya, dengan Lunar Gateway dan proyek-proyek lainnya yang sedang dikerjakan.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video 550 Staf JPL NASA Kena PHK, Gara-gara Pemerintah AS Shutdown?”
    [Gambas:Video 20detik]
    (rns/fay)

  • MBS Bertemu Trump, Perusahaan AS Ramai-ramai Kerja Sama dengan Arab Saudi

    MBS Bertemu Trump, Perusahaan AS Ramai-ramai Kerja Sama dengan Arab Saudi

    Jakarta

    Arab Saudi mulai melebarkan gurita bisnisnya ke perusahaan-perusahaan artificial intelligence (AI) Amerika Serikat (AS). Serangkaian usaha patungan baru senilai miliaran dolar diumumkan Kerajaan Arab Saudi seiring kunjungan Putra Mahkota Mohamed Bin Salman (MBS) ke Amerika Serikat.

    MBS yang kini jadi pemimpin de facto Arab Saudi mengejar beberapa kesepakatan investasi soal kecerdasan buatan dalam kunjungan pertamanya setelah bertahun-tahun ke AS. Kesepakatan itu diamankan langsung oleh Humain, perusahaan AI yang didukung oleh dana kekayaan negara Arab Saudi.

    Dilansir dari CNN, Sabtu (22/11/2025), Humain mengumumkan serangkaian kemitraan dengan perusahaan teknologi terkemuka Amerika, termasuk xAI, Cisco, AMD, dan Qualcomm. Semua kesepakatan terjadi dalam forum investasi AS-Saudi di Washington pada hari Rabu yang lalu.

    Arab Saudi berupaya keras mengalihkan mesin ekonomi utamanya dari penghasilan minyak. Mempererat hubungan dengan AS menjadi salah satu upayanya, semua potensi bisnis didalami, tak terkecuali di bidang teknologi yang berhubungan dengan AI.

    Dari sudut pandang perusahaan di Negeri Paman Sam, Saudi setidaknya bisa menjanjikan 3 hal untuk ekspansi, pendanaan, ruang untuk tumbuh, dan energi yang murah.

    Bahkan sang pengusaha terkaya, Elon Musk, saja mengumumkan sendiri pada forum investasi di hari Rabu kemarin bahwa perusahaannya akan mengembangkan pusat data besar di Saudi. xAI, salah satu gurita bisnis Elon Musk, bakal membangun pusat data 500 megawatt di Saudi.

    Itu akan menjadi pusat data berskala besar pertama xAI di luar Amerika Serikat, dan kemitraan ini akan melibatkan penyebaran chatbot Grok xAI di seluruh Arab Saudi.

    Pusat data ini akan ditenagai oleh chip dari Nvidia, yang pendirinya, Jensen Huang juga duduk bersama Elon Musk dan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi Abdullah Alswaha di panel diskusi pada hari Rabu.

    Di acara yang sama, Alswaha juga mengumumkan pusat data 100 megawatt untuk Amazon Web Services (AWS) dengan ambisi besar pusat data yang juga akan didukung oleh infrastruktur Nvidia. AWS menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berencana untuk menyediakan, menerapkan, dan mengelola hingga 150.000 akselerator AI di Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

    Seiring berkembangnya perusahaan AI, pusat data mereka yang besar membutuhkan ruang dan sumber energi yang masif. Banyak pusat data sedang dibangun di Amerika Serikat, termasuk Colossus milik xAI di Memphis.

    Namun, ada kekhawatiran China akan mengalahkan Amerika Serikat dalam hal produksi energi untuk menggerakkan sistem AI. Arab Saudi dapat membantu, karena ealam hal ini mereka memiliki akses yang jauh lebih mudah ke ruang dan energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan usaha-usaha besar ini.

    (hal/hns)

  • Dorong ASN Investasi Saham, Bobby: Daripada Main Judi Online
                
                    
                        
                            Medan
                        
                        22 November 2025

    Dorong ASN Investasi Saham, Bobby: Daripada Main Judi Online Medan 22 November 2025

    Dorong ASN Investasi Saham, Bobby: Daripada Main Judi Online
    Tim Redaksi
    MEDAN, KOMPAS.com
    – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Bobby Afif Nasution mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumut untuk terlibat menjadi investor pasar modal.
    Ia meminta Otoritas Jasa Keuangan (
    OJK
    ) dan PT Bursa Efek Indonesia (
    BEI
    ) memberikan literasi agar
    ASN
    memahami investasi yang aman dan produktif.
    “Saya minta dalam kesempatan ini kalau boleh para ASN kami bisa diajari atau diberi literasi tentang
    pasar modal
    sehingga bisa membuka peluang ASN juga bisa terlibat atau menjadi bagian investor pasar modal di
    Sumut
    ,” ujar Bobby dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/11/2025).
    Bobby menyampaikan itu saat memberi sambutan pada acara
    Medan
    Sharia Investor City di Hotel JW Marriott Medan, Jumat (21/11/2025).
    Menurut dia, pemahaman pasar modal dapat membantu ASN meningkatkan kondisi ekonomi sekaligus mencegah tindakan negatif seperti judi online dan korupsi.
    “Yang main pasar modal ini tadi saya lihat ada yang dari Ojol, pedagang dan ASN. Daripada main Judol (judi online), bagus belajar pasar modal,” ujarnya.
    Bobby juga menyoroti potensi
    industri halal
    di Indonesia, termasuk di Sumut, yang menurutnya belum dimanfaatkan secara optimal. Ia menyebut meskipun Indonesia memiliki jumlah konsumen produk halal terbesar, mayoritas produk justru berasal dari negara Tiongkok dan Australia.
    “Produk halal kita yang dikonsumsi masyarakat Indonesia kebanyakan diproduksi bukan dari Indonesia,” kata Bobby.
    Sementara itu, Kepala OJK Sumut Khoirul Muttaqien menyampaikan bahwa jumlah investor pasar modal di Sumut merupakan salah satu yang terbesar di luar Pulau Jawa. Ada sekitar 736 ribu investor dengan nilai transaksi mencapai Rp 21,7 triliun.
    Ia menyebut pertumbuhan tersebut tidak hanya berasal dari pembukaan rekening baru, tetapi juga dari aktivitas pengelolaan portofolio yang cukup tinggi.
    “(Sementara itu) Untuk pasar modal syariah, pertumbuhan investor secara nasional mencapai 142 persen, sedangkan di Sumut meningkat hingga 270 persen dalam lima tahun terakhir,” ujar Khoirul.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Vivo X300 dan X300 Pro Debut dengan OriginOS 6, Ini Daftar Fitur Barunya

    Vivo X300 dan X300 Pro Debut dengan OriginOS 6, Ini Daftar Fitur Barunya

    Liputan6.com, Jakarta – Vivo akhirnya memperkenalkan OriginOS 6, dan langsung terpasang di X300 dan X300 Pro yang baru saja secara resmi meluncur di pasar Indonesia.

    Mengusung perubahan besar-besaran dari sisi visual dan beragam fitur berbasis AI, kehadiran OriginOS 6 secara global, termasuk Indonesia sudah lama dinanti banyak pengguna Vivo.

    Tampil lebih cepat dan terasa mulus, perusahaan asal China tersebut berharap dapat membantu pengguna setia mereka untuk memakain HP Vivo lebih baik lagi.

    “Kami ingin memberikan tampilan lebih smooth, pengalaman lebih cepat, dan peningkatan kinerja lebih efisien,” ujar Hadie Mandala, Product Manager vivo Indonesia, dalam acara peluncuran Vivo X300 Series di Jakarta baru-baru ini.

    Lalu, seperti apa sih fitur OriginOS 6 itu? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

    1. Tampilan Baru Lockscreen

    OriginOS 6 tampil dengan pendekatan visual lebih personal. Artinya, pengguna HP X300 dan X300 Pro bisa dengan mudah mengatur widget, mengubah ukuran, dan memilih wallpaper yang disukai.

    Tak hanya itu, perusahaan juga memperkenalkan fitur Flipkart. Dengan ini, pengguna HP Vivo bisa memilih empat foto favorit untuk tampil jadi wallpaper holografik yang berubah saat ponsel digoyang.

    “Menariknya, fitur Flipkart di OriginOS 6 ini bisa memakai format live photo dan video. Untuk pengguna yang gemar mendengarkan musik, kami juga merubah tampilan music cover di lock screen agar lebih imersif dan intuitif,” jelas Hadie.

    2. Ikon dan Warna Baru, Plus Ambient Light Lebih Hidup

    Tak hanya tampilan di lock screen, perubahan visual juga berlanjut saat ponsel dibuka. OriginOS 6 kini hadir dengan ikon baru, ,warna control center lebih modern, dan tampilan homescreen lebih konsisten.

    Perusahaan juga menghadirkan ambient light agar tampilan lebih menyatu dengan warna latas dan menghasilkan tekstur cahaya lebih menarik.

    Fitur translucent color menjadi salah satu sorotan. Teknologi ini mampu menghidupkan warna dengan algoritma merespons tampilan latar belakang secara dinamis.

    Efek dynamic glow juga memperhalus pergerakan elemen di layar sehingga interaksi terasa lebih natural.

     

     

  • GAC AION Tambah Pabrik Baru di Indonesia, Mulai ‘Ngebul’ Awal 2026

    GAC AION Tambah Pabrik Baru di Indonesia, Mulai ‘Ngebul’ Awal 2026

    Jakarta

    Meski berstatus sebagai pendatang baru, namun GAC AION tak mau setengah-setengah di pasar otomotif Indonesia. Bahkan, produsen asal China itu akan menambah satu pabrik lagi di Tanah Air!

    Pada Juni lalu, GAC AION baru saja meresmikan pabrik pertamanya di kawasan Cikampek-Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas tersebut dibangun melalui anak perusahaan Indomobil Group, yakni PT National Assemblers (NA).

    Menariknya, baru sekian bulan setelah pabrik tersebut beroperasi, GAC AION mengumumkan penambahan pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi. Fasilitas tersebut akan beroperasi awal tahun depan!

    “Kami baru mengakuisisi lagi satu pabrik, sekarang pabrik itu sedang dipersiapkan dan akan mulai running Februari 2026,” ujar Andry Ciu selaku Chief Executive Officer (CEO) AION Indonesia, di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025, Sabtu (22/11).

    Pabrik AION Foto: Doc. AION

    Kabarnya, pabrik kedua akan lebih besar dibandingkan pabrik pertama mereka. Bahkan, kapasitas produksinya digadang-gadang bisa mencapai 100 ribu unit atau dua kali lipat dibandingkan pabrik pertama.

    “Kapasitas pabrik yang baru diakuisisi bisa sampai 100 ribu unit mobil per tahun. Itu Cuma satu pabrik, di luar pabrik lain. (Total dua pabrik bisa membuat) 150-170 ribu unit setahun. Lebih dari cukup,” kata dia.

    Andry tak menjelaskan, pabrik kedua yang baru saja diakuisisi itu sebelumnya milik pabrikan mana. Namun, satu yang pasti, lokasinya masih di area Cikampek-Purwakarta alias tak jauh dari pabrik pertama.

    Di kesempatan yang sama, Andry menegaskan, pihaknya akan membawa banyak sekali produk baru ke Indonesia tahun depan. Modelnya pun beragam, termasuk kendaraan hybrid. Itulah mengapa, pihaknya memutuskan menambah fasilitas produksi.

    “Kita akan ada produk (baru) banyak, Pak. SUV ada, MPV ada, dua baris ada, tiga baris banyak,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Hasil Autopsi Turis China yang Meninggal di Hostel Bali, Diduga Akibat Keracunan

    Hasil Autopsi Turis China yang Meninggal di Hostel Bali, Diduga Akibat Keracunan

    Jakarta

    Seorang turis wanita asal China meninggal dunia dalam dugaan insiden keracunan massal di sebuah hostel di kawasan Canggu, Bali. Dikutip dari Mothership dan Daily Mail, staf hostel menyatakan Deqing Zhuoga ditemukan meninggal sekitar pukul 11.00 pagi pada 2 September 2025.

    Zhuoga merupakan salah satu dari sejumlah tamu yang terdampak insiden tersebut. Kejadian bermula setelah makan malam bersama pada akhir Agustus 2025, ketika para tamu mulai pingsan di lorong, muntah darah, dan meminta bantuan medis kepada staf. Lebih dari 20 orang mengalami keracunan kolektif dan sedikitnya 10 orang berada dalam kondisi kritis. Sejumlah tamu dirawat di klinik dan rumah sakit setempat.

    Menurut News.com.au, salah satu teman Zhuoga, Leila Li, selamat setelah menjalani perawatan intensif selama lima hari. Li, bersama beberapa tamu lain, tercatat sebagai korban dalam laporan polisi.

    Li mengatakan, saat ia dibawa ke rumah sakit dengan ambulans, ia sempat mengirim pesan kepada Zhuoga agar ikut mencari pertolongan. Namun pesan itu tidak pernah dibalas. Sebelum meninggal, Zhuoga disebut jatuh sakit parah pada 31 Agustus.

    Li menyebut Zhuoga terlalu sakit untuk bergerak atau meminta bantuan. Ia terbaring di ranjang sambil muntah selama berjam-jam, sementara tamu lain berusaha mencari pertolongan. Li baru mengetahui kematian Zhuoga setelah ia sendiri dipulangkan dari perawatan.

    Hasil investigasi menunjukkanresepsionis hostel, Maria Gores, sempat memeriksa kondisi Zhuoga pada 1 September 2025, sesaat sebelum pergantian shift tengah malam. Merasa khawatir, ia meminta bantuan petugas keamanan untuk mengangkat Zhuoga ke taksi dan membawanya ke klinik terdekat.

    Seorang inspektur mengatakan dokter memberikan perawatan awal, namun hanya meresepkan obat karena keterbatasan dana. Zhuoga menolak perawatan lebih lanjut karena biaya, dan kemudian ditemani staf membeli obat di apotek sebelum kembali ke hostel. Ia kembali ke kamarnya sekitar pukul 01.30 dini hari pada 2 September.

    Hasil Autopsi

    Keesokan paginya, resepsionis lain menyadari Zhuoga belum melakukan check-out. Saat pintu kamarnya dibuka, Zhuoga ditemukan terbaring telungkup dan sudah tidak bernapas. Ia diperkirakan meninggal dua hingga 12 jam sebelumnya.

    Penyebab resmi kematian dicatat sebagai gastroenteritis akut dan syok hipovolemik, namun sumber pasti keracunan masih belum dapat dipastikan. Muntahannya telah diperiksa oleh laboratorium forensik dan tidak ditemukan kandungan pestisida, narkotika, sianida, logam berat seperti arsenik, bahan kimia berbahaya, maupun metanol.

    Menurut The Daily Mail, hasil autopsi menunjukkan tubuh Zhuoga menampilkan tanda-tanda keracunan makanan.

    Halaman 2 dari 2

    (suc/suc)

  • Ngebut! Changan Bakal Bangun 100 Dealer di Indonesia Hingga 2030

    Ngebut! Changan Bakal Bangun 100 Dealer di Indonesia Hingga 2030

    Jakarta

    Changan Automobile resmi memulai bisnisnya di Indonesia dengan menggandeng Indomobil Group. Meski berstatus sebagai pendatang baru, namun produsen China itu tak mau bersantai-santai ria. Mereka akan meluncurkan 100-an dealer hingga lima tahun ke depan!

    Zhou Qing selaku VP Changan South East Asia Business Unit mengatakan, pihaknya sebagai permulaan akan mendirikan 20-an dealer sepanjang 2026. Penambahan jaringan kemudian dikebut di tahun-tahun berikutnya hingga mencapai 100-an dealer pada 2030.

    “Untuk rencana jangka pendek, kami akan membangun 20-an dealer tahun depan dengan fokus Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Dealer kami menggunakan model 3S dengan konsep city store untuk menjangkau bisnis utama,” ujar Zhuo Qing di Kuningan, Jakarta Selatan.

    “Lalu untuk rencana jangka panjang, kami akan memiliki 100 lebih dealer di Indonesia pada 2030. Fasilitas itu akan mencakup seluruh wilayah di sini,” tambahnya.

    Dealer Changan. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Menurut Qing, Asia Tenggara merupakan pasar terpenting untuk pabrikan asal China, termasuk Changan Automobile. Dia menargetkan, lima tahun dari sekarang, pihaknya punya 755 dealer yang tersebar di kawasan tersebut.

    Khusus untuk pasar Indonesia, Changan akan meluncurkan dua mobil perdananya di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025, yakni Changan Deepal SO7 dan Lumin EV. Menariknya, kedua produk itu bukan berstatus CBU atau impor utuh dari China, melainkan langsung dirakit lokal di dalam negeri.

    Changan Langsung Rakit Mobil di Indonesia

    Kepastian Changan langsung merakit lokal kendaraan di Indonesia disampaikan Andrew Nasuri selaku Direktur Indomobil Group saat peluncuran merek Changan Automobile di Kuningan, Jakarta Selatan. Sayangnya, dia tak mengungkap, pabrik mana yang akan dipakai sebagai fasilitas produksi.

    “Hari ini kami bukan hanya brand launch, bukan hanya showing brand and car, tapi sebetulnya kami sudah mulai melakukan perakitan kendaraan (di Indonesia),” kata Andrew Nasuri.

    “Jadi CKD sudah mulai, kemudian dua kendaraan yang akan di-launching di GJAW 2025 sudah diproduksi di Indonesia dan sedang proses TKDN. Jadi dalam beberapa waktu ke depan, ini sudah akan dapat sertifikasi,” tambahnya.

    pabrik Changan. Foto: Changan

    Kemitraan Changan dengan Indomobil Group sebenarnya sudah terjalin sejak awal tahun ini. Namun, keputusan mereka langsung merakit lokal kendaraan di Indonesia membuat waktu peluncuran harus mundur ke November 2025.

    “Jadi, kami tidak menggunakan insentif untuk CBU. Kami langsung atau direct ke CKD dan memenuhi kriteria (yang diminta) pemerintah,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Polytron Mau Bangun Fasilitas Battery Pack Sendiri di Indonesia

    Polytron Mau Bangun Fasilitas Battery Pack Sendiri di Indonesia

    Jakarta

    Merek mobil listrik lokal, Polytron, tak hanya merakit produknya secara lokal di Indonesia. Lebih dari itu, merek yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah, itu juga akan berupaya membangun ekosistem lainnya, salah satunya adalah membuat fasilitas perakitan battery pack secara lokal.

    Seperti dijelaskan Commercial Director Polytron Tekno Wibowo, meski sudah dirakit secara lokal di pabrik Handal, buat saat ini mayoritas komponen mobil Polytron G3 masih diimpor secara langsung dari China, termasuk baterai. Namun tidak menutup kemungkinan bagi Polytron melakukan lokalisasi baterai.

    “Kita memang ada kemitraan dengan Gotion. Cuma kan itu kan sebetulnya barang tetap dari Cina cuman assembly-nya di sini. Nah, yang mau kita lakukan nanti tahun depan kita akan bikin assembly baterainya kemungkinan sendiri,” ungkap Tekno kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/11/2025).

    “Jadi untuk menjadi battery pack, kita nanti impor baterai cell-nya. Ya, ada lah (untuk biaya investasinya),” sambung Tekno sambil memberi kisi-kisi bahwa Polytron di tahun depan akan banyak menghadirkan kejutan, entah itu produk baru, maupun terobosan baru.

    Bicara soal penjualan, mobil listrik Polytron sendiri cukup diterima baik oleh konsumen Indonesia. Mobil listrik Polytron perdana mengaspal pada Mei 2025 dan distribusi baru dimulai pada Juli 2025.

    Semakin ke sini, terlihat mobil listrik Polytron G3 series semakin memikat. Buktinya penjualannya meningkat nyaris lima kali lipat. Mengutip data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Oktober 2025, ada 103 unit mobil Polytron yang terjual.

    Angka itu meningkat signifikan karena pada September, distribusi secara retail itu hanya mencapai 29 unit. Secara total sejak Juli 2025, Polytron sudah mengirimkan 150 unit mobilnya ke konsumen di Tanah Air. Namun tentunya angka itu masih belum cukup untuk bersaing di pasar otomotif Indonesia.

    (lua/dry)

  • Lepas L8 Dirakit di Indonesia Tahun Ini, Bareng Chery Numpang di Pabrik Handal

    Lepas L8 Dirakit di Indonesia Tahun Ini, Bareng Chery Numpang di Pabrik Handal

    Jakarta

    Lepas L8 bakal segera masuk jalur produksi. SUV premium China itu bakal dirakit secara lokal bersama dengan grup Chery lainnya, numpang di pabrik milik PT Handal.

    Lepas akan mengisi lini produksi di pabrik milik PT Handal Indonesia Motor. Di sana, rencananya SUV Lepas L8 juga bakal dirakit berbarengan dengan SUV lain dari Chery Grup. Product Manager Lepas Indonesia Lalu Indra Wirabhakti menjelaskan, L8 akan masuk jalur produksi pada akhir bulan ini. Setelahnya, SUV L8 mulai dikirim ke garasi konsumen di Indonesia.

    “Jadi mungkin estimasi sebulan lah ya. Perkiraan awal tahun kita sudah bisa deliver karena kan ada proses produksi,” terang Lalu di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025, Jumat (21/11/2025).

    Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan Lepas L8 setir kanan. Ini juga menjadi produk pertama Lepas di dunia. Untuk itu dibutuhkan waktu hingga akhirnya mobil bisa diterima konsumen.

    “Barang-barang CKD kita sudah mulai berdatangan. Jadi mungkin dengan beberapa varian color kita sudah sediakan untuk customer Indonesia, jadi kita bertahap. Karena ini memang produk pertama jadi dari sana pun ada beberapa part kita persiapkan dengan baik. Kita menjamin kualitas,” sambung Lalu.

    Lepas belum mengumumkan harga resmi dari L8. Di GJAW, Lepas baru mengumumkan harga pre-booking yakni Rp 589 juta. Tak ada batasan kuota konsumen untuk pemesanan Lepas L8. Namun untuk 100 konsumen pertama akan mendapatkan tiga keuntungan berupa hadiah eksklusif berupa ukiran leopard berukuran mini, parfum premium, dan emas batangan. Bagi 100 konsumen pertama, di tiap mobil akan ada emblem 001-100 sesuai dengan urutan pembelian. Selanjutnya Lepas juga memberikan paket layanan purna jual yang bernama Leopard Care+.

    Meski sudah mengumumkan harga pre-booking, nyatanya spesifikasi belum diurai lebih detail. Khususnya soal mesin, belum diketahui apa yang bakal disematkan Lepas di balik L8.

    Namun, Lepas sudah memberi sedikit bocoran soal performa SUV premium ini. Misalnya konsumsi BBM yang tembus 1,49 liter/100 km. Kalau dikonversi konsumsi BBM-nya itu 67 km/liter. Dengan bodi yang bongsor, konsumsi BBM itu setara dengan skuter matik.

    Selain itu jarak tempuh dengan mode EV mencapai 100 km. Secara keseluruhan, jarak tempuhnya diklaim mencapai 1.300 km lebih. Lepas L8 juga akan menggunakan platform bau bernama LEX. Platform ini didedikasikan untuk SUV energi baru.

    (dry/din)

  • Ericsson Proyeksikan 180 Juta Perangkat Terkoneksi 6G pada 2031

    Ericsson Proyeksikan 180 Juta Perangkat Terkoneksi 6G pada 2031

    Bisnis.com, JAKARTA — Ericsson, produsen perangkat telekomunikasi global, memproyeksikan sekitar 180 juta perangkat akan terkoneksi dengan jaringan 6G pada 2031. Negara-negara di Asia dan Amerika Serikat akan memimpin adopsi teknologi ini.

    Ericsson Mobility Report 2025, dikutip Sabtu (22/11/2025) mengungkap melihat pola adopsi langganan pada siklus generasi seluler sebelumnya, para peneliti EMR memperkirakan bahwa peluncuran komersial pertama 6G akan dipimpin oleh penyedia layanan terdepan di pasar-pasar maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, India, dan beberapa negara di kawasan Gulf Cooperation Council.

    Langganan 6G global diperkirakan akan mencapai 180 juta pada akhir 2031, belum termasuk adopsi awal perangkat Internet of Things berbasis AI. Jumlah langganan tersebut dapat meningkat secara signifikan apabila 6G diluncurkan lebih awal dari yang ditunjukkan oleh siklus generasi sebelumnya.

    Peluncuran komersial 6G di Eropa diperkirakan akan berlangsung sekitar satu tahun lebih lambat dibandingkan negara-negara lain, berbeda dengan 5G sebelumnya, terutama karena penerapan 5G SA di kawasan tersebut relatif lebih lambat.

    Sebagai salah satu use case utama 5G yang terus berkembang, enhanced mobile broadband diperkirakan akan mencapai 6,4 miliar langganan 5G pada akhir 2031, atau sekitar dua pertiga dari seluruh langganan seluler pada saat itu. Sekitar 4,1 miliar dari jumlah tersebut—sekitar 65 persen—diperkirakan akan berbasis 5G SA.

    5G

    Hanya pada tahun 2025 saja, langganan 5G diperkirakan akan melampaui 2,9 miliar pada akhir tahun—setara dengan sekitar sepertiga dari seluruh langganan seluler saat ini—atau meningkat sekitar 600 juta langganan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Dari sisi cakupan geografis, tahun 2025 mencatat peningkatan 400 juta orang di seluruh dunia yang dapat mengakses 5G. Sekitar 50 persen populasi global di luar Tiongkok daratan diperkirakan akan memiliki cakupan 5G pada akhir 2025.

    Trafik data jaringan seluler meningkat 20 persen dari kuartal ketiga 2024 hingga periode yang sama di 2025—kenaikan yang sedikit lebih tinggi dari perkiraan, didorong oleh Tiongkok daratan dan India. Pertumbuhan diperkirakan akan terus berlanjut dengan rata-rata tahunan sebesar 16 persen hingga 2031.

    Jaringan 5G diperkirakan akan menangani 43 persen dari seluruh trafik data seluler pada akhir 2025—naik dari 34 persen pada periode yang sama tahun lalu. Para ahli EMR memperkirakan angka ini akan meningkat menjadi 83 persen pada 2031.

    Fixed Wireless Access (FWA) broadband terus berkembang sebagai salah satu use case 5G. EMR November 2025 memperkirakan bahwa sekitar 1,4 miliar orang di seluruh dunia diperkirakan akan mengakses broadband FWA pada akhir 2031, dengan 90 persen di antaranya melalui 5G.

    Tim riset EMR telah mengidentifikasi 159 penyedia layanan telekomunikasi yang saat ini menawarkan layanan FWA melalui 5G, setara dengan sekitar 65 persen dari seluruh penyedia layanan FWA. Jumlah penyedia layanan yang menawarkan paket berbasis kecepatan—model monetisasi yang umum digunakan pada broadband tetap berbasis fiber atau kabel—meningkat dari 43 persen menjadi 54 persen sejak EMR November 2024.

    Di sisi lain, Penerbit EMR sekaligus Chief Technology Officer Ericsson Erik Ekudden mengatakan bahwa penyedia layanan telekomunikasi di seluruh dunia makin siap untuk mengadopsi dan menerapkan 5G SA guna menghadirkan konektivitas yang terdiferensiasi berdasarkan layanan berbasis nilai. 

    “Bukan sekadar paket berbasis volume data,” kata Erik, dikutip Jumat (21/11/2025). 

    Sementara itu, President Director Ericsson Indonesia, Singapura, Filipina, dan Brunei Daniel Ode mengatakan laporan ini menekankan bagaimana konektivitas yang terdiferensiasi, yang dimungkinkan oleh 5G SA dan network slicing, akan berperan penting ketika operator telekomunikasi menghadirkan pengalaman digital yang lebih bermakna bagi industri dan masyarakat. 

    “Namun, ketersediaan spektrum yang cukup dengan harga yang terjangkau tetap menjadi faktor penting. Dengan ekosistem digital yang semakin kuat, Indonesia akan berada pada posisi yang lebih baik untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mendorong transformasi digital nasional,” kata Daniel.