Negara: Republik Rakyat Cina

  • Usai Terbakar Tiba-tiba saat Dikendarai, Ribuan Unit Mobil Listrik China Di-recall

    Usai Terbakar Tiba-tiba saat Dikendarai, Ribuan Unit Mobil Listrik China Di-recall

    Jakarta

    Baru-baru ini terjadi kebakaran mobil listrik di China. Mobil listrik dari pabrikan Li Auto tiba-tiba terbakar saat dikendarai. Li Auto kini melakukan recall terhadap ribuan unit mobil listriknya.

    Dikutip CNEV, mobil listrik yang tiba-tiba terbakar itu adalah Li Mega. Beberapa video yang beredar di media sosial China menunjukkan sebuah Li Mega melaju pelan ketika percikan api muncul dari sasisnya di persimpangan lampu lalu lintas. Dalam hitungan detik, api menyebar hingga melahap seluruh kendaraan. Kedua penumpang berhasil membuka pintu dan melarikan diri setelah berhenti. Namun, kendaraan tersebut akhirnya hancur total.

    Diberitakan Carnewschina, Li Auto mengumumkan penarikan kembali terhadap 11.411 unit MPV listrik Li Mega 2024. Recall ini dilakukan karena ada potensi risiko keamanan yang berasal dari perlindungan korosi sistem pendingin yang tidak memadai.

    “Pada malam tanggal 23 Oktober 2025, kebakaran yang melibatkan kendaraan model Li Mega 2024 terjadi di Shanghai, menarik perhatian yang signifikan dari pengguna, media, dan publik. Kami ingin menyampaikan permintaan maaf kami yang tulus kepada pemilik kendaraan dan mengungkapkan pemahaman kami tentang kekhawatiran dan kekhawatiran pengguna kami,” kata Li Auto dalam pernyataan tertulisnya.

    Kendaraan yang terkena dampak diproduksi antara 18 Februari 2024 sampai 27 Desember 2024. Menurut pemberitahuan penarikan (Recall No. S2025M0174V), pendingin di kendaraan ini mungkin memiliki sifat anti-korosi yang tidak memadai. Dalam kondisi tertentu, kekurangan ini dapat menyebabkan korosi dan kebocoran pada pelat pendingin aluminium baterai dan pengontrol motor depan.

    “Segera setelah insiden (kebakaran mobil listrik) tersebut, kami menghubungi pemilik kendaraan dan secara aktif bekerja sama dengan departemen terkait dalam penyelidikan mereka. Karena kendaraan kecelakaan memerlukan inspeksi dan pengujian bersama oleh pengguna, pemadam kebakaran, dan lembaga terkait, proses ini harus mengikuti prosedur yang ketat dan memakan waktu. Sampai sekarang, belum ada kesimpulan teknis akhir yang telah dicapai.”

    “Sementara itu, kami segera meluncurkan investigasi dan analisis internal, dan meninjau catatan dari sistem peringatan dini berbasis cloud kami dan data validasi khusus. Hasilnya menunjukkan bahwa dalam batch yang sama dari kendaraan model Li Mega 2024 sebagai kendaraan kecelakaan, karena kinerja anti-korosi yang tidak memadai dari pendingin dalam batch itu, korosi dan kebocoran pelat aluminium pendingin untuk baterai daya dan pengontrol motor depan di sirkuit pendingin dapat terjadi dalam kondisi tertentu. Hal ini dapat menyebabkan lampu peringatan menyala, daya terbatas, dan ketidakmampuan untuk menyalakan kendaraan. Dalam kasus yang ekstrem, hal ini dapat mengakibatkan kehabisan daya baterai akibat panas, yang menimbulkan bahaya keamanan,” jelas Li Auto.

    Menurut mereka, keselamatan selalu menjadi prioritas utama Li Auto. Untuk itu, demi kenyamanan dan keamanan konsumennya, Li Auto melakukan recall.

    “Menjunjung tinggi prinsip kami yang sangat bertanggung jawab atas keselamatan pengguna dan memiliki toleransi nol terhadap potensi bahaya, kami telah secara proaktif mengajukan rencana penarikan kembali kepada Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar untuk melakukan inspeksi keselamatan dan penggantian/perbaikan untuk semua kendaraan model Li Auto MEGA 2024 dari kumpulan yang terkena dampak. Kami tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk mengidentifikasi dan menghilangkan setiap risiko, memastikan semua bahaya dibersihkan dan dengan tegas menjaga keamanan kendaraan setiap pengguna,” pungkasnya.

    (rgr/din)

  • Mengapa 536 M Tahun Paling Mengerikan untuk Hidup?

    Mengapa 536 M Tahun Paling Mengerikan untuk Hidup?

    Jakarta

    Penasaran seperti apa rasanya hidup di tahun terburuk sepanjang sejarah? Coba tengok 536 M. Tahun di mana ‘volcanic winter‘ melanda.

    Pada 536-540 M, terdapat serangkaian ledakan erupsi yang menciptakan hawa dingin di seluruh penjuru negeri. Melansir IFL Science, dalam sebuah surat yang ditulis pada tahun 538 M, negarawan Romawi Cassiodorus menggambarkan kondisi di tahun-tahun tersebut.

    “Manusia merasa khawatir, dan wajar saja merasa khawatir, akan tanda-tanda luar biasa di langit, dan bertanya dengan cemas peristiwa apa yang mungkin diramalkan oleh tanda-tanda ini. Matahari, yang pertama di antara bintang-bintang, tampaknya telah kehilangan cahayanya yang biasa dan tampak berwarna kebiruan,” bunyi suratnya.

    Dilanjut lagi, Cassiodorus menuturkan betapa takjubnya orang-orang di masa itu karena tidak melihat bayangan tubuh mereka di siang hari. Dia menyebut panas matahari seakan melemah.

    Procopius, seorang sejarawan Bizantium yang tinggal di Timur Tengah pada masa itu, juga menulis tentang ketakutan yang disebabkan oleh gerhana matahari yang berkabut.

    Tak cuma lewat surat, kondisi ini disertai bukti fisik dan ilmiah. Pohon-pohon yang ditebang di Denmark menunjukkan lingkaran pertumbuhan yang sangat sempit selama pertengahan abad keenam akibat ‘perubahan iklim drastis’ yang terjadi pada tahun 536 M.

    Sementara itu, inti es dari Greenland dan Antartika menyoroti bukti bahwa atmosfer tersumbat oleh ‘selubung debu asam atmosfer yang luas’ selama masa ini.

    Di tengah kegelapan, suhu anjlok di Belahan Bumi Utara dan pertanian runtuh. Para ahli percaya bahwa letusan tahun 536 M mungkin terkait dengan dimulainya Zaman Es Kecil Antik Akhir, yang dimulai pada tahun yang sama. Kemudian, ini dikonsolidasikan oleh lebih banyak letusan sekitar tahun 540-547 M.

    Suhu musim panas di seluruh dunia turun beberapa derajat, dan iklim Bumi terguncang. Bahkan, salju turun selama musim panas di China, kekeringan melanda Amerika Selatan, dan kabut mematikan di langit meresahkan di Timur Tengah.

    Tak terelakkan, kelaparan dan kesengsaraan menyusul. Catatan sejarah Gaelik Irlandia mencatat ‘kegagalan roti pada tahun 536’ sementara wabah pes melanda pelabuhan Romawi Pelusium di Mesir.

    Lebih lanjut, Michael McCormick sejarawan dan arkeolog abad pertengahan yang memimpin Harvard University Initiative for the Science of the Human Past menambahkan kondisi saat itu di Eropa dan sebagian Asia.

    “(Tahun 536 M) adalah awal dari salah satu periode terburuk untuk hidup, jika bukan tahun terburuk,” ujarnya kepada Science pada tahun 2018.

    Namun, mungkin musim dingin vulkanik tahun 536 M bukanlah kabar buruk bagi belahan dunia lainnya. Ketika Kekaisaran Romawi Timur dan Kekaisaran Sassaniyah menderita, Jazirah Arab justru diberkahi dengan lebih banyak hujan.

    Dengan kekaisaran-kekaisaran lama yang sedang dilanda kesulitan, Jazirah Arab — yang kini sedikit lebih hijau dibandingkan abad-abad sebelumnya — siap menjadi panggung bagi kebangkitan. Di tengah berbagai faktor lainnya, Kekaisaran Arab muncul di panggung dunia pada abad ketujuh Masehi, dengan cepat menjadi salah satu kekuasaan paling kuat dan berpengaruh dalam sejarah.

    (ask/afr)

  • Janji Prabowo ke “Anker”: Rp 5 Triliun untuk Tambah Gerbong KRL-Whoosh Sampai Banyuwangi

    Janji Prabowo ke “Anker”: Rp 5 Triliun untuk Tambah Gerbong KRL-Whoosh Sampai Banyuwangi

    Janji Prabowo ke “Anker”: Rp 5 Triliun untuk Tambah Gerbong KRL-Whoosh Sampai Banyuwangi
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Presiden Prabowo Subianto memberi kabar baik untuk masyarakat pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) commuter line alias anak kereta (anker).
    Sejumlah kabar baik ini disampaikannya saat meresmikan Stasiun Tanah Abang Baru di Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (4/11/2025) kemarin. Janji itu meliputi penambahan gerbong kereta hingga memperpanjang rute kereta cepat sampai ke Banyuwangi.
    Presiden
    Prabowo
    meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) untuk menambah gerbong kereta demi keamanan dan kenyamanan penumpang. Tujuannya agar tidak terjadi banyak penumpukan di stasiun.
    Kepala Negara bahkan berjanji memberikan anggaran sebesar Rp 5 triliun untuk menambah kapasitas kereta meliputi penambahan gerbong commuter line. Nominal itu jauh lebih tinggi dari yang diajukan Direktur Utama (Dirut) KAI, Bobby Rasyidin, yakni Rp 4,8 triliun.
    Seturut perhitungan perusahaan, satu rangkaian membutuhkan dana hingga 9 juta dollar AS.
    “Bahkan beliau mengajukan Rp 4,8 triliun, saya setujui. Tidak, tidak Rp 4,8 triliun, Rp 5 triliun saya setujui. Kalau untuk rakyat banyak, saya tidak ragu-ragu. Uangnya kita hemat demi kepentingan rakyat di atas segala kepentingan,” kata Prabowo dalam peresmian Stasiun Tanah Abang Baru di Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (4/11/2025).
    Mantan Menteri Pertahanan (Menhan) ini pun meminta penambahan gerbong dilakukan dalam waktu dekat. Prabowo bahkan menantang Dirut KAI agar pengadaan gerbong selesai dalam waktu satu tahun.
    “Bisa berapa bulan, Dirut KAI? Berapa? Ini didengar loh. 6 bulan? Sudah lah kita kasih saya 1 tahun. Nanti dia stres tidak bisa tidur ya kan? Kalau kau bisa 6 bulan, oke. Tapi 1 tahun harus. Ini rakyat yang saksi ya?,” bebernya.
    “Jadi nanti ada tambahan 30 rangkaian baru. Saya tadi coba, bersih, nyaman, AC,” imbuh dia.
    Sejauh ini, PT KAI (Persero) sudah memesan 12
    train set
    kepada INKA dan sebanyak 11
    train set
    kepada China.
    Dari 11
    train set
    itu, 8 di antaranya sudah beroperasi secara penuh, sementara 3 lainnya tengah melalui
    technical qualification
    dengan DJKA Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
    Bobby menyatakan, bulan ini KAI akan mengoperasikan 3
    train set
    tambahan sehingga jumlahnya mencapai 11 train set yang beroperasi hingga akhir tahun 2025.
    “Nah, sementara dengan INKA kita sudah terima 4
    train set
    dari INKA,
    which is
    sekarang sedang kita lakukan uji teknisnya. Target dengan kereta INKA sampai dengan pertengahan tahun depan sudah akan beroperasi 12 (
    train set
    ),” tandas Bobby usai bertemu Prabowo di Istana, Senin (3/11/2025).
    Prabowo juga menyoroti rute
    Whoosh
    yang kini baru sampai Bandung. Ia menginginkan rute kereta cepat diperpanjang hingga Banyuwangi, Jawa Timur.
    Menurut Prabowo, pembangunan kereta cepat tidak cukup sampai Surabaya yang sebelumnya direncanakan.
    “Insya Allah. Insya Allah. Saya minta tidak hanya Surabaya. Banyuwangi. Banyuwangi (Kereta Cepat sampai Banyuwangi),” bebernya.
    Lebih lanjut Prabowo meminta publik tidak usah ribut-ribut terkait polemik utang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) alias Whoosh.
    Ia menyatakan akan mengambil tanggung jawab penuh atas hal itu. Negara menanggung utangnya sekitar Rp 1,2 triliun per tahun.
    Menurut Prabowo, semua sarana teknologi yang dihadirkan untuk kepentingan bersama adalah tanggung jawab pemerintah. Terdapat mekanisme public service obligation (PSO) di dalamnya.
    “Pokoknya engga ada masalah, karena itu kita bayar mungkin Rp 1,2 triliun per tahun. tetapi manfaatnya, mengurangi macet, mengurangi polusi, mempercepat perjalanan, ini semua harus dihitung,” jelasnya.
    Tak cuma itu, Prabowo juga menjanjikan kereta khusus petani dan pedagang beroperasi sebentar lagi dengan harga tiket murah.
    Pemerintah kata Prabowo, akan mensubsidi 60 persen ongkos.
    “Iya, tadi saya sudah katakan. Ongkos disubsidi pemerintah 60 persen, semuanya. Kalau untuk petani dan pedagang, dianya tetap disubsidi 60 persen. Barangnya tidak bayar,” ucapnya.
    Oleh karenanya, perjalanan kereta khusus petani dan pedagang hanya melayani satu kelas layanan, yakni kelas K3 atau layanan kelas ekonomi yang disubsidi oleh pemerintah.
    Kereta ini memiliki 73 tempat duduk, dan akan beroperasi dengan total sebanyak 14 perjalanan dari Stasiun Merak ke Stasiun Rangkasbitung dan sebaliknya. Kursi kereta disusun menyamping demi memudahkan para petani dan pedagang membawa hasil bumi.
    Bobby menyatakan, kereta khusus petani dan pedagang bakal diluncurkan bulan ini. Jam operasional kereta akan disesuaikan dengan petani dan pedagang pada pagi dan sore hari.
    Kereta pun akan beroperasi sampai Rangkas Bitung, sebelum nantinya diperluas hingga ke Stasiun Tanah Abang.
    Sejauh ini, KAI baru menyediakan 8 unit kereta. Namun, pihaknya memastikan akan menambah kapasitas sesuai permintaan Presiden Prabowo.
    Terlebih, penyediaan kereta untuk petani dan pedagang ini didukung oleh Prabowo.
    “Tentunya dengan
    KRL
    (
    commuter line
    ) nggak bisa dia digandeng. Jadi tentunya sampai Rangkas Bitung itu nanti dia pakai kereta sendiri, nanti GPK, PRK, perjalanan kereta sampai Tanah Abang, nanti
    next
    -nya kita akan lakukan,” tandas Bobby.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Update Terkini Petaka Topan Kalmaegi di Filipina, 46 Orang Tewas

    Update Terkini Petaka Topan Kalmaegi di Filipina, 46 Orang Tewas

    Jakarta, CNBC Indonesia – Korban akibat Topan Kalmaegi di Filipina terus bertambah. Hingga Selasa (4/11/2025) malam, jumlah korban tewas akibat topan yang memicu hujan lebat dan banjir besar di kawasan tengah negara itu telah mencapai 46 orang.

    Di antara korban tersebut terdapat enam anggota militer yang tewas setelah helikopter mereka jatuh saat menjalankan misi kemanusiaan.

    Helikopter jenis Huey milik militer itu jatuh di Provinsi Agusan del Sur, Pulau Mindanao, ketika sedang melaksanakan operasi bantuan bencana di tengah terpaan badai. Militer Filipina menyatakan enam jenazah awak telah ditemukan, sementara penyelidikan atas penyebab kecelakaan masih berlangsung.

    Insiden tersebut terjadi menjelang tengah hari, sekitar 270 kilometer dari Pulau Cebu, wilayah yang paling parah dilanda topan. Otoritas setempat melaporkan sedikitnya 39 orang tewas akibat tenggelam atau tertimpa reruntuhan, sementara satu korban lainnya dilaporkan meninggal di pulau tetangga, Bohol.

    Meski Topan Kalmaegi yang secara lokal disebut Tino perlahan melemah setelah mendarat Selasa pagi, badai ini tetap menerjang sejumlah wilayah dengan kecepatan angin mencapai 120 kilometer per jam dan hembusan hingga 165 kilometer per jam. Topan tersebut menyapu kawasan Visayas dan bergerak menuju Palawan bagian utara serta Laut Cina Selatan.

    Puluhan ribu warga di wilayah Visayas, termasuk sebagian selatan Luzon dan utara Mindanao, dievakuasi sebelum topan datang. Badai ini merendam rumah-rumah dan menyebabkan banjir luas di berbagai daerah.

    Banjir Meluas, Listrik Padam

    Menjelang malam, air mulai surut di Kota Cebu, namun aliran listrik belum sepenuhnya pulih dan layanan telekomunikasi masih terganggu.

    Video yang telah diverifikasi dan beredar di media sosial memperlihatkan mobil-mobil terendam air dan terseret arus banjir. Setelah banjir surut, beberapa kendaraan tampak menumpuk satu sama lain, bahkan ada yang terbalik.

    “Kami benar-benar cemas karena semakin lama hujan turun, air semakin tinggi,” ujar John Patajo, seorang penjaga rumah di Cebu, dilansir Reuters. “Ketika air mulai naik, kami naik ke lantai dua. Tapi karena air terus naik, kami akhirnya pindah ke atap rumah.”

    Topan Kalmaegi diperkirakan akan meninggalkan wilayah Filipina pada Rabu malam atau Kamis pagi.

    Foto dan video dari Palang Merah Filipina memperlihatkan tim penyelamat berjalan di genangan air setinggi lutut di Kota Cebu, menggunakan perahu untuk mengevakuasi warga yang terjebak. Di wilayah pinggiran kota, rumah-rumah terendam hampir seluruhnya, menyisakan atap dan lantai atas yang masih terlihat.

    Sementara itu, lebih dari 300 penerbangan menuju dan dari daerah terdampak dibatalkan pada Selasa, sementara kapal-kapal di laut diperintahkan untuk kembali ke pelabuhan.

    Badan meteorologi Filipina (PAGASA) sebelumnya telah memperingatkan adanya risiko tinggi “gelombang badai yang mengancam jiwa dan merusak,” dengan ketinggian dapat mencapai lebih dari tiga meter di kawasan pesisir dan dataran rendah di wilayah tengah negara itu.

     

    (luc/luc)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Video: Xi Jinping Dorong Peningkatan Investasi Timbal Balik ke Rusia

    Video: Xi Jinping Dorong Peningkatan Investasi Timbal Balik ke Rusia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden China Xi Jinping mendorong peningkatan investasi timbal balik dan kerja sama ekonomi dengan Rusia. Hal itu disampaikan saat bertemu Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin di Beijing.

    Selengkapnya dalam program Autobizz CNBC Indonesia, Selasa (04/11/2025).

  • Video: Gempa Guncang Afghanistan Utara, China Siap Kirim Bantuan

    Video: Gempa Guncang Afghanistan Utara, China Siap Kirim Bantuan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Jumlah korban akibat gempa bumi yang mengguncang Provinsi Samangan dan Balkh di Afghanistan utara terus bertambah. Sedikitnya, 20 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 380 orang mengalami luka-luka. Sementara itu, China menyatakan kesiapan untuk memberikan bantuan kemanusiaan sesuai kebutuhan Afghanistan.

    Selengkapnya dalam program Autobizz CNBC Indonesia, Selasa (04/11/2025).

  • Xiaomi Garap HP Mirip Power Bank, Baterainya 9.000 mAh

    Xiaomi Garap HP Mirip Power Bank, Baterainya 9.000 mAh

    Jakarta

    Vendor ponsel China berlomba-lomba mengembangkan ponsel dengan baterai jumbo yang kapasitasnya menyerupai power bank. Salah satunya Xiaomi yang kabarnya sedang menggarap ponsel dengan baterai 9.000 mAh.

    Rumor ini datang dari tipster asal China Digital Chat Station. Dalam postingannya di Weibo, mereka mengklaim sebuah vendor sudah menyelesaikan solusi baterai 9.000 mAH dengan pengisian cepat 100W untuk ponsel di salah satu sub-brand.

    Digital Chat Station tidak menyebutkan ponsel apa yang akan menggunakan solusi bertenaga ini, namun My Drivers memberikan informasi tambahan. Tampaknya ponsel yang dimaksud adalah Redmi Turbo 5 series.

    Kalau baterai 9.000 mAh masih dirasa kurang besar, Digital Chat Station juga mengatakan Xiaomi sedang aktif mengevaluasi baterai ponsel dengan kapasitas 10.000 mAh. Jika rumor ini benar, ponsel Xiaomi misterius itu akan jadi salah satu perangkat dengan baterai terbesar.

    Kapasitas yang besar ini dapat terwujud berkat kemajuan teknologi baterai silikon karbon, yang memungkinkan produsen baterai menambah kepadatan energi tanpa membuat desain ponsel jadi lebih tebal.

    Redmi Turbo 5 series diprediksi debut antara Desember 2025 atau Januari 2026. Namun masih ada keraguan soal model apa yang akan menggunakan baterai 9.000 mAh.

    Pasalnya, rumor sebelumnya mengklaim Redmi Turbo 5 edisi standar akan mengusung baterai 7.500 mAh. Mungkin baterai 9.000 mAh akan dipakai di model Pro atau varian high-end lainnya, seperti dikutip dari Notebookcheck, Selasa (4/11/2025).

    Selain baterai besar, Redmi Turbo 5 series kabarnya akan dilengkapi chipset bertenaga tinggi. Redmi Turbo 5 standa rumornya akan menjadi salah satu ponsel pertama di dunia dengan chip MediaTek Dimensity 8500, sedangkan Redmi Turbo 5 Pro akan diotaki Dimensity 9500e atau Snapdragon 8 Gen 5.

    Kemungkinan ponsel ini diluncurkan secara global sangat kecil. Kalaupun Redmi Turbo 5 akan dirilis di luar China dengan nama lain, kapasitas baterainya mungkin akan lebih kecil dibandingkan versi China.

    (vmp/vmp)

  • Petaka Buat Driver Online Makin Kencang di China dan AS, Ini Buktinya

    Petaka Buat Driver Online Makin Kencang di China dan AS, Ini Buktinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Jalanan di China dan Amerika Serikat (AS) makin ramai dengan robotaxi. Opsi taksi tanpa sopir tersebut mulai diminati oleh masyarakat setempat.

    Laporan unit robotaxi Baidu, Apollo Go, menyebutkan terdapat 250 ribu pesanan per minggu tanpa pengemudi hingga 31 Oktober 2025, dikutip dari CNBC Internasional, Selasa (4/11/2025).

    Apollo Go sendiri telah beroperasi di beberapa wilayah China, mulai dari Wuhan, Sebagian Beijing, Shanghai dan Shenzhen.

    Selain itu, perusahaan juga telah berekspansi di luar China, yakni Hong Kong, Dubai, dan Abu Dhabi. Terakhir Apollo Go telah masuk di Swiss.

    CNBC Internasional mengatakan belum jelas berapa laman Apollo Go mengoperasikan hingga mendapatkan 250 ribu pesanan per minggu. Pada laporan kuartal 30 Juni, perusahaan menyebutkan terdapat 169 ribu perjalanan per minggu berdasarkan perhitungan media tersebut dari 2,2 juta perjalanan tanpa pengemudi.

    Sejauh ini, Apollo Go telah menerima 17 juta pesanan perjalanan. Mobilnya menempuh 240 juta km dengan 140 juta perjalanan tanpa pengemudi.

    Terkait keselamatan, rata-rata satu insiden untuk pengembangan kantung udara tiap 10,1 juta km. Namun belum ada kecelakaan besar hingga adanya korban cedera ataupun kematian karena kendaraan Apollo Go.

    Di Amerika Serikat (AS), Waymo yang dimiliki Alphabet juga melaporkan jumlah perjalanan robotaxi mingguan yang sama dengan Apollo Go pada bulan April. Angka itu naik dari Februari sebanyak 200 ribu perjalanan.

    Namun saat dihubungi CNBC Indonesia, Waymo belum memiliki angka perjalanan terbaru yang bisa dibagikan kepada publik.

    Sejauh ini, Waymo telah beroperasi di jalanan San Fransisco, Los Angeles, dan Phoenix. Operator robotaxi juga bermitra dengan Uber untuk operasional di Austin dan Atlanta.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Prabowo Akan Bayar Utang Whoosh Pakai Uang Negara yang Dikembalikan Koruptor

    Prabowo Akan Bayar Utang Whoosh Pakai Uang Negara yang Dikembalikan Koruptor

    GELORA.CO – Presiden Prabowo Subianto menyebut, bakal menggunakan uang negara hasil pengembalian dari para koruptor untuk membayar utang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) atau Whoosh.

    Hal itu disampaikan Prabowo saat peresmian Stasiun Tanah Abang Baru di Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (4/11/2025).

    “Duitnya ada. Duit yang tadinya dikorupsi (setelah diambil negara) saya hemat. Enggak saya kasih kesempatan. Jadi, saudara saya minta bantu saya semua. Jangan kasih kesempatan koruptor-koruptor itu merajalela. Uang nanti banyak untuk kita. Untuk rakyat semua,” ujar Prabowo.

    Selain itu, Kepala Negara menyinggung bahwa semua uang yang dipakai negara untuk kepentingan rakyat berasal dari pajak yang dibayarkan rakyat.

    Prabowo lantas menjelaskan bahwa pemerintah selama ini juga memberikan subsidi harga tiket kereta kepada masyarakat, sebagai bentuk tanggung jawab menghadirkan transportasi murah.

    “Tadi disampaikan Menhub, semua kereta api kita, pemerintah subsidi 60 persen, rakyat bayar 20 persen. Ya ini kehadiran negara, ini kehadiran negara. Dari mana uang itu? dari uang rakyat, dari pajak, dari kekayaan negara. makanya kita harus mencegah semua kebocoran,” kata Prabowo.

    Lebih lanjut, Prabowo menegaskan bahwa Indonesia sanggup membayar utang proyek Whoosh tersebut.

    Namun, Prabowo tidak menjelaskan lebih lanjut apakah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bakal dipakai untuk membayar utang Whoosh.

    Pasalnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Purbaya sebelumnya menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menanggung utang proyek Whoosh.

    Sebab, menurut Purbaya, utang proyek itu merupakan urusan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terlibat di dalamnya.

    Bayar Utang Whoosh Rp 1,2 Triliun Per Tahun

    Sebelumnya, Prabowo menegaskan bahwa dirinya dan pemerintah mengambil alih tanggung jawab pembayaran utang

    “Enggak usah khawatir ribut-ribut Whoosh. Saya sudah pelajari masalahnya. Tidak ada masalah, saya tanggung jawab nanti whoosh semuanya,” tegas Prabowo.

    Bahkan, menurut Prabowo, pemerintah akan membayar utang proyek Whoosh sebesar Rp 1,2 triliun per tahun.

    “Pokoknya enggak ada masalah, karena itu kita bayar mungkin Rp 1,2 triliun per tahun,” ujar Kepala Negara.

    Dia lantas meminta masalah Whoosh tidak hanya dilihat dari untung rugi. Melainkan, dilihat dari manfaat yang dirasakan masyarakat, seperti mengurangi kemacetan dan polusi.

    “Manfaatnya, mengurangi macet, mengurangi polusi, mempercepat perjalanan, ini semua harus dihitung,” ujarnya.

    Oleh karena itu, Kepala Negara meminta warga tidak ribut-ribut masalah utang Whoosh.

    “Dan ini ingat ya, ini simbol kerja sama kita dengan Tiongkok. Jadi, sudahlah, saya sudah katakan presiden Republik Indonesia yang ambil alih tanggung jawab. Jadi tidak usah ribut, Kita mampu. Dan kita kuat,” tandas Prabowo.

    Utang Whoosh

    Sebagai informasi, KCJB menghadapi beban utang yang cukup berat. KAI bersama dengan tiga BUMN lainnya harus menanggung renteng kerugian dari Whoosh sesuai porsi sahamnya di PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PT PSBI).

    Dalam laporan keuangan per 30 Juni 2025 (unaudited) yang dipublikasikan di situs resminya, entitas anak KAI, PT PSBI, tercatat merugi hingga Rp 4,195 triliun sepanjang 2024.

    Artinya, dalam sehari saja bila menghitung dalam setahun ada 365 hari, konsorsium BUMN Indonesia harus menanggung rugi dari beban KCIC sebesar Rp 11,493 miliar per hari.

    Kerugian itu masih berlanjut tahun ini. Hingga semester I-2025 atau periode Januari–Juli, PSBI sudah membukukan kerugian sebesar Rp 1,625 triliun.

    Sebagai pemimpin konsorsium, KAI memegang porsi saham terbesar di PSBI, yakni 58,53 persen, sesuai penugasan yang diberikan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

    Selain KAI, pemegang saham lain PSBI adalah Wika dengan kepemilikan 33,36 persen, Jasa Marga sebesar 7,08 persen, dan PTPN VIII sebesar 1,03 persen.

  • Mendorong Transformasi Hijau, HKI Jajaki Model Eco-Industrial Park Tiongkok

    Mendorong Transformasi Hijau, HKI Jajaki Model Eco-Industrial Park Tiongkok

    Surabaya (beritajatim.com) – Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) mengikuti program China–Indonesia Industrial Park Green Development di Beijing dan Tianjin pada 26–30 Oktober 2025.

    Program ini mempertemukan pengambil kebijakan, pengelola kawasan industri, dan lembaga riset dari kedua negara untuk memperkuat kolaborasi menuju industrialisasi hijau dan rendah karbon.

    Kegiatan ini difasilitasi oleh Institute for Essential Services Reform (IESR) dan Global Environmental Institute (GEI), dengan dukungan Energy Foundation China serta Chinese Academy of Sciences (CAS).

    Program tersebut dirancang untuk memperdalam pemahaman tentang kebijakan dan praktik terbaik pengembangan eco-industrial park (EIP) yang telah sukses diterapkan di Tiongkok.

    Dalam kesempatan istimewa itu, delegasi Indonesia diikuti oleh perwakilan Kementerian Perindustrian, Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM, serta HKI. HKI diwakili oleh Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Antar Lembaga, Didik Prasetiyono.

    Didik mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan yang dimulai di Research Center for Eco-Environmental Sciences (RCEES), Chinese Academy of Sciences, Beijing. Para peneliti dan pelaku industri berbagi praktik terbaik dalam pengelolaan energi, air, dan limbah dengan pendekatan berbasis riset dan teknologi.

    “Berbagai inovasi ditampilkan, mulai dari penerapan microgrid untuk energi hijau, sistem manajemen karbon berbasis Internet of Things (IoT), hingga konsep zero-waste industrial park. Pendekatan ini menunjukkan bagaimana Tiongkok berhasil memadukan kebijakan, riset ilmiah, dan teknologi lingkungan secara terpadu untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan,” kata Didik.

    Didik menambahkan, pada sesi kunjungan ke China Center for Information Industry Development (CCID), yang merupakan bagian dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok (Ministry of Industry and Information Technology / MIIT), delegasi Indonesia mempelajari peran riset dan data industri dalam perumusan kebijakan nasional.

    CCID, lembaga strategis di bawah MIIT, berperan penting sebagai penggerak riset, analisis data, dan kerja sama internasional yang mendukung kebijakan industri berbasis inovasi.

    “Sinergi antara pemerintah, lembaga riset, dan sektor swasta menjadi kunci keberhasilan industrialisasi berbasis pengetahuan di Tiongkok. Pola seperti ini menjadi inspirasi bagi Indonesia untuk memperkuat transformasi industri yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi,” ungkap kandidat doktor Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Universitas Airlangga (Unair) ini.

    Sementara itu, puncak kegiatan berlangsung di Tianjin Economic-Technological Development Area (TEDA), salah satu kawasan industri paling sukses di Tiongkok.

    TEDA mengelola lebih dari 40 ribu hektare lahan industri dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2024 mencapai sekitar RMB 258,1 miliar atau setara Rp567 triliun.

    Delegasi Indonesia diterima jajaran pimpinan TEDA dan meninjau fasilitas pengolahan air limbah berkapasitas 100.000 meter kubik per hari yang dioperasikan oleh Veolia, perusahaan lingkungan asal Prancis.

    Fasilitas tersebut dioperasikan hanya oleh tiga orang berkat sistem otomasi penuh berbasis sensor dan pemantauan waktu nyata (real-time monitoring) yang mampu menjaga efisiensi energi secara presisi.

    Didik menegaskan pentingnya sinergi riset, kebijakan, dan industri dalam mempercepat transformasi hijau. “Setiap investasi teknologi lingkungan adalah keputusan lintas generasi yang harus dirancang efisien dan adaptif untuk jangka panjang,” ujarnya.

    Ia menambahkan, pengalaman Tiongkok membuktikan bahwa transformasi hijau berhasil bila negara memiliki arah kebijakan yang jelas. Pemerintah Tiongkok menjadi penggerak utama dengan strategi transisi energi yang tegas, riset yang kuat, dan kolaborasi erat antara sektor publik dan swasta.

    Kepastian hukum, kemudahan berusaha, serta iklim investasi yang kondusif menciptakan kepercayaan dan mempercepat transformasi industri. HKI meyakini, Indonesia dapat mereplikasi arah serupa agar transformasi hijau menjadi gerakan ekonomi nasional yang nyata.

    Kunjungan ini menjadi tonggak penting bagi penguatan ekosistem industri hijau di Indonesia. HKI menilai, kemitraan dengan lembaga-lembaga Tiongkok seperti CAS, CCID-MIIT, dan TEDA dapat menjadi katalis percepatan implementasi Kawasan Industri Berwawasan Lingkungan (KIBL) yang tengah digagas Kementerian Perindustrian.

    Langkah ini sejalan dengan visi pemerintah menuju Net Zero Emission 2060 dan peta jalan Making Indonesia 4.0. Kawasan industri akan menjadi simpul utama industrialisasi hijau yang berdaya saing global sekaligus menopang pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. (tok/ian)