Negara: Prancis

  • Kisah Pria Irlandia Selamat usai Jatuh di Rinjani, Bertahan 5-6 Jam dengan Luka-luka

    Kisah Pria Irlandia Selamat usai Jatuh di Rinjani, Bertahan 5-6 Jam dengan Luka-luka

    Jakarta

    Pada Oktober 2024, pendaki gunung asal Irlandia bernama Paul Ferrell pernah terjatuh ketika mendaki Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Kisahnya kembali menjadi sorotan setelah belum lama ini pendaki asal Brasil bernama Juliana Marins meninggal setelah jatuh di Rinjani.

    Farrell menceritakan kondisinya saat terjatuh ke medan curam setinggi 200 meter. Farrell mengatakan saat itu ia sedang melepaskan sepatu dan sarung tangan karena ada kerikil yang mengganggu.

    Tiba-tiba angin kencang muncul dan meruntuhkan tanah pijakan Farrell. Ia akhirnya terjatuh dan terpaksa masuk dalam mode ‘bertahan hidup’.

    “Saya mencoba menancapkan kuku dan tangan saya ke apa saja, hanya untuk memperlambat. Sampai saya melihat sebuah batu besar dan saya mencoba mengalihkan jalan saya ke arah batu itu. Saya menabrak batu itu, tetapi untungnya saya berhasil menghentikan laju jatuh,” ceritanya dikutip dari BBC Brasil, Minggu (29/6/2025).

    Ketika berada dalam jurang, ia berusaha mengatur napasnya. Meski jatuh ratusan meter, untungnya Farrell hanya mengalami beberapa luka dan goresan ringan di tubuhnya.

    Meski begitu, ia tetap harus tetap waspada karena tempatnya tidak aman dan Farrell bisa terpeleset lagi kapan saja. Seorang wanita asal Prancis yang melihat kejadian itu berusaha kembali ke camp untuk mendapatkan bantuan.

    Ia bertahan di batu selama 5-6 jam sampai akhirnya bantuan datang. Ia menggambarkan pengalaman itu sebagai hal yang sangat menyeramkan. Ferrell hanya bisa berharap untuk keluar dari situasi mengerikan itu.

    “Sejujurnya, saya rela mematahkan lengan, kaki, atau semua tulang saya untuk keluar dari situasi itu. Jika saya perlu membuat perjanjian dengan Tuhan atau Iblis untuk keluar dari sana hidup-hidup, saya akan melakukannya,” ceritanya.

    Setelah diselamatkan, Farrell merasa sangat lega. Ia mengaku sangat bersyukur bisa selamat dan hampir kapok untuk naik gunung lagi.

    “Saya suka adrenalin dan olahraga ekstrem, tetapi situasi ini hampir membuat saya jera,” tandasnya.

    (avk/suc)

  • Iran Ungkap 71 Orang Tewas Akibat Serangan Israel ke Penjara di Teheran

    Iran Ungkap 71 Orang Tewas Akibat Serangan Israel ke Penjara di Teheran

    Jakarta

    Serangan Israel terhadap penjara Evin Teheran yang terjadi selama perang 12 hari menewaskan sedikitnya 71 orang. Data tersebut berdasarkan Pengadilan Iran beberapa hari setelah gencatan senjata yang mengakhiri permusuhan antara kedua musuh bebuyutan itu.

    Dilansir AFP, Minggu (29/6/2025), serangan yang dilakukan pada Senin (23/6) lalu menghancurkan sebagian gedung administrasi di Evin, sebuah kompleks besar yang dijaga ketat di utara Teheran, yang menurut kelompok hak asasi manusia menampung tahanan politik dan warga negara asing.

    “Menurut angka resmi, 71 orang tewas dalam serangan di penjara Evin,” kata juru bicara pengadilan Asghar Jahangir tentang serangan itu, bagian dari kampanye pemboman yang dilancarkan Israel pada 13 Juni.

    Menurut Jahangir, para korban di penjara Evin merupakan staf administrasi, penjaga, tahanan dan kerabat yang berkunjung serta orang-orang yang tinggal di dekatnya. Gambar yang dibagikan oleh pengadilan menunjukkan dinding hancur, langit-langit runtuh, puing-puing yang berserakan, dan permukaan yang rusak di seluruh ruang tunggu di fasilitas itu.

    Pihak pengadilan mengatakan pusat medis dan ruang kunjungan Evin menjadi sasaran serangan.

    Pada hari Selasa, sehari setelah serangan, pihak pengadilan mengatakan bahwa otoritas penjara Iran telah memindahkan narapidana dari penjara Evin, tanpa menyebutkan jumlah mereka atau mengidentifikasi mereka.

    Narapidana di Evin termasuk peraih Nobel Perdamaian Narges Mohammadi serta beberapa warga negara Prancis dan warga negara asing lainnya.

    (yld/idn)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Asteroid ‘Pembunuh’ 2024 YR4 Bisa Hujani Bumi dengan Meteor ‘Seperti Peluru’

    Asteroid ‘Pembunuh’ 2024 YR4 Bisa Hujani Bumi dengan Meteor ‘Seperti Peluru’

    Bisnis.com, JAKARTA – Simulasi baru mengungkapkan asteroid “pembunuh kota” yang terkenal, 2024 YR4, dapat menghujani Bumi dengan puing-puing “seperti peluru” jika menghantam bulan pada 2032 atau tujuh tahun dari sekarang.

    2024 YR4 adalah asteroid yang berpotensi berbahaya dengan lebar sekitar 200 kaki (60 meter), membuatnya cukup besar untuk memusnahkan area perkotaan yang luas jika menghantam Bumi secara langsung.

    Dilansir dari livescience, Asteroid ini pertama kali ditemukan pada bulan Desember 2024 tetapi menjadi berita utama awal tahun ini ketika para ilmuwan pertama kali meramalkan bahwa ada kemungkinan asteroid ini akan menabrak Bumi pada tanggal 22 Desember 2032.

    Peluang tabrakan mencapai puncaknya pada 3,1% pada bulan Februari, yang cukup untuk mendorong NASA untuk mempelajarinya secara ekstensif. Namun, analisis selanjutnya mengungkapkan bahwa tidak ada kemungkinan asteroid ini akan menghantam planet kita.

    Namun pada bulan April, para peneliti menyadari bahwa, meskipun Bumi tidak lagi berada di garis tembak, batu angkasa tersebut masih dapat menghantam bulan.

    Peluang terjadinya tabrakan tersebut telah meningkat perlahan namun pasti, dan terakhir melonjak menjadi 4,3% awal bulan ini. Para ahli kemungkinan akan mengetahui kemungkinan terakhirnya pada tahun 2028, saat asteroid tersebut akan melakukan pendekatan terdekat berikutnya ke planet kita.

    Dalam sebuah studi baru, yang diunggah pada tanggal 12 Juni ke server pracetak arXiv, para peneliti menjalankan simulasi komputer untuk memodelkan seperti apa dampak bulan itu. Tim tersebut memperkirakan bahwa hingga 220 juta pon (100 juta kilogram) material dapat dikeluarkan dari permukaan bulan. Jika 2024 YR4 menghantam sisi bulan yang menghadap Bumi — yang peluangnya kira-kira 50/50 — hingga 10% dari puing-puing ini dapat ditarik oleh gravitasi Bumi selama beberapa hari berikutnya, tulis para ilmuwan.

    2024 YR4 akan menjadi batu angkasa terbesar yang menghantam bulan dalam “setidaknya 5.000 tahun,” penulis utama studi Paul Wiegert, seorang ahli dalam dinamika tata surya di Universitas Western di Ontario, Kanada, yang juga telah mempelajari secara ekstensif asteroid “Dewa Kekacauan” Apophis yang akan melintas Bumi pada tahun 2029, mengatakan kepada situs berita Prancis AFP. Dampaknya akan “sebanding dengan ledakan nuklir besar dalam hal jumlah energi yang dilepaskan,” tambahnya.

    Tidak mungkin ada serpihan potensial yang akan menimbulkan risiko bagi orang-orang di permukaan planet ini. Sebaliknya, kita mungkin akan disuguhi hujan meteor “spektakuler” saat serpihan batu terbakar di atmosfer Bumi, yang dapat berlangsung selama beberapa hari dan dapat dilihat oleh orang-orang di seluruh dunia, kata Weigert.

    Namun, meskipun kita hampir pasti akan aman di darat dari hujan meteor bulan yang potensial, infrastruktur berbasis ruang angkasa kita bisa terancam. Jumlah serpihan yang berpotensi ditarik mendekati Bumi membuat kemungkinan satelit kita terkena meteor menjadi sekitar 1.000 kali lebih besar. Dan pada tahun 2032, jumlah pesawat ruang angkasa yang mengorbit planet kita diperkirakan akan meningkat secara signifikan.

    Jika kemungkinan terjadinya tabrakan bulan meningkat lebih lanjut di tahun-tahun mendatang, badan pemerintah mungkin akan mengambil keputusan untuk mencoba dan mengalihkan jalur asteroid tersebut guna melindungi aset antariksa Bumi. Asteroid tersebut akan menjadi “target yang bagus” untuk menguji kemampuan pertahanan planet kita, kata Weigert. “Saya yakin hal itu akan dipertimbangkan.”

  • Jorge Martin Ngebet Keluar dari Aprilia, Diklaim Bebas Kontrak Musim Depan

    Jorge Martin Ngebet Keluar dari Aprilia, Diklaim Bebas Kontrak Musim Depan

    Jakarta

    Jorge Martin tampaknya sangat serius dengan keputusannya ingin hengkang dari Aprilia. Bahkan kabarnya Martin bisa bebas kontrak pada musim depan, meski kontraknya dengan Aprilia masih ada.

    Hal itu diungkapkan oleh manajer Jorge Martin, Albert Valera. Kata Valera, Martin telah mengaktifkan klausul dalam kontraknya, sehingga dia bisa bebas memilih tim anyar untuk musim depan.

    “Ya, yang bisa kami katakan adalah Jorge bebas kontrak untuk tahun depan, untuk 2026,” kata Valera dikutip dari Crash.

    “Cukup jelas bagi kami. Dia telah melaksanakan klausul yang ada dalam kontraknya dan kami hanya mengikuti kontraknya. Dia sepenuhnya terbuka, siap dan kita lihat apa yang akan terjadi di masa mendatang. Namun sekali lagi, dia memiliki klausul dalam kontraknya, dia memiliki hak untuk melaksanakan klausul itu dan dia melakukannya,” sambung dia.

    Sebelumnya, gonjang-ganjing hengkangnya Martin dari Aprilia terjadi sejak gelaran MotoGP Prancis 2025 awal Mei lalu. Saat itu Martin dilaporkan berencana hengkang dari Aprilia, meski dia baru saja bergabung dengan pabrikan Italia di awal musim ini.

    Sebagai informasi, Martin diketahui memiliki klausul kontrak khusus dengan Aprilia, di mana Martin bisa mengakhiri kontrak di tahun keduanya alias tahun 2026, jika Martin tidak berada di posisi tiga besar klasemen MotoGP 2025 setelah balapan berjalan enam seri.

    Martin sendiri memang jauh dari posisi tiga besar setelah enam seri MotoGP 2025. Soalnya rider Spanyol tersebut absen balapan sejak absen sejak awal musim. Sebenarnya Jorge Martin sempat comeback di MotoGP Qatar 2025, namun dia kembali terjatuh dan gagal mencetak poin. Walhasil saat ini Martin terdampar di bawah klasemen dengan nol poin.

    Sebelumnya pihak Aprilia telah menegaskan bahwa kontrak Martin tetap berlaku hingga akhir 2026. Aprilia mengklaim klausul tersebut seharusnya tak berlaku sebab Martin dalam kondisi cedera. Namun pernyataan Aprilia kembali dibantah oleh manajer Jorge Martin, Albert Valera, yang menandakan bahwa Martin memang ngebet keluar dari Aprilia.

    Di sisi lain Aprilia menanggapi pernyataan ini dengan nada tegas. Sikap mereka tidak berubah sejak pernyataan mereka di MotoGP Inggris di akhir Mei lalu yang menyatakan bahwa Martin tetap jadi pebalapnya pada musim depan.

    “Posisi kami tidak berubah sejak siaran pers dikeluarkan pada Kamis 22 Mei,” bilang seorang juru bicara Aprilia. “Perwakilan Aprilia Racing tidak akan memberikan komentar lebih lanjut mengenai masalah ini,” tambah dia.

    (lua/rgr)

  • Raksasa Situs Porno Kabur-Tutup Permanen, Pemerintah Prancis: Bagus!

    Raksasa Situs Porno Kabur-Tutup Permanen, Pemerintah Prancis: Bagus!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemilik Pornhub telah memblokir akses ke situs webnya di Prancis menyusul adanya Undang-Undang baru yang mengharuskan situs pornografi memverifikasi usia penggunanya.

    “Perusahaan hiburan dewasa Aylo telah membuat keputusan sulit untuk menangguhkan akses di Prancis ke platform yang mencakup situs YouPorn dan Redtube – mulai Rabu,” kata Wakil Presiden Aylo Alex Kekesi dalam sebuah pernyataan dilansir dari CNN, dikutip Sabtu (28/6/2025).

    Sementara itu, Arcom, regulator komunikasi negara itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa Aylo telah memilih untuk “menghindari persyaratan perlindungan anak di bawah umur” yang tercantum dalam peraturan digital, dan memilih untuk menangguhkan akses ke kontennya di Prancis, termasuk untuk orang dewasa.

    Padahal regulator menyebut ada banyak solusi teknis di pasaran yang (memungkinkan) usia pengguna diverifikasi sambil memastikan perlindungan data pribadi mereka.

    Kekesi beralasan perusahaan tersebut telah bertahun-tahun mencoba bekerja sama dengan Paris untuk menemukan cara memverifikasi usia pengguna tanpa mengekspos “data jutaan orang Prancis terhadap pelanggaran privasi dan peretasan” tetapi hal itu tidak dapat dilakukan.

    Perusahaan yang dimiliki oleh firma ekuitas swasta Kanada Ethical Capital Partners tersebut berpendapat, usia pengguna harus diperiksa dari perangkat mereka – seperti ponsel pintar atau komputer – dan dengan demikian harus menjadi tanggung jawab perusahaan teknologi seperti Apple, Google, dan Microsoft, bukan situs pornografi.

    “Warga negara Prancis berhak mendapatkan pemerintah dan regulator yang serius dalam mencegah anak-anak mengakses konten dewasa,” kata Kekesi.

    “Mereka juga berhak mendapatkan Undang-Undang yang melindungi privasi mereka dan menjaga data sensitif mereka,” lanjutnya.

    Pada tahun 2024, Prancis menjadi negara dengan jumlah penonton Pornhub terbesar kedua setelah Amerika Serikat, menurut situs web tersebut.

    Tahun lalu, Prancis memberlakukan undang-undang yang mewajibkan situs pornografi menerapkan teknologi verifikasi usia yang lebih ketat. Hal itu dapat mencakup meminta pengguna untuk memberikan detail kartu bank mereka, kata Arcom dalam dokumen Oktober yang merinci aspek penerapan undang-undang tersebut.

    Aurore Bergé, menteri kesetaraan gender Prancis, mengatakan dalam sebuah posting di X pada hari Selasa, keputusan Aylo berarti “akan ada lebih sedikit konten kekerasan, merendahkan, dan memalukan yang dapat diakses oleh anak di bawah umur di Prancis.”

    “Pornhub, YouPorn, dan Redtube menolak untuk mematuhi kerangka hukum kami dan memutuskan untuk pergi. Bagus!” katanya.

    Perketat Aturan

    Tren peningkatan perlindungan anak di bawah umur mengakses internet semakin meluas. 

    Di Amerika Serikat, 19 negara bagian – yang menjadi rumah bagi lebih dari sepertiga penduduk Amerika – dalam beberapa tahun terakhir telah mengesahkan undang-undang yang mewajibkan situs pornografi untuk mengonfirmasi usia pengguna dengan memeriksa tanda pengenal yang dikeluarkan pemerintah atau memindai wajah mereka, di antara metode lainnya.

    Undang-Undang tersebut telah menyebabkan beberapa situs dewasa terbesar, termasuk Pornhub, memblokir pengguna dari negara bagian tersebut, daripada membayar jutaan untuk layanan pemeriksaan tanda pengenal.

    Dan, minggu lalu, Komisi Eropa meluncurkan penyelidikan terhadap Pornhub dan tiga situs web dewasa besar lainnya, menuduh mereka tidak mematuhi peraturan yang dirancang untuk melindungi anak di bawah umur dari mengakses pornografi.

    Badan eksekutif blok tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan minggu lalu, sedang mengembangkan aplikasi verifikasi usia untuk memungkinkan orang membuktikan bahwa mereka berusia lebih dari 18 tahun tanpa mengungkapkan informasi lain tentang diri mereka secara daring.

    (dce)

    [Gambas:Video CNBC]

  • RI Gandeng Prancis Kembangkan Bengkel Pesawat

    RI Gandeng Prancis Kembangkan Bengkel Pesawat

    Jakarta

    Perusahaan asal Prancis, SECAMIC dan PT Republik Aero Dirgantara (RAD) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di ajang Paris Air Show 2025 pada 20 Juni lalu. Kerja sama ini untuk mengembangkan layanan Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) yang mencakup sejumlah pesawat sipil dan militer di Indonesia untuk membangun kapabilitas perawatan pesawat yang mandiri dan berstandar internasional di dalam negeri.

    Kerja sama ini mencakup pelatihan teknis, pembangunan rantai pasok, pengawasan mutu, serta alih teknologi dan peralatan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan operasional Indonesia. Seluruh kegiatan MRO direncanakan terpusat di fasilitas RAD yang ada di Bandung, dan akan dikembangkan sebagai pusat operasional utama.

    SECAMIC akan berperan penting dalam menjamin kepatuhan teknis, pendampingan proses sertifikasi, serta memastikan transfer keahlian dari Prancis ke Indonesia. Bertrand Lucereau, CEO SECAMIC, menyatakan bahwa MoU ini mencerminkan karena kesamaan visi SECAMIC dengan RAD.

    “Kami percaya, dengan dukungan teknis dan pengetahuan kelas dunia, Indonesia dapat memperkuat infrastruktur MRO-nya secara berdaulat,” ujar Bertrand dalam keterangannya, Sabtu (28/6/2025).

    Sementara itu, Norman Joesoef, selaku Chairman Republikorp sebagai perusahaan induk RAD mengatakan bahwa kerja sama ini bukan sekadar kerja sama bisnis, tapi sebuah langkah strategis menuju kemandirian industri pertahanan nasional.

    “Bersama SECAMIC, kami ingin menghadirkan layanan MRO bernilai tinggi yang tak hanya mendukung armada saat ini dan masa depan, tapi juga membuka lapangan kerja dan mengembangkan sumber daya lokal,” kata Norman.

    Kesepakatan ini menjadi landasan pengembangan kerja sama antara para pihak, dengan implementasi awal lima tahun dan peluang perpanjangan ke depan. Setelah diresmikan, kolaborasi ini diharapkan memperkuat kemandirian Indonesia dalam layanan pemeliharaan, perbaikan, dan overhaul (MRO) serta meningkatkan kesiapan operasional armada.

    Inisiatif ini juga bertujuan memperluas kerja sama internasional yang mendukung pembangunan industri pertahanan nasional, dengan memadukan keahlian teknologi dan pengalaman untuk menciptakan nilai tambah strategis bagi Indonesia.

    Untuk diketahui, SECAMIC adalah perusahaan asal Prancis yang bergerak di bidang layanan pendukung pertahanan dan keamanan, khususnya di sektor kedirgantaraan. Kompetensi utama perusahaan ini mencakup layanan MRO (Maintenance, Repair, and Overhaul) pesawat militer, logistik, dukungan teknis, serta pelatihan.

    (ara/ara)

  • Quartararo Pole, Bagnaia di Depan Marquez

    Quartararo Pole, Bagnaia di Depan Marquez

    Kualifikasi MotoGP Belanda 2025 telah berakhir, Sabtu (28/6). Pebalap Yamaha asal Prancis, Fabio Quartararo kembali meraih pole position. Sementara Francesco Bagnaia kedua dan Marc Marquez keempat!

    Ketika Q2 baru dimulai, Fabio Quartararo langsung tancap gas dengan mencatatkan waktu terbaik 1 menit 31,059 detik. Dia yang memimpin kualifikasi dibuntuti Francesco Bagnaia dan Marc Marquez hingga memasuki putaran kedua.

    Tak lama setelah putaran kedua, hampir seluruh pebalap memutuskan masuk ke pit untuk mengganti ban dan ‘menarik napas’ sejenak. Mereka secara serempak kembali ke lintasan ketika Q2 menyisakan enam menit lagi.

    Hasil kualifikasi MotoGP Belanda 2025. Foto: dok. Yamaha Motor Racing Srl

    Di putaran ketiga, atau ketika Q2 hanya menyisakan tiga menitan lagi, posisi pebalap mengalami banyak perubahan. Namun, Quartararo yang menggunakan ban soft di depan dan belakang mampu mengamankan posisi pertamanya.

    Bagnaia naik satu peringkat ke posisi kedua, kemudian Alex Marquez yang sempat kesulitan di putaran pertama melesat ke urutan ketiga. Mereka semua masih punya satu putaran lagi untuk memperbaiki posisi.

    Namun, hingga akhir Q2, tak banyak perubahan di posisi terdepan. Fabio Quartararo tetap meraih pole position dengan catatan waktu terbaik 1 menit 30,651 detik. Sedangkan Francesco Bagnaia kedua dan Alex Marquez ketiga. Ini merupakan pole position keempat untuk El Diablo musim ini.

    Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2025Fabio QuartararoFrancesco BagnaiaAlex MarquezMarc MarquezMarco BezzecchiFranco MorbidelliFermin AldeguerFabio DiggiaPedro AcostaMaverick VinalesRaul FernandezJohann Zarco.

  • Prancis Akan Larang Merokok di Pantai-Taman-Halte Bus Mulai 29 Juni

    Prancis Akan Larang Merokok di Pantai-Taman-Halte Bus Mulai 29 Juni

    Jakarta

    Otoritas Prancis akan melarang merokok di pantai dan taman, kebun publik dan halte bus mulai Minggu (29/6) besok.

    Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (28/6/2025), dekrit tersebut, yang dipublikasikan dalam lembaran resmi pemerintah pada Sabtu (28/6), juga akan melarang merokok di luar perpustakaan, kolam renang, dan sekolah, dan ditujukan untuk melindungi anak-anak dari perokok pasif.

    Dekrit larangan merokok tersebut tidak menyebutkan tentang rokok elektronik. Pelanggar larangan tersebut akan menghadapi denda sebesar 135 euro (US$158).

    “Tembakau harus dihilangkan dari tempat-tempat yang terdapat anak-anak,” kata Menteri Kesehatan dan Keluarga Catherine Vautrin pada bulan Mei lalu, yang menggarisbawahi “hak anak-anak untuk menghirup udara bersih”.

    Teras kafe dikecualikan dari larangan merokok tersebut.

    Sekitar 75.000 orang diperkirakan meninggal akibat komplikasi yang berhubungan dengan tembakau setiap tahun di Prancis.

    Menurut survei opini terkini, enam dari 10 orang Prancis (62 persen) mendukung larangan merokok di tempat umum.

    Tonton juga video: Selandia Baru Larang Anak Muda Merokok!

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Cuma Ada di Pasar Mobil Bekas, Ini Deretan Mobil yang Disuntik Mati

    Cuma Ada di Pasar Mobil Bekas, Ini Deretan Mobil yang Disuntik Mati

    Jakarta

    Tercatat ada beberapa mobil yang sudah disuntik mati per 2024 kemarin. Nah kira-kira mobil apa saja ya?

    Meski demikian bagi detikers yang masih menginginkannya, masih bisa memilikinya, karena masih seliweran di pasar mobil bekas atau second. Nah penasaran mobil apa saja yang sudah disuntik mati per 2024 lalu, simak ulasannya berikut ini:

    1. Toyota SientaToyota Sienta. Foto: TMMIN.

    Sejatinya pada 2023 lalu, Toyota masih menjual Sienta dengan status spot order. Tapi pada bulan awal tahun 2024 lalu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan Sienta tidak diproduksi lagi.

    2. PeugeotPeugeot 2008 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto

    Bisa dipastikan pada 2025 sekarang, tidak ada lagi mobil-mobil baru untuk Peugeot. Soalnya Pabrikan asal Prancis, Peugeot yang berada di bawah payung PT Astra International resmi undur diri dari Indonesia. Peugeot setop memasarkan produknya di Indonesia per Kamis (2/5/2024) lalu.

    Mundurnya Peugeot dari Indonesia lantaran keputusan dari prinsipal. Stellantis sebagai induk disebut ingin mengakhiri penjualan di Indonesia.

    Di Indonesia, Peugeot fokus memasarkan SUV, di antaranya: Peugeot 5008, 3008, dan 2008.

    3. Suzuki Ertiga SportModel-model Suzuki Sport di GIIAS 2018, Ertiga, Baleno dan IGnis Foto: Suzuki

    Ertiga merupakan mobil 7-penumpang yang terbilang sukses di Indonesia. Mobil low MPV itu menghadirkan beberapa trim untuk menggoda masyarakat Indonesia.

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyetop penjualan trim Ertiga Sport. Sebagai gantinya, pabrikan Jepang itu menghadirkan Ertiga Cruise sejak pameran Indonesia International Motor Show 2024 kala itu.

    4. Suzuki IgnisSuzuki New Ignis 2021 Foto: doc. Suzuki Indomobil Sales (SIS)

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Juli 2024 lalu juga memastikan Suzuki tidak akan lagi menjual Ignis. City car yang meluncur perdana di Tanah Air pada tahun 2017 itu sudah resmi disuntik mati.

    “Iya, Ignis sudah di-discontinue dari market Indonesia,” ungkap Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel saat dikonfirmasi detikOto, Rabu (10/7/2024) kala itu.

    Harold menjelaskan keputusan itu merupakan bagian dari rencana perusahaan yang mulai fokus ke kendaraan elektrifikasi.

    “Alasannya, sesuai dengan rencana korporasi kami yang secara bertahap akan lebih fokus ke produk terelektrifikasi seperti XL7 hybrid dan Ertiga hybrid. Serta memperkuat keberadaan model-model buatan dalam negeri,” lanjut Harold.

    (riar/lth)

  • Penjelasan Ilmiah Mengapa Kita Terjatuh di Gunung

    Penjelasan Ilmiah Mengapa Kita Terjatuh di Gunung

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mendaki sebuah gunung harus disertai dengan persiapan yang matang, tak bisa dipungkiri terdapat berbagai risiko pendakian mengintai seperti terjatuh di gunung.

    Kasus terbaru, seorang pendaki asal Brasil yakni Juliana Marins tewas dalam pendakiannya di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kasus Juliana tersebut memperingatkan semua orang yang akan melakukan pendakian untuk terus waspada saat mendaki gunung.

    Melansir Outside Online, terdapat sekitar 40 juta orang per tahun mengunjungi ketinggian di atas 6.500 kaki di Pegunungan Alpen setiap tahun. Sebagian besar dari mereka ada di sana untuk mendaki, beberapa dengan pengalaman yang sangat sedikit dan kondisi fisik yang buruk. Angka-angka belaka berarti bahwa meskipun hiking relatif aman, jumlah kecelakaan dengan kemungkinan rendah bertambah.

    Sebagai contoh, sebuah studi tentang kecelakaan gunung di Prancis tahun lalu menemukan bahwa hanya 4% kecelakaan pendakian di jalur di mana penyelamatan gunung disebut mengakibatkan kematian.

    Sebagai perbandingan, 15% panggilan hiking off-trail, 20% panggilan pendakian gunung salju, 35% panggilan air putih, dan 47% panggilan BASE-jumping melibatkan kematian.

    Tetapi karena perbedaan partisipasi, hiking sebenarnya adalah penyebab keseluruhan utama kematian terkait olahraga di Swiss, menyumbang 25% dari total, dibandingkan dengan 17 persen untuk pendakian gunung, 8% untuk tur ski, 2,7% untuk panjat tebing, dan hanya 1,8% untuk BASE jumping.

    Lantas bagaimana risiko terjatuh saat mendaki gunung?

    Menurun lebih berisiko. Lebih dari 75% jatuh terjadi selama penurunan, dibandingkan dengan 20% pada pendakian dan 5% pada tanah datar.

    Beberapa faktor mungkin berkontribusi terhadap hal ini: Anda bergerak lebih cepat di menuruni bukit, Anda memukul paha depan Anda dengan kontraksi otot eksentrik yang tidak dikenal, Anda mungkin telah minum bir di pondok puncak, dan Anda sudah lelah dari pendakian.

    Kondisi eksternal bukanlah faktor yang besar. Kecelakaan yang kita bicarakan di sini sebagian besar bukanlah klise dari pendaki bodoh yang berkeliaran di jalan setapak saat senja dalam kabut tebal atau badai hujan lebat. Faktanya, 90% kecelakaan terjadi saat cuaca baik, tanpa curah hujan, kabut, atau kegelapan. Selain itu, 81% kecelakaan terjadi di jalan setapak atau jalan setapak yang ditandai, meskipun jalan setapak itu melewati medan berbatu dalam 61% kasus. Untuk sebagian besar, para pendaki melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan ketika mereka jatuh.

    Kasus fatal lebih banyak terjadi pada laki-laki. Faktanya, wanita menyumbang lebih dari setengah kecelakaan secara keseluruhan-tetapi mereka cenderung tidak mengalami kecelakaan serius. Wanita memiliki 55% kecelakaan yang tidak fatal, tetapi hanya 28% yang fatal. Pria secara signifikan lebih mungkin mengalami kecelakaan hiking di luar jalur daripada wanita.

    Kasus Juliana Marins

    Juliana diduga jatuh di Danau Segara Anak, tepatnya di sekitar titik Cemara Nunggal, pada Sabtu (21/6) pagi. Insiden nahas itu terjadi saat Juliana hendak menuju puncak Gunung Rinjani.

    Pada Senin, 23 Juni 2025, Tim SAR Gabungan terus melanjutkan proses evakuasi terhadap Juliana. Pukul 06.30 WITA, korban berhasil terpantau menggunakan drone, dalam posisi tersangkut di tebing batu pada kedalaman ±500 meter dan secara visual dalam keadaan tidak bergerak.

    “Dua personel rescue diturunkan untuk menjangkau lokasi korban dan mengecek titik pembuatan anchor kedua di kedalaman ±350 meter. Namun, setelah observasi, ditemukan dua overhang besar sebelum bisa menjangkau korban membuat pemasangan anchor tidak memungkinkan, Tim rescue harus melakukan climbing untuk bisa menjangkau korban,” tulis Balai TN Gunung Rinjani.

    Evakuasi ini menghadapi medan ekstrem dan cuaca dinamis, kondisi kabut tebal mempersempit pandangan dan meningkatkan risiko. Demi keselamatan, tim rescue ditarik kembali ke posisi aman.

    Pukul 14.30 WITA, rapat evaluasi digelar via Zoom bersama Gubernur NTB Lalu Muhamad Iqbal. Gubernur berencana meminjam helikopter milik PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) untuk mempercepat proses penyelamatan.

    “Lakukan kemampuan terbaik kita, termasuk kemungkinan rescue melalui airlifting menggunakan helikopter dengan pilot spesifikasi airlifter. Supaya tidak kehilangan golden time (72 jam) penyelamatan,” ujar Iqbal dalam rapat koordinasi virtual, dikutip dari Detikcom.

    Kepala Kantor Basarnas Mataram secara teknis menjelaskan proses evakuasi mempergunakan helikopter dimungkinkan namun harus dipastikan spesifikasi helikopter paling tidak memiliki Hois untuk air lifting dan cuaca yang sangat cepat berubah juga mempengaruhi bisa tidaknya proses evakuasi mempergunakan helikopter.

    (fsd/fsd)

    [Gambas:Video CNBC]