Negara: Perancis

  • 8
                    
                        Prabowo Putuskan Bahasa Portugis Jadi Pelajaran Sekolah, Presiden Brasil Tepuk Tangan
                        Nasional

    8 Prabowo Putuskan Bahasa Portugis Jadi Pelajaran Sekolah, Presiden Brasil Tepuk Tangan Nasional

    Prabowo Putuskan Bahasa Portugis Jadi Pelajaran Sekolah, Presiden Brasil Tepuk Tangan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva tepuk tangan usai Presiden RI Prabowo Subianto membuat keputusan menjadikan bahasa Portugis sebagai pelajaran di sekolah Indonesia.
    Hal tersebut terjadi saat Prabowo menyatakan keputusan itu dalam momen
    joint statement
    bersama Lula di Istana, Jakarta, Kamis (23/10/2025).
    Dalam pidatonya, Prabowo menyebut Indonesia dan Brasil ingin hubungan menjadi lebih baik, sehingga memprioritaskan bahasa Portugis.
    “Dan karena pentingnya hubungan ini, saya sudah putuskan bahwa bahasa Portugis menjadi bahasa prioritas di pendidikan kita karena kita ingin hubungan ini lebih baik,” ujar Prabowo.
    Pada saat itulah, Lula tampak memberikan tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi atas keputusan Prabowo.
    Menurut Prabowo, bahasa Portugis kini sama prioritasnya dengan bahasa lain yang sudah lebih dahulu diajarkan di sekolah.
    “Selain bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Korea, Perancis, Jerman, dan Rusia, bahasa Portugis menjadi bahasa prioritas bagi kita, Portugis dan Spanyol,” imbuh Prabowo.
    Sebelumnya, Presiden RI Prabowo Subianto memerintahkan agar bahasa Portugis mulai diajarkan kepada anak-anak sekolah di Indonesia.
    Prabowo menjelaskan, keputusannya ini merupakan bukti bahwa Indonesia memandang Brasil sebagai negara yang sangat penting.
    Hal tersebut Prabowo sampaikan saat makan siang bersama Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (23/10/2025).
    “Sebagai bukti bahwa kami memandang Brasil sangat penting, saya telah memutuskan bahwa bahasa Portugis akan menjadi salah satu prioritas bahasa disiplin pendidikan Indonesia,” ujar Prabowo.
    Prabowo menyampaikan, dirinya akan memberi petunjuk kepada Menteri Pendidikan Tinggi (Mendikti) dan Menteri Pendidikan Dasar Menengah (Mendikdasmen) agar bahasa Portugis mulai diajarkan di sekolah.
    Dia pun kembali menegaskan bahwa hubungan Indonesia dan Brasil sangat besar.
    “Untuk mulai mengajar bahasa Portugis di sekolah-sekolah kita. Ini bukti bahwa kami memandang hubungan Brasil dan Indonesia sangat besar,” imbuhnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 9
                    
                        Perampok Museum Paris Ditangkap, Gadis China Bawa Kabur Emas Rp 29 M
                        Internasional

    9 Perampok Museum Paris Ditangkap, Gadis China Bawa Kabur Emas Rp 29 M Internasional

    Perampok Museum Paris Ditangkap, Gadis China Bawa Kabur Emas Rp 29 M
    Penulis
    PARIS, KOMPAS.com
    – Seorang gadis asal China berusia 24 tahun ditangkap dan didakwa atas pencurian hampir enam kilogram emas dari Museum Sejarah Alam di Paris, Perancis.
    Penangkapan tersebut diumumkan beberapa hari setelah perampokan besar terjadi di Museum Louvre yang mengakibatkan delapan perhiasan era kerajaan raib.
    Jaksa Paris, Laure Beccuau, mengatakan bahwa tersangka ditangkap di Barcelona, Spanyol, pada 30 September 2025, sekitar dua pekan setelah pembobolan museum pada 16 September.
    “Ia ditangkap saat mencoba membuang hampir satu kilogram kepingan emas cair,” ujar Beccuau dalam keterangan resmi, Selasa (21/10/2025), dikutip dari
    AFP
    .
    Perempuan itu kemudian diekstradisi ke Perancis pada 13 Oktober dan didakwa atas tindak pencurian serta konspirasi kriminal. Saat ini, ia ditahan sementara oleh pihak berwenang.
    Hasil penyelidikan awal menunjukkan, tersangka meninggalkan Perancis pada hari yang sama saat pencurian terjadi dan diduga bersiap untuk kembali ke China sebelum ditangkap di Spanyol.
    Koleksi yang raib mencakup beberapa benda bersejarah, antara lain:
    “Total hampir enam kilogram emas asli dicuri. Kerugian diperkirakan mencapai 1,5 juta euro (sekitar Rp 29 miliar),” kata Beccuau.
    Meski begitu, ia menegaskan bahwa nilai historis dan ilmiah dari koleksi tersebut tidak dapat digantikan.
    Emas yang dicuri berupa paduan logam alami mengandung emas dan perak yang belum dimurnikan.
    Kepolisian menduga pelaku merupakan bagian dari kelompok pencuri profesional. Dua pintu museum dipotong menggunakan gerinda, sedangkan etalase kaca tempat penyimpanan emas dibuka paksa dengan obor las.
    Polisi menemukan sejumlah peralatan di sekitar lokasi kejadian, termasuk obor las, gergaji, obeng, tabung gas, dan gerinda.
    Rekaman CCTV memperlihatkan penyusup memasuki museum sekitar pukul 01.00 dini hari dan keluar tiga jam kemudian, sekitar pukul 04.00.
    Penyelidikan masih berlangsung untuk mengetahui kemungkinan adanya pelaku lain.
    Kedua kasus tersebut kembali memicu perdebatan mengenai lemahnya sistem keamanan di museum-museum Perancis, termasuk lembaga budaya berskala internasional.
    Direktur Museum Sejarah Alam kala itu menggambarkan para pelaku sebagai “tim yang sangat profesional.”
    Pemerintah Perancis kini didesak untuk memperketat pengamanan terhadap koleksi berharga yang menjadi bagian dari warisan budaya dunia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Hujan Guyur Jakarta Rabu Malam 22 Oktober 2025, Empat Ruas Jalan Tergenang – Page 3

    Hujan Guyur Jakarta Rabu Malam 22 Oktober 2025, Empat Ruas Jalan Tergenang – Page 3

    Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian internasional. Bahkan, air hujan yang mengandung mikroplastik tak hanya ditemukan di daerah perkotaan tapi juga di daerah pegunungan di Amerika Serikat. Ada pula di daerah terpencil di Eropa seperti Alpen.

    Temuan kandungan mikroplastik di daerah pelosok menunjukkan bahwa mikroplastik dapat terbawa melalui atmosfer hingga ke tempat yang amat jauh.

    “Artinya plastik bisa terbawa melalui atmosfer dengan jarak ribuan kilo meter. Bahkan di negara Asia lain seperti Jepang, Korea, China, konsentrasi mikroplastik di udara dan hujan cenderung tinggi di daerah perkotaan dan industri padat. Demikian pula di Australia, saya tinggal lama di sana,” terang Dicky.

    Fenomena ini, sambung Dicky, kini disebut oleh para ilmuwan sebagai bagian dari siklus plastis global atau global plastic cycle.

    “Plastik kini beredar layaknya karbon dan air, jadi menjadi bagian permanen dari sistem dunia. Cukup miris ya, memprihatinkan,” ucap Dicky.

    Mikroplastik yang ada di udara sebetulnya berasal dari abrasi termasuk ban kendaraan, jalan aspal, debu pakaian sintetis dari proses mencuci dan mengeringkan, dan proses pembakaran sampah plastik.

    “Juga degradasi plastik di lautan dan di daratan yang terbawa angin dan uap air. Partikel mikro ini bersifat hidroskopis, jadi mudah menempel pada uap air, sehingga ikut terangkut ke atmosfer dan turun kembali bersama hujan. Inilah yang disebut plastic rain oleh peneliti atmosfer,” papar Dicky.

    Lantas bagaimana mitigasi di negara lain soal hujan yang mengandung mikroplastik ini?

    “Mitigasi di negara lain, khususnya di negara maju, mereka mengambil kebijakan multilevel untuk mengendalikan paparan mikroplastik, antara lain mitigasi di sumbernya tau upstream. Kalau di Eropa, mereka melarang mikroplastik dalam kosmetik, detergen, dan bahan pembersih,” ucap Dicky.

    Sementara, di Jepang dan Korea, industri tekstil dan otomotif diwajibkan mengurangi emisi serat mikro. Di Perancis, setiap mesin cuci baru dijwajibkan memiliki filter mikroplastik.

    “Mitigasi lingkungan juga mesti dilakukan dengan peningkatan pengolahan limbah air kota dengan sistem filtrasi,” pungkasnya.

  • Kelebihan Teknologi Chengdu J-10C yang Mau Dibeli RI, Pernah Libas Rafale

    Kelebihan Teknologi Chengdu J-10C yang Mau Dibeli RI, Pernah Libas Rafale

    Jakarta

    Jet tempur Chengdu J‑10 akan menjadi andalan baru militer Indonesia. Menteri Keuangan (Menkeu) Purbaya Yudhi Sadewa telah menyetujui anggaran pembelian fighter jet atau jet tempur dari China tersebut, sekitar US$9 miliar atau berkisar Rp146 triliun untuk 42 unit ChengduJ-10.

    Artinya, dari angka itu, secara hitungan sederhana, rata‑rata biaya per unit (termasuk paket dukungan, logistik, pelatihan, dan infrastruktur) bisa mencapai sekitar US$214 juta atau sekitar Rp3,54 triliun per unitnya.Unit yang dibeli kemungkinan adalah Chengdu J-10C.

    Chengdu J10C ini sejauh ini baru dioperasikan Angkatan Udara China dan Angkatan Udara Pakistan. Nah pada Mei 2025 saat konflik antara Pakistan dan India, Chengdu J10C jadi berita besar lantaran disebut mampu menjatuhkan jet tempur Rafale asal Perancis yang sebelumnya dinilai lebih hebat.

    “Jet tempur kami menembak jatuh tiga Rafale India. Jet tempur kami adalah J-10C,” cetus Menteri Luar Negeri Pakistan Ishaq Dar ketika itu. Rafale rontok konon dengan rudal PL-15 yang juga buatan China.

    Dikutip detikINET dari Newsweek, Senin (20/10/2025) J-10C ini adalah varian baru dari J-10 dengan berbagai macam peningkatan, yang memang ditujukan agar lebih menarik untuk ekspor ke negara lain.

    “Dulu, ketika orang-orang membicarakan jet tempur Tiongkok, kesan yang muncul kebanyakan adalah efektivitas biayanya. Namun kini, J-10C telah membuktikan kehebatan tempurnya yang sesungguhnya melalui pengalaman operasional di dunia nyata,” kata Zhang Xuefeng, pengamat militer China.

    Kepala perancang J-10C menonjolkan kemampuan angkut senjata di jet itu yang telah ditingkatkan. Pesawat tempur ini, yang mulai beroperasi di militer China pada tahun 2017, dapat dilengkapi dengan lebih dari 40 jenis persenjataan, meningkat dari hanya 10 jenis pada J-10 versi awal. Itu menawarkan fleksibilitas lebih besar untuk misi udara, darat, dan maritim.

    Dari segi desain rangka pesawat, J-10C diuntungkan oleh sistem pemasukan udara yang meningkatkan aliran udara ke mesin, yang diklaim meningkatkan keandalannya dan mengurangi penampang radar.

    Sementara itu, canard yang dipasang di bagian depan, yaitu kendali kecil seperti sayap, meningkatkan stabilitas dan kemampuan manuver di kecepatan tinggi, memberi keunggulan dibanding pesawat tempur JF-17 yang juga dibuat Chengdu Aircraft Corporation. Desain itu juga disebut membuatnya setara F-16 buatan Amerika Serikat.

    Salah satu peningkatan paling signifikan adalah radar array terpindai elektronik aktif, yang menggantikan sistem pemindaian mekanis lama. Radar AESA memungkinkan deteksi dan pelacakan target yang lebih cepat, sehingga pilot dapat menghadapi beberapa musuh secara bersamaan sekaligus lebih sulit untuk diganggu atau dideteksi.

    Pesawat tempur ini juga dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik canggih yang meningkatkan kewaspadaan situasional pilot dan mengurangi kemungkinan posisi pesawat terdeteksi oleh radar musuh.

    (fyk/fay)

  • Dampak BBM Dicampur Etanol, Ini Keunggulan dan Kelemahan Bensin E10

    Dampak BBM Dicampur Etanol, Ini Keunggulan dan Kelemahan Bensin E10

    Bisnis.com, JAKARTA — Kandungan etanol dalam BBM menjadi sorotan dalam polemik kelangkaan bensin di SPBU swasta seperti BP, Shell, hingga Vivo. Sejumlah pengelola SPBU swasta pun enggan membeli base fuel dari Pertamina karena terdapat kandungan etanol yang tinggi.

    Untuk diketahui, pada kesepakatan pengadaan BBM, pengusaha swasta akhirnya menyetujui membeli dari Pertamina dengan syarat dalam bentuk produk base fuel atau bahan baku. 

    Namun, dalam perjalanannya base fuel yang dijual PT Pertamina (Persero) ke SPBU swasta diketahui mengandung etanol 3,5% sehingga kesepakatan bisnis dibatalkan.

    Sementara itu, baru-baru ini pemerintah mengumumkan bakal mewajibkan campuran etanol 10% (E10) ke dalam BBM untuk mengurangi impor dan menekan emisi. 

    Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa otoritas energi itu telah mendapatkan arahan dari Presiden Prabowo Subianto dan segera membuat peta jalan untuk mendorong bensin di dalam negeri dicampur dengan etanol 10% guna menekan impor BBM.

    “Bapak Presiden sudah menyetujui untuk direncanakan mandatory 10% etanol. Dengan demikian kita akan campur bensin kita dengan etanol tujuannya agar kita tidak impor banyak,” kata Bahlil di Jakarta, Selasa (7/10/2025).

    Kendati demikian, Bahlil memastikan bahwa mandatori E10 tidak akan diterapkan tahun depan, mengingat perlunya persiapan, baik dari segi bahan baku maupun pengolahannya.

    Adapun, etanol yang dimaksud merupakan produk bioetanol yang diproses dari bahan bakar nabati (BBN) atau fermentasi nabati berbasis tebu dan singkong.

    Lantas, apa itu etanol dalam BBM dan bagaimana dampak penggunaannya? 

    Pengertian etanol

    Dikutip dari Science Direct, etanol juga disebut sebagai etil alkohol yang digunakan sebagai pelarut dan bahan bakar. Bahan bakar ini paling sering digunakan sebagai bahan bakar bermotor, terutama sebagai aditif biofuel untuk bensin.

    Etanol dikenal sebagai senyawa kimia dengan kandungan alkohol (C2H5OH) yang dapat diubah menjadi bioetanol atau bentuk energi terbarukan yang dapat diproduksi dari bahan baku pertanian.

    Bioetanol dapat dibuat dari tanaman umum seperti tebu, ampas tebu, miskantus, bit gula, sorgum, biji-bijian, rumput switch, barley, rami, kenaf, kentang, singkong, buah, molase, jagung, brangkasan, biji-bijian, gandum, ubi jalar, jerami, kapas, biomassa lainnya. 

    Negara-negara pengguna etanol dalam BBM

    Dalam catatan Kementerian ESDM, Brasil sudah mencampur etanol berbasis tebu ke dalam BBM dengan kadar 27% (E27) hingga 100% (E100). Kemudian, AS menggunakan etanol berbasis jagung lewat E85 dan E10, sementara India menerapkan E20 berbasis tebu. 

    Lebih lanjut, Thailand menggunakan E20 dan E85 berbasis tebu dan singkong, Argentina E12 berbasis jagung dan tebu, Jerman E10 berbasis jagung dan gandum, Vietnam E10 berbasis tebu, Filipina E10 berbasis tebu, Perancis E10 berbasis bit gula dan jagung, dan China E10 berbasis jagung. 

    Saat ini, Indonesia telah memiliki produk campuran bahan bakar nabati (BBN) bioetanol 5% (E5) ke bensin yaitu Pertamax Green 95. Produk tersebut mencampurkan bensin dengan etanol dari molases atau tetes tebu. Namun, implementasinya belum bersifat mandatory.

    Dampak etanol dalam bensin

    Ketika dicampurkan ke dalam bensin, etanol berfungsi sebagai oksigenat, yaitu zat yang membantu proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Etanol dinilai dapat menekan emisi karbon yang dihasilkan dari pembakarannya lebih rendah dibandingkan bensin murni. 

    Ahli Bahan Bakar dan Pembakaran Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto Zaenuri menilai penolakan sejumlah SPBU swasta untuk membeli base fuel milik PT Pertamina (Persero) lantaran kandungan etanol 3,5% tidak memiliki dasar teknis yang kuat.

    Menurut dia, kendaraan yang beroperasi di Indonesia sejatinya telah siap mengonsumsi bensin dengan kandungan etanol hingga 10%. Pemerintah pun telah menetapkan spesifikasi bahan bakar melalui Direktorat Jenderal Migas yang mengakomodasi campuran etanol hingga 20%. 

    Tri menjelaskan, etanol memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan komponen fosil murni. Zat tersebut memiliki angka oktan tinggi, berkisar antara RON 110–120, serta mampu menurunkan emisi karbon karena berasal dari sumber nabati. 

    “Etanol meningkatkan oktan dan mengurangi emisi CO2 karena dianggap karbon netral, tidak menambah CO2 di udara,” jelasnya. 

    Meski demikian, Tri mengakui bahwa etanol memiliki kelemahan, yakni sifatnya yang mudah menyerap air. Kondisi tersebut bisa menurunkan kualitas bahan bakar jika terdapat air bebas dalam tangki penyimpanan.

  • Di Piala Dunia 2026, Inggris Bukan Tim Favorit dan Datang Sebagai Underdogs

    Di Piala Dunia 2026, Inggris Bukan Tim Favorit dan Datang Sebagai Underdogs

    JAKARTA – Tak pernah juara selama hampir 60 tahun menjadikan Inggris bukan tim unggulan di Piala Dunia 2026. Manajer Thomas Tuchel menyatakan Inggris bakal datang sebagai underdogs alias tim yang tak diperhitungkan bila lolos ke putaran final yang digelar di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

    Pencapaian Inggris memang cukup mentereng dalam satu dekade terakhir. Di bawah penanganan Gareth Southgate, Inggris mampu menembus semifinal Piala Dunia 2018 sebelum disingkirkan Perancis yang kemudian menjadi juara dunia. Selanjutnya di Piala Dunia 2022, The Three Lions hanya mampu menembus perempat final.

    Prestasi tidak kalah mengesankan diraih Inggris di Piala Eropa. Pada dua gelaran secara berturut-turut, di Euro 2020 dan 2024, Inggris mampu mencapai final. Namun mereka gagal meraih trofi setelah dikalahkan Italia dan kemudian Spanyol.

    Inggris memang selalu apes di turnamen sepak bola paling akbar di dunia maupun Eropa. Mereka hanya sekali menjadi juara di Piala Dunia 1966 yang digelar di negara sendiri. Di Piala Eropa, mereka sama sekali tak pernah mengangkat trofi.

    Ini yang menjadikan Tuchel mengakui bila Inggris berstatus underdogs di Piala Dunia 2026. Meski perjalanan di babak kualifikasi berjalan sangat mulus dan peluang lolos ke putaran final sangat terbuka, namun tidak berarti Inggris langsung menempati tim unggulan.

    “Kami akan datang sebagai underdogs di Piala Dunia. Apa pasal? Kami tak pernah memenangi trofi apa pun selama beberapa dekade. Sebaliknya, kami akan menghadapi tim-tim yang sudah pernah menjadi juara selama periode itu,” kata Tuchel.

    Tuchel pun berharap tim tidak terbebani bila kemudian dilabeli tim favorit juara sekaligus disebut bakal mengakhiri puasa gelar selama 60 tahun.

    “Bila Anda tak pernah juara Wimbledon [salah satu turnamen terbesar atau grand slam di cabang tenis yang digelar di Inggris], Anda mungkin hanya disebut sebagai salah satu tim favorit tetapi Anda bukan favorit juara,” ujarnya.

    “Di Piala Dunia ada Brasil, Argentina, Spanyol dan Perancis yang pernah juara. Namun bukan berarti kami tak punya peluang. Yang penting dan terutama, kami harus lolos lebih dulu dan kemudian benar-benar tahu mengapa kami bisa sampai ke sana. Kami tentu ingin lolos, tetapi target Anda harus jelas,” kata eks manajer Chelsea ini.

    Tuchel, lebih lanjut, menuturkan dirinya tengah membangun tim setahap demi setahap. Dia berharap pada akhirnya tim mana pun berharap tidak bertemu Inggris. Artinya, Harry Kane dkk sudah menjelma menjadi tim yang ditakuti.

    “Saya tak ingin kami menanggung beban seolah-olah kami merupakan favorit kuat [juara]. Kapan kami memenanginya? Saat ini, kami sedang berusaha membangun tim yang benar-benar siap melangkah setapak demi setapak. Dan pada akhirnya siapa pun sama sekali tak ingin menghadapi kami,” ujarnya.

    Inggris melakoni laga uji coba melawan Wales di Wembley, Jumat dini hari WIB. Battle of Britain ini menjadi ajang pemanasan sebelum Inggris bertemu Latvia di pertandingan Grup K kualifikasi Piala Dunia 2026. Inggris yang saat ini bertengger di puncak klasemen tidak diperkuat Jude Bellingham dan Phil Foden di dua laga tersebut.

    “Kami tak mengumpulkan pemain bertalenta, tetapi kami membangun sebuah tim,” kata Tuchel saat menyebut alasan mencoret Bellingham dan Foden yang baru pulih dari cedera.

    “Kami membangun tim yang punya harapan memenangkan trofi. Hal yang belum bisa dilakukan siapa pun. Kami tentu ingin membawa pemain terbaik demi membentuk tim terbaik. Tetapi kadang, Anda tak perlu mengumpulkan pemain bertalenta dan saya berharap keputusan ini tidak salah,” ucapnya.

    Inggris selangkah lagi lolos ke putaran final. Bila mengalahkan Latvia dan di pertandingan lain, Serbia bermain imbang melawan Albania, maka Inggris bakal lolos sebagai juara grup.

  • Raksasa Ecommerce Tinggalkan RI, Sekarang Ramai Dihujat

    Raksasa Ecommerce Tinggalkan RI, Sekarang Ramai Dihujat

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa e-commerce China, Shein dikabarkan membuka toko fisik pertamanya di Perancis. Hal itu memicu kritik tajam dari para pengecer setempat.

    Toko fisik ini jadi langkah baru untuk e-commerce yang dilarang Indonesia tersebut. Sebab, sebelumnya Shein hanya membuka pop-up sementara untuk pemasaran.

    Shein bekerja sama dengan pemilik departemen store Societe des Grands Magasins (SGM) untuk membuka toko fisiknya. Presiden Frederic Merlin mengatakan peluncuran akan menarik klien lebih muda.

    Selain itu kemungkinan pelanggan bisa membeli barang Shein dan tas tangan desainer berbarengan. SGM diketahui mengelola departemen store lain BHV dan Galeries Lafayette.

    Namun Galeries Lafayette menentang keputusan itu dan menyebutnya melanggar perjanjian waralaba.

    “Galeries Lafayette tidak setuju dengan keputusan terkait posisi dan praktik merek fesyen ultra cepat yang bertentangan dengan penawaran dan nilainya,” kata kelompok itu, dikutip Reuters, Jumat (3/10/2025).

    Kritikan juga dilancarkan oleh ketua asosiasi ritel mode Fédération Francaise du Pret-a-Porter, Yann Rivoallan. Dia mengatakan masuknya Shein bisa membuat pasar Perancis banjir dengan produk sekali pakai.

    “Di depan Balai Kota Paris, mereka membangun megastore Shein baru yang bertujuan membanjiri pasar lebih besar lagi dengan produk sekali pakai,” kata Rivoallan.

    Walikota Paris Anne Hidalgo juga menyesalkan keputusan itu yang disebutnya bertentangan dengan tujuan kota yang dipimpinnya. Yakni mempromosikan perdagangan lokal berkelanjutan, dan mendukung bisnis lokal serta barang buatan lokal.

    Shein menjual barang-barang pakaian dan aksesoris dengan sangat murah, apalagi dibandingkan dengan merek fashion ternama asal Perancis. Persahaan menggunakan model bisnis mengirimkan paket langsung dari China ke pembeli untuk bisa memangkas harga.

    Shein juga mendapatkan keuntungan dari aturan bea cukai yang mengecualikan bea masuk untuk paket e-commerce dengan harga murah.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Jelang Kedatangan Rafale, Teknisi Pesawat TNI AU Dikirim ke Perancis untuk Dilatih
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        27 September 2025

    Jelang Kedatangan Rafale, Teknisi Pesawat TNI AU Dikirim ke Perancis untuk Dilatih Nasional 27 September 2025

    Jelang Kedatangan Rafale, Teknisi Pesawat TNI AU Dikirim ke Perancis untuk Dilatih
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Tonny Harjono mengatakan, tidak hanya empat penerbang tempur TNI Angkatan Udara (AU) yang dilatih langsung di Perancis untuk menerbangkan pesawat jet Rafale.
    Tetapi, menurut KSAU, juga ada teknisi yang dibekali pelatihan langsung terkait pesawat yang dibeli Indonesia untuk memperkuat pertahanan udara tersebut.
    “Ya jadi semua sudah termasuk dalam kontrak, jadi dalam pembelian pesawat itu ada pelatihan. Tidak hanya pilot yang dilatih di sana tapi juga teknisi,” kata Tonny saat ditemui di Lapangan Aldinor, Jakarta Selatan, Sabtu (27/9/2025).
    Selain mengirim penerbang dan teknisi, Tonny juga menyebut, sedang disiapkan infrastruktur untuk kedatangan pesawat Rafale di dalam negeri.
    Pesawat jet Rafale tersebut rencana awal akan ditempatkan di Pekanbaru, Riau.
    “Minggu lalu, saya sudah ngecek ke sana dan semua
    on progress,
    bagus. Insya Allah kita awal tahun depan siap untuk menerima kedatangan Rafale,” ujarnya.
    KSAU juga menjelaskan, setelah empat penerbang Letkol Pnb Binggi Nobel, Mayor Pnb Eri Nasrul Mahlidar, Mayor Pnb Arie Prasetyo, dan Mayor Pnb Yusuf Atmaraga berhasil tebang solo, akan ada pelatihan untuk penerbang lainnya.
    “Nanti akan ada lagi, karena kan cukup banyak kita beli pesawat. Sudah ada kontraknya, jadi pertama empat, nanti di dalam negeri juga dilaksanakan (pelatihan juga), dan nanti ada juga yang dilatih berikutnya di luar negeri,” katanya.
    Sebagai informasi, Indonesia dan Dassault Aviation membuka peluang penambahan pesanan jet tempur Rafale di luar kontrak awal yang diteken pada 2022.
    Sebelumnya, kontrak tersebut mencakup pembelian 42 unit Rafale dengan nilai mencapai 8,1 miliar dollar AS, atau setara dengan sekitar Rp 132 triliun.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kisah Gustave, Buaya Raksasa Pemakan Ratusan Manusia

    Kisah Gustave, Buaya Raksasa Pemakan Ratusan Manusia

    Jakarta

    Sungai Ruzizi dan tepian utara Danau Tanganyika di Burundi, Afrika, menyimpan kisah mengerikan tentang seekor predator air raksasa, Gustave, buaya Nil jantan yang ditakuti karena reputasinya sebagai pemakan manusia.

    Meskipun angka pasti mengenai jumlah korbannya sulit diverifikasi, Gustave diperkirakan telah menewaskan 300 orang, membuatnya menjadi salah satu buaya paling mematikan di dunia.

    Asal Usul Nama Gustave

    Nama “Gustave” diberikan kepada buaya raksasa tersebut oleh Patrice Faye, seorang herpetologis Perancis yang meneliti dan mencoba menangkapnya pada akhir 1990-an.

    Sayangnya, tidak ada informasi pasti mengapa Faye memilih nama Gustave. Kemungkinan besar, nama itu dipilih secara acak atau mungkin terinspirasi oleh tokoh atau orang yang dikenal oleh Faye.

    Meskipun asal-usulnya mungkin sederhana, nama “Gustave” kini telah menjadi identik dengan buaya raksasa yang menakutkan dan menjadi bagian dari legenda di Burundi dan sekitarnya.

    Ukuran Raksasa

    Gustave telah menjadi legenda di kalangan penduduk setempat. Ukurannya yang luar biasa besar, dengan perkiraan panjang lebih dari 6 meter dan berat lebih dari 1 ton, membuatnya menjadi makhluk yang menakutkan. Ia memiliki ciri khas berupa tiga bekas luka tembak di tubuhnya dan luka parah di bahu kanan, menambah kesan sangar pada sosoknya.

    Lamban Tapi Cerdik

    Gustave disebutnya tidak terlalu cepat dan kesulitan menangkap makanan buaya pada umumnya seperti mamalia kecil. Maka ia mengincar mangsa yang lebih lambat, dua di antaranya manusia dan kuda nil.

    Pun begitu Gustave dikenal sebagai pemburu yang sangat cerdik. Kemampuannya untuk menghilang di air dan menyerang secara tiba-tiba membuat Gustave sulit ditangkap. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menangkapnya, termasuk menggunakan perangkap raksasa dan umpan hidup, namun semuanya gagal.

    Pada tahun 2002 misalnya, Faye menyiapkan perangkap dengan bantuan banyak orang, akan tetapi gagal menjebaknya.

    “Kami menempatkan perangkat di sungai Ruzizi, menaruh umpan di dalamnya dan menghabiskan waktu di sana dengan kamera, tapi gagal total. Ia berada di luar perangkap dan kami tidak bisa menangkapnya. Ia sangat besar, tiga kali lebih besar dari buaya lain di Burundi,” kata Faye ketika itu kepada BBC.

    Misteri yang Belum Terpecahkan

    Hingga kini, Gustave masih berkeliaran di perairan Afrika, menjadi misteri yang belum terpecahkan. Usianya yang diperkirakan mencapai lebih dari 60 tahun membuatnya menjadi salah satu buaya tertua di dunia.

    Keberadaannya terus menjadi ancaman bagi penduduk setempat dan menarik perhatian para ilmuwan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang perilaku dan kemampuan beradaptasi buaya Nil.

    Dalam sebuah dokumenter di tahun 2014 berjudul Capturing the Killer Croc, Faye menyimpulkan dalam 3 bulan penelitian di habitatnya, Gustave telah memakan 17 manusia. “Saya mengkalkulasi bahwa jika dia membunuh orang dalam 20 tahun di angka ini, dia sudah makan lebih dari 300 orang,” sebutnya.

    Tentu dugaan itu masih perlu diteliti lebih lanjut. Saat ini, belum diketahui apakah Gustave masih hidup atau sudah mati. Mungkin saja juga Gustave tidak membunuh semua manusia itu sendirian, melainkan ada buaya lain yang juga ganas. Pastinya, legenda Gustave masih menghantui warga setempat.

    (afr/fyk)

  • Yamaha Xmax Tech Max Dapat Penyegaran, Harga Naik Rp 2,1 Juta

    Yamaha Xmax Tech Max Dapat Penyegaran, Harga Naik Rp 2,1 Juta

    Jakarta

    PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Xmax Connected Tech Max terbaru dalam panggung Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025 di ICE BSD City, Kab. Tangerang, Rabu (24/9/2025).

    “Kehadiran produk ini memang untuk menjawab keinginan konsumen premium kami, karena produk ini sebelumnya sudah lebih dulu diluncurkan di market Eropa dengan update fitur serta warna baru yang semakin meningkatkan kualitas berkendara di level tertinggi,” ujar Dyonisius Beti, President Director & CEO, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. saat momen peluncuran produk terbaru di IMOS 2025

    Perubahan yang paling signifikan dari Xmax Connected Tech Max ini ialah penyematan fitur electric adjustable secreen yang bisa mengatur ketinggian wind screen secara otomatis hingga 95 mm, baik ke atas ataupun ke bawah. Pengoperasiannya cukup mudah dengan menekan tombol pada stang kemudi sebelah kiri.

    Yamaha Xmax Connected Tech Max Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Masuk ke area kokpit, Xmax tercanggih ini juga mendapat penyegaran pada klaster TFT meter.

    Yamaha Xmax Connected Tech Max Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Jika pada model sebelumnya layar speedometer dan TFT terbagi menjadi dua, kini terintegrasi menjadi satu agar lebih simpel serta praktis secara visibilitas dengan tampilan smoked screen. Selain itu, ada pula penambahan fitur safety berupa Emergency Stop Signal (ESS), dimana lampu hazard akan menyala secara otomatis ketika pengendara terdeteksi melakukan pengereman secara mendadak atau hard braking.

    Motor ini makin terlihat premium berkat penggunaan detail dan aksesori tambahan. Misalnya jok khas Eropa lansiran MBK Perancis, Cover Lid Pocket yang menggunakan material sejenis kulit dengan pola jahitan beraksen emas, hand grip yang memiliki embos logo TechMAX, pijakan kaki yang menggunakan plat aluminium, serta spesial emblem TechMAX yang melekat pada kedua sisi body motor.

    Sementara itu terkait dengan warna, kelir Magma Black kini diganti dengan Ceramic Grey yang merupakan warna global baru yang telah lebih dulu diperkenalkan di market Eropa. XMAX Connected TechMAX model 2025 dipasarkan seharga Rp 75.360.000 OTR Jakarta.

    “Harganya naik Rp 2,1 juta dari varian Tech Max yang lama,” kata Rifki Maulana, Manager PR, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

    Fitur unggulan yang masih dipertahankan

    Yamaha masih membenamkan fitur unggulan yang memadukan unsur sporty dengan premium. Misalnya sistem pencahyaan full LED, Smart Key System yang dilengkapi Answer Back, Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai smartphone, hingga fitur konektivitas Y-Connect.

    Peluncuran Yamaha Xmax Connected Tech Max di IMOS 2025 Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Kenyamanan dan kualitas berkendara yang optimal juga dipertahankan melalui posisi riding yang rileks dengan pijakan kaki yang luas, tinggi stang kemudi yang bisa diatur secara manual, bagasi super luas dengan daya tampung mencapai 44,9 liter yang dilengkapi lampu penerangan LED, fitur Traction Control System (TCS) yang mencegah ban selip saat berakselerasi di permukaan jalan licin, maupun Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah roda ban depan terkunci saat melakukan pengereman mendadak.

    Pada sektor jantung pacu, XMAX Connected TechMAX mengandalkan mesin BLUE CORE berkapasitas 250 cc yang dilengkapi dengan Liquid Cooled, SOHC, 4 Valves yang telah terbukti handal dan kuat dalam menghadapi berbagai kondisi jalan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 16,8kW / 7.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 24,3 Nm / 5.500 rpm sehingga menyajikan akselerasi yang lebih baik ketika berkendara. Untuk mendukung daya jelajah yang tinggi, motor ini turut dibekali dengan kapasitas tangki bensin yang besar mencapai 13 liter.

    (riar/din)