Negara: Malaysia

  • Ya Nggak Apa-Apa, Saya Maafkan

    Ya Nggak Apa-Apa, Saya Maafkan

    GELORA.CO  – Menteri Koordinator bidang Pangan, Zulkifli Hasan atau Zulhas, menanggapi santai tudingan yang mengaitkan dirinya sebagai penyebab sejumlah bencana yang terjadi di wilayah Sumatera.

    Alih-alih tersinggung, Zulhas justru menegaskan bahwa dirinya memaklumi berbagai tuduhan tersebut. 

    Dia menyampaikan, ketika bencana longsor dan banjir terjadi di Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Sumatera Utara, justru dirinya disalahkan.

    Bahkan, dikait-kaitkan dengan isu yang terjadi jauh dari pusat bencana, yakni di Taman Nasional Tesso Nilo, Provinsi Riau. 

    “Yang dipermasalahkan kepada Zulkifli Hasan Tesso Nilo. Itu di Provinsi Riau, sementara ini Provinsi Riau tidak ada bencana apa pun,” kata Zulhas dalam acara Group Conference 2025 di Hotel Raffles, Jakarta, Senin (8/12). 

    Lebih jauh, ia bahkan menyebut dirinya ikut disalahkan atas kejadian di luar negeri, seperti Thailand dan Malaysia. Terkait sejumlah tudingan itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyatakan tak apa-apa, dan ia sudah memaafkan. 

    “Tapi bencana itu yang salah Zulkifli Hasan, termasuk di Thailand dan Malaysia. Ya gak apa-apa, saya maafkan, gak apa-apa,” tegasnya. 

    Pada kesempatan yang sama, Zulhas juga menyampaikan duka mendalam atas bencana alam yang melanda sejumlah daerah di Sumatera, mulai dari Aceh, Sumatera Utara hingga Sumatera Barat. Ia menegaskan bahwa cobaan berat ini menjadi duka bersama seluruh bangsa. 

    “Hari-hari ini, hari yang cukup berat bagi bangsa Indonesia bencana alam menimpa saudara-saudara kita di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat menyesalkan duka yang kita rasakan bersama,” ujar Menko Zulhas. 

    Zulhas menuturkan bahwa tidak ada ungkapan yang mampu menggambarkan rasa kehilangan dan pedih yang dialami masyarakat di wilayah terdampak.

    Ia menekankan bahwa dalam situasi sulit ini, negara dan seluruh elemen bangsa tidak akan membiarkan siapapun berjuang sendirian. 

    “Tidak ada kata yang cukup untuk menggambarkan rasa sedih dan pedih yang dialami saudara-saudara kita di sana. Di tengah cobaan besar ini, kita tidak meninggalkan siapapun,” jelasnya

  • Zulhas Blak-blakan soal Kisruh Lahan di TN Tesso Nilo

    Zulhas Blak-blakan soal Kisruh Lahan di TN Tesso Nilo

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan menyinggung kembali isu kerusakan Taman Nasional Tesso Nilo (Tesso Nilo) yang kerap dikaitkan dengannya.

    Zulhas, sapaan akrabnya, awalnya mengulas bencana di sejumlah wilayah Sumatra yang memberikan dampak kepada 3 provinsi.

    “Bencana Sumatra yang tadi saya sudah sampaikan duka cita kita yang mendalam. Itu terjadi di Provinsi Aceh, dua di Provinsi Sumatera Utara, tiga di Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya dalam Bisnis Indonesia Group (BIG) Conference bertema Arah Bisnis 2026: Menuju Kedaulatan Ekonomi di Hotel Raffles, Jakarta, Senin (8/12/2025). 

    Namun, dia menyebut justru isu lain yang sering diarahkan kepadanya adalah kerusakan kawasan Tesso Nilo di Provinsi Riau, meski daerah tersebut saat ini tidak terdampak bencana.

    “Yang dipermasalahkan kepada Zulkifli Hasan Tesso Nilo. Tesso Nilo itu di Provinsi Riau. Sementara ini Provinsi Riau tidak ada bencana apa pun. Tapi bencana itu yang salah Zulkifli Hasan termasuk di Thailand dan Malaysia. Ya nggak apa-apa, saya maafkan, nggak apa-apa,” katanya. 

    Zulhas menegaskan bahwa Tesso Nilo merupakan kawasan taman nasional yang secara hukum tidak boleh diberi izin untuk bentuk pemanfaatan apa pun.

    “Taman nasional itu tidak boleh diberi izin apa pun. Oleh karena itu, Teso Nelo itu tidak ada menteri kehutanan yang berani memberi izin. Nggak ada,” ucapnya. 

    Menurut dia, siapa pun menteri kehutanan yang mencoba mengeluarkan izin di kawasan tersebut akan berhadapan langsung dengan hukum pidana.

    “Kalau ngasih izin di Tesso Nilo, maka dia masuk penjara langsung. Karena pidana,” tegasnya. 

    Oleh sebab itu, dia menyebut kerusakan kawasan tersebut terjadi jauh sebelum dirinya menjabat menteri, yakni sejak era reformasi. 

    Zulhas juga mengingat kembali momen ketika aktor Hollywood Harrison Ford datang ke Indonesia untuk mengulik isu kehutanan.

    “Waktu orang Amerika Serikat itu datang ‘Kamu kok nggak tangkap tuh 50.000 orang?’ Saya bilang ‘Itu perambah pidana, itu ranah hukum’. Cuma kan saya nggak enak kalau ngomongin kok nggak ditangkap. Masa saya ngomong begitu, kan nggak boleh dong,” katanya. 

    Di hadapan peserta konferensi, dia menyampaikan apresiasi terhadap langkah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto yang membentuk Satgas Pengamanan Kawasan Hutan (PKH). 

    “Saya bersyukur sekarang, Pak. Walaupun saya nunggu Pak Prabowo 15 tahun, saya bersyukur. Sekarang Pak, 4 juta. Ini baru Pak, 4 juta, akan 6 juta ini,” ujarnya. 

    Menurut Zulhas, satgas itu kini telah mengamankan jutaan hektare kawasan hutan ilegal. 

    “Ini yang elegan, kita kebut [pengamanan hutan ilegal] termasuk di situ. Udah diamankan Satgas dipimpin Menhan, namanya Satgas PKH. Udah 4 juta. Ada di Sumatera Utara, paling banyak di Riau. Paling banyak 4 juta hektare ilegal baru berhasil sekarang, yang dulu enggak berhasil,” tandas Zulhas.

  • Thailand-Kamboja Mendidih Lagi, PM Malaysia Serukan Menahan Diri!

    Thailand-Kamboja Mendidih Lagi, PM Malaysia Serukan Menahan Diri!

    Kuala Lumpur

    Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim, menyuarakan keprihatinan mendalam atas bentrokan terbaru antara Thailand dan Kamboja di perbatasan kedua negara yang menjadi sengketa. Anwar menyerukan kedua negara untuk saling menahan diri dan segera kembali berdialog di bawah mekanisme ASEAN.

    Anwar, bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, menjadi mediator bagi gencatan senjata antara Bangkok dan Phnom Penh yang terlibat pertempuran sengit di perbatasan pada Juli lalu. Pertempuran saat itu menewaskan sedikitnya 48 orang dan memaksa 300.000 orang untuk mengungsi.

    Bentrokan terbaru pecah pada akhir pekan, dengan militer Thailand dan Kamboja kembali saling melancarkan serangan di sepanjang perbatasan yang menjadi sengketa. Beberapa waktu terakhir, kedua negara saling melemparkan tuduhan soal adanya pelanggaran gencatan senjata.

    Anwar dalam pernyataannya, seperti dilansir The Star, Senin (8/12/2025), mengatakan bahwa pertempuran yang kembali terjadi dapat membahayakan fondasi yang telah dibangun untuk hubungan yang stabil antara Thailand dan Kamboja yang bertetangga.

    Dia juga menyampaikan belasungkawa untuk keluarga korban tewas atau luka-luka dalam bentrokan terbaru.

    “Thailand dan Kamboja adalah mitra dekat Malaysia dan anggota-anggota kunci ASEAN. Kami mendesak kedua belah pihak untuk menahan diri semaksimal mungkin, menjaga jalur komunikasi tetap terbuka, dan memanfaatkan sepenuhnya mekanisme yang ada,” ujar Anwar dalam pernyataannya via Facebook.

    “Malaysia siap mendukung langkah-langkah yang dapat membantu memulihkan ketegangan dan mencegah insiden lebih lanjut,” tegasnya.

    Lebih lanjut, Anwar mengatakan bahwa kawasan Asia Tenggara tidak bisa membiarkan perselisihan sejak lama itu terjerumus ke dalam “siklus konfrontasi”.

    “Prioritas utama adalah menghentikan pertempuran, melindungi warga sipil, dan kembali ke jalur diplomatik yang didukung oleh hukum internasional dan semangat bertetangga yang menjadi sandaran ASEAN,” cetusnya.

    Dalam bentrokan terbaru, Thailand menuduh pasukan militer Kamboja terlebih dahulu menyerang tentaranya di perbatasan, yang mendorong militer Bangkok melancarkan serangan udara di sepanjang perbatasan.

    Dilaporkan oleh militer Thailand bahwa setidaknya satu tentaranya tewas dan empat orang lainnya mengalami luka-luka dalam bentrokan terbaru, yang meletus di dua area di Provinsi Ubon Ratchathani tersebut, setelah pasukannya diserang Kamboja.

    Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Pertahanan Kamboja menyebut militer Thailand telah melancarkan serangan fajar terhadap pasukannya di dua lokasi, setelah berhari-hari melakukan aksi provokatif. Dikatakan oleh Kementerian Pertahanan Kamboja bahwa pasukannya tidak membalas serangan itu.

    Namun militer Thailand mengatakan bahwa militer Kamboja telah menembakkan sejumlah roket BM-21 ke area-area sipil Thailand.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Pertumbuhan Ekonomi Kalah Cepat dari Malaysia-Thailand, Indonesia Harus Berani Ngebut

    Pertumbuhan Ekonomi Kalah Cepat dari Malaysia-Thailand, Indonesia Harus Berani Ngebut

    Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pangan (Menko Pangan) Zulkifli Hasan mengingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia selama beberapa tahun terakhir memang menunjukkan kemajuan, namun laju tersebut masih kalah cepat dibandingkan negara-negara tetangga di kawasan.

    “Beberapa tahun ini berkembang maju juga tapi negara lain lebih cepat,” kata Zulkifli Hasan dalam acara Arah Bisnis 2026: Menuju Kedaulatan Ekonomi, di Jakarta, Senin (8/12/2025).

    Ia mencontohkan Malaysia yang kini telah mencapai pendapatan per kapita sekitar USD 12.000, sementara Thailand hampir menyentuh USD 8.000. Angka tersebut jauh di atas Indonesia, meski pada masa lalu posisi Indonesia sempat setara dengan negara-negara tersebut.

    “Kalau kita lihat sekarang Malaysia itu income per kapita nya sudah USD 12.000, Thailand itu sudah hampir USD 8000 kita enggak usah cerita atau Tiongkok atau Korea Selatan jauh,” ujarnya.

    Menurutnya, ketertinggalan ini menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan langkah luar biasa agar tidak semakin tertinggal dalam persaingan ekonomi regional.

    Ketertinggalan Jadi Alarm Kebijakan Nasional

    Pria yang akrab disapa Zulhas ini menegaskan, perbandingan tersebut bukan untuk merendahkan capaian Indonesia, melainkan sebagai alarm agar negara berani melakukan koreksi arah pembangunan. Ia menilai, tanpa intervensi yang kuat, jarak ekonomi Indonesia dengan negara tetangga akan semakin lebar.

    Ia mengingatkan bahwa negara-negara yang kini melesat cepat berani mengambil keputusan strategis, termasuk memperkuat peran negara dalam mengawal industrialisasi dan peningkatan nilai tambah ekonomi. Sementara Indonesia, menurutnya, terlalu lama terjebak dalam pola yang kurang agresif.

    “Yang dulu hampir setara kalau enggak kita balik,” ujarnya.

     

  • Mendidih, Pasukan Thailand-Kamboja Kembali Saling Serang!

    Mendidih, Pasukan Thailand-Kamboja Kembali Saling Serang!

    Bangkok

    Konflik perbatasan antara Thailand dan Kamboja kembali memanas, dengan militer Thailand melancarkan serangan udara di sepanjang perbatasan yang disengketakan dengan Kamboja. Thailand mengatakan bahwa serangan dilancarkan setelah pasukannya dihujani serangan militer Kamboja.

    Situasi antara kedua negara yang terlibat konflik perbatasan ini kembali memanas setelah Bangkok dan Phnom Penh saling melemparkan tuduhan soal adanya pelanggaran gencatan senjata di perbatasan.

    Militer Thailand dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters, Senin (8/12/2025), mengatakan pasukannya melancarkan serangan udara telah setelah sejumlah tentaranya yang ada di perbatasan diserang oleh militer Kamboja.

    Dilaporkan oleh militer Thailand bahwa setidaknya satu tentaranya tewas dan empat orang lainnya mengalami luka-luka dalam bentrokan terbaru yang meletus di dua area di Provinsi Ubon Ratchathani tersebut.

    “Pihak Thailand kini telah mulai menggunakan pesawat untuk menyerang target-target militer di beberapa area,” kata militer Thailand dalam pernyataannya pada Senin (8/12) waktu setempat.

    Kementerian Pertahanan Kamboja, dalam pernyataan terpisah, menyebut militer Thailand telah melancarkan serangan fajar terhadap pasukannya di dua lokasi, setelah berhari-hari melakukan aksi-aksi provokatif. Dikatakan oleh Kementerian Pertahanan Kamboja bahwa pasukannya tidak membalas serangan itu.

    Namun, militer Thailand mengatakan bahwa militer Kamboja telah menembakkan sejumlah roket BM-21 ke area-area sipil Thailand. Ditambahkan oleh militer Bangkok bahwa tidak ada laporan korban jiwa akibat serangan roket tersebut.

    Sementara itu, mantan pemimpin Kamboja yang sangat berpengaruh, Hun Sen, ayah dari Perdana Menteri (PM) saat ini, Hun Manet, mengatakan bahwa militer Thailand merupakan “agresor’ yang berusaha memprovokasi respons balasan. Dia mendesak pasukan militer Kamboja untuk menahan diri.

    “Garis merah untuk merespons telah ditetapkan. Saya mendesak para komandan di semua tingkatan untuk mendidik semua perwira dan prajurit sebagaimana mestinya,” ujar Hun Sen dalam pernyataan via Facebook, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

    Selama lebih dari satu abad, Thailand dan Kamboja memperebutkan kedaulatan di titik-titik tak berbatas di perbatasan darat sepanjang 817 kilometer.

    Pada Juli lalu, sengketa perbatasan itu meletus menjadi konflik yang berlangsung selama lima hari, yang melibatkan serangan roket dan tembakan artileri berat. Sedikitnya 48 orang tewas dan diperkirakan 300.000 orang mengungsi pada saat itu.

    Pertempuran itu diakhiri dengan gencatan senjata yang dimediasi PM Malaysia Anwar Ibrahim dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Namun menyusul ledakan ranjau bulan lalu yang melukai salah satu tentaranya, Thailand menangguhkan implementasi gencatan senjata dengan Kamboja.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Jadwal Kontingen Indonesia di Sea Games 2025 Hari ini: Ada Bulutangkis, Hoki, Bisbol Hingga Sepakbola

    Jadwal Kontingen Indonesia di Sea Games 2025 Hari ini: Ada Bulutangkis, Hoki, Bisbol Hingga Sepakbola

    FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Kontingen-kontingen Indonesia akan melanjutkan aksinya berlaga di ajang Sea Games 2025 yang berlangsung di Thailand.

    Pada hari ini, Senin (8/12/2025) ada beberapa cabang olahraga (Cabor) yang bakal berlaga.

    Dari jadwal kontingen Indonesia akan diawali dari Timnas Bisbol putra yang berhadapan dengan Laos di Stadion Bisbol Queen Sirkit Sports Center pada pukul 09:30 WIB atau 10.30 WITA.

    Di dua laga sebelumnya, Timnas Bisbol menang 10-0 atas Malaysia dan kalah 0-14 dari Filipina.

    Kemudian bakal dilanjutkan timnas bulu tangkis dari nomor beregu yang akan melanjutkan perjuangan.

    Tim beregu putri Indonesia melawan Malaysia pada babak semifinal di Gimnasium 4 Universitas Thammasat pada pukul 10:00 WIB atau 11.00 WITA.

    Di lanjutkan pada sore hari ada tim beregu putra, Indonesia yang melawan Singapura pada babak semifinal SEA Games 2025 di Gimnasium 4.

    Sebelumnya juga ada Timnas hoki 5s putra dan putri Indonesia kembali beraksi. Pada pukul 10:00 WIB atau 11.00 WITA, tim putri hoki Indonesia melawan tuan rumah Thailand di Stadion Hoki RTAF.

    Dilanjutkan tim putra yang bermain menghadapi Filipina yang akan tampil pada pukul 12.00 WIB atau 13.00 WITA.

    Dan terakhir yang paling ditunggu ada Timnas Sepakbola Indonesia U-22 yang memulai perjalanannya di ajang Sea Games 2025.

    Laga pertama Timnas Indonesia U-22 di babak fase grup akan berhadapan dengan Filipina.

    Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion 700th Anniversary, Chiang Mai, Thailand mulai pukul 18.00 WIB atau 19.00 WITA.

  • Sambal Bakar Indonesia Hadir di Alam Sutera, Berkonsep Modern dan Family Friendly

    Sambal Bakar Indonesia Hadir di Alam Sutera, Berkonsep Modern dan Family Friendly

    Jakarta: Sambal Bakar Indonesia (SBI) meresmikan outlet ke-29 di kawasan kuliner premium Alam Sutera, Tangerang. Kehadiran outlet baru ini menjadi langkah nyata BSI dalam memperkuat ekspansi nasional dan menghadirkan inovasi menu.
     
    Berlokasi di Jalan Kimale No. 37, East Panunggangan, Pinang, Kota Tangerang, Banten, outlet baru itu mengusung konsep modern-premium dan family friendly dengan dilengkapi playground anak, dua ruang VIP, dan area dining luas. Outlet ini berkapasitas 150-200 pengunjung.
     
    Director of Corporate Communication & Relations SBIG, Benjamin Master A. Surya, menegaskan ekspansi ke Alam Sutera merupakan keputusan yang berdasar pada data dan kebutuhan pasar. Berdasarkan pemetaan internal, sebagian besar pelanggan outlet Gading Serpong diketahui berdomisili di kawasan Alam Sutera.
     
    Bahkan, banyak di antaranya yang secara aktif meminta pembukaan cabang baru agar akses kunjungan lebih dekat. Karakteristik pasar tersebut, mulai dari keluarga muda, profesional, dan komunitas urban dengan daya beli kuat, dinilai sangat sejalan dengan positioning Sambal Bakar Indonesia.
     
    “Alam Sutera kami pilih karena pasarnya sangat potensial, didominasi keluarga muda, profesional, dan komunitas urban dengan daya beli kuat,” kata Benjamin dalam acara peresmian outlet ke-29 Sambal Bakar Indonesia, Sabtu, 6 Desember 2025.

    Grand opening Sambar Bakar Indonesia di Alam Sutera. Foto: SBI
     
    Benjamin menambahkan pertumbuhan kawasan Alam Sutera yang pesat, khususnya pada segmen lifestyle dan kuliner, membuat wilayah ini menjadi hub strategis bagi Sambal Bakar Indonesia dalam memperkuat ekspansi metropolitan.
     
    “Outlet ini bukan sekadar cabang baru, tetapi standar baru SBI. Dari ambience, layout ruang, hingga fasilitas keluarga, semuanya ditingkatkan,” ujarnya.
     
    Pembukaan outlet ke-29 ini menjadi pijakan awal menuju strategi ekspansi besar Sambal Bakar Indonesia pada 2026. Perusahaan membidik 40 outlet aktif pada tahun depan, disertai revitalisasi outlet lama dan penguatan sistem operasional.
     
    “Fase 2025–2026 adalah masa penguatan pondasi. Setelah itu, kami siap masuk ke skala internasional. Malaysia dan Thailand menjadi tujuan awal,” ungkap Benjamin.
     
    Saat ini, Sambal Bakar Indonesia telah memiliki kurang lebih 2.000 karyawan di seluruh Indonesia dan akan terus menambah tenaga kerja seiring ekspansi dua tahun mendatang.
     
    Inovasi Kuliner

    Menu di Sambal Bakar Indonesia. Foto: SBI

    Selain memperluas jaringan outlet, SBI juga menghadirkan inovasi kuliner untuk memperkuat pengalaman pelanggan. Setelah sukses meluncurkan menu Ayam Kremes dan Ayam Serundeng, Sambal Bakar Indonesia kini mempersiapkan big menu launch yang akan dikenalkan pada tahap ekspansi berikutnya.
     
    Hingga saat ini, Sambal Bakar Indonesia masih memiliki menu-menu andalan seperti Sambak Ayam, Sambak Udang, Sambak Cumi Asin, Sambak Iga Bakar, Sambak Kulit, Sambak Telur Barendo, Sambak Lele, Sambak Gurame, dan lain sebagainya.
     
    Sambal Bakar Indonesia menawarkan tiga varian sambal bakar yang dapat dipilih sesuai selera yakni Sambal Bakka (Sambal Tomat): Memiliki tingkat kepedasan ringan, cocok bagi yang tidak terlalu menyukai pedas. Sambal Bara (Sambal Bawang): Tingkat kepedasan sedang dengan aroma bawang yang khas. Sambal Gajja (Sambal Hijau): Tingkat kepedasan tinggi, cocok bagi pecinta pedas sejati.
     
    “Kami ingin Sambal Bakar Indonesia menjadi salah satu kuliner wajib coba ketika turis datang ke Indonesia. Produk kami harus inklusif, cocok untuk pasar kelas A hingga C, baik dine-in maupun online,” ujar Benjamin.
     
    Donasi untuk Bencana Sumatra
    Di momen peresmian ini, Sambal Bakar Indonesia turut mengumumkan inisiatif sosial berupa donasi untuk pemulihan bencana banjir bandang, banjir, dan tanah longsor di Sumatra, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak.
     
    Nantinya, hasil penjualan pada hari pembukaan cabang ke-29 SBI bakal disumbangkan kepada korban bencana di Sumatra. Donasi tersebut bakal dikumpulkan melalui KitaBisa.com yang dinisiasi Benjamin Master A. Surya.
     
    “Brand harus tumbuh bersama masyarakat. Ekspansi ini tidak hanya soal bisnis, tetapi kontribusi nyata bagi saudara-saudara kita yang terdampak bencana di Sumatra,” pungkasnya.

     

    Jakarta: Sambal Bakar Indonesia (SBI) meresmikan outlet ke-29 di kawasan kuliner premium Alam Sutera, Tangerang. Kehadiran outlet baru ini menjadi langkah nyata BSI dalam memperkuat ekspansi nasional dan menghadirkan inovasi menu.
     
    Berlokasi di Jalan Kimale No. 37, East Panunggangan, Pinang, Kota Tangerang, Banten, outlet baru itu mengusung konsep modern-premium dan family friendly dengan dilengkapi playground anak, dua ruang VIP, dan area dining luas. Outlet ini berkapasitas 150-200 pengunjung.
     
    Director of Corporate Communication & Relations SBIG, Benjamin Master A. Surya, menegaskan ekspansi ke Alam Sutera merupakan keputusan yang berdasar pada data dan kebutuhan pasar. Berdasarkan pemetaan internal, sebagian besar pelanggan outlet Gading Serpong diketahui berdomisili di kawasan Alam Sutera.
     
    Bahkan, banyak di antaranya yang secara aktif meminta pembukaan cabang baru agar akses kunjungan lebih dekat. Karakteristik pasar tersebut, mulai dari keluarga muda, profesional, dan komunitas urban dengan daya beli kuat, dinilai sangat sejalan dengan positioning Sambal Bakar Indonesia.
     
    “Alam Sutera kami pilih karena pasarnya sangat potensial, didominasi keluarga muda, profesional, dan komunitas urban dengan daya beli kuat,” kata Benjamin dalam acara peresmian outlet ke-29 Sambal Bakar Indonesia, Sabtu, 6 Desember 2025.
     

    Grand opening Sambar Bakar Indonesia di Alam Sutera. Foto: SBI
     
    Benjamin menambahkan pertumbuhan kawasan Alam Sutera yang pesat, khususnya pada segmen lifestyle dan kuliner, membuat wilayah ini menjadi hub strategis bagi Sambal Bakar Indonesia dalam memperkuat ekspansi metropolitan.
     
    “Outlet ini bukan sekadar cabang baru, tetapi standar baru SBI. Dari ambience, layout ruang, hingga fasilitas keluarga, semuanya ditingkatkan,” ujarnya.
     
    Pembukaan outlet ke-29 ini menjadi pijakan awal menuju strategi ekspansi besar Sambal Bakar Indonesia pada 2026. Perusahaan membidik 40 outlet aktif pada tahun depan, disertai revitalisasi outlet lama dan penguatan sistem operasional.
     
    “Fase 2025–2026 adalah masa penguatan pondasi. Setelah itu, kami siap masuk ke skala internasional. Malaysia dan Thailand menjadi tujuan awal,” ungkap Benjamin.
     
    Saat ini, Sambal Bakar Indonesia telah memiliki kurang lebih 2.000 karyawan di seluruh Indonesia dan akan terus menambah tenaga kerja seiring ekspansi dua tahun mendatang.
     

    Inovasi Kuliner

    Menu di Sambal Bakar Indonesia. Foto: SBI
     
    Selain memperluas jaringan outlet, SBI juga menghadirkan inovasi kuliner untuk memperkuat pengalaman pelanggan. Setelah sukses meluncurkan menu Ayam Kremes dan Ayam Serundeng, Sambal Bakar Indonesia kini mempersiapkan big menu launch yang akan dikenalkan pada tahap ekspansi berikutnya.
     
    Hingga saat ini, Sambal Bakar Indonesia masih memiliki menu-menu andalan seperti Sambak Ayam, Sambak Udang, Sambak Cumi Asin, Sambak Iga Bakar, Sambak Kulit, Sambak Telur Barendo, Sambak Lele, Sambak Gurame, dan lain sebagainya.
     
    Sambal Bakar Indonesia menawarkan tiga varian sambal bakar yang dapat dipilih sesuai selera yakni Sambal Bakka (Sambal Tomat): Memiliki tingkat kepedasan ringan, cocok bagi yang tidak terlalu menyukai pedas. Sambal Bara (Sambal Bawang): Tingkat kepedasan sedang dengan aroma bawang yang khas. Sambal Gajja (Sambal Hijau): Tingkat kepedasan tinggi, cocok bagi pecinta pedas sejati.
     
    “Kami ingin Sambal Bakar Indonesia menjadi salah satu kuliner wajib coba ketika turis datang ke Indonesia. Produk kami harus inklusif, cocok untuk pasar kelas A hingga C, baik dine-in maupun online,” ujar Benjamin.
     

    Donasi untuk Bencana Sumatra

    Di momen peresmian ini, Sambal Bakar Indonesia turut mengumumkan inisiatif sosial berupa donasi untuk pemulihan bencana banjir bandang, banjir, dan tanah longsor di Sumatra, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak.
     
    Nantinya, hasil penjualan pada hari pembukaan cabang ke-29 SBI bakal disumbangkan kepada korban bencana di Sumatra. Donasi tersebut bakal dikumpulkan melalui KitaBisa.com yang dinisiasi Benjamin Master A. Surya.
     
    “Brand harus tumbuh bersama masyarakat. Ekspansi ini tidak hanya soal bisnis, tetapi kontribusi nyata bagi saudara-saudara kita yang terdampak bencana di Sumatra,” pungkasnya.

     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (PRI)

  • 2 Kali Kena Musibah, Ratna Listy: Allah Sedang Sayang Sekali denganku

    2 Kali Kena Musibah, Ratna Listy: Allah Sedang Sayang Sekali denganku

    Jakarta, Beritasatu.com – Selebritas senior Ratna Listy buka suara mengenai dua kali musibah yang dialaminya pada 2025. Ia bersyukur atas musibah tersebut.

    “Habis dapat ujian koper hilang di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia dan sekarang ban mobil pecah di Tol Cipali,” ujar Ratna Listy dikutip dari Instagram miliknya, Minggu (7/12/2025).

    “Subhanallah, Allah sedang sayang sekali denganku,” tambahnya.

    Ratna Listy percaya bahwa cobaan yang datang kepada tidak akan bisa melebih dari kemampuan manusia.

    “Aku percaya, Allah tidak akan memberi ujian di luar batas kemampuan umat-Nya,” lanjutnya.

    “Dan, semua orang sedang berjuang dengan ujiannya masing-masing,” bebernya.

    Ia lebih memilih mengambil hikmah dari rencana Sang Pencipta untuk dirinya dan keluarga.

    “Aku tetap bersyukur dan saling mendoakan ya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah. Amiin,” tutupnya.

    Ratna Listy mengalami pecah ban di jalan tol Cipali, beruntung Ratna Listy dalam kondisi selamat. – (Beritasatu.com/Instagram)

    Sebelumnya, Ratna Listy mengaku kehilangan koper miliknya saat tiba di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia pada November 2025.

    Kini, untuk kedua kali dirinya mendapat musibah saat perjalanan dari Jakarta menuju Madiun. Di mana, ban mobil belakang sebelah kiri Toyota Kijang Innova miliknya mengalami pecah ban pada Km 95 Tol Cipali.

    “Benar-benar kejadian di luar nalar. Ban masih bagus, umur belum tua, tiba-tiba pecah dan hancur seperti kerupuk begini,” ujar Ratna Listy, Minggu (7/12/2025).

    Ratna Listy mengaku beruntung, pasalnya saat kejadian tersebut kendaraan derek dari jalan tol Cipali sigap membantunya.

    “Ada petugas derek dari Astra Tol Cipali @astratolcipali lewat dan ikut menjaga situasi agar insiden ini tidak sampai mengganggu lalu lintas jalan tol,” tambahnya.

    Ratna Listy mengatakan, kendaraan miliknya menuju ke Cipali dalam posisi kecepatan normal.

    “Kita juga enggak kencang, kita pelan-pelan. Sekarang lagi ganti ban serep,” tuturnya.

  • Hadirkan Fuji, Batik Kanthil, dan Kintakun Sambut Puncak 12.12 Birthday Sale

    Hadirkan Fuji, Batik Kanthil, dan Kintakun Sambut Puncak 12.12 Birthday Sale

    Jakarta: Selama satu dekade ini, jutaan cerita telah lahir di Shopee. Ada bisnis yang lahir dari mimpi sederhana, ada pengguna yang menemukan cara baru memenuhi kebutuhan, dan ada kreator yang sukses membangun audiens lewat konten pertamanya. Puncak 12.12 Birthday Sale pada 12 Desember 2025 akan menjadi momen perayaan untuk seluruh ekosistem yang telah berkontribusi dalam perjalanan ini.
     
    Berbagai penawaran menarik, kejutan dan kolaborasi eksklusif, hingga kisah-kisah inspiratif dalam video spesial hadir untuk merayakan sepuluh tahun pertumbuhan dan dampak yang tercipta bersama para pengguna, pelaku usaha, kreator, dan mitra di Shopee.
     
    Adi Rahardja, Senior Director of Business Development Shopee Indonesia mengatakan, “Perjalanan sepuluh tahun ini bukan hanya tentang Shopee, melainkan tentang mereka yang turut berkontribusi dan tumbuh bersama kami. Melihat teknologi fitur, dan program yang kami hadirkan membuka jalan bagi pengguna untuk berkembang, hal ini sangat berarti bagi kami. Di momen satu dekade ini, kami merayakan pencapaian melalui berbagai rangkaian, seperti diluncurkannya serial dokumenter ‘Melestarikan Warisan Budaya’ di YouTube Shopee Indonesia, promo menarik sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale, serta keseruan lainnya sebagai bentuk apresiasi bagi seluruh ekosistem yang telah mempercayai kami.”
     
    Merayakan satu dekade lewat kisah penjual lokal & kolaborasi spesial
    Selama sepuluh tahun terakhir, Shopee telah menjadi rumah bagi banyak penjual lokal dan UMKM yang tumbuh dan berkembang. Masing-masing melalui perjalanan yang berbeda, namun dipertemukan dalam satu wadah untuk terus berkembang melalui teknologi.
     
    Di momen satu dekade ini, Shopee merayakan perjalanan tersebut melalui berbagai selebrasi, termasuk serial dokumenter Shopee: ‘Melestarikan Warisan Budaya’ secara global dengan Batik Kanthil sebagai representasi UMKM Indonesia, dan kolaborasi produk eksklusif salah satunya bersama Kintakun untuk menghadirkan hadiah spesial bagi para pengguna.

     

     
    – Batik Kanthil: Perjalanan Melestarikan Warisan Budaya

    Melalui kisah penuh semangat dan ketekunan, Batik Kanthil membuktikan bahwa sebuah usaha yang sempat mengalami cobaan besar bukan berarti berakhir. Setelah kebakaran menghanguskan toko fisiknya, tekad untuk bertahan jauh lebih besar. 
     
    Ahmad Musa selaku Owner Batik Kanthil memilih untuk bangkit, memodernisasi bisnisnya dari motif dan model hingga cara berjualan, agar batik tetap relevan dan dicintai generasi masa kini. Kehadiran Shopee pun menjadi titik balik, sejak bergabung pada 2020, Batik Kanthil sukses mencatat peningkatan pesanan lebih dari 50 kali lipat. Lewat Program Ekspor Shopee, Batik Kanthil kini bisa menjangkau Malaysia, Singapura, dan Thailand.
     
    “Tidak hanya membantu memperluas jangkauan, Shopee membawa kami pada hal yang lebih besar. Kami bisa lebih dekat dengan pelanggan, menjawab pertanyaan secara langsung, berdiskusi secara real-time lewat fitur interaktif Shopee Live. Hasilnya Shopee Live menyumbang hampir 45% dari total pesanan Batik Kanthil. Dan kini kami bisa memiliki studio live streaming khusus. Tentunya berjalan bersama Shopee dalam meraih kesuksesan bisnis kami adalah sebuah kehormatan, apalagi kami bisa membawa cerita tentang batik Pekalongan secara ke seluruh dunia melalui video spesial ‘Melestarikan Warisan Budaya’. Seperti yang terlihat dalam video tersebut, Shopee benar-benar menjadi rumah sekaligus titik balik usaha kami,” ungkap Musa.
     
    – Kintakun: Kolaborasi Spesial Ulang Tahun ke-10 Shopee

    Menjadi bagian dari perjalanan panjang Shopee sejak pertama kali bergabung pada tahun 2015, Kintakun juga ikut berpartisipasi dalam merayakan momen istimewa ulang tahun ke-10 Shopee.
     
    Menandai perjalanan yang penuh arti ini, Kintakun menghadirkan kolaborasi spesial yang dirancang dengan penuh penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna melalui Kintakun Sprei Set Special Shopee Birthday, koleksi edisi terbatas yang unik berbentuk jeruk berwarna oranye.
     
    Vincent Saputera, Marketing Director of Kintakun mengatakan, “Shopee telah menjadi mitra penting bagi Kintakun sejak memulai penjualan online. Berbagai program dan fitur interaktif Shopee juga memberikan dampak signifikan pada penjualan kami, seperti saat exclusive launch produk Kintakun di Shopee yang mendapat antusiasme tinggi dan habis terjual hanya dalam 1 hari. Maka dari itu, untuk merayakan ulang tahun ke-10 Shopee, kami hadirkan produk eksklusif ini sebagai ungkapan terima kasih. Kami berharap kolaborasi ini terus berlanjut, dan kedepannya lebih banyak inovasi dari Shopee yang membuka kesempatan bagi Kintakun dan brand lokal lainnya untuk tumbuh bersama.”

     

     
    Semarak 10 tahun Shopee di kemeriahan puncak 12.12 Birthday Sale
    Menjadi bagian dari perayaan satu dekade ini, Shopee juga menggandeng Fuji Utami sebagai wajah utama dalam iklan Shopee 12.12 Birthday Sale dan seorang Shopee Affiliate. Fuji mewakili semangat generasi muda yang antusias dalam memanfaatkan inovasi teknologi yang Shopee hadirkan.
     
    “Terima kasih banyak Shopee! Tidak hanya mempercayakan aku melalui kolaborasi di iklan terbaru Shopee 12.12, bergabung dengan Shopee Affiliate juga memberikan aku kesempatan untuk berkembang sebagai seorang kreator sambil mendapatkan penghasilan tambahan. Perjalanan ini luar biasa, dan aku sangat senang bisa menjadi bagian dari perayaan ulang tahun Shopee ke-10 melalui kampanye 12.12 kali ini,” ujar Fuji Utami, Public Figure.
     
    Di puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee telah menyiapkan keseruan dan penawaran terbaik sebagai bentuk apresiasi atas kebersamaan yang telah terjalin selama 10 tahun terakhir. Mulai dari tanggal 11 Desember 2025 pukul 20:00 WIB, pengguna dapat menikmati Diskon s/d 120RB, Voucher Ulang Tahun s/d 100%, Potongan Langsung 1JT, Traktiran Mobil  Rp12 & 12.000 Produk Lainnya, serta Gratis Ongkir Rp0.
     
    Bahkan mulai pukul 00:00 WIB di 12 Desember mendatang, akan ada koleksi Semua Produk Rp1 spesial untuk pengguna Shopee. Selain itu, berbagai kejutan menarik lainnya juga akan hadir, antara lain:
     
    – Malam penuh kejutan di Shopee Live Superstars pada 11-12 Desember mulai pukul
    19.00 WIB. Pada kesempatan ini, pengguna bisa mendapatkan Mobil Toyota Calya seharga Rp12, ditemani langsung oleh deretan artis papan atas, mulai dari Anang & Ashanty, Mischa Chandrawinata, Ria Ricis, Lila Azmina, hingga Cece_Fancyitems.
     
    – Shopee juga menghadirkan rangkaian kolaborasi spesial dengan lebih dari 60 brand favorit pengguna. Brand lokal ternama seperti Kintakun akan merilis sprei dengan desain spesial Shopee, Aerostreet hadir dengan produk parfum wangi Shopee, ada juga Erigo yang menghadirkan kaos dengan desain eksklusif, hingga Yupi dengan gummy berbentuk logo Shopee, dan masih banyak lainnya.

    – Pengguna juga dapat menikmati kejutan spesial melalui Birthday Box, kotak hadiah edisi ulang tahun yang berisi pilihan produk menarik dari berbagai brand favorit dan tersedia mulai dari 9 Desember mendatang.
     
    “Shopee sangat berterima kasih kepada seluruh pengguna, UMKM dan brand lokal, para kreator, serta mitra bisnis yang telah bersama kami sepanjang 10 tahun ini. Dukungan Anda semua adalah bagian terpenting dari perjalanan kami. Kami berharap kampanye 12.12 ini bisa menjadi bentuk apresiasi kami dan membawa kebahagiaan lebih kepada setiap orang yang telah menjadi bagian dari keluarga Shopee,” tutup Adi.
     
    Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, kunjungi https://shopee.co.id/m/12-12.

     

    Jakarta: Selama satu dekade ini, jutaan cerita telah lahir di Shopee. Ada bisnis yang lahir dari mimpi sederhana, ada pengguna yang menemukan cara baru memenuhi kebutuhan, dan ada kreator yang sukses membangun audiens lewat konten pertamanya. Puncak 12.12 Birthday Sale pada 12 Desember 2025 akan menjadi momen perayaan untuk seluruh ekosistem yang telah berkontribusi dalam perjalanan ini.
     
    Berbagai penawaran menarik, kejutan dan kolaborasi eksklusif, hingga kisah-kisah inspiratif dalam video spesial hadir untuk merayakan sepuluh tahun pertumbuhan dan dampak yang tercipta bersama para pengguna, pelaku usaha, kreator, dan mitra di Shopee.
     
    Adi Rahardja, Senior Director of Business Development Shopee Indonesia mengatakan, “Perjalanan sepuluh tahun ini bukan hanya tentang Shopee, melainkan tentang mereka yang turut berkontribusi dan tumbuh bersama kami. Melihat teknologi fitur, dan program yang kami hadirkan membuka jalan bagi pengguna untuk berkembang, hal ini sangat berarti bagi kami. Di momen satu dekade ini, kami merayakan pencapaian melalui berbagai rangkaian, seperti diluncurkannya serial dokumenter ‘Melestarikan Warisan Budaya’ di YouTube Shopee Indonesia, promo menarik sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale, serta keseruan lainnya sebagai bentuk apresiasi bagi seluruh ekosistem yang telah mempercayai kami.”
     

    Merayakan satu dekade lewat kisah penjual lokal & kolaborasi spesial

    Selama sepuluh tahun terakhir, Shopee telah menjadi rumah bagi banyak penjual lokal dan UMKM yang tumbuh dan berkembang. Masing-masing melalui perjalanan yang berbeda, namun dipertemukan dalam satu wadah untuk terus berkembang melalui teknologi.
     
    Di momen satu dekade ini, Shopee merayakan perjalanan tersebut melalui berbagai selebrasi, termasuk serial dokumenter Shopee: ‘Melestarikan Warisan Budaya’ secara global dengan Batik Kanthil sebagai representasi UMKM Indonesia, dan kolaborasi produk eksklusif salah satunya bersama Kintakun untuk menghadirkan hadiah spesial bagi para pengguna.
     
     

     
    – Batik Kanthil: Perjalanan Melestarikan Warisan Budaya
     
    Melalui kisah penuh semangat dan ketekunan, Batik Kanthil membuktikan bahwa sebuah usaha yang sempat mengalami cobaan besar bukan berarti berakhir. Setelah kebakaran menghanguskan toko fisiknya, tekad untuk bertahan jauh lebih besar. 
     
    Ahmad Musa selaku Owner Batik Kanthil memilih untuk bangkit, memodernisasi bisnisnya dari motif dan model hingga cara berjualan, agar batik tetap relevan dan dicintai generasi masa kini. Kehadiran Shopee pun menjadi titik balik, sejak bergabung pada 2020, Batik Kanthil sukses mencatat peningkatan pesanan lebih dari 50 kali lipat. Lewat Program Ekspor Shopee, Batik Kanthil kini bisa menjangkau Malaysia, Singapura, dan Thailand.
     
    “Tidak hanya membantu memperluas jangkauan, Shopee membawa kami pada hal yang lebih besar. Kami bisa lebih dekat dengan pelanggan, menjawab pertanyaan secara langsung, berdiskusi secara real-time lewat fitur interaktif Shopee Live. Hasilnya Shopee Live menyumbang hampir 45% dari total pesanan Batik Kanthil. Dan kini kami bisa memiliki studio live streaming khusus. Tentunya berjalan bersama Shopee dalam meraih kesuksesan bisnis kami adalah sebuah kehormatan, apalagi kami bisa membawa cerita tentang batik Pekalongan secara ke seluruh dunia melalui video spesial ‘Melestarikan Warisan Budaya’. Seperti yang terlihat dalam video tersebut, Shopee benar-benar menjadi rumah sekaligus titik balik usaha kami,” ungkap Musa.
     
    – Kintakun: Kolaborasi Spesial Ulang Tahun ke-10 Shopee

    Menjadi bagian dari perjalanan panjang Shopee sejak pertama kali bergabung pada tahun 2015, Kintakun juga ikut berpartisipasi dalam merayakan momen istimewa ulang tahun ke-10 Shopee.
     
    Menandai perjalanan yang penuh arti ini, Kintakun menghadirkan kolaborasi spesial yang dirancang dengan penuh penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna melalui Kintakun Sprei Set Special Shopee Birthday, koleksi edisi terbatas yang unik berbentuk jeruk berwarna oranye.
     
    Vincent Saputera, Marketing Director of Kintakun mengatakan, “Shopee telah menjadi mitra penting bagi Kintakun sejak memulai penjualan online. Berbagai program dan fitur interaktif Shopee juga memberikan dampak signifikan pada penjualan kami, seperti saat exclusive launch produk Kintakun di Shopee yang mendapat antusiasme tinggi dan habis terjual hanya dalam 1 hari. Maka dari itu, untuk merayakan ulang tahun ke-10 Shopee, kami hadirkan produk eksklusif ini sebagai ungkapan terima kasih. Kami berharap kolaborasi ini terus berlanjut, dan kedepannya lebih banyak inovasi dari Shopee yang membuka kesempatan bagi Kintakun dan brand lokal lainnya untuk tumbuh bersama.”
     
     

     

    Semarak 10 tahun Shopee di kemeriahan puncak 12.12 Birthday Sale

    Menjadi bagian dari perayaan satu dekade ini, Shopee juga menggandeng Fuji Utami sebagai wajah utama dalam iklan Shopee 12.12 Birthday Sale dan seorang Shopee Affiliate. Fuji mewakili semangat generasi muda yang antusias dalam memanfaatkan inovasi teknologi yang Shopee hadirkan.
     
    “Terima kasih banyak Shopee! Tidak hanya mempercayakan aku melalui kolaborasi di iklan terbaru Shopee 12.12, bergabung dengan Shopee Affiliate juga memberikan aku kesempatan untuk berkembang sebagai seorang kreator sambil mendapatkan penghasilan tambahan. Perjalanan ini luar biasa, dan aku sangat senang bisa menjadi bagian dari perayaan ulang tahun Shopee ke-10 melalui kampanye 12.12 kali ini,” ujar Fuji Utami, Public Figure.
     
    Di puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee telah menyiapkan keseruan dan penawaran terbaik sebagai bentuk apresiasi atas kebersamaan yang telah terjalin selama 10 tahun terakhir. Mulai dari tanggal 11 Desember 2025 pukul 20:00 WIB, pengguna dapat menikmati Diskon s/d 120RB, Voucher Ulang Tahun s/d 100%, Potongan Langsung 1JT, Traktiran Mobil  Rp12 & 12.000 Produk Lainnya, serta Gratis Ongkir Rp0.
     
    Bahkan mulai pukul 00:00 WIB di 12 Desember mendatang, akan ada koleksi Semua Produk Rp1 spesial untuk pengguna Shopee. Selain itu, berbagai kejutan menarik lainnya juga akan hadir, antara lain:
     
    – Malam penuh kejutan di Shopee Live Superstars pada 11-12 Desember mulai pukul
    19.00 WIB. Pada kesempatan ini, pengguna bisa mendapatkan Mobil Toyota Calya seharga Rp12, ditemani langsung oleh deretan artis papan atas, mulai dari Anang & Ashanty, Mischa Chandrawinata, Ria Ricis, Lila Azmina, hingga Cece_Fancyitems.
     
    – Shopee juga menghadirkan rangkaian kolaborasi spesial dengan lebih dari 60 brand favorit pengguna. Brand lokal ternama seperti Kintakun akan merilis sprei dengan desain spesial Shopee, Aerostreet hadir dengan produk parfum wangi Shopee, ada juga Erigo yang menghadirkan kaos dengan desain eksklusif, hingga Yupi dengan gummy berbentuk logo Shopee, dan masih banyak lainnya.
     
    – Pengguna juga dapat menikmati kejutan spesial melalui Birthday Box, kotak hadiah edisi ulang tahun yang berisi pilihan produk menarik dari berbagai brand favorit dan tersedia mulai dari 9 Desember mendatang.
     
    “Shopee sangat berterima kasih kepada seluruh pengguna, UMKM dan brand lokal, para kreator, serta mitra bisnis yang telah bersama kami sepanjang 10 tahun ini. Dukungan Anda semua adalah bagian terpenting dari perjalanan kami. Kami berharap kampanye 12.12 ini bisa menjadi bentuk apresiasi kami dan membawa kebahagiaan lebih kepada setiap orang yang telah menjadi bagian dari keluarga Shopee,” tutup Adi.
     
    Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, kunjungi https://shopee.co.id/m/12-12.
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (PRI)

  • Timnas MLBB Women Indonesia Juara Dunia Lagi di IESF WEC 2025, Dominasi Sempurna 3-0 Atas Kamboja

    Timnas MLBB Women Indonesia Juara Dunia Lagi di IESF WEC 2025, Dominasi Sempurna 3-0 Atas Kamboja

    Liputan6.com, Jakarta – Timnas Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Women Indonesia kembali mencatatkan sejarah di kancah esports internasional. Para Srikandi Merah Putih tampil dominan sejak awal turnamen digelar, dan menutup Grand Final IESF World Esports Championship 2025 dengan indah.

    Menghadapi Kamboja di babak final, Timnas esports Indonesia yang diperkuat oleh Fumi Eko, Vival, Cinnyyy, Chel, dan Vivian berhasil menang telak dengan skor akhir 3-0 dalam pertandingan Grand Final IESF WEC 2025 di Kuala Lumpur pada Sabtu, 6 Desember 2025, malam.

    Digelar di Quill City Mall, atlet MLBB Women Indonesia yang saat ini berada di bawah organisasi Team Vitality, menunjukkan konsistensi performa mengagumkan sepanjang tahun.

    Vival dkk sukses mempertahankan gelar juara dunia mereka yang sebelumnya diraih di IESF 2024 Riyadh, dan melanjutkan momentum emas dari Asian Esports Games 2024 hingga Esports World Cup 2025.

    Richard Permana, Kepala Pelatih Timnas Esports Indonesia, menegaskan kemenangan ini hasil dari proses panjang. Ia menyebut para atlet tampil dengan mental juara dan disiplin tinggi.

    “MLBB Women’s meraih seluruh gelar ini dengan latihan serta persiapan sangat panjang. Vivian dkk sudah menunjukkan etos kerja luar biasa, dan menampilkan will power kemenangan. Bagi mereka, rekor adalah skill. Kita yakin tim ini merupakan dream team yang sangat sulit didapatkan beberapa saat ke depan,” ujar Richard dalam keterangannya.

    MLBB Men Indonesia Tembus Semifinal

    Sementara itu, skuad MLBB Men Indonesia juga memperlihatkan performa stabil. Mereka berhasil menuntaskan fase grup dengan kemenangan atas Kazakhstan, Rumania, Peru dan melaju positif dengan menaklukkan Nepal di babak perempat.

    Timnas MLBB Men dijadwalkan menghadapi Malaysia di semifinal pada 7 Desember 2025, dan dipastikan seluruh pemain sudah fokus dan siap melajuk ke babak final.

    “Para pemain saat ini sedang berada dalam kondisi terbaik mereka, dan menunjukkan perkembangan signifikan sepanjang turnamen. Kita menghormati kekuatan Malaysia sebagai tuan rumah, tapi kami datan dengan fokus, disiplin, dan tekad penuh,” katanya.