Negara: Malaysia

  • Penentuan Juara MotoGP 2024 Diprediksi Tidak Terjadi di Malaysia

    Penentuan Juara MotoGP 2024 Diprediksi Tidak Terjadi di Malaysia

    Jakarta

    Penentuan juara MotoGP 2024 antara Jorge Martin dan Francesco Bagnaia diprediksi tidak terjadi di Sirkuit Sepang, Malaysia. Menurut legenda MotoGP, Mick Doohan, juara MotoGP 2024 akan ditentukan di seri terakhir MotoGP 2024 yang rencananya digelar di Valencia, Spanyol.

    “Pertandingannya ketat antara Bagnaia dan Martin. Mereka mengendarai motor yang sama, meski warnanya berbeda. Satunya menggunakan kit pabrikan dan yang lainnya menggunakan kit Pramac. Tapi Bagnaia memiliki banyak pengalaman dan sedang mengincar gelar juara ketiganya,” ungkap Doohan kepada laman MotoGP.

    “Diperlukan sedikit keberuntungan. Mereka berdua sangat, sangat kuat. Tapi hal baiknya adalah kejuaraan semakin seru dan saya pikir itu akan ditentukan di Valencia,” ujar Doohan yang berasal dari Australia.

    Sekadar informasi, perebutan gelar juara MotoGP 2024 menyisakan Martin dan Bagnaia. Memimpin puncak klasemen sementara dengan keunggulan 17 poin, Martin bisa saja mengunci gelar juara dunia MotoGP 2024 di Sepang.

    Tapi syaratnya, Martin harus mengoleksi minimal 21 poin lebih banyak dibandingkan Bagnaia di Malaysia. Bila itu terjadi, Martin bakal punya selisih 38 poin atas Bagnaia jelang seri terakhir di MotoGP Valencia.

    Selisih 38 poin dengan kondisi sisa satu seri membuat Martin bisa dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2024. Sebab, jumlah poin maksimal yang didapat dalam satu seri adalah 37 poin dengan pebalap tersebut harus memenangkan sprint race dan main race.

    “Siapa yang berusaha lebih keras? Bagnaia tetap termotivasi meraih gelar juara ketiganya. Sementara Martin tahu bahwa dia tidak boleh melakukan kesalahan apapun. Oleh karena itu, ini adalah pertandingan yang sulit. Tapi itulah mengapa kami menyukai olahraga ini dan saya pikir itulah mengapa kami menyukai kedua karakter ini dan kita tunggu saja finalnya,” bilang Doohan.

    (lua/dry)

  • Pemkab Sleman gelar Pameran Potensi Daerah 2024 target Rp1 miliar

    Pemkab Sleman gelar Pameran Potensi Daerah 2024 target Rp1 miliar

    Harapan kami pameran potensi daerah menjadi solusi masyarakatSleman (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Pameran Potensi Daerah 2024 bertujuan mempromosikan berbagai potensi daerah dan kebudayaan yang ada di 17 kapanewon dengan target omzet penjualan Rp1 miliar.

    Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Sleman Siti Istiqomah Tjatur Sulistijaningtyas di Sleman, Jumat, mengatakan Pameran Potensi Daerah 2024 berlangsung selama 10 hari dari 1-10 November 2024 do kawasan Lapangan Denggung Sleman.

    “Harapan kami dengan pameran potensi daerah selama 10 hari ini dapat meningkatkan omzet UMKM dan menjadi alternatif masyarakat untuk bisa mengakses kebutuhan sehari-hari,” kata Siti Istiqomah Tjatur Sulistijaningtyas.

    Ia mengatakan saran pemeran potensi daerah dapat menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Sleman dalam mendorong pemulihan perekonomian, serta membangun citra Kabupaten Sleman sebagai daerah yang prospektif dan kondusif untuk investasi.

    Saat ini, disinyalir daya beli masyarakat mengalami penurunan. Untuk itu, ia berharap pameran potensi daerah ini dapat menjadi tolok ukur daya beli masyarakat.

    Artinya nanti dari nilai omzet dan jumlah kunjungan dalam pameran potensi daerah akan diketahui bersama apakah pameran potensi daerah ini menjadi solusi masyarakat.

    “Harapan kami pameran potensi daerah menjadi solusi masyarakat. Dari target yang kami harapkan 30 ribu pengunjung selama 10 hari dengan omzet Rp1 miliar,” katanya.

    Sementara itu, Penjabat sementara Bupati Sleman Kusno Wibowo mengatakan momentum PPD yang mengangkat tema “Greget Nyawiji lan Hangayomi, Sesarengan Mbangun Sleman” benar-benar mampu mempersatukan kita
    untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam membangun dan mengembangkan potensi Sleman.

    Peserta pameran, terutama pengelola UMKM ini saya harapkan benar-benar dapat secara optimal memanfaatkan pameran potensi daerah ini untuk mengembangkan usahanya.

    “Kami berharap tema yang diangkat tersebut dapat menjawab tantangan pengembangan UMKM dan potensi Kabupaten Sleman di era digital ini,” katanya.

    Selain itu, ia berharap event pameran tahunan ini merupakan salah satu sarana Pemkab Sleman untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang kemajuan pembangunan yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan, sehingga masyarakat tahu dan memahami terhadap program dan proses pembangunan di Kabupaten Sleman.

    Kemudian, adanya pameran potensi daerah ini, pelaku UMKM juga dapat belajar merancang ide-ide kreatif terkait kualitas produk, kontinuitas, kemasan, pengiriman, menjalin networking, harga sampai dengan tampilan promosi digital dengan memanfaatkan teknologi informasi.

    Terlebih lagi, pangsa pasar saat ini sudah didominasi oleh Generasi Milenial dan Generasi Z, sehingga teknologi menjadi salah satu faktor mereka menentukan jasa maupun produk yang akan digunakan.

    “Disinilah peran pemerintah, khususnya instansi yang melakukan pembinaan terhadap UMKM di Kabupaten Sleman dituntut untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM yang ada di Sleman untuk mengenal dan memanfaatkan teknologi informasi dan teknologi digital dalam bertransaksi,” katanya.

    Kusno Wibowo juga mendorong seluruh masyarakat untuk memakai dan mengonsumsi produk-produk lokal Kabupaten Sleman. Sudah seharusnya kita bangga dengan produk lokal Sleman, karena kualitasnya tidak kalah dari produk-produk impor.

    “Sudah seharusnya produk-produk UMKM lokal bangkit, dan menjadi raja di rumah sendiri,” katanya.

    Baca juga: Sleman ikuti pameran promosi wisata di Malaysia
    Baca juga: Dinkop UKM Sleman fasilitasi 130 pelaku usaha menengah ikuti pameran

     

    Pewarta: Sutarmi
    Editor: Ahmad Wijaya
    Copyright © ANTARA 2024

  • 35 prajurit TNI AD tuntaskan latihan militer bersama di Amerika

    35 prajurit TNI AD tuntaskan latihan militer bersama di Amerika

    Jakarta (ANTARA) – Sebanyak 35 prajurit TNI Angkatan Darat telah selesai mengikuti latihan bersama Joint Pacific Multinational Readiness Center (JPMRC) Rotation 25-01 Tahun 2024 di Hawaii, Amerika Serikat, Jumat.

    Dari siaran pers resmi TNI AD yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, dijelaskan bahwa latihan ini digelar untuk memperkuat kemampuan dan kolaborasi global TNI AD di panggung internasional.

    Sebanyak 35 prajurit TNI AD yang dikirim ke Amerika Serikat itu terdiri atas gabungan Kostrad, yaitu Yonif 514/SY, Yonif 305/TKR, Yonif 330/TD, dan Yonkes 2 Kostrad, dengan dipimpin Komandan Kontingen Indonesia Letnan Kolonel Infanteri M. Ibrahim S. Soulisa.

    “Kontingen Indonesia mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman selama latihan ini. Kami belajar taktik dari negara lain, memahami budaya mereka, dan menjalin persahabatan baru. Ini adalah kehormatan besar bagi kami,” ujar Letkol Ibrahim dalam siaran pers tersebut.

    Dalam latihan tersebut, Ibrahim mengatakan para prajurit menjalani beragam kegiatan, di antaranya simulasi force on force (FoF) yang membagi pasukan menjadi blue force dan red force untuk menjalankan tugas serangan dan pertahanan di Schofield Barracks dan Kahuku Training Area (KTA).

    Selain itu, prajurit TNI AD juga mengikuti kegiatan lain, seperti tactical floor game, diskusi kelas, olahraga bersama, dan pertukaran budaya serta makanan.

    Dengan mengikuti latihan gabungan tersebut, Ibrahim berharap para prajurit mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman di bidang pertahanan secara global.

    Sebelumnya, latihan gabungan ini juga diikuti beberapa negara dari kawasan Indo-Pasifik yang berkolaborasi dengan TNI AD, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Malaysia, Maladewa, Taiwan, Jepang, dan Thailand.

    Pewarta: Walda Marison
    Editor: Didik Kusbiantoro
    Copyright © ANTARA 2024

  • Bagnaia Tercepat, Pebalap Yamaha Bikin Kejutan

    Bagnaia Tercepat, Pebalap Yamaha Bikin Kejutan

    Jakarta

    Sesi Free Practice 1 dan Practice MotoGP Malaysia 2024 sudah dirampungkan, Jumat (1/11/2024). Francesco ‘Pecco’ Bagnaia menjadi yang tercepat di sesi FP1 dan Practice.

    MotoGP Malaysia 2024 yang digelar akhir pekan ini di Sirkuit Sepang, Malaysia, akan menjadi salah satu penentuan gelar juara dunia MotoGP 2024. Jorge Martin yang sekarang menjadi pemimpin klasemen sementara MotoGP 2024 dibayang-bayangi oleh Pecco Bagnaia di urutan kedua. Keduanya hanya berselisih 17 poin.

    Pecco Bagnaia, yang juga menguasai sesi FP1 pagi tadi, berhasil mengungguli Jorge Martin di sesi Practice, Jumat sore. Di sesi ini, Bagnaia hanya unggul 0,050 detik dari Jorge Martin di urutan kedua.

    Martin tidak punya kesempatan untuk mengalahkan Bagnaia. Sebab, pebalap Prima Pramac Racing itu mengalami kecelakaan di tikungan pertama saat sesi Practice tinggal 2 menit 50 detik lagi.

    Awalnya, Martin tampil impresif selama sesi Practice. Sedangkan Bagnaia hanya mengisi urutan ke-11. Namun, Bagnaia langsung gaspol di run keempat dan menjadi yang tercepat di sesi Practice.

    Rekan setim Bagnaia, Enea Bastianini berada di urutan ketiga. Maverick Vinales sebagai pembalap terbaik non-Ducati di urutan keempat. Kemudian diikuti Alex Marquez menjadi pebalap tercepat kelima.

    Dua pebalap Yamaha, Fabio Quartararo dan Alex Rins tampil cukup impresif di sesi Practice ini. Fabio Quartararo menjadi pebalap motor Jepang tercepat sekaligus menempati posisi keenam di sesi ini. Sedangkan Alex Rins yang menggunakan mesin baru menjadi yang tercepat kedelapan. Di depan Alex Rins di urutan ketujuh ada Franco Morbidelli.

    Sementara itu, Marc Marquez hampir saja tidak lolos ke sesi Q2. Di sesi Practice, Marc Marquez menghuni urutan ke-10, dan bisa langsung masuk Q2 besok.

    Berikut hasil Practice MotoGP Malaysia 2024:

    Francesco Bagnaia: 01:57.679Jorge Martin: 01:57.729 (+0.050)Enea Bastianini: 01:57.877 (+0.198)Maverick Vinales: 01:58.141 (+0.462)Alex Marquez: 01:58.296 (+0.617)Fabio Quartararo: 01:58.303 (+0.624)Franco Morbidelli: 01:58.310 (+0.631)Alex Rins: 01:58.336 (+0.657)Jack Miller: 01:58.360 (+0.681)Marc Marquez: 01:58.362 (+0.683)Pedro Acosta: 01:58.438 (+0.759)Marco Bezzecchi: 01:58.460 (+0.781)Johann Zarco: 01:58.625 (+0.946)Brad Binder: 01:58.649 (+0.970)Takaaki Nakagami: 01:59.000 (+1.321)Raul Fernandez: 01:59.107 (+1.428)Aleix Espargaro: 01:59.188 (+1.509)Luca Marini: 01:59.375 (+1.696)Augusto Fernandez: 01:59.402 (+1.723)Joan Mir: 01:59.535 (+1.856)Andrea Iannone: 01:59.618 (+1.939)Lorenzo Savadori: 02:00.108 (+2.429)

    (rgr/dry)

  • Alasan PMI Manufaktur Ambruk: Daya Beli Warga RI Lemah

    Alasan PMI Manufaktur Ambruk: Daya Beli Warga RI Lemah

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah menyatakan akan kembali fokus menyehatkan konsumsi atau daya beli masyarakat untuk menghadapi terus ambruknya angka Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang baru dirilis S&P Global hari ini, Jumat (1/11/2024).

    Rilis terbaru indeks yang menjadi indikator gambaran kondisi bisnis di sektor manufaktur suatu negara itu per Oktober 2024 sebesar 49,2 atau kembali terkontraksi karena di bawah angka 50. PMI Manufaktur Indonesia sudah kontraksi selama empat bulan beruntun yakni pada Juli (49,3), Agustus (48,9), September (49,2), dan Oktober (49,2).

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sebetulnya kondisi kontraksi indeks PMI Manufaktur itu tidak hanya dialami Indonesia, namun terjadi juga di berbagai negara ASEAN.

    “Berbagai negara masih kontraksi di sektor manufaktur termasuk di ASEAN. Hanya mungkin yang masih baik itu adalah Vietnam,” kata Airlangga saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (1/11/2024).

    Khusus Indonesia, Airlangga mengatakan merosotnya angka indeks manufaktur itu masih disebabkan oleh pelemahan tingkat konsumsi di dalam negeri. Maka, fokus ke depan pemerintah adalah memperbaiki konsumsi mereka.

    “Tentu kita akan melihat kalau bagi kita di Indonesia kita melihat juga dari segi domestik itu terjadi pelemahan konsumen juga. Nah tentu kita berharap ini bisa recover, kalau konsumsinya recover kita juga berharap industri-nya juga bisa akan terdorong,” ungkap Airlangga.

    Sebagaimana diketahui, S&P menjelaskan manufaktur Indonesia mengalami penurunan marginal dan tidak berubah angkanya karena melemahnya output, pesanan baru, dan tambahan lapangan pekerjaan. Kondisi ini mencerminkan lesunya pasar manufaktur serta tenaga kerja.

    Tumpukan pekerjaan berkurang karena beban perusahaan dalam produksi berkurang menyusul berkurangnya pesanan. Stok barang pun jadi meningkat selama empat bulan beruntun. Yang mengkhawatirkan, keyakinan terhadap prospek ekonomi ke depan juga turun ke level terendah dalam empat bulan.

    “Manufaktur Indonesia terus menunjukkan kinerja yang lesu pada Oktober, dengan produksi, pesanan baru, dan lapangan pekerjaan semuanya mengalami penurunan marginal sejak September,” tutur Paul Smith, Direktur Ekonomi di S&P Global Market Intelligence, dalam website resminya.

    Begitu pula dengan negara di ASEAN yang mayoritas masih berada di teritori kontraksi (angka PMI Manufaktur kurang dari 50). Contohnya di Myanmar dengan PMI Manufaktur berada di angka 48,4 pada Oktober 2024 dengan penurunan pesanan baru dan output yang mereda sejak September.

    Malaysia juga berada di kategori kontraksi dengan angka PMI Manufaktur sebesar 49,5 atau tidak berubah dibandingkan bulan sebelumnya. Adapun Thailand belum masuk ke zona kontraksi karena level PMI Manufaktrunya 50, turun tipis dari sebelumnya 50,4. Hanya Vietnam yang di level 51,2 dari sebelumnya 47,3.

    (arj/mij)

  • Harga BBM RI Naik, Lebih Murah Mana sama Negara Tetangga?

    Harga BBM RI Naik, Lebih Murah Mana sama Negara Tetangga?

    Jakarta CNBC Indonesia – Sejumlah badan usaha penyedia Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti PT Pertamina (Persero), Shell Indonesia, BP-AKR hingga PT Vivo Energy Indonesia kompak menurunkan harga produk BBM non subsidi. Penyesuaian harga tersebut berlaku pada 1 November 2024.

    Pertamina misalnya, Pertamax Turbo dipatok menjadi Rp 13.500 per liter dari yang sebelumnya Rp 13.250 per liter. Berikutnya Pertamax Green 95 dipatok menjadi Rp 13.150 per liter, dari yang sebelumnya Rp 12.700 per liter.

    Kemudian, BBM Dexlite kini dibanderol Rp 13.050 per liter, dari yang sebelumnya Rp 12.700 per liter. Lalu, Pertamina DEX dibanderol Rp 13.440 per liter dari yang sebelumnya Rp 13.150 per liter.

    Sementara itu, harga BBM non subsidi Pertamax (RON 92) per 1 November 2024 ini masih tetap di harga Rp 12.100 per liter, tidak mengalami perubahan dari periode Oktober 2024 lalu.

    Lantas jika dibandingkan dengan harga BBM yang dijual di Asia Tenggara kira-kira mana yang lebih murah?

    1. Malaysia

    Mengutip laman Global Petrol Prices, rata-rata harga bahan bakar minyak (BBM) untuk bensin di Malaysia per (28/9/2024) mencapai US$ 0,469 per liter atau Rp 7.373 per liter (kurs Rp 15.722). Sementara untuk bahan bakar diesel mencapai US$ 0,674 per liter atau Rp 10.597 per liter.

    2. Singapura

    Rata-rata harga bahan bakar minyak (BBM) untuk bensin di Singapura mencapai US$ 2,070 per liter atau Rp 32.546 per liter. Sementara untuk bahan bakar diesel mencapai US$ 1,865 per liter atau Rp 29.322 per liter.

    3. Filipina

    Rata-rata harga bahan bakar minyak (BBM) untuk bensin di Filipina mencapai US$ 1,010 per liter atau Rp 15.879 per liter. Sementara untuk bahan bakar diesel mencapai US$ 0,924 atau Rp 14.527 per liter.

    4. Thailand

    Rata-rata harga bahan bakar minyak (BBM) untuk bensin di Thailand mencapai US$ 1,343 per liter atau Rp 21.115 per liter. Sementara untuk bahan bakar diesel mencapai US$ 0,978 atau Rp 15.376 per liter.

    5. Vietnam

    Rata-rata harga bahan bakar minyak (BBM) untuk bensin di Vietnam mencapai US$ 0,844 atau Rp 13.270 per liter. Sementara untuk bahan bakar diesel mencapai US$ 0,720 atau Rp 11.320 per liter.

    6. Laos

    Rata-rata harga bahan bakar minyak (BBM) untuk bensin di Laos mencapai US$ 1,393 per liter atau Rp 21.901 per liter. Sementara untuk bahan bakar diesel mencapai US$ 0,903 per liter atau Rp 14.197 per liter.

    (pgr/pgr)

  • Kunjungan Wisman September 2024 Tembus 1,28 Juta, Turis Malaysia Terbanyak

    Kunjungan Wisman September 2024 Tembus 1,28 Juta, Turis Malaysia Terbanyak

    Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tertinggi masih berasal dari Malaysia pada September 2024.

    Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan bahwa wisman asal Malaysia naik 24,22% secara bulanan (month-to-month/mtm) pada September tahun ini.

    Wisman asal Malaysia mengambil porsi sebesar 18,3% terhadap total kunjungan pada September 2024 atau sebesar 234.500 kunjungan berasal dari wisman Malaysia.

    Secara keseluruhan, jumlah kunjungan wisman mencapai 1.279.258 kunjungan pada September 2024. Posisinya turun 4,53% dibandingkan bulan sebelumnya. Akan tetapi, naik secara tahunan sebesar 19,53% year-on-year (yoy).

    “Kunjungan wisman dari Malaysia mengalami kenaikan 24,22% secara bulanan dan meningkat 54,04% secara tahunan,” kata Amalia dalam Rilis BPS, Jumat (1/11/2024).

    Mengekor di posisi kedua adalah Australia dengan pertumbuhan sebesar 3,63% mtm atau sekitar 159.300 kunjungan. Lalu, ada China yang menempati urutan ketiga mencapai 114.300 kunjungan, atau turun 9,38% dibandingkan Agustus 2024.

    Secara kumulatif, sepanjang Januari—September 2024, BPS mengungkap total kunjungan wisman tembus di atas 10 juta kunjungan, atau sebanyak 10.372.114 kunjungan. Angkanya meningkat 20,28% dibandingkan periode yang sama pada 2023.

    Meskipun terus meningkat, total jumlah kunjungan wisman secara kumulatif hingga September 2024 masih lebih rendah dibandingkan periode yang sama saat sebelum pandemi, yaitu Januari—September 2019 mencapai 12.102.672 kunjungan.

    Jika dilihat dari distribusi pintu masuk, mayoritas wisman berkebangsaan Malaysia masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno—Hatta. Demikian pula, dengan wisman berkebangsaan China yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta.

    Sementara itu, lanjut Amalia, wisman berkebangsaan Australia paling banyak masuk melalui Bandara Ngurah Rai.

    Dalam hal rata-rata lama tinggal, wisman termasuk pelintas batas menghabiskan waktu sekitar 7,43 malam di Indonesia pada September 2024.

    Secara total, rata-rata lama tinggal wisman pada kuartal III/2024 adalah selama 11,41 malam. Namun, angka ini turun dibandingkan dengan rata-rata kuartal II/2024 yang mencapai 12,55 malam.

    Adapun, rata-rata lama tinggal terlama adalah wisman dari benua Eropa, yaitu selama 16,97 malam. Disusul wisman dari Afrika selama 16,25 malam dan wisman dari Asia tanpa Asean selama 13,61 malam.

  • Digitalisasi perluas penetrasi pasar global produk rotan Cirebon

    Digitalisasi perluas penetrasi pasar global produk rotan Cirebon

    Cirebon (ANTARA) –

    Di tengah derasnya arus modernisasi, kerajinan rotan di Cirebon, Jawa Barat, tetap bertahan dan beradaptasi, menjadi simbol tradisi yang mampu bersaing di pasar luar negeri.

     

    Hal inilah yang diamini oleh Fera. Pengusaha asal Tegalwangi, Cirebon, yang berhasil membuktikan bahwa produk kerajinan rotan dapat bersaing di era digital.

     

    Sejak beberapa tahun terakhir, perempuan ini aktif memanfaatkan berbagai platform digital seperti website dan media sosial untuk mempromosikan produk-produknya.

     

    Fera, misalnya, menggunakan media sosial sebagai etalase virtual yang memamerkan keindahan rotan Cirebon kepada calon konsumennya.

     

    Setiap produk dipajang lewat unggahannya  sehingga pelanggan seakan dapat merasakan tekstur dan keindahannya seolah-olah sedang menyentuhnya langsung.

     

    Promosi di kanal digital menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan karya-karyanya.

     

    Selain itu, melalui sentuhan kreatifnya juga, ia dapat mengubah persepsi masyarakat tentang produk rotan yang selama ini dianggap monoton dan kurang inovatif.

     

    Dengan memadukan unsur klasik dan modern, produk-produk buatannya berhasil memikat hati konsumen, baik di dalam maupun luar negeri.

     

    “Zaman sekarang di era media sosial, mereka (konsumen) banyak yang senang dengan hal-hal klasik tetapi modern. Jadi kerajinan rotan kami kombinasikan dengan bahan lain untuk menghasilkan produk estetik,” ujarnya kepada ANTARA.

     

    Produk yang dibuatnya meliputi furnitur, perabotan rumah tangga, hingga aksesori, dengan paduan warna yang memanjakan mata.

    Fera (kiri) bersama suaminya saat menunjukkan produk rotan buatannya di Cirebon, Jawa Barat. ANTARA/Fathnur Rohman

    Sebagai pengusaha yang sudah berkecimpung di industri ini sejak lama, Fera pun merasakan dampak positif dari eksposur di ruang digital.

     

    Berkat strategi pemasaran yang tepat, produk-produk rotan buatannya menembus pasar internasional. Negara-negara seperti India, Afrika, Malaysia, dan Arab Saudi menjadi tujuan ekspor utamanya.

     

    Pelanggan dari berbagai belahan benua itu  terpukau dengan keindahan dan kualitas produk-produk rotan asal Cirebon.

     

    Produk kerajinan rotan miliknya bisa diekspor sebanyak enam sampai tiga kali dalam setahun, dengan jumlah pengiriman sekitar 40–60 feet.

     

    Banyak dari pelanggan mancanegara ini menemukan produk Fera berkat ulasan positif dan rating bintang lima yang diberikan konsumen sebelumnya hingga mereknya muncul teratas saat mereka mencarinya di internet.

     

    Di puncak penjualannya, Fera mengakui bisa mendapatkan omzet yang menjanjikan yakni sekitar Rp300 juta per bulan.

    Editor: Achmad Zaenal M
    Copyright © ANTARA 2024

  • Bos Apple Berhenti Sebut Indonesia Usai Dilarang Jual iPhone 16

    Bos Apple Berhenti Sebut Indonesia Usai Dilarang Jual iPhone 16

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam setahun terakhir, CEO Apple Tim Cook berkali-kali menyebut Indonesia di hadapan para investor dalam acara paparan kinerja keuangan. Namun, nama Indonesia tak lagi disebut oleh Cook usai ramai larangan penjualan iPhone di RI.

    Apple baru menggelar earning call untuk memaparkan kinerja finansial perusahaan periode Juli-Agustus 2024 pada Kamis (31/10/2024). 

    Dalam paparan tersebut, Cook menyebut beberapa negara yang menjadi sumber pertumbuhan pendapatan Apple.

    “Kami mencapai rekor pendapatan kuartal September di Amerika, Eropa, dan wilayah lain di Asia Pasifik serta banyak negara lain termasuk Amerika Serikat, Brasil, Meksiko, Prancis, UK, Korea, Malaysia, Thailand, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Kami juga bersemangat dengan antusiasme di India, tempat kami mencetak rekor sepanjang masa,” kata Cook.

    Cook tidak menyebut nama Indonesia setelah disinggung dalam dua paparan kinerja keuangan sebelumnya, yaitu pada Mei dan Agustus 2024. Pada Mei, nama Indonesia disebut oleh Cook sebagai sumber pertumbuhan baru.

    “Kami juga membukukan rekor pendapatan di Indonesia, salah satu pasar yang kami nilai potensinya sangat besar,” katanya, dikutip dari transkrip earnings call Apple Januari-Maret 2024.

    Saat itu, dia juga menyinggung kunjungannya ke Indonesia. “Baru dua pekan lalu saya berkunjung ke Vietnam, Indonesia, dan Singapura. Sangat menakjubkan melihat cara berbagai pengguna dan komunitas menggunakan produk dan layanan kami untuk melakukan berbagai hal yang luar biasa,” kata Cook.

    Nama Indonesia kembali disebut pada laporan kinerja keuangan April-Juni 2024. Apple membanggakan penjualan iPhone di Indonesia yang terus-terusan menembus rekor.

    “Kami mencatat rekor pendapatan kuartalan di lebih dari dua lusin negara dan wilayah,” kata Cook dalam conference call dengan media usai rilis laporan keuangan Apple periode April-Juni 2024.

    Saat itu, Indonesia juga disebut-sebut oleh CFO Apple Luca Maestri. Maestri mengungkapkan bahwa Apple meraup US$ 39,3 miliar dari penjualan iPhone.

    Dia mengakui bahwa pendapatan Apple dari iPhone turun 1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Namun, pendapatan dari iPhone justru menembus rekor di beberapa negara.

    “Kami membukukan rekor kuartalan di beberapa negara termasuk UK, Spanyol, Polandia, Meksiko, Indonesia, dan Filipina,” kata Maestri.

    iPhone 16 dilarang

    Hilangnya nama Indonesia dari paparan kinerja keuangan Apple terjadi berbarengan dengan kehebohan larangan penjualan iPhone di RI.

    Bahkan, warga RI pemilik iPhone 16 yang membeli produk baru Apple tersebut dari ecommerce atau lewat jasa penitipan dari luar negeri harus siap-siap merelakan HP barunya tak bisa digunakan. Pasalnya, Kementerian Perindustrian bersiap memblokir iPhone 16 yang diperdagangkan di dalam negeri.

    Kemenperin memperkirakan sekitar 9.000 unit iPhone 16 dibawa masuk ke wilayah Indonesia sejak peluncurannya di Amerika Serikat. Produk seri HP terbaru buatan Apple tersebut padahal tidak diizinkan diperjualbelikan di Indonesia.

    iPhone 16 baru dipamerkan selama pengumuman produk baru di kantor pusat Apple pada hari Senin, 9 September 2024, di Cupertino, California. (AP Photo/Juliana Yamada)

    Selain itu, Kemenperin akan memproses secara hukum pihak-pihak yang mengiklankan seri iPhone 16 di online marketplace karena patut diduga melanggar pasal 35 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.

    “Seri iPhone 16 yang dibawa penumpang masuk secara legal, namun menjadi ilegal jika diperjualbelikan di dalam negeri. Hal ini karena sudah tidak sesuai dengan tujuan peruntukkan ketika memproses perizinan masuknya ponsel tersebut ke Indonesia, yakni untuk pemakaian sendiri. Oleh karena itu kami mempertimbangkan menonaktifkan IMEI seri iPhone 16 yang masuk melalui barang bawaan penumpang dan jika terbukti diperjualbelikan di Indonesia,” jelas Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif dalam siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, Rabu (30/10/2024).

    Febri menegaskan selama ini Apple sudah diberikan ruang untuk mengimpor dan menjual produk HP dan tablet. Sebanyak 3,8 juta unit produk Apple diimpor ke Indonesia selama 2023 dan 2024.

    “Jika diasumsikan perangkat elektronik Apple tersebut rata-rata dijual dengan harga Rp5 juta/unit di dalam negeri, maka nilai penjualan untuk satu tahun mencapai Rp19 triliun dan tentu jauh lebih tinggi lagi jika ditambah dengan impor dan penjualan produk HKT mereka sejak tahun 2016. Ironisnya, dengan nilai penjualan sangat tinggi tersebut, mereka sangat sulit untuk merealisasikan 100% komitmen investasi senilai Rp 1,7 triliun selama 8 tahun di Indonesia,” jelas Febri.

    Selama ini, iPhone adalah satu-satunya produk HP berteknologi 4G yang masih diimpor. HP buatan produsen lain termasuk Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi sepenuhnya dirakit di Indonesia untuk memenuhi ketentuan kandungan lokal minimum (TKDN).

    Apple diizinkan menjual iPhone tanpa membuka fasilitas produksi di Indonesia karena menggunakan skema pemenuhan TKDN jalur investasi, yaitu lewat pembukaan pusat pelatihan Apple Academy. Namun, izin tersebut sudah kadaluarsa. Apple harus menambah investasi jika ingin kembali mengimpor dan menjual iPhone 16 di Indonesia.

    (dem/dem)

  • Kunjungan Wisman ke Indonesia Sudah Lampaui 10 Juta

    Kunjungan Wisman ke Indonesia Sudah Lampaui 10 Juta

    Jakarta, Beritasatu.com – Sektor pariwisata Indonesia semakin pulih. Hal ini ditandai dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang semakin meningkat.

    Dari data yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS), Jumat (1/11/2024), kunjungan wisman selama periode Januari-September 2024 telah mencapai 10,37 juta, naik 20,28% dibandingkan periode yang sama pada 2023. Capaian ini mulai mendekati target 14 juta kunjungan wisman pada 2024.

    Khusus September 2024, kunjungan wisman mencapai 1,28 juta, naik 19,53% dibandingkan periode yang sama pada 2023.

    Kunjungan wisman selama September 2024 ini didominasi oleh wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 234.470 kunjungan (18,33%), diikuti wisman Australia sebanyak 159.310 (12,45%), wisman China sebanyak 114.260 (8,93%), dan wisman Singapura sebanyak 106.960 (8,36%).

    Rata-rata wisman menghabiskan waktu selama 7,43 malam di Indonesia. Wisman asal negara ASEAN memiliki rata-rata lama tinggal paling singkat selama 3,39 malam, sedangkan wisman dari Afrika memiliki rata-rata lama tinggal paling lama selama 13,88 malam.