Negara: Malaysia

  • BYD Bangun Pabrik Mobil Listrik di Malaysia

    BYD Bangun Pabrik Mobil Listrik di Malaysia

    Jakarta

    BYD kembali mengekspansi bisnisnya di kawasan Asia Tenggara. Setelah Thailand dan Indonesia, BYD juga membangun pabrik mobil listrik di Malaysia.

    Diberitakan media lokal The Straits Times, BYD akan mendirikan pabrik perakitan otomotif pertamanya di Malaysia di KLK TechPark, Tanjung Malim, Perak. Pabrik perakitan itu tidak hanya menciptakan lapangan pekerjaan, tapi juga mendukung transfer teknologi, meningkatkan keahlian dalam manufaktur EV, dan mendorong pertumbuhan industri pendukung.

    “Kehadiran BYD di Perak diharapkan menjadi katalis bagi sektor kendaraan listrik (EV) Malaysia,” ungkap KLK Land Sdn Bhd sebagai kawasan industri tempat pabrik BYD akan berdiri di Malaysia.

    Kehadiran pabrik BYD di Malaysia dapat menimbulkan berbagai macam efek positif. Salah satunya memungkinkan perusahaan lokal untuk berpartisipasi dalam rantai pasokan EV global, yang selanjutnya akan memajukan posisi Malaysia di lanskap otomotif regional.

    “Untuk mendukung visi tersebut, KLK TechPark, sebuah pusat industri terpadu seluas 607 hektar milik KLK Land, menyediakan infrastruktur dan ekosistem yang dibutuhkan untuk menarik investasi bernilai tinggi seperti BYD dan mempercepat perluasan basis manufaktur Perak,” sebutnya.

    Dilaporkan, BYD akan menempati lahan seluas 60,7 hektar. Tahap-tahap selanjutnya dirancang untuk menarik vendor dan bisnis yang dapat berkontribusi pada ekosistem otomotif yang lengkap dan kompetitif.

    BYD menyebut, pabrik perakitan di Malaysia akan memulai produksi pada 2026 mendatang.

    “Malaysia selalu menjadi salah satu pasar terpenting BYD di Asia Tenggara, dan pengumuman CKD dan (peluncuran) New BYD Seal ini menandai babak baru dalam perjalanan kami di sini,” ujar Liu Xue Liang, manajer umum divisi penjualan otomotif BYD Asia-Pasifik seperti dikutip CNEV.

    Di Asia Tenggara, pabrik BYD di Thailand sudah berproduksi pada Juli 2024. BYD juga sedang mendirikan pabrik di Indonesia, tepatnya di Kawasan Industri Subang Smartpolitan, Jawa Barat, seluas 108 hektar. Pabrik itu bakal memiliki kapasitas produksi hingga 150 ribu unit per tahun. Selain itu, BYD juga berencana membangun pabrik di Kamboja.

    (rgr/dry)

  • FEB Unjani Tegaskan Komitmen Ekonomi Berkelanjutan di Forum Internasional ICSEMA 2025 – Page 3

    FEB Unjani Tegaskan Komitmen Ekonomi Berkelanjutan di Forum Internasional ICSEMA 2025 – Page 3

    Sesi pleno dibuka dengan wawasan mendalam dari para pembicara yang memberikan perspektif berbeda.

    Pembicara pertama, Dr. Roman Fitra Cahaya dari University of Essex, Inggris menyoroti hubungan erat antara UKM, keberlanjutan, dan ekonomi sirkular. Beliau menekankan bahwa meskipun memiliki sumber daya terbatas, UKM berada di posisi strategis untuk mendukung inovasi bisnis berkelanjutan melalui aktivitas seperti penggunaan kembali material dan daur ulang limbah. Praktik ini tidak hanya sejalan dengan prinsip ekonomi sirkular tetapi juga dapat membangun ketangguhan (resilience) bagi UKM itu sendiri.

    Selanjutnya, pembicara kedua, Assoc. Professor. Dr. Sakinah Mohd Shukri dari Management and Science University, Malaysia, membahas peran transformatif teknologi. Dalam presentasinya yang bertajuk “Exploring How AI and Collaboration Enhance SME Global Reach in Malaysia,” beliau menegaskan bahwa Kecerdasan Buatan (AI) adalah alat yang sangat kuat (powerful) untuk membantu UKM berbisnis secara efektif. Melalui AI dan kolaborasi, UKM dapat membangun kemitraan yang kuat dan memberdayakan jaringan mereka untuk mencapai keberlanjutan dan jangkauan pasar global.

    Sesi ditutup dengan pandangan kritis dari pembicara ketiga, Prof. Dr. Ahmad Azmy dari Universitas Paramadina, Indonesia. Beliau menantang paradigma umum “kecil itu indah” (small is beautiful) dan menekankan bahwa tujuan utama seharusnya adalah membantu UKM untuk “lulus” menjadi perusahaan besar. Beliau secara kreatif mengusulkan perubahan akronim UKM dari Usaha Kecil Mikro menjadi aspirasi baru: Usaha Kami Milyaran. Prof. Azmy mempertanyakan bagaimana AI dan akuntansi dapat secara praktis digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, seraya menyoroti adanya kesenjangan antara program digitalisasi pemerintah dengan realita adopsi di lapangan.

  • TikTok PHK Ratusan Karyawan Moderasi Konten, Bakal Digantikan AI

    TikTok PHK Ratusan Karyawan Moderasi Konten, Bakal Digantikan AI

    Bisnis.com, JAKARTA— TikTok dilaporkan kembali memangkas ratusan karyawan di tim moderasi konten seiring dengan pergeseran perusahaan ke teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

    Melansir laman PC Mag pada Senin (25/8/205) langkah tersebut mengikuti tren sejumlah raksasa media sosial lain, seperti Meta yang mengurangi jumlah karyawan moderasi konten dan menggantinya dengan sistem moderasi berbasis komunitas.

    Tak hanya itu, X milik Elon Musk juga kini hanya memiliki tim moderasi konten jauh lebih kecil dibandingkan era Twitter. Menurut laporan The Wall Street Journal, kebijakan TikTok kali ini terutama berdampak pada anggota tim moderasi konten berjumlah 2.500 orang yang berbasis di Inggris. 

    Namun, sejumlah karyawan moderasi konten dari Asia Selatan dan Asia Tenggara juga diperkirakan ikut terkena dampak, meskipun jumlah pastinya belum diungkapkan. TikTok mengklaim lebih dari 85% konten yang dihapus karena melanggar pedoman komunitas sudah diidentifikasi dan diturunkan oleh AI. 

    Ini bukan kali pertama ByteDance, induk usaha TikTok, memangkas tim moderasinya demi otomatisasi. Pada akhir 2024, perusahaan mem-PHK sekitar 500 karyawan di Malaysia. Sementara pada Juli lalu, serikat pekerja ver.di menyebut sekitar 150 pegawai di kantor TikTok Berlin, Jerman juga akan digantikan AI.

    Belum jelas alasan TikTok memilih saat ini untuk mengurangi tim moderasi konten di Inggris. Namun, keputusan itu muncul tepat setelah Online Safety Act mulai berlaku bulan lalu. 

    Regulasi tersebut mengatur platform daring yang beroperasi di Inggris dapat dikenakan denda hingga 10% dari omzet global, atau sebesar £18 juta (sekitar Rp294,3 miliar). 

    Di sisi lain, Financial Times (FT) mencatat PHK dilakukan hanya sepekan sebelum para pegawai di London menggelar pemungutan suara terkait rencana pembentukan serikat pekerja, yang menurut sumber internal perusahaan kerap mendapat penolakan dari manajemen.

    Juru bicara resmi TikTok kepada FT, mengatakan pihaknya melanjutkan reorganisasi yang telah dimulai sejak tahun lalu untuk memperkuat model operasional global Trust and Safety. 

    “Termasuk dengan memusatkan operasi di lebih sedikit lokasi agar lebih efektif dan cepat, sambil memanfaatkan kemajuan teknologi,” katanya. 

    Namun, John Chadfield, pengurus nasional di Communication Workers Union, menilai langkah TikTok menunjukkan perusahaan sebenarnya ingin menghapus peran moderator manusia.

    “Mereka ingin semuanya ditangani AI. AI membuat mereka terlihat pintar dan mutakhir, tapi kenyataannya mereka hanya ingin mengalihkan pekerjaan itu ke luar negeri,” katanya.

  • RI Menang Sengketa Biodiesel di WTO, Aprobi Tetap Waspadai Langkah Eropa

    RI Menang Sengketa Biodiesel di WTO, Aprobi Tetap Waspadai Langkah Eropa

    Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) mengimbau pemangku kepentingan tetap mewaspadai langkah Uni Eropa setelah putusan World Trade Organization (WTO) memenangkan Indonesia dalam kasus sengketa bea masuk imbalan/countervailing duties terhadap impor produk biodiesel asal Indonesia.

    Wakil Ketua Umum Aprobi Catra de Thouars menilai putusan WTO tersebut sebagai angin segar untuk akses perdagangan yang adil, khususnya terhadap produk biodiesel Indonesia ke luar negeri. 

    ”Tentu, kami senang adanya market baru bagi ekspor biodiesel Indonesia sebagai upaya menopang devisa ekspor Indonesia,” kata Catra dalam keterangan tertulis, Senin (25/8/2025). 

    Di satu sisi, Catra menilai putusan WTO tersebut dapat membuka akses pasar ekspor bagi sawit dan turunannya seperti biodiesel.

    Namun, dia menegaskan bahwa pelaku industri biodiesel masih fokus untuk menyukseskan program mandatory campuran bahan bakar biodiesel B40 dan mendukung persiapan B50 mendatang.

    Aprobi menyambut baik atas putusan tersebut dan berterima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia, pelaku industri, dan pakar hukum yang bekerjasama dengan baik dalam sidang WTO. 

    Apalagi, menurut dia, industri sawit menghadapi banyak tekanan dalam bentuk isu negatif dan kampanye hitam di luar negeri. Oleh karena itu, putusan panel WTO ini menjadi momentum baik bagi industri sawit termasuk biodiesel untuk melakukan kampanye positif. 

    “Tanpa kerja sama dan kolaborasi yang baik, maka tidak mudah bagi Indonesia untuk menghadapi Uni Eropa terkait sengketa biodiesel. Tentu saja putusan ini juga memberikan napas baru dan semangat bagi stakeholder karena masih ada tantangan lain seperti EUDR,” ujarnya. 

    Untuk diketahui, dalam catatan Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) pada periode tahun 2009-2022, volume ekspor biodiesel Indonesia meningkat dari 70.000 kiloliter menjadi 419.000 kiloliter.

    Adapun, Uni Eropa menyerap porsi pasar terbesar yakni 40%, disusul China 29%, Amerika Serikat 11%, Malaysia 9%, dan Singapura 6%. 

    Pada Jumat (22/5/2025), WTO mengumumkan bahwa UE telah bertindak inkonsisten terhadap ketentuan WTO Agreement on Subsidies and Countervailing Measures (WTO ASCM)/Perjanjian Subsidi dan Anti Subsidi WTO pada sejumlah aspek kunci. 

    Panel WTO juga menyatakan bahwa kebijakan pengenaan bea imbalan oleh Komisi UE melanggar perjanjian tersebut. Sebelumnya, Komisi UE menerapkan kebijakan pengenaan bea imbalan berdasarkan penilaian bahwa pemerintah Indonesia telah memberikan subsidi kepada produsen biodiesel.

    Panel WTO merekomendasikan agar Uni Eropa menyelaraskan langkah-langkahnya dengan kewajiban yang berlaku berdasarkan WTO ASCM.

    Sejalan dengan itu, pemerintah Indonesia mendesak UE untuk segera mencabut bea masuk imbalan/countervailing duties terhadap impor produk biodiesel dari Indonesia.

    “Kemenangan ini membuktikan bahwa pemerintah Indonesia konsisten mematuhi aturan perdagangan internasional tanpa memberlakukan kebijakan perdagangan yang distortif bagi perdagangan internasional, sebagaimana dituduhkan oleh UE. Kami mendesak UE untuk segera mencabut bea masuk imbalan yang tidak sesuai dengan aturan WTO ini,” tegas Busan melalui siaran pers, Senin (25/8/2025).

  • Video: Bisa Pakai Qris! Belanja di Jepang ‘Ga Pake Ribet’

    Video: Bisa Pakai Qris! Belanja di Jepang ‘Ga Pake Ribet’

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia resmi meluncurkan Qris lintas negara dengan Jepang. Langkah ini merupakan komitmen untuk mempererat hubungan ekonomi bilateral secara langsung dan tanpa friksi melalui platform digital.

    Kini, wisatawan kedua negara tidak perlu lagi repot menukar uang ketika berbelanja. Cukup dengan pindai Qris dan transaksi dapat dilakukan dengan lancar.

    Jepang merupakan negara keempat setelah negara – negara di asean- yaitu malaysia, singapura dan thailand- yang telah merasakan fasilitas Qris lintas negara.

  • Potensi Transaksi Pelanggan AI di Asia Pasifik Tembus Rp520 Triliun

    Potensi Transaksi Pelanggan AI di Asia Pasifik Tembus Rp520 Triliun

    Bisnis.com, JAKARTA — Transaksi pelanggan agen AI melalui ponsel di Asia-Pasifik akan mencapai lebih dari US$32 miliar atau sekitar Rp520 triliun pada 2028.

    Perusahaan pun berlomba memanfaatkan momentum ini, dengan total investasi diproyeksikan melampaui US$30 miliar (sekitar Rp487,53 triliun) pada 2027 untuk infrastruktur dan platform AI demi menghadirkan layanan personal dan 24 jam yang kini menjadi standar ekspektasi pelanggan.

    Tren pertumbuhan AI tersebut ada dalam eBook “The AI Advantage: How Leading Brands Thrive in a 24 x 7 Customer World” atau Keunggulan AI: Bagaimana Brand Besar Bertahan dan Berkembang di Era Pelanggan 24/7. Laporan diluncurkan oleh Infobip, platform komunikasi berbasis cloud.

    Nikhil Batra, Senior Research Director IDC Asia-Pasifik, menyampaikan diskusi tentang penggunaan AI untuk hubungan dengan pelanggan di Asia Pasifik kini telah bergeser dari ‘kalau’ menjadi ‘seberapa?’ – ‘seberapa dalam dan seberapa cepat’ penerapannya.

    Pelanggan yang selalu aktif kini menuntut kepuasan instan, sesuatu yang tak lagi dapat dipenuhi model bisnis tradisional. Karena itu, persaingan bisnis kini bukan sekedar sudah menerapkan AI saja, tetapi juga mengelola kombinasi AI yang lebih canggih seperti generative AI dan agentic AI.

    “Hal itu bertujuan untuk menghadirkan pengalaman yang proaktif dan membangun hubungan yang awet dengan pelanggan” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (25/8/2025).

    Meskipun pelanggan terus aktif di platform digital, tetapi banyak bisnis yang justru masih kesulitan mengikuti perkembangan tersebut. Menurut laporan Infobip yang didukung riset IDC, 43% bisnis di Asia Pasifik menyatakan meningkatkan customer experience (pengalaman pelanggan) adalah tantangan operasional terbesar.

    Sebab, datanya terpisah-pisah, setiap channel punya strategi yang berbeda dan tidak saling terhubung, serta tingginya biaya untuk menyediakan layanan 24 jam di berbagai negara, bahasa, dan regulasi yang berbeda.

    Untuk mengatasi tantangan tersebut, pada laporan ini menekankan peran teknologi AI yang terus berkembang, seperti generative AI, agentic AI, hingga conversational AI dalam membantu brand menyederhanakan operasional sekaligus menghadirkan pengalaman terhubung secara real-time pada setiap titik interaksi pelanggan.

    IDC memprediksi, pada 2028, transaksi pelanggan di Asia-Pasifik akan mencapai lebih dari US$32 miliar melalui agen AI di ponsel mereka, yang secara otomatis bisa mencari, memilih, dan memutuskan pembelian barang maupun jasa.

    Perusahaan pun berlomba memanfaatkan momentum ini, dengan total investasi diproyeksikan melampaui US$30 miliar pada 2027 untuk infrastruktur dan platform AI demi menghadirkan layanan personal dan always on yang kini menjadi standar ekspektasi pelanggan.

    Menurut IDC, investasi AI untuk layanan pelanggan dan pemasaran di Asia-Pasifik tumbuh dengan laju tahunan gabungan (CAGR) 35% hingga 2029, mencerminkan skala dan urgensi transformasi. Pada 2028, sebanyak 40% brand B2C kelas menengah di kawasan ini diperkirakan akan memanfaatkan agen AI untuk menawarkan layanan ‘white glove’ atau ‘eksklusif, yang sebelumnya hanya tersedia bagi pelanggan kelas premium.

    Velid Begovic, VP Revenue APAC Infobip, mengatakan Asia Pasifik bukan sekadar negara pengguna mobile, bahkan sekarang sudah mobile-saturated, yaitu layanan mobile sudah mendominasi kehidupan masyarakat.

    Sehari-hari, masyarakat di kawasan ini aktif menggunakan 5 hingga 6 aplikasi messaging berbeda, dan bisa berpindah-pindah antar aplikasi dengan mudahnya. Mereka pun berharap brand bisa mengikuti aktivitas mereka.

    Pola pikir zero-wait juga berkembang di kalangan pelanggan, di mana mereka tidak mau mengantri, dialihkan, atau diminta mengulang informasi. Sayangnya, banyak bisnis belum siap memenuhi ekspektasi ini karena masih menggunakan sistem lama.

    Bahkan penggunaan AI generasi awal, seperti chatbot sederhana yang tidak punya riwayat pelanggan, belum mampu memberikan layanan hiper-personalisasi seperti yang diinginkan pelanggan masa kini. AI sudah bukan lagi percobaan, melainkan penggerak utama customer experience.

    “Yang kita lihat sekarang adalah lompatan besar. AI bukan lagi sekadar alat untuk menjawab FAQ, tetapi sudah menjadi agen yang mampu mengkoordinasikan pertukaran produk di berbagai messaging platform tanpa intervensi manual. Generative AI kini dapat menyusun pesan yang terasa dibuat khusus untuk satu orang, sesuai bahasa yang digunakan, dengan nuansa budaya yang tepat,” jelasnya.

    Di kawasan Asia Pasifik, konektivitas mobile sudah sangat tersaturasi, dengan tingkat penetrasi mobile melebihi 100% di hampir semua pasar. Hong Kong mencatat 264%, Singapura 150%, Taiwan 145%, Jepang dan Korea Selatan masing-masing 140%, Malaysia 130%, serta Cina 110%.

    Bahkan di negara berkembang seperti Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan India, angkanya mencapai atau melampaui 110%. Hyper-konektivitas tersebut menumbuhkan perilaku baru di kalangan masyarakat.

    Kini, mereka terbiasa mengakses beragam aplikasi dalam satu waktu seperti WhatsApp, LINE, WeChat, KakaoTalk, Zalo, dan Viber, bahkan bisa berpindah-pindah di tengah percakapan. Mereka berharap brand bisa mengikuti aktivitas tersebut, dengan respon yang cepat, sesuai konteks, dan relevan dengan tren.

    Kukuh Prayogi, Business Lead Infobip Indonesia, menyampaikan dalam berbelanja online, masyarakat Indonesia punya perilaku yang cukup unik, yaitu menaruh barang yang ia inginkan di keranjang, tetapi tidak langsung check out. Hal ini menunjukkan adanya minat yang tinggi yang mungkin terkendala dengan berbagai faktor pertimbangan.

    Perilaku ini disebut dengan cart abandonment. Di AS contohnya, brand bisa kehilangan keuntungan mencapai US$18 miliar per tahun. E-commerce yang menerapkan AI dalam chatbot, justru memanfaatkan kondisi cart abandonment ini, dengan merekam perilaku konsumen dan membantu konsumen membuat keputusan untuk membeli atau tidak.

    “Masyarakat Indonesia pun termasuk cepat beradaptasi dengan teknologi baru, termasuk AI, sehingga kini tantangannya bukan lagi apakah pelanggan siap menerima teknologi ini, melainkan seberapa cepat bisnis bisa mengintegrasikannya untuk mendorong pertumbuhan,” imbuhnya.

  • Jenis HP Ini Mendadak Laku Keras Diserbu Warga RI di 2025

    Jenis HP Ini Mendadak Laku Keras Diserbu Warga RI di 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sepanjang kuartal-II (Q2) 2025, industri HP Tanah Air lesu. Pertumbuhannya tercatat minus 3,5% dari tahun-ke-tahun (YoY) menurut laporan firma riset IDC. 

    Indonesia menjadi negara di kawasan Asia Tenggara yang menunjukkan pertumbuhan paling buruk. Pasar HP di Vietnam juga anjlok, tetapi ‘hanya’ 1,7% YoY di Q2 2025 atau tak setajam Indonesia. 

    Sementara itu, negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara justru menunjukkan pertumbuhan positif. Filipina memimpin pertumbuhan sebesar 17,2%, disusul Malaysia (7,8%), Thailand (4%), dan Singapura (2%).

    “Pasar Malaysia mencatat pertumbuhan 7.8% YoY di Q2 2025, didorong segmen HP dengan harga di bawah US$100 (Rp1,6 jutaan), seiring peralihan kebiasaan belanja konsumen ke opsi yang lebih terjangkau di tengah ketidakpastian ekonomi,” kata Research Analyst IDC Malaysia, Hoon Yik Phang, dikutip dari laporan IDC yang dibagikan ke LinkedIn, Jumat (15/8/2025).

    “Pasar Filipina menunjukkan pemulihan setelah periode penyesuaian inventaris,” ia menambahkan.

    Merek HP Murah China Jadi Raja HP di RI

    Di tengah kondisi pasar HP yang melemah, Transsion (Infinix, Tecno, Itel) mampu mencatat pertumbuhan signifikan. Pabrikan asal China tersebut bertengger di posisi pertama dengan pangsa pasar 21,5%. Pertumbuhannya paling besar di antara vendor lainnya, yakni 9,5% YoY.

    Transsion terhitung sebagai pemain baru jika dibandingkan nama-nama lain yang langganan masuk dalam daftar ‘Top 5’ HP terlaris di Tanah Air. Kiprah Transsion memang sudah melonjak sejak beberapa tahun terakhir.

    Bahkan, Transsion menduduki posisi pertama sebagai ‘raja’ HP di Indonesia sepanjang 2024, menurut laporan IDC. Transsion berhasil meraup pangsa pasar (market share) 18,3% sepanjang tahun lalu di Tanah Air atau tumbuh 61,7% YoY.

    Merek-merek di bawah Transsion terkenal sebagai ‘pembunuh’ HP flagship. Bagaimana tidak, HP Infinix, Tecno, Itel, kerap menawarkan spesifikasi mentereng dengan harga miring. 

    Bahkan, kisaran harga yang dipatok banyak yang berada di kisaran Rp 2 jutaan. Paling mahal tak sampai menyentuh angka 2-digit.

    Kembali ke jejeran ‘Top 5’ raja HP Tanah Air pada Q2 2025, Samsung menempati posisi ke-2 dengan pangsa pasar 18,5%. Raksasa Korea Selatan ini menunjukkan pertumbuhan pengapalan yang cukup signifikan sebesar 7% YoY.

    Xiaomi yang bertengger di posisi ke-3 hanya bisa tumbuh tipis 0,2% YoY dengan pangsa pasar 16,6%. Sementara itu, vivo dan Oppo menunjukkan penurunan pertumbuhan yang drastis.

    Oppo berada di urutan ke-4 dengan penurunan 29,2% YoY, sementara Vivo di posisi paling bawah mencatat penurunan 32,1% YoY.

    Samsung Raja HP Asia Tenggara 2025

    Meskipun Transsion merajai pasar HP Tanah Air, tetapi Samsung masih memimpin di kawasan Asia Tenggara secara keseluruhan. Laporan IDC menunjukkan Samsung bertumbuh 15,9% YoY dan menjadi raja HP Asia Tenggara nomor 1.

    Transsion bertengger di posisi ke-2 dengan pertumbuhan 13,6% YoY. Lalu Xiaomi juga mencatat pertumbuhan positif 6,7% YoY.

    Oppo membukukan pengapalan yang anjlok paling parah di Asia Tenggara, yakni minus 20,9%. Oppo menempati posisi ke-4. Terakhir, Vivo juga menunjukkan penurunan 17,5% YoY untuk kawasan Asia Tenggara.

    Nah, itu dia laporan terkait dinamika pasar HP di Indonesia dan Asia Tenggara pada Q2 2025, berdasarkan laporan IDC. Semoga informasi ini membantu!

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Amarah Anwar Ibrahim ke Rezim Israel: Manusia Macam Apa Ini!

    Amarah Anwar Ibrahim ke Rezim Israel: Manusia Macam Apa Ini!

    Jakarta

    Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim menyampaikan salah satu kecaman terkerasnya terhadap pemerintah Israel. Dia menuduh Israel mendalangi bencana kelaparan di Gaza.

    “Berbagai macam bantuan telah dikirim, tetapi Zionis membiarkannya membusuk di perbatasan,” ujar Anwar.

    “Manusia macam apa yang melakukan ini? Ini binatang! Orang-orang sekarat dan kelaparan, sementara makanan dan obat-obatan dijauhkan,” cetus pemimpin negeri jiran itu, dilansir media Malaysia, The Star, Senin (25/8/2025).

    “Saya berusia 78 tahun, dan saya belum pernah melihat kekejaman seperti itu. (Benjamin) Netanyahu dan antek-anteknya gila dan jahat,” tegasnya.

    Ia menekankan bahwa rakyat Malaysia tidak akan pernah meninggalkan perjuangan Palestina.

    “Kami salut atas semangat perlawanan Anda, dan kami tidak akan pernah meninggalkan Anda sendirian. Rakyat Malaysia, bersama banyak orang lainnya, berdiri bersama Anda,” katanya dalam pidatonya di aksi solidaritas Palestina yang berlangsung di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur pada Minggu (24/8).

    “Sekarang, di tahun 2025, perjuangannya tetap sama,” katanya.

    Setelah Anwar menyampaikan pidatonya, sesi doa untuk Gaza diadakan. Anwar, yang tiba sekitar pukul 21.05 waktu setempat, meninggalkan Dataran Merdeka sekitar pukul 22.20 waktu setempat.

    Aksi di Dataran Merdeka tersebut diikuti oleh puluhan ribu orang, banyak yang mengenakan pakaian putih dan memegang plakat bertuliskan slogan #sebagai bentuk solidaritas.

    Lihat Video ‘Anwar Ibrahim: Netanyahu Benar-benar Gila dan Zalim’:

    (ita/ita)

  • Penjualan Mobil Indonesia Anjlok, Malaysia Melesat Jadi Raja ASEAN! Kok Bisa?

    Penjualan Mobil Indonesia Anjlok, Malaysia Melesat Jadi Raja ASEAN! Kok Bisa?

    Jakarta – Pertama sepanjang sejarah, Malaysia mengalahkan Indonesia dalam angka penjualan mobil domestik. Negeri Jiran asal merek Proton dan Perodua itu menggusur RI dari posisi sebagai Raja ASEAN. Bagaimana bisa Malaysia yang jumlah penduduknya di kisaran 30-an juta unggul atas Indonesia yang punya penduduk di atas 270 juta jiwa?

    Simak pembahasan redaksi detikOto pada video di atas, ya.

    (din/din)

  • Melaju ke Semifinal Piala AFF U16 2025, Garuda Pertiwi Muda Akui Ada Tekanan Mental
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        25 Agustus 2025

    Melaju ke Semifinal Piala AFF U16 2025, Garuda Pertiwi Muda Akui Ada Tekanan Mental Regional 25 Agustus 2025

    Melaju ke Semifinal Piala AFF U16 2025, Garuda Pertiwi Muda Akui Ada Tekanan Mental
    Tim Redaksi
    SOLO, KOMPAS.com
    – Timnas Putri U16 Indonesia berhasil melaju ke semifinal ASEAN U16 Girl’s Championship 2025 atau Piala AFF Putri U16 2025 setelah mengalahkan Malaysia 3-1.
    Pertandingan berlangsung di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (24/8/2025), dan disaksikan oleh sekitar 6.000 penonton yang memberikan dukungan penuh kepada Garuda Pertiwi Muda.
    Pelatih Timnas Putri U16 Indonesia, Timo Scheunemann, mengungkapkan bahwa timnya harus bekerja keras menghadapi permainan agresif dari Malaysia.
    “Mereka bermain dengan keras. Untung saja tidak ada yang cedera. Tapi mereka bermain sesuai kemampuan mereka, mereka berusaha keras, berjuang itu saya hormati, dan itu menyusahkan kita,” ujarnya setelah pertandingan.
    Timo juga menyoroti faktor mental para pemain yang diuji, mengingat ini adalah pertama kalinya mereka bermain di hadapan ribuan penonton.
    “Mungkin karena pertama kali dapat atensi seperti itu pada saat lawan Timor Leste, ini harus dipahami ini bukan senior yang seharusnya bisa mengatasi itu,” tambahnya.
    Ia menjelaskan bahwa para pemain perlu belajar untuk mengatasi tekanan di pertandingan selanjutnya.

    Meski demikian, Timo memberikan apresiasi kepada Jazlyn Kayla Firyal dan rekan-rekannya yang mampu meraih kemenangan.
    “Jadi respek buat anak-anak saya, mereka bisa mengatasi pertandingan ini. Walaupun tidak semaksimal yang sebenarnya mereka bisa, tapi paling enggak, kita bisa menang dan mereka berjuang keras,” tegasnya.
    Gol-gol Timnas Putri U16 Indonesia dicetak oleh Nasywa Salsabila Fatah (5′), Jazlyn Kayla Firyal melalui tendangan penalti (15′), dan Vivi Vera Fernanda (82′).
    Sementara itu, satu-satunya gol Malaysia dicetak oleh Nur Laila Syamila di menit ke-80.
    Dengan hasil ini, Timnas Putri U16 Indonesia lolos sebagai juara Grup A Piala AFF Putri U16 2025 dengan total 6 poin dari dua laga.
    Nasywa Salsabila Fatah, salah satu pemain, menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian tim.
    “Alhamdulillah tadi kami bisa bermain dengan cukup baik. Walaupun banyak teman-teman yang kelihatan sangat nervous karena mungkin suasana di lapangannya,” ungkapnya.
    Nasywa menjelaskan bahwa para pemain masih beradaptasi dengan suasana turnamen dan dukungan dari suporter.
    “Tapi alhamdulillah kami bisa mengatasinya dengan baik. Kami terus berusaha untuk menampilkan yang terbaik dan alhamdulillah juga kami bisa menang dan melaju ke semifinal,” tutupnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.