Negara: Korea Selatan

  • Mendag Budi dampingi Presiden Prabowo di APEC 2024

    Mendag Budi dampingi Presiden Prabowo di APEC 2024

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso akan mendampingi Presiden RI Prabowo Subianto dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2024 serta sejumlah pertemuan bilateral kepala negara.

    Selain itu, Mendag akan menghadiri rangkaian pertemuan APEC Economic Leaders’ Week (AELW) 2024, di antaranya Pertemuan Menteri APEC 2024, di Lima, Peru, pada 14 November 2024.

    “Pada pertemuan ini, Indonesia berkomitmen memberikan dukungan terhadap Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan mendorong APEC memperkuat sistem perdagangan multilateral,” ujar Budi melalui keterangan di Jakarta, Senin.

    Budi menyampaikan, Indonesia juga mengikuti pembahasan agenda Kawasan Perdagangan Bebas Asia Pasifik (Free Trade Area of The Asia Pasifik/FTAAP) dengan mengatasi perbedaan masing-masing anggota Ekonomi APEC.

    Tema dan Prioritas APEC Peru 2024 adalah “Empower, Include, Grow”. Hal itu meliputi perdagangan dan investasi untuk pertumbuhan inklusif dan saling terkoneksi, inovasi dan digitalisasi untuk mendorong transisi menuju ekonomi formal dan global, serta pertumbuhan berkelanjutan untuk pembangunan tangguh.

    Selain menghadiri rangkaian pertemuan AELW 2024, Mendag dijadwalkan bertemu sejumlah menteri dari negara-negara mitra dagang, di antaranya Korea Selatan, Kanada, Hongkong-Tiongkok, Singapura, Australia, dan Selandia Baru.

    APEC merupakan forum kerja sama regional 21 ekonomi di lingkar Samudera Pasifik. Kegiatan utama APEC meliputi kerja sama perdagangan, investasi, serta kerja sama ekonomi lainnya termasuk program peningkatan kapasitas untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan kesejahteraan di Kawasan Asia Pasifik.

    Secara umum, diskusi APEC membahas upaya fasilitasi perdagangan guna mewujudkan perdagangan yang terbuka, inklusif, dan berkelanjutan. Kerja sama APEC menghasilkan keputusan-keputusan yang bersifat sukarela dan tidak mengikat (non binding), namun kerap bersifat politis.

    Selain Indonesia, ekonomi APEC meliputi Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Tiongkok, Hongkong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Filipina, Peru, Papua Nugini, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam.

    Ekonomi APEC tersebut mencakup 48 persen perdagangan dunia atau senilai 28 triliun dolar AS. Ekonomi APEC juga mencakup 62 persen produk domestik bruto (PDB) dunia atau senilai 59 triliun dolar AS dengan jumlah penduduk mencapai 38 persen penduduk dunia atau sebesar 2,96 miliar jiwa.

    Bagi Indonesia, APEC menjadi organisasi penting untuk memperkuat posisi ekonomi dalam perdagangan dunia. Pada 2023, total perdagangan Indonesia dengan ekonomi APEC mencapai 358,62 miliar dolar AS.

    Pada tahun tersebut, ekspor Indonesia ke ekonomi APEC mencapai 188,72 miliar dolar AS, sedangkan impor Indonesia dari ekonomi APEC tercatat sebesar 169,89 miliar dolar AS.

    Dengan demikian, Indonesia menikmati surplus perdagangan sebesar 18,63 miliar dolar AS. Ekspor utama Indonesia ke ekonomi APEC, di antaranya bahan bakar mineral, minyak hewani dan nabati, besi dan baja, mesin elektronik, serta kendaraan.

    Sementara impor Indonesia dari ekonomi APEC, di antaranya peralatan mekanis mesin, mesin elektronik, besi dan baja, plastik dan barang dari padanya, serta kendaraan.

    Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Trump Bakal Naikkan Tarif Impor, Dampaknya Hantui Negara Asia

    Trump Bakal Naikkan Tarif Impor, Dampaknya Hantui Negara Asia

    Jakarta

    Kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) memberikan ancaman tarif yang lebih tinggi bagi China. Bank investasi, Goldman Sachs menilai kemungkinan China bukan satu-satunya negara Asia yang akan menghadapi kesulitan ini.

    Kepala Ekonom Asia-Pasifik Goldman Sachs, Andrew Tilton mengatakan defisit AS dengan eksportir negara Asia lainnya telah meningkat signifikan dan kemungkinan berada di bawah pengawasan yang lebih ketat.

    “Dengan Trump dan beberapa calon yang mungkin ditunjuk berfokus pada pengurangan defisit bilateral, ada risiko semacam cara ‘whack-a-mole’. Defisit bilateral yang meningkat pada akhirnya dapat mendorong tarif AS pada ekonomi Asia lainnya,” kata Tilton dikutip dari CNBC, Senin (11/11/2024).

    Tarif AS adalah pajak atas barang impor yang dikenakan ke perusahaan jika produknya masuk AS. Adanya tarif tersebut akan meningkatkan biaya bagi eksportir.

    Pada 2023, surplus perdagangan Korea Selatan dengan AS mencapai rekor US$ 44,4 miliar yang menjadi surplus terbesar dengan negara mana pun. Khusus ekspor mobil mencapai hampir 30% dari semua pengiriman ke AS.

    Ekspor Taiwan ke AS pada kuartal I-2024 mencapai rekor tertinggi sebesar US$ 24,6 miliar, meningkat 57,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan ekspor terbesar berasal dari teknologi informasi dan produk audio visual.

    Sementara itu, surplus perdagangan Vietnam dengan AS antara Januari-September mencapai US$ 90 miliar. India dan Jepang juga mengalami surplus perdagangan dengan AS, di mana surplus Jepang relatif stabil dan surplus India meningkat secara moderat dalam beberapa tahun terakhir.

    Berlanjut ke halaman berikutnya.

    Tilton memperkirakan mitra dagang Asia itu ke mencoba menurunkan surplus dan mengalihkan perhatian melalui berbagai cara, salah satunya mengalihkan impor ke AS jika memungkinkan.

    “Kebijakan perdagangan adalah hal yang paling penting bagi Trump, bagi Asia berkembang dalam masa jabatan keduanya sebagai presiden AS,” tulis analis Barclays Bank.

    Tarif yang diusulkan Trump kemungkinan besar menimbulkan dampak lebih besar pada ekonomi terbuka di kawasan tersebut. Taiwan diperkirakan lebih rentan terhadap ancaman itu daripada Korea atau Singapura.

    “Kami melihat Thailand dan Malaysia di tengah-tengah, dengan Thailand diperkirakan akan menerima pukulan yang sedikit lebih besar,” tulis catatannya.

    Data AS menunjukkan bahwa defisit perdagangan AS dengan China semakin kecil menjadi US$ 279,11 miliar pada 2023, dari sebelumnya US$ 346,83 miliar pada 2016.

    Meskipun perdagangan AS dengan China menyusut setelah penerapan tarif pada pemerintahan Trump pertama, volume perdagangan justru disalurkan ke negara ketiga seperti Vietnam, Meksiko, Indonesia dan Taiwan.

    Sebelumnya, Trump telah mengumumkan niatnya untuk mengenakan tarif menyeluruh mulai dari 10% hingga 20% pada semua impor, bersama dengan tarif tambahan sebesar 60% hingga 100% pada produk yang diimpor dari Tiongkok. Goldman Sachs memperkirakan AS akan mengenakan tarif tambahan rata-rata 20% pada produk Tiongkok di paruh pertama 2025.

    Lihat juga video: Netanyahu Ngaku Sudah 3 Kali Bicara dengan Trump Soal Ancaman Iran

  • Profil dan Fakta-fakta Lydia Onic, Bersuara Merdu hingga Penyuka Makanan Korea

    Profil dan Fakta-fakta Lydia Onic, Bersuara Merdu hingga Penyuka Makanan Korea

    Jakarta, Beritasatu.com – Media sosial khusus X (dahulu Twitter) tengah ramai membicarakan video syur berdurasi 12 menit 13 detik yang diduga mirip seorang selebgram dan brand ambassador (BA) tim e-sports, Lydia Onic.

    Video tersebut menimbulkan pertanyaan di benak netizen dan penggemar Lydia, apa benar pemeran video tersebut merupakan Lydia Onic?

    Lydia sudah terhitung cukup lama bergabung dengan Onic. Lantas, seperti apa sosok Lydia? Berikut ini informasi sekaligus fakta-fakta menarik Lydia Onic.

    Profil Lydia Onic
    Memiliki nama asli Lydia Setiawan, dia merupakan wanita kelahiran 24 Juli 2004 di Samarinda, Kalimantan Timur. Lydia adalah seorang lulusan SMA swasta ternama di Samarinda, yakni SMA Katolik Santo Fransiskus Asisi.

    Lydia pertama kali mengumumkan dirinya bergabung dengan Onic pada 28 November 2021. Sama seperti BA lainnya, Lydia mengunggah postingan di akun Instagram miliknya sebuah foto dirinya menggunakan jersey Onic. Berkat kecantikan serta jumlah pengikut yang dimilikinya, Onic memilih Lydia.

    Tidak hanya Instagram, Lydia juga aktif di beberapa platform lain, seperti YouTube, Nimo TV, dan TikTok. Ia sering kali melakukan streaming di YouTube dan Nimo TV, sedangkan TikTok merupakan tempatnya membagikan kesehariannya dan konten menarik lainnya.

    Fakta-fakta Unik Lydia Onic
    Viralnya sebuah video syur yang mirip dengan dirinya membuat publik penasaran dan mencari tahu seperti apa sosok Lydia Onic. Di balik sosoknya yang dikenal sebagai seorang BA e-sports, Lydia juga memiliki fakta unik lainnya. Berikut ini informasinya.

    – Lydia merupakan keturunan Tionghoa.
    – Memiliki bakat menyanyi sekaligus suara yang merdu.
    – Gemar dengan makanan khas Korea Selatan, khususnya tteokbokki.
    – Terpilih sebagai BA Onic berkat mantan manajer Onic yang sedang mencari bakat lewat laman for your page (FYP) TikTok.
    – Memiliki dua akun Instagram, yakni @lydiaaas_ dengan 1,1 juta pengikut dan @lydiaseeker.

    Itulah profil serta fakta-fakta menarik yang dimiliki seorang Lydia Onic, seorang selebgram sekaligus BA e-sports yang tengah ramai karna tersebarnya sebuah video syur yang mirip dengannya.

  • Serba AI dan Robot di Pabrik LG Korea Selatan

    Serba AI dan Robot di Pabrik LG Korea Selatan

    FotoINET

    Rista Rama Dhany – detikInet

    Senin, 11 Nov 2024 09:15 WIB

    Changwon – Pabrik LG Electronics ada di Changwon, Korea Selatan. Pabrik bernama LG Smart Park ini sangat canggih dengan artificial intelligence dan serba robot.

  • Intip Pabrik LG di Korea, Canggih Serba AI dan Robot

    Intip Pabrik LG di Korea, Canggih Serba AI dan Robot

    Changwon

    LG Electronics banyak membuat produk elektronik yang dinikmati konsumen di dunia. Yuk intip pabrik canggihnya di Korea Selatan.

    Perusahaan multinasional LG Corporation, melalui LG Electronics terus mengeluarkan berbagai produk elektronik dan diterima masyarakat di berbagai negara. Pabrik-pabrik LG pun sudah ada di banyak negara salah satunya di Indonesia.

    LG sendiri memiliki satu pabrik terbesarnya di Changwon, Korea Selatan. Pabrik tersebut merupakan pusat manufaktur peralatan rumah tangga yang canggih dan dilengkapi berbagai teknologi robotik.

    detikINET bersama media lainnya dari tiga negara yakni Indonesia, Vietnam, dan Thailand dalam agenda H&A LG Press Tour berkesempatan untuk mengunjungi pabrik LG Smart Park di Changwon, Korea Selatan pada 4-8 November 2024.

    Pabrik LG Smart Park di Changwon, Korea Selatan luasnya 420 ribu meter persegi. Foto: LG

    Pabrik tersebut dinamakan Pabrik Mercusuar oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF) pada 2022, karena LG dianggap berhasil melakukan transformasi digital besar-besaran pada tahun 2017. Saat ini LG sedang memperluas pabriknya dengan total luas mencapai 420.000 meter persegi yang ditargetkan selesai tahun depan. Perluasan pabrik tersebut akan digunakan untuk meningkatkan produksi kulkas, oven, dan mesin pencuci piring.

    Begitu masuk dalam area pabrik LG di Changwon ini, terlihat pabrik sangat rapi dan modern, antara pekerja, mesin pabrik, robot bergerak seirama sehingga dalam seharinya bisa memproduksi ribuan peralatan elektronik yang dikirim ke pelanggan baik di Korea Selatan maupun ke negara-negara lainnya.

    “LG Smart Park menjadi gambaran nyata komitmen kuat kami dalam mengadopsi berbagai teknologi revolusioner sebagai pemimpin global dalam pasar perangkat elektronik rumah tangga. Pabrik LG di Changwon ini sudah menggunakan penggunaan Internet of Things (IoT), data besar, kecerdasan buatan (AI), robot, dan teknologi Revolusi Industri Keempat (4IR) lainnya,” kata Leader of H&A Smart Park exhibition Operation Part, Jeongyon Kim.

    Di pabrik LG Smart Park ini memproduksi hingga 58 model peralatan rumah tangga yang berbeda pada satu jalur produksi. Pabrik ini dilengkapi dengan teknologi ‘Digital Twin’ (jantung dari setiap pabrik pintar) dan robot otonom.

    “Dengan teknologi ‘Digital Twin’ LG dapat menciptakan kembali lingkungan produksi dalam realitas virtual, memungkinkan simulasi waktu nyata dari berbagai skenario dan memungkinkan staf pabrik untuk mengatasi masalah secara preemtif. Digital Twin menganalisis data setiap 30 detik, dan secara akurat memprediksi dan memberitahu pekerja tentang potensi masalah apa pun, seperti kekurangan bahan pada jalur produksi, yang mungkin terjadi dalam 10 menit ke depan,” jelas Jeongyon.

    Di pabrik ini, ada sistem logistik tiga dimensi sehingga mengoptimalkan penggunaan ruang pabrik. Terdapat lantai satu hingga tiga di pabrik ini. Menggunakan sistem conveyor overhead untuk pengangkutan cepat suku cadang kulkas ke jalur produksi.

    detikINET melihat banyak Kendaraan Terpandu Otomatis (AGV) dengan konektivitas jaringan 5G yang bergerak sesuai jalur line yang ditentukan, mengangkut material ke mana pun mereka dibutuhkan di lantai pabrik. AGV dapat menangani beban dengan berat hingga 600 kg, sementara conveyor overhead dapat menampung kotak bagian/komponen dengan berat hingga 30 kg.

    Smart Park ini juga menggunakan sistem kecerdasan buatan (AI) sehingga dapat mengurangi kehilangan material selama proses perakitan produk. Cacat produk dan kegagalan peralatan di pabrik ini dapat dicegah melalui analisis real-time dari volume besar data yang dikumpulkan di lokasi.

    Salah satu lengan robot di pabrik LG Smart Park di Changwon, Korea Selatan Foto: LG

    “Di masa lalu, setiap pekerja harus memeriksa produk secara manual untuk kelainan atau masalah, mencari tahu peralatan mana yang menyebabkan masalah, dan kemudian mencari cara untuk memperbaikinya hal ini memakan waktu. Dengan sistem cerdas LG Smart Park, waktu yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi penyebab cacat produk terpangkas hingga 50 persen, dan tingkat cacat produk telah dipotong sekitar 30 persen,” jelasnya lagi.

    detikINET juga melihat lengan robot dengan mudah mengangkat dan memasang pintu kulkas besar dengan berat lebih dari 20 kg ke badan utama berbagai model kulkas LG. Lengan robot melakukan tugas sangat presisi, seperti pengelasan dan pengikatan sekrup, dengan kecepatan dan konsistensi yang luar biasa.

    “Menggunakan teknologi pengenalan penglihatan 3D, robot dapat melakukan tugas yang membutuhkan tingkat presisi tinggi, seperti proses pemasangan pintu kulkas,” tutup Jeongyon.

    (rrd/fay)

  • Deretan Aktris Seksi dan Cantik yang Pernah Jadi Lawan Main Jefri Nichol dalam Film

    Deretan Aktris Seksi dan Cantik yang Pernah Jadi Lawan Main Jefri Nichol dalam Film

    Jakarta, Beritasatu.com – Jefri Nichol adalah salah satu aktor muda berbakat Indonesia yang  telah membintangi berbagai film dengan beragam peran. Namun, kini namanya tengah menjadi perbincangan lantaran aktor tersebut mengaku sudah pernah tidur bersama lebih 20 wanita. Bahkan, beberapa aktris seksi dan cantik pernah menjadi lawan main Jefri Nichol

    Dalam setiap filmnya, Jefri Nichol sering beradu akting dengan sejumlah aktris cantik, seksi dan berbakat. Berikut adalah beberapa deretan wanita yang pernah menjadi lawan main Jefri Nichol dalam film.

    Dea Panendra

    Dea Panendra tiba-tiba menarik perhatian publik setelah tampil dalam film Jakarta vs Everybody (2022). Namanya semakin populer setelah ia memerankan karakter Khansa dan melakoni adegan intim dengan lawan mainnya, Jefri Nichol. Kedua aktor tersebut tampil berani dalam adegan ranjang yang menjadi sorotan dalam film tersebut.

    Wulan Guritno

    Selain Dea Panendra, Wulan Guritno juga ikut beradegan panas bersama Jefri Nichol dalam Jakarta vs Everybody pada 2022.

    Menariknya, aktris seksi lawan main Jefri Nichol ini memiliki permintaan khusus sebelum melakukan adegan intim tersebut, yakni Jefri Nichol harus mandi terlebih dahulu. Wulan mengungkapkan kebiasaan ini diterapkannya kepada semua lawan mainnya.

    “Saya merasa lebih nyaman apabila semuanya wangi. Jadi, sebelum melakukan adegan intim, kami semua harus mandi dahulu,” jelas Wulan Guritno dalam konferensi pers Jakarta vs Everybody di Jakarta beberapa waktu lalu.

    Amanda Rawles

    Salah satu pasangan paling populer Jefri Nichol di layar lebar adalah Amanda Rawles. Keduanya beradu akting dalam film Dear Nathan (2017), yang berhasil meraih banyak perhatian dari penonton. 

    Dalam film ini, Jefri Nichol berperan sebagai Nathan, sementara Amanda Rawles memerankan sosok Salma. Chemistry yang terjalin antara keduanya berhasil membuat film ini disukai oleh banyak orang, dan mereka kemudian kembali dipasangkan dalam Dear Nathan: Thank You Salma (2018).

    Ellen Wong

    Ellen Wong, aktris cantik yang juga dikenal sebagai selebritas di dunia hiburan Indonesia, menjadi lawan main Jefri Nichol dalam film Gundala (2019). Jefri Nichol berperan sebagai Sancaka, yang akhirnya menjadi Gundala, sang pahlawan super Indonesia. 

    Dalam film ini, aktris seksi lawan main Jefri Nichol itu memerankan karakter yang memiliki hubungan dekat dengan Gundala, dan keduanya saling berinteraksi dalam perjalanan cerita yang penuh aksi.

    Sheryl Sheinafia

    Sheryl Sheinafia beradu akting dengan Jefri Nichol dalam film Hello Ghost (2020). Film ini merupakan remake dari film Korea Selatan dengan judul yang sama. Jefri Nichol memainkan karakter yang dapat melihat hantu dan memiliki perjalanan emosional yang mendalam dengan karakter Sheryl Sheinafia. 

    Meskipun cerita film ini lebih banyak tentang komedi, keduanya berhasil membawa peran mereka dengan penuh penghayatan.

    Zara JKT48

    Dalam film Jangan Bikin Nangis (2018), Jefri Nichol beradu akting dengan artis cantik dan seksi Adhisty Zara atau Zara JKT48, yang juga memainkan peran utama wanita dalam cerita ini. 

    Cerita dalam film ini mengangkat tema cinta remaja yang penuh warna dan perasaan, dan keduanya berhasil memberikan chemistry yang baik dalam film tersebut.

    Rachel Amanda

    Rachel Amanda menjadi salah satu aktris cantik yang beradu akting dengan Jefri Nichol dalam film Cinta Pertama dan Terakhir (2018). 

    Aktor yang mengaku telah meniduri 20 wanita ini berperan sebagai seorang pria yang terjebak dalam perasaan cinta yang rumit. Sementara Rachel Amanda memerankan karakter yang menjadi objek cinta Jefri. 

    Hubungan mereka dalam film tersebut menampilkan sisi emosional yang mendalam dari kedua karakter tersebut.

    Nabila Zavira

    Salah satu aktris yang beradu akting dengan Jefri Nichol di film Love for Sale 2 (2019) adalah Nabila Zavira. Film ini melanjutkan kisah dari Love for Sale yang pertama, dan keduanya kembali bekerja sama dalam cerita yang menyentuh tentang hubungan cinta yang penuh tantangan dan ekspektasi.

    Yuki Kato

    Yuki Kato merupakan aktris yang sudah dikenal luas lewat sejumlah sinetron, turut menjadi lawan main Jefri Nichol dalam film Marmut Merah Jambu (2014). 

    Meskipun film ini sudah cukup lama, Jefri Nichol yang masih muda kala itu menunjukkan akting yang kuat bersama Yuki Kato yang memerankan karakter yang sangat berbeda dengan peran-perannya di sinetron.

    Melalui film-film ini, Jefri Nichol berhasil menunjukkan kemampuan aktingnya yang beragam dengan dengan aktris berbakat. Terlebih beberapa aktris seksi lawan main Jefri Nichol tersebut harus beradegan intim dalam film yang dilakoninya tersebut.

  • Duduk Perkara Jaksa Korsel Geledah Kantor Hyundai E&C Soal Dugaan Suap Eks Bupati Cirebon

    Duduk Perkara Jaksa Korsel Geledah Kantor Hyundai E&C Soal Dugaan Suap Eks Bupati Cirebon

    Bisnis.com, JAKARTA – Jaksa penyidik Korea Selatan telah melakukan penggeledahan kantor Hyundai Engineering & Construction (E&C) atas dugaan suap terhadap kepala daerah di Cirebon.

    Dilansir kantor berita Korea Selatan, Yonhap, penggeledahan itu terkait dengan dugaan suap eksekutif Hyundai E&C ke kepala daerah di Cirebon sebesar 600 juta won atau setara Rp6,7 miliar.

    Uang miliaran itu diduga dikeluarkan petinggi Hyundai E&C untuk meredam keluhan penduduk setempat terkait dengan proses pembangunan pembangkit listrik batu bara di Cirebon.

    “Jaksa dilaporkan mencurigai bahwa seorang eksekutif Hyundai E&C memberikan sekitar 600 juta won kepada kepala daerah di Indonesia,” demikian tulis Yonhap, dikutip Minggu (10/11/2024).

    Adapun, penggeledahan itu dilakukan di kantor Hyundai E&C, Seoul pada Rabu (6/11/2024). Sejumlah barang telah diamankan dalam penggeledahan tersebut, uakni dokumen dan data komputer terkait kasus penyuapan eksekutif Hyundai E&C.

    Sebagai informasi, Hyundai E&C telah memenangkan memenangkan proyek pembangkit listrik Cirebon senilai $727 juta pada 2015.

    Di sisi lain, kepala daerah di Cirebon, yang diduga menerima suap dari Hyundai, pun telah dijatuhi hukuman penjara oleh pengadilan di Indonesia.

    Pejabat daerah yang dimaksud dalam kasus tersebut diduga eks Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra. Dia telah divonis tujuh tahun oleh pengadilan Tipikor Bandung. 

    Pada Oktober 2023, hukumannya dalam kasus gratifikasi, suap hingga TPPU itu diperberat menjadi sembilan tahun di tingkat banding.

  • Ini Dia Pemilik Indomie, Mi Instan yang BA-nya New Jeans

    Ini Dia Pemilik Indomie, Mi Instan yang BA-nya New Jeans

    Jakarta

    Indomie asal Indonesia jadi salah satu merek mi instan tersohor di tanah air dan terbesar di dunia. Merk mi instan ini telah tersebar di lebih dari 100 negara mencakup Australia, Amerika Serikat, Afrika, hingga seluruh Asia.

    Belum lama ini, Indomie juga mengumumkan NewJeans, sebagai global brand ambassador atau duta merek globalnya. Salah satu girl group terpopuler di Korea Selatan ini memperkenalkan seri mi instan terbaru yang terinspirasi dari Negeri Ginseng itu.

    Indomie dikenal sebagai pelopor mi instan di Indonesia yang telah ada sejak 1972. Di balik kesuksesannya, kira-kira siapa pemilik Indomie?

    Siapa Pemilik Indomie?

    Dilansir situs resminya, Indomie diproduksi oleh Indofood. Pemilik Indofood adalah Salim Group yang didirikan oleh Sudono Salim atau Liem Sioe Liong. Kini, Salim Group dipimpin oleh Anthoni Salim, putra dari Sudono Salim.

    Anthoni Salim menjabat sebagai Presiden dan CEO Salim Group, sekaligus Presiden Direktur dan CEO PT Indofood Sukses Makmur Tbk serta PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

    Mengutip data Forbes, Salim Group berinvestasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, hingga energi. Keluarga Salim memiliki saham di perusahaan investasi First Pacific yang tercatat di bursa saham Hong Kong, dan Anthoni memangku jabatan sebagai Direktur sejak 1981.

    Gurita bisnis Salim Group merambah ke sektor pertambangan. Pada 2022, perusahaan konglomerat itu diketahui memimpin konsorsium yang membeli saham Bumi Resources senilai USD 1,6 miliar. Keluarga Salim juga memiliki saham di Medco Energi dan Amman Mineral.

    Per Desember 2023, kekayaan Anthoni Salim dan keluarga tercatat menyentuh USD 10,3 miliar atau setara Rp 160,6 triliun (kurs Rp 15.598). Angka tersebut menjadikannya sebagai orang terkaya ke-5 di Indonesia pada 2023.

    Perjalanan Sukses Indomie

    Indofood, induk perusahaan Indomie, dibangun oleh Sudono Salim pada 1972. Produk mi instan pertamanya yaitu varian Indomie Ayam. Barulah pada 1982, Indomie meluncurkan Mi Goreng, cita rasa ikoniknya yang mendunia sampai saat ini.

    Mi Goreng jadi varian mi pertama yang dikonsumsi tanpa kuah kaldu. Cita rasanya terinspirasi dari hidangan mi goreng tradisional Indonesia. Kala itu, Indomie Mie Goreng dengan cepat meluas dan jadi merek mi instan favorit sebagian besar masyarakat Tanah Air.

    Dilansir Financial Review, Indomie menguasai 72% pangsa pasar mi instan Tanah Air pada 2021 silam. Menurut laporan Kantar Brand Footprint edisi 2024, Indomie dinobatkan sebagai The Most Chosen Instant Mie Noodle Brand in the World berdasarkan pengukuran Consumer Reach Points (CRP) dari studi Kantar Global.

    Kantar Brand Footprint melakukan studi komprehensif terhadap merek FMCG di seluruh dunia dan menetapkan pemeringkatan tahunan The Most Chosen FMCG Brands. Penilaian didasarkan pada pengukuran CRP di 62 negara yang tersebar di lima benua, mencakup 76% populasi dunia dam melibatkan lebih dari 42.800 merek pilihan konsumen.

    Hingga sekarang Indomie telah memperkenalkan banyak rasa baru untuk mi instan varian goreng dan kuahnya, meliputi soto, kari ayam, ayam bawang, sampai rendang. Ada juga seri Hype Abis dengan varian pedas hingga Premium Collection yang menawarkan aneka rasa hidangan internasional.

    Mengutip laman resmi Indofood, ada sekitar 30 pabrik Indomie yang kini tersebar di Indonesia, Malaysia, Afrika, Timur Tengah, hingga Eropa Tenggara. Dari seluruh pabriknya, total kapasitas produksi mi instan Indomie per tahun mencapai 34 miliar bungkus.

    (azn/row)

  • Menengok LG Smart Park, Pabrik Canggih Berbasis AI di Korea Selatan – Page 3

    Menengok LG Smart Park, Pabrik Canggih Berbasis AI di Korea Selatan – Page 3

    Liputan6.com, Seoul – Merek produk LG Electronics (LG) sudah dikenal masyarakat Indonesia. Mulai dari kulkas, mesin cuci, pendingin ruangan merupakan sejumlah produk besutan LG yang sudah banyak dipakai secara global, termasuk Indonesia.

    Ternyata, produk-produk tersebut salah satunya dipasok dari pabrik canggih dan pintar milik LG yang berlokasi di  Changwon, Korea Selatan.

    Liputan6.com bersama beberapa media lain dari Indonesia, Thailand dan Vietnam berkesempatan langsung mengunjungi pabrik LG di Changwon, Seoul, Korea Selatan pada 4-8 November 2024.

    Kompleks pabrik LG Smart Park, merupakan basis produksi, yang tidak sekedar pabrik biasa. Sesuai namanya, Smart factory, merupakan pabrik cerdas yang dirancang memproduksi melalui proses berdasarkan big data Artificial intelligence (Kecerdasan buatan). Selain mengandalkan peran pekerja manusia, yang tentu saja masih ada.

    “LG Smart Park menjadi gambaran nyata komitmen kuat kami dalam mengadopsi berbagai teknologi revolusioner sebagai pemimpin global dalam pasar perangkat elektronik rumah tangga,” ujar Jeongyon Kim, Leader of H&A Smart Park exhibition Operation Part di Seoul.

    Dia mengatakan, LG menyajikan cetak biru masa depan perusahaan dalam menyediakan berbagai produk yang mengedepankan perhatian pada aspek lingkungan, ekonomi dan tenaga kerja.

    Saat melihat langsung, pabrik yang sangat luas dan terdiri dari beberapa lantai ini benar-benar menggambarkan satu proses produksi produk elektronik yang sangat canggih dan efisien.

    Selain mengandalkan pekerja manusia yang berjumlah ratusan, pabrik ini juga mengandalkan robot produksi yang melakukan bagian pekerjaan yang sulit bagi manusia atau membutuhkan kemampuan lebih.

    Mengutip penjelasan LG, di jalur produksi, lengan robotik dengan mudah mengangkat dan memasang pintu lemari es besar yang beratnya lebih dari 20 kg (44 lbs) ke badan utama berbagai model lemari es LG.

    Lengan robotik melakukan tugas yang menuntut dan berulang, seperti mengelas dan mengencangkan sekrup, dengan kecepatan dan konsistensi yang luar biasa.

    Dengan menggunakan teknologi pengenalan penglihatan 3D, robot dapat melakukan tugas yang memerlukan tingkat presisi yang tinggi, seperti proses pemasangan pintu lemari es.

    Sebagai hasil dari berbagai kemampuan robot, pekerja di LG Smart Park dapat lebih berkonsentrasi pada penyelesaian produk dan peningkatan kualitas produk, yang dapat dicapai melalui pekerjaan yang tidak terlalu melelahkan secara fisik seperti memantau dan mengendalikan jalur produksi, atau mengawasi operasi robot.

    LG Smart Park dapat memproduksi hingga 58 model peralatan rumah tangga yang berbeda pada satu lini produksi.

    Teknologi Digital Twin

    Dilengkapi dengan teknologi ‘Digital Twin’ menciptakan kembali lingkungan produksi dalam realitas virtual, yang memungkinkan simulasi berbagai skenario secara langsung dan memungkinkan staf pabrik untuk mengatasi masalah secara dini.

    Digital Twin menganalisis data setiap 30 detik, dan secara akurat memprediksi dan memberi tahu pekerja tentang potensi masalah (seperti kekurangan bahan pada jalur produksi) yang mungkin terjadi dalam 10 menit ke depan.

    Kemampuan ini membantu memastikan pasokan suku cadang yang dapat diandalkan dan tepat waktu. Penerapan Digital Twin mengurangi pengembalian produk cacat sekaligus memperkuat daya saing kualitas secara keseluruhan 1 dan efisiensi produksi.

     

  • Pemerintah Disarankan Pakai Dana Pensiun untuk Pembangunan Infrastruktur

    Pemerintah Disarankan Pakai Dana Pensiun untuk Pembangunan Infrastruktur

    Bisnis.com, JAKARTA – Peneliti senior Bank Syariah Indonesia (BSI) Institute Bazari Azhar Azizi menyarankan pemerintah menginvestasikan dana pensiun ke sektor infrastruktur agar Indonesia bisa lebih cepat menjadi negara maju.

    Berdasarkan contoh kesuksesan Jepang dan Korea Selatan, kata Bazari, negara-negara pendapatan menengah bisa menjadi negara maju apabila mengkalibrasi dan mengadopsi kebijakan berdasarkan tiga faktor pendorong pertumbuhan ekonomi.

    Pertama, investasi. Kedua, adopsi teknologi modern atau infusion. Ketiga, inovasi yang fokus pembangunan kapasitas secara domestik.

    “Dalam menerapkan strategi 3i [investasi, infusion, inovasi] tersebut, dana pensiun memegang peran penting sebagai sumber modal jangka panjang, memperdalam pasar keuangan, serta mendorong sumber dana berbasis ekuitas di pasar modal,” jelas Bazari dalam laporan Triwulan III/2024 BSI Institute, dikutip Sabtu (9/11/2024).

    Kendati demikian, dia melihat regulasi negara-negara berkembang cenderung membatasi fleksibilitas pemanfaatan dana pensiun ke instrumen-instrumen investasi. Misalnya Indonesia, yang mayoritas dana pensiunnya diinvestasikan ke surat utang pemerintah maupun swasta.

    Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diolah BSI Institute, 77,46% dana pensiun diinvestasikan ke surat berharga negara atau SBN (37,12%), sukuk korporasi (23,95%), dan obligasi korporasi (16,39%). Sisanya atau 22,54%, investasi dana pensiun tersebar ke 18 instrumen lain.

    Masalahnya, sambung Bazari, ketergantungan dana pensiun yang berlebihan pada obligasi pemerintah dan sejenisnya dapat menyebabkan masalah likuiditas dan pendanaan bagi pensiunan itu sendiri karena imbal hasilnya cenderung kecil.

    Permasalahan seperti itu sempat terjadi di Inggris pada 2022. Kejadian tersebut dikenal sebagai Gilt Crisis.

    “Oleh karena itu, diperlukan keseimbangan dan diversifikasi instrumen yang cermat antara mengejar keuntungan jangka panjang dan mengelola risiko jangka pendek,” ujar Bazari.

    Dia pun menyarankan agar investasi dana pensiun diarahkan ke sektor infrastruktur. Caranya, saran Bazari, bisa melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

    Dengan skema tersebut, dana pensiun menjadi salah satu investor Badan Usaha Pelaksana (BUP) KPBU baik melalui investasi langsung atau melalui instrumen finansial.

    Mengutip penelitian Carlo dkk (2023), investasi ke sektor infrastruktur menghasilkan arus kas yang stabil dan terprediksi. Sejalan, imbal hasilnya cenderung lebih tinggi dari surat utang pemerintah atau korporasi.

    Oleh sebab itu, Bazari meyakini investasi ke sektor infrastruktur bisa menjadi alternatif untuk mencapai stabilitas pengelolaan dana jangka panjang sekaligus berkontribusi pada pembangunan nasional.

    Dia menggarisbawahi, pembangunan infrastruktur berpotensi menciptakan lapangan kerja hingga mendorong aktivitas ekonomi yang lebih luas.

    “Namun, keberhasilan dana pensiun bergantung pada kebijakan yang tepat, termasuk perluasan cakupan peserta dan kontribusi, diversifikasi investasi, reformasi tata kelola, dan penguatan regulasi dan pengawasan,” tutup Bazari