Negara: Korea Selatan

  • Hwang In-youp Gelar Fanmeeting In Love di Indonesia pada 2025

    Hwang In-youp Gelar Fanmeeting In Love di Indonesia pada 2025

    Jakarta, Beritasatu.com – Aktor asal Korea Selatan, Hwang In-youp, akan bertemu dengan penggemar Indonesia dalam acara fanmeeting bertajuk In Love, yang dijadwalkan berlangsung pada akhir 2024 hingga 2025.

    “Sampai bertemu segera,” tulis In-youp dalam unggahan poster In Love melalui akun Instagram pribadinya dikutip Beritasatu.com, Jumat (15/11/2024).

    Dalam tur fanmeeting kali ini, In-youp akan mengunjungi beberapa kota, termasuk dua lokasi tambahan, yaitu Macau dan Jakarta (Indonesia).

    Selain Jakarta, In-youp juga akan menyapa penggemarnya di Taipei, Bangkok (Thailand), Tokyo (Jepang), Osaka (Jepang), Manila (Filipina), Lima (Peru), Sao Paulo (Brazil), Santiago (Amerika Serikat), Monterrey (Kanada), dan Seoul (Korea Selatan).

    Namun, hingga saat ini agensi dan promotor belum mengungkapkan rincian harga tiket dan jadwal lengkap untuk acara fanmeeting Hwang In-youp di Jakarta. Pembaruan informasi terkait acara ini kemungkinan akan diumumkan dalam waktu dekat.

    Tema In Love dalam fanmeeting kali ini mengusung makna “Jatuh cinta pada Hwang In-youp: saatnya untuk tetap saling mencintai.” Konsep ini akan menampilkan momen-momen spesial yang akan dibagikan In-youp bersama para penggemar globalnya selama acara berlangsung.

    Selama fanmeeting, In-youp juga akan berbagi cerita di balik layar syuting drama terbaru yang sedang tayang, Family by Choice. Selain itu, ia akan mengajak penggemar bermain dan memberikan kenang-kenangan untuk mereka yang hadir.

    Hwang In-youp mulai dikenal luas berkat perannya dalam drama romantis True Beauty. Ia kemudian tampil dalam berbagai drama populer, seperti The Sound of Magic, Why Her?, dan yang terbaru, Family by Choice, yang kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet dunia.

  • Pasar Saham Eropa Dibuka Melemah, Saham Asia Bervariasi

    Pasar Saham Eropa Dibuka Melemah, Saham Asia Bervariasi

    Jakarta, Beritasatu.com – Saham-saham Eropa pada Jumat (15/11/2024) dibuka lebih rendah, sementara saham-saham Asia lebih bervariasi setelah indeks utama Wall Street merosot menyusul meredanya euforia kemenangan Donald Trump dalam Pilpres Amerika Serikat (AS)

    Dilansir dari AP, indeks FTSE 100 di Inggris dibuka melemah 0,4% menjadi 8.038,17. Indeks DAX Jerman turun 0,6% ke 19.148,74, sementara CAC 40 di Paris melemah 0,8% menjadi 7.252,69.

    Di Asia, indeks Nikkei 225 Tokyo naik 0,3% ke 38.642,91. Indeks Hang Seng Hong Kong melemah 0,1% ke 19.426,34, sementara Shanghai Composite anjlok 1,5% menjadi 3.330,73.

    Sementara itu, S&P/ASX 200 Australia naik 0,7% ke 8.285,20, sedangkan Kospi Korea Selatan turun tipis 0,1% menjadi 2.416,86.

    Sehari sebelumnya, indeks S&P 500 melemah 0,6%, tetapi tetap mendekati rekor tertingginya yang dicapai awal pekan ini. Dow Jones juga turun 0,5%, sementara Nasdaq Composite merosot 0,6%.

    Saham-saham yang sebelumnya melonjak seusai kemenangan Trump mulai kehilangan momentum. Tesla anjlok 5,8% dalam dua hari berturut-turut. Saham-saham kecil dalam indeks Russell 2000 juga turun 1,4%, berbanding terbalik dengan lonjakan yang terjadi segera setelah Pilpres AS.

  • IHSG Hari Ini Ditutup Melemah 0,74 Persen

    IHSG Hari Ini Ditutup Melemah 0,74 Persen

    Jakarta, Beritasatu.com – Indeks harga saham gabungan (IHSG) tertahan di zona merah hingga akhir perdagangan hari ini, Jumat (15/11/2024).

    IHSG melemah 53,3 poin (0,74%) mencapai 7.161,2. IHSG hari ini bergerak dalam rentang 7.122-7.241.

    Sebanyak 48,9 miliar lembar saham telah diperdagangkan dengan nilai perdagangan mencapai sekitar Rp 11,7 triliun dari 1,18 kali transaksi. Sebanyak 198 saham mencatatkan kenaikan, 393 saham terkoreksi, dan 196 saham stagnan.

    Sementara itu, saham-saham Eropa dibuka lebih rendah pada hari ini. Indeks FTSE 100 Inggris turun 0,4% menjadi 8.038,17. DAX Jerman turun 0,6% menjadi 19.148,74. Di Paris, CAC 40 turun 0,8% menjadi 7.252,69.

    Di Asia, pergerakan saham lebih bervariasi. Di Tokyo, indeks Nikkei 225 naik 0,3% menjadi 38.642,91. Indeks Hang Seng di Hong Kong turun 0,1% menjadi 19.426,34, dan indeks Shanghai Composite turun 1,5% menjadi 3.330,73.

    Di tempat lain, S&P/ASX 200 Australia naik 0,7% menjadi 8.285,20, sementara Kospi Korea Selatan turun 0,1% menjadi 2.416,86.

  • LG Sulap Bioskop Tua di Seoul Jadi Galeri Produk Nan Instagrammable

    LG Sulap Bioskop Tua di Seoul Jadi Galeri Produk Nan Instagrammable

    Jakarta

    Raksasa elektronik Korea Selatan, LG, membangun tempat khusus di sebuah pasar tradisional untuk memperkenalkan sejarah panjang LG serta memperkenalkan produk-produk andalan dari LG. Tempat ini pun langsung diserbu kalangan anak muda Korea Selatan.

    Bertempat di Pasar Gyeongdong, Itaewon, Seoul, LG menyulap sebuah bioskop tua menjadi tempat yang instagrammable. Ditambah lagi, LG juga menggandeng Starbucks, sehingga makin banyak anak muda Korsel betah berlama-lama di sana.

    Nah, detikINET berkesempatan untuk melihat langsung dan merasakan keasyikan tempat tersebut dalam agenda H&A LG Press Tour. Tempat tempat tersebut diberi nama Goldstar Refreshment Center, nama Goldstar merupakan nama awal perusahaan sebelum berganti nama LG.

    Goldstar Refreshment Center dibuka mulai pukul 09.00-22.00 WIB dan semua fasilitasnya gratis melalui pendaftaran di situs web LG Electronics. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di dalam Goldstar Refreshment:

    1. Heritage Corner

    Pengunjung yang hadir akan mendapatkan informasi produk-produk bersejarah LG, dari kulkas pertama di Korea, TV hitam-putih dan mesin cuci yang diproduksi di zaman Goldstar yang didirikan pada 1958. Terdapat juga video berisi pesan dari First-Best pendiri Goldstar.

    Heritage Corner. Foto: Rista Rama Dhany/detikINET

    2. LG gram GO Service Corner

    Pelanggan yang berkunjung dapat merasakan pengalaman produk high-end yang baru dirilis oleh LG. Salah satunya laptop – LG gram Pro dan LG gram Pro 360.

    gram GO Service Corner Foto: Rista Rama Dhany/detikINET

    3. Refresh Corner

    Tempat di nama pengunjung dapat menyegarkan matanya dengan menyaksikan video LED. Terdapat 12 video telah diproduksi yang bisa membangkitkan kebahagiaan dan mengurangi stres.

    Refresh Corner. Foto: Rista Rama Dhany/detikINET

    4. Personalization Corner

    Pojok Personalisasi menawarkan stiker khusus kepada pengunjung untuk mempersonalisasi laptop dan ponsel mereka dan buku harian, serta produk daur ulang yang tersedia untuk dibeli pada hari itu.

    Personalization Corner. Foto: Rista Rama Dhany/detikINET

    LG mengumpulkan dan mendaur ulang produk bekas untuk membuat bahan mentah untuk berbagai aplikasi. Semua hasil penjualan disumbangkan ke organisasi lokal dan dana kemakmuran yang mendukung Pasar Gyeongdong.

    5. Style Refresh Corner

    Di Style Refresh Corner ini memungkinkan pengunjung menyegarkan gaya mereka, mulai dari mantel hingga sepatu. Ruang ini menawarkan pengalaman langsung dengan LG Styler dan Styler ShoeCare, serta peluang untuk berkreasi gelang atau liontin dari bahan peralatan daur ulang.

    Styler ShoeCare dan Styler ShoeCase bekerja sama untuk menyimpan, mensterilkan, menghilangkan bau dan mengeringkan sepatu, menghilangkan 99,99 persen bakteri berbahaya dan 95 persen zat penyebab bau 100°C Uap Sejati.

    Style Refresh Corner. Foto: Rista Rama Dhany/detikINET

    Filter Zeo-Dry meningkatkan kinerja penghilangan bau dengan memastikan keseluruhannya bagian dalam setiap sepatu dikeringkan secara menyeluruh.

    LG Styler menyediakan perawatan pakaian yang sesuai dengan musim, membantu dehumidifikasi dalam ruangan dan menawarkan fitur penyesuaian uap untuk kain halus seperti sutra dan kasmir.

    6. Mood Refresh Corner

    Pojok Penyegaran Suasana Hati ‘Mood Refresh Corner’ dilengkapi dengan monitor gaming LG UltraGear canggih yang memungkinkan pelanggan merasakan performa gaming paling jelas dan imersif hingga saat ini.

    Mood Refresh Corner. Foto: Rista Rama Dhany/detikINET

    7. LG Tromn House

    LG Tromm House adalah zona pengalaman ruang cuci trendi yang menampilkan LG Tromm secara lengkap. Area depannya menghadirkan mesin cuci-pengering LG SIGNATURE dalam bentuk yang dibongkar, memberi pengunjung melihat secara unik teknologi mutakhir yang ditemukan di dalamnya.

    Sebagai all-in-one pertama di Korea mesin cuci-pengering, desain minimalis alat ini mengoptimalkan ruang jauh lebih baik dibandingkan tradisional mesin cuci. Ini juga memberikan peningkatan kinerja pengeringan, perlindungan kain, dan efisiensi energi dengan pompa panas inverter canggih. Pengunjung juga dapat menyaksikan model WashCombo dan WashTower LG.

    LG Tromn House Foto: Rista Rama Dhany/detikINET

    Menara Cuci menggabungkan teknologi AI pembelajaran mendalam pertama di dunia yang disertifikasi oleh UL, yang mendeteksi berat, bahan, dan tingkat debu untuk secara otomatis menyesuaikan jumlah deterjen, waktu pencucian dan frekuensi pembilasan secara otomatis. Pelanggan juga dapat menikmati bagian pengeringan di Menara Cuci beserta zona foto instagrammable.

    8. Pasar Gyeongdong

    Yang terakhir tentu saja Pasar Gyeondong, tempat Goldstar Refreshment Center berada. Mumpung sekalian ada di sini, bisa juga wisata kuliner dan belanja-belanja di Pasar Gyendong.

    Pasar Gyeongdong. Foto: Rista Rama Dhany/detikINETPasar Gyeongdong. Foto: Rista Rama Dhany/detikINET

    [Gambas:Youtube]

    (rrd/ask)

  • Demo Besar-besaran Samsung Berhasil, Gaji Karyawan Naik Segini

    Demo Besar-besaran Samsung Berhasil, Gaji Karyawan Naik Segini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Samsung Electronics telah mencapai kesepakatan awal dengan serikat pekerja di Korea Selatan untuk menaikkan upah karyawan sebesar 5,1%.

    Mengutip Reuters, anggota serikat pekerja akan memberikan suara atas kesepakatan tersebut. Selain kenaikan gaji, kesepakatan tersebut juga mencakup lebih banyak hari libur dan poin bonus yang dapat digunakan untuk membeli produk Samsung Electronics dan fasilitas lainnya.

    Pengambilan suara akan dilakukan selama satu minggu mulai Kamis (14/11/2024) waktu setempat.

    Serikat Pekerja Samsung Electronics Nasional juga mengumumkan kesepakatan awal tersebut di saluran YouTube mereka.

    Serikat pekerja tersebut beranggotakan 36.500 orang atau sekitar 30% dari tenaga kerja Samsung Electronics di Korea Selatan.

    Sebagai informasi, serikat pekerja Samsung di Korea Selatan sejak Juli Lalu melakukan aksi unjuk rasa. Mereka mogok kerja dan meminta tuntutan mereka dipenuhi.

    Meski ada mogok kerja, perusahaan menyatakan bahwa hal tersebut tidak menyebabkan gangguan apa pun dalam proses produksi.

    Tak cuma di Korea Selatan, ratusan karyawan di fasilitas produksi Samsung Electronics di wilayah selatan India juga melakukan mogok kerja pada Agustus lalu. 

    Mereka membawa protes yang sama, yakni kenaikan gaji dan bonus. Pemimpin serikat pekerja Samsung di India, E. Muthukumar, mengatakan aksi yang digelar berdampak pada sebagian proses produksi.

    (fab/fab)

  • Saham Asia Melemah Seiring Menguatnya Dolar AS

    Saham Asia Melemah Seiring Menguatnya Dolar AS

    Jakarta, Beritasatu.com – Pasar saham di Asia melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (14/11/2024), seiring menguatnya dolar Amerika Serikat (AS).

    Indeks Nikkei 225 di Jepang melemah 0,4% menjadi 38.535,70, sedangkan Kospi Korea Selatan turun 0,1% ke level 2.415,23. S&P/ASX 200 di Australia naik 0,4% menjadi 8.224,00.

    Pasar saham China juga merosot. Hang Seng di Hong Kong turun 2% menjadi 19.435,95, sementara indeks Shanghai Composite melemah 1,7% menjadi 3.379,84.

    Indeks SET di Bangkok turun 0,2%, Taiex di Taiwan melemah 0,6%, dan Sensex di India turun 0,2%.

    Stephen Innes dari Capital Economics mengatakan, penguatan dolar cenderung memberikan tekanan pada ekonomi negara lain. Baht Thailand juga melemah terhadap dolar, begitu juga yuan China, yang saat ini berada pada level 7,2245 per dolar AS.

    “Bagi kawasan Asia, terutama negara-negara yang ekonominya terkait erat dengan China, dominasi dolar akan menjadi tantangan besar. Negara-negara dengan utang dalam dolar AS yang besar kini bersiap menghadapi dampaknya,” kata Stephen, dilansir dari AP.

    Sehari sebelumnya, indeks utama Wall Street ditutup bervariasi setelah laporan inflasi terbaru menambah harapan bahwa penurunan suku bunga bulan depan dapat memberi dorongan lebih bagi perekonomian.

  • Mungkinkah Kelahiran RI Turun Imbas Childfree?

    Mungkinkah Kelahiran RI Turun Imbas Childfree?

    Jakarta

    Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Wihaji mengatakan munculnya fenomena childfree belum akan berdampak pada kondisi angka kelahiran di Indonesia. Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia menunjukkan adanya temuan 71 ribu wanita berusia 15-49 tahun pada periode 2023 tidak ingin memiliki anak.

    Angka ini diprediksi dapat memengaruhi angka kelahiran atau total fertility rate (TFR). Beberapa negara seperti Jepang, Korea Selatan, dan China diketahui sudah lebih dulu mengalami penyusutan angka kelahiran, salah satunya karena keputusan childfree.

    “Saya meyakini kultur masyarakat Indonesia berbeda dengan negara lain. Maka saya masih yakin akan baik-baik saja,” kata Wihaji ketika dihubungi detikcom, Rabu (14/11/2024).

    Meski kemungkinan penurunan angka kelahiran akibat childfree masih sangat kecil, risiko tersebut tetap ada. Oleh karena itu, penting juga menurut Wihaji untuk melakukan langkah antisipasi.

    Wihaji mengatakan saat ini dirinya akan fokus memastikan masyarakat terlayani dalam kebutuhan dan harapan keluarga berencana. Selain itu, menekankan edukasi pada masyarakat remaja hingga kelompok lansia untuk mendapatkan pemahaman tentang keluarga berencana juga sangat penting menurutnya.

    “Tentu saya sebagai menteri Kemendugbangga menghormati pilihan tersebut. Tetapi kewajiban saya sebagai pembantu Presiden adalah memastikan bagaimana pendudukan Indonesia terkendali,” tandasnya.

    Berdasarkan data BPS, tren childfree mengalami peningkatan pasca pandemi COVID-19. BPS menilai peningkatan tren ini mungkin berkaitan dengan kebijakan work from home yang ada pada saat itu.

    Terkait alasan mengapa wanita memutuskan untuk childfree, persoalan kesulitan ekonomi menjadi faktor utama. Selain itu hal lain yang memengaruhi adalah keinginan untuk mengejar pendidikan atau karier yang lebih baik.

    Saat ini, diperkirakan satu dari 1.000 perempuan di Indonesia memutuskan untuk childfree.

    Curhat Wanita RI yang Memutuskan Childfree

    Seorang mahasiswi di Depok bernama Tasya (20) mengungkapkan alasan mengapa ia memutuskan untuk childfree. Ia mengaku masih ada keraguan dalam dirinya apakah bisa menjadi orang tua yang baik atau tidak nantinya.

    Tasya menuturkan memiliki anak merupakan sebuah tanggung jawab besar bagi seorang wanita.

    “Karena belum selesai dengan masalah aku, takut malah nggak sadar jadi melampiaskan ke anak aku. Nggak siap secara mental, kan itu pekerjaan seumur hidup ya. Anak yang ngebentuk kepribadian dan orang tua yang bantuin. Jadi nggak siap dan nggak yakin bisa aku,” cerita Tasya.

    Hal yang sama juga dirasakan oleh mahasiswi lain bernama Audrey (21) yang mengaku belum siap mental untuk menjadi orang tua. Terlebih belakangan ia juga sering melihat banyaknya kasus penelantaran anak.

    “As simple as karena aku takut di part melahirkan. Terus mikirin ke depannya seandainya dikasih rezeki untuk hamil dan melahirkan, lalu worst casenya aku meninggal saat melahirkan, aku lebih mikirin nasib anak aku dan suami aku gimana,” kata Audrey.

    Meskipun begitu, Audrey juga menyadari bahwa pandangannya mengenai childfree mungkin dapat berubah seiring waktu, bergantung pada berbagai faktor di masa depan.

    (avk/kna)

  • Hwasung Desain Mesin Pendingin Mobil Boks Sesuai Iklim Negara

    Hwasung Desain Mesin Pendingin Mobil Boks Sesuai Iklim Negara

    Jakarta

    Hwasung banyak dipercaya oleh perusahaan jasa angkutan kargo dan logistik di berbagai negara. Produk mesin pendingin buatan Korea Selatan ini banyak digunakan oleh perusahaan produsen fresh food pada armada truknya untuk mengirim produk-produknya ke distributor.

    Director PT Hwasung Thermoindo Arif Suhardiman mengungkapkan alasan produk mesin pendingin Hwasung ini jadi andalan para perusahaan produsen fresh food. Menurutnya, mesin pendingin Hwasung di-desain agar bisa menyesuaikan dengan kondisi iklim suatu negara.

    “Hwasung Thermo mempersiapkan desain produknya itu sesuai dengan kondisi (iklim suatu negara). Mereka sudah persiapkan bukan hanya untuk iklim di Korea tapi juga negara-negara tropis,” ujarnya di Pameran SIAL Interfood, JIEXpo, Jakarta, Rabu (13/11/2024).

    Bahkan, kata dia, berbagai produk Hwasung Thermo juga telah diekspor ke Saudi Arabia dan Uni Emirate Arab tepatnya Dubai yang kondisi iklimnya lebih panas dibanding Indonesia.

    “Mereka sudah ekspor ke area sana di mana temperaturnya sampai sekitar 45 derajat celcius, lebih jauh lebih panas dibanding di Indonesia. Jadi harusnya kalau dipakai di Indonesia dengan ambient temperatur kan mungkin plus 35 derajat semua udah disesuaikan untuk iklim tropis,” jelasnya.

    Selain itu, Arif menilai Hwasung di Indonesia memiliki layanan purnajual yang berkualitas. Hwasung menyiapkan spare part hingga layanan service yang lengkap di Indonesia bagi konsumennya.

    “Jadi di Indonesia ini kita sangat fokus kepada after sales kita, dari spare part, dari service, dari kualitas teknisi itu kita harus jaga supaya hasilnya bagus,” jelasnya.

    Sebelumnya, PT Hwasung Thermoindo mengenalkan dua produk terbaru di pameran SIAL Interfood 2024 di Jakarta Internasional Expo (JIEXpo), Rabu (13/11). Kedua produk ini untuk mendukung industri fresh food yang semakin menggeliat di Tanah Air.

    Produk tersebut diberi nama Hwasung Wing HT-100 EV dan Hwasung ECO-100RT EV. Mesin pendingin HT-100 EV khusus digunakan untuk kendaraan listrik. Sementara ECO-100RT dapat digunakan pada kendaraan hybrid.

    “HT-100 EV wing type itu merupakan sistem pendingin yang dikhususkan untuk digunakan pada EV truk, di mana sistem ini akan dikonek langsung ke baterai dari pada truck itu sendiri, menggunakan sistem 350 Volt DC. Jadi, semua nanti kompresor, semua itu sudah menggunakan high voltage,” ujar Arif.

    “Kedua ECO-100RT, tipe ini sebenarnya by trip type, listrik dengan 12 volt dan 24 volt, bisa digunakan untuk truk-truk yang saat ini menggunakan solar engine dan bisa di charge juga. Jadi, mirip seperti plug-in hybrid,” jelasnya.

    (akd/ega)

  • Hwasung Desain Mesin Pendingin Mobil Boks Sesuai Iklim Negara

    Hwasung Thermo Kenalkan 2 Mesin Pendingin untuk Truk EV dan Hybrid

    Jakarta

    Perusahaan penyedia mesin pendingin untuk kendaraan niaga angkutan barang, PT Hwasung Thermoindo mengenalkan dua produk terbaru di pameran SIAL Interfood 2024 di Jakarta Internasional Expo (JIEXpo), Rabu (13/11/2024).

    Kedua produk ini untuk mendukung industri fresh food yang semakin menggeliat di Tanah Air, sehingga perusahaan dapat menjaga kualitas produknya dengan layanan pengiriman yang menggunakan mesin pendingin.

    Director PT Hwasung Thermoindo Arif Suhardiman mengatakan produk tersebut diberi nama Hwasung Wing HT-100 EV dan Hwasung ECO-100RT EV. Mesin pendingin HT-100 EV khusus digunakan untuk kendaraan listrik. Sementara ECO-100RT dapat digunakan pada kendaraan hybrid.

    “HT-100 EV wing type itu merupakan sistem pendingin yang dikhususkan untuk digunakan pada EV truk, di mana sistem ini akan dikonek langsung ke baterai dari pada truck itu sendiri, menggunakan sistem 350 Volt DC. Jadi, semua nanti kompresor, semua itu sudah menggunakan high voltage,” ujar Arif.

    “Kedua ECO-100RT, tipe ini sebenarnya by trip type, listrik dengan 12 volt dan 24 volt, bisa digunakan untuk truk-truk yang saat ini menggunakan solar engine dan bisa di charge juga. Jadi, mirip seperti plug-in hybrid,” imbuhnya.

    Arif menambahkan mesin pendingin buatan Korea Selatan ini banyak digunakan oleh perusahaan produsen fresh food pada armada truknya di berbagai negara untuk mengirim produk-produknya ke distributor. Produk ini didesain agar dapat menyesuaikan kondisi iklim di berbagai negara.

    Foto: Rahmat Khairurizqi

    “Hwasung Thermo mempersiapkan desain produknya itu sesuai dengan kondisi (iklim suatu negara). Mereka sudah persiapkan bukan hanya untuk iklim di Korea tapi juga negara-negara tropis,” jelasnya.

    Bahkan, kata dia, berbagai produk Hwasung Thermo juga telah diekspor ke Saudi Arabia dan Uni Emirate Arab tepatnya Dubai yang kondisi iklimnya lebih panas dibanding Indonesia.

    “Mereka sudah ekspor ke area sana di mana temperaturnya sampai sekitar 45 derajat celcius, lebih jauh lebih panas dibanding di Indonesia. Jadi harusnya kalau dipakai di Indonesia dengan ambient temperatur kan mungkin plus 35 derajat semua udah disesuaikan untuk iklim tropis,” jelasnya.

    Sebagai informasi, PT Hwasung Thermoindo merupakan sole distributor dari mesin pendingin Hwasung untuk market Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 2014. PT Hwasung Thermoindo menyediakan solusi pendingin untuk transportasi produk-produk yang memerlukan pendinginan baik untuk aplikasi Freezer (beku) atau Chiller (dingin).

    (akd/ega)

  • Hashim Pede Target Prabowo Ekonomi RI 8% Tercapai Sebelum 2029

    Hashim Pede Target Prabowo Ekonomi RI 8% Tercapai Sebelum 2029

    Baku

    Presiden Prabowo Subianto memiliki target pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa menyentuh angka 8%. Target ini cukup tinggi mengingat capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia selama ini hanya mentok di angka 5%.

    Utusan Khusus Presiden Bidang Iklim, Hashim Djojohadikusumo, meyakini target pertumbuhan ekonomi tersebut sangat mungkin dicapai. Bahkan dia meyakini pertumbuhan ekonomi 8% bisa dicapai sebelum masa kepemimpinan Prabowo berakhir pada 2029.

    “Saya kira 2-3 tahun lagi, kita sudah, ya.” katanya saat ditemui di sela gelaran COP29 di Baku, Azerbaijan, Kamis (14/11/24).

    Hashim mengatakan, sejumlah program yang dimiliki pemerintah saat ini dapat membantu ekonomi Indonesia tumbuh lebih tinggi. Di antaranya program makan bergizi gratis dan pembangunan tiga juta rumah setiap tahunnya.

    “Ini ada nanti suntikan dana yang begitu masif, ini akan nanti berikan pertumbuhan ekonomi.” kata Hashim.

    Program makan bergizi gratis misalnya, Hashim mencontohkan bagaimana program ini akan menggerakkan banyak sekali sektor ekonomi yang bisa memacu konsumsi dengan tumbuhnya lapangan pekerjaan baru dan investasi. Hal ini mengingat program ini akan menyasar sekitar 82 juta orang setiap harinya, mulai dari anak sekolah, prasekolah, dan ibu hamil.

    “Program ini nanti akan perlu 82 juta butir telur tiap hari. Berarti ibu-ibu dan peternak-peternak ayam nanti bisa jadi sumber dari makanan itu. Ini hanya satu contoh saja. Nanti ada suplai telor, ada suplai daging ayam, daging domba, atau kambing, dan sebagainya. Ekonomi pedesaan itu nanti akan hidup.” jelas Hashim.

    Selain itu, pemerintahan Prabowo juga menargetkan pembangunan tiga juta rumah setiap tahunnya. Pembangunan rumah yang menggerakkan hingga 185 bidang usaha pada proses pembangunan hingga setelahnya diyakini dapat ikut menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    “Contoh kita Korea Selatan, contoh kita adalah Singapura, contoh kita adalah Republik Rakyat Tiongkok. Di mana di China, selama 35 tahun, perumahan merupakan 25% dari GDP. Terus ada program lain, program food estate. Dan ini juga akan menumbuhkan.” kata Hashim.

    “Maka ini semuanya, saya yakin bisa lebih dari 8%. Kalau saya pribadi bisa 9-9,5% ekonomi. Itu saya pribadi, ya.” ungkapnya.

    (eds/ara)